BAB I PENAHULUAN

A. Latar Belakang setiap mahasiswa yang menuntut ilmu di perguruan tinggi dipersyaratkan membuat tugas akhir berupa karya tulis ilmiah. Kita semua tahu untuk mahasiswa program pascasarjana strata dua (S-2) dipersyaratkan membuat tesis untuk mendapat gelar magister, sementara program strata tiga (S-3) dipersyaratkan membuat disertasi untuk mendapatkan gelar doktor. Pendekatan ilmiah pada dasarnya berisi pengumpulan fakta atau data, penganalisisan, dan penafsiran data, serta penarikan kesimpulan. Secara lebih rinci pendekatan ilmiah mencakup langkah-langkah sebagai berikut: 1. Menemukan masalah 2. Mengemukakan fakta adanya masalah 3. Mengembangkan hipotesis atau penentuan fokus 4. Mengumpulkan data 5. Melakukan analisis dan menafsirkan data 6. Menarik kesimpulan, dan 7. Melakukan generalisasi bila diperlukan Suatu metode studi melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut (Hilway, 1956). Penelitian meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, merumuskan hipotesis atau jawaban sementara, membuat kesimpulan dan sekurangkurangnya mengadakan pengujian yang hati-hati atas semua kesimpulan untuk menentukan kecocokan dengan hipotesis. (Woody,1927) Pencarian atas sesuatu (inquiry) secara sistematis terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan. (Parson, 1946)

1

artinya mulai awal sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah ditentukan. Penelitian menurut penggunaan hasil B. 3. Mengikuti konsep ilmiah. Penelitian menurut jenis data dan analisis 2 .Penelitian merupakan salah satu penunjang dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Ada tiga syarat penting yang harus diperhatikan dalam melakukan penelitian. Dalam makalah ini kami akan membahas atau menjelaskan tentang jenis-jenis penelitian menurut: A. tanpa adanya penelitian ilmu pengetahuan tidak akan bertambah maju. yaitu: 1. Berencana. artinya dilaksanakan menurut pola tertentu dari yang paling sederhana sampai kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien. 2. yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Sistematis. Penelitian menurut tempatnya D. Penelitian menurut disiplin atau bidang ilmu E. Penelitian menurut metode C. artinya dilaksanakan dengan adanya unsur kesengajaan dan sebelumnya sudah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya. dan F. Penelitian menurut tingkatan explanasinya.

Penelitian survey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil. 3 . Penelitian menurut penggunaan 1. meningkatkan efektivitas dan efesiensi B. Artinya kegunaan hasil penelitian itu tidak segera dipakai namun dalam waktu jangka panjang juga akan terpakai.BAB II PEMBAHASAN A. Misalnya penelitian untuk menunjang kegiatan pembangunan yang sedang berjalan. Penelitian dasar atau penelitian murni ( pure research ) adalah setiap penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah atau untuk menemukan bidang penelitian baru tanpa suatu tujuan praktis tertentu. penelitian untuk melandasi kebijakan pengambilan keputusan atau administrator. Penelitian menurut metode 1. kualitas SDM masyarakat Indonesia. Penelitian dasar ini dilandasi oleh beberapa tujuan diantarany Menjawab rasa ingin tahu Dalam rangka mengembangkan ilmu Tidak langsung mempunyai kegunaan praktis 2. dan hubungan-hubungan antar variable. memperbaiki praktek-praktek yang ada. Contoh: penelitian untuk mengungkapkan kecenderungan masyarakat dalam memilih pemimpin nasional dan daerah. Penelitian terapan ( applied reaserch ) Penelitian terapan adalah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah dengan suatu tujuan praktis. Dilihat dari segi tujuannya. sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif. distribusi. Berarti hasilnya diharapkan segera dapat dipakai untuk keperluan praktis. penelitian terapan berkepentingan dengan penemuanpenemuan yang berkenan dengan aplikasi dan sesuatu konsep-konsep teoritis tertentu. tetap[I data yang dipelajari adalah data dari sample yang diambil dari populasi tersebut.

Tredapat empat bentuk metode eksperimen yaitu pre experimental. dan quai experimental. Penelitian eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variable tertentu terhadap variable yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Contoh: penelitian proses pelaksanaan suatu peraturan atau kebijakan. atau analisis terhadap masalah-masalah social yang mendasar. Contoh: penelitian untuk mengungkapakn makna upacara ritual dari kelompok masyarakat tertentu. Action research aadalah penelitian yang bertujuan untu mengembangkan metode kerja yang paling efisien. penelitian untuk menemukan factor-faktor yang menyebabkan terjadinya korupsi. Penelitian Ex post facto adalah suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliyi peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut kebelakang untuk mengetahui factor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut. sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produktivitas lembaga dapat meningkat. 3. Policy research (penelitian kebijaksanaan) adalah suatu proses penelitian yang dilakukaan pada. Contoh: penelitian untuk mengungkapakn sebab-sebab terjadinya kebakaran gedung di suatu lembaga pemerintah.2. 4 . Contoh: penelitian untuk membuat undang-undang atau peraturan tertentu. factorial. Penelitian naturalistic sering juga disebut metode kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah. 4. penelitian untuk mengungkapakan sebabsebab terjadinya kerusuhan di suatu daerah. Contoh: penelitian penerapan metode kerja baru terhadap produktifitas kerja. penelitian mencari metode mengajar yang baik. 6. penelitian pengaruh mobil berpenumpang tiga terhadap kemacetan lalu lintas. penelitian untuk pengembangan struktur organisasi. Contoh: penelitian untuk memperbaiki prosedur dan metode kerja dalam pelayanan masyarakat. kegiatan dan product. penelitian keluarga berencana. true experimental. 7. sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertindak dalam menyelesaikan masalah. 5. Penelitian evaluasi adalah penelitian yang berfungsi untuk menjelaska fenomena suatu kejadian.

penelitian dilakukan di lokasi objek wisata dan lain-lain. danlingkungan yang lebih besa 2. Penelitian Laboraturium 2. Social science ( ilmu pengetahuan sosial) Penelitian sosial adalah istilah yang digunakan terhadap penyelidikan- penyeldikan yang dirancang untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan sosial. Penelitian Lapangan Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan di lapangan terbuka secara umum. atau penelitian dilakukan di pasar tradisional. Penelitian laboraturium adalah penelitian yang dilakukan di ruangan tertentu (laboraturium) untuk melelakukan uji coba atau riset tertentu 3. institusi (sekolah. biasa juga disebut studi kepustakaan karena objek pengkajiannya di perpustakaan D. komunitas. Istilah sosial ini menunujuk pada hubungan-hubungan antara. misalnya penelitian dilakukan di masyarakat pesisir. dan di antara. organisasi. gejala sosial. Penelitian sejarah adalah penelitian yang berkenaan dengan analisis yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu. 9. Penelitian menurut tempatnya 1. orang-orang. dan sebagainya).8. Penelitian Perpustakaan Penelitian perpustakaan adalah penelitian yang dilakukan di ruang perpustakaan. atau praktik-praktik sosial. Jadi pada intinya penelitian lapangan inti tidak dibatasi oleh ruang dan waktu 4. penelitian untuk mengetahui perkembangan peradaban kelompok masyarakat tertentu. Penelitian menurut disiplin atau bidang ilmu Secara garis besar penelitian menurut bidang ilmu yang dikaji diantaranya adalah : 1. C. Natural science (ilmu pengetahuan alam) Penelitian natural science adalah istilah yang digunakan terhadap penyelidikanpenyeldikan yang dirancang untuk menambah khazanah yang berkaitan dengan 5 . kelompokkelompok seperti keluarga. Contih: penelitian untuk mengetahui kapan berdirinya kota tertentu yang dapat digunakan untuk menentukan hari ulang tahun.

gejala-gejala alam. zat-zat dan lainya. F. mengevaluasi. dapat dilihat pada tabel berikut: Metode Penelitian Penelitian Historis Tujuan Ciri-ciri  Lebih tergantung pada data yang Membuat rekonstruksi masa diobservasi orang lain. 3. 3. adakah perbedaan kemampuan kerja antara lulusan SMK dengan SMU. Penelitian komparatif adalah suatu penelitian yang bersifat membandingkan. Contoh: adakah hubungan antara datangnya kupu-kupu dengan tamu. metode penelitian dapat digolongkan menjadi sembilan.  Dilakukan kritik eksternal dan internal memverifikasi serta untuk menentukan bobot data. mensistensikan bukti-bukti untuk  Mirip penelaahan kepustakaan menegakkan fakta. tumbuhan. Engineering (teknik) E. lampau secara sistematis dan  Harus tertib. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variable mandiri. dan 1. objektif dengan cara  Menggunakan data primer dan sekunder. Contoh: penelitian yang berusaha menjawab bagaimanakah profil presiden Indonesia. Penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variable atau lebih. 2. Contoh: adakah perbedaan profil presiden Indonesia dari waktu ke waktu. adakah pengaruh insentif terhadap prestasi kerja pegawai. ruang angkasa. Penelitian menurut sifat masalahnya Berdasarkan sifat-sifat masalahnya. baik satu variable atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan.  Definisikan masalah   Rumuskan tujuan penelitian Kumpulkan data 6 . atau menghubungkan antara varibel yang satu dengan yang lain. Penelitian menurut tingkatan explanasinya. sistematis dan tuntas. mengumpulkan. ketat. bagaimanakah etos kerja dan prestasi kerja para karyawan di departemen x. benda-benda. hewan.

Penelitian mendalam mengenai unit sosial yang hasilnya merupakan gambaran lengkap tentang unit tersebut Meneliti jumlah unit yang kecil tetapi mengenai variabel-variabel dan kondisi yang besar jumlahnya  Penelitian korelasional Untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor  berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien  korelasi       Dilakukan untuk variabel yang diteliti rumit Memungkinkan pengukuran beberapa variabel dan saling hubungannya secara serentak Apa yang diperoleh adalah taraf atau tinggi rendahnya hubungan atau tidak adanya hubungan. Definisikan masalah Lakukan penelaahan kepustakaan Rancang cara pendekatannya Kumpulkan data Analisis data Tuliskan laporannya 7 .      Memusatkan pada studi mengenai Penelitian Untuk menyelidiki pola dan variabel-variabeldan perkembangannya Perkembanga perurutan pertumbuhan dan atau selama beberapa bulan atau tahun n perubahan sebagai fungsi waktu  Definisikan masalahnya  Lakukan penelaahan kepustakaan  Rancangan cara pendekatan  Kumpulkan data  Evaluasi data yang terkumpul  Susun laporan mengenai evaluasi itu  Penelitian Kasus dan Penelitian Lapangan Untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi  lingkungan sesuatu unit sosial. menguji hipotesis dan membuat ramalan Mencari informasi tentang gejala yang ada Definisikan dengan jelas tujuan yang akan dicapai Rencanakan cara pendekatannya Kumpulkan data Laporan Penelitian Deskriptif Membuat pencandraan secara sistematis. faktual dan akurat  mengenai fakta-fakta dan sifatsifat populasi.   Evaluasi data Tuliskan laporan Tidak perlu mencari hubungan.

 Penelitian Tindakan Mengembangkan keterampilanketerampilan baru atau cara  pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung didunia  kerja     Praktis dan relevan untuk situasi aktual dalam dunia kerja Menyediakan rangka kerja yang teratur untuk pemecahan masalah dan perkembangan-perkembangan baru Fleksibel dan adaptif Definisikan masalah Lakukan penelaahan kepustakaan Rumusan hipotesis atau strategi pendekatan Aturlah research setting 8 . artinya data Untuk menyelidiki kemungkinan dikumpulkan setelah semua kejadian hubungan sebab akibat dengan yang dipersoalkan berlangsung cara berdasar atas pengamatan Definisikan masalah terhadap akibat yang ada mencari  Lakukan penelaahan kembali faktor yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu  Penelitian Untuk menyelidiki kemungkinan Eksperimental saling hubungan sebab akibat  -Sungguhan dengan cara mengenalkan kepada satu atau lebih kelompok  eksperimental satu atau lebih  kondisi perlakuan dan  memperbandingkan hasilnya  dengan satu atau lebih kelompokn kontrol yang tidak  dikenai kondisi perlakuan     Memusatkan usaha pada pengontrolan varians Tujuannya untuk internal dan eksternal validity Lakukan survei kepustakaan Identifikasi dan definisi masalah Rumuskan hipotesis Definisikan pengertian dasar dan variabel utama Susun rencana eksperimen Laksanakan eksprimen Atur data kasar Terapkan test signifikasi Buat interpretasi mengenai hasil testing dan susun laporannya. Secara khas mengenai keadaan praktis Mempunyai perbedaan yang kecil dengan penelitian eksperimen sungguhan Sama dengan penelitian eksperimen sungguhan  Penelitian Untuk memperoleh informasi  Eksperimental yang merupakan perkiraan bagi Semu informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang  diperoleh dengan eksperimen yang sebenarnya dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengontrol dan atau memanipulasi semua variabel yang relevan.Penelitian KausalKomparatif  Bersifat ex post facto.

fungsionalisasi organisasi. dan atau perilaku yang dapat diamati dari suatu individu. dan atau organisasi tertentu dalam suatu setting konteks tertentu yangdikaji dari sudut pandang yang utuh. Menurut Strauss dan Corbin (1997: 11-13). skema. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data kuantitatif (data yang berbentuk angka atau data yang diangkakan. Salah satu alasan menggunakan pendekatan kualitatif adalah pengalaman para penelitidimana metode ini dapat digunakan untuk menemukan dan memahami apa yang tersembunyidibalik fenomena yang kadangkala merupakan sesuatu yang sulit untuk dipahami secaramemuaskan. masyarakat. Penelitian menurut jenis data dan analisis 1. komprehensif. tingkah laku. Penelitian kualitatif adalah peneltian yang menggunakan data kualitatif (data yang berbentuk data. tulisan. sejarah. kalimat. danlain-lain. yang dimaksud dengan penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai (diperoleh)dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantifikasi(pengukuran).   Tentukan kriteria evaluasi Analisis data yang terkumpul Tuliskan laporan G. aktivitas sosial.Bogdan dan Taylor (1992: 21-22) menjelaskan bahwa penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yng menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilakuorang-orang yang diamati.kelompok. Penelitian kualitatif secara umum dapat digunakan untuk penelitian tentangkehidupan masyarakat. Penelitian kuantitatif 9 . dan gambar) Penelitian kualitatif ini lebih diarahkan kepada deskriptif suatu objek yang akan diteliti tampa melakukan uji tertentu dan biasanya penelitian kualitatif ini juga tidak diharuskan menggunakan hipotesis. dan holistik 2. Pendekatan kualitatif diharapkan mampu menghasil kan uraian yangmendalam tentang ucapan.

deskripsi. survei. Tujuan Penelitian Kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis. rinci. untuk menyajikan suatu fakta atau mendeskripsikan statistik. Penelitian kuantitatif banyak digunakan untuk menguji suatu teori. Istilah penelitai kuantitatif sering digunakandalam ilmu-ilmu sosialuntuk membedakannya dengan penelitian kuantitatif. Pada penelitian kualitatif. mengembangkan pemahaman atau mendeskripsikan banyak hal. prosedur yang spesifik. Metode yang sering digunakan adalah experimental. dan biasanya tidak menyajikan rumusan hipotesis. Craig (1985) merumuskan langkah-langkah penelitian ilmiah: Identifikasi masalah Merumuskan hipotesis Mendefinisikan istilah Melakukan penelitian atau observasi lapangan Analisis data Menarik kesimpulan 10 . proposalnya lebih singkat dan tidak banyak kajian literatur. dan ada pula yang bersifat mengembangkan konsep.Penelitian Kuantitatif adalah penelitian yang ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagain dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Penelitian kuantitatif menyajikan proposal yang bersifat lengkap. pendekatan dijabarkan secara umum. literatur yang lengkap dan hipotesis yang dirumuskan dengan jelas. teori-teori dan hipotesis yang dikaitkan denganfenomena alam. Pendekatan ini juga digunakan sebagai cara untuk meneliti beraspek dari pendidikan. baik itu dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu social. dan menemukan korelasional. untuk menunjukkan hubungan antarvariabel.

Penelitian menurut disiplin atau bidang ilmu  Social science  Natural  Engineering e. Penelitian menurut tempatnya  Penelitian Laboraturium  Penelitian Lapangan  Penelitian Perpustakaan d. a. dan  Penelitian deskriptif  Penelitian komparatif 11 . Penelitian menurut metode  Penelitian survey  Penelitian Ex post facto  Penelitian eksperimen  Penelitian naturalistic  Policy research  Action research  Penelitian evaluasi  Penelitian sejarah  Contih: c.BAB III PENUTUP Berdasarkan paparan pembahasan di atas. Penelitian menurut penggunaan Penelitian dasar Penelitian terapan ( applied reaserch ) b. Penelitian menurut tingkatan explanasinya. kita dapat mengambil beberapa kesimpulan yang berkaitan dengan jenis-jenis penelitian.

 Penelitian asosiatif f. Penelitian menurut jenis data dan analisis  Penelitian kualitatif  Penelitian kuantitatif 12 .

com/2011/02/01/metode-penelitian-macam-penelitian/ Sumber: http://id.com/metodologi-penelitian/macam-macam-metodepenelitian.4skripsi.masbied.com/doc/40222401/Pengertian-Penelitian-Kualitatif 13 .shvoong.scribd.html#axzz1nenyrvU0 http://www.com/social-sciences/education/2023657-pengertian-penelitiankuantitatif/#ixzz1nih9G3MC http://www.DAFTAR PUSTAKA http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful