P. 1
Proposal an Bantuan Dana

Proposal an Bantuan Dana

|Views: 1,149|Likes:
Published by yona_banjar

More info:

Published by: yona_banjar on Oct 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA INDONESIA- MALAYSIA YOUTH EXCHANGE 2009 (IMYEP 2009

) JULI S/D AGUSTUS 2009
A. Pendahuluan. Pemuda adalah elemen bangsa yang menjadi tolak ukur peradaban sebuah bangsa. Karena ditangan generasi muda-lah masa depan bangsa dan Negara diletakkan. Maju atau mundurnya sebuah peradaban juga terletak ditangan para generasi muda oleh karenanya diperlukan generasi muda yang tangguh, perduli dengan lingkungan sekitar dan memiliki kepekaan akan kearifan lokal yang terkesampingakn untuk membangun sebuah peradaban yang lebih baik. Disamping hal tersebut, kemampuan interaksi dengan bangsa atau kebudayaan lain juga berperan dalam rangka memajukan sebuah kebudayaan. Tanpa adanya komunikasi yang baik satu bangsa dengan yang lain, maka hal ini hanya akan menjadi suatu kondisi dimana peradaban akan terlupakan. Sebuah kebudayaan dan komunitas juga perlu mendapatkan pengakuan dalam kancah internasional dan hal ini juga merupakan tanggung jawab yang harus dipikul oleh generasi muda. Beberapa hal yang dapat kita lihat pada beberapa tahun ini adalah memanasnya hubungan bilateral dengan Negara jiran Malaysia yang disebabkan karena adanya anggapan klaim budaya negeri sendiri oleh Negara jiran tersebut. Namun sangat disayangkan jika rasa kepemilikan akan budaya hanya dimiliki ketika budaya tersebut diklaim dan dianggap menjadi bagian dari budaya bangsa lain. Jika ditilik dari arti kata budaya sendiri, budaya atau culture diartikan sebagai

B. Tujuan kegiatan Kegiatan ini bertujuan untuk membina hubungan baik antar dua Negara tetangga yang berdampingan dan untuk mempromosikan kebudayaan lokal dan nasional milik Negara kepada dunia internasional.

C. Pelaksanaan kegiatan Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2009 dimana para peserta IMYEP akan dikirim ke Negara tujuan yaitu Malaysia.

D. Bentuk kegiatan Kegiatan in berbentuk kunjungan budaya, pelatihan pengembangan diri, dan pertunjukan budaya daerah dann nasional di negara tujuan. Peserta berada di Negara tujuan selama kurang lebih tiga Minggu, dan selama berada di negara tujuan, peserta kegiatan ini tinggal bersama orang tua asuh (Foster Parent) dan melakukan kegiatan bersama dengan teman (Counterpart) yang telah ditunjuk oleh Negara tujuan, dengan harapan peserta bisa bersosialisasi dengan masyarakat Malaysia secara langsung untuk memahami dan mempelajari budaya Negara tujuan dan dapat mempromosikan Negara dan Provinsi asal peserta.

E. Hasil kegiatan Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain: 1. Membaiknya hubungan bilateral kedua Negara (Indonesia dan Malaysia).

2. Promosi potensi budaya, alam dan pariwisata daerah asal peserta kegiatan pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. 3. Pengenalan budaya Indonesia pada kancah internasional.

F. Anggaran dana (terlampir)

G. Penutup. Demikian proposal kegiatan ini saya buat, agar dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan bagi bapak. Atas perhatian dan bantuan yang bapak berikan kami ucapkan terimakasih.

Pelaihari, 12 Mei 2009 Peserta IMYEP 2009

Yona Dwi Sandi

Lampiran I. Anggaran Dana Kegiatan ANGGARAN DANA ALOKASI DANA Proposal (Pembuatan dan Penyebaran) Pembuatan Paspor Nominal (Dalam Rp) 250.000 450.000

Transportasi Banjarmasin – Jakarta (ditanggung Pribadi atau Daerah) Banjarmasin - Jakarta Jakarta - Banjarmasin Akomodasi selama Pre-Departure Training di Jakarta 7 hari x Rp. 150.000 Keperluan Pribadi Peserta 2 Stelan Jas Resmi, @ Rp 750.000 x 2 2 Stelan Olahraga, @ Rp. 150.000 1 Pasang Sepatu Kulit 1 Pasang Sepatu Olahraga/Kets 4 Pasang Baju Adat @ Rp. 450.000,00 (2 Pasang Baju Perkawinan dan 2 Pasang Baju Nanang, Masing-masing 1 Pasang untuk Peserta dan 1 Pasang untuk Counterpart yang telah ditunjuk) 1 Terbang Khusus Madihin Uang Saku Selama Kegiatan Jumlah keseluruhan

650.000 650.000 1.050.000 1.500.000 300.000 250.000 150.000 1.800.000

350.000 5.000.000 12.400.000

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->