P. 1
Bagan Kerjasama Internasional Di Bawah Naungan Pbb

Bagan Kerjasama Internasional Di Bawah Naungan Pbb

5.0

|Views: 12,177|Likes:
Published by pia toraja

More info:

Published by: pia toraja on Dec 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/16/2014

pdf

text

original

BAGAN KERJASAMA INTERNASIONAL DI BAWAH NAUNGAN PBB 1.

Ecosoc (Asian Productivity Social Council) Dewan ekonomi merupakan social merupakan organisasi dari persatuan bangsa-bangsa (PBB atau UNO= United Nations Organization) yang bergerak dalam bidang ekonomi sosial. Tujuannya :   Meningkatkan taraf hidup yang lebih baik Meningkatkan ekonomi, social, pendidikan, kesenian dan kesehatan.  Menjamin dan meningkatkan kesadaran dan Hak Asasi Manusia.

2.

IMF (Internasional Monetary Fund) IMF atau Dana Militer Internasional didirikan setelah adanya konfrensikonfrensi di Brotton Woods Amerika Serikat 1944. Tujuannya :    Memperluas memajukan kerjasama di bidang moneter. Memajukan dan memperluas perdagangan internasional. Memudahkan tercapainya stabilitas valuta dan kurs pengganti uang Negara-negaranya,anggotanya.  Membantu mengatasi kesulitan pembangunan luar negeri dan neraca pembayaran Negara anggotanya dengan memberikan kredit.

3.

IBRD (Internasional Bank For Reconstruction and Development) IBRD atau Bank Internasional untuk membangun dan perkembangan atau dikenal dengan nama bank dunia (World Bank)

Tujuannya : Memberikan pinjaman lunak jangka panjang dan menjamin pinajaman bagi proyek-proyek perbaikan dan pembangunan, utamanya bagi Negara-negara yang baru merdeka atau baru dilanda perang

4.

IFC (Internasional Finance Corporation) IFC atau gabungan keuangan internasional ini dibentuk diwashington tahun 1956. Yang merupakan bagian dari BANK dunia atau IBRD. Tujuannya :   Membantu penambahan modal perusahaan swasta. Memberi saran-saran pengelolaan usaha secara baik.

5.

IDA (Internasional Development Association) IDA atau ososiasi pembangunan Negara-negara anggotanya Negara sedang berkembang dibidang pertanian, industri, pelistrikan, perbaikan kampung, dengan memberikan kredit jangka panjang tanpa bunga hanya biasa pelayanan.

6.

ITO (Internasional Trade Organisation) ITO atau Organisasi Perdagangan Internasional ini didirikan tahun 1948. Tujuannya :  Mengurangi atau membatasi peraturan yang menghambat kelancaran perdagangan internasional.

7.

CGI (Consultative Group For Indonesia)

CGI ini kelompok Negara pemberi nasehat dan bantuan kredit yang diberikan berbunga 2,5%. Negara yang tergabung dalam CGI adalah Australia, Austria, Amerika Serikat, Berlgia,Denmark, Inggris, Italia, Jepang, Jerman Barat, Kanada, Norwegia, Prancis, Swiss, Spanyol, Selandia Baru. Tujuannya :   Membantu terciptanya stabilitas ekonomi Indonesia Membantu tambahan modal sebagaio dana bagi percepatan pembangunan nasional Indonesia  Memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

8.

GATT (General Agreement On Tariffs and Trade) GATT atau persetujuan umum tentang tarik dan perdagangan, didirikan tahun 1947 di Genewa(Swiss). Indonesia masuk anggota GATT tahun 1950. Tujuannya :  Mengurangi bahkan menghapus rintangan perdagangan

internasional berupa pengurangan atau penghapusan tarik bea masuk barang, menghindari pengenaan tarif berganda. 9. IDB (Islamic Development Bank) IDB atau Bank pembangunan islam ini didirikan 23 April 1975. Tujuannya : Membantu peningkatan pembangunan Negara-negara islam.

10.

OPEC( OPEC atau organisasi Negara-negara pengekspor minyak didirikan bulan September 1960 yang beranggotakan Irak, Iran, Kuwait, Libya, Nigteria, Qotor, Saudi Arabia, Venezauelo. Tujuannya :

 

Menjaga kestabilan harga minyak dunia Mengatur pemasaran minyak pemasaran dengan harga yang sedapat mungkinberagam

Mencegah

persaingan

Negara-negara

anggota

dengan

menentukan kuota (jumlah tertentu) yang dapat diekspor dan di impor.

11.

WTO WTO (World Trake organization) atau organisasi perdagangan dunia. Tujuannya :   Meningkatkan perdagangan internasional Mengurangi hambatan dan kesulitan perdagangan internasional bagi Negara anggotanya

12.

APEC APEC (Asia Economic Cooperation) adalah kerjasama ekonomi Negara Asia Pasifik. Negara-negara anggota APEC yaitu : Asean, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Korea Selatan, Kanada, Selandia Barat, RRC, Hongkong, dan Taiwan. Tujuannya :  Meningkatkan anggota.  Megurangi hambatan perdagangan sesama anggota. dan memperluas pemasaran antar Negara

13.

MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) MEE didirikan pada tahun 1957. Tujuannya :

Menysun dan melaksanakan polotik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas dieropa.

14.

Colombo Plan (Rencana Colombo) Rencana Colombo adalah suatu badan yang dibentuk oleh Negara-negara persemakmuran Inggris, didirikan pada tahun 1950. Tujuannya :  Memberikan bantuan dalam lapangan pertanian, perbaikan lalu lintas, pertambangan, perindustrian dan lain-lain.  Meningkatkan kehidupan Negara-negara yang baru merdeka dan sedang berkembang.  Menyelenggarakan pembinaan teknik dalam bidang administrasi, pangan, pertanian, kehutanan, kesehatan, pendidikan, teknologi, computer dan minyak bumi.

15.

Liga ARAB Liga Arab adalah melakukan kerjasama dalam berbagai bidang yakni :  Ekonomi dan keuangan  Perhubungan yang mencakup perkerapian, jalan raya, hubungan udara perkapalan, pos dan telegrap.  Kebudayaan dan sosial  Kebangsaan, pemberian visa dan paspor, penyerahan para pelanggar pidana dan soal hukum. Didirikan pada tanggal 10 Mei 1950.

16.

APEC (Asia Pacific Ekonomic Coorporation)

Organisasi kerjasama regional dikawasan Asia-Pasifik yang beranggotakan 18 negara didunia. Didirikan pada tahun 1989 dan hingga kini telah beberapa kali bersidang. Tujuannya : Melakukan liberalisasi perdangan dan investasi, serta meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam dan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dikawasan asia pasifik.

17.

WHO (World Health Organization) WHO adalah organisasi internasional yang bergerak dalam bidang

kesehatan. Didirikan pada tanggal 7 April 1948 di Jenewa (Swiss) Tujuannya :  Untuk mencapai kesehatan maksimal bagi seluruh rakyat didnunia.

18.

ILO (Internasional Labour Organization) ILO adalah organisasi internasional yang dalam bidang perburuan, didirikan pada tanggal 11 April 1991 yang berkedudukan di Jenewa (Paris. Tujuannya :  sosial  Meningkatkan keluarganya.  Menciptakan stabilitas dibidang ekonomi dan sosial. perbaikan nasib kaum buruh dan Mencapai perdamaian abadi dengan terciptanya keadilan

19.

UNICEF (United Nations Internasional Children’s Emergency Fund)

UNICEF adalah organisasi internasinal yang melakukan kegiatan dalam bidang kemanusiaan dan kesejahteraan anak. Tujuannya :  Melakukan kegiatan di bidang kesehatan gizi, kesejahteraan anak dan keluarga dan pendidikan.  Memberikan bantuan dalam bentuk bahan makanan dan obatobatan.

20.

UNDP (United Nations Development Program) UNDP adalah badan PBB yang melakukan kegiatan pada program pembangunan di Negara-negara berkembang. Tujuannya : Memberikan sumbangan untuk membiayai program pembangunan seperti survey pembuatan dan pembangunan jalan di Indonesia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->