P. 1
Pentingnya Pendidikan Agama Islam

Pentingnya Pendidikan Agama Islam

|Views: 2,003|Likes:
Published by frud_co

More info:

Published by: frud_co on Oct 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

LEMBAGA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI REMAJA (LPAIR) DI KECAMATAN GALUR

LATAR BELAKANG Globalisasi (mendunia) merupakan suatu proses atau tatanan yang menyebabkan seseorang, atau suatu Negara saling dihubungkan dengan

masyarakat atau Negara lain akibat kemajuan teknologi komunikasi diseluruh penjuru dunia. Oleh sebab itu, dalam era globalisasi, peristiwa-peristiwa yang terjadi disuatu Negara dapat diketahui dengan cepat oleh bangsa atau Negara lain. Hubungan yang lebih bersih efektif ini menyebabkan unsur-unsur budaya asing menjadi mudah masuk kesuatu negara Unsur-unsur budaya luar itu tentu tidak semuanya baik dan cocok bagi suatu masyarakat atau negara. Unsur-unsur positif diantaranya adalah ilmu pengetahuan, cara berfikir kritis, rasional, menghargai waktu dan lain-lain. Masuknya teknologi asing ke Indonesia melahirkan berbagai kegiatan industri, baik yang padat karya maupun yang padat modal. Pertukaran unsur positif antarnegara ini dapat memperkaya dan melengkapi suatu bangsa. Sedangkan dampak negatif dari globalisasi diantaranya adalah bergesernya norma dan nilai moral sehingga menjadi lebih lunak (bisa ditawar). Remaja adalah generasi yang sangat potensial bagi perkembangan Islam saat ini, karena pada saat ini remaja-remaja lebih cenderung kepada hal-hal yang bisa menjerusmuskan diri mereka kepada perbuatan-perbuatan yang tidak jelas.

Oleh karena itu, bagi para penggerak remaja Islam khususnya disekitar warga kecamatan galur hendaknya bias menangkap perkembangan arus globalisasi sekarang ini, agar bias mengarahkan remaja-remajanya kepada hal-hal yang positif. Mungkin dengan mengadakan sebuah kajian yang sedang hangat/ngetren di dunia remaja saat ini dengan melakukan lewat pendekatan pendidikan Islam. Dengan melalui pendidikan agama Islam ini, para remaja bias terarahkan kepada hal-hal yang positif dan siap bersaing menghadapi arus globalisasi yang serba canggih ini. Karena pada masa sekarang ini jika para remaja Islam tidak dibekali oleh pendidikan agama islam maka lambat-laun generasi-generasi Islam akan meninggalkanya. LANDASAN BERFIKIR Mengingat firman Allah dalam surat al-Dzariyat : 56 ِ ‫وما خلقت الجن و النس إل ليعبدون‬ ّ “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”. Dan Hadis nabi SAW:

ّ ‫طلب العلم فريضة على كل مسلم و مسلمة‬
Wajib Menuntu ilmu bagi Muslim laki-laki dan Perempuan Serta Undang-Undang Dasar BAB XIII pasal 31 “Setiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran” VISI Terwujudnya generasi Islami yang mandiri berlandaskan al-Quran dan as-Sunah menuju masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

MISI Memberikan pelayanan pendidikan agama islam bagi para remaja

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->