P. 1
Pengertian Komputer, Data, Informasi Dan Sistem Informasi

Pengertian Komputer, Data, Informasi Dan Sistem Informasi

|Views: 3,868|Likes:
Published by rivha_blue

More info:

Published by: rivha_blue on Oct 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2013

pdf

text

original

KOMPUTER

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
(V. C. Hamacher)

Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: - menerima input - memproses input tadi sesuai dengan programnya - menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan - menyediakan output dalam bentuk informasi
(Robert H. Blissmer, 1986)

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan.
(William M. Fuori,1973)

Komputer adalah sistem elektronika untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori.
(Donald H. Sanders, 1985)

Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
(Gordon B. Davis, 1981)

Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data, dapat mengolah data, dapat memberikan informasi menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored programm) dapat menyimpan program dan hasil pengolahan serta bekerja secara otomatis. 1

(Jogiyanto HM, 1992)

Komputer adalah peranti (alat yang direka cipta untuk melakukan tugas tertentu) atau mesin yang boleh diaturcarakan/digunakan untuk menerima data dan mengolah data seperti melakukan pengiraan matematik, logik atau pemprosesan lain, dan kemudian mengeluarkan data terproses secara bersistem.
( Maktab Pegawai Kanan PDMR © 2000 ) http://mpkrmp.gov.my/nota/literas/definisi.htm

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Intro1-cad.html

Komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
(Yuhefizar) Tutorial Komputer dan Jaringan Copyright © 2003-2005 IlmuKomputer.Com.

Komputer adalah suatu alat hitung dan operasi logika berdasar instruksi yang diberikan. Komputer adalah sebuah alat proses data elektronik yang terdiri dari beberapa bagian yang mempunyai fungsi tertentu yang bekerja dalam satu kesatuan dengan kecepatan dan ketepatan yang tinggi.

2

Operating System PISI COMPUTER

DATA
Data adalah fakta yang tidak sedang digunakan pada proses keputusan, biasanyaa dicatat dan diarsipkan tanpa maksud untuk segera diambil kembali untuk pengambilan keputusan.
(Murdick, 1984)

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.
(Intro1-cad.html)

Data merupakan sumber informasi yang menggambarkan suatu kejadian (kumpulan fakta).
(Taufik Irawan) Konsep Dasar Sistem Informasi Copyright (C) 2002 by Komunitas Mahasiswa Informatika Independen Yogyakarta mailto:anjang_st@telkom.net

( KaMII Team ) UAD

Data adalah fakta yang jelas lingkup, tempat dan waktu-nya. Data diperoleh dari sumber data primer atau sekunder dalam bentuk be-rita tertulis atau sinyal elektronis.
(Ace Suryadi, Ph.D.) Sistem Informasi PENDIDIKAN

Data adalah fakta-fakta baik berupa angka-angka, teks, dokumen, gambar, bagan, suara, yang mewakili diskripsi verbal atau kode tertentu, dan semacamnya.
(Wahyu Kumorotomo, 2001) Sistem Informasi Managemen Gadjah Mada University Press, Bandung

3

Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam ke dalam berbagai bentuk media.
(Drs. Zulkifli Amsyah, MLS , 2003) Managemen Sistem Informasi PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

INFORMASI
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.
Intro1-cad.html

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
(Taufik Irawan) Konsep Dasar Sistem Informasi Copyright (C) 2002 by Komunitas Mahasiswa Informatika Independen Yogyakarta mailto:anjang_st@telkom.net

( KaMII Team ) UAD

Informasi adalah "that of which one is apprised or told; intelligence, news".
(Oxfoord English Dictionary)

Informasi adalah sesuatu yang dapat diketahui. Namun, ada pula yang menekankan informasi sebagai transfer pengetahuan.
(Drs. Abdul Ma’in M., SS.) TEKNOLOGI INFORMASI DALAM SISTEM JARINGAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI j-3.html

Informasi diartikan sebagai hasil pe-ngolahan data yang digunakan untuk suatu keperluan, sehingga penerimanya akan mendapat rangsangan untuk melakukan tindakan.

4

(Ace Suryadi, Ph.D.) Sistem Informasi PENDIDIKAN

Informasi adalah data apapun yang berguna bagi bisnis ( usaha ).
(Online Journal of Space Communication)

Informasi adalah data yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bermakna dan bermanfaat karena dapat dikomunikasikan kepada seseorang yang akan menggunakannya untuk membuat keputusan. Informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu.
(Drs. Zulkifli Amsyah, MLS , 2003) Managemen Sistem Informasi PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

5

SISTEM INFORMASI
Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.
( Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia ) http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi

Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.
( Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia ) http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi

Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.
( Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia ) http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi

Sistem informasi merupakan suatu tatanan yang saling terkait antara unsur data, software, hardware, sumberdaya manusia dan kelembagaan serta aturan mainnya.
(Muh. Dimyati) SISTEM INFORMASI DI KIMPRASWIL UNTUK APA DIBANGUN ??? Subdit Fasilitas dan Pelayanan Informasi, Ditjen Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah

6

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan-kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
(Leitel dan Davis) dalam bukunya “Accounting Information System”

Sistem informasi diartikan sebagai suatu sistem dalam suatu organisasi yang mengolah data menjadi bentuk yang lebih berguna untuk mencapai suatu tujuan.
(Taufik Irawan) Konsep Dasar Sistem Informasi Copyright (C) 2002 by Komunitas Mahasiswa Informatika Independen Yogyakarta mailto:anjang_st@telkom.net

( KaMII Team ) UAD

Sistem Informasi dari segi fisik dapat didefinisikan sebagai susunan yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan tenaga pelaksananya yang secara bersama-sama saling mendukung untuk menghasilkan suatu produk. Sistem Informasi dari segi fungsi merupakan suatu proses berurutan di-mulai dari pengumpulan data dan diakhiri dengan komunikasi/desiminasi.
(Ace Suryadi, Ph.D.) Sistem Informasi PENDIDIKAN

Sistem Informasi dapat diartikan kombinasi antara prosedur kerja informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
(Alter, 1992)

Sistem Informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
(Bodnar dan Hopword, 1993)

7

Sistem Informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada para pemakai.
(Gelinas Oram dan Wiggins, 1990)

Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal di mana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.
(Hall, 2001)

Sistem Informasi adalah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
(Turban, McLean dan Wetherbe, 1999)

Sistem Informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi) guna mencapai sasaransasaran perusahaan.
(Wilkinson, 1992)

8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->