P. 1
Latihan Bernyanyi Dasar. Nurita Hardini Meita Sari.

Latihan Bernyanyi Dasar. Nurita Hardini Meita Sari.

|Views: 2,307|Likes:
Published by meytha erick jhon

I love to sing ...... let us sing together the right way ... ^.^

I love to sing ...... let us sing together the right way ... ^.^

More info:

Published by: meytha erick jhon on Nov 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/02/2013

pdf

text

original

Ayo…..bernyanyi!!!!

Banyak orang yang tampak pesimis dalam melakukan suatu ketrampilan karena dia merasa tidak memiliki bakat. Padahal jika diketahui bahwa survey membuktikan bahwa sebagian kecil saja orang sukses hanya berdasarkan bakat saja, karena faktor saja, kesuksesan terpenting dalam suatu keahlian adalah belajar, berlatih, mengembangkan
dirinya, potensi yang ada dalam dirinya, tak lupa selalu berdoa. Termasuk dalam menyanyi. Walaupun bakat dianggap sebagai modal awal untuk orang dapat melangkah, tak dapat dipungkiri peranan besar. latihan sangatlah besar. Tak bias dipungkiri, sebenarnya berlatih bernyanyi sudah diajarkan sejak dini atau bayi. Disengaja atau tidak, para orang tua umumnya memperkenalkan nyanyian kepada si anak, sewaktu masih bayi. Kemudian setelah dapat berbicara mereka mengajarkan menyanyi. Bernyanyi secara benar pada umumnya dapat dimulai pada usia 8 tahunan. Karena pada usia tersebut, anak anak bisa diajak belajar serius dan dapat mengerti perintah-perintah yang bersifat teknis. perintahJadi jika anda ingin dapat bernyanyi dengan baik dan benar maka anda dapat mengikuti 5 langkah praktis ini:

penggerak) 1. Teknik Pernafasan (Ini merupakan motor penggerak)
Dalam bernyanyi, pernafasan itu sangat penting karena bernafas dengan baik akan sangat membantu dalam membentuk suara serta dapat memenuhi prasering atau panjang dan pendeknya suatu kumpulan nada seperti yang diminta oleh pencipta lagu. bermacam rmacamada bermacam-macam tehnik pernafasan yakni: Pernafasan CLAVICULAIR (dengan memakai pundak) Pernafasan COSTROL (dengan dada) Pernafasan DIAFRAGMA (ini yang paling baik)

Proses atau cara melatih pernafasan yang baik adalah:
• Tarik nafas atau hirup nafas anda dalam 8 hitungan (8 detik) : 1 2 3 4 5 6 7 8 nafas • Tahan nafas saudara dalam 4 hitungan (4 detik) : 1 2 3 4 • Keluarkan nafas saudara dengan berdesis dalam 8 hitungan : 1 2 3 4 5 6 7 8

menghirup Bisa juga hal itu disebut 8 4 8 karena menghirup nafas dalam 8 hitungan, menahan nafas dalam 4 hitungan dan mengeluarkan nafas dalam 8 hitungan. .. ..
Lakukan latihan itu berulang-ulang, dan saat mengeluarkan nafas, desis anda bisa diganti dengan mengucapkam mo atau me atau mu, dll.

2. Intonasi (Penguasaan Notasi)
Intonasi adalah pembidik nada yan tepat atau menyanyikan nada dengan tepat. Untuk bisa memiliki intonasi yang baik, kita sebaiknya berlatih dengan alat music seperti piano atau terkontrol. keyboard supaya nada yang kita mainkan pasti dan terkontrol. Tapi hal ini dapat diakali jika kita tidak memiliki alat music tersebut. Kita bisa merekam suara sewaktupiano tersebut di handphone kita dan kita dapat pelajari sewaktu-waktu. .. ..

Contoh: Kita dapat memainkan tangga nada C kemudian D dan E secara berurutan di piano
atau gitar(mungkin kita bisa minta teman kita untuk memainkannya), kemudian kita rekam di handphone. Nada yang dapat direkam mungkin adalah sebagai berikut. Ascending Secara Ascending Do Re Mi Fa Sol La Si Do dan Descending yaitu Do Si La Sol Fa Mi Re Do atau Secara Ascending Do Mi Re Fa Mi Sol Fa La Sol Si La Do Si dan Descending yaitu Do La Si Sol La Fa Sol Mi Fa Re Mi Do. .. .. .. ..

Anda bisa melakukan variasi lain misalnya
Do Re Mi Fa Re Mi Fa Sol Mi Fa Sol La Si Sol La Si Do dan Descending Do Si La Sol Si La Sol Fa La Sol Fa Mi Sol Fa Mi Re Fa Mi Re Do

3. Irama, Birama & Tempo
Seorang penyanyi yang baik seharusnya belajar untuk bisa menguasai bermacam-macam irama bermacamatau jenis aliran music seperti : Chaca, Pop, Waltz dan sebagainya. Dia juga harus (lambatmengetahui birama lagu, apakah 4/4, ¾ atau 2/4, dan mesti mengikuti tempo (lambat-cepat) lagu sesuai dengan yang diminta pencipta.

4. Penguasaan Artikulasi (pengucapan kata)
Seorang penyanyi selain harus menguasai dan mengahfalkan syair (lirik) lagu dengan baik, juga kataharus mengucapkan kata-katanya dengan jelas dan tegas. Untuk membantu agar dapat memberi “jiwa” pada lagu tersebut, harus juga memahami isi dan maksud yang terkandung dalam dalam lagu.Ada beberapa cara praktis untuk meningkatkan artikulasi anda, yaitu dengan mengucapkan vocal : A I U E O

5. Tehnik Vibrasi
Vibrasi adalah suatu bentuk suara yang bergetar dan bergelombang dalam tehnik oleh vocal, finishing. vibrasi ini merupakan tahap finishing. Fungsinya biar terdengar lebih merdu dan indah. Kalau mau tahu contoh vibrasi yaitu ketika seseorang tertawa terbahak-bahak, suara akan terbahakterdengar bergetar dan bergelombang. Kemudian dalam dunia tarik suara, bentuk dasar sebuah tersebut dikembangkan menjadi sebuah tehnik dalam bernyanyi yang disebut vibrasi.

halSelain hal-hal diatas, ada hal lain yang harus diperhatikan, yaitu sikap tubuh dalam bernyanyi, baik dalam latihan maupun pada saat kita sedang tampil di panggung/podium. Mengapa sikap berpengaruh tubuh sangat berpengaruh pada sirkulasi nafas yang merupakan unsure penting dalam bernyanyi. Sikap ini harus dilatih, baik sikap duduk maupun sikap berdiri. .. ..

Untuk menyajikan suara yang indah dalam bernyanyi, sebelumnya kita harus tahu beberapa tahapan yang harus dilatih, dibina, dan diasah secara teratur serta memerlukan disiplin yang tinggi, yaitu :

A. PERNAPASAN B. MEMBENTUK SUARA C. RESONANSI ( Menggemakan suara ) D. VOCAL & KONSONAN E. INTONASI ( Menyanyikan nada dengan tepat ) F. ARTIKULASI ( Pengucapan yang benar & Jelas ) G. FRASERING ( Menyanyikan kalimat dengan utuh ) H. INTERPRETASI & EKSPRESI

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->