P. 1
Etika Profesi Dalam Praktek Keperawatan Profesional

Etika Profesi Dalam Praktek Keperawatan Profesional

|Views: 6,277|Likes:
Published by echou

More info:

Published by: echou on Nov 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

ETIKA PROFESI DALAM PRAKTEK KEPERAWATAN PROFESIONAL ETIK DAN MORAL DALAM PRAKTEK KEPERAWATAN

Sikap etis profesional yang kokoh dari setiap perawat akan tercermin dalam setiap langkahnya,termasuk penampilan diri serta keputusan yang diambil dalam merespon situasi yang muncul. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang etika dan moral serta penerapannya menjadi bagian yang sangat penting dan mendasar dalam memberikan asuhan keperawatan.

ETIKA, MORAL DAN NILAI-NILAI • Etika merupakan suatu pertimbangan yang sistematis tentang perilaku benar atau salah,kebajikan atau kejahatan yang berhubungan dengan perilaku. • Nilai adalah suatu keyakinan seseorang tentang penghargaan terhadap suatu standar atau pegangan yang mengarah pada sikap / perilaku.

NILAI-NILAI ESENSIAL DALAM PROFESI
• Pada tahun 1985,”The American Association Colleges of Nursing”melaksanakan suatu proyek termasuk didalamnya mengidentifikasi nilai-nilai esensial dalam praktek keperawatan profesional. 7 nilai-nilai esensial: Aesthetics [keindahan] Altruism [mengutamakan orang lain] Equality [kesetaraan] Freedom [kebebasan] Human dignity [martabat manusia] Justice [keadilan] Truth [kebenaran]

• 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

PELAKSANAAN ETIK DAN MORAL DALAM PELAYANAN KLINIS KEPERAWATAN • Aplikasi dalam praktek klinis bagi perawat diperlukan untuk menempatkan nilai-nilai dan kesehatan pada posisinya. • Pertama-tama yang dilakukan oleh perawat adalah berusaha membantu pasien untuk mengidentifikasi nilai-nilai dasar kehidupannya sendiri.

PERILAKU ETIS PROFESIONAL
• Perawat memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan asuhan yang berkualitas berdasarkan standar perilaku yang etis dalam praktek asuhan profesional. • Hal ini perawat sering kali menggunakan dua pendekatan yaitu: 1). Pendekatan berdasarkan prinsip 2).pendekatan berdasarkan asuhan keperawatan.

ETIKA KEPERAWATAN
• Perawat adalah yang sifat pekerjaannya selalu dalam situasi yang menyangkut hubungan antar manusia,terjadi proses interaksi serta saling mempengaruhi dan dapat memberikan dampak terhadap tiap-tiap individu yang bersangkutan. • Keperawatan sebagai suatu pelayanan profesional bertujuan untuk tercapainya kesejahteraan manusia. • Etika profesi keperawatan adalah filsafat yang mengarahkan tanggungjawab moral yang mendasari pelaksnaan praktik keperawatan.

TUJUAN ETIKA KEPERAWATAN
• Tujuannya adalah menciptakan dan mempertahankan kepercayaan client kepada perawat,kepercayaan diantara sesama perawat,dan kepercayaan masyarakat pada profesi keperawatan.

PELAYANAN PROFESIONALISME KEPERAWATAN YANG DIDUKUNG OLEH ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
• Di indonesia,keperawatan telah mencapai kemajuan yang sangat bermakna bahkan merupakan suatu lompatan yang jauh kedepan.hal ini bermula dari dicapainya kesepakatan bersama pada Lokakarya Nasional Keperawatan pada bulan januari 1983 yang menerima keperawatan sebagai pelayan profesional dan pendidikan keperawatan sebagai pendidik profesional • Keyakinan ini yang merupakan faktor penggerak perkembangan pendidikan keperawatan di Indonesia pada jenjang pendidikan tinggi,yang sebenarnya telah di mulai sejak tahun 1962,yaitu dengan di bukanya Akademi Keperawatan yang pertama di jakarta.

Pendidikan tinggi keperawatan di harapkan menghasilkan tenaga keperawatan profesional yang mampu mengadakan pembaharuan dan perbaikan mutu pelayanan asuhan keperawatan,serta penataan perkembagan kehidupan profesi keperawatan.

KESIMPULAN
• Dalam upaya mendorong profesi kerawatan agar dapat diterima dan dihargai oleh pasien, masyarakat atau profesi lain, maka mereka harus memanfaatkan nilai-nilai keperawatan dalam menerapkan etika dan moral disertai komitmen yang kuat dalam mengemban peran profesionalnya. Dengan demikian keperawatan menerima tanggung jawab,dapat melaksanakan asuhan keperawatan secara etis profesional. Sikap etis profesional berarti bekerja sesuai dengan standar,keadaan tersebut akan dapat memberi jaminan bagi keselamatan pasien,penghormatan terhadap hak-hak pasien, akan berdampak terhadap peningktan kualitas asuhan keperawatan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->