P. 1
Laporan Fisika Bandul

Laporan Fisika Bandul

|Views: 16,030|Likes:
Published by manhalfgod
sebuah laporan praktikum percobaan fisika mengenai bandul. Lengkap dengan peridode, getaran, mencari percepatan gravitasi.
sebuah laporan praktikum percobaan fisika mengenai bandul. Lengkap dengan peridode, getaran, mencari percepatan gravitasi.

More info:

Published by: manhalfgod on Oct 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2013

pdf

text

original

Full download: http://www.ziddu.com/download/6807408/LaporanFisikaBandul.doc.

html
Judul : BANDUL

I. TUJUAN: 1) Menentukan Periode ayunan bandul dengan panjang tali yang berbeda – beda 2) Menentukan nilai percepatan gravitasi (g) di sekolah 3) Membandingkan nilai percepatan gravitasi di sekolah dengan nilai yang sudah ditetapkan yaitu 9,8 m/s². II. ALAT DAN BAHAN: 1) Bandul: Suatu alat yang mempunyai suatu objek berat tergantung pada ujungnya. Biasanya digunakan untuk menghitung ayunan bebas. 2) Tali: Tali panjang yang berukuran kira – kira 3 meter untuk diikatkan beban. 3) Beban: Benda berat yang digantungkan pada seutas tali yang digantung pada langit2 gedung untuk melakukan ayunan bebas. …. (silakan download selengkapnya melalui link di atas) III. DASAR TEORI: Periode adalah selang waktu yang diperlukan oleh suatu benda untuk melakukan satu getaran lengkap. Getaran adalah gerakan bolak-balik yang ada di sekitar titik keseimbangan di mana kuat lemahnya dipengaruhi besar kecilnya energi yang diberikan. Satu getaran frekuensi adalah satu kali gerak bolak-balik penuh. Satu getaran lengkap adalah gerakan dari a-b-c-b-a, sesuai pada gambar.

A B
Periode ayunan Bandul adalah:

C

L = Panjang Tali g = Percepatan Gravitasi Untuk menentukan g kita turunkan dari rumus di atas: T² = 4π² * (L/g) g = 4π² * (L/T²) g = 4π² * tan α ; tan α = Δ L / T²

Periode juga dapat dicari dengan 1 dibagi dengan frekuensi. Frekuensi adalah benyaknya getaran yang terjadi dalam kurun waktu satu detik. Rumus frekuensi adalah jumlah getaran dibagi jumlah detik waktu. Frekuensi memiliki satuan hertz / Hz. IV. LANGKAH KERJA: 1) Rangkai peralatan seperti di gambar.

Tembok di langit – langit

V. HASIL PERCOBAAN:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->