P. 1
SUMBER DAYA ALAM

SUMBER DAYA ALAM

|Views: 225|Likes:
Published by irlanmalix

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: irlanmalix on Oct 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2015

pdf

text

original

SUMBER DAYA ALAM

KERUSAKAN HUTAN MANGROVE

Pendahuluan
• Kerusakan Hutan Mangrove Sangat
berpengaruh dengan ekosistem yang ada di laut. Hutan mangrove atau hutan bakau berperan penting bagi kehidupan di laut, sebagai contoh untuk penyerapan air saat terjadi laut pasang, untuk penahan saat terjadi Tsunami, Serta tempat bersinggahnya ikan. Maka sangat pentingnya kita menjaga hutan mangrove ini agar tidak terjadi kerusakan ekosistem di laut bahkan bencana alam.

Rusaknya Hutan Mangrov Di Kawasan Pantura

Kerusakan hutan mangrove di Pulau Jawa masih lebih sulit direhabilitasi dibandingkan merehabilitasi hutan gundul di kawasan daratan. Salah satu kawasan hutan mangrove di Pulau Jawa yang mengalami kerusakan cukup luas dan sulit direhabilitasi selama 10 tahun belakangan ini, berada di kawasan pantai utara Jawa Barat. Jadi kita lestarikan agar tida terjadi hal yang tidak kita inginkan.  Kerusakan hutan mangrove di kawasan pantura Jawa Barat, mencapai 12.000 hektar dari sekitar 14.000 hektar yang ada. Itu sudah berlangsung puluhan tahun, dan sulit untuk direhabilitasi. Selama ini, kawasan hutan itu digunakan oleh rakyat sebagai tambak,

Manfaat Hutan Mangrove

Menumbuhkan pulau dan menstabilkan pantai Salah satu peran dan sekaligus manfaat ekosistem mangrove, adalah adanya sistem perakaran mangrove yang kompleks dan rapat, lebat dapat memerangkap sisa-sia bahan organik dan endapan yang terbawa air laut dari bagian daratan. Menjernihkan air Akar pernafasan (akar pasak) dari apiapi dan tancang bukan hanya berfungsi untuk pernafasan tanaman saja. Bahan Makanan Daunnya banyak mengandung protein. Bahan Bangunan Batang pohon mangrove banyak dijadikan bahan bakar baik sebagai kayu bakar atau dibuat dalam bentuk arang untuk kebutuhan rumah tangga dan industri kecil.

• •

Cara Menanggulangi kerusakan Hutan Mangrove
• Dengan cara menanam
kembali bibit pohon yang berada di daerah payau ini contoh sebagai pohin api api,satu pohon saja sudah menyelamaykan puluhan biota air baik yang berada di perairan payau maupun perairan asin. Maka kita harus menyelamatkan hutan mangrove. Demi kelangsungan suatu kehidupan.

KESIMPULAN
Pentingnya kita menjaga alam ini karna agar dapat kita mamfaatkan dengan baik. Mari kita jaga kelangsungan hidup di alam ini. Dan mamfaatkan sumber daya alam yang ada.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->