P. 1
Perbedaan Jaringan Kabel Dan Nirkabel

Perbedaan Jaringan Kabel Dan Nirkabel

|Views: 2,598|Likes:
Published by mr_istana

More info:

Published by: mr_istana on Nov 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

PERBEDAAN JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL

JARINGAN Pada zaman sekarang ini jaringan sudah banyak digunakan oleh perusahaanperusahaan untuk mempermudah koneksi itu sendiri. Maksud dari jaringan sistem komputer, telpon, atau piranti komunikasi lain yang terinterkoneksi sehingga mampu saling berkomunikasi serta bertukar aplikasi dan data. banyak sekali manfaatnya antara lain : – Berbagi Antar Perangkat periferal (1 printer, banyak pengguna) – Berbagi Program dan Data (shared server) – Komunikasi yang Lebih Baik (email) – Keamanan Informasi (backup u/ minimalisasi kejadian: si pegawai meninggal, bencana alam). – Akses ke database (db perusahaan, db di internet). Jenis-jenis jaringan nya adalah : WAN, MAN, LAN, HAN, PAN, dll. WAN (Wide Area Network) : geografis yang sangat luas, misalnya pada 1 negara atau dunia. MAN (Wide Area Network) : jaringan komunikasi yang mencakup sebuah kota atau daerah. LAN (Wide Area Network ) : atau jaringan lokal, menghubungkan komputer dan piranti dalam

cakupan geografis yang terbatas. HAN (Home Area Network) : menggunakan koneksi kabel/nirkabel untuk menghubungkan piranti2 digital di rumah. PAN (Personal Area Network): dengan teknologi nirkabel jarak dekat untuk menghubungkan bendabenda elektronik pribadi. Media Komunikasi Kabel terdiri dari: ● Twisted-Pair Wire (kabel ulir) – Terdiri dari 2 utas kawat tembaga yang dipilin mengelilingi satu sama lain. – Relatif lambat, dgn kecepatan 1 - 128 megabit per detik. – Tetapi, kabel yang dipilin tidak terlindung dari interferensi. – Populer (harga lebih murah). ● Kabel koaksial ("co-ax") – Berupa 1 utas kawat tembaga di bagian tengah yang terbungkus dalam pelindung logam + penutup plastik eksternal. – Ada pelindung ekstra sehingga kabel koaksial lebih tahan terhadap noise daripada kabel ulir. – Mampu mentransmisikan data hingga 200 megabit per detik. ● Kabel serat optik

– Terdiri dari lusinan/ratusan serat kaca atau plastik tipis yang mampu mentransmisikan getaran cahaya, bukan sinyal listrik. – bisa mentransmisikan hingga 2 milyar getaran per detik (2gigabit) Media komunikasi nirkabel Teknologi jaringan nirkabel sebenarnya terbentang luas mulai dari komunikasi suara sampai dengan jaringan data, yang mana membolehkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel pada suatu jarak tertentu. Ini termasuk teknologi infrared, frekuensi radio dan lain sebagainya. Peranti yang umumnya digunakan untuk jaringan nirkabel termasuk di dalamnya adalah komputer, komputer genggam, PDA, telepon seluler, tablet PC dan lain sebagainya. Teknologi nirkabel ini memiliki kegunaan yang sangat banyak. Contohnya, pengguna bergerak bisa menggunakan telepon seluler mereka untuk mengakses e-mail. Sementara itu para pelancong dengan laptopnya bisa terhubung ke internet ketika mereka sedang di bandara, kafe, kereta api dan tempat publik lainnya. Di rumah, pengguna dapat terhubung ke desktop mereka (melalui bluetooth) untuk melakukan sinkronisasi dengan PDA-nya. Ada 4 jenis media nirkabel diantaranya : ● Transmisi inframerah : mengirim sinyal data dengan gelombang sinar inframerah pada frekwensi sangat rendah (1 sampai 4 megabit per detik) sehingga bisa diterima dan diinterpretasikan oleh mata manusia. – Contoh pada laptop, PDA, kamera digital, printer, dan mouse nirkabel, serta remote control untuk TV ● Siaran radio : mengirim data jarak jauh hingga 2 megabit per detik –bisa melintasi kota, provinsi, atau negara. ● Radio microwave : mentransmisikan suara dan data dengan kecepatan 45 megabit per detik pada gelombang radio berfrekwensi sangat tinggi yang bergetar minimal 1 gigahertz.

● Satelit komunikasi : adalah stasiun relay microwave yang mengorbit di sekitar bumi. – Transmisi sinyal dari stasiun di permukaan bumi ke satelit dinamakan uplinking; arah sebaliknya dinamakan downlinking. Media nirkabel juga terbagi lagi menjadi 2: Nirkabel jarak dekat dan nirkabel jarak jauh.

NIRKABEL JARAK JAUH Nirkabel jarak jauh biasa disebut juga dengan komunikasi dua arah, berikut contohnya : ● 1G (Generasi Pertama): Ponsel Analog ● 2G (Generasi Kedua): Ponsel Digital & PDA ● 2,5G ● GPRS (General Packet Radio Service) ● Nirkabel 3G (Generasi Ketiga) ●HIGH SPEED DOWNLINK PACKET ACCESS(HSPDA) disebut juga dengan teknologi 3,5G ● WiMax: wireless yang memiliki kecepatan tinggi. jaraknya pun bisa sampai 100 mil.

Nirkabel Jarak Dekat

● Untuk Local Area Network (LAN): Wi-Fi b, a, g, dan n (biasa digunakan di kantor, kampus) . ● Untuk Personal Area Network (PAN): Bluetooth, infra merah Wideband, dan USB Nirkabel .

Hacker & Cracker ● Hacker : (1) orang-orang yang menyukai dunia computer dan senang mempelajari bahasa pemrograman, tetapi juga (2) bisa mengakses komputer atau jaringan secara ilegal, meskipun tidak membahayakan. ● Macam-macam hacker: – Thrill-seeker hacker : hacker yang mengakses komputer secara ilegal dengan alasan "sebagai tantangan".tidak merusak atau mencuri apapun; mereka sudah cukup puas karena bisa memasuki sistem.

White-hat hacker : profesional komputer yang memasuki sistem komputer atau jaringan sepengetahuan si pemilik sistem untuk menemukan celahcelah keamanan lalu memperbaikinya.

Cracker ● Cracker = hacker perusak, yaitu orang-orang yang memasuki sistem komputer untuk tujuan merusak –memperoleh informasi untuk mendapatkan keuntungan finansial, mematikan hardware, membajak software, mencuri informasi kredit orang lain, dan mengubah atau merusak data.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->