P. 1
Presentasi Pemasaran

Presentasi Pemasaran

|Views: 2,363|Likes:
Published by Rohadi Wicaksono
Presentasi untuk pemasaran
Presentasi untuk pemasaran

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Rohadi Wicaksono on Dec 09, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2013

pdf

text

original

Presentasi dan Pemasaran

Di ilmu pemasaran ada ungkapan “Orang tidak membeli apa yang anda tawarkan. Orang tertarik dan membeli Anda”

Presentasi
Presentasi merupakan salah satu cara penting untuk melakukan promosi :

Membantu audience lebih memahami kelebihan yang dimiliki perusahaan Mengklarifikasi kesalahan persepsi Membantu audience memecahkan masalah yang sedang dan akan dihadapi Membujuk audience untuk menggunakan produk tertentu

Tahap Presentasi
Opening : + 5 menit ( termasuk perkenalan )  Content : + 30 – 35 menit ( termasuk sessi tanya jawab )  Closing : + 5 – 10 menit (termasuk direction).

Opening
Opening yang menarik akan meningkatkan attention audience untuk terus mengikuti sessi presentasi. Sebaliknya, pembukaan yang dilakukan asal-asalan akan menyebabkan audience ‘lari’ meninggalkan sessi presentasi. Hal ini analog dengan pesawat yang akan take off. Jika mulus, besar kemungkinan akan mulus seterusnya.  Itu sebabnya, konsep dasar dalam public speaking adalah:

         

  

Statistik yang membuat audience terkesima Kutipan kata-kata orang terkenal Anekdot atau humor Sebuah pertanyaan Sikap diam beberapa saat Sebuah aksi fisik Ekstraksi dari Media masa Sebuah contoh Kisah pribadi Slide , video singkat, Alat peraga, alat bantu visual, kartun, komik, gambar Sebuah ancaman Anekdot atau humor dll

Mulailah dengan pertanyaan yang menantang: ‘Apa pendapat Anda tentang makin maraknya obat palsu ? Atau apa pendapat Anda dengan makin banyaknya pengangguran?’  Kutipan : mengambil berita yang sedang ‘in’ dari media masa  Data statistic : mengemukakan data pengangguran lulusan pendidikan tinggi  Alat peraga : Slide , video singkat, Alat peraga, alat bantu visual, kartun, komik, gambar  Generalisasi : "Lihatlah orang di sebelah CONTOH PEMBUKAAN YANG Anda. Salah satu dari Anda tidak akan di sini pada presentasi berikutnya."

BAIK

Mengapa dream building dapat meningkatkan minat audience, karena sebagian besar orang Indonesia tidak memiliki impian masa depannya Dilakukan dengan cara dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang hanya butuh jawaban “ya”. Mengapa bukan pertanyaan terbuka? Karena pertanyaan terbuka membuat pembicaraan bisa melebar diluar kendali Anda.

Dream Building

Andaikata dalam kurun waktu 3 sampai 4 tahun ke depan gaji Anda di atas 2 juta, Anda akan bahagia bukan ?  Jika setelah lulus kuliah, Anda menjadi enterpreuner sukses, Apakah membanggakan buat Anda ?  Bagaimana pendapat Anda jika tiga tahun lagi Anda bekerja di sebuah perusahaan PMA, kemudian disekolahkan ke luar negeri dan bergaji tinggi ?

Contoh

"Topik ini tidak akan menarik bagi sebagian dari Anda.“ "Banyak orang berkendara terlalu cepat.“ Kalimat yang panjang atau disampaikan dengan terlalu lambat Kalimat aneh yang tidak bermanfaat : "Pernahkan Anda mencoba untuk berhenti berpikir?"

CONTOH PEMBUKAAN YANG BURUK

Closing
Closing sama pentingnya dengan opening Jika opening berguna untuk menarik dan mengikat atensi audience, maka closing berguna untuk menggerakkan audience melakukan sesuatu sesuai dengan maksud presenter.

Untuk memberi aksen terhadap tujuan bicara Anda dan meninggalkan audience dengan sesuatu yang bernilai untuk selalu diingat. Closing adalah klimaks, dobrakan.  Hindari sekedar "terimakasih." Audiencelah yang semestinya berterimakasih kepada Anda! Lebih baik gunakan jawaban pertanyaan "so what?" dari isi bicara Anda.  Closing, seperti juga pembukaan, bisa dramatis, emosional atau retorikal. Anda bisa menggunakan humor atau pertanyaan.

Fungsi Closing

???????????
Menutup presentasi seringkali menjadi bagian tersulit dari sebuah presentasi penjualan. Ini adalah puncak dari dari seluruh upaya seorang presenter dan justru menjadi bagian yang paling tidak menyenangkan bagi kebanyakan presenter.  Audience sendiri juga kurang suka karena serasa diharuskan untuk membuat keputusan.  Untuk meminimalkan tekanan bagi kedua belah pihak, Anda harus melakukannya

Pertama, audience harus menginginkannya.  Kedua, audience harus membutuhkannya.  Ketiga, audience harus mampu membiayainya.  Keempat, audience harus mampu menggunakannya dan memperoleh manfaat penuh dari sesi presentasi yang diikuti 4 hal yang harus

diperhatikan

Membuat ringkasan. Kutipan. Himbauan dan pernyataan memotivasi. Tantangan untuk segera bertindak. Lelucon yang relevan. Mengulangi manfaat.

Alternative closing

Siapakah yang harus bertanggungjawab atas masa depan kita ? Kita bisa memiliki masa depan yang cerah jika kita rencanakan sejak awal. Cerita, atau kutipan yang berkaitan dengan topik bicara Anda Alat peraga atau properti seperti gambar atau benda

CONTOH PENUTUPAN YANG BAIK

Apa pun jenis closing yang dipilih, satu hal penting yang harus disadari presenter adalah mengarahkan, membujuk atau mendorong audience untuk menggunakan produk kita. Karena itu, sebagai bagian akhir dari closing adalah menjelaskan alur bagaimana cara mendapatkan produkproduk kita.

Direction

Click to edit Master text styles Second level ● Third level ● Fourth level ● Fifth level

Selamat berpresentasi ‘n

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->