P. 1
NEGARA ISRAEL SEBAGAI TANDA AKHIR ZAMAN

NEGARA ISRAEL SEBAGAI TANDA AKHIR ZAMAN

|Views: 8,074|Likes:
Published by Andriansyah, S. Sos
Tulisan ini akan mengungkapkan bahwa negara Israel adalah tanda akhir zaman. Kita berbicara tentang suatu simbol Iblis yang akan muncul di Negara Israel.
Pembahasan ini akan memakai perspektif al-qur'an dan bibel.
Tulisan ini akan mengungkapkan bahwa negara Israel adalah tanda akhir zaman. Kita berbicara tentang suatu simbol Iblis yang akan muncul di Negara Israel.
Pembahasan ini akan memakai perspektif al-qur'an dan bibel.

More info:

Published by: Andriansyah, S. Sos on Oct 07, 2009
Copyright:Public Domain
List Price: $5.00 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

05/01/2014

$5.00

USD

pdf

text

original

NEGARA ISRAEL SEBAGAI TANDA AKHIR ZAMAN ;

Illuminati, freemasonry dan Zionisme Dalam Gerakan Konpirasi Dajjal

OLEH :

ANDRIANSYAH

1

ANDRIANSYAH

Perbaungan, September 2009

KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmannirrahim

2

Assalamu’alaikum. Wr. Wb Segala puji bagi Allah, hanya kepada-Nya kita memuji, memohon pertolongan dan meminta ampunan. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan nafsu dan keburukan amal perbuatan kita. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tiada seorang pun yang dapat menyesatkannnya. Sebaliknya, barang siapa yang disesatkanNya, maka tiada seorang pun yang dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak di ibadahi kecuali hanya kepada Allah swt, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya. Alhamdulillah saya dapat mempersembahkan sebuah tulisan yang berjudul “Negara Israel Sebagai Tanda Akhir Zaman; Illuminati, freemasonry dan Zionisme dalam Gerakan Konpirasi Dajjal” sehingga para pembaca dapat melakukan telaah dan merenungkannya secara mendalam tentang bagaimana Negara Israel menjadi sebuah tanda akhir zaman. Pembicaraan tentang Negara Israel, tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Yahudi. Kita telah saksikan bersama bagaimana sepak terjang Yahudi dari dulu sampai saat sekarang. Bahwa kekacauan yang telah dan sedang terjadi saat ini, tidak terlepas dari peran Yahudi, baik secara tertutup maupun yang jelas terlihat. Ada beberapa alasan saya menyebut Negara Israel sebagai tanda akhir Zaman. Saya percaya bahwa sebelum tiba hari akhir, akan ada kekacauan besar, fitnah tersebar dimana-mana, terjadi perpecahan dan peperangan dan umat dalam kegelisahan dan ketakutan. Dalam beberapa decade belakangan ini, kita telah saksikan bersama, begitu dasyatnya kekacauan yang terjadi. Perang dunia pertama dan kedua menjadi contoh paling nyata, bahwa umat sedang dalam kegunjangan besar. Berkaitan dengan itu, kita juga telah saksikan bagaimana bengisnya Israel melumat Palestina. Seolah kekacauan tidak henti-hentinya terjadi. Berbagai fitnah terseber, percaya atau tidak, jelas kekacauan atau tidak adalah sebuah upaya yang telah terencana dengan rapi. Dan Yahudi (Israel) menjadi dalang dalam seluruh peristiwa kekacauan yang telah dan sedang terjadi.. Untuk memperjelas bahwa segala rangkaian peristiwa yang telah dan sedang terjadi didunia ini, merupakan rancangan rencana besar Yahudi untuk menguasai dunia

3

Saya hanya dapat berdoa. Untuk itu. Wb. Wassalamu’alaikum. Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu saya dalam menyelesaikan tulisan ini. kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari para pembaca sangat saya harapkan. saya akan mencoba mengungkapkan sebuah gerakan konpirasi global yang akan membuat kerusakan besar di dunia. Billahi Taufiq Walhidayah. Gerakan ini telah ada sejak dulu. Dan hanya kepada Allah swt saya berlindung dan memohon ampun. Saya sadar bahwa apa yang saya tulis masih sangat jauh dari kesempurnaan. Berdiri sebagai satu-satunya penguasa tunggal atas dunia dan melakukan kerusakan besar serta membuat berbagai fitnah. Jelas rencana ini sangat tersusun rapi dan sangat rahasia. September 2009 Andriansyah Bab I PENDAHULUAN 4 .dan membangun satu dunia baru. Sampai waktunya tiba mereka akan tampil secara nyata. Tetapi dalam memperkecil cakupan pembahasan. kiranya apa yang saya tulis disini bermanfaat bagi saya dan kita semua. Didalam tulisan ini. Akhir kata. Wr. Perbaungan. saya hanya akan membahas yang berkenaan langsung dengan judul yang dimaksud. mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan dalam tulisan ini.

an-Naml: 82). Menurut Abdullah Yusuf. Target mereka khususnya adalah memusnakan agama. suatu kaum. yaitu gerakan kolaborasi rahasia yang ditata dengan rapi dan profesional. Hal ini seperti yang dinubuatkan dalam al-Kitab." (QS.A. disponsori dan dirancang oleh Dajjal dan setan. suatu kaum atau bangsa sedang menyusun rencana dalam gerakan konpirasi global menuju penutupan zaman. yang berbunyi : 5 . Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami. suatu konpirasi global yang telah dirancang dan direncanakan oleh suatu kaum sebagai pertanda semakin dekatnya hari akhir. atau suatu bangsa yang membawa ajaran murni tentang matrialisme yang menentang Allah dan Rasul-Nya serta umat beragama lainnya. Semua peristiwa yang terjadi dalam beberapa dekade belakangan ini adalah sebuah bukti bahwa suatu gerakan yang akan membuat kerusakan di muka bumi telah menyusun rencananya. "Dan aku melihat binatang lain keluar dari dalam bumi dan ber tanduk dua sama seperti domba dan ia berbicara seperti seekor naga. ahli tafsir The Holy Qur'an. "(Injil Perjanjian Baru. dan jelas di balik semua ini. hal itu berarti ruang gerak bagi kaum atau bangsa tersebut untuk menyusun rencana terakhirnya menuju dunia baru. Wahyu 13:11). Sebuah pertanda yang sangat nyata saat ini adalah Berdirinya Negara Isrel. menafsirkan bahwa firman Allah swt pada surat an. adalah gerakan bawah tanah. Sebuah tanda nyata dajjal telah hadir ditengah-tengah kita. Latar Belakang Masalah "Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka.Naml ayat 82 tersebut merupakan satu simbol bahwa yang dimaksudkan dengan "binatang melata" adalah manusia. Penafsiran tentang "binatang melata besar yang keluar dari dalam bumi" seperti disebutkan dalam Al-Qur'an surat an-Naml ayat 82 dan “binatang bertanduk dua seperti domba yang berbicara seperti seekor naga” seperti yang dinubuatkan dalam Injil Perjanjian Baru pada Kitab Wahyu 13:11. yang dimotori.

rumusan masalah ini dirinci dalam beberapa pertanyaan berikut: 1.Seseorang yang akan muncul sebagai Antikris akan duduk di Bait Suci Yahudi dengan menyatakan diri sebagai Tuhan (2 Tesalonika 2:4) dan akan memerintah dunia dari Yerusalem (Matius 24. permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah apa dan bagaimana Negara Israel menjadi sebuah tanda akhir zaman. Lalu siapa dan kekuatan seperti apa yang akan hadir menjelang akhir zaman? Setidaknya tulisan ini akan memberi gambaran tentang hal tersebut. Apa yang sedang dan akan terjadi dibalik kehadiran Negara Israel? 4. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. Dan sebelum ia turun kebumi akan terjadi kekacauan besar di dunia. Apa kaitan Kabbala. Bagaimana peran Zionisme dalam pembentukan Negara Israel ? 3. Wahyu 13:7-8). Lebih lanjut. Tujuan dan Kegunaan Penelitian 6 . penulis berharap dapat memberikan pemahaman kepada kita semua tentang kehadiran Negara Israel sebagai tanda akhir Zaman. B. illuminati dan Freemasonry dalam gerakan konpirasi Dajjal dengan Negara Israel ? 5. Seperti yang di percayai oleh umat Nasrani (kristen) bahwa kedatangan Yeshua Hamasiah adalah tanda dari tibanya hari akhir. Umat muslim mempercayai bahwa suatu kekuatan besar (biasa disebut fitnah Dajjal) akan muncul diakhir zaman. yaitu sesaat sebelum kedatangan Yeshua Hamasiah kembali ke bumi. Persiapan apa yang dilakukan gerakan konpirasi Dajjal dalam mewujudkan satu dunia baru menuju akhir Zaman ? C. Apa yang melatar belakangi berdirinya Negara Israel ? 2. Ayat tersebut menjelaskan bahwa Yerusalem (Israel) adalah tempat dimana penguasa tunggal atas dunia akan muncul secara nyata. Dengan melakukan telaah secara mendalam terhadap berbagai sumber dan analisis terhadap fenomenafenomena yang telah dan sedang terjadi.

Mengetahui sesuatu yang sedang dan akan terjadi dibalik kehadiran Negara Israel 4. melalui analisis mendalam terhadap berbagai literatur dan ayat-ayat yang terdapat didalam al-Qur’an dan Bibel seputar Negara Israel sebuah tanda akhir Zaman. Freemasonry. 3. Maulani dan Dajjal dan Simbol Syetan Oleh Toto Tasmara serta ayat-ayat didalam al-Qur’an dan Bibel berkenaan dengan permasalahan tersebut. Zionisme Dalam Gerakan Konpirasi Dajjal” 2. Mengetahui peran Zionisme dalam pembentukan Negara Israel.Dari rumusan masalah yang dipaparkan. Mengetahui kaitan Kabbalah. penulis menggunakan studi pustaka: 1. Sebagai metodologi dalam kajian ini. Mengetahui Latar belakang berdirinya Negara Israel. penelitian ini bertujuan untuk: 1. yaitu mengenai “Negara Israel Sebagai Tanda Akhir Zaman . illuminati dan Freemasonry dalam gerakan konpirasi Dajjal dengan Negara Israel 5. Gerakan Menaklukkan Dunia oleh Z. Illuminati. Ancaman Global Freemasonry Oleh Harun Yahya. Penentuan Jenis Data Dalam kajian ini data yang diteliti adalah data yang berhubungan dengan topik yang dikaji. Freemasonr dan. Zionism. 2. maka sumber data yang diteliti diklasifikasikan kepada: a. yaitu buku-buku yang berkenaan dengan Negara Israel. Illuminati. Sumber Data Dikarenakan penelitian ini sebagi penelitian kepustakaan. Mengetahui bagaimana Persiapan yang dilakukan gerakan konpirasi Dajjal dalam mewujudkan satu dunia baru menuju akhir Zaman Sedangkan kegunaan penelitian diharapkan memberikan pengetahuan seputar tanda akhir zaman. A. Zionisme dan Gerakan konpirasi Dajjal seperi buku: Der Jundenstaat Oleh Theodere Herlzt. 7 . Metodologi Penelitian Metodologi adalah sesuatu yang sangat menentukan dalam setiap penelitian ataupun penulisan. Sumber Primer. D.

penelitian ini disusun menjadi tujuh bab yang saling berkaitan satu sama lain. 4. Bab ini berisikan analisis terhadap berbagai literatur serta ayat-ayat yang terdapat dalam al-Qur’an dan Bibel mengenai tanda-tanda kehadiran Dajjal 8 . yaitu suatu metode yang membahas secara detail permasalahan yang sedang dibahas. Majalah-majalah. maka pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara menelaah teks dari referensi primer dan sekunder dari berbagai literatur. Tujuan dan Kegunaan Penelitian. Bab ini berisikan tentang Asal-usul Kabbalah. Rumusan Masalah. Tujuan dan Pergerakan mereka. Bab kelima membahas tentang Tanda-tanda datangnya Dajjal. E. Illuminati dan Freemasonry. Sistematika Penulisan Secara sistematis. Kamus. Yahudi dan Zionisme. sebagimana yang telah dijelaskan merupakan penelitian kepustakaan. Illuminati dan Freemasonry. berita dan berbagai artikel berkenaan dengan hal dimaksud. Bab keempat membahas tentang Gerakan Konpirasi Dajjal. penulis menggunakan metode content analysis. Bab ini berisikan tentang Sejarah dan Latar Belakang Berdirinya Negara Israel. Bab ketiga adalah pengenalan terhadap Ajaran Kabbala. Sumber Sekunder. Bab ini berisikan tentang rencana dan program gerakan konpirasi Dajjal dalam menguasai dunia. Pengumpulan Data Penelitian ini.. Metodologi Penelitian dan Sistematika Penulisan. Politik Kaum Yahudi dan Tujuan dan pergerakan Negara Israel. Peranan Zionisme dalam berdirinya Negara Israel. Analisis Data Dalam menganalisis dan mengelola data. 3. Bab kedua adalah Pembahasan tentang Negara Israel . Bab satu adalah Pendahuluan yang berisikan Latar Belakang Masalah. yaitu sumber-sumber pendukung untuk melengkapi sumber primer di atas seperti Ensiclopedi.b.

Pembahasan akan diakhiri dengan bab Penutup yang menyimpulkan temuan penelitian dan saran-saran serta rekomendasi yang dianggap perlu.Bab keenam membahas tentang Simbol Iblis di Yerusalem. Bab ini berisikan tentang tanda-tanda akan tibanya kekuasaan Iblis dilihat dari segi bangunan Gedung Mahkamah Agung Israel. Bab II 9 .

Terbentuknya negara Israel. sampai saat kita sekarang ini(huruf miring 10 . Keunikan dan keanehan Negara tersebut menjadikan negara Israel sangat berbeda dengan negara-negara lain di dunia. Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat. Dalam tulisan saya itu saya kemukakan bahwa terjadinya antisemitisme di dalam sejarah kita karena di manapun juga.. dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua." (QS. sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabishabisnya apa saja yang mereka kuasai. Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar. lalu mereka merajalela di kampung-kampung. Bernard Lazare yang telah menulis buku Antisemitisme et revolution (Maret 1895) menulis sebagai berikut: .. (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam masjid.NEGARA ISRAEL . 17: 4-7) Negara Israel sejak berdirinya pada tanggal 14 Mei 1948 tak luput dari pembicaraan publik Internasional. Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) pertama dari kedua (kejahatan) itu. Al Israa'. sehingga timbul sifat antisemitisme di negara-negara yang didiaminya. Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang mempunyai kekuatan yang besar. YAHUDI DAN ZIONISME "Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam kitab itu: "Se-sungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar". maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri. dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana. sebenarnya tidak terlepas dari problematik negaranegara yang didiami oleh orang Yahudi yang mempunyai karakter tidak disukai orang.

pada bagian penutup buku tersebut saya menulis: "Penyebab-penyebab terjadinya antisemitisme. 2.1 Akibat ditariknya kesimpulan oleh Herzl tersebut maka pemecahan masalahnya menurut Herzl dan menurut orang-orang antisemit juga adalah membuat negara Yahudi baru diatas tanah kosong dunia. Orang-orang Yahudi. Sekarangpun saya masih tetap berkata demikian mengenai mereka. dimanapun juga mereka berada di permukaan bumi ini. di negara manapun juga mereka bertempat tinggal akan tetap saja merupakan sebuah "bangsa" yang tunggal. Maka dipilihlah Palestina yang menurut orang Yahudi 1 Theodor Herzl. tentulah berdasarkan masalah-masalah etnik. hal: 21-22. Mereka sama sekali tidak dapat diasimilasikan oleh negara-negara dimana mereka telah bertempat tinggal sekian lamanya (sangkaan yang sama yang juga ada pada orang-orang antisemit serta orang-orang rasialis). politik dan ekonomi. Mereka selamanya dan di mana sajapun selalu menjadi korban pengejaran.Der Jundenstaat. berdirinya Negara Israel adalah langkah menuju terciptanya dunia baru dibawah komando orang Yahudi. Herzl berpendapat karena terjadinya sifat antisemitisme di negara-negara Eropa terutama Jerman yang berakhir menurutnya dengan peristiwa "Dreyfus" maka ia menyimpulkan: 1. kalau kita perhatikan dari sifatnya.) Kebencian terhadap orang Yahudi di negara-negara yang ditempatinya disebabkan tuduhan bahwa orang Yahudi penyebab terjadinya krisis Ekonomi akibat praktek rentenir yang diterapkan orang Yahudi dan Bank-bank yang sifat memeras rakyat. Tetapi lebih dari itu. krisis sosial karena mereka orang-orang Yahudi melakukan praktek prostitusi di negara-negara yang didiami Yahudi di mana-mana khususnya Eropa.. 11 . Dan mereka orangorang Yahudi merasa merupakan ras yang paling baik didunia.. keagamaan.tersebut sesuai dengan tulisan yang terdapat pada karangan Lazare). 3. akhirnya. "orang-orang Yahudi itu merupakan manusia yang tidak suka bermasyarakat". Theodor Herzl (1860-1904) seorang Yahudi yang mencetuskan berdirinya negara Yahudi dalam bukunya Der Jundenstaat dan menerapkannya pada kongres Zionis pada tahun 1897.

adalah tanah mereka, karena menurut sejarah mereka di Tanah Palestina pernah berdiri kerajaan Israel. Dalam mencari tahu bagaimana sebenarnya Negara Israel memilih tanah Palestina untuk mendirikan sebuah Negara, kita harus kembali pada sejarah bangsa Israel. Dari mana mereka berasal dan bagimana sejarah perjalanan mereka.

A. Perjalanan sejarah bangsa Israel
Orang-orang Israel adalah anak keturunan nabi Yakub as anak nabi Ishak cucu nabi Ibrahim (Abraham). Nabi Yakub as tinggal di Nablus daerah Kan'an Palestina. Anak keturunan nabi Yakub ada 12 suku yang tersebut 12 suku keturunan Israel. Jumlahnya kurang dari seratus orang dan hidup sampai 500 tahun lebih. Salah satu keturunan Israel ini adalah nabi Yusuf, Bendahara Negri Mesir. Nabi Yusuf as berusaha mengumpulkan kembali keturuan nabi Yakub ini yang sudah terpencar-pencar di sepanjang pantai laut tengah sampai daerah Irak bagian utara kembali ke Mesir. Selain nabi Yusuf yang juga keturunan Israel adalah nabi Harun dan nabi Musa, nabi Daud dan nabi Sulaiman. Sehingga pada zaman nabi Musa yang juga keturunan Israel, lebih dari 1600 lakilaki keturunan 12 suku Israel berhasil lolos dari kejaran Fir'aun (Raja Mesir bergelar Fir'aun yang sebenarnya bernama Bernevtah atau Ramses II). Karena sebelum itu mereka berkumpul di Mesir hasil usaha nabi Yusuf as. Mereka berdiam dan berkembang di Mesir sampai Raja Fir'aun yang ke 32 berkuasa yang memusuhinya berkat usaha nabi Musa yang keturunan Israil juga mereka berhasil lolos ke daerah Madyan, dekat Baitul Maqdis dan Padang pasir Tih. Max I. Dimont, sejarawan Yahudi, dalam tulisannya “Jews, God, and History”, menulis, “Ketika, akhirnya, pada abad XII SM, bangsa Yahudi menetap di sebuah negara yang dapat mereka sebut sebagai milik mereka sendiri, mereka memilih sejalur wilayah yang merupakan koridor bagi tentara imperium-imperium yang sedang berperang. Bangsa Yahudi haus membayar pilihan ini, terbantai di medan pertempuran, dijual sebagai budak, atau dideportasi ke negeri-negeri asing. Tapi mereka terus datang ke

12

tempat tua tersebut, membangun jalur pemukiman kecil baru yang secara berganti-ganti disebut sebagai Kan’an, Palestina, Israel, Judah, Judea dan sekarang Israel lagi”2. Kawasan itu merupakan kawasan strategis yang menghubungkan antara Asia, Afrika dengan Eropa. Dan dengan doktrin aqidah yang demikian kental, diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, bangsa Yahudi tidak mengenal putus asa untuk kembali ke Palestina. Kira-kira sebelum tahun 500 SM Orang-orang Yahudi berkembang dekat Baitul Maqdis. Berdasarkan wahyu yang diterima nabi Musa bahwa diperintahkan Bani Israil untuk masuk ke kampung bernama Baitul Maqdis3 (QS: 2:58-59). Tapi mereka enggan masuk ke Palestina meskipun dijamin kemenangan oleh Allah swt, bahkan berani berkata tidak sopan kepada nabi Musa as, maka Allah swt mengharamkan bumi Palestian selama empat puluh tahun dan mereka terlunta-lunta di padang Tiih. Fakta sejarah menunjukkan bahwa hampir dua ratus tahun bangsa Yahudi terpontang-panting dikawsan tidak bertuan (padang Tiih) dan sekitarnya, sampai nabi Daud as dan nabi Sulaiman as (Salomo) berhasil mendirikan kerajaan di Palestina. Kerajaan nabi Daud as yang kemudian dilanjutkan oleh nabi Sulaiman as4 itu hanya utuh selama beliau masih hidup, setelah nabi Sulaiman as wafat, kerajaan itu pecah menjadi dua, Kerajaan Yahuda5 dan Kerajaan Israel6. Pada tahun 734 SM, kerajaan Israel ditaklukkan oleh Tiglath-Pileser III, raja Assyyira. Dan dalam tempo hanya sepuluh tahun sisa-sisa kerajaan Israel mengalami serbuan susulan oleh dua orang raja Assyria, yakni Shalmaneser V dan Sargon II, menuntaskan penghancuran kerajaan Israel.7 Penduduk yang selamat dari kematian dideportasi ke empat penjuru angin dan lenyap dari sejarah, diingat sebagai “Sepuluh Suku Bani Israel yang Hilang”.
2 3

4 5

6

7

Max I. Dimont, “Jews, God, and History” .hlm. 465 Menurut Quraish Shihab, Baitul Maqdis adalah yang disebut orang Yahudi dengan Yerusalem lama, atau Hebron dalam keadaan menang. Lihat: Quraish Shihab, DR. “Tafsir Al-Misbah”, Lentera hati, Jakarta 2002, hlm 205-206 Kerajaan Daud dan Sulaiman berlangsung sekitar 80 tahun, yakni dari tahun 1004 – 923 SM. Kerajaan Yahuda berada di bagian Selatan Palestina, beribu kota di al Quds (Jerusalem) dan berlangsung selama hampir 337 tahun. Yaitu antara tahun 923 – 586 SM Kerajaan Israel berada di bagian utara Palestina, dengan ibukota Syakem kemudian Tuzah dan selanjutnya Samira dekat Nablus. Kerajaan ini berlangsung sekitar 200 tahun, dari tahun 923 – 821 SM Z. A. Maulani. “ZIONISME ; Gerakan Menaklukkan Dunia”. Daseta, Jakarta, 2002. hlm. 3-4

13

Kemudian Pada tahun 586 SM, Nebuchadnezzar Raja dari imperium Babylonia menaklukkan kerajaan Yahuda. Seluruh bangsa Yahudi digiring ke Babylonia untuk menjadi budak. Di Babylonia itulah para pemuka Yahudi menanamkan doktrin ‘janji kembali ke kampung halaman’ kepada para pengikutnya. Inilah yang menjadi embrio dari kaum Zionis. Kemudian pada tahun 550 SM, hampir seluruh kawasan Palestina diintegrasikan kedalam kekuasaan Persia. Ketika Alexander the greath menguasai Palestina pada tahun 334 SM, Alexander membawa bangsa Yahudi ke Yunani, dari sini mereka kemudian menyebar ke berbagai kawasan di Eropa. Kemudian sejak tahun 160 SM diintegrasikan kedalam kekaisaran Romawi. Pengungsian besar-besaran bangsa Yahudi terjadi lagi pada tahun 70 M, setelah pemberontakan mereka terhadap penguasa Romawi gagal. Panglima Legiun Romawi Titus menguasai dan menghancurkan Yerusalem. Kaum Yahudi bertahan di sebuah benteng di gigir bukit Masada, dan tatkala mengetahui benteng itu tidak dapat dipertahankan lagi orang-orang Yahudi melakukan bunuh diri secara beramai-ramai dan meninggalkan sindrom Masada yang kini menghinggapi orang Israel, ketakutan akan punah dihancurkan oleh musuh-musuhnya. Demikianlah seterusnya sampai kedatangan Islam pertama kali dipimpin oleh Umar bin Khattab ra pada tahun 637 M, mengikuti kemenangan Khalid bin Walid terhadap Romawi Binzantium di Damascus pada tahun 635 M, Umar bin Khattab ra kemudian mewaqafkan Yerusalem dan tanah Palestina kepada umat Islam seluruh dunia. Pada tahun 1099 M tentara salib (crusaders) berhasil menguasai Palestina dan kota Yerusalem, dengan membantai 70.000 penduduknya, laki-laki, perempuan dan anak-anak. Pada tahun 1187 M, Shalahuddin Yusuf bin Ayyub (Saladin)8 mengembalikannya kembali dalam pangkuan Islam dan tetap mempertahankannya, meskipun selama lima tahun sampai 1192 M, harus berperang dengan seluruh raja-raja besar Eropa seperti Richard (Inggris), Frederick (Jerman), Leopold (Austria), Louis (Perancis), raja Sisilia, yang berusaha merebut Yerusalem kembali, tetapi mereka tidak berhasil.
8

Shalahuddin yusuf bin Ayyub (Saladin) adalah seorang panglima perang pada masa daulah khilafah Abbasiah.

14

"Zionisme dapat sekedar menjadi sekilas episode dalam sejarah Yahudi. Ladino (Yahudi-Spanyol ). dan pembela Palestina yang utama hilang bersamaan dengan runtuhnya bani Ustmaniyyah pada tahun 1924. mengapa yang ketiga tidak bisa lebih singkat dan bahkan lebih tidak terhormat?" . Doa mereka setiap hari: "Bawalah kami yang terserak di empat penjuru bumi menuju kedamaian dan pimpinlah kami menuju tanah kami. mandat Inggris ini dikokohkan dalam konferensi San Remo tahun 1920. 15 ." Makna yang dikehendaki dari ini adalah: Bila kau menentang Zionisme. YAHWEH menjadikan kota Sion sebagai pusat pemerintah-Nya (Roma 9:33. Ibr 12:22. suatu ungkapan sambil lalu yang brutal (bagi para korbannya) sekaligus tragis (bagi para protagonisnya). Doa mereka menunjukkan kerinduan untuk menguasai Yerusalem sebagai tanah yang dijanjikan serta obsesi untuk menguasai dunia setelah masa "diaspora" (terserak) ke seluruh pelosok dunia. 1Pet 2:6. Filistin dan Arab mengalami perdamaian sampai negeri ini lepas dari naungan Islam pada tahun 1917 setelah Inggris mengalahkan bani Ustmaniyyah dalam Perang Dunia I. Mahamulia Engkau oh Tuhan yang mengembalikan kami ke tanah zion.Dalam naungan Islam. negeri Palestina dan kehidupan antar bangsa Yahudi. Yoh 12:15). 81 kali dari kitab Yesaya dan 16 kali di kitab Yeremia. misalnya kaum Yidish (Yahudi Eropa). Kata ”Sion” ada 164 diseluruh Alkitab. maka kau tidak menghargai penderitaan dan 9 Sion / Zion adalah secara fisik indentik dengan kota Yerusalem. Kerajaan Israel yang kedua lebih singkat dan tidak sejaya yang pertama. 38 kali di kitab Mazmur. dan Aliya (Yahudi Afrika). Wah 14:1). Serta yang lainnya." Mereka ingin mengumpulkan kembali seluruh kaum Yahudi yang terserak karena diaspora tersebut. Zionisme Zionis berasal dari kata "zion atau sion"9 yang memberikan arti Yerusalem dan tanah Israel atau disebut dalam bahasa Yahudi Ezrat Yisrail. Sion juga panggilan untuk negara Israel (Zak 9:9.Michael Warschawski (Seorang sosialis dan aktivis Israel) Klaim kondang yang disuarakan pendukung Zionisme politik adalah "Zionisme adalah gerakan pembebasan nasional rakyat Yahudi. B.

Sebelum genosida oleh Nazi10. sosialis dan komunis. konservatif dan lainnya yang sama sekali bukan nasionalis. Tiap klaim ini adalah palsu. Ia merupakan saingan dari nasionalisme Yahudi Bund yang sosialis dan berbasiskan kelas pekerja. baik secara fakta maupun logika. baik dalam konteks nasionalisme Eropa lainnya dan sebagai respon terhadap perkembangan antiSemitisme yang rasis. dengan berdasarkan budaya Yiddish dan sebagai bagian dari perjuangan kemerdekaan manusia secara keseluruhan. jauh sebelum kaum Yahudi tertarik dengan hal itu. tapi yang paling penting di sini adalah Zionisme politik. Saya akan menggunakan istilah Zionisme di sini untuk memaksudkan "Zionisme politik.F. Ada juga nasionalisme Yahudi yang anti-teritorial seperti yang diajarkan oleh sejarawan besar Simon Dubnow contohnya. di bawah bayangbayang fasisme. maka kau berpihak pada "penghancuran Israel" dan kau adalah seorang anti-Semit. Zionisme muncul dari gerakan nasionalis pada akhir abad 19 di Eropa. dan yang sangat tak biasa. kebanyakan kaum Yahudi dan bahkan kebanyakan nasionalis Yahudi menolak Zionisme.harga-diri Yahudi. Bahkan pada tahun 1930an. kita harus mendekonstruksi klaim tersebut satu per satu dan mengklarifikasikan apa Zionisme itu di masa lalu dan kini. Yang benar adalah Zionisme politik muncul pada akhir abad 19 dan awal abad 20 sebagai bentuk dari nasionalisme Yahudi. Pada mulanya terdapat kaum Zionis lain yang mengusulkan penciptaan tanah air Yahudi bukannya negara. sejarawan William Rubinstein telah menunjukkan bahwa dukungan 10 Nazi adalah gerakan politik fanatic Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler setelah perang dunia I pada tahun 1930 16 . Untuk memahami kenapa. Tapi Zionisme hanyalah salah satu bentuk nasionalisme Yahudi. yang hendak membebaskan rakyat Yahudi di mana pun mereka bertempat tinggal. Dan tentunya bahkan ada lebih banyak kaum Yahudi liberal. Stone dan Noam Chomsky telah mengidentifikasikan diri mereka ke dalam tradisi ini." yang menuntut pendirian negara Yahudi di Palestina. kita akan mengabaikan catatan kaki sejarah itu di sini. (Walaupun memiliki pra-sejarah sebagai suatu gerakan di antara kaum Kristen Injili (evangelical) untuk mengembalikan kaum Yahudi ke Palestina. Orang-orang yang terhormat seperti I.) Itulah satu-satunya sebagian klaim mereka yang benar.

yakni budaya Yiddish dari kaum Yahudi Eropa Timur. tapi hanya sedikit kaum Yahudi yang bertempat tinggal di situ selama lebih dari 1500 tahun. sangat menyadari peran tersebut: "Kita akan membangun di sana (di Palestina) suatu wilayah yang melindungi Eropa dari Asia. Yaitu : • Zionisme sangat tidak biasa karena mengusulkan pendirian suatu negara-bangsa bukan di tempat tinggal orang yang akan dibebaskannya. • Zionisme sangat tidak biasa karena kebenciannya terhadap budaya sesungguhnya dari rakyat yang diklaim hendak dibebaskannya. Reformasi Yahudisme pada akhir abad 19 di Amerika dan Jerman menentangnya sebagai penyimpangan modernisasi Yahudi dan emansipasi politik. melindungi peradaban dari barbarisme Asiatik. Sikapnya terhadap Yahudi non-Eropa dari Timur Tengah dan Afrika jauh lebih parah lagi. di mana tradisi religius Yahudi bermula. tapi memindahkan mereka secara besar-besaran ke tempat yang berbeda .Setelah bercumbu dengan Turki.ke Palestina. sebagai pelanggaran sekuleris terhadap peran unik Tuhan dalam mendatangkan era Messianik. yang selama berabad-abad tidak digunakan oleh kaum Yahudi dalam percakapan sehari-hari kecuali dalam sembahyang dan studi keagamaan. menyusul Perang Dunia I gerakan Zionis bersekutu dengan Inggris. Untuk memahami kenapa.terhadap Zionisme di antara kaum Yahudi sedunia tidak dapat melebihi 15 persen. Theodore Herzl. Bapak dari gerakan Zionis. Kebanyakan kaum Yahudi Orthodox menentangnya atas alasan relijius. Ia mengusulkan untuk menggantikan bahasa dan budaya Yiddish dengan Ibrani. yang mengembang-biakkan hunian kolonial Zionis di Palestina atas penderitaan penduduk asli Arab." . Tidaklah mengejutkan dalam perspektif semua ini bahwa mayoritas besar kaum Yahudi menolak Zionisme. tapi dalam hal ini ia mewarisi asumsi rasis dari kebanyakan nasionalisme Eropa. Kaum Yahudi sosialis mencibirnya karena berupaya memecah belah pekerja 17 . Anda harus melihat keunikan karakter Zionisme sebagai ideologi. • Zionisme berbeda dalam hal tingkat ketergantungannya pada dukungan kekuatan kolonial atau imperial untuk menjalankan proyek konstruksi nasionalnya.

Bahkan dengan bangkitnya ancaman Nazi pada tahun 1930an. sebagai sekutu untuk mengontrol Timur Tengah yang strategis. David Ben-Gurion lebih tertarik untuk membawa kaum Yahudi muda atau mereka yang bermodal ke Palestina. Zionisme memang tidak berupaya . Gerakan Zionis pada tahun 1940an juga sangat lihai dalam mempromosikan diri mereka kepada kekuasaan imperialis yang sedang bangkit. gerakan Zionis di Palestina sangat terorganisir dan strategis dalam perencanaannya. bukannya dalam jumlah besar yang ia hina sebagai pedagang kecil. hunian Zionis di Palestina sangat menguntungkan imperialisme Inggris dalam periode inter-perang (antara Perang Dunia I dan PD II).untuk menolong jutaan kaum Yahudi Eropa dari genosida Nazi. proyek Zionis berhasil menghidupkan kembali bahasa Ibrani sebagai faktor krusial dalam pembentukan identitas dari sebuah bangsa baru. tidak akan berhasil bahkan bila mencobanya . pertanyaan yang mengemuka adalah bagaimana gerakan kolonial yang secara historis terlambat itu dapat berhasil setelah sebagian besar kaum Yahudi menentangnya maupun tidak mengacuhkannya. Administrasi kolonial Inggris (yang disebut "Mandat") memberikan keuntungan ekonomi yang substansial dan perlindungan militer kepada Yishuv (komunitas hunian Yahudi). kaum Yahudi pada umumnya tidak memandang Zionisme atau emigrasi ke Palestina sebagai solusi terhadap persoalan mereka. Kedua. sementara penduduk Palestina tidak terorganisir dengan baik. Dan aliran utama Zionisme politik nyatanya tidak tertarik untuk menyelamatkan kaum Yahudi dari Jerman atau Eropa Timur.Yahudi dari perjuangan proletar.dan untuk jujurnya. dan ketika rakyat Palestina dan Arab jelas-jelas berupaya segala cara untuk menghentikannya. Maka. 18 . Kebanyakan kaum Yahudi biasa memandangnya sebagai ide aneh yang tak berhubungan dengan kehidupan mereka. seringkali tidak bertempat tinggal di tanah miliknya (absentee) dan menjual tanahnya kepada hunian Zionis tanpa pengetahuan para petani. dipimpin dengan buruk dan didominasi oleh tuan-tanah feodal. Amerika Serikat. Pada dasarnya ada tiga alasan: Pertama. Sebagai tambahan.

Rusia dan Amerika Selatan. perdebatan dalam dunia Yahudi tidak pernah "dimenangkan" oleh argumen Zionis. Yahudi. pembentukan bangsa baru yang berbahasa-Ibrani di Palestina dan Israel adalah suatu kenyataan yang telah terjadi . Melainkan. Pada abad inilah Yahudi memperluas petualangannya sampai ke Eropa Timur. tahun 1400 M diusir dari Perancis. yang kesempatan itu menyebabkan mereka menjadi kelas menengah di Eropa. Pada akhir Perang Dunia II terdapat beberapa ratus ribu orang Yahudi yang bertahan hidup di kamp-kamp Orang yang Terpindahkan (Displaced Persons camps). tapi lagipula kenyataan ini tidak diragukan lagi. tanpa rumah dan tempat untuk pulang kecuali Palestina (sementara pemerintahan barat dan gerakan Zionis tidak berminat membuka perbatasannya kepada mereka yang bertahan hidup ini). C. Kumpulan orang yang putus asa ini menjadi massa kritis yang akhirnya memberikan Zionisme-politik basis bagi Negara Yahudi di Palestina. Zionisme dan Negara Israel Bangsa Yahudi yang tinggal diperantauan. Walau demikian.suatu kenyataan tragis yang tidak akan terjadi bila saja kaum Yahudi di Eropa tidak dihapuskan.Ketiga. tetapi mereka tetap menjadi orang asing di Eropa. tahun 500 M. mereka diintimidasi di Spanyol.perang pembersihan etnis yang dirayakan oleh Israel sebagai Perang Kemerdekaan dan oleh rakyat Palestina sebagai peringatan Nakba . dan bahkan mereka melibatkan diri dalam pendalaman 11 Stalinis adalah tentara sekutu Uni Soviet (Rusia) aliran komunisme dalam perang Dunia II 19 . 1600 M sampai 1700 M. tahun 1300 M diusir dari Inggris. maka ia mengusung opsi lainnya . Selama satu abad. tahun 1500 M diusir dari Spanyol. Dengan penolakan kepemimpinan Zionis terhadap bi-nasionalisme dalam bentuk apa pun. kaum Yahudi berhasil menguasai pasar dan perekonomian Eropa. genosida Nazi dan represi brutal Stalinis 11 yang mengakhiri argumen. dengan disingkirkannya sebagian besar kaum Yahudi di Eropa dan diputusnya hubungan dengan kaum Yahudi di blok soviet.menciptakan panggung bagi berlanjutnya konflik ratusan tahun dan tragedi yang telah menyusulnya. terutama di Eropa banyak dibutuhkan untuk menjadi kuli bangunan dan memajukan perekonomian.

yang menyatakan bahwa. dan dunia Islam pada khususnya. kecuali mendirikan pemerintahan sendiri di Tanah Israel (‘Erzt Israel’)”. berisi studi tentang kemungkinan mendirikan sebuah negara Yahudi di Palestina. Sejak itu gerakan untuk kembali ke Yerusalem menjadi marak dan meluas. berjudul ‘Roma und Jerusalem’ (1862). yang memuat pemikiran tentang solusi “masalah Yahudi” di Eropa dengan cara mendorong migrasi orang Yahudi ke Palestina. Rusia.Edisi Sya’ban/ Ramadhan 1420H/Desember 1999. Akhirnya mereka mulai melihat titik terang yang akan menyinari jalan ketika mereka hendak melangkah untuk kembali ke Palestina. Buku itu disusul oleh tulisan Moses Hess dalam bahasa Jerman. tokoh Yahudi pertama yang melemparkan gagasan untuk mendirikan sebuah negara Yahudi di Palestina. “Wahai kaum Yahudi. “setiap anak Israel mengakui bahwa tidak akan ada penyelamatan bagi Israel. pada tahun 1818. Untuk mendukung gagasan itu sebuah organisasi mahasiswa Yahudi militan bernama ‘Ahavat Zion’ berdiri di St.12 Buku Moses Hess ‘Roma und Jerusalem’ (1862) mendapat perhatian dan dukungan dari tokoh-tokoh kolonialis Barat karena beberapa pertimbangan. Menurut Hess kehadiran bangsa Yahudi di Palestina akan turut membantu memikul “missi suci orang kulit putih untuk mengadabkan bangsa-bangsa Asia yang masih primitif dan memperkenalkan peradaban Barat kepada mereka”. dengan tujuan untuk mengacau dunia sehingga mempermudah jalan menuju Palestina. Gagasan itu mendapatkan dukungan dari Kaisar Napoleon Bonaparte ketika ia merebut dan menduduki Mesir. 12 Suara Hidayatullah .Kalai (17981878). mari membangun kembali kota Jerusalem lama”. Gagasan itu didukung oleh Izvi Hirsch Kalischer (17951874) melalui bukunya yang ditulis dalam bahasa Ibrani ‘Derishat Zion’ (1826). Adalah Yahuda al.ilmu pengetahuan modern. Untuk memperoleh bantuan keuangan dari kaum Yahudi. Napoleon pada tanggal 20 April 1799 mengambil hati dengan menyerukan. Para ilmuwan mereka mulai berfikir merumuskan teori revolusi yang akan menghancurkan kehidupan manusia. 20 . Buku ini memuat pemikiran awal kerja-sama dan konspirasi Yahudi dengan Barat-Kristen menghadapi bangsa-bangsa Asia pada umumnya. Petersburg.

gerakan Zionisme akan berfungsi membantu memecahkan “masalah Yahudi” di Eropa. kebutuhan bangsa-bangsa Eropa itu sesuai dengan aspirasi kaum Yahudi untuk kembali ke Palestina. adanya konfrontasi antara Eropa dengan daulah Utsmaniyah Turki di Timur Tengah. Ketiga. keempat.Pertama. 21 . bangsa-bangsa Eropa membutuhkan suatu ‘bastion’ politik yang kuat di Timur Tengah dan ketika kebutuhan itu muncul orang Yahudi menawarkan diri secara sukarela untuk menjadi proxi negara-negara Eropa. Kedua.

Sebenarnya sejak tahun 1882 Sultan Abdul Hamid II telah mengeluarkan sebuah dekrit yang berbunyi. persisnya kedai untuk pinjam-meminjamkan uang. Pendukung kuat dari kalangan politisi Eropa terhadap gerakan Zionisme datang terutama dari Lloyd George (perdana menteri Inggeris). Sejak itu sebuah dinasti Rothschilds telah dilahirkan. tetapi ajal yang menjemputnya membuat idaman itu tidak pernah terwujud. yang artinya “Tameng Merah”. J. Lihat Z. h. New York. Jakarta. dengan syarat mereka menjadi kawula daulah Utsmaniyah. Untuk menghormati ingatan yang membekas kuat akan ayahnya yang tak pernah terlepas dengan merk dagang “Tameng Merah” itu. akhirnya ia memutuskan menetap di kota dimana putera pertamanya dilahirkan. h. 91. Ormsby-Gore. dan sang ayah mengajari hampir sepenuh waktunya segala sesuatu yang diketahuinya tentang bisnis pinjam-meminjamkan uang. berupa sebuah Tameng Merah (bahasa Jerman .121. Di atas pintu masuk kedai digantungkannya merk dagangnya. Pada usia yang masih sangat muda Mayer Amschel Bauer Jr. Gerakan Menaklukkan Dunia’ Daseta. 1986. meski sultan “sepenuhnya siap untuk mengizinkan orang Yahudi beremigrasi ke wilayah kekuasaannya. Bauer sepuh sebenarnya mengidamkan anaknya untuk dididik menjadi ulama Yahudi (Rabbi).S. Ia membuka sebuah kedai. seorang lintah-darat dan tukang emas yang berpindah-pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Bauer muda kemudian mengubah sepenuhnya nama keluarganya yang dianggapnya tidak cocok dengan impian besar bidang yang akan digelutinya dari Bauer (bahasa Jerman – “petani”) menjadi Rothschilds. ‘The Siege : The Saga of Israel and Zionism’. Dia diberikan peluang sebagai mitra-muda dalam kepemilikan bank itu. Tanda “Tameng Merah” yang ditinggalkan ayahnya ternyata tetap menggelantung di atas pintu kedai itu.15 13 Mayer Amschel Rothschild adalah seorang Yahudi yang bernama Mayer Amschel Bauer. Robert Cecil.Perlu dicatat bahwa gerakan Zionisme mulai mendapatkan momentumnya berkat bantuan dana keuangan tanpa reserve dari Mayer Amschel Rothschild13 (1743-1812) dari Frankfurt Jerman. 1988. hlm. Henry Holt and Company. Setelah ia kembali ke tempat kelahirannya di Frankfurt. pada tahun 1743. A. keluarga Yahudi paling kaya di dunia. 22 . Beberapa tahun setelah ayahnya meninggalnya. tetapi baginda tidak akan mengizinkan mereka menetap di Palestina”. telah memperlihatkan kemampuan intelektual yang luar-biasa. Setelah letih berkelana di Eropa Timur. pendiri dinasti Rothschilds. Arthur Balfour (menteri luarnegeri Inggeris). Keunggulan kemampuannya cepat terlihat. Alfred Milner. ia membeli kembali bisnis yang telah dibangun ayahnya sejak tahun 1750.Smuts. “Emigrasi kaum Yahudi di masa depan akan dapat membuahkan sebuah negara Yahudi”. dan kariernya melesat dengan cepat. Maulani “Zionisme. Amschel Mayer Bauer muda bekerja sebagai kerani di suatu bank milik keluarga Oppenheimer di Hannover. 2002. Mark Sykes. Herbert Sidebotham (tokoh militer Inggeris). lahir di Frankfurt. ‘Shores of Refuge : A Hundred Years of Jewish Emmigration’.14 Alasan pembatasan ini karena. Ia putera dari Moses Amschel Bauer. dan Richard Meinerzhagen. Simon and Schuster. Jerman. 15 Connor Cruise O’Brian.Rothschild). 204-205 14 Ronald Sanders. di Judenstrasse (kampung Yahudi). New York. serta pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya dari berbagai sumber.

New York. h. Resolusi komisi tersebut berhasil meyakinkan pemerintah kesultanan Utsmaniyah mengeluarkan peraturan yang melarang penjualan tanah milik penduduk Arab kepada orang Yahudi di daerah Jerusalem untuk beberapa tahun. mufti Jerusalem.16 Meski ada titah sultan tersebut. Pada tahun 1897. Ia salah seorang tokoh besar Yahudi dan Bapak Pendiri Zionisme modern. ayah dari Hajj Amin Husseini. University of California Press. 16 Phillip Mattar. sehingga menganggap perlu mengirimkan telegram ke Istambul menyampaikan keluhan tentang kekhawatiran itu yang mereka simpulkan akan mampu memonopoli perdagangan yang akan menjadi ancaman bagi kepentingan bisnis setempat. Columbia University Press. yang kemudian dipandang sebagai Bapak Zionisme.000 jiwa orang Yahudi di antara 0. Katanya. h. 21. yang pada gilirannya akan menjadi ancaman politik. 18-19. arus imigrasi orang Yahudi tetap berhasil menerobos masuk ke Palestina secara diam-diam dan berlanjut bahkan melalui cara sogok sekalipun. 1993. “Kami adalah suatu bangsa – Satu Bangsa”. 7-10. Ia menyatakan tentang eksistensi itu pada setiap kesempatan yang ada. 17 Neville J. and the Palestinian National Movement’.18 Gagasan tentang gerakan Zionisme. barangkali eksponen filosuf tentang eksistensi bangsa Yahudi yang memiliki pandangan paling jauh ke depan yang pernah dimiliki generasi Yahudi di sepanjang sejarah mereka. 1976. Berkeley. Ia tidak pernah ragu akan adanya “bangsa Yahudi”. kira-kira hanya ada 25. ‘The Mufti of Jerusalem : Al-Hajj Amin Al-Husyni.5 juta jiwa penduduk Arab di Palestina. ‘The Arabs and Zionism Before World War II’.17 Menjelang 1891 beberapa pengusaha Palestina mengungkapkan keprihatinan mereka mengenai kian meningkatnya imigran Yahudi.Mandel. tahun yang bersamaan dengan ‘Kongres Zionisme I’ di Bazel. 23 . Theodore Herzl (1860-1904). h. memimpin sebuah komisi yang dibentuk khusus untuk mempelajari masalah penjualan tanah penduduk Arab kepada orang Yahudi. yaitu suatu gerakan politik untuk mendirikan sebuah negara Yahudi di Palestina. 18 Mandel. Muhammad Tahir Husseini. mulai memperlihatkan konsepnya yang jelas dalam buku ‘Der Judenstaat’ (1896) yang ditulis oleh seorang tokoh Yahudi.Pada waktu itu sebelum imigrasi kaum Yahudi yang massif dimulai.

Pandangan ini yang nampaknya pandangan yang sejati. Lagipula – dan hal ini sesuatu yang menarik – nasionalisme dan liberalisme Eropa. tetapi dalam menghubungkan tindakan dari bangsa Yahudi ini kepada dunia.. Mungkin disini terletak penjelasan tentang hubungan Bolshevisme (bahasa Rusia: ‘minoritas’) Yahudi dan Zionisme. Theodore Herzl tidak hanya menyatakan bahwa kaum Yahudi harus membentuk suatu bangsa.. yang berbunyi sebagai berikut : “Liberalisme dan nasionalisme dengan hingar-bingar membukakan pintu ghetto dan menawarkan kewarga-negaraan dengan kedudukan yang sejajar kepada kaum Yahudi. orang niscaya akan menyaksikannya”. atau ia harus meruntuhkan pilarpilar system negara nasional yang ada secara keseluruhan. atau ia harus menciptakan sendiri suatu wilayah teritorial yang seluruhnya berada di dalam genggaman yurisdiksi kedaulatannya. Di Eropa Timur Bolshevisme dan Zionisme sering terlihat tumbuh bersamaan. Kaum Yahudi memasuki Dunia Barat. “Bila kita tenggelam. karena dewasa ini kaum Yahudi di Timur nampaknya terombang-ambing memilih di antara keduanya. Barangkali dalam waktu lima tahun. kedua. turut-serta membangun di pusat peradabannya. merupakan pandangan yang telah lama terpendam di dalam benak kaum Yahudi. yang juga dikemukakan oleh Lord Eustace Percy. pemanggul idea dari suatu partai revolusioner. mengarahkan dan mengeksploatasinya – namun kemudian menolak tawaran itu. kita akan menjadi suatu klas proletariat revolusioner. menyaksikan kekuasaan dan kejayaannya. memimpin.. pemerintahan dan persamaan dalam demokrasi menjadi makin tidak tertanggungkan olehnya dibandingkan dengan penindasan dan kedzaliman despotisme sebelumnya. memanfaatkan dan menikmatinya. dan diterbitkan ulang oleh ‘Jewish Chronicle’ Kanada. bila kita bangkit. dalam limapuluh tahun. Herzl menulis. persis seperti peran kaum Yahudi dalam membentuk pemikiran tentang 24 . (orang Yahudi) tinggal memiliki dua pilihan yang membuka kemungkinan baginya untuk memperoleh perlindungan: pertama.” “Di suatu dunia dengan yurisdiksi kedaulatan negara yang dibatasi dengan jelas oleh batas-batas wilayah teritorial negara yang sepenuhnya disepakati secara internasional.Kemudian ucapannya ““Di Bazel saya mendirikan negara Yahudi. dipastikan akan bangkit juga kekuasaan keuangan kita yang dahsyat”..

Semuanya berlangsung bukan karena kaum Yahudi mempedulikan sisi positif dari falsafah-falsafah radikal itu. ia akan mendirikan suatu masyarakat aristokrasi atau sejenisnya. yang digunakan oleh para juru-bicara Yahudi sekedar sebagai suatu mekanisme perlindungan kelompok (‘group defence mechanism’) di tempat-tempat dimana mereka ditindas. seorang sosialis yang anti-republik. memandang apa yang ada pada kaum non-Yahudi seperti itu. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sikap seperti ini.‘republikeinisme’ dan ‘sosialisme’ sepanjang abad kesembilan-belas sampai kepada Revolusi Turki Muda di Istambul yang belum lewat satu dasawarsa yang lalu. Watak orang Yahudi yang terbentuk oleh budaya dan agamanya cenderung otoriter. Kaum Yahudi sekarang ini adalah satu-satunya masyarakat dimana hak-hak khusus dan privilese yang dicantumkan khusus bagi mereka dituliskan di dalam ‘perjanjian-perjanjian’ dunia (teks aseli hak-hak istimewa bagi orang Yahudi dalam Perjanjian Perdamaian Versailles 1918 dipublikasikan pada bulan Juli 1920. mereka segera berusaha mendapatkan privilese. Demokrasi oleh orang Yahudi digunakan hanyalah sebagai alat. yang seolaholah telah menjadi hak mereka – seperti pada ‘Konperensi Perdamaian’ Versailles 1918 menjadi contoh yang mengagetkan banyak orang. Para pemikir Yahudi. Demokrasi barangkali baik bagi orang lain. tetapi bagi orang Yahudi dimana pun ia berada. tetapi ‘karena tidak ada sistem pemerintahan yang ada pada kaum non-Yahudi. Kalau sekiranya kepada orang Yahudi diberikan kebebasan penuh untuk memilih. semuanya tanpa kecuali. bukan karena ingin menjadi peserta dari nasionalisme atau demokrasinya kaum non Yahudi. sekedar sebuah kata. karena apa yang ada hanya menimbulkan kemuakan baginya’ “. hak-hak istimewa. yaitu : Pertama. harap dirujuk juga kepada hak-hak khusus dan privilese istimewa Israel dalam resolusi-resolusi PBB). Orang Yahudi selalu bersikap bertentangan dengan skema kaum non-Yahudi dalam segala hal. serta untuk mendapatkan status persamaan. dapat dipastikan ia akan memilih untuk menjadi seorang republikein yang anti-kerajaan. 25 . begitu telah mencapai kedudukan dan status yang sama. yang benar-benar memiliki makna bagi orang Yahudi. kekurang mampuan orang Yahudi dalam memahami demokrasi. atau seorang Boshevis yang anti-sosialis.

tetapi bisa juga kecemburuan ekonomi yang menimbulkan “masalah Yahudi” itu merupakan unsur kecil dari suatu problema yang lebih besar. baik di bidang ekonomi maupun sosial di dunia sekarang ini. kedua. prasangka ekonomi. Sedangkan soal antipati-sosial di masyarakat Barat yang berkulit putih dan Kristen – beban antipati itu di Barat bukan hanya dipikul oleh orang Yahudi. Unsur politik yang inhaeren melekat pada masyarakat Yahudi. bukan saja diawaki. Prasangka yang ada lebih banyak bersumber justru dari sebab-sebab non-keagamaan. dan ketiga. Kecemburuan ekonomi mungkin dapat menjelaskan sebagai salah satu sebab dari timbulnya sikap anti-Yahudi. mereka segera membatasinya. Orang Yahudi itu tidak pernah menyebut-nyebut politik sebagai penyebabnya. orang Cina. menjadi salah satu penyebab utama yang menimbulkan sikap anti-Yahudi. yang jumlah mereka justeru lebih banyak daripada orang Yahudi.kecuali kalau benar-benar tidak mengenal pola berpikir kaum Yahudi. Ketertutupan sikap masyarakat Yahudi yang lebih mengutamakan hubungan internal di antara mereka sendiri. disebabkan oleh sanggahan yang keras dari kalangan kaum Yahudi. orang muslim. serta komunitas lain di dunia ini. Masalahnya apakah kaum Yahudi itu menyadari atau tidak.Kedua. Soal kecemburuan ekonomi barangkali memang ada. Yudaisme itu dipandang sebagai salah satu “agama wahyu” bersama-sama dengan agama Kristen dan Islam. keputusan dan kebijaksanaan mereka menjadi hukum ekonomi keuangan bagi dunia Barat. Tidak seorang pun menyanggah kenyataan . tetapi juga didanai oleh dana untuk kepentingan kaum Yahudi. tetapi juga oleh orang kulit hitam. prasangka keagamaan. atau jika mereka nyaris menyebut ke arah itu. ada tiga penyebab yang biasanya dijadikan mereka sebagai argumen: pertama. atau melokalisasinya. ialah dimana saja mereka itu berada mereka senantiasa akan membentuk semacam “negara” sendiri di dalam negara tuan-rumah. 26 . Sudah bukan rahasia lagi keuangan dunia itu ada dalam genggaman para bankir Yahudi. bahwa bagi orang non.Yahudi. Kenyataan ini cukup lama dipendam saja oleh publik. antipati sosial. bahwa anasir yang merusak. seperti dari the Jewish Anti-Defamation League. terhadap sikap anti-Yahudi.

meskipun ideology Zionisme sebagai motif pendorong memang menjadi penyebab exodusnya mereka dari negeri-negeri Kristen bila saat untuk itu benarbenar telah tiba. Keengganan itu bukan sematamata karena tidak setuju dengan gerakan Zionisme. Agenda mengenai Palestina digunakan juga untuk menipu publik menutupi berbagai kegiatan rahasia yang mereka jalankan. Untuk kepentingan itu kaum Zionis dengan cerdik hanya meributkan soal Palestina. mereka menjelaskan pertemuan-pertemuan itu hanya memperbincangkan bagaimana cara dan sarananya untuk membuka tanah Palestina bagi orang Yahudi. Kini semua itu dimana-mana telah menjadi kenyataan. yang lain lagi untuk membentuk sebuah negara Yahudi di Palestina. kapan saja. pemegang teraju pemerintahan Negara-negara di belakang layar dan penguasa keuangan dunia. Masyarakat Yahudi internasional. akhirnya masyarakat luas. Gagasan tentang “Tanah Air” bagi orang Yahudi begitu cerdiknya disemai. dan bila ditanya. lalu kalangan para intelektual. Berbeda dengan proyek yang pertama. bertemu dimana saja. baik di masa perang maupun damai. bahwa kaum Yahudi itu adalah 27 . yang satu dilakukan secara diam-diam ditujukan untuk menghancurkan dan menguasai negaranegara non-Yahudi di seluruh dunia. mula-mula hanya oleh beberapa gelintir orang. sehingga menjadi tabir asap yang efektif untuk merampas tanah milik bangsa ArabPalestina. tetapi perwujudannya ke dalam suatu negara Yahudi di Palestina bukanlah merupakan proyek yang melibatkan segenap orang Yahudi. kemudian mulai menarik perhatian dinas-dinas intelijen pemerintahan. Beberapa waktu setelah Kongres Zionisme Internasional ke-1 di Basel Switzerland (1897) itu kecenderungan politik kaum Yahudi bekerja ke dua arah. dan mereka dengan cerdik menghindar dari kecurigaan orang berkumpul-kumpul untuk membicarakan persoalan lain-lain. Adalah kenyataan bahwa pada awalnya orang Yahudi tidak seluruhnya sepakat pindah ke Palestina. Publik dunia telah lama mencurigai. dan persoalan itu tidak ditengarai sebagai rencana kolonialisasi yang ambisius yang tidak biasa.serta kurangnya informasi tentang hal itu. Meskipun nasionalisme Yahudi itu ada. proyek yang kedua dilakukan dengan meminta perhatian dan melibatkan dukungan dari seluruh dunia.

‘Blaming the Victims’.20 19 20 Edward Said. ‘The Complete Diaries of Theodore Herzl’. 1960. h. mereka sangat sadar perlunya bersatu membentuk pertahanan bersama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Duke University Press. h. Washington.suatu masyarakat yang ternyata berbeda dengan bangsa-bangsa yang lain di dunia. Durham. Negara Israel yang dicita-citakan oleh Theodore Herzl hanya akan dapat terwujud dengan cara menghapus hak-hak kaum mayoritas. “Kami harus mencoba mengeluarkan kaum tidak berduit (baca: Palestina) dari perbatasan dengan cara menyediakan pekerjaan di negara-negara tetangga. Mereka sangat sadar sebagai satu bangsa. dimana pun mereka berada.88-89.. 1988 Raphael Patai. mencegah mereka memperoleh lapangan kerja di negeri kami. translated by Harry Zohn. mereka tidak dapat menyembunyikan identitas mereka dengan cara apapun. kecuali dengan cara di luar prosedur demokratik tadi. Verso.235-239. Kedua proses. h. Herzl Press and Thomas Yoseloff. tetapi bukan itu saja. Tidak ada cara lain. Edward Said and Christopher Hitchens. 1990. yaitu penduduk Arab-Palestina. harus dikerjakan dengan kehati-hatian dan kewaspadaan”. dan bersamaan dengan itu. baik penghapusan kepemilikan dan pemindahan kaum miskin itu. John Quigley. Pada waktu itu ia baru merumuskan gagasannya tentang Zionisme dan menuliskannya dalam buku hariannya. DC. New York. Institute of Palestinian Studies. 1992.. Pendudukan Palestina Penduduk Arab-Palestina masih merupakan mayoritas sampai dengan terbentuknya Israel sebagai sebuah negara Yahudi pada bulan Mei 1948. h.19 Pengusiran penduduk Arab-Palestina merupakan keharusan yang mengalir dari logika Zionisme sebagaimana dengan sangat jelas dikatakan oleh Theodore Herzl sejak 12 Juni 1895. ‘Palestiner and Israel : Challenge to Justice’. bahwa mereka selalu membentuk suatu “negara” di dalam negara. ‘A Profile of the Palestinian People’. atau mengurangi jumlah penduduk Arab di Palestina melalui cara pembersihan etnik. ‘Expulsion of the Palestinians: The Concept of Tranfer’ in Zionist Political Thought 1928-1948’. Nur Masalha.9. dan tidak mungkin membentuk sebuah negara Yahudi. dan anehnya. eds. atau mengubahnya membuat kaum Yahudi menjadi mayoritas melalui imigrasi.5 28 . ed. D. New York.

Yang melipuiti : Pertama. dan Washington. yaitu: (1) Mendapatkan sebuah tanah air (2) Menggantikan penduduk mayoritas Arab-Palestina baik dengan cara tidak mengakui hak-hak mereka. Kaum pendahulu Zionis menempuh beberapa strategi untuk mencapai tujuan mereka. Kaum Zionis mengembangkan strategi ini secara serentak. dalam kenyataannya. Namun pada akhirnya opsi yang terbuka tinggal 21 David McDowall. sebagaimana dibuktikan oleh fakta bahwa thema tentang pengusiran secara konsisten terus menjadi pemikiran kaum Zionis.Pemikiran ini dibenarkan oleh sebagian besar pendukung Zionisme sejak awal. melalui imigrasi orang Yahudi.Palestina bermigrasi meninggalkan Palestina. ‘Palestine and Israel : The Uprising and Beyond’. namun tidak ada jalan lain yang terbuka untuk mendirikan negara Yahudi di Palestina sebagaimana yang didambakan oleh kaum Zionis kecuali dengan cara-cara tersebut di atas. dalam rangka mendapatkan tajaan (‘sponsorship’) dunia internasional. Ada yang berhasil dan ada pula yang kurang berhasil. yang lain meyakini.21 Jadi sejak awal impian kaum Zionis mendirikan negara Yahudi mengacu kepada dua sasaran yang bersifat komplementer dan sekaligus mutlak. h. bilamana sejumlah petani dan buruh Arab-Palestina ditutup kesempatan kerjanya. maka hasilnya akan memaksa orang Arab. Ketiga. University of California Press.196 29 . kedua rencana di atas itu kurang begitu diketahui. Kedua. mengatasi jumlah mereka. Berkeley. pada saat awal itu banyak kaum Zionis dan para pendukungnya yang sungguh-sungguh percaya bahwa imigrasi orang Yahudi dalam jumlah besar akan dapat dalam waktu singkat memecahkan “masalah Palestina” dengan membangun masyarakat Yahudi sebagai mayoritas. London. karena rencana ini lebih banyak diperbincangkan di koridor-koridor kekuasaan di Berlin. atau mengusir mereka dengan cara apa pun. 1989. Meskipun Theodore Herzl dan kaum Zionis lainnya menjanjikan bahwa orang Yahudi dan Arab-Palestina akan hidup berdampingan secara damai dan bahagia. sekaligus untuk mendapatkan legitimasi terhadap klaim kaum Yahudi sebagai imbangan terhadap hakhak kaum mayoritas penduduk Arab-Palestina.

‘The Jewish-Ottoman Land Compan: Herzl’s Blueprint for the Colonization of Palestine’. Gerakan Zionisme Internasional Karena kebuntuan itu. Bahkan sebelum secara resmi mendirikan Zionisme pada tahun 1897.pengusiran secara paksa sebagai cara untuk dapat mendirikan negara Yahudi yang mereka impikan. dan untuk tujuan itu. 30 . dihadiri oleh 204 orang tokohtokoh Yahudi dari 15 negara. Sejak awal Theodore Herzl sangat sadar bahwa komunitas Zionis membutuhkan suatu major power sebagai penaja. karena tanah itu bukan milik saya. 1969. memohon kepada sultan hak kaum Yahudi mendeportasikan penduduk asli. Para peserta konvensi sepakat bahwa “Zionisme bertujuan untuk membangun sebuah Tanah Air bagi kaum Yahudi di Palestina yang dilindungi oleh undang-undang”. pada tanggal 29 – 31 Agustus 1897 di Bazel.22 Sultan sangat tersinggung dan menolak permohonan itu. suatu pilihan yang masuk akal. ialah usulnya yang ditulis sekembalinya dari kunjungan itu. mereka akan mendorong emigrasi ke Palestina. Institute of Palestine Studies. dilangsungkan Konperensi Zionisme Internasional ke-1. Saya tidak dapat menyisihkan sejengkal tanah pun.119. Winter 1993. dan mengirimkan pesan yang menasehati Theodore Herzl. Sementara itu berkembang strategi baru Zionisme. h. sambil berusaha melegitimasikan kehadiran orang Yahudi. mengingat kesultanan Usmaniyah memegang kuasa mutlak atas Palestina. Khalid Walidi. Rakyat saya berjuang untuk mendapatkan tanah itu dan menyuburkannya dengan darah mereka. ‘A Survey of the Palestine Controversy’.23 E. Beirut. ‘Jangan lagi membicarakan soal ini.. Theodore Herzl pernah berkunjung ke Istambul pada tahun 1896 untuk memohon hibah tanah di Palestina dari Sultan dengan imbalan akan memberikan “bantuan keuangan untuk memulihkan kas kesultanan yang sedang kosong melalui jasa para finansier Yahudi”. tetapi milik rakyat. h. Usaha pertamanya ditujukan kepada Sultan Abdul Hamid II. … Biarkanlah orang Yahudi menyimpan duit mereka yang berjuta-juta banyaknya di peti mereka”. 45. 22 23 Leonhard. Switzerland. Journal of Palestine Studies. Lebih penting lagi. Neville B. yaitu mendelegitimasikan masyarakat Arab-Palestina.

ed. h. Steimatzky’s Agency.. h. baik secara politik maupun fisik. the Anglo. Theodore Herzl menorehkan di dalam buku hariannya.xxii. Sachar. dan the Jewish National Fund. Ketika kongres itu berakhir setelah berlangsung selama tiga hari. op. ‘A History of Israel : From the Rise of Zionism to Our Time’. merupakan suatu persyaratan yang tak dapat dihindari untuk dapat membentuk sebuah negara Yahudi. ‘From Haven to Conquest : Readings in Zionisme and Palestine Problem Until 1948’.”26 24 Howard M. Untuk mendukung gagasan program migrasi orang Yahudi ke Palestina dan menyediakan tanah bagi mereka.25 Jadi jelas sejak awal Zionisme bertujuan untuk menghapuskan kepemilikan dari tangan mayoritas ArabPalestina. Institute for Palestine Studies. dan mereka menguasai 99% dari tanah Palestina. Penggusuran Penduduk Arab-Palestina Langkah-langkah yang akan ditempuh adalah pertama-tama pembelian tanah untuk para migran Yahudi. maka dibentuklah beberapa lembaga keuangan.Palestina tidak betah tinggal di Palestina. Theodore Herzl mengalihkan perhatiannya kepada Jerman dan Kaizer Wilhelm II yang memiliki ambisi ke Timur Tengah. seperti: the Jewish Colonial Trust. Theodore Herzl secara ketus memberi-tahukan orang Jerman. Washington.Palestine Bank. 47 31 . Sachar. setahun setelah Kongres Zionisme Internasional ke-1 di Bazel. 25 Walid Khalidi. 1976. Tel Aviv.24 1.Mereka juga membahas prospek dan langkah-langkah politik dan ekonomi untuk pembentukan negara Yahudi di Palestina.44-46. the Anglo-Palestine Company. tetapi tanah tanpa penduduk lain di tengah-tengah mayoritas penduduk Yahudi. Dalam tujuan itu tidak hanya terbatas pada tanah. dan Jerman kami anggap paling cocok bagi kami. Ketika Kongres Bazel pada 1897 itu berlangsung bangsa Arab-Palestina mencapai angka 95%. dan yang terakhir mengusir penduduk Arab-Palestina melalui terorisme. 1987.cit. 26 Howard M. pada tahun 1898. kemudian membuat orang Arab. Setelah kegagalannya dengan Sultan Abdul Hamid II. “Kalau saya harus menyimpulkan apa hasil dari kongres Bazel itu dalam satu kalimat singkat – yang tidak berani saya utarakan kepada publik – saya akan berkata : ‘Di Bazel saya menciptakan negara Yahudi!’ “. 2nd Edition. “Kami membutuhkan sebuah protektorat. DC. h.

yang merupakan langganan utama produk persenjataan Jerman. Lagipula kepentingan Inggeris tentang keamanan Terusan Suez sebagai urat-nadi ke jajahan-jajahannya di Timur Jauh telah menggiringnya untuk merebut Mesir pada tahun 1882. Di pihak Theodore Herzl tanpa mengenal putus-asa ia memalingkan mukanya ke Inggeris. Itu dilakukannya pada tahun 1902. hak yang sama untuk membeli tanah. van der Hoeven Leonhard. atau membuat murka kaum Kristen di dalam negeri. Disini ia menemukan lahan yang subur.27 Sementara itu pada tahun 1899 walikota Jerusalem Youssuf Zia Khalidi. sekelompok tokoh-tokoh terkemuka Arab-Palestina mengirim sebuah petisi ke ibukota Utsmaniyah memprotes kebijakan itu. L. sebab utamanya.C.Ia mengemukakan bahwa para pemimpin Zionisme adalah orang-orang Yahudi yang berbahasa Jerman. London.28 Ketika Istambul memutuskan pada tahun 1901 untuk memberikan penduduk asing. ‘Shlomo and David : ‘Palestine 1907’. Namun Kaizer menolak usul Theodore Herzl. dan pengamanan Terusan Suez tetap merupakan 27 28 Desmond Stewart.Palestina secara khusus menentang tuntutan Zionisme yang didasarkan pada dalih bahwa orang Yahudi mempunyai hak atas Palestina hanya karena mereka pernah hidup dua millenia yang silam. yang pada intinya bermakna imigran baru Yahudi. ia tidak ingin menyinggung perasaan kesultanan Usmaniyah. 1974. h. Jadi sebuah negara Yahudi di Palestina akan memperkenalkan budaya Jerman ke wilayah tersebut. ‘Theodor Herzl’. 32 . 275. Ada tradisi di kalangan Kristen Protestan dan para penulis Inggeris sepanjang dua abad sebelumnya untuk mendukung “kembalinya orang Yahudi ke Palestina”. menulis sepucuk surat yang diteruskan kepada Theodore Herzl. in Khalidi. seorang cendekiawan Palestina dan anggota parlemen Usmaniyah. Khalidi mencatat bahwa klaim kaum Zionis atas Palestina tidak dapat dilaksanakan mengingat tanah Palestina telah berada di bawah kekuasaan Islam selama tiga-belas abad terakhir dan bahwa orang muslim dan Kristen memiliki kepentingan yang sama mengingat tempat-tempat suci yang ada. Bangsa Arab. h. penduduk mayoritas Arab-Palestina menentang penguasaan kaum Yahudi. Hamish Hamilton.M. tradisi yang juga bergerak ke Amerika Serikat. Lagi pula ia menambahkan. 119. memperingatkan klaim Zionis terhadap Palestina.

terutama datang dari Rusia dan juga dari daerah-daerah jajahan Inggeris.cit. Sachar. Pada awal 1904 baik Theodore Herzl maupun Joseph Chamberlain dengan senang-hati bersepakat melupakan pikiran itu. Sachar. Lalu Theodore Herzl meminta membuka hubungan dengan teritori Inggeris yang terdekat: Siprus. Theodore Herzl berkata kepada seorang kawan.cit. 50. bahwa pada suatu saat akhirnya kelak akan membawa hasil yang nyata. Sebuah koneksi penting telah terjalin dengan pejabat-pejabat tinggi pemerintahan Inggeris.fokus kepentingan London di wilayah tersebut. Menteri daerah jajahan Joseph Chamberlain mencoret Siprus.31 Sesudah ini ambisi kaum Zionis difokuskan semata-mata pada Palestina sebagai tempat bagi negara Yahudi yang diharapkan. 29 30 Neville. Menurut Herzl kalau bukan menjadi pengganti bagi Palestina. 62-63 31 Howard M. Mempunyai penduduk yang bersahabat di wilayah itu akan memberikan keuntungan yang tak terperikan bagi Inggeris. atau Semenanjung Sinai. “Anda akan lihat waktunya akan tiba Inggeris akan melakukan apa saja yang ada dalam kekuasaannya untuk menyerahkan Palestina kepada kita untuk berdirinya suatu Negara Yahudi”. Sebelum meninggalnya pada tanggal 3 Juli 1904.30 Pengalaman itu sangat menguntungkan bagi Zionisme. karena kehadiran Yahudi akan menimbulkan murka penduduk Yunani dan Turki. suatu hubungan yang diramalkan Theodore Herzl dengan tepat. op. membuka dukungan Inggeris terhadap Palestina bukan hal yang menarik bagi Inggeris. Howard M. Sebagaimana Jerman. dan Mesir tidak disetujui. Meskipun pada waktu itu daerah itu dinamakan Uganda.cit. 63 33 . kira-kira seluas Palestina di daerah Afrika Timur milik Inggeris. wilayahnya kini kira-kira ada di Kenya. h. Tetapi saran itu berhadapan dengan badai protes dari kaum Zionis. El Arish.29 Theodore Herzl bersuka-cita dengan tawaran itu. Lalu Chamberlain menyarankan sebuah teritori sebagai kompromi. op. karena gubernur Inggeris setempat menentang memberikan tanah sejengkal pun dari wilayah Mesir. paling tidak berperan sebagai batu-loncatan. h. op. Inggeris pun merasa tidak memiliki kepentingan berhadapan dengan Sultan. h.

Sachar. yang akan membawa serta bersama mereka modal. Sebaliknya. sambil tetap menutup tujuan yang sesungguhnya – mengusir orang Arab-Palestina. op.Palestina dan kesultanan Usmaniyah dengan kehadiran imigran Yahudi yang baru. dan penentangan yang kian meluas terhadap hal itu”. gagasan yang berisi niat mengusir penduduk asli setempat untuk memberikan ruang bagi imigran asing dianggap berbau terlalu sinis.cit.Masyarakat Palestina tidak banyak mengetahui langkah-langkah yang ditempuh Theodre Herzl selama itu. sehingga para perintis Zionisme berupaya menghindarinya demi pertimbangan politik. Gershon Shafir. 128 Masalha. Menurut sejarawan Neville J. Kepada publik. Hubungan antara orang Arab. serta demi kebutuhan untuk memelihara hubungan baik sehari-hari dengan jiran mereka. Sesuai buku-buku Theodore Herzl tentang perlunya tindakan “kehati-hatian dan kewaspadaan”. dan hubungan dengan jaringan internasional.Palestina dengan orang Yahudi secara umum tetap cukup bersahabat sampai dengan Revolusi Turki Muda pada 1908. Pengusiran Orang Arab-Palestina 32 33 Howard M. Sehingga rencana untuk mengusir orang Arab-Palestina itu kemudian secara eufimistik di kalangan kaum Zionis dan dunia luar dikenal sebagai “masalah pengalihan”. menambahkan.cit. h. memang ada keresahan berkenaan dengan makin meluasnya masyarakat Yahudi di Palestina.10.32 Sejarawan Israeli. h. 2. kaum Zionis menekankan betapa manfaat yang akan didapat oleh masyarakat Arab. ilmu pengetahuan. demikian juga lahirnya gerakan nasionalisme Arab”. Mandel. 34 . “Menjelang malam Revolusi Turki Muda … sentiment anti-Zionisme pada masyarakat Arab belum nampak. bahkan di saat senjakala kolonialisme. op.33 Sebagian besar ketidak-pedulian masyarakat Arab-Palestina sampai tahun 1908 disebabkan oleh kenyataan bahwa para perintis Zionis berhasil menekankan bahwa permintaan mereka hanya tanah dan hubungan persahabatan. “Revolusi Turki Muda pada bulan Juli 1908 harus dipandang sebagai permulaan dari konflik Yahudi-Arab secara terbuka.

cit.cit.000 orang Yahudi dalam jangka waktu satu dasawarsa. seorang organisator Zionisme di Inggeris dan salah seorang propagandis Zionisme terkemuka yang menciptakan slogan.Pada tahun 1905 Israel Zangwill.34 Komentar ini disuarakan pada waktu dimana ada 645. suatu kenaikan kira-kira 30. tokoh yang bersama Theodore Herzl dan Chaim Weizmann. dengan gamblang menjelaskan hubungan antara Zionisme dengan pengusiran sebagai berikut. h. sebagaimana ditandaskan cendekiawan Israeli. terutama kaum Mohammedan yang selama berabad-abad terbiasa menghinakan kami”. bahwa Palestina bukanlah tanah tanpa rakyat. op. op. yang tinggal terutama di kawasan Orthodoks Jerusalem dan kotakota lainnya. Pemindahan orang Arab jauh lebih mudah daripada cara-cara lainnya. menjadi salah seorang penggagas negara Israel. New York.72 35 .000 jiwa orang Yahudi.159 36 Benjamin BeitHallahmi. “(Kami) menyiapkan diri.000 jiwa orang muslim dan Kristen di Palestina. h.37 Pada tahun 1914 menjelang Perang Dunia ke-1 ada kira-kira 604. Benjamin BeitHallahmi. h. Sebenarnya tanah itu dihuni oleh bangsa Arab. Olive Branch Press.72 37 Benjamin Beit Hallahmi. maka masalah dasar Zionisme di Palestina adalah bagaimana melenyapkan penduduk aseli dan menjadikan kaum Yahudi sebagai mayoritas”. “Zionisme adalah pemindahan orang Yahudi. sebagian besar nonZionis atau anti-Zionis. sementara hanya ada 55. atau menghadapi hadirnya penduduk asing dalam jumlah besar. 1993.000 orang Yahudi di Palestina. betapa pun 34 35 Masalha. untuk mengusir dengan pedang kabilah-kabilah (Arab) itu sebagaimana yang dilakukan nenek-moyang kami. h. “sebuah tanah air tanpa rakyat untuk rakyat tanpa tanah air”. mengakui di Manchester. Meskipun kenaikan itu relatif rendah. ‘Original Sins : Reflections on the History of Zionism and Israel’. namun bagi sebagian besar orang Arab-Palestina makin jelas bahwa Zionisme merupakan suatu ancaman permanen yang kian meningkat.39 Masalha. “Kalau masalah dasar yang dihadapi oleh Yahudi Diaspora adalah bagaimana bertahan hidup sebagai kaum minoritas. ibid.”36 Atau.35 David Ben-Gurion.000 jiwa penduduk Arab-Palestina dan hanya ada 85.

Zionisme. putera dari suatu keluarga kaya yang selama berabad-abad telah memegang kontrol atas berbagai kedudukan penting di bidang agama dan politik. Sejumlah surat kabar dan organisasi politik local yang memperjuangkan hak-hak rakyat Arab bermunculan di masyarakat Arab-Palestina. Di antara aktivis muda Arab-Palestina terdapat seorang anak-belasan tahun. kecuali untuk beberapa interupsi. Setelah mendengarkan klaim kaum Zionis dan para perintisnya selama dua dasawarsa. Pada usia 13 tahun. Zionisme artinya tidak lain adalah penghapusan banyak atau seluruh masyarakat Arab-Palestina. jika sekiranya berhasil mencapai tujuan-tujuannya. kaum cendekiawan. Amin Husseini telah memimpin sebuah perkumpulan yang tidak berusia panjang dan mulai menulis selebaran yang menyerang kaum imigran Yahudi.lambannya perkembangannya. Pada tahun 1921. Desakan penggusuran orang Arab-Palestina oleh imigran Yahudi menghidupkan angin nasionalisme Arab yang mulai bertiup merambah ke segenap dunia Arab. baik muslim maupun Kristen. Sebuah selebaran tanpa nama di Jerusalem pada tahun 1914 menulis. suatu jabatan yang telah diduduki oleh leluhurnya. pada tahun 1913. permusuhan Arab-Yahudi telah menjadi masalah permanen yang di kemudian hari membuatnya menjadi konflik terbuka. 36 . “Saudara-saudara! Apakah kalian bersedia menjadi budak dan hamba sahaya dari suatu kaum yang terkenal jahatnya di dunia dan dalam sejarah? Maukah kalian menjadi budak dari mereka yang datang menemui kalian hanya untuk mengusir dari negeri kalian. dengan mengklaim bahwa tanah ini milik mereka?” Ketika Perang Dunia ke-1 pecah. Muhammad Amin Husseini. banyak kalangan terkemuka Arab-Palestina menjelang Perang Dunia ke-1 mulai mengakuinya. Sebagai seorang nasionalis Arab yang masih baru. kegiatan politik meningkat di Palestina selama tahun 1908 – 1914. Kesadaran yang mulai tumbuh ini meluas di kalangan keluarga Arab-Palestina terkemuka. seluruh argumen Arab masih terus bergaung hingga hari ini. dan para pengusahanya. hamper semua kelompok tersebut memiliki garis yang sama. ia di kemudian hari akan menjadi musuh terbesar kaum Yahudi. Terlepas dari program mereka yang beragam. ketika berusia 21 tahun ia terpilih sebagai mufti Jerusalem. yakni anti. selama berabad-abad sejak abad ke-17.

h. ed. dan lain-lain. Laporan itu menambahkan bahwa. Mereka tidak mampu bersaing dengan pengaruh Yahudi di Inggeris dan Amerika Serikat. dan mereka memandang enteng kecenderungan kesejarahan di Barat yang mendukung berdirinya sebuah negara Yahudi.. Washington. h. op. Meskipun mereka memperhitungkan ancaman Zionisme dan kekuatan mereka sendiri pada Perang Dunia ke-1. ‘Documents on the Middle East’. seperti Komisi King. American Enterprise Institute. Amin Husseini dan kaum terkemuka Arab-Palestina lainnya tidaklah polos. atau melalui pengusiran secara paksa. maupun bahaya dan keuntungan hubungan komunitas yang kompleks antara muslim. Husseini menggunakan segenap kemampuan dan bakatnya untuk mencegah kaum Zionis mendirikan negara mereka.39 38 39 Mattar. Mereka telah bergulat berabad-abad lamanya dengan kesultanan Usmaniyah dan fasih dengan intrik-intrik halus istana. Untuk beberapa lama para perintis Zionisme perpegang pada kepercayaan bahwa orang Arab-Palestina akan dapat dikeluarkan melalui meniadakan lapangan kerja bagi mereka.. “Kenyataan mencuat berulang-kali dalam perundingan Komisi dengan perwakilan Yahudi bahwa kaum Zionis berharap mengusir sepenuhnya secara praktis penduduk non-Yahudi yang ada di Palestina melalui berbagai cara pembelian tanah”. termasuk hakhak mereka sebagai kelompok mayoritas dan kelemahan klaim kaum Zionis atas Palestina yang hanya didasarkan pada alasan pernah menghuni Palestina 2000 tahun yang silam. Yahudi. melempar mereka melalui cara tidak membuka lapangan kerja. yang hidup berdampingan dengan masyarakat Arab-Palestina. DC. Magnus.jabatan yang menempatkan Amin Husseini sebagai pemimpin Arab-Palestina.cit. Kristen. 145 Ralph H. Bagi kaum Zionis hanya tersisa dua strategi untuk merebut kekuasaan: mendelegitimasi-kan orang Arab-Palestina.Crane dari Amerika Serikat yang menyerahkan laporan mereka tentang Palestina pada tahun 1919. Strategi itu kentara sekali bagi pengamat luar. namun mereka kurang memiliki pemahaman yang rumit tentang dunia Barat. Druze. dan. “penduduk non-Yahudi berjumlah hampir 90 persen dari keseluruhan”. dimana kaum Zionis telah sangat berhasil membuktikan selama beberapa tahun terakhir. 32-33 37 . 1969.38 Sejak saat itu sampai dengan berdirinya negara Israel.

15.Palestina tetap merupakan topik diskusi yang berlanjut di kalangan dalam majelis Zionisme selama setengah abad sampai dengan pengusiran secara besar-besaran orang Arab-Palestina pada tahun 1948.. Hanya dengan itu kita dapat meyakinkan bahwa kita memiliki budaya kita sendiri. Salah seorang pemimpin terkemuka Buruh Zionisme.908. ed. anti-Kristen. dalam Ibrahim Abu Lughod.Abu Lughod. Evanston. ‘The Demographic Transformation of Palestine’. namun usaha itu sangat efektif men-delegitimasi-kan dan menteror orang Arab-Palestina. menulis bahwa selama penyelamatan itu harus dijalankan melalui “karya oleh tangan kita sendiri”. dengan cara yaitu cara kita. h.41 Majelis Zionisme memutuskan untuk mengatasi “masalah pengalihan” itu dengan menempuh jalan terorisme seraya menutupnya dengan aksi propaganda yang intensif. 155 38 . tetapi logika Zionisme mengharuskan tidak ada pilihan lain daripada men-delegitimasi-kan mayoritas orang Arab-Palestina. 40 41 Masalha.40 Sementara di antara kaum Zionis ada oposisi terhadap gagasan “pengalihan” itu atas dasar kemanusiaan. h.Kampanye untuk mengusir para petani Arab-Palestina dikerjakan atas nama Buruh Zionisme. Aharon David Gordon. Orang Arab-Palestina menempati kedudukan yang tidak menguntungkan dengan ketidak-mampuan mereka melawan propaganda Zionisme di Barat. yang menggambarkan orang Arab-Palestina sebagai kaum yang bodoh. Bahkan pada tahun 1947. “masalah pengalihan” penduduk Arab. 49 Janet L. yang tidak perlu didukung. 2nd Edition. Pada permukaannya tampak seolah-olah sebagai suatu kebijakan yang menguntungkan dan tidak berbahaya. atau mengatasi jumlah mereka untuk mencapai terbentuknya negara Yahudi. kotor. 1987. hidup dengan cara hidupnya. berpikir apa yang dipikirkannya. hanya ada 589. ‘Transformation of Palestine’.775 orang. Meski tidak terlalu berhasil pada saat itu mendirikan sebuah negara Yahudi. Dalam lingkungan terbatas.341 orang Yahudi di antara penduduk Arab-Palestina yang 1. dan hanya dengan itu kita akan dapat hidup”. sambil ia menambahkan. “Kita harus merasakan apa yang dirasakan oleh buruh kita. ditujukan untuk merehabilitasi Yahudi “diaspora” yang secara stereotipik lemah ke dalam Yahudi Baru Palestina. Northwestern University Press. Tetapi mencapai suatu mayoritas Yahudi ternyata tidak realistik.cit. setelah bermigrasi hampir enam dasawarsa. op.

‘The Making of Modern Zionism : The Intellectual Origins of the Jewish State’. dan status minoritas. kira-kira 2. kaum Zionis menyimpulkan nasib mereka tidak akan lebih baik daripada di Eropa. Akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. dan Australia. dan wawancara. 1981. Orang Arab. mengingat gerakan Zionisme tumbuh khususnya sebagai suatu cara untuk menghindarkan diri dari anti-Semitisme.Semitisme. semacam propaganda yang tak syak lagi pernah mereka lakukan sebelum Perang Salib. kaum Zionis merilis film dengan tema mengajak kaum Yahudi ke Palestina. pamflet.5 juta orang Yahudi meninggalkan Rusia dan negara-negara Eropa lainnya. tetapi hanya relatif sedikit studi yang difokuskan dan menempatkan kaum mayoritas Arab-Palestina. New York. Basic Book Inc. keluarga.Bersamaan dengan itu kaum Zionis menggunakan usaha apa saja untuk memperkuat stereotipe yang anti-Islam. Sampai dengan pecahnya Perang Dunia ke-1 pada tahun 1914. khususnya ke Amerika Serikat. Tanpa kekuasaan ada dalam tangan kaum Yahudi. pogrom.. Dan kurang dari 1% pindah ke Palestina dan menetap disana. sebagian besar dari mereka melarikan diri ke Barat. h. Amerika Latin. Hal itu menjadi sebuah proses yang masih terus berlanjut sampai dengan masa kini. melarikan diri untuk menghindari teror anti. Tetapi penyebab utama kemunculannya yang bermula pada penghujung abad ke-19 itu adalah terjadinya gelombang migrasi secara massif sebagai akibat diberlakukannya ‘pogrom’ di Rusia pada tahun 1881 dan meluasnya sikap anti-Semitisme di seluruh Eropa Timur pada Pada tahun 1937. 42 Shlomo Avineri. Akar dari Zionisme menyentuh jauh ke dalam psyche penderitaan orang Yahudi. Kanada.42 Pada intinya inilah alasan paling mendasar tentang Zionisme – keputus-asaan yang mendalam ternyata anti-Semitisme tidak dapat dihilangkan selama orang Yahudi hidup di tengahtengah masyarakat non-Yahudi. ghetto.4-5 39 . Perhatian yang luas dicurahkan untuk memahami bagaimana kaum Zionis awal berhasil merebut tanah Palestina. bahkan sesudah pengakuan timbal-balik Israel-PLO pada tahun 1993 di Oslo. Perorangan.Palestina digambarkan sebagai makhluk yang culas dan kotor dalam berbagai laporan berita (kemudian film dan teve pada masa kini). serta dalam setiap seminar. dan bahkan seluruh komunitas Yahudi.

terutama di antara kaum cendekiawan dan pebisnis yang telah berhasil berasimilasi di dalam masyarakat dengan system demokrasi Barat. bukannya tidak menyadari akan bahaya terhadap tata yang telah ada dihadapkan dengan kemungkinan imigrasi Yahudi yang tak-terbatas. op.Hal ini bukan perasaan yang umum terdapat pada orang Yahudi.xxix-xxxi. Ada juga kelompok anti-Zionisme yang cukup kuat dan vokal. Terlebih-lebih adanya masalah sosial yang ditimbulkan oleh migrasi orang Yahudi secara massif.5 juta yang melarikan diri dari Eropa Timur yang menjadi 43 Khalidi. sampai-sampai suatu ketika hal itu memicu berbagai kerusuhan anti-imigrasi di London.cit.43 Pembentukan negara Yahudi merupakan jalan keluar untuk meniadakan imigran Yahudi. dan menuntut undang-undang imigrasi yang restriktif baik di Inggeris maupun di Amerika Serikat. 40 . Bahwa tidak banyak pertimbangan yang dipikirkan oleh para politisi terhadap dampak yang dapat timbul terhadap penduduk Arab-Palestina tidaklah mengherankan dalam lingkungan pada masa itu. dan dengan itu sekaligus menenangkan badai politik berkenaan dengan undangundang imigrasi. meyakinkan para pemimpin Barat untuk mendukung gagasan adanya negara Yahudi. Meskipun hanya ada 60. Di Palestina sendiri. seperti the American Council for Judaism di Amerika Serikat pada dasawarsa 1950-an. Hal itu dikarenakan banjirnya emigran Yahudi yang meminta suaka ke negara-negara tersebut begitu besar jumlahnya dari tahun ke tahun. Salah satu buah dari kemenangan Israel dalam Perang 1967 atas bangsa-bangsa Arab ialah penerimaan final atas Zionisme sebagai makna politik oleh hampir segenap masyarakat Yahudi sejak itu. Bahkan pada masa bayinya Zionisme telah menikmati dukungan kuat baik dari London maupun Washington. Sejatinya Zionisme tetap merupakan gerakan kelompok minoritas di antara kaum Yahudi sampai memasuki abad ke-20. h.000 orang dari 2. yang menganggap “ke Jerusalem tanpa tuntunan Al-Masih adalah penyimpangan dari Taurat”. kesultanan Utsmaniyah yang telah memerintah Palestina selama 400 tahun. atau telah mendapatkan rasa aman yang dijamin oleh hak kebebasan beragama.

dan akan menggunakan segala upaya untuk memfasilitasi tercapainya tujuan ini”. bahwa “Kalau Palestina tidak pernah ada. pembelian tanah orang Arab-Palestina secara besar-besaran untuk membangun pemukiman Yahudi. ia harus diciptakan”. demi kepentingan Imperium. maka menurut keyakinan saya. “Menurut pendapat pemerintah Inggeris. 41 . Sesuai keputusan Konperensi Zionisme Internasional ke-1 di Bazel pada 1897 gerakan migrasi dan penguasaan tanah Palestina dilakukan dengan cara-cara: pertama. menteri luar-negeri Inggeris pada waktu itu. mempertahankan Terusan Suez akan mencapai hasil maksimal dengan mendirikan suatu negara Palestina yang terikat dengan kita. Memanfaatkan situasi yang ada Chaim Weizmann pada tahun 1917 menulis surat kepada Parlemen Inggeris untuk meminta dukungan dan persetujuan Inggeris untuk membentuk sebuah negara Yahudi di Palestina.penduduk menetap di Palestina sampai dengan Perang Dunia ke-1. Dalam perang tersebut daulah Usmaniyah memihak Jerman. Pada tanggal 2 Nopember 1917 menteri luar-negeri Inggeris Lord Balfour mengirimkan nota kepada Parlemen Inggeris dengan isi. “Pemerintahan Sri Baginda dengan segala senanghati merestui pembentukan Tanah Air bagi kaum Yahudi di Palestina. G. bahkan jumlah sekecil itu pun merasa sebagai orang-orang yang tidak disenangi. dan dengan dasar dukungan itu Lord Balfour kemudian mengirim surat pada hari yang tidak jauh berselang kepada Baron Rothschilds yang intinya berbunyi.” Parlemen Inggeris memberikan persetujuannya. Dan mengembalikan orang Yahudi ke Palestina di bawah pengawasan Inggeris akan menjamin rencana ini. F. antara lain. Dukungan Inggeris kepada terbentuknya negara Yahudi itu terkait erat dengan kepentingan imperialisme global Inggeris sebagaimana ditegaskan oleh Winston Churchill pada tahun 1921. Deklarasi Balfour Pada tahun 1914-1918 pecah Perang Dunia Ke-1. Pembentukan Negara Israel Setelah Deklarasi Balfour pada 2 Nopember 1917 gerakan Zionisme mulai mendorong migrasi kaum Yahudi ke Palestina.

keempat. Sementara itu kaum Zionis makin giat mengerahkan migrasi orang Yahudi dengan target 1. Ia juga aktif memperjuangkan terciptanya 42 . Dan ‘Mandat’ itu agar telah diakhiri bilamana seluruh wilayah Palestina sudah berhasil dikuasai oleh gerakan Zionisme. Irgun Levi L’ummi. melakukan embargo terhadap pemukiman Arab. Di bidang politik gerakan Zionisme mem-perjuangkan Palestina agar berada di bawah ‘Mandat’ Inggeris.kedua. ketiga. Setelah berakhirnya Perang Dunia ke-1 pada tahun 1918 Chaim Weizmann berjuang di fora internasional untuk mendapatkan pengakuan internasional atas Palestina sebagai “Tanah Air” bagi orang Yahudi. membangun kepemimpinan orang Yahudi di Palestina di bidang ekonomi dan politik. Pada tahun 1940 dibentuk ‘Squadron ke-40 The Royal Assault Arms’ yang anggotaanggotanya di kemudian hari menjadi kader pimpinan Israel Defence Forces (IDF) sesudah Israel merdeka. sehingga mereka jatuh miskin dan terpaksa atau dipaksa menjual tanah atau berpindah tempat meninggalkan kampong halaman mereka. dengan jalan membentuk ‘Jewish Corps’ yang terdiri dari 500 pemuda Yahudi yang dilatih oleh Inggeris. Dengan adanya Deklarasi Balfour (1917). Jenderal Allenby memasuki kota Yerusalem dengan pasukannya dan sekaligus mengawali masa pemerintahan Inggris di Palestina dan Yerusalem yang akan berlangsung selama tiga puluh tahun. Bachnach. Pada tanggal 11 Desember 1917.0 juta jiwa harus sudah berada di Palestina dengan memanfaatkan selang-waktu sebelum ‘Mandat’ Inggeris terbentuk. Tindakan itu dilakukan sejak tahun 1920 sampai dengan sekarang kelima. secara terus-menerus melakukan teror dan pembunuhan gelap terhadap orang Arab-Palestina untuk memaksa mereka meninggalkan tanah dan tempat tinggalnya. dan sebagainya. Disamping itu gerombolan-gerombolan teroris Zionis seperti Haganah. gerakan Zionisme melakukan semua upayanya mendukung kegiatan perang Sekutu (Inggeris) di Timur Tengah. Stern Gang. untuk memaksa mereka mau ber-exodus ke Palestina.Palestina dengan menutup jalur suplai kebutuhan sehari-hari dan kadangkala dengan cara-cara intimidasi. melakukan terror gelap terhadap orang-orang Yahudi sendiri di Eropa.

wilayah Israel luasnya “dari sungai Nil sampai ke sungai Tigris” yang kira-kira mendekati dengan kekuasaan Emporium Assyria (sekitar 640 Sebelum Masehi). dimana di dalamnya termasuk kewajiban Inggeris untuk melindungi hak-hak kaum Yahudi di Palestina sebagai bagian dari perjuangan membentuk negara Israel. Berdasarkan Taurat. Imperium Assyiria Konsepsi tentang wilayah dan batas-batas negara Israel didasarkan pada Kitab Taurat. Berdasarkan Taurat. tanah itu adalah “Tanah pilihan untuk diwariskan kepada Ummat Pilihan”. yang terkait erat dengan ajaran Talmud tentang “Tanah Israel” (Erzt Israel). tanah-air menurut ajaran agama Yahudi adalah “Tanah Suci” (Kitab Zakaria 2 : 12). 43 . baik dalam gagasan maupun dalam konstitusinya.situasi yang kondusif bagi migrasi orang Yahudi ke Palestina tanpa hambatan dengan jaminan internasional. karena Tuhan tinggal disana” (Kitab Yusya 9 : 3). Tatsniah 11:12). atau dengan kata lain. Yang lebih penting lagi ia turut-serta memperjuangkan hak ‘Mandat’ bagi Inggeris di Palestina. Republik Islam Iran. Taurat tidak dengan jelas menetapkan tentang batas-batas wilayah ‘Erzt Israel’. dan menurut Taurat lagi. dan Emirat Islam Afghanistan). Negara Israel adalah Negara tanpa perbatasan Negara Israel yang dirancang oleh Theodore Herzl pada tahun 1897 adalah sebuah negara theokrasi (sesudah Vatikan. H. tanah itu adalah “Tanah yang Dijanjikan oleh Tuhan kepada Ibrahim” (Kitab Konsepsi tentang wilayah dan batas-batas Negara Israel didasarkan pada Kitab Taurat. Lagipula Deklarasi Balfour hanya menyebut “Tanah Air bagi Bangsa Yahudi” di Palestina tanpa menetapkan batas-batasnya. wilayah negara Israel luasnya “dari sungai Nil sampai ke sungai Eufrat dan Tigris” (Genesis Revisi ke-15. ayat 18). tanah itu adalah “Tanah Tuhan. Luas wilayah negara Israel yang dibentuk tidak pernah ditentukan. Negara Israel adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak memiliki perbatasan yang jelas. tidak memiliki perbatasan sama sekali.

di utara meliputi Shaida (Libanon) dan Damsyik (Suriah). Kebijakan Inggeris ini sangat menyakitkan hati kaum Zionis dan menganggapnya sebagai pengkhianatan oleh Inggeris dari janji semula. yang dalam penyerahan itu meliputi juga kota suci Jerusalem.Namun dalam Konperensi Perdamaian di Versailles pada tahun 1919. Selanjutnya sesudah Perang Dunia ke-2 Majelis Umum PBB (‘United Nations’) memutuskan Palestina dibagi dua menjadi wilayah Israel di barat dan wilayah Trans-Yordania di timur. sedang di barat sampai ke El-Arish di Mesir. sekurang-kurangnya seluruh Palestina. di timur mencakup Amman (Yordania) dan Aqaba. pemerintah Inggeris di Timur Tengah kemudian pada tahun 1922 menyerahkan sebagian dari wilayah Palestina. Tidak hanya sebatas wilayah Palestina. Untuk membalas budi emir Talal dari Yordania yang turut membantu Inggeris berperang melawan daulah Usmaniyah. Karena kekecewaan itu mereka memutuskan mengangkat senjata dengan melakukan gerakan teror terhadap kepentingan Inggeris di Palestina untuk memproklamasikan Negara Zionis Israel pada tanggal 14 Mei 1948 ketika Mandat Inggeris berakhir di Palestina. Dengan demikian wilayah negara Israel yang akan dibentuk tinggal 1/8 saja dari wilayah yang ditetapkan oleh Konperensi Perdamaian Versailles 1919. perdana menteri Israel yang pertama menyatakan “Perang Kemerdekaan” . “Kita harus menyerang di semua lini. Para pemimpin Zionis kecewa sekali. Pada tanggal 22 Juli 1922 Liga Bangsa-Bangsa (‘League of Nations’) menetapkan Palestina sebagai wilayah ‘Mandat’ bagi Inggeris. David Ben-Gurion. yaitu wilayah Trans-Yordania kepada emir Talal sebagai wilayah kerajaan Trans-Yordania. batas-batas wilayah negara Israel yang akan dibentuk ditetapkan sebagai berikut. dan bertekad untuk merebut kembali Tanah Israel yang ditetapkan oleh Konperensi Perdamaian Versailles 1919. Luas “Erzt Israel” yang ditetapkan oleh Konperensi Perdamaian Versailles 1919 yang membagi-bagi wilayah kekuasaan daulah Usmaniyah memberikan Israel wilayah dua kali lipat daripada wilayahnya yang sekarang. karena wilayah negara Yahudi yang dipahami oleh kaum Zionis adalah dari sungai Nil sampai ke Eufrat. 44 . Sementara itu terjadi perkembangan lain. atau wilayah Israel semata”.

Selama peperangan antara Israel dengan Palestina. kaum Yahudi bersikap dan berperilaku rasis pula.000 orang terluka. 1963. Israel adalah Negara Rasis Gerakan Zionisme adalah suatu gerakan berdasarkan prinsip ‘rasisme’.000 jiwa syahid. Chaim Weizmann. korban di pihak rakyat Arab-Palestina pada tahun 1993 saja meliputi 261. tanpa meninggalkan modus terorisme sebagai cara untuk memperluas wilayah dan menegakkan hegemoni mereka. dan 161. yang artinya ‘subhuman’ . Perang Arab-Israel yang pertama pecah pada tahun 1948. 1973. 1967. Luasnya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah penduduknya”. Pada tahun 1997 paling tidak ada 5. Berjalinnya ajaran Talmud dengan kepentingan politik tersebut merupakan salah satu penyebab mengapa Negara theokratik Israel bersifat sangat ekspansionistik dan kolonialistik. Sikap politik sekuler Israel itu didukung oleh fatwa para ‘hachom’ (alimulama Yahudi) yang menyatakan. Ketika ditanya tentang batas-batas negara Israel.Konsep agama ini oleh Kaum Zionis sekuler tetap dipertahankan. Hal itu didasarkan pada paham: 1. sampai dengan sekarang. disesuaikan dengan ambisi gerakan Zionisme. 45 . atau “kaum budak”.4 juta jiwa yang tergusur dari kampkamp pengungsian yang diduduki oleh Israel. Berdasarkan prinsip rasis tadi. Rasisme adalah suatu paham yang mempercayai bahwa suatu ras tertentu lebih unggul daripada ras-ras yang lain. presiden pertama negara Israel. Perdana menteri Israel Golda Meir bahkan dengan congkak menyatakan. “Luas negara Israel tidak ditentukan.000 cacad untuk seumur hidup. dan memiliki derajat dan keunggulan di atas bangsa-bangsa mana pun. 186. dan melarang menyerahkannya kepada bangsa selain bangsa Yahudi”. Berdasarkan Talmud kaum Yahudi mempercayai mereka adalah “Ummat Pilihan Tuhan”. bahwa “Taurat melarang pengosongan basis militer di Yahuda dan Samira (Tepi Barat). tetapi lebih dikembangkan. bagi bangsa Yahudi. menegaskan. Berdasarkan Talmud pula bangsabangsa non-Yahudi tergolong sebagai “goyyim”. dan berlanjut terus dengan perang 1957. I. 2. luas negara Israel adalah “sejauh yang dapat dicapai oleh militer Israel”.

termasuk cara-cara terorisme sebagai modus operandi utama untuk membangun negara Yahudi.3. ketua Komisi Hak-hak Azazi Manusia PBB. Meski tersebar di seluruh dunia. untuk membicarakan tentang “Rasialisme. Karena paham itu pula setiap orang Yahudi berdasarkan keturunan darah langsung secara otomatis adalah warganegara Israel dimana pun mereka berada. namun karena kedudukan mereka sebagai ‘goyyim’. “bangsa Yahudi adalah bangsa yang satu. Negara Israel sejak dicita-citakan sampai dengan berdirinya sebagai suatu negara didirikan di atas pondasi “terorisme oleh negara” sampai dengan sekarang. Penduduk Israel yang non-Yahudi. Berdasarkan prinsip rasis tersebut kaum Yahudi menghalalkan segala cara terhadap kaum ‘goyyim’. Prinsip kewarga-negaraan ganda itu dikaitkan dengan banyaknya kedudukan di bidang politik. atas desakan Amerika Serikat. Di mata kaum Yahudi semua bangsa tanpa kecuali. adalah kegagalan PBB pada tanggal 29 Agustus – 3 September 2001 pada konperensi yang ditaja PBB di Durban. 3379-D/10/11/75 yang menyatakan bahwa “Zionisme adalah Gerakan Rasisme”. ummat pilihan Tuhan. 4. Ideologi Zionisme negara Israel dibentuk sepenuhnya berdasarkan pada keyakinan keunggulan ras Yahudi. termasuk dari Mary Robertson. dan militer di Amerika Serikat yang kebetulan diduduki atau dikuasai oleh orang Yahudi. dapat menjadi warga-negara Israel. 46 . bangsa yang derajatnya di atas ras atau bangsa-bangsa yang lain”. dan karenanya “tidak boleh dan tidak dapat diperlakukan sebagai manusia”. ekonomi. Resolusi PBB No. mereka tidak memiliki hak-hak yang sama dengan orang Yahudi. mengakibatkan nyaris semua kebijakan Amerika Serikat tidak dapat dipisahkan dengan kepentingan negara Yahudi Israel. Xenophobia dan Intoleransi”. Contoh yang paling menyolok dan mendapatkan kecaman dari dunia internasional. Mempertimbangkan hal tersebut PBB mengeluarkan Resolusi PBB No. 3379-D/10/11/75 tersebut dicabut. 5. Resolusi ini hanya mampu bertahan 15 tahun. Afrika Selatan. termasuk orang ArabPalestina. Setelah Perang Teluk berakhir pada tahun 1991. yang artinya lebih rendah derajatnya dari manusia. tergolong ‘goyyim’.

bahwa bani Israel akan jaya dua kali dan hancur dua kali. Matius dan Wahyu. Bisa berarti suatu kelompok.Isra’ ayat 4-7. seluruh tanah Palestina bahkan dunia akan dikuasai oleh Yahudi. Dalam Injil Perjanjian Baru dinubuatkan : Seseorang45 yang akan muncul sebagai Antikris akan duduk di Bait Suci Yahudi dengan menyatakan diri sebagai Tuhan (2 Tesalonika 2:4) dan akan memerintah dunia dari Yerusalem (Matius 24. suatu kaum atau sebagaianya.44 Ayat ini mengisyaratkan bahwa setelah masa jaya dan hancurnya bani Israel terjadi. Seseorang yang dimaksud disini bukan merupakan bentuk tunggal. Bab III KABBALA. Amerika Serikat dan Israel tetap tanpa kepalang tanggung memboikot konperensi itu dengan cara walk-out bahkan sebelum sidang dimulai. Meskipun dalam resolusi yang dihasilkan oleh konperensi PBB tersebut kemudian berhasil digagalkan oleh negara-negara Uni Eropa untuk menghapus posisi negara Israel sebagai sebuah negara rasis. Kita akan membahasnya pada bab berikutnya. Cepat atau lambat rencana itu akan terwujud. dan Wahyu 13:7-8). Berganti dengan suatu kehidupan baru. Seperti yang di firmankan Allah swt dalam al qur’an Surat al-isra’ ayat 4-7. maka masa kehidupan dunia juga akan berakhir. 46 Lihat Injil Perjanjian pada kitab Tesalonika 2.46 Lalu apa dan siapa yang sebenarnya terjadi dan memotori rencana ini. melainkan bentu jama’. Bangsa Yahudi (Israel) akan kembali membangun kekuasaannya untuk yang kedua kali. ILLLUMINATI 44 45 Lihat al-Qur’an surat al. 47 .Dalam agenda konperensi semula ada tercantum draft untuk membahas kedudukan Israel. Sangat jelas segala upaya Yahudi dalam membentuk Negara Israel merupakan titik tolak mereka dalam mewujudkan rencana besar untuk menguasai dunia. yaitu sesaat sebelum kedatangan Yeshua Hamasiah kembali ke bumi.

Kalau ada muncul atheisme kontemporer. atau kadangkala ditulis ‘Kabbala’. Qabala dalam hal ini berarti “menerima doktrin okultisme (ilmu sihir) rahasia”.” (Protokol Zionisme yang Keempat belas).s. dan Palestina Kuno. berkhalwat di gunung Tursina di Sinai untuk menerima wahyu ‘Firman yang Sepuluh’ dari Allah. disampaikan oleh para pendeta tinggi kepada para novice (pengikut). yang disampaikan dengan cara dari mulut-kemulut. meninggalkan Sumeria (Iraq sekarang ini) sampai dengan penjajahan Romawi atas Palestina. Salah seorang pendeta tinggi Kabbala ialah Samir. sebagai langkah transisi paham ini tidak akan menghalangi tujuan kita. dan yang melalui takdir-Nya pula nasib kita menyatu dengan masa depan dunia. Kabala tetap merupakan kepercayaan Yahudi yang sangat rahasia. yang maknanya “menerima”. yang ajarannya hanya diketahui oleh anggotanya. Kepercayaan Kabbala Akibat mengalami penindasan yang panjang selama beribu tahun kaum Yahudi memelihara kepercayaan nenek-moyang mereka yang pada dasarnya menyimpang bahkan bertentangan dengan aqidah yang diajarkan oleh Nabi Musa a.s. Sejak masa Nabi Ibrahim a. Nama Qabala diambil dari kata Ibrani ‘qibil’. tokoh yang mengajak Bani Israil yang baru saja keluar dari tanah Mesir untuk menyembah sebuah patung anak sapi yang terbuat dari emas.s. Selama periode ini para pendeta tinggi itu tinggal di Sumeria. tatkala mereka ditinggalkan oleh Nabi Musa a. 48 . Di antara kepercayaan yang tertua dan paling dihormati adalah kepercayaan ‘Qabala’. kemudian menyebar ke Mesir Kuno. menyatakan hanya ada satu Tuhan yang oleh takdir-Nya kita telah ditentukan sebagai ‘Ummat Pilihan’.DAN FREEMASONRY “Bila kita telah menjadi penguasa kita harus memandang sebagai hal yang sama sekali tidak dikehendaki keberadaan agama-agama lainnya kecuali agama kita. A. Kepercayaan kuno itu dipelihara dengan keyakinan untuk mempertahankan eksistensi mereka. Karena alasan inilah kita harus menghancurkan semua agama lainnya.

dan ayatayat itu hanya dapat dipahami melalui Kitab Yetzerah. secara terangterangan menyatakan permusuhan mereka kepada Tuhan Yang Maha Esa. yang berati “pembawa sinar cahaya”. para pendeta tinggi kabbala memutuskan tradisi okultisme kuno itu untuk direkam secara tertulis ke atas papyrus berupa gulungan (‘scroll’) sebagai usaha agar ajaran itu dapat diwariskan kepada generasi Yahudi berikutnya. Maulani. yang kemudian atas pertimbangan pragmatisme diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa Eropa. Ketiga kitab itu semuanya tertulis dalam bahasa Ibrani. Pada waktu itulah Kabbala tersistematikkan menjadi dua jilid: ‘Sefer Yetzerah’ (Kitab Genesis. Maha Pencipta Alam Semesta. atau Lucifer. dan ‘Sefer Zohar’ (Kitab Keagungan). 50-52 49 . yang menjadi ketua Majelis Tinggi Pendeta Sanhedrin pada waktu itu. sebagaimana mereka menyebutnya dengan penuh hormat. Selama masa pendudukan Romawi itu ajaran Kabbala dihimpun dari berbagai tradisi lisan ke dalam beberapa gulungan.Beberapa waktu sesudah berakhirnya penjajahan Romawi di Palestina. Op Cit. dan akhirnya dijilid ke dalam sebuah kitab yang utuh. Ketiga kitab Kabbala itu memuat ajaran sangat suci bagi kultus sesat. dan menjadi buku pegangan Gereja-gereja Iblis di seluruh dunia (termasuk Gereja Penyembah Iblis yang pernah ada di Jakarta). Iblis adalah tuhan mereka. Menurut iman mereka Iblis. sebagaimana ajaran Samir. 47 Lihat Z. dalam bahasa-bahasa Semit (termasuk bahasa Arab) berarti “pemberontak”. penyembahan kepada Iblis.A. atau khususnya ‘Setan’. yaitu ‘Rabbi’ (Guru) Akiva ben Josef. Iblis. tentang Penciptaan Alam Semesta). dan pembantunya Rabbi Simon ben Joachai. karena itu kaum Qabalis tidak menyebutnya dengan nama Iblis. Mereka menyebutnya dengan nama Lucifer. yakni “memberontak kepada Allah”. di Eropa muncul kitab ajaran Kabbala yang baru bernama ‘Sefer Bahir’.‘Kitab Cahaya’. Tugas menghimpun ajaran yang masih berupa lisan itu dibebankan kepada dua orang. Beberapa abad sesudah Masehi. Kitab Zohar penuh dengan ayat-ayat yang bersifat rahasia dan amsal. semacam kitab tarjamah.47 Kaum Yahudi Qabalis (pengikut ajaran Kabbala). telah “diperlakukan dengan tidak adil” dan ia adalah satu-satunya tuhan yang patut disembah. hlm.

Kata Lucifer berarti cahaya. dan obelisk semacam itu juga direpresentasikan pada Monumen Nasional (Monas) di Jakarta. hlm. Mereka menyebut paham yang deseptik ini dengan istilah ‘humanisme’. Oleh karena itu api menjadi sesembahan terpenting dalam ajaran Kabbala. yang dipercayai diciptakan dari api. ‘Shedim’ terdiri dari sejumlah roh. dan ibukota-ibukota Eropa.48 Menurut ajaran Kabbala manusia tidak butuh akan Allah. atau “shedim yang tidak berbahaya”. tetapi oleh Qabalis dibawa bersama mereka dan kemudian berkembang ke berbagai ibukota dunia seperti di Washington. DC. dengan lambing ‘phallus’ (‘lingga’) yang bertumpu di atas ‘yoni’. perlambang organ wanita (aliran Hinduisme yang dikenal 48 Ibid. bahkan menurut mereka manusia bisa menjadi manusia suci yang setara dengan tuhan. Beberapa di antara ‘shedim’ itu ada yang kawin-mawin dengan manusia. dan mereka ini disebut ‘mazzikim’. api. pencerahan. Ada sepuluh ‘sefrotim’. terang. dan anak hasil perkawinan itu bila lahir disebut ‘banim shovavim’ yang artinya “anak haram-jadah”. Ajaran Kabbala menjelaskan adanya hierachie kekuasaan yang mereka sebut “sefrotim”. Penyinaran ‘sefrotim’ direpresentasikan oleh sejumlah makhluk supra-natural yang dalam bahasa Ibrani disebut ‘shedim’. yang artinya “sisi lain”. 53 50 . yang dalam bahasa Ibrani berarti “penyinaran”. Salah satu thema penting yang berkaitan dengan kepercayaan Kabbala ialah kekuasaan yang datang dari cahaya. dan sebagainya. bahwa manusia berdaulat untuk mengatur hidupnya sendiri di dunia. Obelisk yang didirikan umumnya menghadap ke bangunan pusat kekuasaan sebagai perlambang kekuasaan (kejantanan). api atau matahari. dan matahari. Roh tertinggi adalah Lucifer sebagai “pembawa cahaya”. Segala sesuatu yang berkaitan dengan cahaya. yang dalam bahasa Ibrani disebut ‘sitra ahra’. Kaum Qabalis menyebarkan paham ini kepada kaum nonQabalis untuk menghancurkan keimanan manusia kepada Allah. Semua roh yang disebut ‘shedim’ itu tercipta dari asal api.Penggunaan kata Iblis dianggap sebagai penghujatan kepada Tuhan mereka. Simbol-simbol Qabalis bukan hanya terdapat di Mesir Kuno berupa obelisk. merupakan perlambang dari Iblis. yaitu tugu batu tegak. Ketiga hal itu menjadi perlambang dari ajaran penyembahan kepada Iblis.

dua ujung yang ke samping adalah kupingnya. terdapat pada sisi belakang matauang kertas dolar Amerika sekarang ini. Mendes disebut juga dengan nama lain. dan sebuah hotel. Selain itu Qabalis juga menggunakan lambang bintang segi-lima yang terbalik. Dua buah bintang segitiga masing-masing dengan posisi terbalik sebagai lambang Lucifer itu didisinformasikan oleh Qabalis sebagai lambang bintang dari “Nabi Daud”. Vatikan. Petrus. Penciptanya adalah Joseph Stalin.dengan nama Tantri-isme.”. dua ujung menghadap ke samping dan satu ujung menghadap ke bawah. dan bahkan kekerasan. bahkan obelisk semacam itu didirikan juga di plaza St. untuk mencapai tujuannya membangun penguasaan 51 . sebagai negara pertama yang mengakui negara Yahudi Israel. suap. Para elit Qabalis duduk pada puncak piramida menguasai massa yang berkewajiban menopang piramida tersebut. Media massa Indonesia pernah melaporkan hadirnya sebuah gereja Iblis. yang melambangkan dewa berkepala kambing ‘Mendes’. di Jakarta. dan ujung yang menghadap ke bawah adalah dagunya. Monumen Nasional di Jakarta menghadap langsung ke Istana Merdeka. menjadi bintang segi-enam yang kini oleh orang Yahudi di-disinformasikan seolah-olah sebagai ‘bintang Nabi Daud a. Qabalis juga menggunakan lambang dua buah segitiga yang dipasang menjadi satu dengan posisi masing-masing terbalik. pemerasan. dua ujung menghadap ke atas. Kepercayaan Kabbala selanjutnya tumbuh dan berkembang baik dalam jumlah maupun dalam kekuasaan ke seluruh dunia dalam berbagai bentuk dan aspeknya di dalam masyarakat. yaitu ‘Baphomet’. Nama ‘Baphomet’ merupakan singkatan dari Templi Omnium Hominem Pacis Abbas bila dibaca secara terbalik. Para penyembah Iblis ini menggunakan kebohongan. seks bebas. yang didedikasikan kepada Lucifer. peninggalan Tantri-isme di Indonesia ditemukan di candi Sukuh. diktator Uni Sovyet. sebuah night-club. Lambang Qabalis. piramida dengan sebiji mata Lucifer yang “selalu mengawasi dan menguasai”. Tawangmangu). Qabalis juga menggunakan imej segitiga dan bangunan piramida untuk merepresentasikan struktur hierarchie mereka. adalah cabang ajaran Kabbala yang menyebar ke India. yang artinya ‘Bapa dari Haikal Perdamaian Semesta’.s. ‘Mendes’ adalah nama lain dari Lucifer. Dua ujung bintang yang menghadap ke atas merupakan tanduk.

M. Abiyud. A. A. 59 52 . dengan dua orang pembantunya. 1. Adalah Herodus II yang memerintahkan untuk menyembelih Nabi Zakaria a. dalam catatan kaki Z. badan tertinggi pada hierarchie kependetaan Yahudi. Sidang pada hari itu memutuskan untuk mengakhiri kegiatan Yesus serta para muridnya. hlm. Dalam tempo yang tidak terlalu lama ajaran Injil versi Kabbala berkembang ke seluruh wilayah kekaisaran Romawi dan membangun akarnya di Eropa. 1999. dan memerintahkan mempersembahkan kepala Nabi Yahya a. Z. dengan menggunakan gergaji pemotong kayu. dan siapa saja yang menghalangi penyembahan Lucifer. yang telah dipenggal itu di atas sebuah nampan ke hadapannya. Herodus II memimpin Qabalis melawan penyebaran ajaran Yesus.Alomari : ‘The Secrecy of Evil’. agar mengeluarkan dekrit hukuman mati berdasarkan hokum Romawi di atas kayu salib terhadap Yesus dengan tuduhan telah menghujat Tuhan. Dalam waktu singkat paling tidak berdiri empat puluh gereja yang dipengaruhi oleh dan mengikuti ajaran Injil versi Kabbala di seluruh tanah Palestina. Ahiram Abiyud dan Moav Levi. Herodus II juga memerintahkan membunuh Petrus.49 Dengan kekuasaannya yang luar biasa ia berhasil memerintahkan Majelis Tinggi Pendeta Sanhedrin. Ajarannya bertujuan untuk menghancurkan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ia kemudian memerintahkan juga membunuh Nabi Yahya a. Maulani. Kelompok ini berupaya membangun kembali Haikal Sulaiman di Yerusalem sebagai basis gerakan mereka.50 2. gubernur Romawi di Yerusalem. murid Yesus melalui kaki-tangannya bernama Nero. 58-59.kehidupan di dunia. Maulani (2002). Pencipta Alam Semesta.s. Majelis Kuasa Rahasia Kabbala yang beranggotakan sembilan orang pendeta Kabbala bersidang pada tanggal 10 Agustus 43 Masehi dipimpin langsung oleh Herodus II.s. Kabbala di Jerusalem Di Palestina kelompok Qabalis dipimpin oleh Herodus II.s. hlm. dan Levi. Organisasi Rahasia Qabalis : “Illuminati” 49 50 Ibid.

Thomas Jefferson (dia sendiri seorang ‘Freemason’) menyebutnya “seorang filantropis yang tidak membahayakan”. Adam mempelajari bahasa Czech dan Itali. hlm. kerajaan Bavaria. Ia melawan tekanan mereka dan merasa lebih baik memilih menjadi profesor di bidang hukum gereja di Universitaet Ingolstadt. dan berhasil.Tidak banyak yang diketahui tentang asal-mula organisasi rahasia yang bernama “Illuminati” ini. guru-besar filsafat murni dari University of Edinburgh. Organisasi rahasia Yahudi tertua yang sekarang dikenal adalah gerakan kepercayaan Kabbala. atau di Asia. Tetapi penulis riwayat hidupnya. sebagaimana dituturkan di atas tadi. 53 . Dengan kecerdasannya yang tajam dan penguasaannya pada berbagai bahasa. Bahkan dalam matinya ia tetap menjadi seorang tokoh yang penuh kontroversi. Pendeta Abbe Barruel menyebutnya. dan di sekolah dengan cepat ia menguasai bahasa Latin dan Yunani. Tetapi Adam Weishaupt memberontak terhadap disiplin yang berlaku di lingkungan Ordo Jesuit. Beberapa peneliti menyebut asal-usulnya pada organisasi “Illuminati” yang didirikan di Bavaria pada abad ke-18 oleh Adam Weishaupt 51. Adam kecil disekolahkan oleh orang-tuanya ke sekolahdasar Katolik. John Robinson. bawah nama “Ordo Persaudaraan” pada era dinasti Ur ke-3. Encyclopaedia Catholica Roma tahun 1910 menyatakan Adam Weishaupt telah bertaubat ketika saat sakarat dan melakukan rekonsiliasi dengan Gereja. Praktek 51 Adam Weishupt adalah pendiri organisasi Illuminati. peneliti gerakan “Illuminati”. Jakarta. menguasai bahasa Ibrani. tetapi fakta-fakta menunjukkan bahwa organisasi rahasia Yahudi ini sudah ada jauh sebelum itu. Prof. para pendeta Jesuit pengasuhnya berharap ia akan menjadi seorang missionaris yang sangat cocok untuk bekerja di seberang lautan. dan kemudian ke hochschule (sekolah menengah umum) yang dikelola oleh ordo Jesuit. Lihat dalam buku Toto Tasmara “Dajjal dan Simbol Setan”. 3. Gema Insani Perss. 2000. ia dikenal dengan banyak nama panggilan. antara 2112 – 2004 SM. Ordo Kabbala yang pertama terbentuk kira-kira selama era pembuangan suku-suku Bani Israel ke Babilonia di Lambang Illuminati. ketika tiba-tiba ia lunglai dan meninggal. Adam Weishaupt lahir pada tanggal 6 Februari 1748 di Ingolstadt. bahwa Adam Weishaupt sebelum meninggalnya tengah menulis sebuah esei tentang seni sihir berjudul ‘Two Fragments on a Ritual’ (Ritual Dua Fragmen). menyebutnya “konspirator yang paling cerdas yang pernah ada”. Gary Allen mengklaim. Sebagai warga Bavaria. Jerman. Adam Weishaupt meninggal pada tanggal 18 Nopember 1830 di Gotha. Ketika ia masih bayi orang-tuanya yang tadinya memeluk agama Yahudi Orthodoks beralih memeluk agama Katolik Roma. dan dengan bantuan ayahnya. Qabalis itu menyusup dan merebut kekuasaan. terutama di Amerika Latin. Yang semestinya ia bersekolah di ‘yeshiva’ (madrasah Yahudi). yang ternyata setelah ditelusuri telah berusia paling tidak 4000 tahun. “iblis yang menjelma dalam diri manusia”.

kalau seorang anak gagal. Ordo Kuning.). maka Ordo Putih ini patut diduga sebagai suatu organisasi yang menekankan missi politik. Ordo Hijau. Adalah kenyataan. Mereka merumuskan bahwa missi Kabbala adalah untuk menentukan jalannya peradaban ummat manusia dengan tujuan membentuk “Pemerintahan Satu Dunia” ( E Pluribus Unum) di bawah kepemimpinan kaum Yahudi. 54 . pendidikan. sistem pemerintahan. filosufi (termasuk menghasilkan para filosuf besar seperti Plato. di samping mengembangkan ajaran Kabbala. politik (sebagaimana pengertiannya sampai kini). segregasi. Dalam praktek berarti seseorang harus melalui pendidikan selama tidak kurang dari 40 tahun. dan Ordo Putih. dan banyak dari disiplin ilmu itu berada di luar kemampuan orang-biasa. Socrates. Yang paling menarik dari ordo yang tiga itu adalah Ordo Putih. dsb.“Ordo Persaudaraan” yang didasarkan pada ajaran Kabbala itu tetap hidup dan dijalankan sampai dengan hari ini. Oleh karena itu bagi keluarga Yahudi penting untuk mempunyai anak banyak. Kalau ordo lainnya lebih menekankan pada ajaran penyembahan Lucifer. (menyelewengkan) agama. yang lain diharapkan akan dapat lolos dari seleksi yang ketat itu. theosufi. yang nampaknya nyaris tidak teridentifikasi oleh para peneliti. dan ilusi tentang adanya ras unggul Aria yang di kemudian hari digunakan oleh Hitler dan ras kulit putih tertentu di dunia. Ordo Putih adalah peletak dasar konsep yang kini dikenal dengan nama “Tata Dunia Baru” (Novus Ordo Seclorum) dan “Pemerintahan Satu Dunia” (E Pluribus Unum). Selama perjalanan sejarah tercatat ada tiga ordo Kabbala. peradaban Barat masa kini didasarkan pada prinsip-prinsip yang berdasarkan peradaban Judeo-Greko. Prinsip itu tetap diberlakukan oleh organisasi penerus Kabbala. Merekalah yang diduga menciptakan aksara Yunani. Hanya orang Yahudi dari garis keturunan yang lurus yang diizinkan masuk menjadi anggota. Sejak permulaannya Ordo Putih Kabbala memandang sangat penting untuk memelihara garis-darah Yahudi yang “tidak-tercemar”. “Illuminati”. militer. Dengan kata lain. Kelangsungan Ordo Putih itu dicapai karena gerakannya yang sangat rahasia. Untuk dapat masuk Ordo Persaudaraan Putih seorang Yahudi harus memiliki darjah magister pada semua disiplin ilmu yang dipandang berkaitan dengan ajaran Kabbala. hierarchie. mereka merupakan peletak dasar peradaban Barat sekarang ini.

Mereka bergerak di bawah tanah. yang diartikan bahwa seseorang telah mampu melakukan komuni langsung dengan Roh Kudus. Namun kepercayaan ini oleh Gereja Katolik dianggap sebagai bid’ah. Sekte Katolik yang tersusupi ini kemudian muncul di Perancis dengan nama ‘Guerinets’ antara periode 1623 sampai 1635. pada sebuah organisasi yang didirikan Adam Weishaupt di Ingolstadt. B. sehingga mereka (orang-orang Qabalis itu) tidak lagi perlu melakukan ritus gereja Katolik. yang artinya “mereka yang menerima cahaya” atau “pencerahan”. Sebuah sekte mistik gereja Katolik dengan nama “Illuminati” pada awal abad ke16 berhasil disusupi oleh anasir Kabbala yang tengah dikejar-kejar oleh Gereja di masa Inkuisisi Spanyol. Lambang Qabalis ini pada mata uang Amerika Serikat membuktikan keberhasilan Qabalis menginfiltrasi lembaga keuangan Amerika Serikat melalui manipulasi politik para bankir Yahudi. “Alumbrado”. “Karya Zaman” mereka terus berlanjut melalui “kekuasaan” uang dolar ke seluruh dunia. 55 . sekte ini muncul dengan nama lain. mereka telah menerima karunia “cahaya” dalam artian “pencerahan nurani”. Illuminati Nama “Illuminati” berasal dari nama yang diberikan oleh para rahib Gereja Nicene Awal kepada mereka yang berserah diri untuk dibaptis menjadi Kristen. Selama kurang lebih seabad lamanya gerak-gerik kaum ‘Illuminati’ Yahudi tidak terdengar. dengan asumsi mereka telah menerima petunjuk tatkala dibaptis ke dalam iman Katolik. dan mereka tetap menjadi sasaran perburuan Inkuisisi. Mereka disebut “illuminati”. Ia mempelajari hampir setiap manuskrip kuno Kabbala dan buku-pegangan apa pun yang ada kaitannya dengan ajaran tersebut. Tetapi pada tahun 1771 nama “Illuminati” muncul kembali. Bavaria. Kira-kira pada tahun 1768 Adam Weishaupt mulai “membangun sebuah perpustakaan yang besar dengan maksud untuk membentuk suatu akademi ilmu pengetahuan dan sebagai tempat berhimpunnya para cendekiawan”. Di Spanyol dan Italia pada abad ke15 dan ke-16.Kedua seloka itu dinukilkan pada lembaran uang kertas denominasi satu dolar Amerika dewasa ini di bawah lambang Kabbala “piramida dengan mata Lucifer di puncaknya yang senantiasa mengawasi dan menguasai”.

bersumpah tidak kenal siapa atasannya. setiap bulan ia wajib mengirimkan suatu laporan kepada atasannya yang tidak dikenalnya”. 56 . pendeta dan regent. Menumbangkan kerajaan-kerajaan.Adam Weishaupt sejak itu mulai tertarik pada okultisme. sambil menghimpun keterangan dari berbagai sumber okultisme yang ditemukannya. dan terobsesi bukan hanya oleh ajarannya tetapi sampai kepada lambang Kabbala. yaitu sebuah piramida besar dengan sebiji mata yang menyala. serta taat dan setia selama-lamanya. cabang agama Kabbala yang berkembang di Eropa selama empat ratus tahun. 2. sedang klas yang ketiga. Ordo “Illuminati” dari Adam Weishaupt mempunyai lima tujuan akhir mengikuti sumpah Qabalis kuno. yang dibagi ke dalam tiga klas utama: pertama. Untuk merancang rencananya Adam Weishaupt memerlukan waktu lima tahun. “Para anggotanya harus bersumpah taat kepada para atasan. yang diambilnya dari kaum Cathar. sesuai missi “Ordo Kabbala Putih kuno”. minerval. sesuai hierarchie organisasi Kabbala. “Perfectibilisen”. ia adalah utopis pertama yang berpikir dalam skala global. Anggotanya lebih lanjut bersumpah. Kaum “Illuminati” diharuskan senantiasa tutup-mulut. Pada klas kedua. tetapi ia yakin bahwa ordo ini telah ada jauh di masa silam”. “Setiap anggota diwajibkan menyerahkan janji tertulis tidak akan mengungkapkan apa pun tentang organisasi rahasia ini kepada siapa pun. “untuk tutup-mulut. Menghapuskan pemilikan pribadi dan warisan. “terdiri dari dua tingkat. Untuk ordo rahasia yang didirikannya diberinya nama. serta ‘magus’ dan raja. adalah para novis. Adam Weishaupt membangun ordonya dalam bentuk struktur sebuah piramida. yang disebut juga sebagai “kaum yang sempurna”. Dalam kata lain. atau ‘Illuminatus Rex’ “. dihancurkan oleh Paus Innocentius III di medan pertempuran Albigensia pada awal abad ke tigabelas. dan mengimpikan saat ketika kelompoknya akan berhasil mewujudkan ‘Novus Ordo Seclorum’ (Tata Dunia Baru). Gerakan kaum Cathar. terdiri dari “para ksatria”. yang bertujuan untuk “mengubah” arah peradaban ummat manusia. Adam Weishaupt merasa masyarakat hanya akan bisa “diselamatkan” dengan perombakan total. atau klas rahasia. dan asalusul dari organisasinya. Pada tahun 1771 Adam Weishaupt memutuskan untuk membentuk sebuah masyarakat rahasia. dan illuminati junior”. 1.

“merasa memiliki persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi penguasa”. maka hal itu menjadi suatu kebajikan”. dan ketika hijrah ke Brazil ia mendirikan sebuah cabang dengan dibantu dua orang dokter dari Ouro Preto. sebagian besarnya adalah para cendekiawan Yahudi. Earl dari Shelburne yang ke-2. Menghilangkan kecintaan kepada tanah-air. dan menyebarkan doktrinnya ke kampung halamannya di St. Sejak 1782 gerakan “Illuminati” menyebar dari Denmark sampai ke Portugal. Ia juga mendorong para pengikutnya tidak mundur dalam menjalankan kekerasan atau tindakan kriminal dalam mencapai tujuantujuan “Illuminati”. Ordo itu berkembang dengan cepat. Orang-orang Inggeris yang terilluminasi bergabung dengan orang-orang Amerika membangun Loji Columbia di kota New York pada tahun yang sama. Menghapuskan semua agama yang ada. “Kami”. bergabung di Leipzieg. 4. Adam Weishaupt yakin sekali ordo yang didirikannya akan mampu mencapai tujuannya. Adam Weishaupt menghimpun banyak pembantunya yang cakap untuk perjuangannya. Seorang bangsawan muda Rusia. Tentu saja pernyataan itu menjadi godaan yang menarik baik bagi orang yang baik maupun yang mursal. Alexander Radischev. katanya. Dengan menghimpun orang-orang “yang terbaik dan paling cerdas” se-Eropa. Domingos Vidal Barbarosa dan Jose Alvares Maciel. Antara lain Baron Xavier von Zwack. “Inconfidencia 57 .3. Meniadakan kehidupan keluarga dan lembaga perkawinan. dengan menulis. Di Lisabon seorang penyair bernama Claudio Manuel da Costa menjadi anggota. yang berhasil menghubungkan organisasi “Illuminati” dengan gerakan “Freemasonry” pada Kongres di Whilhelmsbad pada tahun 1782. tetapi bila keuntungan yang diperoleh lebih besar daripada mudaratnya. yang melakukan lobbi untuk memperluas jaringan Ordo itu di Jerman dan Inggeris. bahkan lebih jauh lagi. 5. juga dengan bantuan William Petty. Rekrutmen berlangsung dalam tempo cepat. dan pembentukan pendidikan yang bersifat komunal bagi anak-anak. Petersburg. “Dosa hanyalah bila hal itu menimbulkan penderitaan. Setiap anggota diaspirasikan untuk menjadi penguasa. dan Baron Adolf von Knigge. Pada tahun 1788 trio ini melancarkan pemberontakan “Illuminati” yang pertama.

Seorang kurir “Illuminati” di tengah perjalanannya mati disambar petir. Saatnya tidaklah terlalu lama. tidak suka mendengarkan nasihat para bawahannya. Adam Weishaupt menolak dan sikapnya ini menyebabkan timbulnya permusuhan antara kedua tokoh ini. mereka menemukan pesan bersandi dari Adam Weishaupt yang dijahit di antara lipatan bajunya. Sementara itu di Jerman. menuntut atau membayar kompensasi dengan uang pesangon yang cukup besar. mulai memukul genderang untuk persatuan Jerman. Adam Weishaupt menyadari kehidupan sebagai Illuminatus Rex tidaklah seindah seperti yang dibayangkannya. Meski Adam Weishaupt seorang cendekiawan yang cemerlang. tetapi pemberontakan itu ditumpas ketika baru saja berputik oleh raja muda Marquis de Barbacena. atau mengawininya. Baron von Knigge yang merasa berjasa meningkatkan cira “Illuminati” melalui persekutuan dengan “Freemasonry” menuntut bahwa seharusnya ia diberikan penghargaan yang sepatutnya. dan mereka yang tidak senang itu menunggu saat yang tepat untuk memuaskan dendam mereka. Watak itu membuat banyak anggota “Illuminati” rendahan yang tidak senang. Untuk menambah keadaan yang telah makin buruk. Pada saat yang kritis inilah Utschneider dan ketiga orang sahabatnya tampil dan 58 . seperti Joseph Utschneider. yaitu menjadi ketua-bersama pada ordo tersebut.Mineira”. Gundiknya yang kemudian bunting. para penulis “Illuminati”. Ketika polisi Bavaria memeriksa mayatnya. Fichte. Mereka menemukan di dalam lipatan yang dijahit itu apa yang kemudian dikenal sebagai ‘The Protocols of the Elders of Zion’ (‘Protokol dari para Pinisepuh Zion’) yang menghebohkan. Johann Herder dan Johann G. Apa yang dinamakan ‘Protokol’ itu merupakan sebuah dokumen yang memuat sebuah agenda besar dengan tujuan utama untuk penguasaan dunia oleh kaum Zionis. ia sama sekali tidak memiliki kepemimpinan. Adam Weishaupt menolak. Ia keras kepala dan angkuh. yang berakibat von Knigge meninggalkan ordo itu pada tahun 1784. Seruan mereka untuk “Ein Volk und ein Reich” benar-benar bertolak-belakang dengan rencana Adam Weishaupt yang bercita-cita menghapuskan nasionalisme. dan wanita itu mengancam akan membuka skandal itu ke hadapan publik.

Tentang hal itu John Robinson pada tahun 1789 menulis sebuah buku berjudul ‘Proof of a Conspiracy to Destroy All Governments and Religions’ (‘Bukti Adanya Persekongkolan untuk Menghancurkan Semua Pemerintahan dan Agama’). Rusia). ia meneruskan ke Gotha. mengangkut koleksi buku-buku Cathar. Akibatnya raja Bavaria memberangus ordo itu pada bulan Agustus 1784. 59 . Switzerland. seperti antara lain tokoh anarchies Cloots. Francois Babeuf. Ia melarikan diri ke Regensburg. yang kemudian melahirkan gerakan “Reformasi Gereja” di Jerman di bawah pendeta Martin Luther. dan berbagai ragam buku tentang okultisme milik Adam Weishaupt ke atas sebuah gerobak sapi dan menggiringnya ke Moskow.melaporkan kepada penguasa Bavaria segala hal tentang “Illumninati”. dimana ia diberi perlindungan oleh Duke Ernst II. Para peneliti “Illuminati” meyakini bahwa salah satu konspirasi “Illuminati” untuk menghancurkan Gereja Katolik Roma ialah upaya Qabalis membina paham rasionalisme. Adam Weishaupt kemudian meninggal pada tanggal 18 Nopember 1830 di Gotha. “Konspirator yang paling cerdas yang pernah hidup” itu menjalani sisa masa hidupnya di Gotha (sebuah daerah di Moskow. Kabbala. Schwartz. Dan dalam sisa umurnya ia masih sempat memberikan ilham kepada generasi baru “Illuminati” yang berlindung di bawah mantel “Freemasonry”. Ia terlibat dalam kejahatan lain. Adam Weishaupt akhirnya memang dipecat dari jabatannya sebagai profesor di Universitaet Ingolstadt dan dikenakan tuduhan mulai dari pengkhianatan sampai dengan homoseksual. seorang Illuminatus dari Lyons. Dr. dokumen rahasia ‘the Protocols’. yang berujung dengan berdirinya gereja Protestan. Seorang kawannya. atau kaum “Illuminati”. Ketika ia menghadapi masyarakat yang bersikap sama bermusuhannya seperti di tempat asalnya. telah memperingatkan masyarakat dunia mengenai agenda kaum Yahudi terhadap bangsa-bangsa dan agamaagama di dunia. Lebih dari seabad kemudian dalam Kongres Zionis Internasional ke-1 yang berlangsung pada tanggal 29-31 Agustus 1897 di Basel. yaitu Revolusi Perancis bersama dengan rekan korespondennya Jean-Baptiste Willermoz. menurut keyakinan Adam Weishaupt. Para “cendekiawan terpilih”. disyahkan oleh kongres sebagai acuan utama gerakan Zionis. dan Filippo Buonarotti.

dan dihiasi dengan simbol-simbol Kristiani.52 Umumnya ahli sejarah beranggapan bahwa Freemasonry berawal mula dari Perang Salib. sebenarnya organisasi tersebut mengakar jauh hingga ke Perang Salib di abad ke-12. kemakmuran dan kekayaan bangsa Timur. Di pusat kisah yang umum dikenal ini terdapat suatu ordo tentara salib yang dinamakan Ksatria Templar. gagasan Perang Salib sebenarnya lahir dari hasrat akan keuntungan duniawi.4 C. sedangkan Mason adalah juru bangun atau pembangun. Freemasonry terdiri dari dua kata yang di satukan. Inilah yang menyebabkan perubahan tiba-tiba dari kebijakan cinta damai sebelumnya di kalangan Kristen Eropa pada periode awal sejarah mereka. sekaligus merupakan gerakan rahasia paling besar dan palling berpengaruh di seluruh dunia. pada dasarnya keuntungan materilah yang menjadi tujuannya. 52 Harun Yahya. kepada agresi militer. menarik perhatian bangsa Eropa.kelak akan mampu mengambil alih kepemimpinan dunia dan dengan itu akan mampu melaksanakan program-program mereka. Betapapun banyaknya yang bersikeras bahwa Perang Salib adalah ekspedisi militer yang dilakukan atas nama iman Kristiani. 12 60 . yakni mendirikan Haikal Sulaiman atau Solomon Temple. “Ancaman Global Freemasonry”. Tujuan akhir dari gerakan Freemason ini adalah membangun kembali cita-cita khayalan mereka. Meskipun Masonry baru terbentuk dan diakui secara resmi di Inggris pada awal abad ke-18. Freemasonry Freemasonry adalah organisasi Yahudi Internasional. hlm. Free artinya bebas atau merdeka. Walaupun menggunakan wajah agama. terutama bangsa Muslim di Timur Tengah. Pada periode Eropa dilanda kemiskinan dan kesengsaraan yang berat. Akar Masonry dapat ditelusuri hingga ke Perang Salib melawan Muslim yang dimulai oleh Paus Urban II.

tujuan mereka pada dasarnya bersifat keduniaan.. dan bangsawan Eropa atas seruan Paus. Pejuang-pejuang salib membawa malapetaka ke Yerusalem. Lukisan abad pertengahan di atas menggambarkan beberapa adegan mengerikan yang terjadi. Para ahli sejarah percaya bahwa upaya Urban II didorong oleh keinginannya untuk merintangi pencalonan seorang pesaingnya dalam kepausan. 53 World Book Encyclopedia. dengan tujuan untuk merebut tanah suci dari tangan bangsa Muslim. Sebagai tindak lanjut dari pertemuan konsili. Perang suci diserukan. World Book Inc. Prof. dan melucuti daun-daun emas dari lukisan-lukisan dinding Kristiani di Hagia Sophia. Sebagaimana diungkapkan oleh Donald Queller dari Universitas Illinois. terdiri dari para tentara. sehingga tanpa sesal mereka merampok kota Kristen Konstantinopel (Istanbul) pada Perang Salib IV. of Illinois..Pengagas Perang Salib adalah Paus Urban II. 1998 61 . Univ. massa yang serakah ini membantai banyak orang Muslim. Ph.D. di mana doktrin Kristen sebelumnya yang cinta damai ditinggalkan. Pejuangpejuang salib bahkan membelah perut korban-korban mereka untuk menemukan emas dan batu-batu berharga yang mungkin telah mereka telan sebelum mati. Sejumlah besar orang miskin bergabung dengan ekspedisi sekadar untuk melarikan diri dari kerasnya kehidupan sehari-hari mereka. dibentuklah pasukan Pejuang Salib yang amat besar. of History. Sedangkan di balik sambutan penuh semangat dari para raja. “Ksatria-ksatria Prancis menginginkan lebih banyak tanah. pangeran." Contributor: Donald E. Pedagang-pedagang Italia berharap untuk mengembangkan perdagangan di pelabuhan-pelabuhan Timur Tengah. Pada tahun 1095.. Queller. dan bahkan Yahudi. Urbana-Champaign.”53 Sepanjang jalan. dengan harapan untuk menemukan emas dan permata.. Begitu besarnya keserakahan para pejuang salib akan harta. "Crusades. dan puluhan ribu rakyat biasa. ia menyelenggarakan Konsili Clermont..

para pejuang salib mulai berupaya untuk memperjuangkan posisinya di Timur Tengah. Tetapi ini belum apa-apa dibandingkan dengan apa yang terjadi di Kuil Sulaiman. serta begitu banyak perampasan dan pembantaian orangorang Muslim.Krey. Princeton & London. para Pejuang Salib masuk.91 . dan kaki tampak di jalanjalan kota. pasukan Pejuang Salib membunuh sekitar 40. London. hlm. menyombongkan kekejaman ini: Tampaklah pemandangan yang menakjubkan. yang lainnya memanah mereka. hal. “Mereka membunuh semua orang Saraken dan Turki yang mereka temukan… baik lelaki maupun wanita. trans. Dalam narasi seorang ahli sejarah. Semua orang Muslim dan Yahudi di kota itu mati di ujung pedang. dan membangun Kerajaan Latin yang membentang dari perbatasan Palestina hingga ke Antioch (Antakia). orang-orang berkuda berkubang darah hingga ke lutut dan tali kekang mereka. Orang harus mencari jalan di antara mayat-mayat manusia dan kuda. 55 56 Francorum. Untuk mempertahankan apa yang telah mereka bangun. hal. 1921. Selanjutnya. gerombolan campur aduk yang disebut Pejuang Salib ini mencapai Yerusalem di tahun 1099. tempat kebaktian keagamaan biasanya dinyanyikan… di dalam Kuil dan serambi Sulaiman. 262 62 .000 Muslim dengan cara yang sangat biadab. 1962. or the Deeds of the Franks and the Other Pilgrims to Jerusalem.55 Selama dua hari. tangan. Raymond of Aguiles. Gundukan kepala. mereka perlu 54 Pejuang-pejuang salib menebas semua yang hidup di tanah yang mereka taklukkan. yang lain lagi menyiksa lebih lama dengan melemparkan mereka ke dalam api. Ketika akhirnya kota itu jatuh.Setelah perjalanan yang panjang dan sulit.56 Pejuang salib kemudian menjadikan Yerusalem ibukota mereka. setelah pengepungan selama hampir lima minggu. sehingga berjatuhan dari menara-menara.261 Ibid. Mereka melakukan kebuasan hingga tingkatan yang jarang disaksikan dunia. Sebagian orang-orang kami (dan ini lebih murah hati) memenggal kepala-kepala musuh. The First Crusade: The Accounts of Eye-Witnesses and Participants. Rosalind Hill.”54 Salah seorang Pejuang Salib.

Richard Leigh.mengorganisirnya. ordo ini terus berkembang. 78-81 63 . Omer. salah satu dari ordo-ordo ini berbeda dengan yang lainnya. dua puluh tahun setelah tentara salib merebut Yerusalem. London. tetapi dalam waktu singkat mereka menjadi sangat makmur. Michael Baigent dan Richard Leigh. Di sini pula berdiri Dome of the Rock (Qubah As-Sakhrah) . Menurut penulis Inggris.57 Para Templar inilah yang paling bertanggung jawab atas serangan-serangan pejuang salib dan pembantaian bangsa Muslim. Tentara Miskin Pengikut Yesus Kristus dan Kuil Sulaiman. yakni lokasi reruntuhan kuil tersebut. Corgi Books. Karena itulah. Secara khusus. Berawal dari sembilan anggota. Pendiri ordo ini adalah dua ksatria Prancis. gunung kuil. 1. Untuk itu mereka membentuk ordo-ordo militer. menyerupai yang ada pada sebuah bank. The Temple and the Lodge. Para Templar menyebut dirinya “tentara miskin”. dibentuk pada tahun 1118. Ordo Templar Para Templar. Ia mengalami transformasi yang akan memengaruhi jalannya sejarah. Hugh de Payens dan Godfrey de St. Mereka pula yang pertama kali menyelenggarakan sistem cek dan kredit. komandan besar Islam 57 Michael Baigent. 1990. di mana mereka menerima latihan militer untuk memerangi orang Muslim. mereka membangun semacam kapitalisme abad pertengahan. Nama kuil Sulaiman dipakai karena mereka membangun basis di Ksatria templar mengembangkan kepercayaan pagan dengan kedok Kristiani. dan merintis jalan menuju perbankan modern dengan transaksi mereka yang berbasis bunga. dan menjadi sangat kaya dari uang para peziarah tersebut. Mereka mengontrol penuh para peziarah Kristen yang berdatangan dari Eropa ke Palestina. dan tinggal di semacam biara. atau lengkapnya. hal. Anggota ordo-ordo ini datang dari Eropa ke Palestina. Namanya: Ordo Templar. dalam bentuk yang belum pernah ada sebelumnya.

pertama di Prancis. yang mengalahkan pasukan salib pada tahun 1187 pada Pertempuran Hattin. Raja Prancis Philip le Bel memutuskan untuk menangkap anggota-anggota ordo ini. Jacques de Molay. kemudian di negara-negara lain. banyak anggota Templar mengakui keyakinan 'bidah' mereka. 64 . menjadi negara dalam negara. sekalipun kehilangan Yerusalem dan mengalami kekalahan besar. para pemimpin Templar. cara interpretasi ini keliru dalam beberapa segi. para Templar terus bertahan. ahli sejarah Inggris terkenal dengan begitu banyak mengetahui sejarah okultisme. walau secara umum terjadi. Tidak diragukan lagi bahwa kekuatan politik mereka menyusahkan raja-raja Eropa. menghukum mati para Templar karena pembunuhan yang mereka lakukan. dan sewaktu di Yerusalem telah mengambil sejumlah doktrin mistik yang asing. Nesta H. dan menggambarkan para ksatria itu tak bersalah atas segala dakwaan. Webster. dan ordo tersebut tumpas dan secara resmi menghilang. selama interogasi. Akhirnya. tidak semua Templar disiksa. pada tahun 1307. dan kemudian membebaskan Yerusalem. Berkembang juga desas-desus bahwa mereka menyelenggarakan ritus-ritus aneh untuk memberi bentuk pada doktrin mereka. mereka meningkatkan kekuatan di Eropa dan. Secret Societies And Subversive Movements.Saladin (Shalahuddin Al Ayyubi). Sebagiannya berhasil melarikan diri tetapi kebanyakan mereka tertangkap. Kebanyakan mereka dijebloskan ke dalam penjara. Dan walaupun bangsa Kristen terus menyusut di Palestina. Akhirnya. Menurut Webster. Segolongan ahli sejarah cenderung melukiskan sidang pengadilan para Templar sebagai konspirasi dari Raja Prancis. menganalisis berbagai aspek ini dalam tulisannya. Tetapi ada segi lain dari para Templar yang segera mengganggu kalangan kependetaan: ordo tersebut sedikit demi sedikit telah menyeleweng dari iman Kristen. Namun. Paus Clement V juga bergabung dalam pembersihan ini. Tetapi. dihukum mati pada tahun 1314 atas perintah Gereja dan Raja. bahwa mereka menolak iman Kristiani dan menghina Yesus dalam misa mereka. kecenderungan untuk melepaskan para Templar dari bid’ah yang mereka akui dalam masa pengadilan tidak tepat. Pertama. walaupun sebenarnya ia mengampuni banyak sekali orang Kristen. Setelah periode panjang interogasi dan pengadilan. yang dinamai “Imam Besar (Grand Master)”. mulai dari yang terpenting dari mereka.

Di sana. Tetapi sebaliknya. baik lengkap maupun tidak. dan segera. Robert the Bruce. Webster. London. dituturkan dalam kalimat yang berbeda. mereka menemukan penyamaran yang tepat untuk melanjutkan gerakan rahasia mereka: mereka menyusup ke dalam gilda (serikat sekerja) terpenting di Kepulauan Inggris abad pertengahan. mereka menguasai loge-loge ini sepenuhnya. sejumlah besar mereka berlindung di satu-satunya kerajaan di Eropa yang tidak mengakui kekuasaan Gereja Katolik di abad keempat belas. dengan “Loge masonik”. Secret Societies And Subversive Movements. segala macam ritus liar dan fantastis diteriakkan dengan penuh kesakitan untuk memenuhi tuntutan interogator mereka. cerita mereka tentu akan saling bertentangan. New York. Chapter 3 For this thesis about Freemasonry. see. Tetapi. masingmasing tampak seperti mendeskripsikan upacara yang sama. mereka menyusun kekuatan kembali di bawah perlindungan Raja Skotlandia. dari para Templar yang berlindung di Skotlandia. yaitu Skotlandia.Lagipula. walaupun sudah dibubarkan “secara resmi”. Tak lama kemudian. Selama penangkapan tiba-tiba pada tahun 1307. beberapa Templar lolos. Ritus Skot merupakan cabang Masonry tertua.. Jika para korban dipaksa untuk mengarang-ngarang. Evans & Company. 1989 65 .58 Bagaimanapun juga. nama-nama yang diberikan kepada tingkat tertinggi dalam Ritus Skot adalah gelar-gelar yang diberikan kepada para ksatria dalam ordo Templar berabad-abad sebelumnya. Born in Blood: The Lost Secrets of Freemasonry.59 Loge para tukang batu berganti nama pada awal era modern. ia tidak benar-benar musnah. Boswell Publishing Co. apakah pengakuan mereka tampak seperti hasil imajinasi murni orangorang yang disiksa? Tentunya sukar dipercaya bahwa cerita tentang upacara pembaiatan yang disampaikan dengan rinci oleh orang-orang di berbagai negara. sebaliknya filsafat serta berbagai kepercayaan dan upacara mereka tetap berlangsung di balik samaran Freemasonry. sidang pengadilan para Templar berakhir dengan tumpasnya ordo tersebut. dan berhasil menutupi jejak mereka. Tesis 58 59 Nesta H.. para Templar tidak tertumpas. Dan. Ltd. 1924. loge (pemondokan) para tukang batu. John J. Pendeknya. M. namun semuanya saling menyerupai merupakan karangan semata-mata. dengan sentuhan personal si pembicara. Robinson. dan pada dasarnya semua cerita tersebut cocok. Menurut tesis yang berdasarkan pada berbagai dokumen sejarah. dan berasal mula di awal abad keempat belas.

hal. bukti ini dikaji secara terperinci. Para Mason sangat menerima pendapat ini. Sebagai hasilnya. Para Mason Skot.68 Teoman Biyikoglu.”61 Menurut 60 61 Ender Arkun. 1997. mendapatkan perlindungan di Skotlandia dengan menyamar sebagai seorang tukang batu bernama Mac Benach. mengembalikannya ke Prancis bertahun-tahun kemudian dan membangun dasar bagi ritus yang dikenal sebagai Ritus Skot di sana. menyambut mereka dan mengizinkan mereka mengembangkan pengaruh besar terhadap loge-loge Mason di Skotlandia. dan diterima saat ini oleh banyak ahli sejarah Barat. Pemimpin para Templar. di bawah tekanan Gereja. Mimar Sinan. publikasi Masonik Turki yang ditujukan untuk anggotanya sendiri. No. Tesis yang mengusut akar Masonry ke Ordo Templar seringkali dirujuk di dalam majalah-majalah yang diterbitkan oleh para Mason untuk kalangannya sendiri. "Tampliyeler ve Hurmasonlar" (Templars and Freemasons). 77. baik mereka anggota Freemasonry ataupun tidak. "Masonlarin Dusunce Evrimine Katkisina Kisa Bir Bakis" (A Short Look at the Contribution of Freemasonry to the Evolution of Thought). Ordo Masonik Baru. John di Yerusalem. bersama beberapa anggota lainnya. Sebagian besar Templar berlindung di berbagai loge Freemason yang beroperasi di Eropa pada saat itu. hal. yang menggambarkan hubungan antara Ordo Templar dengan Freemasonry dalam kata-kata berikut ini: Para Pejuang Di tahun 1312. Dalam tulisan kami. Mabeignac. 1990. yang mewarisi pusaka para Templar.ini didukung oleh banyak bukti sejarah. Raja Skot.11 66 Majalah Mimar Sinan.60 Sekali lagi. Mimar Sinan memberikan banyak informasi tentang hubungan antara Templar dan Freemasonry. ketika Raja Prancis. loge-loge Skot meraih peran penting dari sisi keahlian dan ide-ide mereka. Salah satu majalah ini bernama Mimar Sinan (terbitan Freemason Turki). dan Para Bankir: sebuah tulisan membubarkan Ordo Templar dan memberikan hak-hak mereka kepada tentang Ksatria para Ksatria St. aktivitas para Templar tidak Templar. Robert the Bruce.106. Mimar Sinan. berhenti. No. Di dalam sebuah artikel berjudul “Templar dan Freemason” dinyatakan bahwa “ritual-ritual upacara pembaiatan Ordo Templar menyerupai Freemasonry masa kini. Freemason masa kini menggunakan nama Mac Benach dengan penuh hormat. .

sebagaimana kami sebutkan pada judul esei ini. hlm. Dalam terbitan Masonry Turki. Untuk merekonstruksi bangunan ini. sebagaimana di dalam Masonry. 19 67 . jelas sekali bahwa Masonry adalah kesinambungan dari para Templar. Christopher Knight dan Robert Lomas. asal usul 62 63 Ibid. diketahui sebagai suatu simbol kepercayaan bid’ah pagan para Templar. penerus para Templar. Menurut para penulis ini. hlm. tercantum: Ordo Templar dan organisasi Mason saling memengaruhi dengan sangat mencolok. para anggota Ordo Templar saling memanggil “saudara”. Ringkasnya. selain itu para penulis juga mengkaji asal usul para Templar. Bahkan ritual-ritual dari berbagai lembaga begitu mirip sehingga bagaikan disalin dari para Templar. majalah Mimar Sinan. Skotlandia.63 Sebuah tulisan yang ditulis oleh dua orang Mason.artikel yang sama. Dalam hal ini. kita dapat katakan bahwa titik berangkat dari seni megah Freemansory dan garis esoteris— awalnya milik para Templar dan ujung panahnya milik para Freemason. para Mason telah mengidentifikasi diri mereka kepada para Templar begitu jauh dan dapat dikatakan bahwa apa yang dipandang sebagai esoterisme (kerahasiaan) asli Masonik sampai tingkatan yang penting merupakan warisan dari para Templar. KAPEL ROSSLYN: SEBUAH KUIL TEMPLAR-MASON Gereja yang dikenal sebagai "Kapel Rosslyn" di dekat Edinburgh. 9 Ibid.62 Pada bagian akhir artikel tersebut. yang berjudul the Hiram Key mengungkapkan beberapa fakta penting tentang akar Freemasonry. Namun. dan mereka mendekor seluruh kapel dengan simbol-simbol yang merepresentasikan filsafat pagan mereka. dipekerjakan para Mason dan Rosicrucian.

. 10 km di Selatan Edinburg dan 15 km dari pusat Templar kuno di Balantrodoch. Rumah-rumah baru dibangun di desa terdekat dari Rosslyn dan sebuah perkampungan dibuka…. Kapel Rosslyn saat ini dan contoh simbol pagannya. Clair. Tidak ada contoh semacam itu di Skotlandia atau bahkan di Eropa. Clair yang merupakan salah satu bangsawan utama di Skotlandia dan bahkan di Eropa saat itu..Masonik dan berbagai elemen pagan pada kapel itu diungkapkan sebagai berikut: Bukti paling meyakinkan tentang kesatuan Templar dan Mason di Skotlandia adalah benteng dan kapel di desa Rosslyn. Sir William St.Kapel tersebut dibangun antara tahun 1446-48 oleh Sir William St. Perencanaan dan dekorasi kapel ini sungguh unik.. Di antara simbol itu adalah relief di dinding-dinding dan lengkungan-lengkungan 68 . Clair yang membawa para arsitek dan tukang batu mason yang hidup berkelana dari setiap bagian Eropa. Para Mason dan Rosicrucian melakukan pembangunan. Para Templar hidup di daerah ini dan khususnya di benteng ini setelah tahun 1312 di bawah perlindungan para Baron St. Arsitek kepala dari pembangunan ini adalah Imam Besar Templar. Kapel ini dengan sangat tepat menangkap atmosfer kuil Herod dan setiap bagiannya didekor dengan simbol-simbol Masonik.

para Templar mengalami perubahan besar ketika mereka berada di Yerusalem. Pada akarnya terdapat sebuah rahasia yang mereka temukan di dalam kuil Sulaiman di Yerusalem. berkat tekanan yang dilakukan terhadap Baron Oliver St. 18-19) Menurut tesis mereka. salah satu aspek paling menarik darinya adalah bahwa puncak-puncak tiang didekor dengan motif kaktus dan jagung. Yahudi. Celtik. “karena kapel dipenuhi oleh patung-patung pagan. disamping bermacam-macam bentuk tanaman lainnya…. serta bahwa ia mengandung contoh kerajinan batu yang sangat kaya. Skandinavia. tetapi tujuan mereka yang sebenarnya sangat berbeda. sebuah relief dari suatu upacara pembaiatan. Gothik. yang reruntuhannya mereka selidiki. "Ordo Royal Skot. Selain dari fakta bahwa kapel ini dikonstruksi dalam suatu gaya pagan yang nyata. 110. No. Pada tanggal 31 Agustus 1592. dasar-dasar dari lengkungan. dan Masonik.Terdapat sangat banyak elemen dekoratif pagan di dalam kapel ini sehingga seorang pendeta. Templar. yang menuliskan kisah tentang pembabtisan yang dilakukan oleh Baron Rosslyn di tahun 1589 mengeluhkan. altar kapel yang bergaya pagan dihancurkan. Claire dari Rosslyn. Di tempat asal agama Kristen ini. Lembaga Masonik Tertua yang Diketahui" Mimar Sinan. dengan berbagai elemen arsitektur Mesir. hlm. tidak ada tempat yang sesuai untuk menyelenggarakan Sakramen”.yang menggambarkan kepala Hiram dan pembunuhnya. (Tamer Ayan. tetapi sementara itu kita segera menemukan bahwa terdapat bukti yang 69 . Norman. dan kompas-kompas. mereka justru mengadopsi doktrin-doktrin lain. Para penulis menjelaskan bahwa para Templar berdalih dengan peranan mereka yang diakui sebagai pelindung peziarah Kristen yang mengunjungi Palestina. Tidak ada bukti bahwa para Templar pendiri ini pernah memberi perlindungan kepada peziarah. 1998.

meyakinkan bahwa mereka memang melakukan penggalian yang intensif di bawah reruntuhan Kuil Hero…..64 Para penulis Kunci Hiram bukanlah satu-satunya yang menemukan bukti tentang ini. Sejarawan Prancis, Gaetan Delaforge membuat pernyataan yang sama. Tugas sebenarnya dari sembilan ksatria itu adalah melakukan penyelidikan di daerah tersebut untuk mendapatkan berbagai barang peninggalan dan naskah yang berisi intisari dari tradisi-tradisi rahasia Yahudi dan Mesir kuno.65 Pada akhir abad kesembilan belas, Charles Wilson dari Royal Engineers mulai melakukan riset arkeologis di Yerusalem. Dia sampai kepada pendapat bahwa para Templar telah mendatangi Yerusalem untuk mempelajari reruntuhan kuil tersebut. Wilson menemukan jejak-jejak penggalian dan ekskavasi di bawah pondasi kuil tersebut, dan menyimpulkan bahwa hal ini dilakukan dengan
Kunci Hiram: Fir'aun, Freemason, dan Penemuan Perkamen Rahasia Yesus.

peralatan milik para Templar. Barang-barang ini masih ada di dalam koleksi Robert Brydon, yang memunyai arsip yang sangat luas tentang informasi mengenai para Templar.66

Para penulis The Hiram Key berpendapat bahwa penggalian-penggalian para Templar ini bukannya tanpa hasil; karena di Yerusalem ordo tersebut menemukan berbagai peninggalan tertentu yang mengubah cara mereka memandang dunia. Selain itu, banyak peneliti berpendapat serupa. Mestilah ada sesuatu yang menuntun para Templar, walau pada faktanya mereka sebelumnya adalah pengikut Kristen dan datang dari bagian dunia Kristen, untuk mengadopsi suatu sistem keimanan dan filsafat yang sepenuhnya berbeda dari agama Kristen, merayakan misa-misa bidah, dan melakukan berbagai upacara sihir. Menurut pandangan umum dari banyak peneliti, “sesuatu” itu adalah Kabbala. Fakta yang menarik tentang Kabbala ini dijelaskan oleh sumber yang sama menariknya.
64 65

Christopher Knight and Robert Lomas, The Hiram Key, Arrow Books, 1997, hal.37 G. Delaforge, The Templar Tradition in the Age of Aquarius; Christopher Knight, Robert Lomas, The Hiram Key, hal.37 66 C. Wilson, The Excavation of Jerusalem, Christopher Knight, Robert Lomas, The Hiram Key, hal.38

70

Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengetahui dari mana Kabbala datang atau bagaimana ia berkembang. Ia adalah nama umum untuk sebuah filsafat yang unik, berbentuk metafisik, esoterik, dan mistik, yang terutama berhubungan dengan agama Yahudi. Ia diterima sebagai ilmu kebatinan Yahudi, tetapi sebagian elemen yang dikandungnya menunjukkan bahwa ia terbentuk jauh lebih dahulu dari Taurat.67 Bersamaan dengan berkembangnya pemikiran pada manusia, ilmu pengetahuan mengalami kemajuan dan bersama itu, jumlah rahasia pun meningkat di dalam pengetahuan pada sistem esoterik. Dalam perkembangan ini, kegiatan esoterik, yang pertama muncul di Timur, di Cina dan Tibet, dan kemudian menyebar ke India, Mesopotamia, dan Mesir, membentuk basis pengetahuan kependetaan yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun dan membentuk basis kekuatan pendeta di Mesir.68 Di dalam tulisan mereka, The Hiram Key, penulis Mason berkebangsaan Inggris, Christopher Knight dan Robert Lomas, berpendapat bahwa Mesir Kuno memiliki posisi penting dipandang dari segi asal usul Masonry. Menurut kedua penulis ini, gagasan terpenting yang telah mencapai Masonry modern dari Mesir Kuno adalah tentang alam semesta yang ada oleh dan dari dirinya sendiri, lalu berkembang melalui kebetulan. Mereka menjelaskan gagasan yang menarik ini dengan kata-kata berikut. Orang Mesir percaya bahwa materi selalu ada; mereka menganggap tidak logis pendapat tentang sebentuk tuhan yang membuat sesuatu dari ketiadaan mutlak. Mereka berpandangan bahwa permulaan dunia adalah ketika keteraturan muncul dari kekacauan, dan semenjak itu terjadi pertarungan antara kekuatan pengaturan dan kekacauan… keadaan kacau ini dinamai Nun, dan seperti penggambaran orang Sumeria…, yang ada hanyalah adalah sebuah jurang dalam, berair, gelap tanpa cahaya matahari yang padanya terdapat suatu kekuatan, daya penciptaan yang memerintahkan keteraturan bermula. Kekuatan laten di dalam zat kekacauan ini tidak mengetahui keberadaan dirinya; ia adalah suatu kemungkinan, sebuah potensi yang berjalin di dalam acaknya ketidakteraturan.69
67

Murat Ozgen Ayfer, Masonluk Nedir ve Nasildir? (What is Freemasonry and What is it Like?), Istanbul 1992, hal.298-299, (penekanan ditambahkan) 68 Mason Dergisi (The Journal of Freemasonry), No. 48-49, hal.67 69 Christopher Knight, Robert Lomas, The Hiram Key, Arrow Books, London, 1997, hal. 131

71

Akan teramati bahwa kepercayaan yang dideskripsi di atas selaras dengan apa yang menjadi pendirian materialis masa kini, yang didukung oleh agenda komunitas ilmiah dengan berbagai istilah seperti “teori evolusi”, “teori chaos”, dan “pengaturan esensial dari materi”. Knight dan Lomas meneruskan pembahasan terdahulu dengan mengutarakan. Yang menakjubkan, penggambaran tentang penciptaan ini dengan sempurna mendeskripsikan pandangan yang dipegang oleh sains modern, terutama “teori chaos” yang telah menunjukkan berbagai desain ruwet yang berkembang dan berulang secara matematis di dalam peristiwa-peristiwa sama sekali tak terstruktur.70 Knight bahwa dan Lomas mengklaim antara terdapat keselarasan

kepercayaan Mesir Kuno dengan sains modern, tetapi apa yang mereka maksudkan dengan sains modern, sebagaimana telah dijelaskan, adalah konsep-konsep materialis seperti teori evolusi dan teori chaos. Walau "Pandangan-dunia" dari Mesir Kuno tidak pada kenyataannya teori-teori ini tidak terkubur dengan patung-patung ini, tetapi memiliki dasar ilmiah, mereka telah rahasia yang menganggap diri mereka
sebagai pewaris Mesir Kuno… dibawa hingga ke masa kini oleh masyarakat

dipaksakan pada bidang sains selama dua

abad lalu, dan ditampilkan seakan memiliki kelayakan ilmiah. Semua ini jelas melukis sebuah gambar yang menarik. Apakah dengan kebetulan belaka filsafat para pendeta dari Mesir Kuno masih tumbuh pesat, dan bahwa terdapat jejak rantai (Kabbala-Templar-Masonry) yang bertanggung jawab meneruskan supremasi filsafat ini ke masa kini. Nama freemason sebagai organisasi modern, diduga secara resmi mulai dipakai pada tahun 1673 dengan jumlah anggota rahasianya 27 orang. Sejak itu, mereka mengkaitkan nama lodge yang dapat diartikan sebagai tempat pertemuan para anggota atau penginapan untuk pembicaraan yang sangat rahasia.

70

Ibid. hlm. 131

72

Sejak itu.Dokumen rahasia yang ditemukan dan dapat dipercaya tentang eksistensi gerakan rahasia freemason adalah "The Grand Lodge of the Modern". Tingkatan Freemasonry 73 . gerakannya semakin pesat setelah Duke of Sussex menjadi anggota pada tingkatan "grand master" dan melepaskan segala atribut keterkaitannya dengan gereja Kristen. 2. sekaligus memberikan aspirasi tentang paham freemason yang bersifat universalis. baru diperoleh secara pasti pada tanggal 24 Juni 1717 di Inggris.

Keanggotaannya sangat selektif dan hanya orang-orang yang dianggap sebagai the good men (orang hebat) yang paling pantas untuk menjadi anggota rahasia mereka. dan ritus tertentu yang biasanya memakan waktu dua 74 . Pada saat ini. Setiap tingkatan harus mengikuti berbagai program. Fellowcraft. misalnya New York. tahun. Aurelio Peccei (1908-1984) dan Alexander King mendirikan The Club of Rome (Perkumpulan Roma) yang merupakan salah satu organisasi terkemuka dan bergengsi dari konspirasi pemikiran Illuminati. Pusat kegiatannya. yang saat itu diketuai Dr Diez Hochleitner. sumpah keanggotaan. tokoh pemerintahan yang masih aktif." "Para anggotanya terdiri dari kelompok ilmuwan. juga di Eropa yang berpusat di Jenewa. Tahun 1968.Gambar struktur Freemasonry Sebagaimana tingkatan Illuminati. Presiden Soka Gakkai International telah diangkat sebagai anggota kehormatan (honorary member) Perkumpulan Roma. perkembangan freemason sudah merambah ke seluruh pelosok dunia. maupun pensiunan yang mewakili lima benua yang benar-benar mempunyai perhatian terhadap masa depan dunia global." Tanggal 28 Februari 1997. sebagaimana dikatakan oleh William Coper: "Kelompok Roma merupakan barisan terdepan Illuminati (The Club of Rome is a front for the Illuminati). Dr. di samping beberapa kota besar di Amerika. Paris. cendekiawan dan industriwan dari Italia. keanggotaan freemason dibagi dalam tiga tingkatan. yaitu: “Apprentice. dan London. pakar ekonomi. pengusaha. yaitu: indoktrinasi. dan Master Mason --atau disebut juga "grand master atau grand lodge".

Kelompok ini mempunyai tiga kantor regional yang permanen. Setiap pertemuan digelar berbagai makalah dan mengambil tema aktual. Pada tahun 1973. dibentuk poros kegiatan disentralisasi di "tiga kutub koordinasi" yang disebut dengan Threelateral Commission yang terdiri dari Amerika Utara (Kanada dan Amerika Serikat). ilmuwan. seluruh anggotanya mengadakan pertemuan besar di Copenhagen. yaitu menciptakan nilai-nilai kemanusiaan yang baru. Walaupun ada beberapa pimpinan organisasi yang bukan Yahudi (goyim). Ketiga kelompok tersebut berada dalam pengawasan Illuminati dan organisasi mason (tingkat grand lodge) dan mempunyai semangat yang sama dengan mengaku sebagai "pemerintahan rahasia" (the secret government). dan Jepang dengan anggotanya berjumlah 330 yang terdiri atas negarawan. Tokyo. Ltd. yang berkantor di New York). misalnya pada tahun 1994 membahas reformasi di Rusia.Hal ini membuktikan kepercayaan para anggota mason terhadap Jepang walaupun bukan orang Yahudi (goyim). 71 SokaGakkai artinya kelompok kreatif penuh inovasi. Uni Eropa. tahun 1996 di Vancouver dan tahun 1997 di Tokyo. yaitu di New York. Tahun 1997. bersifat universal dan berlandaskan kasih sayang. Tahun 1995. mengingat Jepang mempunyai jaringan ekonomi dan industri yang mendunia. Soka Gakkai71 itu sendiri merupakan yayasan agama Budha yang mempunyai paham yang sama dengan Illuminati.). 75 . Kemudian pada tahun 1995. sedangkan Amerika Utara dipimpin oleh Paul A. mengingat terbentuknya Illuminati dan freemason hanyalah bungkus lain untuk memenangkan Yahudi menuju "ordo dunia baru".D. yang mampu memberikan tekanan dan arah kepada negara-negara di daerah pengawasan mereka. Untuk Jepang dipimpin oleh Yotaro Kabayoshi (top eksekutif pada Fuji Xerox Co. pimpinan lingkaran dalam Illuminati dan freemason harus tetap dijabat oleh seorang Yahudi dan harus tetap mempunyai semangat organisasi Yahudi. dan Paris. membahas masalah pengamanan energi dalam kaitannya dengan globalisasi serta pasar angkatan kerja dan implikasinya. Wolfenshon Inc. Volcker (top eksekutif J. dan para tokoh internasional. konferensi besar diselenggarakan di Tokyo dengan fokus pembahasan pada masa depan Asia Pasifik. politisi.

dan kebodohan. sosial. Mereka pun bergerak dalam bidang yang bersifat universal atau umum. Lambang berbentuk utama sebuah dari jangka Freemasonry diletakkan sedemikian rupa di atas persegi hingga menciptakan enam ujung atau bintang berujung enam. 76 . 194). Tingkat Blue Lodge Sebelum memasuki dan dilantik menjadi anggota pada tingkat Blue Lodge." (David Musa Peacock. Sebagaimana cikal-bakal kelahirannya. Huruf G mewakili prinsip generatif seperti obelisk. para calon anggota yang disebut sebagai aspiran (pemberi aspirasi) harus mengenal dan menghayati terlebih dahulu seluruh makna dari simbol-simbol. hlm. derajat. Para aspiran tidak ikut campur dalam persoalan agama. Tingkat Kerajaan (Royal Arch Masonry) c. persyaratannya. Dan untuk menghilangkan kecurigaan. Lambang ini hanyalah bentuk lain dari Hexagramnya Setan. perdamaian di muka bumi. kesatuan umat manusia. memberantas kemiskinan. Satanic Voice. sandi rahasianya. organisasi tingkat pertama ini terbuka untuk umum.Rabbi Isaac Wise (1819-1900) mengatakan: "Freemason adalah organisasi Yahudi dari A sampai Z dari mulai sejarahnya. termasuk non-Yahudi (goyim). yaitu The Knight Templar dan sesuai dengan jenjang derajat anggota Illuminati yang telah ada. Tingkat Ksatria (The Masonic Knight Templar) a. di dalam kongres ini pun ditetapkan jenjang kepangkatan atau lebih tepatnya tingkatan anggotanya yang terdiri dari: a. Nama gerakan rahasia freemason untuk pertama kalinya dikukuhkan secara formal pada kongres freemason di London tahun 1717 yang diketuai Anderson. sebagaimana organisasi sosial yang ada. misalnya: pendidikan. tingkatannya. dan seluruh tata cara upacaranya adalah berjiwa Yahudi. Tingkat Blue Lodge b.

tujuh.Para aspiran yang lulus memasuki tingkat Blue Lodge adalah mereka yang telah dijamin memiliki kepatuhan dan disiplin tinggi. Tingkat Kerajaan (Royal Arch Masonry) 77 . 367. (2) Tingkat Persaudaraan (Fellowcraft). mereka berhak mendapatkan medali "salib bunga mawar". (3) Tingkat Pimpinan (Master Mason) . para anggota akan mendapatkan indoktrinasi serta penghayatan mendalam terhadap sejarah The Knight Templar. (1) Tingkat Pemula (Entered Apprentice). Dalam fase ini. Setiap kenaikan tingkat diberikan upacara ritual tersendiri. Mulai dari tingkat empat. sehingga mereka mencapai predikat "guru yang agung" yang biasanya diduduki oleh tingkatan sembilan puluh atau disebut dengan julukan mumfis. Mereka dapat terus mencapai jenjang lebih tinggi sampai pada tingkatan tiga puluh tiga (33rd degree) melalui berbagai prestasi dan pemberkatan. Mereka akan dibaptis oleh saudaranya pada tingkatan yang lebih tinggi yang biasanya diberikan kepada tingkat delapan belas yang berhak membaptis. b. yaitu The Scotish Rite dan The York Rite. Demikian seterusnya. Ben Gurion 443. mereka harus menunjukkan keinginannya yang kuat serta mempunyai ikatan emosional terhadap organisasi. misalnya Izis no. dan sebagainya. sedangkan yang duduk pada tingkatan tersebut diberi predikat "penunggang kuda yang bijak". Bila selesai dibaptis. Para anggota Blue Lodge dapat mencapai tingkatan lebih tinggi dengan cara melalui dua jalur. Selanjutnya dapat menjadi kepala perkumpulan freemason secara simbolis. dan dibagi dalam tiga tingkat yaitu. Setiap anggota dalam freemason ditandai pula dengan berbagai simbol angka tingkatan. delapan belas sampai tingkat di atas tiga puluhan. sebagai berikut. Di samping itu. Mereka yang sudah berada dalam tingkatan ini dapat membentuk berbagai organisasi dan setiap organisasi yang tersebar di seluruh dunia ini memakai kode nomor internasional.

dan sebagainya. media massa. Ilmuwan. (1) Tingkat The Royal Master (2) Tingkat The Selected Master (3) Tingkat The Super Excellent Master Semangat pemikiran dan filsafat freemason yang ingin mengubah dunia menjadi satu tatanan dunia baru yang bersifat universal: satu agama. Diantara mereka tidak dapat saling mengenal atau berhubungan secara lebih mendalam. Pada tingkat ini anggota dibagi dalam tiga tingkatan yaitu. (1) Mark Master (2) Past Master (3) Most Excellent Master Persyaratan keanggotaan freemason kerajaan sangat ketat. dan kekuasan para anggotanya yang menjabat jabatan puncak menyebabkan seluruh jaringan kehidupan umat manusia berada dalam pengawasannya. tetapi jarang menjadi pimpinan. dan falsafah digariskan sebagai satu program (blue print) yang harus dilaksanakan sesuai dengan jenjang organisasinya.Royal Arch didirikan secara resmi dan terbuka pada tahun 1797 di Amerika. perintah-perintah. c. Mereka harus mempunyai profesi atau ekspertis tertentu. Dalam organisasi ini pula pola pemikiran. sebagai berikut. Merekalah yang berhak menetapkan berbagai kebijakan. rencana. dan satu warga dunia dengan tema-temanya yang aktual dan memikat serta didukung oleh dana. dan bersifat unik. Tingkat Ksatria (The Masonic Knight Templar) Puncak keanggotaan berada di dalam lingkaran dalam yang disebut dengan alam semesta. Pada tingkat ini. sebagai berikut. Dan hanya para anggota yang sudah menduduki tingkatan ke-33 atau "Master Mason" dapat menjadi anggota kerajaan dan orang nonYahudi (goyim) dapat menjadi anggota. satu pemerintahan. serta konsep gerakan secara global. mereka berhak menyandang gelar "grand master" yang dibagi dalam tiga tingkatan. kecuali atas rekomendasi dari pimpinannya masing-masing yang disebut sebagai "teman sejawat yang agung". sebagaimana lambang "mata" yang dengan tajam mengawasi kehidupan dari atas 78 . misalnya: presiden atau pimpinan pemerintahan.

seperti unitarian dan universalist. Manusia lemah yang diperbudak oleh agama harus disingkirkan. 3. Dari catatan kuno. yaitu mereka yang mau menerima ajaran freemason. Pada tingkatan ini. Manusia harus bebas dari segala dogma agama. dan persaudaraan. 2000. disebut pula sebagai "grand master" dan berhak menjadi ketua dari sindikat. hlm. freemason mengajarkan kebebasan dalam arti yang sebenarnya. walaupun nama sebelumnya tidak memakai nama freemason. Jakarta. Dan karena sifatnya yang rahasia. “Dajjal dan Simbol Setan”.72 Menurut mereka. Namun. 28. terdapat fakta bahwa gerakan ini mulai muncul di 72 Toto Tasmara. kesetaraan derajat dengan semboyan kebebasan. dan mengembangkan paham ajaran naturalis dan nihilis yang dikemas dalam bentuk paham matrialisrasional. Beberapa kalangan mengakui bahwa freemason sudah didirikan sejak tahun 43 Masehi oleh Raja Herod (King Herod Agrippa) bersama-sama dengan delapan pendeta Yahudi. Di dunia ini hanya ada satu tipe bangsa yang unggul. Untuk itu. maka sedikit sekali informasi yang secara faktual dapat diperoleh pihak luar. mereka yakin bahwa manusia unggul. seperti tercantum pada lambang uang satu dolar Amerika. disepakati bahwa freemason merupakan gerakan rahasia untuk memenangkan cita-cita Yahudi dengan identitasnya yang anti-Kristus dan menentang dominasi Gereja Roma Katolik serta agama-agama yang dianggap menghalangi cita-cita "dunia baru". sebagaimana yang dicita-citakan Friedrich W Nietzsche harus diwujudkan. dan kebebasan. Berdirinya organisasi ini sudah sangat lama. persamaan. kemanusiaan. Ajaran falsafahnya adalah kesamaan hak.piramida. 79 . Tujuan utama para mason adalah melindungi Yahudi dan ajarannya. Hubungan Freemason dengan The Knight Templar Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa freemason atau freemasonry merupakan organisasi rahasia dari Illuminati. Tentang definisi freemason itu sendiri terdapat berbagai pendapat. Mereka tidak boleh menjadi budak dari paham-paham yang tidak masuk akal dan tanpa bukti empiris. Gema Insani Perss.

25-Concillium Avenionense. "Ksatria Templar telah disumpah untuk hidup sederhana. tidak dapat dipisahkan dari The Knight Templar (Ksatria Templar). yang justru menampilkan wajahnya yang kelimis. Mereka mencukur rambutnya." (Michael Baigent hlm. XXXVI vol. sesuatu yang berbeda dengan laki-laki pada umumnya yang justru senang dengan mode tanpa kumis dan jenggot. patuh. sekaligus ideologi. Simbol The Knight Templar 80 . dan bertujuan untuk raja dan gereja. intelijen. Freemason sebagai organisasi rahasia. pengawal kepercayaan raja yang ikut serta secara aktif menjadi pasukan Perang Salib (The Crusader). tetapi membiarkan jenggotnya tumbuh subur.permukaan sebagai penentang ajaran Kristus yang berada di tengahtengah masyarakat. seperti tentara khusus. Ksatria Templar atau The Knight Templar adalah legiun pasukan perang. yaitu pada tanggal 16 Oktober 1646 di Inggris. setelah De Molay sebagai anggota freemason tingkat "grand master" dibakar hidup-hidup oleh gereja. kesucian. 63). Untuk sementara. terutama mendampingi panglima Aliansi Kerajaan Kristen Eropa melawan para mujahidin Salahudin yang legendaris. Mereka diwajibkan untuk mencukur seluruh rambutnya dan membiarkan jenggotnya tumbuh subur yang membedakannya dari kebanyakan kaum laki-laki pada saat itu. Para ksatria ini sangat disiplin. agama. Mereka disumpah untuk menegakkan prinsip-prinsip ksatria. freemason menghilang dan muncul kembali tiga ratus tahun kemudian. kemudian dibubarkan oleh sebuah ordo kerajaan gereja. pada tahun 1326. sesuai lembaran Dekrit Gereja no. dan pengabdian.

tampaklah dengan sangat jelas bahwa gerakan freemason merupakan gerakan rahasia yang lahir dari sejarah perjuangan melawan semua agama. Walaupun pada awalnya membantu para prajurit Kristen untuk melawan para mujahidin Islam di bawah pimpinan Salahudin al Ayyubi. tetapi agama atau lebih tepat kepercayaan mereka masih diragukan. Jangan beriman kepada seorang yang bernama Yesus. Dia bukan Tuhan dan tidak akan menyelamatkan kamu. mereka memutarbalikkan segala ajaran serta norma-norma yang berlaku. utamanya agama Kristen. bahkan menyembah setan yang mereka anggap merupakan dewa penolong dan yang akan melahirkan kekuatan serta kemakmuran. yang disalib orang Yahudi di Outremer (tanah yang menghadap ke laut atau Yerusalem).Dengan demikian. Agama The Knight Templar Para sejarawan masih memperdebatkan agama The Knight Templar tersebut. bahkan sejak de Molay yang merupakan anggota tingkat "grand master" atau pimpinan tertinggi mereka dibakar hiduphidup. ternyata dalam perkembangannya justru berbalik melawan dominasi kerajaan dan Gereja Roma Katolik yang dianggapnya sebagai tirani. sebab dia (Kristus) hanyalah nabi palsu. Pokoknya. hlm. Para Ksatria Templar tersebut beragama secara mistik. di mana akan datang binatang dengan tanda-tanda tertentu yang 81 . Sikap yang bermusuhan dari kerajaan dan gereja Kristen kepada Ksatria Templar. mereka pun semakin anti-Kristen. Walaupun mereka ikut berjuang membela kepentingan Christendom bersama-sama dengan Raja Richard si Hati Singa." (Baigent. a. 83). pihak ksatria semakin menampakkan wujud aslinya yang anti-agama. serta menafsirkan Alkitab menurut semangat mistik (occultisme). Berimanlah hanya kepada Tuhan di surga dan bukan kepada dia (Kristus). Terlebih diperoleh catatan tentang pengakuan seorang kstaria yang berkata: "Kalian telah mempercayai yang salah. Salah satu dewa sesembahan mereka disebut Baphomet yang penampakkan atau gambarannya dihubungkan dengan dongeng serta pengaruh dari Kitab Perjanjian Baru Kitab Wahyu 12-13.

unitarianisme. Dari penelitian yang saksama. The Black Goat. sekularisme yang menjadikan manusia benar-benar manusia apabila terbebas dari dogma agama dan tirani kekuasaan. Nama Tuhan seringkali diasosiasikan dengan nama goat (kambing) yang sekaligus dijadikan sebagai lambang penyembahan atau berhala. simbol-simbol tersebut ditafsirkan dengan berbagai nama. atau merepresentasikan teori mencari kambing hitam. The Judas Goat. dapat disimpulkan bahwa agama freemason merupakan bentuk dari sinkretisme.akan membebaskan manusia dari segala tirani dan dogma agama Dalam perkembangannya. Kambing Hitam. 45). Kambing Judas. misalnya: dewa Kambing Mendes. Through the ages this symbol has been called by different names. Lambang-lambang keagamaan mereka diselubungkan dengan memakai tanda salib terbalik sebagai bentuk perlawanan terhadap kaum Kristen yang mempercayai 82 . and perhaps most appropiately The Scapegoat. The Satanic Bible. Among these are: the Goat of Mendes." (The symbol of Baphomet was used by The Knight Templar to represent satan. freemason menjadikan simbol-simbol setan sebagai bagian dari ritus mereka. paganisme yang disesuaikan. pendiri Satanic Worship (1966) dan pengarang The Satanic Bible menyebutkan: "Simbol Baphomet dipakai oleh The Knight Templar untuk mewakili ajaran setan. Melalui periode waktu yang berabad-abad lamanya. La Vey. juga ajaran yang bertumpu pada kebebasan berpikir Universalisme. Dewa Baphomet Anton Szandor La Vey. dan sebagainya. sesuai dengan teori konspirasi dalam gerakan mereka. hlm.

sebagaimana dikatakan oleh Cherabum: "Mason mengingkari Kristus. sebagaimana tertulis dalam Perjanjian Lama yaitu: 1 Raja-Raja 11: 10-11”. dan masa depan umat manusia. Freemason merujuk pada kehidupan Raja Sulaiman yang berbalik menjadi kafir dengan menyembah Dewa Baal dan Asytoret. Yesus adalah nabi palsu dan sekaligus memanipulasi keluhuran nama Kristus yang sebenarnya. Pemikiran ini dikembangkan lebih modern oleh organisasi freemason adalah gerakan kemanusiaan baru. humanisme. gerakan freemason menyatakan dirinya sebagai organisasi sosial yang sangat peduli dengan kemanusiaan. dimana dalam ritual tersebut ditanamkan keyakinan atas Jahbulon yang merupakan bentuk sinkretisme atau gabungan seluruh ajaran agama dan kepercayaan di muka bumi yang merupakan salah satu ajaran Jehovah. Freemason tidak dapat dikelompokkan sebagai agama Kristen.Yesus sebagai Kristus. karena mereka mempunyai Tuhan yang lain. bahkan secara terselubung. mereka mendakwahkan keyakinannya secara lebih rasional dan memanfaatkan berbagai sarana komunikasi. Secara garis besar. dan unitarianisme. kemerdekaan. membebaskan dari keimanan buta yang dianggapnya sebagai perbudakan dan penjara kebebasan berpikir. Tujuan yang mulai dikampanyekan antara lain: universalisme. utamanya yang mempercayai Yesus sebagai Kristus. khususnya perlawanannya terhadap dominasi gereja Katolik dan tirani lainnya yang tidak demokratis. Dalam abad modern ini. Freemason mempunyai kepercayaan terhadap Tuhan dengan penafsirannya sendiri. patut diketahui ajarannya tersebut menyelusup ke berbagai pranata kehidupan dengan menanamkan paham yang secara politis dan sosial ingin mengubah pola pikir manusia menjadi makhluk yang bebas dari segala dogma dan tirani. Karena bagi mereka. Mereka mengakui dirinya sebagai anti-Kristus. b. dengan sasaran utamanya para pemuda dan tokoh masyarakat sebagai juru bicaranya. mereka justru menentang agama Kristen. 83 . Agama Freemason Sebagaimana ajaran induknya yaitu Illuminati. Bentuk ritual mereka dikenal pertama kali dalam ritual Royal Arch Mason.

tetapi menjadikan dirinya yang beragama Paganisme: penyembah matahari sebagai kepala segala kepercayaan termasuk Yahudi dan Kristen. Bentuk ritual mereka sangat sarat dengan mistik. yaitu Hiram. Bahkan. bahkan mengganti Yesus dengan Hiram Abiff: seorang suci yang dikenal dalam kebudayaan Yahudi sebelum Yesus mengajarkan Kristen. serta misteri dari dunia yang harus dijelajahi dan dikuasai oleh anggota freemason. disesuaikan dengan kelahiran "dewa matahari" (natalis invictus). khususnya pada saat Kaisar Konstantin memerintah dimana kepercayaan terhadap "dewa matahari" menjadi simbol pemersatu." yang artinya "Jelajahilah keindahan interior bumi. Tuhan Anak. Raja Tirus. diganti dengan Trinitas yang lain." Tata cara serta keyakinan mistik (bid'ah) freemason sejauh perkembangannya terkait erat dengan keyakinan kaum Yahudi Kristen (Yudeo Christiant) di masa lampau. Dari cara mereka menafsirkan berbagai ayat di dalam Bibel. dan seringkali mendekati kepada ramalan-ramalan yang erat kaitannya dengan tahayul (supertition). yaitu vitriol. dan Roh Kudus. "Visita interiora terrae rectificando invenies occultum lapidem. Walaupun Konstantin tidak menjadikan agama Kristen sebagai agama negara. yaitu tanggal 25 Desember. kuburannya dibuat dalam bentuk piramida melambangkan menara Babil. Selama hidupnya. dan Hiram Abiff yang melambangkan kebijaksanaan-kekuatan dan keindahan. Hal itu sesuai dengan salah satu ungkapan dalam lambang organisasi mereka. Beberapa dari kelompok perkumpulan (lodge) freemason. Dalam kekuasaan Konstantin yang menjadi kepala negara dan agama tersebut. mistik. disebut pula sebagai "dewa matahari 84 . keyakinan yang mewarnainya adalah okultisme. Selama pemerintahannya. sebagaimana dikenal di kalangan Kristen Katolik. lakukanlah berbagai reformasi/perbaikan. tidak semua anggota freemason bergabung di dalam Saksi Jehovah yang merupakan substitusi dari agama Yahudi. Sedangkan bentuk Trinitas. perayaan kelahiran Yesus yang semula diperingati setiap 6 Januari. Tuhan Bapak. niscaya kamu akan menemukan rahasia batu tersebut.Walau demikian. Konstantin tetap penyembah matahari. kedua agama dipersatukan dalam sebuah keyakinan baru yang disebut dengan sol invictus (dewa matahari atau the invicible sun).

sehingga kata sol invictus menjadi lambang di mana-mana termasuk bendera dan mata uangnya. satu agama. 85 . Dan mengukuhkannya dalam satu kata magis yang disebut: in hoc signo vives (dengan tanda ini kamu akan menang). Cita-cita serta ritual Paganisme Konstantin telah menjadikan salah satu aspirasi bagi Illuminati. dan satu kewarganegaraan. Setelah kemenangannya mengalahkan Maxentius di Milvian. Konstantin semakin berjaya dan mengukuhkan cita-citanya untuk membangun the sun imperium untuk menyatukan dunia: satu pemerintahan.sang penakluk" atau kekuasaan matahari. freemasonry dan Zionisme.

Gerakan konspirasi Dajjal didukung oleh para professional yang terseleksi dengan sangat ketat. Mereka mampu membuat berbagai skenario serta berbagai taktik yang diolah dan disempurnakan dari waktu ke waktu. “Dajjal dan Simbol Setan”. bahkan pembunuhan sekalipun. hlm.Bab IV GERAKAN KONPIRASI DAJJAL Telah kita bicarakan pada bab-bab sebelumnya tentang keberadaan Illuminati. Gerakan tersebut sangat halus dan tersistematis dalam satu tujuan akhir di pengujung zaman. yaitu sebagai berikut:73 1. Taktik Untuk Mengetahui (need to know tactic) 73 Toto Tasmara. Semua gerakan tersebut merupakan sebuah gerakan konpirasi Dajjal. freemasonry dan Zionisme sebagai penganut ajaran Kabbala adalah gerakan rahasia Yahudi untuk menguasai dunia. Dalam dunia intelejen. Jakarta. sesuai dengan pengalaman mereka. 74-75. 2000. lobi. istilah "konspirasi" berarti sebuah jaringan yang saling mendukung yang bergerak secara terselubung atau gerakan bawah tanah (underground). Mereka menjadi bayang-bayang dari sebuah kegiatan atau menjadi "aktor intelektual" dari sebuah peristiwa tanpa dapat diketahui atau diungkapkan secara faktual. seringkali mampu menguasai dan mengarahkan para pemimpin negara tertentu melalui negosiasi. dalam kaitannya dengan konspirasi global ini. Konspirasi yang berskala internasional. Alvin Toffler dengan sangat jeli membuat analisis tentang taktik gerakan mata-mata atau intelejen. 86 . Berkaitan dengan taktik intelejen ini. Gema Insani Perss. serta ancaman-ancaman tertentu.

Taktik Menggiring Bola (the derrible tactic) Hal tersebut dimaksudkan sebagai cara untuk memberikan informasi setahap demi setahap. 3. 5. ia harus ikut bertanggung jawab. Taktik Memukul dari Belakang (the blow back tactic) Hal tersebut dimaksudkan taktik dengan cara mengirimkan beberapa informasi palsu ke luar negeri. Dan diharapkan pers di negeri yang menerima informasi tersebut 87 . sehingga dengan informasi yang diberikan secara sedikit demi sedikit. Taktik Terpaksa harus Tahu (forced to know Tactic) Hal tersebut dimaksudkan bahwa seseorang dalam sebuah kelompok terpaksa harus tahu dengan informasi yang ada. 2. ada pula taktik kebalikannya yang disebut taktik tidak perlu tahu. taktik seperti ini dikenal juga dengan singkatan CYA (lindungi dirimu: cover your ash). sehingga pihak yang berkonspirasi tersebut dapat mengetahui bagaimana reaksi sasarannya setelah terkena desas-desus tersebut. pihak yang berkonspirasi dapat mengetahui reaksi yang ada sebagai bahan masukan untuk membuat rencana taktik selanjutnya. artinya setiap orang harus bertanggung jawab apabila tenyata terdapat kesalahan atas informasi yang mereka telanjur ketahui.Hal tersebut dimaksudkan sebagai berbagai informasi yang harus diketahui oleh para pejabat tertentu. Oleh karena itu. di mana para bawahan secara sangat disiplin akan menjawab "tidak tahu". Taktik Asap (the vapor tactic) Hal tersebut dimaksudkan taktik untuk menyebarkan desas-desus dan bersamaan dengan desas-desus itu sedikit demi sedikit dikeluarkan informasi yang benar. 6. Berbagai informasi dimasukkan ke dalam arsip tertentu dan diberi tanda "untuk diketahui". Taktik Penghapusan (the omission tactic) Hal tersebut dimaksudkan sebagai tindakan untuk segera menghapuskan atau memusnahkan segala bentuk informasi. Bila terjadi sesuatu. 4. Di samping itu.

Persis seperti apa yang sering ditayangkan di dalam film-film spionase. Mereka yakin bahwa kebohongan yang konsisten dan disampaikan secara berulang-ulang dapat diyakini sebagai kebenaran oleh pihak sasaran. Hampir dapat dipastikan bahwa para agen gerakan rahasia yang merupakan bagian dari konspirasi zionisme adalah tipikal manusia yang tidak mengenal belas kasihan. atau bisa juga menyamar sebagai orang jalanan. menguasai antropologi sosio-politik cara berkomunikasi dan penyamaran yang unggul."menikmati" berita informasi palsu tersebut dengan berebutan. 88 . mereka "terbuka". Taktik Bohong Besar (the big lie tactic) Hal tersebut adalah cara-cara propaganda yang telah diperkenalkan oleh Jesef Goebels selama Perang Dunia II. yaitu menerjemahkan dan sekaligus melakukan pengawasan seluruh kegiatan yang dipantau melalui satelit. elektro. Mungkin saja. milyuner. Di bidang teknologi. serta teknologi yang mutakhir. Hal ini dimaksudkan pula sebagai upaya untuk menyesatkan atau melihat reaksi dari sasaran. mereka menguasai berbagai metode. komputer. Mereka bisa menampakkan wajah orang alim. mereka mempunyai ahlinya yang disebut sebagai "Radint" yang menerjemahkan berbagai informasi yang ditangkap melalui sinyal radar. Hanya saja gerakan konspirasi mempunyai jaringan yang sangat besar didukung oleh dana. Taktik Pembalikan (the reversal tactic) Hal tersebut adalah cara untuk memutar-balikkan fakta yang sebenarnya dengan memanfaatkan teknologi media massa. 8. Mereka memasang orang-orang terlatih disesuaikan dengan kemampuannya masing-masing. sekaligus melakukan intelejen pengindraan. sebagai pedagang. dan sebagainya. Mereka dapat membunuh dan menyingkirkan lawanlawannya guna mencapai tujuannya. 7. Sehingga tentu saja. Di bidang komunikasi dan sandi. satelit. Pelatihan para agen rahasia ini dibentuk untuk memenangkan sebuah pertempuran bawah tanah. tetapi di hadapan para "Radint" ini. mereka mempunyai "Technint" seorang ahli di bidang teknologi. negara tertentu membantah sebuah kerusuhan atau proyek pabrik senjata. sumberdaya manusia. Seluruh kegiatan.

kerusuhan, dan kejadian apa pun dapat dengan sangat jelas dipotret melalui pengindraan satelit tersebut. Bahkan, mereka dapat menyadap pembicaraan para pemimpin negara, duta besar, serta tokoh-tokoh dunia. Gerakan rahasia konspirasi kaum zionis tidak saja memanfaatkan seluruh jaringan intelejen dan peralatannya, tetapi mereka juga melakukan kerja sama dengan agen-agen mereka di berbagai pusat intelejen negara-negara lain. Mereka membuka jaringan hot line dengan agen yang bekerja secara rangkap dengan dinas rahasia negara lain tersebut. Misalnya, dengan Dinas Rahasia Inggris (Secret Intelligence Service) yang dikenal dengan kode M16, atau dengan Perancis yang diwakili oleh GCR (Groupement de Controles Radioelectricque), atau dikenal juga dengan nama code La Pisisne yang artinya 'kolam renang' Konspirasi ini melebarkan pula sayapnya dengan merekrut para eksekutif paling top dari perusahaan-perusahaan multinasional. Istilah Dajjal mungkin hanya dikenal dikalangan umat Islam. Banyak ayat didalam al-qur’an maupun hadis berbicara perihal Dajjal. Adapun tentang Dajjal, ada beberapa pertanyaan yang muncul, yaitu: Apakah ia merupakan sosok yang terbentuk dari daging dan tulang, yang menebarkan kerusakan dan mengancam para ahli ibadah, dan mampu memberikan anjuran dan ancaman serta melakukan kerusakan?, atau hanya sebuah simbol dari suatu gerakan yang membuat kerusakan dan kekacauan di dunia?. Sangat sulit untuk memastikan hal tersebut, untuk itu kedua pendapat tersebut akan dipergunakan dalam pembahasan ini. Kita akan mengurai bagimana sebuah gerakan konpirasi dajjal (baik dalam artian sebagi sebuah simbol atau sosok) telah menyusun rencananya untuk menguasai dunia dan membuat kekacauan besar atasnya. Yang telah terlihat sampai saat ini, bahwa secara simbolis, Dajjal telah hadir ditengah-tengah kita. Untuk mengetahui bahwa Dajjal beserta para pengikutnya merupakan sebuah gerakan rahasia, yaitu sebuah konspirasi global yang ingin menghancurkan tatanan agama, Allah SWT menjelaskan melalui firman-Nya, sebagaimana termaktub dalam AlQur'an:

89

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (an-Naml: 82). 74 Penafsiran ayat tersebut (pada kalimat “apabila perkataan telah jatuh” dimasudkan sebagai saat tertentu ketika datang ketetapan Allah untuk merubah seluruh tatanan nilai yang telah rusak akibat keingkaran manusia terhadap ayat-ayat Allah. Sedangkan “dabbah” dengan segala bentuknya, disebutkan didalam al- Qur’an sebanyak empat belas kali, dan diterjemahkan “binatang Melata” dan ditafsirkan pula sebagai kata simbolis yang menggambarkan keadaan manusia yang sudah memiliki sifat-sifat binatang. Sifat yang tidak lagi mempertimbangkan potensi hati, melainkan hanya mengabdikan dirinya kepada potensi gelagak hawa nafsu yang lebih hina dari binatang.75 Abdullah Yusuf Ali, ahli tafsir The Holy Qur'an mengatakan: Dalam bahasa simbolis, ia (dabbah) memperlihatkan sifat matrealismenya76 yang murni. Selanjutnya ia menafsirkan pada kata “taklimuhu” yang dibaca sebagai kebalikan kata “takallimuhum” memberi arti bahwa binatang itu akan mencederai mereka, atau secara simbolik akan memberikan arti matrialisme itu akan mendatangkan kesengsaraan sebagai balasan bagi dirinya sendiri.77 Untuk memahami secara mendalam tentang apa yang dimaksudkan sebagai binatang melata. Allah swt berfirman : “Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi (dabbatin) dan burungburung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan (juga) umat-umat seperti kamu, tiadalah kami alpakan sesuatupun dalam al- Kitab sedikitpun, kemudian pada Tuhannya mereka dikumpulan. (al- An’am : 38).78

74 75

Departemen Agama Republik Indonesia, “Al- Qur’an dan Terjemahnya”, surat an- Naml ayat 82. Ibid. hlm. 56. 76 Paham Matrialisme adalah membebaskan manusia dari agama-agama. Bukan hanya sebagai paha sekuler (memisahkan agama dengan negara) tetapi benar-benar memisahkan manusia dari agama yang mereka anggap sebagai racun. Bagi aliran matrialisme, agama-agama di muka bumi hanya bentuk lain untuk menciptakan konflik dan pertentangan. Untuk itu, mereka harus menciptakan cara berfikir yang baru dengan bersandarkan Rasionalisme matrialistik yang bersifat mendunia. Menciptakan agama baru sebagai agama yang konvensional. 77 Op Cit, Toto Tasmara. hlm. 56-57 78 Depag RI, “al- Qur’an dan Terjemahnya” , surat al- An’am ayat 38.

90

Dari ayat tersebut, dapat dipahami bahwa binatang melata dapat berupa manusia (uamat-umat seperti kamu) dengan segala pemikirannya yang menyimpang dan memiliki ambisi yang sangat kuat untuk menguasai dunia. Binatang melata dapat pula disimbolkan sebagai suatu paham baru yang akan menghapus dogma-dogma agama. Membebaskan manusia dari belenggu agama, seperti yang terjadi pada kerajaan Katolik Roma, yang kemudian dapat pula terjadi pada agama lain (termasuk Islam). Dan diganti dengan Ideologi atau paham universalisme (kebebasan), unitarianisme (kemanusiaan) untuk mewujudkan satu dunia baru yang bebas dari pengaruh agama. Sangat menarik bahwa surat an- Naml ayat 82 tersebut hampir "senada" dengan prediksi kitab Injil Perjanjian Baru Wahyu 13:11, "Dan aku melihat binatang lain keluar dari dalam bumi dan ber tanduk dua sama seperti domba dan ia berbicara seperti seekor naga."79 Gerakan konpirasi Dajjal yang disimbolkan sebagai binatang melata bawah tanah, pada dasarnya merupakan ideologi pengkafiran yang telah beranak-pinak menyelusup ke seluruh sendi kehidupan. Mereka membantu dan mengembangkan berbagai perintah yang ditetapkan dari House of Temple Washington, Pentagon, dan agen-agen mereka. Pembagian tugas sudah sangat jelas. Diantara para pemikirnya adalah para penyandang anggota senior Illuminati, menyandang tingkatan freemason yang rata-rata berada pada tingkat ke-33. Cita-cita untuk membangun Menara Babil yang kedua telah terus berlangsung dan ditetapkannya pada millennium yang akan datang sebagai awal dari kejayaan kaum Yahudi untuk menguasai dunia yang akan dibawanya kepada satu pemerintahan, satu ekonomi, satu agama, dan satu kewarganegaraan sebagai wujud cita-cita dari Adam Weishaupt, novus ordo sclorum (membangun dunia baru).

A. Penafsiran Aktual tentang ad Dajjal

79

Berkaitan dengan itu, permasalahannya, justru tafsir Bibel kesulitan untuk menjelaskan secara faktual, bagaimanakah suara naga itu. Bagaimana mereka tahu, seperti suara seekor naga, apabila sampai saat ini belum terbukti ada naga, apalagi mendengarkan suaranya sebagai bahan pembanding apabila hari yang dijanjikan itu tiba.

91

w bersabda : "Tidak ada seorang nabi pun kecuali telah memperingatkan umatnya tentang si buta yang pendusta. direstui. mereka itu adalah penipu yang mengatas namakan al Masih yang dijanjikan. 95-96 82 Hadis ini telah diriwayatkan oleh Imam bukhari. Maktabah Islamiyah. diterjemahkan oleh : Abdul Kadir Ahmad dan Syahrullah Iskandar. Imam Ahmad. dan disucikan' dan ad Dajjal berasal dari kata Dajjala yang artinya 'tertutup oleh sesuatu. Ibnu Khuzaimah dalam kitab "At-Tauhid' hlm. Pada Edisi Indonesia “Nabi Isa as Vs Dajjal”. Dia mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda.Sebagaimana telah disebutkan di dalam al Qur’an surat an Naml ayat 82. penipu'. 74-75. 2002." 81 Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu. Imam Hambal.82 Melalui hadis diatas dapat dijelaskan bahwa gerakan Konpirasi Dajjal dapat diketahui ciri-cirinya sebagai berikut : 80 Al masihul ad Dajjal terdiri dari dua kata “al Masih dan ad Dajjal”. 32. dan ketahuilah bahwa Dajjal itu buta sebelah matanya. hlm. imam ad dani. bahwa yang dimaksutkan dalam kalimat Dabbatan Minal ardhi (Binatang melata dari Bumi) adalah gerakan konpirasi. Yang dikatakannya bahwa itu adalah surga sebenarnya adalah Neraka. Ibid. Abu Daud . Jakarta. Padahal. dan imam hambal. 92 .At-Tirmidzi dan menshahihkannya. Beberapa hadis dibawah ini akan menunjukkan informasi aktual berkenaan dengan ad Dajjal. 81 Hadits ini telah ditakhrij oleh Imam Bukhari. Pustaka Azzani. Al Masih yaitu 'orang yang kepalanya diusap atau yang telah diberi berkah. imam muslim. Yordania. Amman. hlm. sedangkan Tuhanmu tidak buta. "Maukah kalian saya ceritakan sebuah Hadits tentang Dajjal yang belum pernah diceritakan oleh seorang nabi pun sebelumku? Sesungguhnya Dajjal itu buta sebelah matanya dan dia membawa perumpamaan seperti surga dan neraka. Jadi. Lihat Kitab Qishah Al Masih Addajjal Ulanuzuli Isa as Waqatlihi Iyyahu oleh : Syaikh Nashiruddin Albani. dapat dipahami bahwa al Masihul ad Dajjal adalah seorang penipu yang terlihat seperti orang suci. Imam Muslim. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa Dabbatan minal ardhi adalah al Masihul ad Dajjal80 yang akan membawa fitnah besar diatas muka bumi ini dan mengguncangkan hati manusia dengan segala kekuatan konpirasi tersebut. Sebagaimana dalam hadis : Anas radhiyallahu ‘anhu berkata : bahwa Rasulullah s. gerakan rahasia dari suatu kaum yang membawa ajara sesat dan mengaku dirinya sebagai orang suci. pembohong.a. Tertulis di antara kedua matanya "Kafir" (mampu dibaca oleh setiap muslim).

Sudah sangat jelas bahwa gerakan konpirasi Dajjal telah membuat dongeng-dengeng serta rekayasa yang sangat canggih untuk mendukung dan menyebarkan kebohongan ajarannya. sistem keuangan dan tatanan kehidupan sosial. hal ini sesuai pula dengan cita-cita Adam weishaupt (pendiri organisasi Illuminati) untuk membangun satu dunia baru “Novus ordo seclorum” atas dasar satu pemerintahaan. mereka mampu menyebarkan berbagai fantasi dan kebohongan yang disebarkan secara simultan melalui kekuasaan mereka. Mereka mengontrol seluruh tatanan kehidupan dimuka bumi. Dalam hal ini sebagimana telah dijelaskan sebelumnya tentang gerakan illuminati (perhatikan lambang Illuminati) merupakan lambang yang disebut the one eye of Lucifer.Pertama. sehingga dengan mudah mereka dapat menjalankan rencananya. freemasonry dan zionisme yang bernaung dibawah bendera Negara Israel. Buta sebelah matanya atau bermata satu. Kedua. menawarkan surga padahal neraka. mereka dengan mudah membuat fitnah dan megadu domba antar manusia. Dengan kecerdasan dan kekuatannya yang sangat besar. Lambang Illuminati B. karena mereka telah menguasai seluruh aspek kehidupan. Seluruh manusia akan tunduk kepada mereka. satu perekonomian dan satu kewarganegaraan. Mereka membuat kebohongan publik. Gerakan konpirasi Dajjal menawarkan kenikmatan surga dunia yang membius. Gerakan konpirasi Dajjal tidak lain adalah gerakan Yahudi dalam bingkai Illuminati. Mereka membuat fantasi yang sangat menarik. Dengan menguasai kontrol media massa. sehingga manusia akan menikmatinya dan lupa pada Tuhannya. Yahudi dan Simbol Dajjal 93 . mau tidak mau. Manusia terjebak dalam kenikmatan fantasi dunia yang sebenarnya akan membawa mereka pada kesengsaraan yang besar. manusia ada dibawah kontrol dan kendali mereka. sehingga. Padahal sebenarnya surga yang mereka tawarkan adalah neraka. sangatlah sesuai dengan hadis tersebut. Ketiga. Merupakan senjata paling ampuh yang dimiliki gerakan konpirasi Dajjal. baik sistem pemerintahannya. merekayasa berita sesuai dengan kehendak mereka. Pendusta atau Fitnah. Mata satu melambangkan bahwa gerakan Dajjal bersifat Matrealistis murni yang sangat anti agama.

s. 83 Nabi Ilyas a. lalu naiklah Elia ke surga dalam angin badai." Juga tentang kedatangan kembali nabi Ilyas dapat dibaca pula pada kitab Matius 17:10 dan Lukas l:17. Di samping harapan akan turunnya kembali Nabi Ilyas (Elia) dan Nabi Isa. diterangkan tentang Nabi Ilyas: "Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata." Dalam kitab Injil Perjanjian Lama Maleakhi 4: 5 diterangkan. 94 . Dalam kitab Injil Perjanjian Lama II Raja-raja 2:11. dan Nabi Isa a. baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Kemudian pada hadis lain. Tanda-Tanda Datangnya Dajjal Salah satu bidang agama yang disusupnya adalah menafsirkan datangnya Mesiah serta penentuan waktu akhir dunia.83 C. Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah.s. tiba tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya. Ibid. hlm. adalah penamaan menurut Islam sedangkan didalam al-kitab (Bibel) disebut dengan Elia. orang Yahudi pun akan menjadi hancur lebur barisannya. yakni yang sama-sama berperang untuk membela Dajjal.Yahudi dan simbol Dajjal sangat erat kaitannya. Dalam Alkitab. bahwa Rasulullah saw bersabda : “Maka apabila Dajjal telah terbunu. dikisahkan tentang persamaan antara Nabi Ilyas a. bahwa rasulullah saw bersabda : “Tidak akan terjadi hari Kiamat. Dan jumlahnya ada tujuh puluh ribu”. "Sesungguhnya aku akan mengutus Nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari Tuhan yang besar dan dahsyat itu. Kita dapat melihatnya melalui hadis dibawah ini : Diriwayatkan oleh Imam Buhari dan muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. sehingga engkau semua akan memerangi orang-orang Yahudi sampai batu-batu yang dibelakangnya itu mengatakan ada orang yahudi dibelakangnya”. berbagai tanda telah dinubuatkan oleh Injil Perjanjian Baru (Wahyu 13) di antaranya: 83  ∗ Toto Tasmara.s. Kedua nabi tersebut naik ke langit dan akan turun menjelang "hari Tuhan" (kiamat).

kita pun mengenal kepercayaan akan datangnya al-Masih ad."Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh. tidak wafat. kegetiran. yang didasarkan pada asumsi rasional atau pseudo-rational: Dalam kaitannya dengan hari kiamat ini. serta ad-Dajjal yang banyak ditanyakan oleh umat dalam majelis-majelis.s.s. Tentang Almasih Nabi Isa a. Apakah Nabi Isa a. telah wafat ataukah masih hidup di langit? Apakah Nabi Isa a. akan turun lagi ke bumi untuk memerangi Dajjal? Apabila Nabi Isa a. serta ramalan-ramalan tentang nasib manusia.s. Tentang Ad-Dajjal Apakah Dajjal itu berupa binatang atau manusia raksasa yang bermata satu? 95 .s." (Wahyu 13: 18). Namun dalam pembahasan ini tidak akan dibahas tentang Imam Mahdi. Anda pasti sangat tertarik bila berbicara tentang hari kiamat.Dajjal dan turunnya Nabi Isa a." (Wahyu 13:1). Ya'juj dan Ma'juj. bagaimanakah keadaannya di langit? Apakah yang dia kerjakan selama ribuan tahun tinggal di sana? Apakah wajah dia sama dengan yang kita lihat dalam penyaliban? B. karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia. atau Gog dan Magog.s. yang akan membunuh Dajjal dan kemudian memimpin umat manusia untuk memeluk agama Islam. baiklah ia menghitung bilangan binatang itu. diatas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat. melainkan akan dibahas sekitar Almasih Isa a. "Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehdupan dari Anak Domba yang telah disembelih…"(Wahyu 13: 8) "Yang penting di sini ialah hikmat barangsiapa yang bijaksana. diantara pertanyaan tersebut. yaitu sebagai berikut: A. Dan minat Anda tersebut akan terpuaskan bila mendengarkan kisah-kisah tentang ramalan-ramalan serta berbagai penafsirannya. yaitu tentang kekacauan.s. dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Masih Hidup ataukah Sudah Mati? (Joesoef Souyb: 1984). sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir. lalu Aku akan memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang kamu perselisihkan padanya'. Juga ada yang mengatakan Dajjal itu tidak lain adalah sebuah simbolisasi dari ajaran setan pada saat mendekati akhir zaman. Engkaulah yang mengawasi mereka." (Ali Imran: 55). Tuhanku dan Tuhanmu. Maka setelah Engkau wafatkan (angkat) aku. 'Hai Isa. "Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu. yang artinya 'mematikan. Dan Engkau Maha Menyaksikan segala sesuatu. yatawaffa. Ada yang mengatakan Nabi Isa tidak akan turun lagi ke bumi. akan turun kembali untuk membunuh Dajjal. dapat Anda baca pula pada tulisan yang berjudul Isa Almasih. kemudian tinggal di bumi selama waktu tertentu. sebagaimana firman-Nya: "(Ingatlah) tatkala Allah ber firman. dan sebagainya. Bahkan. telah wafat.84 1. mencabut nyawa atau mewafatkan'." (al-Maa'idah: 117) Berkaitan dengan surat al-Maa'idah ayat 117 maka timbul penafsiran kata tawaffaitani-tawafa. 'Sembahlah Allah.- Ataukah Dajjal merupakan simbol karakter anti agama? Apakah Dajjal itu wakil setan di muka bumi? Menjawab berbagai pertanyaan tersebut.s. Pendapat Pertama: Nabi Isa Telah Wafat & Tidak Akan Turun ke Bumi Pendapat yang mengatakan bahwa Nabi Isa as.. tentu saja tidak mudah. mutawaffi. merujuk pada penafsiran Al-Qur'an.' Dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka selama aku berada diantara mereka. diantara para ahli tafsir dan hukum Islam pun masih berbeda pendapat satu sama lain. Sedangkan dalam kaitan ini akan dibahas beberapa pemikiran kontroversi sekitar pertanyaan tentang Isa Almasih dan Dajjal tersebut dan mencoba melihat kaitannya secara kontekstual.. dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Pengertian ini tentu saja berlaku untuk seluruh ayat yang berkaitan 84 Pembahasan tentang Nabi Isa a. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu. 96 . Ada yang mengatakan Nabi Isa a.s.

.. mencabut nyawa'... Sehingga surat Ali Imran ayat 55 di atas harus dipahami secara yakin bahwa Allah telah mewafatkan.s.. ". Apabila kata wafaya tersebut ditambah huruf mati ta dan fa. dan sebagainya. 85 Lihat pula pada surat-surat: al-Baqarah:234. atau seseorang yang telah selesai menjalani hidupnya alias mati. lantas atas dasar apa meragukan bahwa Nabi Isa telah diwafatkan (mati).. al-Mu'min:67. mematikan. dan Muhammad:27. Hal ini tidak dapat ditafsirkan lain kecuali Allah akan mewafatkan Nabi Isa. 'penyempurnaan atau pelunasan'. tidak dapat ditafsirkan lain bahwa Nabi Isa tidur.. atau mencabut nyawa Nabi Isa a. sampai mereka menemui ajalnya (yatawaffahunna). " (alMaa'idah: 97) "Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa (yatawaffa) orangorang. al-An'am:61.Engkau wafatkan (angkat) aku. berarti Allah sungguh-sungguh (benarlah) akan mewafatkan engkau (Nabi Isa)." (an-Nisa': 15) "Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan (tawaffaahum) malaikat. dan sebagainya. Akar kata wafat (mati) sangat dekat dengan akar kata wifa' yang artinya. 97 .. Nabi Isa istirahat. menyempurnakan. Dan bila kata tawaffa dihubungkan dengan firman Allah surat al-Maa'idah ayat 117. Apabila kata tersebut ditafsirkan lagi dengan ayat yang lain." Dengan pembahasan kata tersebut sampailah pada kesimpulan bahwa kata muttawafika dalam surat Ali Imran: 55. Oleh karena itu. maka memberikan arti yang pasti bahwa. wafat' (mati). maka akan didapat pengertian yang sama pada ayat ayat sebagai berikut: ". Sehingga dua kata itu merujuk pada sesuatu tugas yang sempurna atau telah selesai. Yunus:46.85 Apabila seluruh kata tawaffa dalam ayat-ayat yang disebutkan tersebut menunjukkan arti "mewafatkan dan mematikan"..dengan kata tawafaa.." (al-Anfal: 50) Masih banyak lagi kata atau ungkapan tawaffa dalam surat-surat pada Al-Qur'an yang keseluruhannya memberikan arti 'mewafatkan . al-Hajj:5.. yaitu tawaffaya memberikan arti 'sangat bersungguhsungguh'. menyelesaikan. Kata tawaffa berasal dari kata kerja wafaya (wau-fa-ya) mempunyai arti: 'melunasi.. az-Zumar:42. ar-Ra'd:42... al-Araf:125.

98 . Nabi Isa a. dan "narfa'u" (Yusuf: 76). "yarfa'u" (al-Mujadilah: 11). sebagai berikut: 1. ". tidak dapat ditafsirkan sebagai mengangkat Nabi Isa ke langit." (al-Baqarah: 253 ). dan mengangkat sebagian kamu di atas sebagian yang lain (wa rafa'a ba'dhukum fawqa ba'dhin).A.. 87 Mutasyabihat adalah ayat-ayat yang mengandung beberapa pengertian dan tidak dapat ditentukan arti mana yang dimaksud kecuali sudah diselidiki secara mendalam --lihat Al-Qur'an dan Terjemahannya. Kata Rafi'a Kata raafi'uka (mengangkatmu) sebagaimana terdapat dalam Ali Imran: 55. 2.). dan sebagiannya Allah meninggikan beberapa derajat.s. Nabi Isa telah wafat dan diangkat derajatnya oleh Allah. telah diwafatkan oleh Allah SWT sesuai dengan Sunnatullah yang tidak mungkin akan berubah selama-lamanya (al-Ahzab:62). Selanjutnya kata-kata rafa'a yang berarti 'mengangkat derajat'sebagaimana terdapat di dalam Al-Qur'an terdapat pula pada surat surat "wa rafa'na" (az-Zukhruf: 32).87 apakah Nabi Isa masih hidup dan apakah sampai saat ini masih 86 Muhkamat ialah ayat-ayat yang terang dan tegas maksudnya --lihat Al-Qur'an dan Terjemahannya. (wa rafa'a ba'dhuhum darajatin). Al Qur'an tidak pernah menyebutkan secara jelas dan muhkamat86 maupun mutasyabihat. Depag RI pada surat Ali Imran:7 (ed. Depag RI pada surat Ali Imran:7 (ed. .. Dari uraian tadi dapat disimpulkan. atau istirahat di sana. Kata rafi'u adalah isim fa'il atau pelaku yang berasal dari kata kerja rafa'a (telah mengangkat) dan bentuk rafa'a dengan segala bentukannya yang disebutkan di dalam AlQur'an menunjukkan pada sebuah makna 'meningkatkan derajat. Dan tentang wafatnya Nabi Isa. mengungguli.). tidur. sesuai pula dengan Sunatullah bahwa segala benda yang bernyawa pasti akan menemui kematian. sebagaimana di sebut di dalam Al-Qur'an sebagai berikut: ".. dan mengatasi'." (al-An'am: 165). "wa rafa'na" (Alam Nasyrah: 4). . karena tidak didukung oleh ayat lain yang memperkuat argumentasi bahwa kata raafi'uka menisbatkan kepada naiknya Nabi Isa ke langit dan kemudian hidup...

Hadits-Hadits tentang Nabi Isa a. Mengingat turunnya Nabi Isa dan datangnya Dajjal tidak disebutkan di dalam AlQur'an. walupun hadits tersebut diriwayatkan oleh Bukhari. maka kaum muslimin menyembahyangkannya . tentunya berita ini merupakan berita besar yang mustahil luput dari uraian Al-Qur'an. Dengan demikian. ia akan turun kembali ke bumi untuk membasmi Dajjal. maka tidak menyebabkan berdosa apabila kita tidak mengimaninya.. hal ini memperkuat argumentasi bahwa Nabi Isa telah wafat. menyebutkan. Abu Daud.. dan Dajjal Argumentasi yang berdasarkan pada Al-Qur'an mengatakan bahwa Nabi Isa telah wafat dan tidak akan turun lagi ke bumi untuk memberantas Dajjal. menetap bersama manusia tujuh tahun lamanya…" Dalam hadits yang diriwayatkan Muslim. Kiamat akan segera tiba setelah turunnya Nabi Isa yang akan memberantas Dajjal. 4. al-Hakim. Muslim. B. kemudian mempersatukan umat manusia serta menjadikan semuanya beragama Islam dan menjadi imam shalat. karena mereka mendasari itu terhadap alasan-alasan berikut: Dalam hadits yang diriwayatkan Muslim dari Abdullah bin Amru bin Ash disebutkan. dan tidak akan turun ke bumi dan tidak akan membunuh Dajjal. Tentu hal itu tidak berdasarkan dalil hadits.berada di langit? Lalu apakah setelah itu. 3. ". dan Ahmad bin Hanbal dari Abu Hurairah r a. dan yang lainnya.. Padahal. rukun Iman yang telah diakui seluruh ulama sejak dahulu tidak mencantumkan hal ini..kemudian Isa Almasih itu. 5." 99 . tidak ada satu kata pun di dalam Al-Qur'an yang menyebut nama Dajjal. Bagi mereka yang menyangkal hadits tersebut didasarkan bahwa berita-berita yang diriwayatkannya bertentangan satu sama lain.s. Lagi pula. "…Isa menetap di bumi empat puluh tahun lamanya. kemudian ia pun wafat.

100 . dan engkau akan membunuhnya. dan ini luput dari catatan/penelitian saksama dari para mufasirin dan ahli hadits. 89 Bandingkan Kitab Wahyu tersebut dengan hadits-hadits yang mengatakan Nabi Isa akan turun ke bumi membunuh Dajjal. tetapi sebaiknya dilihat juga secara menyeluruh. melainkan dapat pula diberikan makna 'tidur atau diangkat' atau disempurnakan. Pendapat Kedua: Nabi ISA a.89 2." Penulisan hadits dengan isi pernyataan yang berbeda satu sama lainnya dan diceritakan melalui satu orang saja (hadits ahad) menyebabkan kedudukan hadits tersebut tidak termasuk mutawatir (hadits yang diriwayatkan oleh beberapa perawi).s. mengingat ada kaitannya dengan kata rafi'uka (mengangkat). Bahwa yang dimaksudkan dengan mutawaffiika (mewafatkanmu) sebagaimana termaktub dalam surat Ali Imran ayat 55. lalu hidup di bumi sehabis itu selama dua puluh empat tahun dan Aku akan mematikanmu. Di samping itu. Sehingga kata "wafat" tidak selamanya diterjemahkan dengan mati.Menurut Joesoef Souyb salah satu hadits yang meriwayatkan kedatangan Dajjal diterima melalui Ka'ab al-Ahbar88 yang mengatakan. Akan Turun ke Bumi Pendapat yang meyakini bahwa Nabi Isa akan turun ke bumi. tidak harus di terjemahkan secara tersurat. Wahyu 20: 4-6). seperti dituliskan dalam kitab Injil Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru (Wahyu 19: 11-21. hal ini didasarkan pada argumentasi serta penafsirannya yang mendalam atas ayat dan hadits yang ada. artinya Allah telah 88 Ka'ab al-Ahbar adalah mantan rabbi Yahudi yang kemudian memeluk agama Islam. Dengan merujuk Tafsyir al-Kasyaf jilid I halaman 432 bahwa kata Inni mutawaffiika dapat diberi arti 'Aku menyempurnakan ajalmu'. sangat besar kemungkinannya adanya kesengajaan penyusupan dongeng atau kisahkisah. Perlu diingat bahwa dalam teologi dan liturgi (ketuhanan dan tata cara agama) Yahudi dan Nasrani sangat kental akan kepercayaan Mesiah dan Adventisme (harapan atau keyakinan akan turunnya Yesus ke bumi) untuk membasmi segala roh jahat dan mengajak umat manusia hanya percaya kepada Kristus. seperti halnya orang yang hidup. "Aku akan mengirimmu kelak menghadapi Dajjal si Juling.

Hal ini dikaitkan pula dengan surat az-Zumar: 42 yang mempunyai makna 'mengangkatmu dalam keadaan tidur hingga engkau tidak dihinggapi khawatir dan engkau berada di langit'. Dan kata "wa muthahhiruka minal-ladzina kafaru" bermakna 'Aku membersihkanmu'. Kesimpulan pendapat kedua ini dapat dirangkum sebagai berikut: 1. dalam keadaan masih hidup (sedang tidur) ketika diangkat ke langit untuk melanjutkan misi Nabi Muhammad saw dan menjadikan umat manusia memeluk agama Islam di mana Nabi Isa a. akan memimpin shalat atau sebagai imamnya. Nabi Isa a. Penafsiran surat Ali Imran ayat 55.s.s. atau melindungimu dari kejahatan kaum kaum kafir'. justru salah satu yang tidak dipersoalkan adalah akan datang atau munculnya al-Masih ad-Dajjal itu sendiri.s. tetapi penulis mencoba melihat penafsiran "dua term" aktual. Sedangkan kata "wa rafi'uka ilayya" bermakna 'mengangkatmu ke langit-Ku'. A. diterbitkan Al-Maa'rif. Dengan penafsiran tersebut.s. Dari perbedaan pendapat pro dan kontra tentang turunnya atau tidaknya Nabi Isa a. ke bumi. "inni mutawaffiika" harus ditafsirkan: 'menidurkan atau menyelamatkan'.s diangkat ke langit dan benar benar akan turun ke bumi untuk menyelamatkan umat manusia dari kejahatan Dajjal.melindungi dan menyempurnakan Isa as. dari kaum kafir (kuffar) yang akan membunuhnya. Al-Masih dan ad-Dajjal Salah satu doa yang dibaca di kalangan umat Islam adalah memohon perlindungan Allah SWT dari fitnah Dajjal. Gema Insani prees tahun 2000 yang dinukil dari tulisan Riyadush-Shalihin jilid II. Dan dalam pembahasan ini pro dan kontra tentang turun atau tidaknya Almasih Isa a. maka Nabi Isa a. memeliharamu. 2. ke bumi polemik tersebut tidak akan dijadikan pembahasan. Sedangkan yang dimaksud dengan kata al- 90 Hadits yang berkaitan dengan Dajjal. pembaca dapat melihatnya pada bagian lampiran tulisan Dajjal dan simbol setan ditulis oleh Toto Tasmara. Bandung. yaitu al-Masih dan ad-Dajjal90 dengan merujuk kedua pendapat tadi dikaitkan dengan gerakan zionisme dengan seluruh konspirasinya yang ada. 101 .

Masih. B. Akan tetapi. sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an: "Sesungguhnya Almasih. di samping juga dianggapnya sebagai Tuhan karena keajaiban kelahirannya padahal bagi Allah penciptaan itu adalah kekuasaannya. Dia adalah utusan Allah. penyebutan Nabi Isa dengan Almasih mempunyai arti. Padahal. cukuplah Dia berkata.. Dajjal dan Ahli Kitab Dajjal berasal dari kata Dajjala yang artinya 'tertutup oleh sesuatu. kecuali Ahli Kitab yang telah menyisipkan berbagai ajaran palsu yang diakuinya sebagai firman Tuhan.. jadilah (seorang manusia) ." (anNisa': 171)." (Ali Imran: 59). Berkaitan dengan penjelasan tadi. Sehingga kata Dajjala tersebut dapat ditafsirkan ke dalam beberapa pengertian tentang sifat manusia. yaitu 'orang yang kepalanya diusap atau yang telah diberi berkah. Apabila "Dajjal" ditafsirkan sebagai manusia atau bangsa yang bertujuan ingin menghapuskan kebenaran dan menawarkan konsep-konsep pemikirannya yang penuh kepalsuan. Orang yang tertutup mata hatinya dari kebenaran. Isa putra Maryam itu adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang telah disampaikan-Nya kepada Maryam. sebagaimana Allah SWT menciptakan Adam. Atau mereka yang berupaya untuk menghilangkan kebenaran dan menguasai orang lain dengan kepalsuan yang ditawarkan dengan penuh tipu muslihat dan kebohongan. di kalangan umat Kristen sering diartikan bahwa Almasih berarti "juru selamat" atau Mesiah. Dan ia bukan Tuhan. maka siapa lagi yang paling pantas untuk menyandangnya. penipu'. hal ini sebagaimana firmanNya: 102 . sebagaimana diyakini para Ahli Kitab. sebagai berikut: 1.. sebagaimana juga misi para nabi dan rasul lainnya. "nabi yang diberkati atau yang telah diusap kepalanya sebagaimana kebiasaan penasbihan atau penyucian dalam upacara kaum Bani Israel pada waktu itu. dan disucikan'. Nabi Isa yang diberi gelar Almasih tidak lain adalah utusan Allah.kun fayakun. pembohong. direstui. ". 2. itu hanyalah sebuah angan-angan belaka..

membuat dongeng. dan khayalan sehingga mengguncangkan hati manusia. dongeng itu datangnya dari Tuhan. dan pantheisme). sinkretisme. Hal ini sebagaimana firman-Nya: "Segolongan dari Ahli Kitab ingin menyesatkan kamu. niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu. 103 . padahal mereka (sebenarnya) tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri. padahal benar-benar hanyalah sebuah karangan. Mereka mencoba memalsukan berbagai keterangan... dan tidak (pula) menurut angan-angan Ahli Kitab: Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan...." (anNisa': 123)." (Ali Imran: 69). Seakan-akan.. sesuai dengan tradisi kaum Yahudi yang sangat gemar membuat dongeng dan nyanyian sebagai akibat terbelenggu oleh kekuasaan Roma yang beragama Pagan (musyrik. Al-Qur'an telah melakukan penilaian sangat tepat dan akurat terhadap sifat-sifat sebagian dari Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani). Sebagian dari mereka terus berusaha dari waktu ke waktu untuk mengajak orang-orang yang beriman agar menjadi kafir...". Mereka pun masih terobsesi oleh keyakinan sebagai "bangsa pilihan" yang harus menguasai dunia dan membangun kembali menara Babil serta The Temple of Solomon (kejayaan Sulaiman).

menunjukkan rencana pembangunan kuil Solomon diatas kompleks masjid Al Aqso 104 .Gambar diatas.

" (Ali Imran: 78). yang sebenarnya telah dirangkum dalam Al-Qur'an. sehingga Al. padahal ia bukan dari Alkitab dan mereka mengatakan. sedang mereka mengetahui. padahal ia bukan dari sisi Allah. 'Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah'. 105 .Qur'an memberikan koreksi terhadap kaum Yahudi agar mereka kembali kepada ajaran Taurat dan Injil. Penyisipan serta berbagai kontradiksi mewarnai Injil Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.Al-Qur'an mengungkapkan sifat para Ahli Kitab Yahudi tersebut sebagaimana firman-Nya: "Sesungguhnya diantara mereka itu ada satu golongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Alkitab supaya kamu mengira itu sebagian dari Alkitab. Mereka berkata dusta terhadap Allah.

danbarat (lambang angka 13 = 1+3 = 4) dan merindukan "tanah yang dijanjikan" (Ezrat Yisrail atau zion) telah berlangsung ratusan tahun dan direncanakan dengan rapi melalui berbagai gerakan dan ideologi. Mereka merasa bahwa dengan rencanarencananya tersebut akan diperoleh keuntungan atau hasil yang besar. untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu…" (al-Baqarah: 79) Gerakan konspirasi rahasia zionis. timur. lalu mengatakannya: 'Ini dari Allah' (dengan maksud).Mount Zion Sebagaimana kita ketahui bahwa obsesi kaum Yahudi untuk menguasai empat penjuru bumi: utara. seperti Iluminasi dan freemason. selatan. Allah SWT mengecam perbuatan mereka: "Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Alkitab dengan tangan mereka sendiri. Dalam hal ini. 106 . yaitu Illuminati dan freemason mencoba membuat tafsiran-tafsiran rasional dan kontroversial untuk melemahkan orang-orang yang beriman.

Kita berbicara tentang suatu produk Iblis dari hirarkhi tertinggi di Pusat Bumi Yerusalem. Timbul 107 .Bab V SIMBOL IBLIS DI YERUSALEM . Khususnya mengenai apa yang tersembunyi di baliknya dan mengetahui peran apa yang sedang dijalankan Iblis melalui keberadaan simbol-simbolnya. menjadikan gedung ini layak untuk kita perhatikan dan pelajari. Hadirnya simbol-simbol yang "tidak biasa" dan ruangan serta arsitektur yang sarat dengan hal-hal spiritual. DAJJAL DAN NEGARA ISRAEL Gedung Mahkamah Agung Israel memiliki keunikan tersendiri. jelas berbeda nilai dan bobot spiritualnya dibandingkan dengan bangunan-bangunan manapun di dunia ini.

com Di kalangan umat Nasrani (Kristen dan katolik) Dajjal disebut dengan antikris. Pada pembahasan ini.yerusalemclub.blogspot.`Seperti yang telah dibahas pada bab-bab sebelumnya tentang ajaran Kabbala. freemasonry dan Zionisme yang merupakan bagian dari Gerakan konpirasi Dajjal yang dipelopori oleh Yahudi. Disini kita belajar melihat keberadaan Israel dari sisi gelapnya sebagai "tempat" dimana Dajjal92 akan memerintah dunia sebagaimana telah dinubuatkan didalam Al Kitab93. Apakah sosok Dajjal secara nyata akan hadir di Yerusalem dan kerajaan Iblis sedang berada dalam persiapan akhir untuk menguasai dunia? Untuk mengetahui apakah Dajjal akan hadir di Negara Israel tepatnya di Yerusalem. Pada dasarnya maksud dari keduanya sama. Fakta Dan Pemberitaan Fakta-fakta ini akan cukup mengejutkan kita. salah satu yang menjadi tandanya adalah dengan munculnya objek-objek fisik yang dipersiapkan untuk mendukung pemerintahan dunia baru bersatu dibawah Bendera Israel 91 92 Lihat di http://www. Dimana digambarkan dan dijelaskan secara rinci setiap sisi dari bangunan tersebut. kehadiran simbol-simbol Iblis yang secara vulgar menyatakan dominasinya atas "pemerintahan" Israel. A. Dan jika berbicara mengenai pusat pemerintahan maka kita perlu juga melihat kepada wujud dari organ-organ pemerintahan dunia. Informasi mengenai bangunan fisik Gedung mahkamah Agung Israel dapat dilihat pada blog Yerusalem club91.pertanyaan besar di benak kita. Yaitu suatu perwujudan atau simbol dari paham anti agama (anti Tuhan).Kitab Perjanjian Baru. Lihat dalam al. kita akan membahasnya dengan menganalisis fisik bangunan Gedung Mahkamah Agung Israel. 108 . Bait Suci Yahudi (ketiga) akan dibangun lebih dahulu. Matius 24. Wahyu 13:7-8). Kita percaya bahwa masa pemerintahan Dajjal atas dunia sudah tidak lama lagi. 93 Seseorang yang akan muncul sebagai Antikris akan duduk di Bait Suci Yahudi dengan menyatakan diri sebagai Tuhan (2 Tesalonika 2:4) dan akan memerintah dunia dari Yerusalem (bd. Illuminaty. Dajjal akan hadir di puncak Gunung Moriah (The Temple Mount) dan akan memerintah seluruh dunia dari Yerusalem. kita akan menganalisis secara mendalam segala unsur dan simbol-simbol keberadaan mereka dan persiapan besar mereka menuju penutupan zaman yang terdapat di fisik bangunan Gedung Mahkamah Agung Israel. baik itu sarananya ataupun aparatnya. yaitu sesaat sebelum kedatangan Yeshua Hamasiah kembali ke bumi.

lembah neraka Hinnom. Gedung Departemen Luar Negeri. dipimpin oleh seorang Yahudi terkemuka yang bekerja dibawah mandat Illuminati. Iblis dan kerajaannya telah mulai bekerja menyelesaikan target-targetnya. bahwa kuasa kerajaan Iblis telah menancapkan kaki-kakinya di kota Yerusalem. sampai ke lokasi pusat pemerintahan Israel. dan salah satu yang dapat kita saksikan adalah: Gedung Mahkamah Agung Israel. gerbang maut Golgotha. Mulai dari penguasaan puncak Gunung Moriah. The Golden Gate. faktanya tidak mungkin diabaikan. Kompleks gedung-gedung pemerintahan yang megah ini terletak di bagian barat kota Yerusalem (lihat pada gambar). tetapi disisi lain ada atmosfir kegelapan yang sangat kuat beroperasi disini. gedung Bank Central. dan Holocaust Museum. Gedung Mahkamah Agung Israel Mau dipercaya atau tidak.(Yahudi). Di satu sisi ada keagungan yang mendahsyatkan di Yerusalem. Melalui keberadaan 109 . yang berada satu kompleks dengan Gedung Parlemen Israel (Knesset). gedung-gedung di Kompleks Knesset. dipersiapkan dan dibangun dengan persetujuan pemerintah Israel sejak tahuntahun awal kemerdekaan Israel (sejak 1948 s/d 1998).

dengan meneliti rancangan-rancangan bangunan-bangunan tertentu yang penuh dengan nilai-nilai spiritual dan filosofi Iblis mengenai perwujudan Novus ordo Seclorum.94 Sebagaimana Bait Suci Pertama oleh Salomo dimandatkan untuk dibangun oleh Hiram (Raja Tirus. Dengan demikian kita akan semakin yakin bahwa kita hidup di ujung dari akhir zaman. bait suci adalah mezbah tempat meletakkan korban binatang (sesembahan) kepada Tuhan (lihat dalam Injl Perjanjan Lama). yang di dalam kitab Yesaya direfleksikan sebagai gambaran Iblis). juga beberapa financial institution dunia paling berpengaruh lainnya yang sangat berkaitan dengan The Temple Mount dan Yerusalem serta bangsa Yahudi pada umumnya.smbol-simbolnya kita belajar mengenali aktivitas dan keberadaan serta persiapan mereka untuk menuju satu dunia baru. menyatakan kehadiran dan dominasinya. Jadi dari sisi pembangunannya. Umat Kristen mengimani bahwa Yeshua Hamasiah telah menyatakan diri sebagai Korban Paskah yang sempurna melalui darah-Nya. fakta-fakta ini menjadi bukti yang tidak dapat diragukan lagi. sebagaimana telah mereka canangkan sejak tahun 1776. ketiga Bait Suci Yahudi dibangun oleh keterlibatan "dunia" dan Iblis. Segala aktivitas penguasaan keuangan dunia oleh dinasti ini secara pasti telah berjalan menuju satu target Iblis atas dunia: Novus Ordo Seclorum. Jelas itu adalah pekerjaan Illuminati. Freemasonry dan Zionisme. dan dari Yerusalem ia akan memerintah dunia. B. Dinasti Rothschild Keluarga yang sama yang memiliki dan mengontrol The Federal Reserve (The Fed = Bank Central Amerika Serikat). sebagaimana terlihat dalam bangunan gedung Mahkamah Agung Israel. tidak mungkin Ia menyuruh orang Kristen untuk membuat tempat menyelenggarakan korban darah binatang lagi. 94 Dalam kepercayaan Yahudi. demikian halnya dengan Bait suci Kedua yang dibangun oleh Raja Herodes (Romawi). Seperti kita ketahui bersama bahwa cita-cita terbesar Yahudi adalah membangun kembali Bait Suci Yahudi (kuil Sulaiman). Bait Suci Yahudi berfungsi sebagai tempat menyelenggarakan korban darah. Dalam hal inilah dinasti Rothschild berperan dalam pembangunan Bait Suci Yahudi Ketiga atas mandat Illuminati. Illuminati. Fakta-fakta berikut ini juga akan memperlihatkan bagaimana organisasi Iblis. 110 . Fakta bahwa Iblis sedang dalam persiapan-persiapan terakhir untuk peristiwa akhir zaman dimana ia (Dajjal) akan hadir di puncak Gunung Moriah.

Gedung Parlemen dan Gedung Mahkamah Agung berada di garis pendek. Kalau kita berbicara bahwa dajjal adalah pembuat kerusakan di bumi dan al.Ini fakta bukan statement anti-semit95. Ada kemiripan pada hal ini. Seperti yang kita percayai bahwa al. Orang yang menganut anti-semit adalah orang yang anti dengan segala hal yang berurusan dengan bangsa yang menyatakan dirinya sebagai bangsa pilihan Tuhan. Maka antara umat Islam dan Kristiani terdapat kesamaan pandangan antara kejadian yang bakal terjadi sebelum akhir Zaman. yaitu Israel sebagai umat Tuhan dan Israel sebagai alat Iblis (dalam status sebagai pewaris/pemegang otoritas "phisik" dunia). Garis panjang yang memotong garis pendek (membentuk salib) akan berakhir di Rockefeller Museum di utara Gunung Moriah. Gerakan New Age (dunia baru) percaya bahwa garis-garis Ley ini mengandung kekuatan energi listrik dan magnet tertentu yang bersifat mistik. Dimana akan terjadi kerusakan besar dan setelah manusia akan menikmati kedamaian.96 Apa yang sebenarnya dibangun oleh dinasti Rothschild ini di Yerusalem? Kita akan melihat kebenarannya dari fakta-fakta berikut.Masih (Nabi Isa as) akan kembali turun ke bumi untuk membawa manusia kepada kesejahteraan. C. Diabolical ini juga berhubungan dengan hipotesa "Ley Lines". Segala sesuatu mengenai gedung Mahkamah Agung ini berkaitan dengan detail-detail perhitungan matematika yang berunsurkan angka-angka magic yang secara umum disebut "diabolical". yaitu suatu perhitungan garis geografis tertentu yang ditemukan di semua monument dan megalith kuno seperti piramid.Masih adalah pembawa kedamaian. dan ia akan membersihkannya. Kita selalu belajar melihat keberadaan Yahudi dan Israel dari kedua sudut pandang objektif ini. Tarikan garis-garis ini membentuk "anak kunci". The Supreme Court Building (Gedung Mahkamah Agung Israel) Sangat penting bagi kita untuk mengetahui bahwa posisi bangunan-bangunan yang berada di dalam kompleks Knesset ini tersusun dalam garis-garis sejajar berbentuk dua persilangan salib terbalik. Dikatakan 95 96 Anti-semitisme adalah gerakan anti-Yahudi. Begitu yang dipercayai oleh umat Kristiani bahwa Yeshua Hamasiah akan masuk ke Bait suci. Kemudian umat kristiani mempercayai bahwa antikris adalah Iblis yang akan menguasai dunia melalui Bait suci dan Yeshua Hamasiah adalah pembawa kedamaian. tetapi sebelum itu terjadi seluruh pasukan neraka akan menguasai Yerusalem dan dunia. 111 .

97 kitab Yehezkiel pasal 38 dan 39. 112 . Apapun itu. Terletak di kompleks Knesset dekat Holocaust Museum. Di kota-kota besar garis-garis Ley ini ditandai dengan barisan pohon palem atau lainnya. Keberadaan Ley-Lines dapat kita lihat / perkirakan disini. yaitu peran Yerusalem di dalam apa yang disebut "the final battle"97 Berikut ini adalah gambar dan peta Yerusalem dimana terlihat gedung Supreme Court dan gedung Knesset dihubungkan dengan satu garis lurus. jelas menuju kepada suatu bentuk himpunan kekuatan spiritual kegelapan yang sangat besar. dukun-dukun. dan dari sana garis tersebut menuju The Temple Mount melalui wilayah Muslim di kota tua Yerusalem. gedung Supreme Court Israel dibangun dengan metode tersebut. Garis tersebut memanjang membelah kota Yerusalem sampai di Rockefeller Museum. Miniatur kota Yerusalem dengan The Second Jewish Temple di puncak gunung Moriah. dan paranormal selalu memanfaatkan garis-garis Iblis ini.bahwa UFO selalu berjalan di dalam Ley Lines tertentu di bumi sehingga mereka mendapatkan supply energi dan magnet yang tidak terbatas dari bumi. dan di sudut 90 derajat dipertengahan garis tersebut memotong garis tegak lurus membentuk salib. terletak di sebuah jalan bernama Ben Yehuda. Para tukang sihir. tempat dimana pertemuan kedua garis tersebut diperkirakan akan hadir Musa dan Elia (menurut keyakinan kristiani). Penetapan dan perencanaan lokasi secara itu berkaitan erat dengan "sesuatu" yang tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang.

googlemaps.com) D.Peta Yerusalem (Lihat di http://www. Para Pembangun 113 .

waktu bekerja adalah 3 tahun (750 hari). Mereka adalah orang-orang yang sangat ahli dalam ilmu matematika diabolical dan Ley Lines (catatan: para pembangun kuil-kuil berhala harus menguasai keahlian ini).000 batu bangunan yang harus diletakkan dengan tangan dalam posisi-posisi ritual yang penuh arti. Adalah sangat penting bagi para perancang bangunan ini untuk memiliki keahlian seperti itu supaya mereka mampu menyelesaikan bangunannya dalam perhitungan angka-angka religious/spiritual yang tepat di suatu wilayah geografi. Secara utuh bentuk gedung ini menggambarkan T-cross (salib Tau = symbol okultisme bagi dewa-dewa Mesir). dan yang terpilih adalah cucu laki-laki dan cucu perempuan Ben-Zion Guine dari Turkey.000 hari kerja. dan hanya 20 pekerja ditetapkan untuk bekerja setiap hari selama 200. 1200 tumpukan semen. Untuk keseluruhan gedung ada 1000 lembar proyek perencanaan.Para insinyur yang dipilih untuk pekerjaan pembangunan gedung Supreme Court ini ditentukan oleh Dorothy Rothschild. lahir di Tel Aviv tahun 1936. yang bekerja untuk Baron Rothschild. lahir di Yerusalem tahun 1931 dan Ada Karmi Melanede. Mereka adalah Ram Kurmi. 114 . 250.

benda okultis yang dibawa dari Mesir. Dapat dibayangkan bagaimana kekuatan-kekuatan anti agama sedang mempersiapkan sesuatu diujung akhir zaman ini. Disebelah kiri Obelisk (tidak tampak) tersebut ada wujud "the god of the Far East" (Tuhan Timur Jauh). Dibagian atas foto tersebut terdapat lokasi kuburan. dan tidak jauh dari situ disebelah kanan terdapat tugu Obelisk. Semua itu membuat sensasi spiritual tersendiri (atmosfir kegelapan) dimanapun posisi kita di dalam gedung tersebut. suatu simbol yang penuh dengan arti bagi Illuminati dan Freemasonry. Di dalam gedung dan juga diluarnya terdapat beberapa altar Hindu. Lokasi yang membentuk lingkaran di bagian bawah foto bangunan tersebut dilantainya terdapat salib yang diinjak-injak oleh kaki-kaki pengunjung. . sama seperti yang kita lihat di bagian kiri lembaran satu dolar Amerika. . Baik di dalam maupun diluar gedung 115 .PYRAMID dan ALL SEEING EYE Hal pertama yang menarik perhatian kita atas bangunan ini adalah keberadaan piramid dengan mata Iblis di puncaknya (Lambang Illuminati). Lokasi ini di-design sebagai jalan masuk ke bangunan inti.

Keluarga Rothschild membuat beberapa kesepakatan dengan pemerintah Israel sebelum mereka membangun gedung-gedung di kompleks Knesset. 116 . khususnya The Supreme Court. Kesepakatan tersebut antara lain memberikan ijin kepada Rothschild untuk membangun The Supreme Court dengan arsitek sendiri. sebagai pelopor berdirinya bank-bank central di hampir semua Negara Eropa. Satu gedung ini saja menghabiskan waktu pembangunan selama tiga tahun ditambah satu tahun untuk mengerjakan begitu banyak "rahasia" di dalamnya. Rothschild emblem merupakan simbol peringatan dan penghargaan kepada dinasti Rothschild generasi pertama. .atmosfirnya merepresentasikan kehadiran Iblis melalui simbol-simbol dan roh-rohpenguasa-nya. Rothschild dan lima anak laki-lakinya. dan biaya pembangunan seluruhnya ditanggung oleh Rothschilds (tidak seorangpun tahu berapa nilainya). .

tetapi bila kita melihat keruangan diatas tangga cahayanya terang benderang.yerusalem. Yang lainnya adalah keluarga Rothschild yang terlibat dalam pembangunan The Supreme Court. Di bagian kiri foto itu terlihat Teddy Kollek. hal yang pertama kita lihat adalah gambar/foto besar di dinding sebelah kiri. yang katanya membawa manusia dari kegelapan kepada terang dan akan mencapai terang benderang (Illuminati = cahaya pencerahan). 117 .com) Dari tempat inilah kita mulai memasuki gedung utama dalam cahaya penerangan yang redup.blogspot.Memasuki gedung ini. Di ruangan atas tersebut terdapat jendela kaca yang sangat besar dimana kita dapat melihat sebagian kota Yerusalem. di bawah kiri adalah Yitzhak Rabin. disebelah kanan berdiri Shimon Peres. kemudian Lord Rothschild. Ini merupakan penggambaran cahaya Illuminati. (lihat di http://www.

Jelas bagi Rothschild adalah sangat penting membangun gedung secara sempurna sesuai dengan perintah Illuminati. Tiga level teratas ini merupakan "tingkat pembelajaran dan persiapan" freemasonry untuk mencapai kesempurnaan pencerahan Illuminati. sisa batu yang pernah menjadi tembok Bait Suci Yahudi Kedua.Tangga tersebut terdiri dari 10 anak tangga pertama. bahkan sampai hitungan-hitungan rincinya. bila kita telah melalui 30 anak tangga tersebut maka kita akan mencapat tingkat "pencerahan". Total 30 anak tangga. ditandai dengan hadirnya ruangan perpustakaan yang besar yang berisi koleksi berbagai tulisan-tulisan kuno dan tulisantulisan baru yang berharga sangat mahal. Filosofi ritual Illuminati menggambarkan. Semua yang ada di ruangan ini terlihat begitu sempurna sebagai gambaran filosofi Illuminati. Pada tingkat ini kita akan melihat "dunia" melalui "jendela besar". 10 anak tangga kedua. Di dinding yang lain (dibuat dengan arsitektur modern) terdapat enam lampu yang berdiri berjajar yang memiliki arti manusia (angka 6 = angka manusia) yang berjalan meraih pengetahuan untuk sampai kepada pencerahan illuminati. melihat hal-hal yang belum pernah dilihat.32. Di ruangan tersebut juga terdapat "The Old Yerusalem Stone". 30 anak tangga adalah tingkatan-tingkatan/degrees atau jenjang Illuminati untuk sampai pada level 31. 118 . dan 10 anak tangga ketiga. dan tingkat tertinggi 33.

Dinding pintu membentuk kurva sementara dinding selebihnya polos.Kalau kita berjalan belok kiri menuju ke lokasi piramid berada maka di lantainya kita akan melihat garis-garis terbuat dari metal. tepatnya berada di tengah-tengah piramid. salah satu motto Illuminati. si pembawa cahaya. Ada juga arti tersembunyi lain. Terdapat lima ruang sidang utama. Persilangan garis-garis "Ley" berada tepat dibawah piramid. Ada tiga orang Hakim Agung ditempatkan untuk bertugas di setiap ruang sidang utama ini. dan dari sini menuju titik-titik tertentu di lokasi kompleks tersebut dan di bagian kota Yerusalem lainnya. Berdiri dibawah kristal all seeing eye-nya Lucifer. yaitu "zaman yang bebas dari kekacauan". Diatas kursi Hakim ada pyramid ukuran kecil yang berfungsi untuk memberikan "cahaya" 119 . Dari jendela besar di ruangan itu kita bisa melihat kota Yerusalem dan melihat piramid di atas kita. masing-masing dengan pintu masuk bergaya kuburan Yahudi dengan ciri-ciri khas-nya berupa lubang diatas pintu untuk jalan masuk keluar roh-roh. Ada dua pengertian mengenai kurva ini. yang pertama adalah "jalan lurus kepada keadilan" dan arti yang kedua adalah "garis kurva anugerah". Disinilah 13 orang Hakim Agung Israel berdiri untuk menerima "pengetahuan dan kuasa".

dan di dasar tangga tersebut kita akan menemukan simbol rahasia yang selalu ada di setiap struktur Illuminati/Freemasonry yang sering tersembunyi tetapi selalu ada disana. dimana para Hakim Agung Israel duduk diatasnya. Ada air yang mengalir di batu itu yang di klaim sebagai inspirasi dari Mazmur 85:11-12 = "Kasih dan kesetiaan akan bertemu. mezbah yang didirikan oleh kaum Yahudi Qabalis (Kabbala). dan keadilan akan menjenguk dari langit". Mereka turun kebawah (ke ruang sidang) untuk memberi terang pencerahan kepada mereka yang dibawa dari bawah. dimana keberadaan pyramid merupakan keberadaan di ruang maha kudus. Berbagai detail yang kita lihat mengenai gedung Supreme Court ini merupakan gambaran atau representasi dari "Jewish Miskan (evil) Temple". Simbol ini berupa kompas dengan lingkaran dimana terdapat huruf "G" ditengahnya. Kamar kerja para Hakim Agung ada di bagian atas ruang sidang. 120 . keadilan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman. demikian filosofinya. Di halaman ruang sidang ada gambar lukisan batu yang dibawa dari padang pasir dekat Mitzpe Ramon dimana ditemukan batu kawah kepundan terbesar di dunia. Kesetiaan akan tumbuh dari bumi. Bila kita berjalan meninggalkan pusat ruang sidang utama langsung menyeberangi tempat terbuka kita akan menemukan tangga turun naik.kepada para Hakim Agung bilamana mereka duduk mengadili para terdakwa yang dibawa dari ruang-ruang sel di bagian bawah gedung.

ada ratusan detail yang menunjuk langsung kepada Gerakan rahasia dengan rencana-rencana nya atas kehidupan manusia yang dinyatakan melalui simbol atau filosofinya. Tidak ada keragu-raguan bagi kita. sedikitnya kita sekarang telah diterangi oleh pengetahuan yang signifikan berdasarkan fakta mengenai keberadaan Gedung Mahkamah Agung Israel di Yerusalem. sebelum Nabi Isa datang kembali untuk menegakkan Kerajaannya dan memerintah bumi dalam naungan Islam. Itu bukan sekedar bangunan biasa. ini adalah sebuah pengetahuan. Kita mengerti bahwa segala bentuk persiapan yang dinyatakannya adalah suatu bentuk pekerjaan untuk mempersiapkan kemunculan seorang penguasa tunggal atas dunia.Dari semua yang telah dijabarkan diatas. Jangan heran bahwa pengetahuan seperti ini akan diterima oleh beberapa orang tetapi mungkin akan ditolak oleh yang lain yang tidak mengerti. Bagi kita semua pengetahuan ini akan menjadikan segala tindakan profetik kita di Pusat Bumi berjalan dengan efektif karena rahasia kerajaan kegelapan telah kita abaikan. 121 . untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan tindakan-tindakan profetik sesuai dengan Visi Global Dajjal (Konpirasi Global). Misi profetik kita mendatang akan juga berurusan lokasi di kompleks Knesset ini dengan tugas "menahan" kekuatan musuh untuk tetap berada dalam batasny dan meminimize aktivitas mereka atas umat manusia. yang bagi banyak orang Israel akan dianggap sebagai Mesias yang mereka nantikan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->