P. 1
Laporan Bidang Lengkung (Pembiasan Cahaya)

Laporan Bidang Lengkung (Pembiasan Cahaya)

|Views: 4,096|Likes:
Published by manhalfgod
sebuah laporan percobaan praktikum fisika mengenai pembiasan cahaya oleh bidang lengkung. Termasuk di dalamnya hukum Snellius.
Lengkap dengan dasar teori, hasil pengamatan, data, analisis, dan kesimpulan.
sebuah laporan percobaan praktikum fisika mengenai pembiasan cahaya oleh bidang lengkung. Termasuk di dalamnya hukum Snellius.
Lengkap dengan dasar teori, hasil pengamatan, data, analisis, dan kesimpulan.

More info:

Published by: manhalfgod on Oct 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

Full download: http://www.ziddu.com/download/6807406/KoefisienViskositas.doc.

html

Judul I. Tujuan:

: PEMBIASAN CAHAYA

Mengetahui efek pembiasan cahaya pada bidang lengkung dan mengetahui sifat pembiasan pada prisma segitiga planar II. Teori / Dasar Pemikiran: ………… (silakan download selengkapnya melalui link di atas) Hukum Snellius Pada Pembiasan Seperti pada peristiwa pemantulan cahaya, pada pembiasan cahaya juga dijumpai hukum Snellius. Misalkan cahaya merambat dari medium 1 dengan kecepatan v1 dan sudut datang i menuju ke medium 2. Saat di medium 2 kecepatan cahaya berubah menjadi v2 dan cahaya dibiaskan dengan sudut bias r.

Berdasarkan teori muka gelombang, rambatan cahaya dapat digambarkan sebagai muka gelombang yang tegak lurus arah rambatan dan muka gelombang itu membelok saat menembus bidang batas medium 1 dan medium 2 seperti dipelihatkan Gambar berikut:

Gambar: Muka gelombang pada peristiwa pembiasan.

III.Alat dan Bahan prisma segitiga planar dari akrilik, berukuran sisi alas 4,5 cm dan tinggi 3 cm, terisi penuh dengan air, yang akan digunakan sebagai sarana pembiasan sumber cahaya untuk dilihat sifat/penampakan sinar biasnya prisma bidang lengkung, tinggi 3 cm dan diameter 12 cm dengan radius 6 cm, bagian dalam terisi penuh dengan air, digunakan untuk sebagai sarana untuk mendapatkan arah pembiasan sinar oleh prisma itu sendiri jarum pentol 4 buah, sebagai alat untuk mewakili arah pembiasan sinar gabus, yang digunakan sebagai alas tempat dilakukannya percobaan dan dalam percobaan tempat menancapkan jarum pentol IV. Tahap Kerja: Menyusun alat dan bahan yang disediakan seperti gambar di bawah. Dua jarum pentol ditancapkan di sisi sebelah bidang lengkung yang datar, sedemikian rupa sehingga garis yang terbentuk antara 2 jarum pentol tersebut mengarah menyeberangi bidang lengkung menuju bagian sisi lengkungnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->