P. 1
MSDM - pertemuan 2

MSDM - pertemuan 2

|Views: 653|Likes:
Published by Dahlan Abdullah
MSDM 2
MSDM 2

More info:

Published by: Dahlan Abdullah on Nov 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2012

pdf

text

original

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

PERTEMUAN - II PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA

CUT ITA ERLIANA,ST Email : coet@unimal.ac.id

TINJAUAN INSTRUKSIONAL
‡ TINJAUAN INSTRUKSIONAL UMUM / TIU Mahasiswa mampu menjelaskan perencanaan sumber daya manusia. ‡ TINJAUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS / TIK Mahasiswa mampu untuk menjelaskan pengertian, manfaat, tantangan dan teknik peramalan pada perencanaan sumber daya manusia.

PEMBAHASAN
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Pengertian Perencanaan SDM Manfaat Perencanaan SDM Tantangan Perencanaan SDM Teknik Peramalan Suplai Sumber Daya Manusia

Pengertian Perencanaan SDM
Langkah-langkah yang di ambil oleh manajemen untuk lebih menjamin bahwa bagi organisasi tersedia tenaga kerja yang tepat untuk menduduki berbagai kedudukan, jabatan dan pekerjaan tepat serta waktu yang tepat dalam rangka mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

Manfaat Perencanaan SDM
1. Organisasi dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang sudah ada dalam organisasi secara lebih baik. Artinya perencanaan ini di awali dengan kegiatan inventarisasi, antara lain : a. Jumlah tenaga kerja, b. Kualifikasi, c. Masa kerja, d. Pengetahuan, dan e. Bakat yang di miliki.

Manfaat Perencanaan SDM
2. Melalui perencanaan sumber daya manusia yang matang, produktivitas kerja dari tenaga yang sudah ada dapat di tingkatkan. Hal ini dapat terwujud melalui adanya penyesuaian seperti : a. Peningkatan disiplin kerja dan b. Peningkatan keterampilan

Manfaat Perencanaan SDM
3. Perencanaan sumber daya manusia berkaitan dengan penentuan kebutuhan akan tenaga kerja di masa depan, baik dalam arti jumlah dan kualifikasinya untuk mengisi berbagai jabatan dan menyelenggarakan berbagai aktivitas baru kelak.

Manfaat Perencanaan SDM
4. Salah satu segi manajemen sumber daya manusia yang dewasa ini di rasakan semakin penting ialah penanganan informasi ketenagakerjaan. Informasi ini mencakup beberapa hal, seperti : a. Jumlah tenaga kerja yang di miliki, b. Masa kerja, c. Status perkawinan, d. Jumlah tanggungan, e. Jabatan, f. Jumlah penghasilan, g. Pendidikan dan h. Keterampilan yang di miliki.

Manfaat Perencanaan SDM
5. Seperti telah di ketahui bersama bahwa salah satu kegiatan pendahuluan dalam perencanaan adalah penelitian. Berdasarkan bahan yang di dapat dari penelitian, akan timbul pemahaman tentang situasi pasar kerja dalam arti : a. Permintaan pemakai tenaga kerja atas tenaga kerja yang di lihat dari segi jumlah, jenis, kualifikasi dan lokasi. b. Jumlah pencari kerja beserta bidang keahlian, keterampilan, latar belakang profesi, tingkat gaji dan sebagainya.

Manfaat Perencanaan SDM
6. Rencana sumber daya manusia merupakan dasar bagi penyusunan program kerja bagi satuan kerja yang menangani sumber daya manusia dalam organisasi. Tanpa perencanaan sumber daya manusia, sukar menyusun program kerja yang realistik.

Berbagai Tantangan di Bidang SDM
‡ Tantangan Eksternal ‡ Tantangan Internal ‡ Situasi Ketenagakerjaan Internal

Tantangan Eksternal
Berbagai hal yang pertumbuhan dan perkembangannya berada di luar kemampuan organisasi untuk mengendalikannya, akan tetapi harus di perhitungkan karena pertumbuhan dan perkembangan tersebut pasti berpengaruh, baik secara positif maupun negatif terhadap organisasi.

Tantangan Internal
Tantangan yang datangnya dari dalam organisasi. Beberapa faktor yang merupakan tantangan internal, antara lain : a. Rencana strategik, b. Anggaran, c. Estimasi produksi dan penjualan, d. Usaha atau kegiatan baru, e. Rancang bangun organisasi.

Situasi Ketenagakerjaan Internal
Para perencana profesional di bidang ketenagakerjaan dalam suatu organisasi harus juga memperhitungkan situasi ketenagakerjaan dalam organisasi yang bersangkutan. Situasi ketenagakerjaan internal tidak berada pada posisi statik, faktor penyebabnya : pemensiunan, pemutusan hubungan kerja, dan cuti panjang.

Teknik-Teknik Peramalan
Enam teknik peramalan, yaitu : 1. Ekstrapolasi, 2. Indeksasi, 3. Analisis Statistikal, 4. Analisis Anggaran, 5. Analisis Kegiatan Baru, 6. Penciptaan Model dengan Bantuan Komputer.

Ekstrapolasi
‡ Merupakan suatu teknik peramalan dengan memproyeksikan kecenderungan-kecenderungan masa lalu ke masa depan. ‡ Misalnya, jika kenyataan menunjukkan bahwa suatu organisasi mempekerjakan sejumlah tertentu tenaga baru setiap bulan selama dua tahun yang baru saja di lewati, ekstrapolasi berarti bahwa untuk waktu yang sama di masa depan akan di perlukan sejumlah pekerja baru untuk kurun waktu yang sama di masa depan.

Indeksasi
‡ Indeksasi adalah suatu metode memperkirakan kebutuhan ketenagakerjaan di masa depan dengan menyesuaikannya dengan indeks tertentu. ‡ Contohnya, perbandingan antara tenaga kerja yang bergerak di bidang produksi dengan bidang penjualan dalam suatu perusahaan perkaitan alat-alat elektronika.

Analisis Statistikal
‡ Bersifat jangka panjang. ‡ Di gunakan untuk memperhitungkan perubahan yang mungkin terjadi sebagai penyebab bergesernya tuntutan terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia.

Analisis Anggaran
Salah satu praktek manajerial dalam suatu organisasi adalah keharusan bagi para pimpinan berbagai satuan kerja untuk menyusun rancangan anggaran belanja bagi satuan kerja yang di pimpinnya.

Analisis Kegiatan Baru
Penggunaan instrumen ini biasanya berarti bahwa para perencana memperhitungkan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan memperhitungkan perkiraan organisasi yang bersangkutan sendiri dengan situasi yang di hadapi oleh perusahaan-perusahaan lain yang sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan kegiatan sejenis.

Penciptaan Model dengan Bantuan Komputer
Merupakan pendekatan yang di anggap paling canggih dalam perencanaan sumber daya manusia adalah penciptaan berbagai model peramalan dengan bantuan komputer. Modelmodel yang di ciptakan berupa serangkaian rumus matematika yang secara simultan menggunakan berbagai teknik peramalan untuk menghitung kebutuhan ketenagakerjaan di depan.

Suplai Sumber Daya Manusia
Setelah satuan organisasi yang mengelola SDM melakukan proyeksi kebutuhan akan tenaga kerja untuk satu kurun waktu tertentu di masa depan, tugas berikutnya adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mensuplai berbagai lowongan yang di perkirakan akan terjadi. Suplai SDM di bagi dua : 1. Internal, dengan melakukan audit 2.Eksternal, dengan melakukan analisis pasar, analisis sistem ekonomi dan analisis demografi.

LANJUT PERTEMUAN KE - 3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->