P. 1
ANALISIS BIAYA MANFAAT

ANALISIS BIAYA MANFAAT

|Views: 4,191|Likes:
Published by Wahyu Hidayat

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Wahyu Hidayat on Nov 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2013

pdf

text

original

ABRORI SUHENDRA WAHYU HIDAYAT HANES FORISA FERDI ZULMI PRATAMA 07151069

07151051 07151027 07151039

Identifikasi himpunan proyek mungkin harus dipertimbangkan  Identifikasi konsekuensi penuh dari setiap alternatif  Menetapkan nilai untuk setiap masukan dan keluaran  Menambah biaya dan manfaat untuk memperkirakan total keuntungan dari proyek

Pemerintah pada dasarnya berjalan melalui prosedur yang sama dalam mengevaluasi sebuah proyek. Namun ada dua perbedaan penting antara sosial dan swasta analisis biaya-manfaat. Pertama, konsekuensi dari proyek yang perhatian kepada perusahaan adalah efek yang profitabilitas, pemerintah mungkin khawatir dengan konsekuensinya yang jauh lebih luas. Sebagai contoh, mungkin berkaitan dengan efek ekologis bendungan di sungai yang digunakan untuk rekreasi. Kedua, sedangkan perusahaan menggunakan harga pasar untuk mengevaluasi apa yang telah dibayar untuk memasukan apa yang diterimanya untuk output, terdapat dua contoh di mana pemerintah mungkin tidak menggunakan harga pasar dalam mengevaluasi proyek-proyek: (a) Bila output dan input tidak dijual di pasar, harga pasar tidak berlaku, untuk udara bersih, untuk keselamatan kehidupan, atau untuk pelestarian padang gurun dalam keadaan alami. (b) Apabila terdapat kegagalan pasar, harga pasar tidak mewakili proyek benar biaya sosial marjinal atau manfaat. Harga yang digunakan pemerintah untuk mengevaluasi proyek-proyek harus mencerminkan kegagalan pasar.

 1.

Analisis manfaat biaya sosial memperhitungkan dampak lingkup yang lebih luas bukan hanya keuntungan.  2. Dalam analisis manfaat biaya sosial, harga pasar mungkin tidak ada untuk banyak manfaat dan biaya, dan harga pasar tidak boleh digunakan karena kegagalan pasar (jadi, harga pasar tidak mencerminkan marjinal keuntungan dan biaya sosial).

Pepatah lama "waktu adalah uang" menggambarkan bagaimana sebagian besar ekonom savings time mengevaluasi hasil dari perbaikan sistem transportasi Model ekonomi sederhana, seorang individu yang digambarkan sebagai membuat pilihan antara jumlah waktu luang dan jumlah pekerjaan yang dia melakukan. Sebagai hasil dari mengorbankan satu jam lagi waktu senggang, dia mendapat kenaikan barangbarang konsumsi yang setara dengan upah per jam-nya. Dalam kesetimbangan, dia tidak peduli ketika memilih apakah akan memberi satu jam lebih banyak waktu luang dan meningkatkan jumlah konsumsi dengan jumlah yang setara dengan upah per jam-nya, atau untuk mengurangi pekerjaannya (meningkatkan jumlah waktu luang) dengan satu jam dan mengurangi konsumsi nya dengan jumlah yang setara dengan upah per jam-nya.

Mungkin tidak ada perihal di depan umum analisis biaya-manfaat yang telah menimbulkan begitu banyak diskusi emosional sebagai ekonom 'upaya untuk menempatkan nilai moneter kehidupan. Hampir tidak ada batasan untuk jumlah yang bisa de dihabiskan untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan di jalan, dari kematian dan beberapa penyakit. Namun kita tidak bisa menghabiskan 50 persen dari pendapatan bangsa kita pada keselamatan transportasi, atau 50 persen dari pendapatan nasional kita pada kesehatan.

Sebuah pertanyaan semakin menjadi kepedulian adalah bagaimana dampak nilai pada lingkungan.  Jika seseorang atau perusahaan melakukan perusakan lingkungan atau membunuh satwa yang ada, maka mereka harus membayar uang sebagai kompensasi baik untuk mencegah orang lain dari mengambil tindakan yang dapat merusak lingkungan, dan memberikan kompensasi kepada mereka atas kerugian yang dirasakan dari cedera lingkungan.

Analisis biaya-manfaat swasta mencatat bahwa satu dolar tahun depan atau tahun setelah tidak layak sebanyak satu dolar hari ini. Oleh karena itu, pendapatan yang akan diterima di masa depan atau pengeluaran yang akan terjadi di masa depan harus diabaikan. Dalam memutuskan apakah akan melakukan proyek, kita melihat nilai diskon yang sekarang. Tingkat diskonto perusahaan swasta menggunakan adalah r, tingkat bunga perusahaan harus membayar. Apa tingkat diskonto pemerintah harus digunakan? Tingkat diskonto yang digunakan oleh pemerintah kadang-kadang disebut tingkat diskonto sosial. Pertanyaan pokok perhatian adalah hubungan antara tingkat suku bunga dan wajah oleh konsumen, di satu sisi, dan tingkat yang dihadapi oleh produsen, di sisi lain.

 Kesalahan

yang paling umum dalam usaha untuk mengatasi ketidakpastian manfaat dan biaya dari proyek ini adalah untuk berpendapat bahwa dalam fakta risiko, pemerintah harus menggunakan discount rate yang lebih tinggi. Ingatlah bahwa tingkat diskonto mengaitkan nilai satu dolar tanggal untuk nilai di kemudian hari. Untuk melihat bagaimana meningkatkan tingkat diskonto dapat mengakibatkan pertimbangkan sebuah proyek pada penghentian dikarenakan pengeluaran yang besar.

Untuk mengevaluasi resiko, ekonom memperkenalkan konsep kepastian yang setara, menganggap ada beberapa proyek berisiko. Tahun depan output dari proyek ini dapat bernilai $ 0 atau $ 100; ada fifty-fifty kesempatan untuk setiap hasil. Nilai rata-rata hanya $ 50 (1 / 2 * $ 100 1 / 2 * $ 0 = $ 50). Jika kita tidak suka risiko. Namun kita harus jelas lebih suka proyek dengan nilai rata-rata yang lebih kecil, sepanjang risiko yang lebih kecil. Jika kita akan acuh tak acuh dalam memilih antara proyek berisiko dengan nilai ratarata $ 50 dan yang sangat aman nilai proyek sebesar $ 45, kita akan mengatakan bahwa $ 45 adalah kepastian berisiko setara dengan proyek dengan nilai rata-rata $ 50. Untuk mengevaluasi proyek berisiko, maka kita hanya mengambil nilai diskon sekarang kepastian setara.

Untuk meningkatkan pengawasan dan kontroversi dalam analisis resiko adalah resiko terhadap kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan hidup, yang diajukan misalnya penggunaan limbah berbahaya, pestisida, dan bahan kimia yang mencemari lingkungan (air,udara,tanah,dll) akan mengakibatkan kemungkinan kanker dan berbagai penyakit lainnya, sering kali mengancam nyawa. Penilaian risiko difokuskan pada besarnya resiko ini dinilai dan bagaimana prioritas untuk mengurangi risiko ini harus ditetapkan.

Langkah-langkah dalam analisis distribusi pertimbangan adalah :

untuk memastikan setepat mungkin bagaimana program mempengaruhi individu dalam situasi yang berbeda. Biasanya, fokus ditempatkan pada individu-individu dari penghasilan yang berbeda, meskipun sering dampak regional, yang satu di mana lebih banyak tentang manfaat dan lebih sedikit dari biaya diperoleh individu miskin mungkin akan lebih disukai, jika melihat dampak keseluruhan untuk distribusi pendapatan atau kekayaan. Namun pendekatan ini hanya cocok untuk program-program utama dengan kapasitas untuk efek distribusi substansial, seperti perubahan sistem kesejahteraan atau sistem pajak. Kebanyakan proyek yang dilakukan oleh pemerintah dalam skala lebih kecil.

Analisis efektivitas biaya menyediakan cara untuk melakukan hal ini dengan melihat program yang sama (atau serupa) manfaat, dan meminta yang produser manfaat tersebut setidaknya biaya. Asumsikan bahwa kita ingin menghindari masalah yang terkait dengan kehidupan menghargai sambil membantu pemerintah menilai berbagai cara untuk mengurangi kematian jalan raya. Kita bisa menghitung biaya yang terkait dengan masing-masing dari beberapa metode untuk mencapai tujuan yang sama. Atau kita mungkin hanya menunjukkan biaya marjinal yang terkait dengan pengurangan bertahap di tingkat kematian di bawah setiap metode, dan menyerahkan kepada pembuat undang-undang untuk menentukan titik sepanjang kurva harus dipilih (dan karena itu metode apa yang meningkatkan keselamatan lalu lintas harus dipilih). Biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya alat penting yang digunakan oleh para pembuat kebijakan di seluruh dunia. Mereka memberikan disiplin untuk proses pengambilan keputusan. Sementara kritikus mengeluh bahwa mereka mengurangi segala sesuatu untuk perhitungan dingin, mereka dapat digunakan untuk membawa ke analisis secara sistematis tidak hanya biaya dan manfaat ekonomi, tetapi juga kekhawatiran tentang lingkungan, kesehatan, dan distribusi. Meskipun tidak pernah akan selesai presisi, terutama dalam keras-untukmengukur daerah, akan dilakukan penilaian menimbang berbagai pertimbangan, dan kuantifikasi dapat menjadi langkah membantu bergulir yang rumit trade-off yang harus dihadapi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->