P. 1
Memahami Proses Pemasaran Dan Perilaku Konsumen

Memahami Proses Pemasaran Dan Perilaku Konsumen

|Views: 3,155|Likes:
Published by manik cinderano

More info:

Published by: manik cinderano on Nov 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

MEMAHAMI PROSES PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN

Julianto Perdana Putra Manik Cinderano

/ 14932 / 14971

 Pemasaran
Adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi,penetapan harga,promosi,serta distribusi atas gagasan,barang,dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi sasaran perseorangan dan organisasi

 Perilaku Konsumen
Dalam pemasaran perilaku konsumen adalah tingkah laku konsumen yang mempengaruhi pembelian suatu produk

Model Perilaku Konsumen
Umpan Balik ke Konsumen Evaluasi Pembelian yang Lalu
Konsumen Individu

Pengaruh Lingkungan

Keputusan Konsumen

Respon Konsumen

Aplikasi perilaku konsumen ke STRATEGI PEMASARAN

Umpan Balik ke Pemasar Pengembangan Strategi Pemasaran

Segmentasi, Targeting dan Positioning
   Segmentasi Pasar, segmentasi pasar adalah proses membagi atau mengelompokan pasar kedalam kelas-kelas konsumen untuk suatu produk . Segmentasi pasar yang efektif, dapat diukur, dapat dijangkau, cukup luas, dapat dilaksanakan. Pembagian segmen pasar:

SEGMENTASI

Segmentasi pasar konsumen, membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda. Segmentasi pasar bisnis, membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, dan merek.

Pengidentifikasian Segmen Pasar :
 Variabel Geografis, unit geografis yang bisa dipertimbangkan dalam mengembangkan satu strategi segmentasi.  Variabel Demografis, menggambarkan populasi dengan mengidentifikasi ciri-ciri tertentu seperti usia, pendapatan, gender, latar belakang etnis, status perkawinan, ras, agama, dan kelas sosial.  Variabel Psikografis, seperti gaya hidup, minat, dan sikap.  Variabel Perilaku, merujuk kepada cara konsumen menggunakan produk, manfaat yang mereka harapkan, alasan mereka membelinya, dan kesetiaan mereka terhadap produk tersebut.

    

sasaran pasar yang disasar (target market), mencakup : Konsentrasi segmen tunggal, Perusahaan memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu. Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak memiliki pesaing. Spesialisasi selektif, Perusahaan memilih sejumlah segmen pasar yang menarik dan sesuai dengan tujuan serta sumber daya yang dimiliki. Spesialisasi pasar, Perusahaan memusatkan diri pada upaya melayani berbagai kebutuhan dari suatu kelompok pelanggan tertentu. Spesialisasi produk, Perusahaan memusatkan diri pada pembuatan produk tertentu yang akan dijual kepada suatu segmen pasar. Pelayanan penuh (full market coverage), Perusahaan berusaha melayani semua kelompok pelanggan dengan semua produk yang mungkin dibutuhkan. Hanya perusahaan besar yang mampu menerapkan strategi ini, karena dibutuhkan sumber daya yang sangat besar.

Targeting

Positioning,
berhubungan dengan upaya identifikasi, pengembangan, dan komunikasi keunggulan yang bersifat khas serta unik. Dengan demikian, produk dan jasa perusahaan dipersepsikan lebih superior dan khusus (distinctive) dibandingkan dengan produk dan jasa pesaing dalam persepsi konsumen. Fokus utama positioning adalah persepsi pelanggan terhadap produk yang dihasilkan dan bukan hanya sekedar produk fisik.

Bauran pemasaran
 Adalah gabungan strategi produk ,penetapan harga,promosi dan distribusi yang digunakan untuk memasarkan produk. Empat komponen dasar :  Produk, pemasaran dimulai dengan produk-barang, jasa, atau gagasan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Diferensiasi produk adalah penciptaan ciri atau citra yang membuat produk berbeda dari para pesaing.  Penetapan harga, strategi menyeleksi harga yang tepat untuk menjual produk.  place  Promotion, merujuk pada teknik mengkomunikasikan informasi tentang produk dan juga mencakup periklanan.

Kebijakan Produk
 Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.

Macam-macam Produk
1. Produk konsumsi
 Barang kebutuhan sehari-hari  Barang belanja  Barang kebutuhan khusus

2. Produk-produk industri
 Barang biaya beban  Barang modal

 Merek
Adalah identitas dengan melekat pada produk yang menyebabkan produk tersebut dikenali oleh konsumen

 Pembungkusan
Adalah cara pengepakan yang digunakan guna menarik psikologi konsumen yang hendak dijadikan sasaran

Bauran Lini Item Produk
    Lebar, Panjang, Kedalaman, Konsistensi,

Daur Hidup Produk
    Tahap Tahap Tahap Tahap Perkenalan Pertumbuhan Kedewasaan Penurunan Kembali

Pengembangan Produk Baru
     Pencarian Ide Produk Menyaring Ide Produk Analisis Bisnis Uji Coba Pemasaran Komersialisasi Produk Baru

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->