P. 1
Sejarah CMS

Sejarah CMS

|Views: 17|Likes:
Published by Agus R Hadiwiyono
Perputaran daur hidup Web Tool
Perputaran daur hidup Web Tool

More info:

Published by: Agus R Hadiwiyono on Nov 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2013

pdf

text

original

Dulu, saat era html statis (html static) menjadi raja, semua terkesima.

Namun lama-kelamaan, orang jengah juga. Walaupun banyak mesin generator (machine generated) html yang menawarkan bantuan membuat html statis, namun lelah dan bosan menggayuti para web master. Lelah karena begitu banyak dan besarnya sumberdaya yang menyedot web master. Kelelahan itu terlihat jelas manakala para web master dalam meng-update dan mengolah web site statis. Kejenuhan dan kelelahan ini menjadi dasar pertimbangan untuk membuat sebuah web yang dinamis.

Akhirnya datang juga! Para programmer PHP dan Myql berkutat menyelesaikan proyek web dinamis berbasis PHP dan database mysql. Darah, airmata dan keringat mengalir mengiringi lahirnya web 2.0. Dasar sebuah web 2.0 saat itu adalah mengumpulkan, mengelola dan mengupdate isi website (content management) dalam sebuah database. Secara teknis, content web (isi-body) terpisah saat ditampilkan dalam web. Dia terpisah dalam tampilan muka. Content hanya akan hadir ketika ada parsing dalam database. Bila tidak ada pemanggilan (query) database oleh skrip/kode PHP, maka content web akan mendekam di dalam mesin database. Konsep web 2.0 ini dikenal dengan CMS. Sebuah metode pembuatan dan penampilan website yang terintegrasi dan terpadu. Salah satu CMS yang ikut dalam kancah web 2.0 adalah Joomla. CMS yang masih ABG ini merupakan CMS yang aduhai genit dan lincah. CMS sosial ini (free, opensource) mengurangi biaya dan sumberdaya dalam mengelola sebuah website. Dengan bantuan Joomla, sebuah web site berskala besar dengan mudah dikontrol, dikelola, dan dijaga dengan baik. Semua web-solutions yang menjadi paradigma web master dan web developer, ada pada diri Joomla. Segala kebaikan dari web-solutions bisa diperluas, dicopot (plugin), ditambahi (addons) dan dihilangkan (uninstalling) dalam waktu yang cepat dan mudah. Perkembangan terbaru mengenai Joomla, saat ini Joomla sudah memasuki versi 1.5. Banyak perubahan fundamental yang terjadi di versi ini. Versi terdahulu yaitu V1.0 memiliki keterbatasan dan kelemahan. Di versi terbaru ini, v.1.5, Joomla menawarkan banyak hal baru dalam perkembangan dunia web. Isu web 2.0, RSS, XHTMLl compliant, blogging system, SQL injection, XSS, Captha option dan masih banyak lagi yang disediakan dalam versi terbaru. Bagaimana para web master, web designer dan web developer dalam menanggapi joomla versi baru ini? Joomla menawarkan solusi dan kesempatan untuk para webmaster, web designer dan web developer dalam menguliti, mengobok-ngobok dan meremas-remas Joomla terbaru ini.

Para web master situs Joomla memiliki peranan penting dalam memfungsikan Joomla bekerja dengan baik saat mengelola situs. Web master adalah bagian terdepan yang memiliki pengalaman langsung dalam berinteraksi dengan Joomla. Untuk itu, tugas web master adalah memastikan fungsi dan tugas komponen Joomla bekerja dengan pas sesuai dengan tuntutan keinginan dari solusi web. Bagi para web master senior, Joomla adalah sebuah system web yang kompleks dan rumit. Kelengkapan Joomla ini juga mengandung kerumitan yang menjadi tantang para web master dalam mendalami system webnya. Bagi para web master yunior dan pehobi Joomla, ada banyak pengalaman yang ditemukan berupa kemudahan-kemudahan dan keindahan yang ditemui saat berinteraksi dengan Joomla. Dengan kebutuhan system web yang rendah, fashionable, easy-visiting dan seksi, Joomla menjadi sebuah piranti yang memudahkan. Contoh yang mudah adalah membangun web personal, web organisasi kecil, dan blogging system. Ketiga contoh web-solution di atas adalah gambaran terindah, termudah, dan terintegrasi pada level rendah dari penggunaan Joomla.

Bagaimana mengembangkan web secanggih www.xl.co.id? Ini merupakan tantang web master Joomla dalam mengembangkan Joomla di kelas korporat. Setahu saya dulu www.xl.co.id menggunakan framework Joomla. Ini adalah tantang terberat mengembangkan multisite korporat dalam mengembang Joomla. Ini adalah kelas web master senior dalam memfungsikan joomla dalam solusi web (web-solution). Apa yang bisa dilakukan web master dalam mengimplementasikan Joomla ke dalam situs mereka. Ini adalah catatan menurut saya, yaitu : 1. Membuat komunitas sosial online. Ada satu komponen Community Builder yang belum dimaksimalkan. Padahal komponen ini mampu membuat aplikasi social network yang handal. Ini merupakan PR bagi web master untuk memanfaatkan teknologi komponen ini sebagai integrasi Joomla kedalam aplikasi social network online 2. Memaksimalkan penggunaan otomatis system dalam Joomla. Banyak tools yang sudah disiapkan oleh para developer dalam mengotomatiskan pekerjaan web master. Namun sedikit sekali sharing pengalaman dalam penggunaan tools ini. Sebagai contoh tools ini adalah dbcloner, registrasi online, proses pembelian barang online hingga pembayaran online dengan shop-cart teknologi. Contohnya adalah teknologi virtuemart component yang belum dimaksimalkan 3. Mengoptimalkan teknolodi Search Engine Optimization (SEO) dalam kancah per-SEOan. Disadari banyak web master enggan mengeluarkan keringatnya untuk mengatasi SEO di Joomla. Apalagi saat implementasinya dilakukan di tengah proyek berjalan, karena banyak URL manual yang sudah dibuat. Jadi kerja bakti dari awal. Bagi yang belum terlambat, mendingan melakukan proses SEO Joomla di awal saat installasi. Sekaligus dilakukan pengujian dari awal saat implementasi system sekuriti. Karena banyak tools SEO yang berbenturan dengan tools lain. 4. Bersiaplah untuk diserang hackers. Bila situs Joomla anda memiliki PR 4, maka popularitas situs anda akan menjadi ancaman. Para penjahat dan penyamun situs Joomla akan menggedor system sekuriti. Saya lelah sekali dihantam berkali-kali oleh para maniak Joomla yang doyan mengutili sekuriti. Pastikan folder dan file anda terproteksi dengan baik dengan CHMOD system. Sekali terbuka, tamatlah situs Joomla anda. 5. Sering-seringlah bereksprimentasi di server lokal untuk menemukan tweak dan teknik penanganan Joomla dalam situasi gawat. Persiapkan sebuah exit strategi (pintu keluar) yang bagus saat situs Joomla mengalami kerusakan dan situasi disaster. Seperti dikutip bakhosting.com dari http://syarifudin.web.id/2008/05/joomla-sigadis-centil-nan-genit-ditatapan-hidung-belang-web-master/

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->