P. 1
sistem indera pada hewan

sistem indera pada hewan

4.0

|Views: 7,353|Likes:
Published by velajave
sistem indera pada burung , mamalia , dll
sistem indera pada burung , mamalia , dll

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: velajave on Oct 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2015

pdf

text

original

Sistem Indera Pada Hewan

Created by :

* * *

* veronica fortuna ryan jonathan michael samuel calvin jackson

Macam-macam indera pada hewan
• * Indera serangga * indera ikan * indera amfibi * indera reptil * indera burung * indera mamaLia

Indera Serangga
Indera – indera pada serangga ada 4 yaitu :
• • • • indera indera indera indera penglihat pembau peraba penangkap getaran suara

Namun indera penangkap suara di samakan dengan indera pembau atau peraba karena menggunakan alat yang sama

Indera penglihat
indera penglihat pada serangga ada 2 macam yaitu mata tunggal dan mata majemuk. Ada juga serangga yang memiliki keduanya.

Mata tunggal (ocelli)
• Mata tunggal adalah unit tunggal dari mata majemuk.

Mata majemuk (faset)
• Mata majemuk terdiri dari ribuan mata kecil yg disebut ommatida. • Tiap ommatida berdiri sendiri tanpa memperdulikan ommatida yang lain. • Ada 2 macam mata majemuk yaitu
– mata majemuk aposisi : menyampaikan apapun yang dia lihat ke otak – Mata majemuk superposisi : menghasilkan satu bayangan penuh di retina , seperti mata manusia.

contoh serangga yang memiliki mata majemuk

Indera peraba & indera pembau
Pada serangga indera peraba dan pembau adalah sungut atau antena. pada ujung antena terdapat alat penangkap getaran suara. antena pada serangga terletak pada salah satu ruas kepala diatas mulut dan dapat di gerak-gerakan. Ruas pertama antena yang disebut skapus melekat pada kepala. Ruas kedua disebut pedisel dan ruas-ruas berikutnya secara keseluruhan disebut flagelum.

Indera ikan
    ikan mempunyai beberapa indera, yaitu : Indera penglihat Indera pendengar Indera pembau Gurat sisi

Indera penglihat
Indera penglihat pada ikan berupa mata yang dilapisi lapisan tipis tembus cahaya. kornea mata ikan berbentuk datar dan lensanya berbentuk bulat. akomodasi lensa mata tidak dilakukan dengan memipihkan dan mencembungkan nata tetapi dengan mengubah kedudukan lensa ke arah belakang.

Indera pendengar
Indera pendengar pada ikan hanya berupa telinga bagian dalam. Telinga ikan terletak dibagian dalam yang tertutup kulit luar kepalanya. Telinga itu berada pada kedua sisi kepala yang tertutup tadi. Namun, walaupun berada didalam, telinga ikan berfungsi dengan baik.

Indera pembau & gurat sisi
indera pembau pada ikan digunakan untuk mencari makanan mereka. Gurat sisi pada ikan berfungsi sebagai mengetahui perubahan tekanan air sehingga ikan dapat mengetahui kedudukanya di dalam.

Indera amfibi
Amfibi hanya memiliki dua indera, yaitu:

• Indera penglihatan • Indera pendengar

Indera penglihat
Pada katak terdapat kelopak mata atas dan kelopak mata bawah. Pada kelopak mata terdapat membran niktitans (selaput tidur). Membran niktitans berfungsi menjaga mata dari gesekan ketika di dalam air dan menjaga mata agar selalu lembab ketika didarat.

Indera pendengar
Telinga amphibi terdiri dari telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Telinga paling luar berupa selaput gendang telinga yang berfungsi menangkap getaran suara.

Indera reptil
• Reptil memiliki 2 indera, yaitu :
– Indera penglihat – Indera pembau

Indera reptil kurang berkembang sehingga reptil memiliki indera pembau yang tajam

Indera pembau
Indera pembau ini terlatak pada langit - langit rongga mulut. Lidah berfungsi membawa zat kimia berupa gas ke reseptor yang terletak di langit - langit mulutnya. Ujung lidahnya ditempelkan ke indera pembau tersebut sehingga reptil dapat mencium bau mangsanya.

Indera penglihat
Indera penglihat pada ular berupa mata. Mata ular sangat tajam dapat melihat panas tubuh mahluk lainnya.

Indera burung
Indera burung ada dua, yaitu :
 Indera penglihat  Indera pembau  Indera pendengar Indera burung berkembang dengan baik.

Indera penglihatan
Indera yang berkembang dengan baik adalah indera penglihatan, sedangkan indera lainnya kurang berkembang dengan baik. susunan bola matanya hampir sama dengan bola mata pada manusia. Lensa burung dapat berakomodasi dengan mencembung atau mencekung. Selain itu, retina pada burung juga terdapat sel batang dan sel kerucut.

Indera pembau & pendengar
Burung tentu saja dapat mencium bau. Namun tidak seperti hewan lainnya, burung tidak mengandalkan indra penciumannya untuk mencari ibu dan makanan mereka. Karena indra penglihatannya sangat bagus. Pertama kali burung mengandalkan mata, kemudian telinganya, baru kemudian hidungnya.

Indera mamalia
Pada umumnya, semua indera yang ada sudah berkembang dengan baik. Beberapa jenis mamalia memiliki kepekaan yang sangat kuat terhadap rangsangan tertentu. Contohnya, Kucing dan anjing memiliki daun telinga yang dapat digerakkan sehingga membantu untuk dapat menangkap bunyi yang kuat, Anjing memiliki indera pembau yang sangat tajam, Kelelawar memiliki indera yang sangat tajam untuk mengenali getaran.

Doumoarigatou kanran waro kuuji
どうもありがとう かんらん 私 , 給仕

Nakayama Present™

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->