P. 1
Buku Agama

Buku Agama

|Views: 2,218|Likes:
Published by fendi_fe

More info:

Published by: fendi_fe on Oct 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2013

pdf

text

original

Surat-Surat Al-Qur’an

STANDAR KOMPETENSI
• Membaca surat-surat Al-Quran

Kompetensi Dasar
• • • Membaca Q.S AL-Kausar dengan lancar Membaca Q.S An-Nasr dengan lancar Membaca Q.S Al-Asr dengan lancar

Tanbih/Perhatikan

‫ﻮﺮﺘﻞﺍﻠﻘﺮﺍﻦﺘﺮﺘﻴﻼ‬
“Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan”. (Q.S. Al-Muzzammil : 73:4)

Mukadimah/Pendahuluan
Bagi umat Islam belajar membaca Al-Qur'an wajib hukumnya, sebab Al-Qur'an adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidupnya. Oleh karena itu, setelah dapat membaca Al-Qur’an hendaklah kita mempelajari isi kandungannya untuk kemudian kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu orang yang melaksanakan salat, wajib membaca salah satu surat dalam Al-Qur’an yaitu Surat al-Fatihah dan disunahkan pula untuk membaca surat-surat lain dalam Al-Qur'an. Oleh karena itu, menghafal suratsurat pendek dalam Al-Qur'an adalah sangat penting untuk dilakukan. Bagaimana dengan kamu? Sudah berapa banyak surat pendek yang kamu hafal? Pada pelajaran ini kamu akan diajak untuk menghafal Surat al-Kausar, Surat an-Nasr, dan Surat alAsr.

A. Surat Al-Kautsar
Surat al-Kausar terdiri atas tiga ayat. Dalam Al-Qur’an Surat Al-Kautsar berada pada urutan surat ke-108. Kata “alKausar” artinya nikmat yang banyak. Surat ini turun di kota Mekah sehingga termasuk ayat surat Makkiyyah. Artinya surat yang diturunkan di kota Mekah.

I’iam/Ketahuilah
Surat al-Kausar terdiri atas tiga ayat. al-Kausar artinya Nikmat yang banyak.

Uswatun Hasanah/Teladan
Orang-orang yang beriman selalu mensyukuri nikmat Allah dengan cara mengucapkan Al Hamdulillah dan melakukan ama/ kebaikan. Surat Al-Kausar berisi tentang perintah untuk melaksanakan ibadah safat dan ibadah kurban sebagai bentuk syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. 1. Membaca Surat al-Kausar dengan tartil Surat al-Kautar dibaca ketika salat, yaitu setelah membaca Surat al-Fatihah. Mari kita membaca Surat alKausar berikut ini dengan tartil.                                                2. Mengartikan Surat al-Kautar Artinya Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah, Maha Penyayang 1) Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) kepadamu nikmat yang banyak. 2) Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). 3) Sungguh orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari Rahmat Allah). Tanmiyatul Maddah/Pengembangan Dalam Surat al-Kausar ada beberapa hukum bacaan antara lain sebagai berikut. 1. Izhar Halqi Pada semester pertama telah dijelaskan pengertian lzhar Halqi. Adapun bacaan lzhar Halqi pada Surat al-Kausar terdapat pada lafal: 

Dinamakan bacaan Izhar Halqi sebab ada nun sukun atau mati bertemu dengan ha. 2. Gunnah Gunnah artinya bacaan berdengung. Yaitu apabila ada ‫ﻥ‬ dan ‫ ﻡ‬berwujud ( ‫ ﻥ‬dan ‫ ) ﻡ‬maka wajib dibaca dengung. Contoh bacaan gunnah dalam Surat Al-Kausar terdapat pada lafal ‫ ﺍﻥ‬dibaca in .... na. Contoh lain bacaan gunnah adalah ‫ﺜﻢﱢ‬

Muhasabah/Mawas Diri
Sudahkah kamu hafal Surat al-Kausar? Tunjukkan hafalanmu di depan teman sebangkumu!

B. Surat An-Nasr
Surat an-Nasr terdiri atas tiga ayat. Dalam Al-Qur'an Surat an-Nasr berada pada urutan ke-110. an-Nasr artinya pertolongan. Dinamakan Surat an-Nasr diambil dari kata pada ayat pertama surat tersebut. Surat an-Nasr diturunkan di kota Madinah sehingga termasuk surat Madaniyyah.

I’lam / Ketahuilah
Surat an-Nasr terdiri atas tiga ayat an-Nasr artinya pertolongan, termasuk surat madaniyyah karena diturunkan di kota Madinah.

Uswatun Hasanah / Teladan
Ketika mendapatkan kemenangan, Nabi Muhammad SAW. dan para sahabat memuji dan mensucikan Allah dengan banyak membaca kalimat hamdalah dan tasbih Surat an-Nasr berisi tentang perintah untuk bertasbih memuji Allah dan meminta ampunan-Nya jika kita mendapat rahmat dan pertolongan. 1. Membaca Surat an-Nasr dengan tartil

Surat an-Nasr dibaca pada waktu salat, yaitu setelah membaca Surat AI-Fatihah. Mari membaca Surat an-Nasr dengan tartil.                                                                                               2. Mengartikan Surat an-Nasr Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah, Maha Penyayang 1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. 2. Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah. 3. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh Dia Maha Penerima tobat.

Tanmiyatul Maddah / Pengembangan
Dalam surat An-Nasr ada beberapa hukum bacaan yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut : 1. Qalqalah Qalqalah artinya memantulkan atau mengeper, maksudnya adalah memantulkan bunyi huruf tertentu Huruf qalqalah ada lima kata ‫ﺪ ﺝ ﺐ ﻄ ﻖ‬ Terkumpul dalam kata ‫ﻗﻄﺑﺠﺪ‬ Contoh bacaan qalqalah dalam Surat An-Nasr terdapat pada lafal : ‫ ﺨﻟﻭﻥ ﻳﺪ‬di baca yad de khuluna 2. Lam Jalalah Lam jalalah adalah huruf lam (‫ ) ﻝ‬yang terdapat pad alafal (‫ ) ﻠﻠﻪ‬bacaan lam jalalah dibagi menjadi dua, yaitu bacaan tebal (tafkhim) dan bacaan tipis (tarqiq)

Lam jalalah dibaca tebal jika lafal Allah ( ‫ ) ﻠﻠﻪ‬di dahului oleh huruf berkaharakt fathah ( ) atau dummah ( ). coontoh bacaan ini dalam surat An-Nasr terdapat pada lafal ‫ ﻨﺼﺮﺍﻠﻠﻪ‬di baca Nasrullah Sedangkan lam jalalah dibaca tipis jika lafal Allah ( ‫ ) ﺍﻠﻠﻪ‬di dahului oleh huruf bertanda baca kasrah. Contoh bacaan ini dalam surat An-Nasr terdapat pada lafal : ‫ﺪﻴﻦﺍﻠﻠﻪﻪ ﻔﻰ‬ dibaca fi dinillahi. Muhasabah / Mawas diri Sudahkah kamu dapat membaca Surat An-Nasr sesuai dengan ilmu tajwid? Coba, tunjukkan bacaan kamu di depan temanmu!

C. Surat Al-Asr
Kamu telah mempelajari Surat an-Nasr dan Surat alKausar. Bahkan kamu telah menghafalkannya, bukan? Nah, sekarang kamu akan mempelajari Surat al-Asr. Surat yang sering dibaca setelah selesai belajar ini terdiri atas tiga ayat. al-Asr artinya masa atau waktu. Nama "al-Asr diambil dari ayat pertama surat tersebut. Surat al-Asr termasuk surat Makkiyyah karena turun di kota Mekah. Surat al-Asr berisi tentang perintah untuk menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya agar tidak menjadi orang yang rugi.

I’lam / Ketahuilah
Surat al-Asr terdiri atas tiga ayat. al Asr artinya waktu atau masa.

Uswatun Hasanah / Teladan
Orang yang beriman kepada Allah menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya agar tidak menjadi orang yang tidak merugi. 1. Membaca Surat al-Asr dengan Tartil

Surat al-Asr dibaca ketika salat, yaitu setelah membaca Surat alFatihah. Surat al-Asr juga dibaca setelah selesai melakukan kegiatan atau pekerjaan, misalnya setelah belajar. Marilah membaca Surat al-Asr dengan tartil.

              
                            

2. Mengartikan Surat al-Asr Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah, Maha Penyayang. 1) Demi masa 2) Sungguh, manusia berada dalam kerugian 3) Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati, untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran. Tanmiyatul Maddah / Pengembangan Dalam Surat al-Asr terdapat beberapa bacaan antara lain sebagai berikut. 1. Al Syamsiyah Al Syamsiyah yaitu apabila ada Al ( ‫ ) ﺍﻝ‬bertemu dengan salah satu huruf syamsiyah yang berjumlah 14, maka al nya tidak dibaca. Akan tetapi lebur ke huruf syamsiyah. Ke-1 4 huruf syamsiyah tersebut adalah:

‫ﺕﻥﻝﻅﻁﺽﺹﺵﺱﺯﺭﺫﺪﺙﺕ‬
Adapun contoh bacaan al-Syamsiyah dalam Surat al-Asr terdapat pada lafal: ‫ﺍﻠﺻﻠﺤﺖ , ﺒﺎﻠﺻﺒﺭ‬ Karena al-nya dibaca tidak jelas maka bacaan alSyamsiyah disebut bacaan Idgam Syamsiyah.

2. Al Qamariyah Al Qamariyah yaitu apabila ada AI ( ‫ ) ﺍﻝ‬bertemu dengan salah satu huruf qamariyah yang berjumlah 14, maka Al nya dibaca jelas dan terang. Ke-14 huruf qamariyah tersebut adalah:

‫ﺝﺡﺥﻉﻍﻑﻕﻙﻝﻡﻭﻫﻱﺏﺍ‬
Adapun contoh bacaan al-Qamariyah dalam Surat al-Asr terdapat pada lafal: ‫ﺍﻟﻌﺻﺭ , ﺍﻻﻨﺳﺎﻥ , ﺑﺎﻟﺤﻕ‬ Karena Al-Nya dibaca jelas dan terang maka bacaan alQamariyah disebut bacaan izhar Qamariyah

Muhasabah/Mawas Diri
Sudahkah kamu membaca Surat al-asr sesuai dengan ilmu tajwidnya? Cona bacalah Surat Al-Asr dengan suara nyaring di hadapan temanmu !

Amalul fasl / Tugas Sekolah
A. Hafalkan di depan kelas, secara bergantian surat-surat pendek berikut, murid-murid yang lain mendengatkan dan memperhatikan 1. Surat Al-Kautsar 2. Surat An-Nasr 3. Surat Al-Asr B. Lengkapilah ayat yang belum sempurna di bawah ini dengan cara menulis yang rapi ! 1. Surat Al-Kausar a. ....... ‫ﺍﻨﺎﺍﻋﻃﻳﻨﻙ‬ b. ....... ‫..... ﻟﺭﺑﻙ‬ c. ....... ‫ﺍﻥﺷﺎﻧﺋﻙ‬ 2. Surat An-Nasr a). .... ‫ﺍﺫﺍﺟﺎﺀﻧﺻﺭﺍﻟﻟﻪ‬ b). ‫ﺍﻓﻭﺍﺟﺎ, ......ﻴﺩﺧﻟﻭﻥﻓﻰ ...... ﻭﺭﺍﻴﺖ‬

c). ..... ‫..… ﺍﻧﻪﻛﺎﻥ .... ﺑﺣﻤﺩﺭﺑﻙ‬ 3. Surat Al-Asr a). ‫ﻭﺍﻠﻌﺻﺭ‬ b). .... ‫...... ﺍﻻﻨﺳﺎﻥﻠﻔﻲ‬ c). .... ‫ﻭﺗﻭﺍﺻﻭﺍ ...... ﻭﺗﻭﺍﺻﻭﺍ ﻭﻋﻤﻟﻭﺍﺍﻠﺻﻟﺤﺕ ..... ﺍﻻﺍﻠﺫﻴﻥ‬

Amalul Bait /Tugas Rumah
1. Hafalkan dengan baik surat-surat berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau saudra s ebagai tanda bukti kamu telah hafal ! a. Surat Al-kautsar b. Surat An-Nasr c. Surat Al-Asr 2. Wawancara a. Berkunjunglah kepada tokoh agama di lingkunganmu! b. Bertanyalah tentang isi kandungan surat-surat berikut ? 1) Surat Al-Kautsar 2) Surat An-Nasr 3) Surat Al-Asr c. Catatlah hasilnya pada buku kegiatanmu ! d. Serahkan kepda gurumu untuk di nilai !

Khulasah / Rangkuman
1. Surat al-Kausar terdiri atas 3 ayat, dan tergolong surat Makkiyyah karena turun di Mekah. Kandungan Surat al-Kausar adalah perintah melaksanakan salat ‘id dan berkorban untuk taqarub kepada Allah. 2. Surat an-Nasr terdiri atas 3 ayat, dan tergolong surat Madaniyyah karena turun di Madinah. Isi kandungan surat ini adalah tentang orang berbondong-bondong masuk Islam. 3. Surat al-Asr terdiri atas 3 ayat, dan tergolong surat Makkiyyah karena turun di makkah. Isi kandungan surat ini adalah agar manusia beriman, mengerjakan kebajikan, saling menasehati untuk kebenaran dan kesabaran.

Kalimah Muhimmah / Kata Penting
1. Al-KauSar 2. An-Nasr 3. AI-Asr : 4. Taqarub : : : yang banyak pertolongan pendekatan kepada Allah

waktu

Al Isti’ab / Uji Kompetensi
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar! 1. Surat Al Kausar terdiri atas ... ayat. a. tiga b. empat c. lima d. enam 2. Surat an-Nasr diturunkan di kota .... a. Mesir b. Mekah c. Madinah d. Yordania 3. AI-Kausar artinya .... a. barang yang berguna b. pertolongan c. nikmat yang banyak d. orang yang beriman 4. Surat al-Asr menjelaskan tentang .... a. ibadah puasa b. pentingnya waktu c. keistimewaan malam qadar d. keutamaan sedekah 5. Ayat maupun surat yang diturunkan di kota Mekah disebut .... a. Misriyyah b. Makkiyyah c. Madaniyyah d. Irakiyyah 6.        yat di samping terdapat pada Surat al-Kausar ayat .....

a. pertama b. kedua c. ketiga d. keempat .....       kelanjutan ayat di samping adalah .... . a.  b.    c.  d.    8.    potongan ayat di samping terdapat dalam surat . a. al-Kausar 7. b. al-Ikhlas c. al-i4sr d. an-Nasr 9. ‫ﻓﺻﻞﻠﺭﺑﻙﻭﺍﻧﺣﺭ‬ bacaan .... a. izhar halqi c. izhar qamariyah b. qalqalah d. idgam syamsiyah 10. Surat al-KauSar berisi tentang perintah .... a. menghormati orang tua c. menuntut ilmu b. berkurban dan salat d. mensyukuri nikmat B. Isilah titik-titik berikut dengan benar! 1. 2. 3. 4. Surat al-Asr terdiri atas ... ayat Nama Surat al-Asr diambil dari ayat .... Kata “al-Asr” artinya .... kata yang bergaris bawah mengandung

 

 

adalah Surat

al-Kausar ayat ke .... 5. Jika mendapat kemenangan hendaknya membaca .... 6. 7. ke .... 8. Surat al-Kautar menjelaskan perintah untuk .... 9. Kata  dibaca tebal jika didahului oleh huruf bertanda baca ... dan ............ 10. Manusia akan mengalami kerugian kecuali orang yang beriman dan berbuat .... C. Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas! 1. 2. 3. Bagaimana bunyi Surat an-Nasr ayat pertama? Bagaimana bunyi Surat al-Kausar ayat kedua? Ada berapa ayatkah Surat al-Asr. Coba tuliskan Kata ‫ ﻴﺩﺨﻟﻭﻥ‬mengandung bacaan .... Dalam Al-Quran Surat An-Nasr berada pada urutan

ayat yang paling pendek! 4.     terdapat dalam surat apakah ayat tersebut? 5. Surat an-Nasr termasuk surat Madaniyyah. Apakah maksudnya?

IMAN KEPADA MALAIKAT

Standar Kompetensi
• Mengenal malaikat dan tugas-tugasnya

Kompetensi Dasar
• • • Menjelaskan pengertian malaikat Menyebutkan nama-nama malaikat Menyebutkan tugas-tugas malaikat

Tanbih / Perhatikan

‫ﺍﻻﻴﻤﺎﻥﻓﻰﺻﺪﺭﺍﻟﻣﯣﻣﻥ‬
“Iman itu terletak di hati orang mukmin”.

Mukadimah / Pendahuluan
Iman kepada malaikat adalah salah satu rukun Iman. Iman kepada malaikat adalah mempercayai dengan sepenuh hati bahwa malaikat Allah SWT. itu benar-benar ada. Keberadaan malaikat bersifat gaib, artinya tidak dapat dilihat oleh mata, akan tetapi keberadaannya dapat diketahui dan dipahami. Adanya wahyu yang diterima oleh para rasul menjadi bukti adanya malaikat. Para nabi dan rasul menerima wahyu melalui perantara malaikat Allah SWT. Iman kepada malaikat adalah rukun iman ke-2. Rukun Iman yang jumlahnya 6 merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan, juga tidak bisa dipilih-pilih. Sehingga tidak disebut orang beriman jika tidak percaya terhadap keenam rukun iman tersebut. Dalam hadis Rasulullah SAW. disebutkan, "Iman itu ialah engkau beriman kepada Allah, malaikatmalaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, had kiamat, dan engkau beriman kepada takdir baik dan buruk" : (H.R. Muslim). Pada pelajaran ke-7 ini kamu akan mempelajari pengertian malaikat, nama-nama dan tugasnya masing-masing. Untuk itu perhatikan pembahasan materi berikut ini!

A

Pengertian Malaikat

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang bersifat gaib, diciptakan dari Nur (cahaya), selalu taat, tunduk, dan patuh kepada Allah SWT. serta tidak pernah ingkar janji kepada-Nya. Mereka tidak mempunyai hawa nafsu, tidak makan dan minum, serta tidak tidur. Mereka tidak pernah berbuat maksiat kepada Allah. Mereka menghabiskan waktu siang dan malam untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Firman Allah SWT.

               

   
Artinya: "Mereka (para malaikat) tidak durhaka kepada Allah SWT. terhadap apa yang diperintahkan Allah kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan". (Q.S. At-Tahrim/66:6)

I’lam / Ketahuilah
Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari Nur (cahaya), selalu taat, tunduk, dan patuh kepada Allah, serta tidak pernah ingkar janji kepada-Nya.

Uswatun Khasanah
Dengan beriman kepada malaikat-malaikat Allah akan menjadikan kita selalau menaati semua perintah Allah dan manjauhi segala larangan-Nya. Dari keterangan di atas dapat kita ambil pelajaran bahwa malaikat adalah makhluk Allah dengan sifat-sifat sebagai berikut. 1. Diciptakan dari Nur (cahaya). 2. Semuanya taat dan berbakti kepada Allah SWT. 3. Tidak berjenis kelamin, laki-laki maupun perempuan. 4. Tidak membutuhkan makan dan minum. 5. Tidak akan mati sebelum datangnya hari kiamat. Karena itu jumlahnya tidak dapat bertambah dan berkurang. 6. Gaib, keberadaannya tidak tampak oleh mata dan terdengar oleh telinga. 7. Tidak pernah mengingkari Allah SWT. dan berbuat dosa kepada-Nya. 8. Hanya mengerjakan apa yang diperintahkan dan tidak ada pikiran untuk berbuat yang lain. 9. Diciptakan Allah SWT. dengan tugas-tugas tertentu.

Muhasabah / Mawas Diri
Adakah manusia yang dapat melihat malaikat? kalau ada siapakah dia?

B

Nama-nama malaikat

Jumlah malaikat sangat banyak, tidak diketahui secara pasti. Hanya Allah yang tahu secara pasti sebab Dia maha tahu segala sesuatu. Akan tetapi, malaikat-malaikat yang wajib kita ketahui ada sepuluh. Nama-nama mereka tercantum dalam AI-Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW. Kesepuluh nama-nama malaikat tersebut adalah: 1. Malaikat Jibril. 2. Malaikat Mikail. 3. Malaikat Israfil. 4. Malaikat Izrail. 5. Malaikat Munkar. 6. Malaikat Nakir. 7. Malaikat Rakib. 8. Malaikat Atid. 9. Malaikat Malik. 10. Malaikat Ridwan.

C

Tugas-tuga s Malaikat

Para malaikat memiliki tugas yang berbeda-beda. Ada malaikat yang diberi tugas mengatur hujan dan rejeki. Ada malaikat yang bertugas menjaga arsy. Ada malaikat yang bertugas mencabut nyawa manusia. Ada pula malaikat yang bertugas mencatat aural manusia. Semua perbuatan balk dan buruk yang dilakukan oleh manusia di catat dengan teliti. Tidak ada satu ucapan maupun perbuatan manusia yang bisa

lepas dari pengawasan malaikat. Oleh karena itu, dengan beriman kepada malaikat akan menjadikan manusia selalu berhatihati dalam berbuat. Karena setiap perbuatan yang balk dan buruk pasti dicatat oleh malaikat Allah SWT. Firman Allah SWT :

 

  



 



       
Artinya: "Tidak ada suatu kata yang di ucapkannya, melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat)". (Q.S. Qaf / 50:18) Adapun tugas kesepuluh malaikat adalah sebagai berikut. 1. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul. Malaikat Jibril menjadi ketua para malaikat. 2. Malaikat Mikail bertugas mengatur rejeki, termasuk memberi makan, minum, dan menurunkan hujan. 3. Malaikat lzrail bertugas mencabut nyawa semua makhluk apabila sudah tiba saatnya. Malaikat lzrail di sebut juga malaikat maut. 4. Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala (terompet) jika telah sampai saatnya hari kiamat. 5. Malaikat Munkar bertugas memberi pertanyaanpertanyaan orang yang ada dalam kubur. 6. Malaikat Nakir bertugas menyiksa orang-orang yang ada di dalam kubur. 7. Malaikat Rakib bertugas mencatat amal baik. 8. Malaikat Atid bertugas mencatat amal buruk. 8. Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka. Malaikat Malik memiliki sifat keras. 9. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga. Malaikat Ridwan memiliki sifat lembut.

Istifham / Pertanyaan
Sudahkah kamu hafal nama-nama malaikat dan tugas-Nya? Coba tunjukan hafalanmu di depan teman-temanmu!

Amalul Fasl/Tugas Sekolah
I. Perhatikan dan bacalah cerita bergambar berikut! Armin mendapat nilai ulangan matematika 6. Padahal, dia telah berusaha dengan belajar sungguh-sungguh. Dia mengerjakan ulangannya dengan jujur. Baginya menyontek adalah perbuatan tercela dan berdosa. Walaupun mendapat nilai 6, ia berkata apa adanya kepada ibunya. Dia berkata jujur apa adanya tidak di tambah maupun dikurangi. ia tidak mau berbohong kepada ibunya walaupun tujuannya untuk menyenangkan hatinya. Armin selalu ingat akan nasihat gurunya, bahwa segala perbuatan manusia ada yang mengawasi dan mencatatnya, Yaitu malaikat Rakib dan malaikat Atid. Nah, dari cerita di atas coba jawablah pertanyaan berikut ini! 1. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Armin? 2. Benarkah sikap Armin mencerminkan beriman kepada para malaikat Allah SWT. 3.Apa yang kamu lakukan ketika mendapat nilai ulangan 6 dan ibumu bertanya tentang nilai hasil ulangannya? II.Hubungkan dengan garis, sepuluh nama malaikat dengan tugasnya masing-masing! Malaikat Jibril Malaikat Mikail Malaikat Israfil Malaikat lzrail kubur. Malaikat Munkar Malaikat Nakir Malaikat Rakib Malaikat Atid o o o o o o o o Memberi pertanyaan orang yang ada dalam kubur. Meniup terompet atau sangkakala pada hari kiamat. Menjaga pintu neraka. Mencatat amal buruk. o o o o o o o o Mengatur Rejeki. Menyampaikan wahyu. Mencabut nyawa. Menyiksa orang yang ada dalam

Malaikat Malik

o

o o

Mencatat amal baik. Menjaga pintu surga.

Malaikat Ridwan o

Amalul Bait / Tugas Rumah
A. Berilah tanda centang ( √ ) pada cerita yang menunjukan sikap beriman kepada malaikat-malaikat Allah dan tanda silang (X) jika menujukan sebaliknya! N o 1 Cerita Pak Burhan adalah seorang padagang. la tidak pernah mengurangi timbangan atau takaran. Ketika berangkat ke sekolah Siregar menemukan dompet berisi uang dan surat-surat penting. Kemudian dompet itu diserahkan kepada pak polisi. Ketika mencuci pakaian ayahnya Susi, menemukan uang sebanyak 10.000 di saku celana. Uang itu dia ambil dan dibelikan mainan. Ketika sedang mengerjakan ulangan, Sandi menemukan soal yang sulit. Dia kemudian menyontek Sanusi teman sebangkunya. Bu Halimah menyuruh anaknya, Irma untuk membeli 2 kg telur. Satu kilo seharga Rp. 8.000,00 ibunya memberi uang sebesar Rp20.000,00 uangnya sisa Rp4.000,00 Namun, ketika ibunya bertanya, ia menjawab, sisa uangnya jatuh, padahal uang tersebut ia gunakan untuk membeli mainan. Tanda

B. Perhatikan rangkaian gambar berikut.

Gambar A (Menemukan uang dihalaman sekolah)

Gambar B (Membeli makanan dikantin sekolah)

1. Bagaimana pendapatmu terhadap sikap mereka? 2. Apa yang seharusnya mereka lakukan? mengapa? C. Carilah ayat-ayat Al-Quran beserta terjemahannya yang berkaitan dengan malaikat, untuk mengerjakan tugas ini kamu dapat bertanya kepada tokoh agama atau ustaz yang ada di sekitarmu! Kemudian tulis dalam buku tugasmu dan serahkan kepda gurumu untuk dinilai. Khulasah / Rangkuman 1. Malaikat adalah makhluk yang dibuat dari Nur 2. Malaikat yang wajib diketahui ada 10 yaitu a. Jibril f. Nakir b. Mikail g. Raqib c. Isrofil h. Atid d. Izrail i. Malik dan e. Munkar j. Ridwan 3. Malaikat tidak makan, minum dan tidur

Kalimah Muhimmah / Kata Penting 1. Iman : Kepercayaan / Keyakinan 2. Malaikat : Makhluk Allah yang dibuat dari cahaya

Al- Isti’ah / Uji Kompetensi
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, dan d di depan jawaban yang benar! 1. iman ke- .... a. 1 2. a. tanah 3. ada .... a. 10 4. b. 20 c. 30 d. 40 Jumlah malaikat yang sebenarnya hanya di c. para malaikat sendiri d. Allah SWT. b. 2 b. Api c. 3 d. 4 Malaikat di ciptakan dari .... c. cahaya atau nur d. air Jumlah malaikat yang wajib kita ketahui Beriman kepada malaikat Allah adalah rukun

ketahui oleh .... a. sebagian manusia b. para nabi dan rasul 5. adalah .... a. Israfil 6. adalah .... a. Mikail 7. a. Atid 8. berbuat. a. leluasa 9. a. majalah b. Bebas Nama-nama b. hadis nabi c. berhati-hati d. takut malaikat yang wajib kita b. Jibril Setiap c. Munkar perbuatan manusia d. Nakir dicatat d. Ridwan dan buruk selalu oleh b. Malik Malaikat yang c. Ridwan bertugas d. lzrail membagi rezeki

Malaikat yang bertugas mencabut nyawa

malaikat. Pencatat amal baik bernama .... b. Rakib Setiap c. Malik baik perbuatan

dicatat oleh malaikat. Hal itu hendaknya kita ... dalam

disebutkan dalam kitab Al-Qur'an dan .... c. surat kabar d. hikayat

10. adalah ....

Berikut

ini

yang

bukan

sifat

malaikat

a. Patuh dan tunduk kepada perintah Allah b. Tidak makan dan minum c. Tidak berjenis kelamin d. Diciptakan dari api B. benar! 1. 2. 3. adalah .... 4. 5. adalah .... 6. adalah .... 7. 8. 9. 10. Malaikat Rakib bertugas mencatat .... Malaikat tidak pernah ... Perintah Allah. Malaikat yang memiliki sifat kasar dan Malaikat yang bertugas menurunkan hujan Malaikat Jibril bertugas menyampaikan .... Malaikat yang memiliki sifat lemah lembut Malaikat termasuk makhluk .... Malaikat tidak pernah berbuat maksiat karena Malaikat yang bergelar malaikat maut Isilah titik-titik berikut ini dengan singkat dan

tidak memiliki ....

menakutkan adalah ... Malaikat yang meniup teropet pada hari kiamat adalah .... C. 1. 2. 3. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jelas Mengapa malaikat di sebut makhluk gaib? Sebutkan sifat-sifat malaikat! Sebutkan makhluk gaib selain malaikat?

dan benar?

4. 5. a. b. c.

Jelaskan apa yang dapat kita teladani dari Apakah tugas malaikat berikut ini! Malaikat Malik Malaikat Ridwan Malaikat Munkar dan Naki

para malaikat Allah!

IMAN KISAH NABI IBRAHIM A.S DAN NABI ISMAIL A.S

Standar Kompetensi
• Menceritakan kisah nabi

Kompetensi Dasar
• • Menceritakan kisah nabi Ibrahim Menceritakan kisah nabi Ismail A.S

Tanbih / Perhatikan

"Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim, dan keluarga lmran melebihi segala umat (pada masa masing-masing) (Q.S. Ali `Imran/3:33)

                              

Mukadimah / Pendahuluan
Pada semester 1 kamu telah mempelajari kisah Nabi Adam A.S. dan masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW. Demikian juga telah mempelajari meneladani perilaku tobatnya Nabi Adam A.S. dan Nabi Muhammad SAW. pada masa kanak-kanak. Pada semester 2 ini kamu akan mempelajari kisah Nabi yang lain, yaitu Nabi Ibrahim A.S. dan Nabi Ismail A.S. Pernahkan kamu membaca kisah kedua Nabi tersebut? Mempelajari kisah Nabi Ibrahim A.S. dan Nabi Ismail A.S. serta Nabi-Nabi yang lain itu sangat penting. Di samping dapat menambah ilmu pengetahuan juga dapat diambil pelajaran atau teladan untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu mari kita pelajari kisah Nabi Ibrahim A.S. dan putranya, Nabi Ismail A.S. A. 1.

Kisah Nabi ibrahim.
Kelahiran Nabi Ibrahim Nabi Ibrahim dilahirkan pada tahun 2295 sebelum Masehi, di daerah Fadam A'ram, termasuk wilayah kerajaan Babilonia, atau Irak sekarang. Ayahnya bernama Azar (tarih) bin Tahur. Ayah Nabi Ibrahim bekerja sebagai pembuat patung kerajaan. Saat itu kerajaan Babilonia diperintah oleh seorang Raja yang bernama Namrud. la adalah seorang Raja yang kejam dan zalim, bahkan mengaku dirinya sebagai tuhan.

Pada suatu malam, Raja Namrud bermimpi melihat seorang anak laki-laki melompat ke dalam kamarnya, lalu merampas mahkotanya dan menghancurkannya. Kemudian Raja Namrud menanyakan perihal mimpinya kepada ahli nujum atau tukang ramal. Menurut mereka bahwa anak laki-laki dalam mimpi tersebut kelak akan menghancurkan kerajaannya. Mendengar jawaban dari ahli ramal tersebut, Raja Namrud menjadi marah. Kemudian dia memerintahkan kepada seluruh prajuritnya untuk membunuh setiap anak laki-laki yang baru lahir. Mengingat kota Babilonia tidak aman bagi bayi Ibrahim, maka setelah lahir beliau disembunyikan orang tuanya di dalam gua. Untuk kelangsungan hidupnya, Nabi Ibrahim makan dengan menghisap jari-jarinya. Dengan izin Allah jari-jari Nabi Ibrahim A.S. dapat mengeluarkan madu dan susu. Inilah yang namanya Irhas, yaitu kejadian luar biasa yang diberikan kepada calon seorang Nabi. 2. Nabi Ibrahim A.S. mencari Tuhan

Nabi Ibrahim hidup di dalam gua hingga usia remaja. Walaupun hidup sendirian di dalam gua, Nabi Ibrahim tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas sebab beliau dalam pemeliharaan Allah. Beliau heran mengapa Raja Namrud menyembah berhala yang tidak dapat mendengar atau melihat dan tidak dapat memberikan pertolongan sedikitpun. Nabi Ibrahim terus berpikir dan berusaha mencari tuhan yang sebenarnya. Ketika malam tiba, Nabi Ibrahim melihat bintang. Beliau berkata, "Inikah Tuhanku?" Namun ketika bintang-bintang itu tenggelam, iapun berkata, `Aku tidak senang dengan tuhan yang tenggelam." Pada malam berikutnya, Nabi Ibrahim melihat bulan. Beliau berkata, "Inikah tuhanku?" Ketika bulan tenggelam, iapun berkata, "Kalau sekiranya tuhan tidak memberiku petunjuk niscaya aku tergolong orang-orang yang sesat." Pada siang harinya, Nabi Ibrahim melihat matahari bersinar terang. la berkata, "Inilah tuhanku?"dan ketika matahari tenggelam, ia berkata, "Aku menyucikan diriku dad apa saja yang mereka sembah." Dari situlah kemudian Nabi Ibrahim A.S. menyimpulkan bahwa Allah adalah Tuhan semesta alam.

Uswatun Hasanah / Teladan
Orang-orang yang menggunakan akal pikirannya untuk memikirkan ciptaan Allah pasti hidupnya akan bahagia di dunia dan di akhirat. 3. Raja Namrud Setelah diangkat menjadi rasul, Nabi Ibrahim A.S. berdakwah. Pertama, beliau berdakwah kepada orang tuanya. Nabi Ibrahim A.S. mengajak ayah dan ibunya untuk menyembah Allah dengan penuh kesopanan. Namun, sang ayah tidak menerima ajakannya. Bahkan Nabi Ibrahim diusir dari rumah orang tuanya. Sebelum meninggalkan rumah, Nabi Ibrahim mendoakan ayahnya, memohonkan ampunan untuknya. Namun setelah Allah menerangkan bahwa ayahnya adalah musuh Allah, maka Nabi Ibrahim A.S. terlepas dari orang tuanya. Permintaan ampun Nabi Ibrahim A.S. tidak lain hanyalah karena janji yang pernah diikrarkannya sebagai bentuk penghormatan terhadap orang tuanya. Allah SWT. berfirman: Nabi Ibrahim A.S. berdakwah kepada

         
Artinya: "Sungguh, Ibrahim itu seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun". (Q.S. At-Taubah/9:114) Pada suatu hari Raja Namrud dan seluruh rakyat sedang pergi upacara. Maka kosonglah tempat pemujaan berhala sesembahan Raja Namrud. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Ibrahim. Kemudian masuklah ia ke rumah berhala tersebut dan menghancurkan semua berhala yang ada di dalamnya, kecuali satu buah berhala yang paling besar. Lalu beliau mengalungkan kapaknya pada leher berhala tersebut.

Raja Namrud dan pengikutnya kembali ke tempat berhala. Dia sangat marah ketika melihat tempat peribadatannya berantakan, berhala sesembahannya hancur. Raja Namrud memerintahkan kepada pengikutnya untuk menangkap pelakunya. Sang raja mendapat laporan bahwa pelakunya adalah Nabi Ibrahim A.S. Para pengikut Raja Namrud berhasil membawa Nabi Ibrahim dan menghadapkannya kepada Raja Namrud. Sambil marah-marah Raja Namrud bertanya, "Wahai anak Muda! Benarkah kamu yang telah menghancurkan tempat ibadah kami?" Nabi Ibrahim menjawab, "berhala yang paling besarlah yang telah menghancurkannya. Sebagai bukti di lehernya ada kapak! Coba tanyakan kepadanya!" Mendengar jawaban Nabi Ibrahim A.S., Raja Namrud bertambah marah. Dengan nada keras Raja Namrud berkata, "Wahai Ibrahim, kamu sudah gila, ya? Tentu saja berhala itu tidak dapat saya ajak bicara. Kamu jangan mengada-ada, Nabi Ibrahim A.S. menjawab, "kalau tidak bisa bicara, mengapa berhala-berhala itu kamu sembah?!" Mendengar jawaban Nabi Ibrahim A.S., Raja Namrud dan pengikutnya terdiam. Mereka merasa malu. Namun karena hati mereka telah dikuasai oleh nafsu amarah, maka kebenaran yang telah disampaikan oleh Nabi Ibrahim A.S. ditolaknya. Kemudian Raja Namrud memerintahkan kepada pengikutnya utnuk membakar Nabi Ibrahim A.S. hiduphidup. Selanjutnya Nabi Ibrahim A.S. dilemparkan di atas tumpukan kayu bakar. Kemudian dibakarlah kayu itu sampai semuanya habis terbakar. Nabi Ibrahim A.S. diselamatkan oleh Allah. Beliau tidak mempan saat dibakar. Sebab saat itu Allah telah berfirman kepada api yang tengah bergejolak.

 



     

 

  
Artinya: "Kami (Allah) berfirman: "Wahai api! Jadilah kamu dingin dan penyelamat bagi Ibrahim". (Q.S. al-Anbiya'/21:69)

Nabi Ibrahim dan pengikutnya mengira Nabi Ibrahim telah hangus terbakar. Ternyata Nabi Ibrahim A.S. masih hidup. Beliau muncul dari tumpukan arang dalam keadaan sehat dan bugar. Tidak sedikitpun tubuhnya hangus terbakar. Itulah mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Ibrahim A.S. Setelah kejadian itu banyak pengikut Raja Namrud yang mengikuti ajaran Nabi Ibrahim A.S. Namun karena takut dengan ancaman Raja Namrud sebagian dari mereka kembali kepada kekafiran. Akhirnya Nabi Ibrahim A.S. hijrah ke negeri Kan'an (Palestina). Di sana Nabi Ibrahim A.S. menikah dengan seorang wanita bernama Sarah. Karena negeri Palestina dilanda wabah penyakit dan kekeringan, Nabi Ibrahim A.S. dan istrinya hijrah ke negeri Mesir. Nabi Ibrahim dan Siti Sarah tinggal di istana Mesir. Pada suatu hari Siti Sarah dapat mengobati penyakit Raja Mesir. Atas jasanya itu, Siti Sarah dihadiahi seorang budak perempuan bernama Hajar. Walaupun di Mesir hidup serba kecukupan, Nabi Ibrahim A.S. memutuskan untuk kembali ke Palestina. Di sana beliau tekun beribadah kepada Allah SWT.

Istifham / Pertanyaan
Mengapa Nabi Ibrahim A. S. dihukum bakar tidak mempan? Jelaskan!

B.

Kisah Nab! Ismail As.

Sudah lama Nabi Ibrahim dan Siti Sarah hidup berumah tangga, namun mereka belum dikaruniai keturunan. Atas usulan dan anjuran istrinya, Nabi Ibrahim akhirnya menikah dengan Siti Hajar. Dari pernikahannya dengan Siti Hajar, Nabi Ibrahim A.S. dikaruniai anak bernama Ismail. Dinamakan Ismail karena keinginan untuk mendapatkan keturunan dikabulkan oleh Allah SWT., Ismail artinya yang didengar. Beberapa hari setelah Ismail lahir, Ibrahim memindahkan Hajar beserta bayinya yang bernama Ismail ke Mekah. Saat itu kota Mekah keadaan tanahnya tandus dan gersang serta tidak satupun orang yang tinggal di

sana. Hajar dengan berceceran air mata bertanya kepada Nabi Ibrahim A.S., "Wahai Ibrahim, kepada siapakah engkau meninggalkan kami?" Sambil menitikkan air mata Nabi Ibrahim A.S. menjawab, "Aku tinggalkan engkau dan Ismail kepada Allah." Mendengar jawaban Nabi Ibrahim, Siti Hajar sambil megusap air mata berkata, "Ka/au begitu Allah tidak akan menyia-nyiakan kami. Kembalilah ke Palestina, niscaya Allah akan menjaga kami dan engkau." Nabi Ibrahim pun kembali ke Palestina. Maka sekarang tinggallah Hajar dan Ismail yang masih bayi. Setelah beberapa hari perbekalan yang mereka bawa pun telah habis dan Ismail mulai kehausan. Maka Hajar berlari kecil, mondar mandir antara bukit Sofa dan Marwa hingga tujuh kali. Walaupun telah berusaha dengan sekuat tenaga, Siti Hajar tetap tidak dapat menemukan air. Hajar kembali menghampiri anaknya. Dia sangat iba melihat kondisi anaknya. Kemudian Hajar berdoa dan bertawakal kepada Allah. Tiba-tiba dari tanah berpasir yang ditendang-tendang dan dijejak-jejak itupun keluar air yang sangat jernih. Airnya melimpah ke mana-mana. Malaikat Jibril mencelupkan tangannya ke dalam air tersebut dan berkata, "Zam..Zam ...Zam..Zam ..." : Zam-zam artinya kumpul menjadi banyak dan melimpah. Sejak itulah mata air tersebut disebut dengan air Zam-zam. Dengan adanya air zam zam tersebut Mekah yang sebelumnya sepi menjadi sangat ramai. Banyak suku yang berdatangan. Suku Jurhum yang berpindah-pindah meminta izin kepada Hajar untuk berdomisili di tempat itu. Hajar pun memberi izin kepada mereka dengan imbalan memberi barang dagangan. Akhirnya Mekah menjadi tempat yang padat penduduknya. Hajar dan Ismail hidup dalam kecukupan. Setelah beberapa tahun lamanya Nabi Ibrahim meninggalkan anak dan istrinya di padang pasir yang kering dan tandus, beliaupun merasa rindu sekali. Akhirnya Nabi Ibrahim tidak dapat menahan lagi kerinduan terhadap istri dan anaknya yang telah lama ditinggalkan. Beliau pun berangkat ke Mekah dan bertemu Hajar dan Ismail di padang Arafah. Anak dan istrinya sedang mengembala kambing yang cukup

banyak. Nabi Ibrahim merasa sangat terharu dan bahagia karena ternyata istri dan anaknya hidup berkecukupan. Dalam perjalanan pulang ke Mekah, ketiganya lalu istirahat di Muzdalifah. Nabi Ibrahim tertidur karena kelelahan. Dalam tidurnya Nabi Ibrahim bermimpi diperintah oleh Allah untuk menyembelih Ismail, anak satu-satunya dan saat itu sedang lucu-lucunya. Awalnya Nabi Ibrahim agak ragu akan mimpinya tersebut, namun akhirnya beliau menguatkan hati. Ibrahim pun memanggil Ismail dan memeluknya erat-erat sambil menangis. Ismail pun keheranan melihat tingkah laku ayahnya. Kemudian Ibrahim berkata, "Wahai anakku Ismail, sesungguhnya tadi ma/am aku bermimpi diperintah Allah untuk menyembelihmu. Bagaimana pendapatmu?" Ismail menjawab, "Wahai ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan Allah. Insya Allah engkau akan mendapati aku termasuk orang-orang yang sabar." Nabi Ibrahim semakin terharu mendengar jawaban anaknya. Ketika Ibrahim sudah berteguh hati untuk melaksanakan perintah Allah menyembelih Ismail, setanpun datang untuk menghalang-halanginya. Pertama Iblis membujuk Ibrahim untuk mengurungkan niatnya. Ibrahim tetap pada pendiriannya yaitu melaksanakannya. Lalu Iblis mendatangi Hajar agar tak merelakan anak satu-satunya dikorbankan. Namun Hajar tetap teguh dalam keyakinannya, sabar dalam menerima ujian dari Allah. Kemudian Iblis mendatangi Ismail dan membujuknya agar tidak mau dikorbankan. Ismail yang mengetahui bahwa yang membujuknya adalah Iblis segera mengambil batu dan melemparkannya ke arah Iblis sambil berkata, "Pergilah engkau! Terkutuklah engkau!" Kini perbuatan Ismail melempar batu diabadikan Allah menjadi salah satu kegiatan dalam ibadah haji, yaitu melempar jumrah. Ketika pedang Ibrahim siap memotong leher Ismail, tiba-tiba tubuh Ismail diganti malaikat jibril dengan seekor kambing yang besar. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 10Zulhijah dan kini sunah Nabi Ibrahim ini diteruskan dengan penyembelihan kurban setiap hari raya Idul Adha.

Gambar 8.2 Kakbah di tengah padang pasir

Setelah peristiwa penyembelihan tersebut, Nabi Ibrahim A.S. diperintah untuk mendirikan Kakbah. Hak itu kemudian diberitahukan kepada Ismail. Ismail pun menyetujuinya. Keduanya sepakat untuk membangun Kakbah yang akan digunakan untuk beribadah. Mereka mendirikan Kakbah dengan tangan mereka sendiri. Diangkatnya batu dan pasir serta bahan-bahan lain dengan tenaga yang ada. Setiap selesai bekerja mereka berdoa, "Ya Allah, terimalah amalan kami. Sungguh Engkau maha mendengar lagi maha mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami dan keturunan kami sebagai umat yang tunduk dan patuh kepada Engkau." Setelah bangunan selesai, Allah mengajarkan kepada Nabi Ibrahim A.S. dan Nabi Ismail tata cara beribadah kepada Allah. Nabi Ismail meninggal dalam usia 137 tahun dimakamkan di Mekah dekat Hijir, di samping makam ibunya.

I’lam / Ketahuilah
Kakbah adalah bangunan suci di Masjidil Haram sebagai kiblat bagi umat Islam ketika melaksanakan salat.

Muhasabah / Mawas diri
Sudahkan kamu memahami kisah Nabi Ismail A.S? Coba ceritakan kisahnya di depan kelas kepada temantemanmu Amalul Fasl / Tugas Sekolah

A. Tulislah b jika pertanyaan berikut benar, dan s jika salah! N Pertanyaan b/s o 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nabi Ibrahim A.S. dilahirkan di kota Mesir Ayah Nabi Ibrahim bernama Azar Raja Namrud dan rakyatnya menyembah matahari Nabi Ibrahim A.S. dendam karena diusir

ayahnya Raja Namrud adalah Raja kerajaan Babilonia yang bijaksana Nabi Ibrahim hijrah ke palestina untuk

berdagang Nabi Ismail adalah putra Nabi Ibrahim dari ibu yang bernama Siti Hajar Nabi Ibrahim dibakar tidak hangus karena memakai baju besi Nabi Ismail adalah anak yang taat kepada

orang tua 10 Nabi Ibrahim ketika masih bayi hidup di gua B. Isilah kotak teka-teki silang berikut ini! Kerjakan bersama teman-temanmu! 1. Nabi Ibrahim berdakwah kepada raja .... 2. membuat .... 3. penyembah .... 4. 5. kota .... 6. 7. Kiblat umat Islam adalah .... Ketika Palestina di landa wabah penyakit, Raja Namrud adalah raja dari kerajaan .... Negeri Babilonia sekarang berada di Raja Namrud dan rakyatnya adalah Pekerjaan ayah Nabi Ibrahim adalah

Ibrahim hijrah ke ....

8.

Nabi Ibrahim memindahkan siti Hajar

dan bayi Ismail ke suatu daerah yang tandus dan gersang. Kota tersebut adalah .... 9. bernama .... 10. .... 11. Kota suci umat Islam adalah .... Putra Nabi Ibrahim dari Siti Hajar adalah Putra Nabi Ibrahim dari Siti Sarah

2

N A
3

4 6 7 8 9

B I I B R A H I M

Amalul Bait / Tugas Rumah
1. berikut ini ! Tulislah nama-nama 25 Nabi pada kolom

2. Carilah buku tentang kisah Nabi, kemudian buatlah rangkuman tentang kisah Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S pada buku tugasmu ! Khulasah / Rangkuman 1. Nabi Ibrahim A.S. putra Azar (tarih) bin Tahur. 2. Ayah Nabi Ibrahim A.S. bekerja sebagai pembuat patung kerajaan. 3. Nabi Ibrahim A.S. hidup pada masa Raja Namrud, yang memerintah di Babilonia. 4. Mukjiyat Nabi Ibrahim A.S. adalah beliau dibakar tidak mempan atau hangus. 5. Nabi Ibrahim mempunyai putra Nabi Ismail dari ibu Siti Hajar. 6. Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail keduanya sepakat untuk membangun Kakbah.

Kalimah Muhimmah / Kata Penting
1. 2. 3. zam-zam Khalilullah Namrud : Kekasih Allah : Raja yang zalim dan kejam

Zam-zam : Kumpul-kumpul ! sekarang air

4. 5.

Kakbah

: Kiblat umat islam seluruh dunia : Hari raya kurban

Aidul Adha

Al Isti’ab / Uji Kompetensi
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar! 1. Percaya adanya rasul-rasul Allah adalah rukun iman ke ..... a. 1 2. raja .... a. Abraham 3. sebagai ..... a. Peternak b. Pedagang 4. a. unta b. Sapi 5. jejak kaki Nabi .... a. Sulaiman A.S. 6. Ibrahim adalah .... a. berpuasa di bulan zulhijah b. melaksanakan ibadah haji c. menyembelih anaknya, Ismail d. berdakwah kepada Raja Namrud 7. Berikut ini yang merupakan mukjiyat Nabi Ibrahim A.S. adalah ... a. dapat berbicara dengan bahasa binatang b. dibakar tidak hangus c. Ismail A.S Ujian yang paling besar bagi Nabi b. Muhammad SAW.. d. Iskak A.S. c. Pembuatan patung d. Domba Ketika c. Keledai d. domba/kambing Air zam-zam adalah berasal dari akan disembelih, Allah b. Namrud Ayah c. Qitfir Nabi d. Saljam Ibrahim bekerja b. 2 Nabi c. 3 Ibrahim A.S d. 4 hidup masa

mengganti Nabi Ismail dengan ....

c. dapat menghidupkan orang yang telah mati d. dapat mengendarai angin 8. bernama .... a. Siti Asyiah b. Siti Sarah 9. Islam berada di kota .... a. Madinah 10. a. al-Baqarah ayat 2 b. At-Taubah ayat 114 c. al-Ma'idah ayat 3 d. al-Fil ayat 5 B. singkat dan benar! 1. 2. 3. bernama .... 4. pilihan .... 5. hidup di .... 6. 7. 8. kurban dengan .... Zam-zam artinya .... Air zam-zam berada di kota .... Nabi Ibrahim A.S. melaksanakan Ketika masih bayi Nabi Ibrahim A.S. Nabi Ibrahim menikahi Hajar atas Nabi Ismail A.S. adalah putra dari .... Nabi Musuh Ismail A.S. bersama Ibrahim Nabi A.S. Isilah titik-titik berikut dengan b. Mekah Nabi c.Irak Ibrahim d. Mesir A.S. sungguh, c. Siti Hajar d. Siti Khadijah Kakbah adalah kiblat bagi umat Istri pertama Nabi Ibrahim A.S.

sangat penyantun. Terdapat dalam AlQur'an surat ....

Ibrahim a.s membangun .... Nabi

9. adalah .... 10.

Rukun Nabi

iman Ibrahim

yang A.S.

keempat

melaksanakan

kurban pada tanggal ... zulhijah C. Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan benar! 1. Ketika masih bayi Nabi Ibrahim disembunyikan dalam gua. Bagaimana kelangsungan hidup Nabi Ibrahim A.S. ketika berada di gua tersebut? Jelaskan! 2. 3. A.S.! 4. Nabi 5. Ibrahim A.S. tersebut? Jelaskan asal usul Zam-zam! Bagaimana jawaban Ismail ketika menjelaskan perihal mimpinya Apa yang diperintahkan Nabi Allah kepada Nabi Ibrahim A.S. terhadap anaknya, Ismail? Jelaskan mukji'at Ibrahim

Keesokan harinya orang-orang datang untuk menyembah berhala di tempat pemujaan. Mereka terkejut karena berhala-berhala itu telah hancur. Tuduhan perusak langsung ditujukan pada Nabi Ibrahim, karena hanya dialah yang tidak mau menyembahnya.

Gambar 9.3 Nabi Ibrahim di bakar di atas tumpukan kayu dengan api yang berkobar-kobar

Raja Namrud lalu mencari Nabi Ibrahim, agar dia bertanggung jawab atas perilakunya. Setelah diketemukan, Nabi Ibrahim mendapat hukuman dibakar hidup-hidup di atas tumpukan kayu dan api yang berkobar-kobar. Tetapi Allah SWT. menurunkan mukjizat-Nya kepada Nabi Ibrahim sehingga dia tidak terbakar oleh api bahkan selamat. Cobaan yang dihadapi oleh Nabi Ibrahim sangat luar biasa, namun beliau menghadapi dengan keberanian dan kesabaran. Atas keberanian dan kesabaran yang tinggi dalam menghadapi tantangan dan cobaan itu Nabi Ibrahim A.S. tergolong Nabi dan Rasul Ulul Azmi. Nabi Ulul Azmi adalah Nabi yang mempunyai ketabahan dan kesabaran luar biasa dalam mengemban syiar dari Allah SWT.

I’lam / Ketahuilah Salah satu mukjizat terbesar Nabi Ibrahim adalah di bakar tidak mempan 4. Nabi Ibrahim taat atas perintah Allah SWT.

Petunjuk dan perintah Allah SWT semua dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim A.S. dengan baik dan optimis. Mulai dari hijrah ke negeri Kan'an, membawa Siti Hajar dan putranya ke Kota Mekah, dan memperbaiki Kakbah, berhaji, hingga berkurban. Ada satu perintah dari Allah yang terberat, yaitu menyembelih putranya bernama Ismail. Perintah itu datang melalui mimpi. Walaupun mendapat godaan dari setan beliau tetap taat melaksanakan. Berkat ketaatan tersebut Allah menyelamatkan Ismail dengan mengganti dengan seekor kambing. Perilaku yang dapat diteladani dari Nabi Ibrahim A.S. yaitu: a. Tidak menyekutukan Allah SWT dan menyembahnya. b. Tegas membela kebenaran. c. Berdakwa tanpa kenal lelah dan putus asa. d. Taat menjalankan perintah Allah SWT. e. Ikhlas dalam beramal dan tidak mengharap imbalan dari orang lain.

B. Meneladani Perilaku Baik Nabi Ismail A.S
Semenjak kecil Nabi Ismail A.S. dikenal sebagai anak yang taat dan mandiri. Dia tidak mau menyusahkan orang tua, jujur, sabar dan rela berkorban. Ketika Nabi Ibrahim A.S. membangun Kakbah, Nabi Ismail A.S. ikut membantu ayahnya. Ketaatan luar biasa Nabi Ismail A.S. ditunjukkan dengan menyuruh ayahnya melaksanakan perintah Allah SWT. untuk menyembelihnya. Setanpun selalu menggoda, tetapi dapat dielakkan, ia ikhlas dan rela hati menerima cobaan berat itu.

Besarnya keyakinan atas kekuasaan Allah SWT menyebabkan ia tidak pesimis menjalankan apa yang diperintahkan oleh ayahnya. Dia adalah anak yang berbakti pada orang tua dan umat yang taat pada Sang Pencipta. Perilaku yang dapat diteladani dari Nabi Ismail yaitu: a. Taat yang berbakti kepada ibu bapaknya. b. Sabar dan tabah menghadapi cobaan. c. Taat pada perintah Allah SWT. d. Gemar berbuat kebijakan.

Muhasabah / Mawas Diri
Salah satu perilaku baik dari Nabi Ismail A. S. yang layak di contoh adalah taat dan patuh kepada orang tua. Sudahkah kamu mencontoh perilaku Nabi Ismail A. S. ?

Amalul Fasl / Tugas Sekolah
Nyatakan sikapmu dengan mengisi titik-titik dengan jawaban setuju atau tidak setuju! 1. Kita boleh membantah perintah pak Guru .... 2. Jika azan berkumandang kita lanjutkan dengan bermain .... 3. Perintah orang tua harus kita laksanakan .... 4. Melaksanakan salat pada waktunya .... 5. Uang saku yang lebih sebaiknya kita tabung ....

Amalul Bait / Tugas Rumah
Ceritakan kembali dengan bahasamu sendiri tentang perilaku baik Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S. Tulislah di selembar kertas folio, kemudian bacakanlah hasil tulisanmu di depan kelas!

Khulasah / Rangkuman
Perilaku baik yang dapat kita ambil dari kisah Nabi Ibrahim A.S., yaitu: a. Tidak menyekutukan Allah SWT. dan menyembahnya. b. Tegas membela kebenaran. c. Berdakwa tanpa kenal lelah dan putus asa. d. Taat menjalankan perintah Allah SWT. e. Ikhlas dalam beramal dan tidak mengharap imbalan dari orang lain. Perilaku baik yang dapat kita ambil dari kisah Nabi Ismail A.S., yaitu: a. Taat yang berbakti kepada ibu bapaknya b. Sabar dan tabah menghadapi cobaan c. Taat pada perintah Allah SWT d. Gemar berbuat kebijakan.

Kalimah Muhimmah./ Kata Penting
1. Sabar 2. Cerdas 3. Berani 4. Taat : : : : tabah dan kuat menghadapi cobaan. pandai dan kreatif serta aktif. kemauan keras dan tidak malu. patuh terhadap perintah.

Al Isti’ah / Uji Kompetensi
A 1. Berilah tanda silang (X) pada jawaban Ayah Nabi Ibrahim menyembah .... c. matahari d. bulan c. Nabi Musa A.S. d. Nabi Isa A.S. c. kekuasaan d. nabi c. tiga d. empat c. Dawud d. Namrud

yang paling benar! a. Tuhan b. berhala 2. a. Nabi Ibrahim A.S. b. Nabi Ismail A.S. 3. a. keagungan b. Tuhan 4. a. satu b. dua 5. a. Abrahah b. Fir'aun 6. SWT. a. Kan'an b. Mekah 7. a. jujur b. sombong 8. a. Nabi Adam A.S. b. Nabi Luth A.S. 9. .... c. Mesir d. Madinah c. taat pada orang tua d. rela berkorban c. Nabi Ibrahim A.S. d. Azar

Dibakar tidak mempan ialah mukjizat ....

Menurut Nabi Ibrahim A.S. bulan bukanlah ....

Percaya kepada rasul termasuk rukun iman ke ....

Musuh Nabi Ibrahim A.S. adalah raja....

Nabi Ibrahim A.S. hijrah ke ... atas perintah Allah

Nabi Ismail A.S. mempunyai sifat di bawah ini, kecuali ....

8. Nabi Ismail A.S. adalah putra ....

Perintah Allah kepada Ibrahim A.S. yaitu menyembelih

a. kambing b. istrinya 10. oleh Allah dengan a. sapi b. kambing B 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Allah. 10. C

c. Kerbau d. putranya

Ketika akan disembelih, Nabi Ismail A.S. diganti c. unta d. kerbau Isilah titik-titik di bawah ini dengan Nama ayah Ibrahim A.S ....... Musuh Nabi Ibrahim A.S Mukjizat Nabi Ibrahim A.S Nabi Ibrahim A.S. mencari Tuhannya dengan .... Bintang, bulan dan matahari bukanlah .... Pencipta alam semesta adalah .... Nabi Ismail A.S. hamba Allah yang .... Mukjizat Nabi Ismail A.S. yaitu .... Nabi Ibrahim A.S. membangun ... atas perintah Orang yang menyekutukan Allah disebut .... Jawablah pertanyaan di bawah ini

jawaban yang benar!

dengan benar! 1. Apakah yang dimaksud berani? Jelaskan! 2. Apakah yang dimaksud taat? Jelaskan! 3. Apakah pengertian mukjizat itu? 4. Apakah yang dapat diteladani dari Nabi Ibrahim A.S. dan Nabi Ismail A.S.? 5. Sebutkan nama Rasul yang tergolong Rasul Ulul Azmi!

Tanbih / Perhatikan

Mukadimah / Pendahuluan
Pada pelajaran yang lalu, kamu telah mempelajari ketentuan salat yang meliputi : rukun salat, sunah-sunah salat, syarat wajib, dan syarat sah salat, dan hal-hal yang membatalkan salat. Setelah selesai salat, umat Islam dianjurkan untuk melakukan zikir dan berdoa kepada Allah. Walaupun tidak termasuk rangkaian dalam ibadah salat, zikir dan doa setelah salat merupakan ajaran Rasulullah SAW. Bagaimana bacaan zikir dan doa yang diajarkan oleh Rasulullah? Untuk itu ikutilah pembahasan tentang zikir dan doa sesudah salat, berikut ini!

A

Zikir Setelah Salat

Zikir artinya mengingat. Adapun yang dimaksud zikir disini adalah mengingat Allah dengan menyebut namanamanya atau dalam pengertian lain, zikir adalah mengingat Allah dengan membaca kalimat Tayibah, seperti Subhanallah, Astagfirullah, Allahu Akbar, Alhamdulillah, La ilaha illallah, dan sebagainya.

I’lam / Ketahuilah
Kalimat tayibah adalah kalimat yang baik. Maksudnya adalah kalimat yang mengandung pengampunan terhadap Allah SWT. Berzikir kepada Allah banyak sekali manfaatnya, antara lain:

1. Sarana mendekatkan diri (Taqarub) kepada Allah SWT. 2. Hati akan menjadi tenang dan tentram. Sehubungan dengan manfaat zikir, Allah SWT. berfirman:

 

   



  

  
Artinya: "Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram" : (Q.S. Ar-Ra'd/13:28). Adapun keadaan zikir sesudah salat antara lain sebagai berikut. 1. Membaca istigfar 3 kali

Artinya: "Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Besar, yang tidak ada Tuhan selain Dia. Yang senantiasa hidup lagi yang mengurus segala sesuatu dengan sendiri-Nya, dan saya bertobat kepada-Nya". Setelah membaca istigfar dilanjutkan membaca:

Artinya : “Ya Allah, Engkaulah Zat yang mempunyai keselamatan, dari Engkaulah keselamatan, kepadaMulah kembalinya keselamatan, maka hidupkanlah kami dengan keselamatan, dan masukkanlah kami ke surga (Darussalam), Maha berkah Engkau Tuhan kami yang Maha luhur".

Uswatun Hasanah / Teladan

Rasulullah SAW. membaca istigfar (meminta ampun) setiap harinya tidak kurang dari 100 kali. 2. Membaca tasbih 33 kali

‫ﺳﺑﺣﺎﻥﺍﻟﻟﻪ‬
Artinya : “Maha suci Allah”. 3. Membaca Tahmid 33 kali

Artinya : Segala puji bagi Allah. 4. Membaca Takbir 33 kali

Artinya : “Allah maha besar” 5. Membaca Tahlil 10 kali

Artinya : “Tidak ada tuhan selain Allah” Kemudian selanjutnya membaca

Artinya “ Tidak ada Tuhan selain Allah dengan sendiri-Nya, tidak ada sekutu bagi-Nya, baginyalah kerajaan dan bagi-Nyalah pujian, yang menghidupkan dan yang mematikan, dan dia maha kuasa atas segala sesuatu”. 6. Membaca Hauqalah

Artinya : “Tidak ada daya kekuatan, melainkan dari Allah yang maha Tinggi lagi maha besar”.

Muhasabah/Mawas Diri
Sudahkah kamu berzikir setiap selesai salat? Bagaimana perasaanmu setelah membaca zikir tersebut ?

B

Membaca Doa Sesudah Salat

Setelah membaca zikir dilanjutkan berdoa kepada Allah. Doa artinya memohon. Maksudnya adalah memohon kepada Allah untuk memperoleh karunia dan keridaan-Nya. Bagi orang yang beriman doa sangatlah penting sebab doa termasuk ibadah, bahkan menjadi inti dari ibadah itu sendiri. Rasulullah SAW. bersabda:

Artinya: Dari Anas bin Malik, dari Nabi SAW., bersabda: "Doa adalah intinya ibadah". (H.R. at-Tirmizi) Selain itu do'a merupakan senjata bagi orang yang beriman. Dengan banyak berdoa kita akan memperoleh perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Disebutkan dalam sebuah maqalah yang berbunyi:

Artinya: "Doa adalah senjata bagi orang-orang yang beriman". (Tanqihul Qoul : 24) Jika kita menginginkan sesuatu hendaklah berdoa kepada Allah. Setiap doa, yang kita panjatkan hendaklah diikuti dengan usaha yang sungguhsungguh. Sebab doa yang dikabulkan Allah adalah doa yang diikuti dengan perbuatan. Misalnya, jika kita ingin pandai hendaklah selain berdoa, kita harus rajin belajar. Jika kita ingin kaya hendaklah banyak bekerja dan rajin menabung. Dan jika kita ingin diampuni Allah hendaklah kita mohon ampun dan berhenti berbuat dosa.

Sebelum berdoa hendaklah membaca Taawuz, Basmalah, Hamdalah dan Salawat Nabi Muhammad SAW. Kemudian berdoa sesuai dengan yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh bacaan doa sesudah salat berikut ini!

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebuf nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam. Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarganya, para shahabatnya, dan semua pengikutnya': Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa antara lain sebagai berikut. 1. Doa mohon ampun untuk diri sendiri dan orang tua

Artinya: "Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil". 2. Doa mohon diberi ilmu dan kepahaman

Artinya: "Ya Allah, tambahilah aku ilmu dan berilah aku kepahaman':

3.

Mohon kebaikan hidup didunia dan di akhir

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka". Setelah berdoa kita akhiri dengan membaca Salawat dan Hamdalah, yaitu sebagai berikut.

Artinya: "Semoga

Allah

memberi

keselamatan

kepada

(junjungan kami) Nabi Muhammad, keluarganya, para sahabatnya, dan semua pengikutnya. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam".

Muhasabah / Mawas Diri
Sudahkah kamu hafa/ doa sesudah salat? Coba tunjukkan hafalanmu di depan teman-temanmu!

C Shalat

Melaksanakan Dzikir dan Doa Sesudah

Siswa kelas 4 Sekolah Dasar rajin melaksanakan salat lima waktu. Setiap selesai pelajaran mereka melaksanakan salat zuhur secara berjamaah. Setelah salam mereka melakukan zikir dan berdoa sebagaimana dibimbing oleh bapak atau ibu guru. Setelah berdoa mereka saling bersalaman penuh keakraban. Kemudian mereka pulang ke rumah masing-masing dengan hati yang senang dan gembira.

Di sore hari, anak-anak belajar AI-Qur'an di TPQ atau TPA. Sebelum acara mengaji dimulai, mereka melaksanakan salat Asar secara berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan membaca zikir dan berdoa dipimpin oleh Ustaz atau Ustazah.

Gambar 10.1 Setelah sholat berzikir

Di malam hari, anak-anak melaksanakan zikir dan doa setelah salat bersama orang tua mereka masing-masing, yaitu ketika salat Magrib, Isya' dan Subuh. Hati anak-anak menjadi tenteram karena terbiasa melakukan zikir dan membaca doa dan mereka merasa dekat dengan Allah SWT. Orang-orang yang banyak melakukan zikir dan berdoa, menyadari bahwa dirinya adalah makhluk yang lemah, tidak memiliki apa-apa. Sebab apa yang dimiliki termasuk dirinya adalah sebenarnya milik Allah SWT. Harta benda dan ilmu pengetahuan yang kita miliki adalah titipan Allah. Oleh karena itu, orang yang banyak berzikir dan berdoa kepada Allah akan terhindar dari sifat sombong.

Istifham / Pertanyaan
Sudahkah kamu terbiasa melaksanakan zikir dan doa setelah salat? Apakah yang kamu rasakan setelah membaca zikir dan doa? 1. Tulislah huruf "S" jika kamu setuju dan "TS" jika tidak setuju pernyataan berikut! No Pernyataan S TS . 1. Berdoa adalah mengangkat kedua

2.

tangan kepada Allah Orang yang enggan atau tidak mau berdoa termasuk orang yang sombong. Berzikir artinya mengingat Allah dengan membaca kalimat tayibah. Orang yang banyak berzikir hatinya gelisah. Doa adalah senjata bagi orang yang beriman Allah hanya menerima doa orang yang kaya. Untuk memohon ampun kepada Allah hendaklah kita membaca “Alhamdulillah”. Meskipun tidak wajib, melakukan zikir dn berdoa sesudah shalat adalah sangat penting. “La haula wala quwwata illa billail aliyyil azim” disebut kalimat tahlil. Sebelum berdoa hendaklah kita memuja Allah dengan membaca tahmid atau hamdalah. 2. Lengkapilah titik-titik berikut ini sehingga menjadi bacaan zikir, kemudian bacalah di depan teman sebangkumu dengan suara nyaring!

3. 4. 5. 6. 7.

8.

9. 10.

Amalul Bait / Tugas Rumah I. Rangkailah kata-kata dalam kotak berikut ini, sehingga menjadi urutan yang benar kemudian bacakan di depan orang tuamu dengan suara nyaring!

II.

Wawancara Berkunjunglah kepada tokoh agama di lingkunganmu, dan bertanyalah mengenai kalimat berikut ini! 1. Adab atau tatacara berzikir, 2. Adab atau tatacara berdoa, dan 3. Doa siapa saja yang dikabulkan oleh Allah. Tulislah hasilnya dalam buku tugas dan kumpulkan kepada guru untuk dinilai!

Khulasah / Rangkuman
1. Setelah melaksanakan salat fardu dianjurkan untuk zikir dan berdoa kepada Allah SWT. 2. Zikir dengan membaca: a. Istigfar 3 x b. Tasbih 33 x c. Tahmid 33 x d. Takbir 33 x e. Tahlil 10 x 3. Berdoa kepada Allah jangan lupa membaca: a. Salawat Nabi b. Hamdalah c. Kalimat doa d. Minta ampunan

Kalimat Muhimmah / Kata Penting
1. Zikir Allah 2. Doa 3. Wirid : memohon kepada Allah : bacaan kalimah Tayibah : membaca kalimah Tayibah untuk mengingat

Al Imtihan Fil Marhalatis Saniyah / Latihan Semester 2 A. 1. a. wali b. Allah 2. b. ampunan 3. .... a. pujian b. azan 4. Bacaan zikir a. segala puji bagi Allah b. Allah Maha Esa Allah 5. a. bekerja b. belajar 6. a. putus asa b. kikir 7. sesudah .... a. salat magrib b. salat isya 8. banyak .... c. salat subuh d. salat lima waktu Selain rajin belajar, seorang siswa juga harus orang yang .... c. sombong d. kikir Waktu berdoa yang paling baik adalah Doa adalah intinya .... c. berusaha d. ibadah Orang yang tidak mau berdoa termasuk c. iqaman d. doa artinya .... c. Allah Maha Esa d. tidak ada Tuhan selain Bacaan zikir a. kesehatan Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d Berdoa adalah memohon kepada .... c. malaikat d. nabi berisi permohonan .... c. keselamatan d. kebaikan Setelah salat tidak lupa membaca zikir dan di depan jawaban yang benar!

a. beristighfar b. berdoa 9. a. kuat b. pandai 10. a. istigfar b. tahlil B. fardu disebut .... makhluk yang ....

c. berpikir d. melamun

Berdoa kepada Allah menunjukkan kita c. lemah d. bijaksana Amalan setelah salat fardu sebelum salat c. tasbih d. zikir atau wirid

Isilah titik-titik berikut dengan benar!

1. disebut bacaan .... 2. Dengan membaca zikir hati akan menjadi .... 3. Membaca setelah salat sebanyak ... Kali. 4. Mengawali dan mengakiri doa dengan membaca kalimat .... 5. disebut bacaan

6. artinya .... 7. kelanjutannya adalah .... 8. Zikir adalah mengingat .... 9. 10. artinya .... C. 1. 2. 3. disebut bacaan .... kata yang bergaris bawah

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! Apakah yang dimaksud dengan zikir? Sebutkan manfaat berzikir kepada Allah! Bagaimana agar dosa yang kita lakukan

mendapat ampunan dari Allah?

4. 5. akhirat!

Tulislah doa mohon ampunan untuk diri sendiri Tulislah doa mohon kebaikan di dunia dan di

dan orang tua!

Al Imtihan Fil Marhalatis Saniyah / Latihan Semester 2
A. 1. a. Hali b. Mekkah 2. a. manusia b. nikmat yang banyak 3. a. Al-Asr b. An-Nasr 4. disamping adalah .... Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d Surat An-Nasr diturunkan di kota .... c. Madinah d. Mesir Al-Kautsar artinya .... c. pertolongan d. waktu adalah bagian dari surat.... c. Al-Kautsar d. Al-Maun kelanjutan ayat

di depan jawaban yang benar!

5. a. pertama b. kedua 6.

Nama Al-Kautsar diambil dari Surat Alc. ketiga d. keempat

Kautsar ayat ....

Kelanjutan ayat di atas adalah...

7.

Pada kata terdapat huruf dal sukun, maka

harus dibaca memantul atau disebut bacaan .... a. Izhar Halqi b. Izhar Qomariyah 8. a. Idgam b. Izhar 9. ada .... a. 10 b. 20 10. a. Malik b. Israfil 11. a. manusia b. jin 12. a. Jibril b. Mikail 13. a. jin b. setan 14. a. mencatat amal buruk b. menyampaikan wahyu kepada para nabi dan berbuat maksiat adalah c. malaikat d. manusia Malaikat Jibril tugasnya adalah .... manusia bernama .... c. Malik. d. Ridwan Makhluk Allah yang patuh dan tidak pernah cahaya adalah .... c. setan d. malaikat Malaikat yang tugasnya mencatat amal baik manusia adalah .... c. Izrail d. Ridwan Makhluk Allah yang diciptakan dari nur atau c. 20 d. 30 Malaikat yang bertugas mencabut nyawa c. Qalqalah Sugra d. Qalqalah Kubra adalah kumpulan huruf.... c. Qalqalah d. Ikhfak Malaikat yang wajib diimani atau diketahui

‫ﻗﻁﺏﺠﺩ‬

rasul c. membagi rezeki seperti menurunkan hujan d. memberi pertanyaan kepada orang yang ada di dalam kubur 15. adalah .... a. Malaikat Jibril b. Malaikat Mikail 16. a. Mesir b. Mekah 17. a. petani b. peternak 18. a. Fir'aun b. Namrud 19. perintah Allah Nabi Ibrahim mendapat gelar .... a. Ruhullah b. Khalilullah 20. b. ruh Allah 21. dari Nabi Ibrahim, kecuali a. kerelaan mengurbankan sesuatu yang dicintainya b. ketaatan dalam melaksanakan perintah Allah c. keberanian beristri lebih dari satu a. hamba Allah c. Kalimullah d. Rasulullah c. Rasul Allah d. kekasih Allah Berikut ini adalah sikap yang dapat diteladani Khalilullah artinya .... c. Malaikat Ridwan d. Malaikat Malik c. Babilonia (Irak) d. Syam (Syiria) Ayah Nabi Ibrahim bekerja sebagai .... c. pembuat patung d. pandai besi . Nabi Ibrahim hidup pada masa raja .... c. Saljam d. Abrahah Karena keikhlasannya dalam melaksanakan Malaikat yang memiliki sifat lemah lembut

Nabi Ibrahim lahir di kota ....

d. kegigihan dalam berdakwah 22. Putra Nabi Ibrahim dari istri yang bernama c. Nabi Ismail A.S. d. Nabi Zakaria A.S. Hajar adalah .... a. Nabi Yakub A.S. b. Nabi Ishak A.S. 23. keluar akibat gerakan kaki a. Nabi Adam A.S. b. Nabi Ibrahim A.S. 24. b. Siti Asiyah 25. a. Siti Zulaikha c. Nabi Ismail A.S. d. Malaikat Jibril A.S. c. Siti Aisyah d. Siti Sarah Berikut ini adalah sikap yang dapat kita teladani

Zam-zam adalah sumber mata air yang

Istri pertama Nabi Ibrahim A.S. bernama ....

dari kisah Nabi Ibrahim A.S., kecuali .... a. berbakti kepada orang tua b. sabar dalam melaksanakan Allah c. ketaatan kepada perintah Allah d. tidak mau bergaul dengan tetangga 26. a. mengingat b. merenung 27. a. mengabdi c. memohon 28. membaca .... a. Tahlil b. Tahmid 29. a. Istigfar c. Tasbih d. Istigfar disebut bacaan .... c. Tahlil Zikir artinya adalah... c. berpikir d. berdiam diri Secara bahasa doa artinya adalah .... c. menyembah d. memuji Memohon ampun kepada Allah dengan

b. Tasbih 30. .... a. Tahmid/hamdalah b. Hauqalah

d. Tahmid disebut bacaan c. Tasbih d. Tahlil

B. benar! 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. .... 10. C.

Isilah titik-titik berikut dengan singkat dan Surat al-Asr terdiri atas ... Ayat. An-Nasr artinya .... Surat al-Kausar berisi tentang perintah melaksanakan ... Malaikat yang bertugas menjaga pintu surga adalah .... Malaikat Israfil bertugas .... Malaikat tidak pernah berbuat maksiat karena tidak Ayah Nabi Ibrahim A.S. bernama .... Nabi Ibrahim membangun kakbah bersama putranya yang Orang yang tidak mau berdoa kepada Allah termasuk orang Setelah salat hendaknya membaca ... dan berdoa. Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan

dan ....

memiliki ....

bernama

benar! 1. 1. Bagaimana bunyi Surat al-KauSar ayat pertama? 2. Sebutkan 5 nama malaikat beserta tugasnya? 3. Apa yang dapat kita teladani dari Nabi Ibrahim A.S.? 4. Apa yang dapat kita teladani dari Nabi Isamail A.S.? 5. Tulislah doa mohon kebaikan di dunia dan di akhirat yang sering dibaca dalam doa setelah salat?

Al-Maraji / Daftar Pustaka
A. Warson Munawir. 1984. Kamus Arab Indonesia. Yogyakarta. Abdullah Salim. 1986. Akhlak Islam Membina Rumah Tangga dan Masyarakat. Jakarta: Media Dakwah. Abu Hamid al-Gozali. 1334 H. Ihya' Ulum ad-Din. Kairo. Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Jakarta: CV. Karya Insan Indonesia (KARINDO). ------------------------------. 2004. Ensiklopedi Islam. Jakarta. ------------------------------. 2006. Kurikulum Standar Isi. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus BesarBahasa Indoensia. Jakarta: Balai Pustaka. Hamka. 1992. Pelajaran Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Harun Nasution. 1992. Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta: Djambatan. Muh. Rifai. Drs. 1994. Fiqih. CV. Semarang: Wicaksana. Muslim. 1993. Sahih Muslim. Jakarta: Widjaya. Nazruddin Razaq. 1983. lbadah Salat Menurut Sunah Rasulullah. Bandung: PT. Al-Ma'arif. Puskur. Balitbang Depdiknas. 2005. Kurikulum 2005 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD & MI. Jakarta: Depdiknas. Sabiq. Sayid. 1983. Fiqih Sunah Terjemahan 1. Bandung: PT. Al-Ma'arif. Salim Bakhreisy. 1997. Terjemahan Riyadus Salihin 1. Bandung: PT. AI-Ma'arif. Sulaiman Rasyid. 1988. Fiqih Islam. Bandung: Sinar Baru. Tim Annur. 2006. Fiqih untuk MI. Semarang: PT. Aneka Ilmu. Tim Arafah. 2006. Pendidikan Agama Islam untuk SD. Semarang: PT. Aneka Ilmu. Tim Fadlika. 2005. Qur'an Hadis. Semarang: PT. Aneka Ilmu. Tim Jannatika. 2006. Akidah Akhlak. Semarang: PT. Aneka Ilmu. Zaenuri Siraj. 2006. Sejarah Kebudayaan Islam. Semarang: PT. Aneka Ilmu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->