P. 1
Pengembangan Sistem Informasi - Sistem Informasi Penilaian sederhana

Pengembangan Sistem Informasi - Sistem Informasi Penilaian sederhana

5.0

|Views: 3,270|Likes:
Published by Djoko Triw

More info:

Published by: Djoko Triw on Oct 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

SISTEM INFORMASI LAPORAN PENILAIAN MURID SMP (SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA) NEGERI 41 JAKARTA

Oleh: Djoko Tri W (18109011) Tugas mata kuliah Pengembangan Sistem Informasi

Pendahuluan Semakin majunya teknologi informasi khusus dalam bidang informasi, dimana sebuah informasi dapat dikelola dengan baik dalam sebuah sistem terdistribusi yang terstruktur. Pada makalah artikel kali ini merupakan contoh kasus sebuah sistem informasi yang sederhana, yaitu Sistem Informasi Laporan Penilaian Murid pada SMP (Sekolah Menengah Pertama). Laporan penilaian dapat kita simpulkan sebagai rapor, dimana sistem yang ada saat ini adalah melalui pembagian rapor kepada murid melalui wali murid secara manual dan langsung. Dengan sistem informasi laporan penilaian, siswa baik orang tua murid (berperan sebagai wali murid) dapat melihat juga secara realtime, kapanpun dan dimanapun, yaitu melalui website/situs (aplikasi berbasis web terintegrasi dengan situs resmi sekolah). Sistem ini tidak menggantikan rapor dimana rapor ini merupakan bukti otentik formalitas pendidikan dari seorang anak didik/murid, namun sebagai penunjang dengan interaksi yang secara tidak langsung, namun interaksi data secara langsung dan detail.

Pembahasan Pada makalah ini si penulis hanya berusaha untuk mengulas secara singkat dari sistem informasi yang sudah ada dan di-implementasikan pada sebuah sekolah menengah pertama (SMP) negeri 41 daerah jakarta selatan oleh penulis. Pembahasan meliputi perancangan sistem tersebut dalam ruang lingkup perancangan sistem dimaksud dan tidak kedalam pemrograman maupun logika penerapan program sistem tersebut. Pembahasan perancangan meliput Context Diagram, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Object Relational ERD table, dan UML (use-case diagram, deployment diagram, activity diagram).

Context Diagram

Context diagram merupakan gambaran cara kerja/proses sebuah sistem secara garis besarnya. Detail diagram digambarkan selanjutnya pada DFD level 0.

1

Data Flow Diagram (DFD) Level 0

A = Input Data (murid, nilai) B = Data pengunjung/murid (validasi) C = Report hasil proses penilaian Untuk proses alur sistem ini sangat sederhana, sebetulnya hanya membutuhkan alur proses DFD di level 0, karena sudah mewakili sebagian besar gambaran detail. Seperti pada proses 1 yaitu input data, dimana pada proses ini terjadi pengumpulan data termasuk biodata, filtering dan pengumpulan nilai staff pengajar/guru yang akan diproses pada proses ke-3, dimana dilakukan perhitungan hingga menjadi nilai sebenarnya yang selanjutnya didistribusikan.

2

Entity Relationship Diagram (ERD)

Atribut – atribut dari setiap entity yang digambarkan pada ERD diatas hanya secara garis besar, dimana tetap sebagai identifikasi kunci (primary key) tetap ditampilkan, sedangkan atribut lain selengkapnya digambarkan pada tabel entity (entity relationship diagram).

3

Object Relational ERD Table

4

UML Untuk UML digram penulis tidak menggunakan Class Diagram, karena memang disamping sistem ini sederhana dan juga penerapan program sistem tidak berorientasi obyek (berupa function dan bukan class), maka yang akan dibahas ada diantaranya diagram. Use-Case Diagram use-case diagram, deployment diagram dan activity

Deployment Diagram

5

Activity Diagram

Kesimpulan dan Saran Dikarenakan beberapa faktor tertentu, seorang guru/pengajar belum ambil andil sepenuhnya dalam penerapannya, namun hanya beberapa staff yang melakukan penginputan (penulis sebut sebagai admin pada diagram). Dalam penerapannya untuk perhitungan nilai, diberikan opsi yaitu melalui sistem ini dimana seorang guru/pengajar memberikan hasil nilai mentah dan perhitungan dilakukan oleh sistem yang sudah dirancang. Atau opsi lain seorang guru/pengajar memberikan perhitungan nilai meraka lalu di-input setelah menjadi nilai jadi yang selanjutnya tetap harus diolah menjadi data (data berupa file ekstensi .csv). Sistem ini memang sederhana dan dapat dikembangkan lebih lanjut, misal tidak hanya menampilkan data nilai (total rapor), administrasi, namun juga menampilkan info prestasi, tampilan rata-rata perkembangan studi murid, interface dalam bentuk grafik, dan registrasi manual oleh murid (hal ini belum dilakukan karena permintaan dan alasan keamanan, sehingga saat ini data hanya berdasarkan hasil input).. Implementasi sistem ini silakan dapat dilihat di http://smpn41-jkt.sch.id/page/nilai/indo

6

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->