Teori Asal Mula Manusia menurut Charles Darwin

sebetulnya kita ummat islam tau klo asal mula manusia itu dari Nabi Adam As. cuma karena untuk melengkapi makalah di kampus,, jadi ya gitu deh ....buatlah pernyataan teori darwin, tapi yang pelu diketahui 'itikad (iman) kita tetap manusia asalnya dari Nabi Adam As. yang di jadikan oleh ALLAH SWT dari tanah,, oke, . Pernyataan Darwin mendukung bahwa manusia modern berevolusi dari sejenis makhluk yang mirip kera. Selama proses evolusi tanpa bukti ini, yang diduga telah dimulai dari 5 atau 6 juta tahun yang lalu, dinyatakan bahwa terdapat beberapa bentuk peralihan antara manusia moderen dan nenek moyangnya. Menurut skenario yang sungguh dibuatbuat ini, ditetapkanlah empat kelompok dasar sebagai berikut:

1. 2. 3. 4.

Australophithecines :proses terjadinya manusia Homo habilis Homo erectus Homo sapiens Genus yang dianggap sebagai nenek moyang manusia yang mirip kera tersebut oleh evolusionis digolongkan sebagai Australopithecus, yang berarti "kera dari selatan".Australophitecus, yang tidak lain adalah jenis kera purba yang telah punah, ditemukan dalam berbagai bentuk. Beberapa dari mereka lebih besar dan kuat dan tegap, sementara yang lain lebih kecil dan rapuh dan lemah. Dengan menjabarkan hubungan dalam rantai tersebut sebagai "Australopithecus > Homo Habilis > Homo erectus >Homo sapiens," evolusionis secara tidak langsung menyatakan bahwa setiap jenis ini adalah nenek moyang jenis selanjutnya.

· Teori yang paling popular diperkatakan berhubung kejadian manusia adalah teori evolusi Charles Darwin. Teori ini diasaskan oleh seorang pakar biologi dari England yang bernama Charles Robert Darwin (1809-1882 Masihi). Beliau menegaskan, kesemua makhluk hidup,

i

Senate Press. penipuan demi penipuan dilakukan oleh ahli . Di dalam bukunya yang bertajuk The Origin of Species beliau berkata: "Jika makhluk .ahli sains tertentu. London. akhirnya lahirlah makhluk yang kompleks yang bernama manusia. kita pasti bertemu dengan banyak makhluk yang berbentuk separuh binatang separuh manusia. separuh binatang laut dan separuh binatang darat serta separuh burung dan separuh haiwan biasa kerana teori evolusi menuntut kewujudan makhluk . Keturunan yang awal ini kemudiannya berubah dari satu tahap ke tahap yang lain demi menyesuaikan diri dengan keadaan dan persekitaran yang sentiasa berubah. 1995) Bagi membuktikan kewujudan spesies pertengahan ini. Sebagai contoh pada tahun 1912 ii .perubahan itu yang memakan masa jutaan tahun.sama ada manusia ataupun haiwan. Hasil daripada perubahan . Namun hingga ke hari ini makhluk seumpama itu tidak ditemui sehingga ke suatu masa Darwin sendiri meragui teorinya.makhluk berubah dari satu spesies ke spesies yang lain. mengapa tidak ditemui spesies yang pertengahan itu (transitional forms)? Mengapa kehidupan wujud dalam keadaan teratur dan tidak kelam . berasal daripada keturunan yang sama (common ancestor).kabut? Mengapa makhluk penghubung antara satu spesies dengan spesies yang lain tidak wujud? Perkara inilah yang memeningkan kepalaku selama ini!" Kenyataan ini dilaporkan dalam The Origin of Species by Means of Natural Selection or the Preservation of Favoured Species in the Struggle for Life (Charles Darwin. Beliau mengutarakan pendapatnya di dalam bukunya yang bertajuk The Origin of Species by Means of Natural Selection pada tahun 1859.makhluk ini sebagai bukti berkenaan kebenarannya. Sekiranya teori ini benar.

beliau menegaskan" iii . Adakah pandangan ini dianggap logik? Pada hari ini pakar . Hal ini dilaporkan dalam artikel bertajuk Smith Woodward's Folly oleh Stephen Jay Gould dalam majalah New Scientist. ISBN: 1880582244.. oleh seorang ahli sains yang bernama Charles Dawson. Kuasa penentu dalam proses evolusi ini adalah natural selection atau 'kuasa semula jadi'.kurun lamanya sehingga akhirnya ia bertukar menjadi gen manusia yang melahirkan manusia. Tulang . andai kata teori ini digunapakai. Secara dasarnya teori Darwin menafikan kewujudan Tuhan. Selepas beberapa ujian dilakukan akhirnya pada tahun 1953 didedahkan bahawa tulang rahang itu diambil daripada seekor orang hutan yang baru meninggal dunia dan tempurung otaknya adalah tempurung otak manusia yang sebenar. sebagai contoh Dr. Justeru.pakar sains mula mempertikaikan pandangan ini.hidupan perlu berubah secara berperingkat . Justeru pengasas teori komunisme. Lee Spetner. Di dalam buku beliau yang bertajuk Not by Chance: Shattering the Modern Theory of Evolution (Judaica Press. mengkaji proses mutasi di peringkat molekul selama bertahun . evolusi atau perubahan seekor ikan di zaman dahulu kepada manusia bermula dengan proses mutasi yang berlaku ke atas gen ikan berkurun . England.tulang ini ditemui di Piltdown. 5 April 1979. hidup . Beliau yang mengajar di Universiti Johns Hopkins dan Institut Weizman. Hal ini dinyatakan oleh Harun Yahya di dalam bukunya yang bertajuk Evolution Deceit (Ta-Ha Publishers Ltd.peringkat melalui proses mutasi (perubahan yang rawak dan spontan). 1998). 1999) Sebenarnya untuk teori Darwin menjadi kenyataan. Ia dikatakan makhluk daripada spesies pertengahan antara binatang dengan manusia.tahun lamanya. Karl Marx mengagumi Charles Darwin sehinggakan di dalam bukunya Das Kapital beliau menganggap dirinya pengikut setia Charles Darwin. Mutasi dalah proses perubahan yang berlaku ke atas sesuatu sel disebabkan perubahan yang berlaku ke atas sistem genetiknya. UK.diisytiharkan penemuan tulang rahang dan tempurung otak makhluk yang digelar sebagai Piltdown Man.

satu angka yang sangat besar) yang boleh berlaku. ikan tak mungkin dapat bertukar menjadi makhluk yang lebih mantap bernam manusia." Dalam bahasa mudah ia bermaksud mutasi menyebabkan kecacatan dan bukannya kemantapan. Untuk asid . Sekiranya ini adalah kepercayaan Darwin. Justeru. teori evolusi adalah satu teori dangkal yang tidak dapat diterima oleh sains.W. Justeru. iv . bagaimana sel pertama wujud? Bagaimana sel ini mampu berkembang dengan sendirinya menjadi makhluk yang pertama? Bagaimana is menyusun protein . teori Darwin dalah satu teori yang tidak berasas di sudut sains. untuk kesemua proses ini berlaku secara kebetulan ia adalah sesuatu yang mustahil.mata dengan menggunakan teori ini.. Teori Darwin membuang kuasa Tuhan dan meggantikannya dengan 'Kuasa Kebetulan' atau 'Kuasa Semula Jadi'. diikuti dengan 260 angka 0. Daripada kemungkinan yang begitu banyak ini bagaimana asid asid amino menentukan pilihannya dengan tepat sehingga akhirnya dapat melahirkan bukan hanya satu protein malah pelbagai jenis protein yang tahu pula cara berinteraksi dengan tepat dan memilih suasana dengan tepat bagi melahirkan satu jenis hidupan? Justeru bagi Sir Francis Crick. Sebagai contoh. terdapat 10 kuasa 260 kemungkinan (iaitu 1. 1982) beliau memberikan satu contoh yang berkaitan dengan kejadian protein."Proses mutasi mengurang dan bukan menambah maklumat genetik. seorang saintis yang pernah dianugerahkan hadiah Nobel kerana menemui struktur DNA. Di dalam bukunya yang bertajuk Life Itself: Its origin and Nature (New York. W.protein dengan cara yang begitu teratur hingga mampu melahirkan makhluk yang kompleks? Mengikut Sir Francis Crick.Norton.asid amino bercantum untk mengikut urutan yang betul demi melahirkan hanya satu protein. justeru timbul pelbagai persoalan besar yang sukar dijawab semata .

berarti "kera dari selatan. A. yang tidak lain adalah jenis kera purba yang telah punah. Diperkirakan makhluk ini pertama kali muncul di Afrika sekitar 4 juta tahun yang lalu." Australophitecus. Australopithecus Kelompok pertama. Proses Terjadinya Manusia menurut IPTEK Proses terjadinya manusia menurut IPTEK yaitu diungkapkan oleh Teori Darwin bahwa manusia moderen berevolusi dari sejenis makhluk yang mirip kera. yang diduga telah dimulai dari 5 atau 6 juta tahun yang lalu. Beberapa dari mereka lebih besar dan kuat ("tegap"). Homo sapiens Genus yang dianggap sebagai nenek moyang manusia yang mirip kera tersebut oleh evolusionis digolongkan sebagai Australopithecus.PROSES MANUSIA Proses Terjadinya Manusia TERJADINYA Asal usul terjadinya manusia terdapat dua pendapat yaitu menurut IPTEK dan menurut kepercayaan masing. Homo Neanderthal 6. ditetapkanlah empat kelompok dasar sebagai berikut: 1. Selama proses evolusi tanpa bukti ini. ditemukan dalam berbagai bentuk. Menurut skenario yang sungguh dibuat-buat ini. sementara yang lain lebih kecil dan rapuh ("lemah") 1. Homo habilis 3. Homo erectus 5. Homo rudolfensis 4. yang berarti "kera dari selatan. genus Australopithecus. dan hidup hingga 1 juta tahun v . dinyatakan bahwa terdapat beberapa bentuk peralihan antara manusia moderen dan nenek moyangnya." seperti yang telah kita katakan. Australophithecines (berbagai bentuk yang termasuk dalam genus Australophitecus) 2.

Sebagaimana yang tersirat dari nama genusnya. Evolusionis beranggapan bahwa spesies Australopithecus tertua adalah A. dan kemudian A. evolusi internal dari genus Homo adalah sebagai berikut: Pertama Homo erectus. Oleh karena itu. bentuk peralihan. africanus. bahkan menurut teori evolusionis sekalipun. beberapa peneliti menganggapnya sebagai spesies lain. Khusus untuk A. Spesies yang dianggap sebagai perwujudan fosil ini disebut sebgai Homo rudolfensis karena potongan fosil ini ditemukan di sekitar danau Rudolf di Kenya. tetapi makhluk yang disebut Homo rudolfensis ini pada dasarnya tidak bisa dibedakan dari Homo habilis. adalah tidak mungkin. Kapasitas tengkoraknya dua kali lebih besar daripada Australopithecus. Homo erectus muncul setelah Australopithecus. yang rangkanya tidak berbeda dengan manusia moderen. serta ditolaknya pernyataan bahwa makhluk ini berjalan tegak. Homo erectus adalah spesies manusia. kemudian apa yang disebut sebagai Homo sapiens "kuno" dan manusia Neanderthal (Homo sapiens neanderthalensis). Homo Neanderthal vi . dan kerangkanya tegak. Setelah itu muncul A. Homo erectus Menurut skema ‘indah’ yang diajukan oleh evolusionis. dan akhirnya manusia Cro-Magnon (Homo sapiens sapiens). 2. 3. afarensis. ke Homo erectus. Gagasan mengenai Homo habilis muncul dari kebutuhan ini. Perbedaan antara mereka tidak lebih besar daripada perbedaan antara suku Inuit dengan suku Afrika. atau suku pygmi dengan orang Eropa. yang memiliki tulang relatif lebih besar. sesuai dengan skema evolusi rekaan. Alasannya adalah. telah menyebabkan kesulitan besar bagi ahli paleoanthroppologi evolusi. Akan tetapi semua pengelompokan ini sebenarnya hanyalah variasi dan ras-ras yang khas dalan keluarga manusia. Kebanyakan ahli paleontologi setuju bahwa fosil ini bukanlah milik spesies yang berbeda. sementara yang lainnya sebagai sub-spesies dari A. Boisei. robustus. Homo rudolfensis Istilah Homo rudolfensis adalah nama yang diberikan untuk beberapa potongan kecil fosil yang tergali di tahun 1972. Homo habilis Kemiripan besar antara rangka dan struktur tengkorak dari australopithecine dan simpanse. dibutuhkan "penghubung"—yaitu. Terdapat banyak spesies yang berlainan di antara Australopithecine. Homo (berarti "manusia"). Robustus. Peralihan langsung dari Australopithecus. kera yang mirip dengan simpanse.yang lalu.

penduduk asli Australia juga memiliki alis mata tebal yang menonjol. dengan tenang tetapi cepat sekitar 35. Satu-satunya perbedaan mereka dari manusia moderen adalah bahwa rangka mereka lebih tegak dan kapasitas tengkorak mereka sedikit lebih besar.000 tahun yang lalu di Eropa. dan kapasitas tengkorak yang sedikit lebih kecil. Beberapa peneliti bahkan menyatakan bahwa wakil dari ras ini masih hidup saat ini. Homo Sapiens Homo sapien kuno adalah tahapan terakhir sebelum manusia masa kini dalam skema evolusi rekaan. maka sudah sepantasnya kita mengakui bahwa Al Qur’an adalah satusatunya literatur yang paling benar dan bersifat global bagi ilmu pengetahu vii . dan kemudian menghilang. B. Proses Terjadinya Manusia Menurut Kepercayaan Masing-masing Asal Usul Manusia menurut Islam mengakui dan meyakini rukun iman yang enam. evolusionis tidak bisa berkata banyak tentang fosil-fosil ini karena terdapat hanya sedikit sekali perbedaan antara mereka dan manusia moderen. Kenyataannya.Neanderthal (Homo neanderthalensis) adalah manusia yang secara tiba-tiba muncul 100. struktur rahang bawah yang melengkung ke dalam. dan menunjuk penduduk asli Australia sebagai contohnya. Seperti Homo sapiens (kuno).000 tahun yang lalu. atau terasimilasi dengan ras yang lain.