P. 1
presentasi Gas Mulia

presentasi Gas Mulia

|Views: 9,586|Likes:
Published by parliend

More info:

Published by: parliend on Oct 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2013

pdf

text

original

Presentasi Karya Ilmiah

Gas Mulia.

Dipersembahkan oleh:

Aditya Parlindungan Josua Gregory S. Rho Natta Mentari M.

Dalam kondisi standar,, mereka semua tidak berbau, tidak berwarna, Gas mulia merupakan elemen bergolongan 8A, dinamakan gas dan monoatomik dengan reaktivitas yang sangat rendah. Mereka mulia atas analogi (8A) dari "logam mulia", seperti emas, ditempatkan di grup 18 dengantebel periodike (sebelumnya dikenal yang dengan grup 0). 6dengan kekayaan dan kebangsawanan, dan diasosiasikan gas mulia tersebut terdapat di alam dengan bentuk helium (He), neon (Ne), argon yang rendah. Mereka sering radon mempunyai reaktivitas (Ar), krypton (Kr), xenon (Xe), dan juga yang bersifat radioaktif (Rn). sejauh ini, 3 atom dari grup selanjutnya, disebut gas inert, atau gas langka. Tetapi penggunaan nama itu ununoctium (Uuo) telah berhasil disintesis di supercollider, tapi sangat kurang cocok karena telah ditemukan reaksi senyawa dari gas sedikit yang diketahui mengenai elemen ini karena jumlah yang dihasilkan sangat sedikit dan memiliki waktu paruh hidup yang sangat mulia dan Gas Argon cukup melimpah di bumi, sekitar 1% dari pendek atmosfer bumi.

Ciri-Ciri gas mulia Apakahgas mulia. itu?

% composition of noble gases
1

0.5

0

Argon

Neon

Helium

Krypton

Gas mulia tidak memiliki warna

Presentase gas mulia di atmosfer.

Nama-nama gas mulia.

periodic chart.swf

teori modern tentang struktur atom: valensi elektron kulit luar mereka dianggap "penuh", memberi mereka sedikit sekali kesempatan untuk berpartisipasi dalam reaksi kimia, dan hanya beberapa ratus senyawa yang telah disiapkan. Titik didih dan titik leleh gas mulia mempunyai nilai yang dekat, berbeda kurang dari 10 °C (18 °F); yang mengakibatkan mereka berbentuk cairan dalam jangkauan suhu yang pendek
Konfigurasi Elektron pada gas mulia

2

2,8

2,8,8 2,8,18 ,8

periodic chart.swf

Atom gas mulia, seperti atom di kebanyakan grup, bertambah besar diameternya dari satu periode ke peiode selanjutnya karena pertambhan elektron mereka. Ukuran atom berhubungan dengan beberapa sifat. Contohnya, potensi ionisasi berkurang dengan pertambahan radius karena valensi elektron di gas mulia yang lebih besar itu lebih jauh dari nukleus dan juga lebih tidak terpegang oleh atom. Gas mulia mempunya potensi ionisasi terbesar diantara elemen di setiap periode, yang mencerminkan kestabilan konfigurasi elektron mereka dan berhubungan dengan kekurang reaktifan mereka terhadap reaksi kimia. Bagaimanapun, beberapa gas mulia yang lebig berat mempunyai potensi ionisasi yang lebih kecil cukup dibandngkan dengan elemen gas mulia lainnya yang lebih ringan sehingga mereka lebih mudah bereaksi. Contohnya: reaksi pada xenon: xenon hexafluorida

Diagram energi ionisasi.

Xenon Hexafluorida.

Helium.
Sumber. Sejarah
(Yunani Helium merupakan elemen kedua terbanyak di alam helios= matahari). Janssen menemukan bukti semesta. Helium diproses dari gasgerhana matahari total alam keberadaan helium pada saat alam, karena banyak gas tahun yang mengandung gas helium. sebuah garis baru di spektrum 1868 ketika dia mendeteksi Secara spektroskopik helium telah dideteksi sinar matahari. Lockyer dan Frankland menyarankan keberadaannya di bintang-bintang, terutama di bintang yang panas. pemberian merupakan komponen unsur baru tersebut. Pada tahun Helium juga nama helium untuk penting dalam reaksi proton1895, Ramsay menemukanmemberikan bahan bakar matahari proton dan siklus karbon yang helium di mineral cleveite uranium. Pada saat yang bersamaan dan bintang-bintang lainnya. kimiawan Swedia Cleve dan Langlet menemukan helium di cleveite. Rutherford dan Roys pada Pemfusian hidrogen menjadi helium menghasilkan energi yang luar biasa dan merupakan proses yang dapat membuat tidak tahun 1907 menunjukkan bahwa partikel-partikel alpha matahari bersinar secara terus-menerus. Kadar helium di udara lain adalah nukleus helium.
sekitar 1 dalam 200,000. Walau banyak terdapat dalam berbagai mineral radioaktif sebagai produk-produk radiasi, sebagian besar pasokan helium untuk Amerika Serikat terdapat di sumur-sumur minyak Texas, Oklahoma, dan Kansas. Di luar AS, pabrik ekstraksi helium hanya terdapat di Polandia, Rusia dan di India (data tahun 1984). Kandungan helium besar banyak ditemukan di ladang gas alam di Amerika Serikat, yang merupakan penyedia gas terbesar. Helium didapatkan dengan pengembunan udara atmosfer dan penyulingan sebagian.
Sir William Ramsay. Helios.

 Sifat-sifat
 Helium memiliki titik lebur paling rendah di antara unsur-unsur dan banyak digunakan dalam riset suhu rendah (cyrogenic) karena titik leburnya dekat dengan 0 derajat Kelvin. Juga, unsur ini sangat vital untuk penelitian superkonduktor. Dengan menggunakan helium cair, Kurti dkk. beserta yang lainnya telah berhasil mencapai suhu beberapa mikrokelvin dengan proses adiabatic demagnitization nukleus tembaga. Helium memiliki sifat-sifat unik lainnya, yaitu sebagai satu-satunya benda cair yang tidak bisa diubah bentuknya menjadi benda padat hanya dengan menurunkan suhu. Unsur ini tetap dalam bentuknya yang cair sampai 0 derajat Kelvin pada tekanan normal, tetapi akan segera berbentuk padat jika tekanan udara dinaikkan. 3He dan 4He dalam bentuk padat sangat menarik karena keduanya dapat berubah volume sampai 30% dengan cara memberikan tekanan udara. Specifikasi panas helium sangat tinggi. Berat jenis gas helium pada titik didih normal juga sangat tinggi. Molekul-molekul gasnya mengembang dengan cepat ketika dipanaskan ke suhu ruangan. Sebuah bejana yang diisi dengan gas helium pada 5 dan 10 Kelvin harus diperlakukan seakan-akan berisikan helium cair karena perubahan tekanan yang tinggi yang berasal dari pemanasan gas ke suhu ruangan. Secara normal, helium memiliki 0 valensi, tapi ia juga memiliki tendensi untuk menggabungkan diri dengan unsur-unsur lainnya. Cara membuat Helium-3 helium difluorida telah dipelajari dan senyawa HeNe dan ion-ionmerayap melawan He+ dan gravitasi. He+ + juga telah diteliti. Studi cryogenic. Helium-3 memiliki sifat melawan gravitasi dan merayap ke wadah yang lebih sampai permukaan kedua wadah sama

 

kristal silikon dan germanium dan dalam memproduksi titanium dan zirkonium * Sebagai agen pendingin untuk reaktor nuklir * Sebagai gas yang digunakan di lorong angin (wind tunnels) * Bahan pengembang balon Campuran helium dan oksigen digunakan sebagai udara buatan untuk para penyelam dan para pekerja lainnya yang bekerja di bawah tekanan udara tinggi. Perbandingan antara He dan O2 yang berbeda-beda digunakan untuk kedalaman penyelam yang berbedabeda. Helium sangat banyak digunakan untuk mengisi balon ketimbang hidrogen yang lebih berbahaya. Salah satu kegunaan helium yang lain adalah untuk menekan bahan bakar cair roket. Roket Saturn, seperti yang digunakan pada misi-misi Apollo, memerlukan sekitar 13 juta kaki kubik He. Helium cair yang digunakan di Magnetic Resonance Imaging (MRI) tetap bertambah jumlahnya, sejalan dengan ditemukannya banyak kegunaan mesin ini di bidang kesehatan. Helium juga digunakan untuk balon-balon raksasa yang memasang berbagai iklan perusahaanperusahaan besar, termasuk Goodyear. Aplikasi lainnya sedang dikembangkan oleh militer AS adalah untuk mendeteksi peluru-peluru misil yang terbang rendah. Badan Antariksa AS NASA juga menggunakan balon-balon berisi gas helium untuk mengambil sampel atmosfer di Antartika untuk menyelidiki penyebab menipisnya lapisan ozon.

Helium sebagai pengisi balon gas.

Helium sebagai pengangkat zeppelin

Neon.
Sumber. Sejarah.
Neon (Greek νέον(neon) di jagad raya, one/sesuatu yang baru”) berlimpah massanya kelima berarti “New setelah hydrogen, helium, oxygen, ditemukan pada 1898 oleh William di bumi, (1852 - 1916) dan Morris and carbon. Tetapi Neon lumayan langkaRamsay seperti Helium, karena W. Travers (1872-1961) di sifat-sifat tersebut menjaganya dari keinertan dan keringanannya, london, inggris. Neon ditemukan ketika terperangkap di gas yang mengembun dan awan debu menjadi cairan, Ramsay mendinginkan sampel atmosfer sampai dari formasi planetplanet yang memanaskan panas seperti bumi. Banyaknya Neon di jagad raya kemudian lebih kecil dan cairan tersebut dan menampung gas-gasnya. yaitu 1 banding 750. Kapal luar angkasa Galileo menemukan bahwa Tiga gas tersebut adalah krypton, xenon, dan neon. Pada December walaupun di di atmosfer atas Jupiter, neon berkurang dengan faktor 10, untuk 1910, Georges dalam massa. Ini mungkin menunjukkan bahwa Claude membuat lampu dari tube yang dialiri listrik 1 bandng 6,000 dan gas neon . Pada January Neon dari Claude mulai menjual planetesimals es yang membawa19, 1915, luar, terbentuk di daerah yang lampunya ke perusahaan-perusahaan amerika; perusahaan mobil terlalu hangat bagi mereka untuk menjaga jumlah Neon. Neon adalah gas Packard adalah kondisi standar. Neon langka di Bumi, ditemukan di monoatomik padasalah satu yang pertama membelinya.
atmosfer Bumi pada 1 banding 65,000 (dalam volume) atau 1 banding83.000 dalam massa. Neon diproduksi secara Industri dengan cara penyulingan paruh cryogenic dari udara yang diembunkan. Neon sebenarnya berlimpah pada skala jagad raya: elemen paling

Sifat-sifat Neon.

Neon adalah gas mulia kedua yang teringan, berwarna oranye kemerahan di tube vakum yang diberi arus. Menurut penelitian akhir-akhir ini, neon neon merupakan gas mulia yang paling tidak aktif dan yang paling tiak reaktif dari semua elemen. Neon memiliki kapasitas pendinginan 40 kali lebih besar dari helium cair dan 3 kali dari hodrogen cair (berdasarkan volume). Di berbagai penggunaan, Ia lebih murah dibandingkan helium.

Kegunaan Neon.
Zat ini memberikan pendar khas kemerahan jika digunakan di tabung hampa (vacuum discharge tube) dan lampu neon. Sifat ini membuat neon terutama dipergunakan sebagai bahan pembuatan lampu-lampu dan tanda iklan. Neon digunakan di tabung vakum, indikator voltase tinggi, tube pengukur gelombang, tube televisi,dan laser helium-neon. Neon yang dicairkan secara komersial digunakan sebagai pendingin cryogenic dalam aplikasi yang tidak memerlukan suhu yang lebih rendah yang didapatkan dari helium cair yang lebih mahal. Neon cairis sebenarnya lumayan mahal, dan hampir tidak mungkin didapatkan dalam jumlah kecil untuk tes di lab. Untuk jumlah kecil, Neon cair bisa lebih dari 50x lebih mahal dari helium cair. Penyebab mahalnya neon sebenarnya adalah kelangkaan gas ini, bukan proses pengembunannya.

Contoh lampu neon.

Argon.
Metode Cavendish untuk mengisolasi Sumber. Sejarah. Argon.(Bahasa yunani; “tidak aktif," dengan melihat ketidakaktifannya) Argon membuat 0.934% volume dan 1.29% massa dari Argon
dicurigai ada di udara oleh Henry Cavendish(A) yang tapi tidak ditemukan Gas-gas diletakkan di test-tube pada 1785 atmosfer bumi, dan udara adalah bahan mentah utama sampai 1894 oleh Lord Rayleigh dan Sir William Ramsay di Scotlandia pada diberdirikanoleh industri untuk mendapatan produk argon, digunakan di atas alkali lemah dalam jumlah experimen yang mereka lakukan dengan cara menghilangkan semua oxygen yang besardari sampel arus dialirkan di kawat bahwa nitrogen yang dan nitrogen (B), dan udara.produkmendiktekan dari biasanya Argon menjadi Mereka sampingan diproduksi dari tube kaca 1,5% berbentuk U (CC) diisolasi olehsenyawa kimiayang lebih ringan dari than nitrogen from the penyulingan helium dan gas-gas lain yang titik didihnya atmosphere. Perbedaannyadan mungkin tidak terlalu terlihat, tetapi itu cukup yang melewatimenjadikan memutari mulut lebh murah. dari lebih rendah, cairan penting untuk menarik perhatian argon gas yang mereka untuk berbulan-bulan. Mereka test-tube. Ujung dari Platinumdengan(DD) dari menyimpulkan bahwa ada gas lain yang tercampur pada udara lebih Argon didapatkan dari udara dalam fraksinisasi, dengan kabel itu mendapatpenyulingan paruh cryogenic,independen H.F. nitrogen. Argon juga ditemukan padabatere dari penelitian proses umumnya dengan arus dari 1882 melalui lima sel Newall dan W.N. Hartley. Ruhmkorff berukuran menjadi elemen gas mulia pertama yang Grove juga gulungan Argon nitrogen, oxygen, neon, krypton yang dan memproduksi ditemukan.

sedang. dan xenon murni.

Lord Rayleigh. Metode Cavendish.

Kegunaan Sifat-sifat Argon.
Argon digunakan dalam berbagai air yang sama dengan Gas mulia ini memiliki kelarutan dalammacam hal, seperti gas oksigen, fotografi, Argonlarut dibanding gasuntuk pemadam api khusus gas ini dan 2,5 kali lebih juga digunakan nitrogen. Pada keadaan standar, untukseperti gas mulia lainnya, tidak beracun, Argon digunakan sama menghindari kerusakan peralatan. tak berwarna, tak berbau.

karena argon merupakan salah satu gas mulia yang paling Walaupun argon termasuk gas mulia, telah ditemukan bahwa argon murah. Argon juga digunakan oleh konservator museum untuk argon mempunyai kemampuan untuk membentuk suatu senyawa. contohnya, melindungi barang-barang atau dokumen tua, yang bisa hydrofluoride (HArF), senyawa argon dengan fluorine dan hydrogen yang teroksidasi dengan terekspos oleh udara. lumayan stabil, dilaporkan oleh para peneliti dari Universitas Helsinki pada tahun 2000. atmosfer di tungku elektrik grafit, untuk menjaga Sebagai grafit teroksidasi. Juga sebagai gas pengisi pada penerangan, karena argon tidak akan beraksi dengan filamen lampu bahkan pada temperatur tinggi. Argon juga digunakan sebagai atmosfer pada saat pemrosesan metal agar tidak teroksidasi.

Pemadam api Lampu dengan gas argon Argon Argon beku yang meleleh

Pemrosesan metal yang beratmosfer argon

Kripto n.
Sejarah.
Kripton ditemukan oleh Sir William Ramsay dan Morris Travers pada 1898 di residu yang tersisa dari penguapan hampir semua komponen di udara. William Ramsay dihadiahi nobel kimia pada 1904 untuk penemuan beberapa gas mulia, termasuk kripton. Kripton juga digunakan pada 1978 sebagai alat penghisap kekuatan Clark Kent dalam serial Superman.

Sumber.
Kripton terdapat di atmosfer udara secara natural dengan tingat kepadatan 1 ppm. Kripton dapat diisolasikan dari udara dengan cara penyulingan paruh atau cryogenic dari udara cair. Superman.

Sifat-sifat Kripton.
. Cahaya kripton mempunyai banyak garis-garis spektral,
satuan resmi meter di dapat dari panjabng satu garis spektral jingga-merah dari kripton-86. Cahaya kripton berwarna hijau brilian dan spektral jingga, kripton merupakan salah satu produk dai penguraian uranium. Kripton solid berwarna putih dan striktur kubik kristal.

Penggunaan Kripton.

Pengobatan mata.

Kripton biasanya digunakan dalam fotografi berkecepatan tinggi, Bila Kripton dicampur dengan Argon ia akan berungsi sebagai gas pengisi lampu fluorescent hemat energi. Ini menggurangi tegangan dan daya yang dipakai.. Sayangnya, ini juga mengurangi terangnya lampu dan menambah harganya. Harga kripton 100 kali harga argon. Kripton mempunyai peran pentind dalam membuat dan penggunaan laser kripton florida. Laser ini penting dalam penelitian energi fusi nuklir di eksperiman perbatasan. Laser itu memiliki keseragaman sinar yang tinggi, panjang gelombang yang pendek. sinar laser Dugem. juga sering Kripton digunakan di lampu disko dan pengobatan mata.

Xenon Sejarah. .Sumber.
Xenon ditemukan oleh William Ramsay danpada 0.087±0.001 adalah gas di atmosfer bumi, terjadi Morris Travers pada bagian per juta (μL/L), penemuan elemen kripton dan neon. Mereka July 12, 1898, setelah atau kira-kira 1 bagian per 11.5 juta, dan juga ditemukan gas ini dipancarkan dari beberapa sumber air panas. menemukannya di residu tersisa dari komponen yang telah Beebrapa spesies isotop radioaktifnama gas ini xenon 133Xe dan menguap. Ramsay menganjurkan xenon, contohnya, dari bahasa 135Xe, ξένον [xenon], yang berarti ‘tamu’ atau yang ‘tak dikenal'. yunani diproduksi oleh iradiasi oleh materi yang dapat terurai dalam reaktor nuklir. Pada 1902, Ramsay memperkirakan proporsi xenon di atmosfer bumi adalah 1 banding 20 juta. Xenon is didapatkan secara komersial sebagai hasil dari pemisahan dari udara dan oksigen. Setelah pemisahanpenelitian biasanya Pada 1939 Albert R. Behnke Jr. memulai ini, yang tentang dilakukan dengan penyulinganlaut dalam. Ia mengetes variasi “kemabukan” pada penyelam paruh di sumber 2-kolom, oksigen cair yang diproduksi akan mengandung sebagian kecil menemukan xenon. pernafasan campuran udara pada subjeknya, dan krypton dan Dengan langkah penyulingan tambahan, oksigen cair bisa diperkaya penyebab kemabukan mereka. Dari hasilnya, ia menyimpulkan untuk mendapatkan brfungsi sebagai anastetik. Walaupun Lazharev, bahwa xenon dapat 0.1–0.2% campuran krypton/xenon, yang diambil bisa melalui adsorsi melalui xenon anesthesia pada 1941, laporan di Russia, juga mempelajari jel silika atau dengan penyulingan. Akhirnya,yang dipublikasikan mengkonfirmasi xenon anesthesia pertama campuran krypton/xenon bisa dipisahkan menjadi krypton dan xenon dengan oleh J. H. Lawrence, yang bereksperimen pada adalah pada 1946 penyulingan. tikus. Xenon pertama kali digunakan pada operasi pada 1951 oleh Stuart C. Cullen, yang berhasil mengoperasi 2 pasien.

Sifat-sifat Xenon.
Atom dari Xenon didefiniikan memiliki nukleus dengan 54 proton. Pada standar temperatur dan tekanan, gas xenon murni mempunyai massa jenis 5.761 kg/m3, sekitar 4.5 kali massa jenis dari atmosfer permukaan bumi, 1.217 kg/m3. Sebagai cairan, xenon mempunyai massa jenis 3.100 g/mL, dengan massa jenis maksimum terjadi pada titik tripel. Pada kondisi yang sama, massa jenis xenon solid, 3.640 g/cm3, lebih besar dari massa jenis granit, 2.75 g/cm3. Menggunakan ukuran tekanan gigapascal, xenon telah dipaksa untuk mendapatkan bentuk metalik. Xenon juga diketahui merupakan gas mulia pertama yang berhasil dibuat senyawanya, yaitu Xe[PtF6] atau Xenon hexafluoroplatinate dan juga senyawa gas mulia baru lainnya seperti xenon tetrafluoride

Struktur xenon tetrafluoride xenon tetrafluoride

Kegunaan Xenon.
Xenon dipergunakan untuk mengisi lampu sorot, dan lampu berintensitas tinggi lainnya, mengisi bilik gelembung yang dipergunakan oleh ahli fisika untuk mempelajari partikel sub-atom. Xenon digunakan di alat penghasil cahaya yang disebut xenon flash lamps, yang digunakan di lampu sorot fotografi dan lampu stroboscopic untuk mengeksitasi medium yang aktif di laser which yang kemudian menghasilkan cahaya koheren. dan digunakan juga di lampu bakterisidal Laser berkedudukan pertama, ditemukan pada 1960 7. Lampu lengkung Xenon dipompa oleh lampu flash xenon, dan laser digunakan untuk menyalakan batas inerti fusi juga dipompa oleh lampu sorot xenon. Xenon juga digunakan untuk fotografi bawah laut Lampu lengkung xenon untuk fotografi bawah laut menghasilkan sinar dengan intesitas konstan 8.Xenon 5,600 a.u. (1 a.u.=10-8 cm.). Dengan Kamera 16mm yang tahan air dipasang di ujung depan torpedo. tren yang paling signifikan adalah desain dan keadaan peralatan spesial ini untuk para amatir . Lampu lengkung xenon juga terbukti dapat mencegah kebutaan dari diabetis

Lampu lengkung Xenon

Mesin Ion Xenon

Lampu flash Xenon.

Radon.
Sejarah Nama radon berasal dari radium. Radon ditemukan pada tahun 1900 oleh Friedrich Ernst Dorn, yang menggelarnya sebagai pancaran radium. Pada tahun 1908 William Ramsay dan Robert Whytlaw-Gray, yang menamakannya niton (dari bahasa latin nitens berarrti "yang berkilauan"; simbol Nt), mengisolasinya, menenentukan kepadatannya dan mereka menemukan bahwa Radon adalah gas paling berat pada masa itu (dan sampai sekarang). Semenjak 1923 unsur 87 ini disebut Radon.

Sumber
Rata rata, terdapat satu molekul radon dalam 1 x 1021 molekul udara. Radon dapat di temukan di beberapa mata air dan mata air panas. Kota Misasa, Jepang, terkenal karena mata airnya yang kaya dengan radium yang menghasilkan radon. Radon dibebaskan dari tanah secara alamiah, apalagi di kawasan bertanah di Granit. Radon juga mungkin dapat berkumpul di ruang bawah tanah dan tempat tinggal (Namun ini juga bergantung bagaimana rumah itu di rawat dan ventilasinya) Uni Eropa mennentukan bahwa batas aman kandungan radon adalah 400 Bq/ [[meter]3 untuk rumah lama, dan 200 Bq/m3 untuk rumah baru. ‘’Environmental Protection Agency’’ Amerika mennyarankan untuk melakukan tindakan segera bagi semua rumah dengan kepekatan Radon melebihi 148 Bq/m3 (diukur sebagai4 pCi/L). Hampir satu rumah setiap 15 di A.S. mempunyai kadar radon yang tinggi menurut statistik (U.S. Surgeon General) dan EPA mencadangkan agar semua rumah diuji bagi radon. Sejak 1985 di Amerika, jutaan rumah telah diuji kandungan radonnya.

Kegunaan Karakteristik Radon kadang mudah bereaksibeberapa rumah sakit untuk Radon tidak digunakan oleh secara kimia, tetapi beradioaktif, kegunaan adalah gas alami tersebut di peroleh dengan pemompaan radon jugaterapeutik. Radon (senyawa gas terberat adalah dari sumber Radium dan disimpan suhu dan tekanan ruang, disebut tungsten heksaflorida, WF6). Pada daloam tabung kecil yang radon ‘’benih’’ atau ‘’jarum’’. Radon didinginkan hingga membeku, radon tidak berwarna tetapi apabila sudah jarang di gunakan lagi namun, mengingat rumah sakit sekarang bisa mendapatkan benih dari akan berwarna kuning, sedang kan radon cair berwarna merah ‘’supplier’’ yang menghasilkan benih dengan tingkat peluruhan yang jingga. dikehendaki. gas Radon secara alamiah di atsmosfir yang tahan Penumpukanbiasanya digunakan kobalt dan caesium bumi terjadi selama beberapa tahun, sehingga lebih praktis ditinjau dari segi amat perlahan sehingga air yang menyentuh udara bebas terus logistik. kehilangan Radon karena proses “Volatilisasi. Air bawah tanah Karena peluruhannya yang cukup depat. radon juga digunakan mempunyai kandungan Radon lebih tinggi di bandingkan air dalam penyelidikan hidrologi yang mengkaji interaksi antara air permukaan. bawah tanah, anak sungai dan sungai. Peningkatan radon dalam anak sungai atau sungai merupakan petunjuk penting bahwa terdapat sumber air bawah tanah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->