P. 1
Kelompok Sosial

Kelompok Sosial

|Views: 12,762|Likes:
Published by Dian Oktavia
Ilmu Sosial Budaya Dasar
Ilmu Sosial Budaya Dasar

More info:

Published by: Dian Oktavia on Nov 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR “ Kelompok Sosial”

Dosen Pembimbing : Drs. Djonis

Pembahasan :
 Pengertian Kelompok Sosial  Kelompok Sosial Teratur  Kelompok Sosial Tidak Teratur  Bentuk-bentuk Kelompok Sosial

Pengertian Kelompok Sosial
Menurut Ensiklopedia Bahasa Indonesia, kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok dapat mempengaruhi perilaku para anggotanya dan diciptakan oleh anggota masyarakat.. Menurut Goodman, kelompok sosial adalah dua orang atau lebih yang memiliki kesamaan identitas dan berinteraksi satu sama lain secara terstruktur untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Robert Bierstedt, kelompok sosial yaitu kelompok memiliki banyak jenis dan dibedakan berdasarkan ada tidaknya organisasi, hubungan sosial antar kelompok dan kesadaran jenis.

Kelompok Sosial Teratur
 Ciri-ciri :
→Memiliki identitas kolektif yang tegas (misalnya tampak pada nama kelompok dan simbol kelompok,dan lain-lain). →Memiliki daftar anggota yang terperinci. →Memiliki program kegiatan yang terus menerus diarahkan pada pencapaian tujuan yang jelas. →Memiliki prosedur keanggotaan.

Kelompok Sosial Teratur
 Jenis-jenisnya:

→In-group dan out-group
In-group adalah kelompok sosial dimana individu mengidentifikasi dirinya dalam kelompok tersebut. Sifat In-group biasanya didasarkan pada faktor simpati dan kedekatan dengan anggota kelompok. Misalnya, Putri adalah siswi kelas 1A SMA Harapan Pertiwi, maka yang menjadi In-group Putri adalah kelas 1A. Out-group adalah kelompok yang diartikan oleh individu sebagai lawan in-groupnya. Dengan kata lain kelompok yang berada di luar kelompok dirinya. Misalnya, Out-group bagi Putri adalah kelas selain kelas 1A yaitu kelas 1B dan 1C.

Kelompok Sosial Teratur
 Jenis-jenisnya:

→ Kelompok primer dan kelompok sekunder Menurut Cooley kelompok primer adalah kelompok kecil yang anggota-anggotanya memiliki hubungan dekat, personal, dan langgeng. Contoh paling jelas adalah keluarga. Kelompok sekunder adalah kelompok yang lebih besar, bersifat sementara, dibentuk untuk tujuan tertentu, dan hubungan-hubungan antar anggota bersifat impersonal sehingga biasanya tidak langgeng. Misalnya, kesebelasan sepakbola.

 Jenis-jenisnya:

Kelompok Sosial Teratur
Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama yang anggota-anggotanya terikat oleh hubungan batin murni dan bersifat alamiah serta kekal. Hubungannya didasari oleh rasa cinta dan rasa kesatuan batin yang telah ditakdirkan. Bentuk paguyuban bisa ditemui dalam keluarga, kelompok, kekerabatan, rukun tetangga, dan sebagainya. Paguyuban mempunyai ciri-ciri hubungan akrab, bersifat pribadi, dan ekslusif (hanya orang tertentu). Menurut Ferdinand Tonnies, di masyarakat selalu dijumpai salah satu dari tiga tipe paguyuban, yaitu : a). Paguyuban karena ikatan darah, seperti keluarga, kekerabatan, kesukuan, dan lain-lain. b). Paguyuban karena tempat, seperti rukun tetangga, rukun warga, dan lain-lain. c). Paguyuban karena pikiran, seperti pergerakan mahasiswa, partai politik, dan lain-lain. Patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya hanya untuk jangka waktu yang pendek. Hubungannya bersifat untuk semua orang. Patembayan bersifat sebagai suatu bentuk yang ada dalam pikiran belaka. Contoh patembayan adalah interaksi melalui internet.

→Paguyuban (Gemeinschaft) dan Patembayan(Gesselschaft)

Kelompok Sosial Teratur
 Jenis-jenisnya:

→Formal group dan informal group Formal group adalah kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggota-anggotanya untuk mengatur hubungan antara sesamanya. Contohnya, birokrasi, perusahaan, negara, dan sebagainya. Informal group adalah kelompok yang tidak mempunyai struktur yang pasti, terbentuk karena pertemuan yang berulang-ulang sehingga terjadi pertemuan kepentingan dan pengalaman. Contohnya klik (ikatan kelompok terdekat atau perkawanan).

Kelompok Sosial Teratur
 Jenis-jenisnya:

→ Membership group dan reference group Membership group adalah suatu kelompok dimana setiap orang secara fisik menjadi anggotanya. Reference group adalah kelompokkelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang untuk membentuk kepribadian dan prilakunya.

Kelompok Sosial Tidak Teratur
 Jenis-jenisnya: → Kerumunan (crowd) adalah individu-individu yang berkumpul secara kebetulan di suatu tempat dan pada waktu yang bersamaan Macam-macam kerumunan: • Kerumunan yang bersifat sementara • Kerumuan yang berartikulasi dengan struktural sosial • Kerumunan yang berlawanan dengan moral-moral hukum

Kelompok Sosial Tidak Teratur
 Jenis-jenisnya:

→ Publik Adalah orang-orang yang berkumpul yang mempunyai kesamaan kepentingan.

Bentuk-bentuk Kelompok Sosial
 Solidaritas mekanik dan Solidaritas organik Menurut Durkheim, solidaritas mekanik adalah pengutamaan dalam persamaan sikap dan perilaku dan seluruh warga masyarakat diikat oleh apa yang dinamakan kesadaran kolektif, hati nurani kolektif yaitu suatu kesadaran bersama yang mencakup keseluruhan kepercayaan dan perasaan kelompok, dan bersifat ekstern serta memaksa. Sedangkan solidaritas organik merupakan bentuk solidaritas yang mengikat masyarakat kompleks, yakni masyarakat yang telah mengenal pembagian kerja yang rinci dan dipersatukan oleh kesalingtergantungan antarbagian. Gemainschaft dan gesellschaft.

Bentuk-bentuk Kelompok Sosial
 Gemeinschalft dan Gesellschaft Ferdinand Tonnies mengemukakan tentang hubungan antara individu-individu dalam kelompok sosial sebagai Gemainschaft dan Gesellschaft. Gemainschaft merupakan kehidupan bersama yang intim, pribadi, dan ekslusif; suatu keterikatan yang dibawa sejak lahir.. Gesellschaft merupakan suatu nama dan gejala baru; bersifat sementara serta semu dan sebagai kehidupan publik yakni sebagai orang yang kebetulan hadir bersama tetapi masing-masing tetap mandiri.

Bentuk-bentuk Kelompok Sosial

In Group dan Out Group W.G.Sumner membedakan antara in group dan out group. In Group merupakan kelompok sosial yang dijadikan tempat oleh individu-individunya untuk mengidentifikasikan dirinya. Out Group merupakan kelompok sosial yang oleh individunya diartikan sebagai lawan in Group.

Bentuk-bentuk Kelompok Sosial
Membership group dan Reference Group Menurut Robert K. Merton, kelompok membership merupakan kelompok yang para anggotanya tercatat secara fisik sebagai anggota, sedangkan kelompok reference merupakan kelompok sosial yang dijadikan acuan atau rujukan oleh individu-individu yang tidak tercatat dalam anggota kelompok tersebut untuk membentuk atau mengembangkan kepribadiannya atau dalam berperilaku.

Bentuk-bentuk Kelompok Sosial
 Priyai, Santri, dan Abangan

Geertz mengemukaan bahwa abangan merupakan kumpulan yang diwarnai berbagai upacara selamatan, praktik pengobatan tradisional serta kepercayaan pada makhlus halus dan kekuatan gaib itu terkait pada kehidupan di pedeaan. Santri adalah kumpulan yang ditandai oleh ketaatan pada ajaran agama Islam serta keterlibatan dalam berbagai organisasi sosial dan politik yang bernafaskan Islam dijumpai di kalangan pengusaha yang bergerak di pasar maupun di desa selaku pemuka agama. Sedangakan, priyai adalah kumpulan yang ditandai pengaruh mistik Hindu-Buddha prakolonial maupun pengaruh kebudayaan Barat dan dijumpai pada kelompok elite “kerah putih” yang merupakan bagian dari birokrasi pemerintah.

TERIMA KASIH . . .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->