P. 1
2 - Aspek Pasar Dan Pemasaran

2 - Aspek Pasar Dan Pemasaran

|Views: 2,150|Likes:
Published by wina arni

More info:

Published by: wina arni on Nov 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/29/2013

pdf

text

original

Created by: 1.Emanuel dawis.p 07211003 2.Eka setianingsih 07211004 3.

Upik kusumawati 07211005

 Aspek

pasar dan pemasaran pada study kelayakan proyek berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut .  Dalam aspek pasar dan pemasaran yang harus dilakukan adalah mengetahui dan dapat memanfaatkan market potensial secara efektif agar produk yang dihasilkan mampu memberi keuntungan maksimal , memenuhi kebutuhan pasar dan proyek dapat terus berkembang

Masa lalu: selling concept ( konsep penjualan )  Saat ini : integrated marketing concept. ( pemasaran terpadu )

Setiap jenis produk baru mempunyai tahap kehidupan produk ( product life cycle ), tingkat laju permintaan tiap tahapan berbeda. Tahap tersebut adalah pengenalan produk, pertumbuhan, kejenuhan dan penurunan. Bila pasar dapat menerima produk maka pengenalan mulai tumbuh, akan diikuti oleh pertumbuhan produk, pasar akan mencobanya bila cocok akan membeli dalam kesempatan lain , produsen menikmati keuntungan.. Banyaknya perusahaan mengusahakan produk yang sama, mungkin serupa , baik ukuran dan kualitas sehingga permintaan terhadap produk dari satu perusahaan tersebut berrkurang dan persaingan semakin besar. Kegiatan dan biaya promosi meningkat menyebabkan penawaran naik sedangkan permintaan tidak bisa dinaikan secara otomatis , pertambahan jumlah penawaran menyebabkan kejenuhan , tahap kejenuhan dipercepat geraknya ketahap penurunan bila muncul produk baru yang lebih baik.

HAL YAG BERHUBUNGAN DENGAN ASPEK PASAR

Karakteristik pasar di Negara yang bersangkutan untuk melihat peluang pasar market potensial ( pasar potensial ) yang tersedia untuk masa yang akan datang market share ( pangsa pasar ) yang dapat diserap dari keseluruhan pasar potensial tersebut Faktor persaingan pasar strategi yang diterapkan dalam mencapai market share yang ditetapkan peran pemerintah dalam menunjang perkembangan produk dan pemasaran produk

Bagaimana Karakteristik pasar di Negara yang bersangkutan dimana produk itu dikembangkan ( misal negara sedang berkembang termasuk Indonesia
Sering kali permintaan nasional untuk produk /

jasa tertentu tidak terlalu besar Adanya garis pemisah yang cukup jelas dari segmen pasar yang ada baik segmen atas dasar geografis , status social,atau dasar lain Kebanyakan produk yang dibuat merupakan produk pengganti produk impor Untuk jenis produk tertentu sering kali terjadi terlalu besarnya peran pemerintah dalam mekanisme pasar.

MARKET POTENSIAL ( PASAR POTENSIAL ) YANG TERSEDIA UNTUK MASA YANG AKAN DATANG

Dalam hal ini perlu diketahui tingkat permintaan masa lalu, sekarang dan variabel-variabel yg berpengaruh terhadap permintaan tersebut.

TINGKAT PERMINTAAN MASA LALU
Peramalan permintaan  Pengukuran pasar potensial saat sekarang dan peramalan pasar potensial masa yang akan datang (→ Pasar potensial)  Pengukuran dari sebagian pasar potensial yang dapat diraih oleh proyek saat sekarang dan masa yang akan datang (→ Sales potensial)

PERMINTAAN PRODUK PADA MASA LAMPAU
Dengan mngumpulkan dan menelaah jumlah permintaan produk dengan data kualitatif dan kuantitatif , dengan tujuan membantu investor mendapat gambaran permintaan Data yang dikumpulkan adalah data selektif yang dapat membantu  Untuk peramalan permintaan diperlukan data dan sumber data berupa kualitatif maupun kuantitatif.

DATA YANG DIPERLUKAN DALAM ANALISA ASPEK PASAR
 

 

 

Kecenderungan konsumsi / permintaan masa lalu dan sekarang, dan variabel-variabel yang berpengaruh yang dapat dijadikan dasar perumusan model peramalan pasar potensial Penawaran produk sejenis di masa lalu dan sekarang serta kecenderungan di masa yang akan datang Impor dan ekspor untuk produk yang diusulkan Struktur persaingan : mengetahui kedudukan proyek dalam struktur persaingan, termasuk struktur biaya dari perusahaan pesaing dalam memproduksi dan memasarkan produk Tingkah laku, motivasi, kebiasaan, dan preferensi konsumen Pemilihan marketing efforts ( upaya pemasaran ) yang akan dilakukan dan pemilihan skala prioritas dari marketing mix ( bauran pemasaran : harga, tempat, promosi, relasi, kekuasaan / power ) yang tersedia. Tingkat elastisitas permintaan dari produk yang diusulkan.

SKEMA SISTEMATIS PASAR POTENSIAL DAN PERMINTAAN INDUSTRY / PRODUK
Pasar Potensial

Permintaan Industri Peramalan Pasar Potensial

Pasar Potensial (dengan asumsi tertentu)

Marketing Efforts Industri

Total Marketing Efforts Industri

SUMBER DATA SEKUNDER:
Laporan Sensus Penduduk Indonesia  Laporan Perencanaan di Indonesia (Lima tahunan atau tahunan)  Buku Statistik Indonesia atau statistik masingmasing daerah  Buletin masing-masing departemen  Buletin kalangan perbankan  Buletin asosiasi profesi  Laporan seminar, lokakarya, dan sejenisnya  Laporan penelitian sejenis yang pernah dilakukan atau laporan khusus

DATA KUANTITATIF
yang perlu ditelaah :  Jumlah permintaan dalam suatu barang dan satuan uang (dapat dikumpulkan dari angkaangka statistic produksi dalam negeri, impor, ekspor dan perubahan persediaan selama masa yang bersangkutan )

MEMPERKIRAKAN JUMLAH PERMINTAAN PRODUK DI MASA YANG AKAN DATANG

perkiraan permintaan yang lazim dipergunakan dalam evaluasi proyek , ,antara lain :
    

Proyek kecenderungan perkembangan permintaan dimasa lampau Koefisien konsumen Subtitusi impor Perbandingan antar Negara Factor kepekaan dalam perkiraan jumlah permintaan

Proyek kecenderungan perkembangan permintaan dimasa lampau
Dalam metode ini factor-faktor utama yang mempengaruhi

permintaan produk di masa lampau, tidak akan berubah di masa mendatang. Secara matematis angka-angka jumlah permintaan tahuntahun mendatang dapat dihitung dengan: Y=a=bx ( persamaan matematis untuk garis lurus. ) Y ( jumlah permintaan yang diperkirakan untuk tiap masa tertentu, misalnya satu tahun ) a ( jumlah permintaan rata-rata masa yang lampau ) b ( nilai kecenderungan perubahan permintaan dari satu masa ke masa berikutnya ) x ( masa perkiraan permintaan yang dicari )

KOEFISIEN KONSUMEN
Jumlah permintaan barang industrial diperhitungkan dengan jalan mengkalikan jumlah produk akhir yang di produksi oleh perusahaan-perusahaan industry dengan jumlah barang industial yang di pergunakan untuk setiap satuan produk akhir tersebut.

Impor merupakan barang yang berharga untuk menyusun perkiraan jumlah permintaan produk, merupakan petunjuk ada permintaan produk di pasar dalam negeri.

Investor perlu memperhatikan faktor-faktor tertentu yang berpengaruh dalam penentuan jumlah impor tapi tidak akan berlaku bagi produksi dalam negeri.

PERBANDINGAN ANTAR NEGARA
 

Tingkat ekonomis social Negara yang di pergunakan sebagai bahan pembanding indicator ekonomis social yang dapat mempengaruhi laju permintaan produk seperti : tingkat pendapatan per kapita, jumlah dan penyebaran penduduk, kebiasaan social,budaya dan sebagainya Harus di pelajari dengan teliti sebelum di putuskan permintaan produk di Negara tertentu ( di pergunakan sebagai dasar menyusun perkiraan permintaan produk didalam negeri ) Kecuali bila sebagian besar atau seluruh produk yang akan di hasilkan akan di ekspor, maka perkiraan permintaan produk dimulai dari tingkat nasional, baru kemudian di perinci tiap daerah / sector pasar.

Beberapa contoh factor-faktor tersebut di atas antara lain adalah penemuan sumber bahan mentah baru, penemuan produk subtitusi, muncul atau lenyapnya perusahaan-perusahaan pesaing.

MARKET SHARE ( PANGSA PASAR ) YANG DAPAT DISERAP DARI KESELURUHAN PASAR POTENSIAL TERSEBUT

Market share ( Pangsa pasar ) : bagian atau persentase penjualan suatu produk atau jasa tertentu dalam wilayah tertentu yang dikuasai oleh perusahaan.

misalnya, terdapat 100 produk dijual di suatu negara dan

perusahaan A menjual 43 dari mereka, maka perusahaan A memiliki 43% pangsa pasar. Dapat menghitung pangsa pasar menggunakan pendapatan bukan unit yang terjual. Jika perusahaan A menjual produk untuk biaya total $ 860 dan orang-orang di negeri ini menghabiskan total sebesar $ 2.000 pada produk yang sama, market share (Pangsa pasar ) = $ 860 / $ 2.000 atau 43%.

STRATEGI YANG DITERAPKAN DALAM MENCAPAI MARKET SHARE YANG DITETAPKAN
Strategi pemasaran : Berbagai usaha yang perlu dilakukan oleh calon investor dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian hasil produknya. Hal yang diPertimbangkan:  Usaha pemasaran ketika pertama kali memasuki pasar dengan usaha pemasaran lanjutan sesuai kedudukan produk dalam persaingan dan kedudukan produk pada siklus usia produk  Tanggapan yang mungkin terjadi atas program pemasaran yang direncanakan  Kemungkinan layanan khusus pada konsumen

Hal-hal berikut merupakan titik tolak menilai produk dan perusahaan pesaing  perusahaan-perusahaan mana yang secara langsung dan tidak langsung akan menjadi pesaing utama  berapa besar kapasitas produksi mereka,berapa persen kapasitas produksi itu dipergunakan ,  adakah rencana peningkatan operasi mereka bila berencana meningkatkan operasi,  apakah peningkatan tersebut akan dilakukan dengan memperpanjang jam kerja atau dengan perluasan.  Dari segi tambahan biaya tetap ,  cara peningkatan operasi yang lebih menghemat dengan tambahan biaya tetap.  Bagaimana kedudukan perusahaan-perusahaan pesaing utama di pasar, selama beberapa waktu terakhir, meningkat atau menurun.  Berapa persen dari seluruh permintaan di pasar mereka kuasai.

Peran pemerintah dalam menunjang perkembangan produk dan pemasaran produk
 Ketetapan dalam pemberian lisensi impor , ketetapan standar produk

dan sebagainya berpengaruh secara positif atau negative dalam kehidupan perdagangan produk,  ketetapan yang bersifat membatasi impor produk tertentu dapat mengakibatkan angka-angka produk tersebut di masa lalu tidak menunjukan potensi permintaan yang sebenarnya.
 Di lain pihak mungkin pemerintah ingin menggalakan produksi barang-

barang tertentu yang di anggap dapat menunjang laju perkembangan ekonomi atau meningkatkan sejahteraan masyarakat banyak.  Pemerintah akan menyediakan berbagai macam insentif dan kemudahan kepada para investor,maka beban pemasaran produk mungkin dapat menjadi lebih ringan.

KESIMPULAN
Aspek pasar dan pemasaran dalam kelayakan proyek merupakan aspek yang paling penting sebagai ujung tombak perusahaan untuk mendapat keuntungan dari banyaknya permintaan pasar yang akan membeli produk yang dikembangkan. Hal yang harus diperhatikan dalam aspek pasar dan pemasaran adalah melihat potensi pasar, sebagai peluang untuk memperoleh market share yang ditetapkan dalam meningkatkan permintaan produknya. Permintaan produk dapat di analisa dengan berbagai macam metode analisa permintaan baik masa lalu , sekarang maupun masa yang akan datang. Selain itu harus mampu melihat lingkungan bisnis dan kondisi para peasing serta peranan dan kebijakan Negara dimana proyek itu berkembang.

Wassalam……………..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->