P. 1
membuat kalender

membuat kalender

|Views: 1,061|Likes:
Published by maskur1075

More info:

Published by: maskur1075 on Oct 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

MEMBUAT PRORAM KALENDER

( PART 1 )

Untuk mengenal program Microsoft Visual Foxpro lebih dalam, maka anda akan belajar membuat sebuah program, yaitu program kalender. Harapannya, pada proses pembuatan proram ini, siswa bisa belajar dan mengenal secara langsung program Visual Foxpro, sesuai dengan slogan “learning by doing”. Ketika anda membuka Program Visual Foxpro, maka anda akan dihadapkan pada ‘Task Pane Manager’.

Gambar 1

Anda bisa mulai membuat project baru dengan mengklik tombol New Project. Bisa juga dengan mengklik ‘New’ pada toolbar atau Ctrl+N. Maka anda akan melihat tampilan seperti dalam gambar 2. Bisa juga dengan menuliskan “CREATE PROJECT” di ‘Command’ window, kemudian tekan enter.

Gambar 2 Ketiga cara tersebut akan menghasilkan langkah yang sama, yaitu menciptakan sebuah proyek baru dengan diawali membuat nama projectnya. Selanjutnya tentukan tempat penyimpanan project baru anda di sebuah folder, misalnya di D:\latihan\program\prg calender\prgkalender.

Gambar 3 Ketik nama projectnya dengan ‘prgkalender’ dan klik ‘save’ untuk menyimpan. Selanjutnya akan ada tampilan ‘Project Manager – Prgkalender’.

Gambar 4 Berikutnya untuk membuat tampilan program kalender, anda buat form dengan mengklik tab ‘Documents’, klik pilihan Form dan klik tombol ‘New’ disamping kanan dari Project manager window. Akan muncul dialog box, pilihlah ‘New Form’.

Gambar 5 Setelah itu akan muncul form baru, dimana form ini akan menjadi lembar kerja untuk membuat program kalender. Beralih ke ‘Properties’ window, carilah ‘AutoCenter’ dan double klik nilainya menjadi T. – True. Cara ini bisa juga dilakukan dengan memilih option dibagian atas menjadi T. – True.

Gambar 6 Selanjutnya, beri nama form nya dengan mengetikkan “Program Kalender” pada ‘Caption’. Ubahlah nilai ‘Height’ menjadi “408” dan ubahlah nilai ‘Width’ menjadi “527”. Pada ‘Form Control’ window, klik ikon ‘shape’, tempatkan di pojok kiri atas dari form. Selanjutnya, berpindah ke Properties. Perhatikan jika anda akan memodifikasi shape, maka pada title nya adalah ‘Shape1’. Berikutnya tentukan BackColor-nya dengan mendouble klik. Misalnya pilih warna coklat.

Gambar 7 Tentukan juga BorderColor-nya, misalnya pilihlah warna putih. Ubahlah nilai ‘Height’ menjadi “71” dan ubahlah nilai ‘Width’ menjadi “527”. Berikutnya, buatlah dua label dan diletakkan di kiri atas form yang nanti akan ditulis judul programnya dan di sebelah kanan atas adalah tulisan mengenai tanggal, bulan, dan tahun sekarang. Beralih ke tampilan form dulu, akan lebih bagus jika form-nya diberi gambar background. Carilah pilihan ‘Picture’ di properties, kemudian double-klik. Tentukan sendiri gambar backgroundnya.

Gambar 8 Beralih kembali ke label. Klik dulu label mana yang akan dimodifikasi. Kemudian gunakan properties untuk memodifikasi. Cari ‘AutoSize’ dan pilih nilai T. – True . Background style nya diubah dengan nilai ‘0 – Transparent’ pada baris BackStyle. Selanjutnya, beri nama pada ‘Caption’ dengan “CALENDER”. Karena tulisan terlihat kecil

dan tipis, maka ditentukan aturan font-nya. Double-klik ‘FontBold’ menjadi T. – True, ‘FontSize’-nya diubah menjadi 18 dan ‘ForeColor’ diubah menjadi putih. Berpindah ke label2, klik dulu label yang akan diatur. Seperti label1, klik ‘AutoSize’nya menjadi T. – True, ‘BackStyle’nya menjadi 0 – Transparent, double-klik ‘FontBold’ menjadi T. – True, ‘FontSize’-nya diubah menjadi 16 dan ‘ForeColor’ diubah menjadi putih. Karena kita akan memasukkan kalender, kita tekan ikon OleControl di ‘Form Control’ untuk memasukkan kontrol kalender. Pilihlah ‘Insert Control’ , pilihlah type “Calender Control 11.0” dan tekan ‘OK’.

Gambar 9 Untuk memperbesar tampilan kalendernya, tarik ke bawah dan ke samping supaya memenuhi form. Hasilnya seperti pada gambar 11:

Gambar 10

Gambar 11 Setelah pembuatan ‘Form’ selesai. Kita akan memberikan kode object. Sebelum melakukannya, klik dulu ‘OleControl’ pada form untuk selanjutnya cari ‘Name’ di ‘Properties’ dan gantilah “OleControl1” dengan “Calender”.

Gambar 12 Berikutnya klik kanan pada obyek Calender di dalam form, pilihlah ‘Code’.

Gambar 13 Sebelum menuliskan kode, pastikan objek nya adalah “Calender” dan procedurenya adalah “Click”. Kemudian tulislah kode seperti berikut ini.

Gambar 14 Selanjutnya, yang perlu ditulisi kode adalah ‘Object’ = “Form1” dengan ‘Procedure’ = “Activate”. Tuliskan kode seperti berikut ini.

Gambar 15 Setelah itu, kita tutup Coding window di atas. Masih tampak bentuk form yang belum berubah, klik run atau Ctrl+E untuk menjalankannya.

Gambar 16 Anda akan menerima konfirmasi penyimpanan perubahan form yang sudah banyak anda modifikasi. Simpan form tersebut dengan nama “formutama”.

Gambar 17 Tampilannya akan seperti ini. Ternyata bagian belakang tanggal (tahun) tidak tampak, alias hanya tanggal dan bulan saja. Maka ‘Close”lah form tersebut dan geser label2 ke sebelah kiri. Coba run lagi, dan ulangi seterusnya sampai bagian tanggal terlihat semua dan kelihatan bagus. Karena kita menginginkan program ini menampilkan kalender sebagai program utama yang harus tampak Karena form ini akan ditampilkan ketika menjalankan program kalender ini, maka kita harus merubah di bagian ‘ShowWindow’ dari ‘Properties’ menjadi “2 – As Top-Level Form”.

Gambar 18 Simpan semua perubahan dan silahkan untuk mengotak-atik poin-poin dalam ‘Properties’ untuk memodifikasi form sesuai keinginan. Di bawah ini contoh Program

Kalender yang setengah jadi dan sudah memenuhi syarat sesuai dengan cara-cara yang diajarkan dalam pelajaran bagian kesatu ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->