P. 1
kesadaran berorganisasi

kesadaran berorganisasi

|Views: 16|Likes:
Published by Alinda Permatasari
mm
mm

More info:

Published by: Alinda Permatasari on Feb 12, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2014

pdf

text

original

Term of References Materi DDAT 2011

Hari Pelaksanaan Waktu Pelaksanaan

: Minggu, 20 Februari 2011 : 08.00-10.00 WIB (alokasi 80 menit materi (40 menit @ pemateri, 35 menit tanya jawab, dan 5 menit kesimpulan) : wisma UNISBA, Ciburial : Achmad Faris (PL’07) & Aji Wicaksana (TI’07) : Fahmi Atriadi (TK’09) : Kesadaran Berorganisasi : ± 90 mahasiswa 2010 perwakilan fakultas/sekolah

Tempat Pemateri Moderator Judul Materi Peserta

Latar belakang Tiap tahun PSDM mengadakan acara yang bertujuan untuk memberikan pencerdasan dan pembekalan pada segelintir mahasiswa tingkat 1, di mana isi dari materi yang diberikan adalah mengenai wawasan kemahasiswaan yang membuat pesertanya menjadi kader-kader yang aktif di kemahasiswaan dan memiliki kualitas personal yang baik, yang berintegritas, dan peduli terhadap keadaan isu kebangsaan yang bergulir di tengah masyarakat. DDAT 2010 dilaksanakan dengan metode seminar, debat, diskusi, dan mentoring dengan membentuk kelompokkelompok kecil sebagai follow up-nya.

Metode-metode yang digunakan bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan pemikiran peserta DDAT 2010. Namun pada realitasnya metode mentoring tidak terlalu disukai oleh para peserta mahasiswa sehingga pada kenyataannya frekuensi follow up DDAT 2010 yang berupa mentoring semakin kecil dan pada akhirnya terhenti sama sekali. Selain itu juga, acara DDAT 2010 yang diadakan di daerah sekitar kampus ITB menyebabkan peserta DDAT 2010 menjadi ‘kabur-kaburan’.

Untuk menjawab beberapa kekurangan DDAT 2010 sekaligus melanjutkan DDAT 2010, maka Tim PSDM dan alumni DDAT 2010 berusaha merancang ulang acara DDAT ini agar lebih menarik dan efektif, sehingga Tim PSDM dan alumni DDAT 2010 memutuskan untuk mengadipsi sebagian metodi yang digunakan Panitia DDAT 2010 dan DAT 2011, karena dinilai efektif dan menarik dalam menyampaikan materi. Maka dari itu, dibentukan DDAT 2011 (Diklat Dasar Aktivis Terpusat 2011).

“Untuk Tuhan, Bangsa dan Almamater, Merdeka !! ”

Fokus pergerakan di kemahasiswaan terpusat  Output yang diharapkan : Mahasiswa TPB mengerti dan sadar akan pentingnya berorganisasi di kemahasiswaan terpusat Mahasiswa TPB tertarik untuk aktif berkegiatan di kemahasiswaan terpusat Mahasiswa TPB sadar bahwa akademis bukan hambatan untuk berorganisasi dan tidak ada pendikotomian antara akademis dan organisasi Mahasiswa TPB mengerti bahwa tidak ada perbedaan untuk lebih memilih aktif di kemahasiswaan terpusat atau himpunan nantinya  Titik tekan materi : (khusus Aji) .Fokus pergerakan himpunan atau unit  Output yang diharapkan : Mahasiswa TPB mengerti dan sadar akan pentingnya berorganisasi di himpunan atau unit Mahasiswa TPB tertarik untuk aktif berkegiatan di himpunan atau unit .Contoh seorang yang organisatoris tapi akademisnya bagus .Tujuan Kegiatan 1.Contoh seorang yang organisatoris tapi akademisnya bagus .Urgensi berorganisasi di kemahasiswaan terpusat .Hambatan untuk berorganisasi di kemahasiswaan terpusat . 2. 3.Karakter lebih diutamakan daripada IP Perbandingan seorang yang organisatoris dengan akedemisi saat melamar pekerjaan . Melanjutkan dan memback-up materi dari rangkaian kaderisasi terpusat sebelumnya yaitu INKM Mendorong mahasiswa untuk mencapai profil kader tingkat I sesuai dengan RUK KM ITB Membentuk Role Model mahasiswa angkatan 2010 sebagai pusat informasi kemahasiswaan bagi teman sefakultas Peserta 1.Apa yang bakal didapat dengan berorganisasi di himpunan atau unit . 2.Urgensi berorganisasi di himpunan atau unit . Peserta berjumlah sekitar 90 orang Peserta merupakan mahasiswa angkatan 2010 dan perwakilan dari tiap fakultas/sekolah di ITB.Karakter lebih diutamakan daripada IP Perbandingan seorang yang organisatoris dengan akedemisi saat melamar pekerjaan . Muatan / Point Pembahasan   Judul Materi : Kesadaran Berorganisasi Titik tekan materi : (khusus faris) .Hambatan untuk berorganisasi di himpunan atau unit .Apa yang bakal didapat dengan berorganisasi di kemahasiswaan terpusat .

Interaksi yang dilakukan sebaiknya tidak monoton satu arah saja namun terkadang juga dua arah agar terjalinnya komunikasi dan transfer ilmu yang optimal antara pemateri dengan peserta Hal-hal yang perlu diantisipasi     Waktu dan durasi yang tersedia akan disesuaikan dengan kondisi pada acara Pemateri datang 15 menit sebelum sesi seminar Pemateri diharapkan jangan terlalu bergantung pada slide atau video pada seminar karena ditakutkan perangkat multimedianya bermasalah Jika perangkat multimedia bermasalah pemateri diharapkan lebih kreatif agar seminar tidak membosankan . Selebihnya diserahkan kepada pemateri.- Mahasiswa TPB sadar bahwa akademis bukan hambatan untuk berorganisasi dan tidak ada pendikotomian antara akademis dan organisasi Mahasiswa TPB mengerti bahwa tidak ada perbedaan untuk lebih memilih aktif di kemahasiswaan terpusat atau himpunan nantinya Catatan    Pemateri boleh menggunakan perangkata multimedia dalam slide atau video untuk mendukung suasana Yang ditekankan adalah output yang diharapkan sehingga materi yang disampaikan tidak harus persis dengan TOR yang dibuat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->