LKMM Pra TD 2009 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya PENS - ITS

  

Nama
  

Muhammad Agus Khoiruddin Sidoarjo , 8 Agustus 1989 Bungurasih Timur No 92 A, Waru, Sidoarjo

Lahir Alamat

Email
badut.item@gmail.com  badut_item@yahoo.com

 

Motto
 

Kita tidak akan bisa melakukan hingga kita mencoba

Organisasi
Staff departemen PSDM HIMIT „08 – „09  Kepala Departemen PSDM Himit „09 – ‟10

Pelatihan Softskill
LKMM Pra TD 2007  Pelatihan Pemandu LKMM Pra TD 2008

  

Sepakat Untuk Tidak Sepakat Active Keep smile

 Kemampuan

menyampaikan pesan (maksud dan tujuan) dgn sistematis, jelas, padat, lugas, dan mudah dipahami oleh pendengar dengan sempurna.  Untuk berkomunikasi agar dapat menyampaikan pikiran secara efektif.

 Mengapa:

Menetapkan Sasaran  Siapa: Pendengar  Di Mana: Tempat dan Sarana  Kapan: Waktu  Apa: Bahan yang Akan Digunakan  Bagaimana: Teknik Penyampaian

 Lima
 R  E  A  C  H

prinsip dasar dalam berbicara efektif  ” REACH” :
espect mpathy udible larity umble

merupakan sikap hormat dan sikap menghargai terhadap lawan bicara kita. Kita harus memiliki sikap (attitude) menghormati dan menghargai lawan bicara kita karena pada prinsipnya manusia ingin dihargai dan dianggap penting. Jika kita bahkan harus mengkritik seseorang, lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan kebanggaan orang tersebut.

Kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Rasa empati akan mendorong kita untuk dapat menyampaikan pesan (message) dengan cara dan sikap yang akan memudahkan penerima pesan (receiver) menerimanya. Pesan kita akan dapat tersampaikan tanpa ada halangan psikologis atau penolakan dari penerima. Prinsip dasar dari hukum kedua ini adalah ”perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.”

 Makna

dari audible adalah dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik.

 Tentukan

tujuan denga jelas  Organisasikan ide  Format bahasa yang kita pakai  Pesan Jelas, tepat dan meyakinkan  Pesan fleksibel

 Menghargai

orang lain, memerlukan sikap rendah hati.  Tidak menganggap diri penting ketika berbicara  Mudah menangkap respon yg positif dari si penerima pesan

   


  

Pesan mudah dipahami. Pengirim pesan harus dipercaya penerima. Pengirim pesan harus mengakui pesan yang dikirimkannya. Menggunakan pesan non verbal yang sesuai dengan pesan verbal. Mengetahui respon. Mengulangi pesan seperlunya. Menyesuaikan cara penyampaian dengan sudut pandang pendengar. Mengungkapkan perasaan dengan: a. Menyebut nama perasaan. b. Menyebut bentuk tindakan. c. Menggunakan kiasan.

conversation

Sebagai seorang aktifis, anda memiliki kemampuan yang handal dalam berorasi. Suatu saat anda memimpin sebuah demonstrasi dengan tuntutan “peningkatan kesehatan dan kesejahteraan rakyat miskin”.Anda tidak hanya dituntut menyampaikan aspirasi rakyat tetapi juga memberi semangat kepada rekan-rekan anda karena telah kelelahan.
Waktu anda hanya 5 menit

Anda adalah sales terkenal.
Demi Mempertahankan predikat tersebut anda mendapat ujian untuk mengiklankan produk dengan spesifikasi sebagai berikut: Produk yang anda tawarkan bernilai jual tinggi. Tawaran ditujukan kepada kalangan menengah kebawah. Produk tersebut masih awam bagi masyarakat. Target dari pepengiklanan masyarakat berminat untuk membeli barang tanpa menghiraukan harga. Jenis Produk dapat ditentukan sendiri. Selamat menikmati perjuangan anda sebagai sales……… Waktu anda hanya 5 menit

Suatu saat seorang guru berusaha untuk menjelaskan kepada sekelompok orang bagaimana orang - orang bereaksi terhadap kata2, menelan kata2, hidup dalam kata2, ketimbang dalam realitas.
Salah seorang dari kelompok itu berdiri dan mengajukan protes, dia berkata, "Saya tidak setuju dengan pendapat anda bahwa kata2 mempunyai efek yang begitu besar terhadap diri kita." Guru itu berkata," Duduklah, ANAK HARAM."

Muka orang itu menjadi pucat karena marah dan berkata," Anda menyebut diri Anda sebagai orang yang sudah mengalami pencerahan, seorang guru, seorang yang bijaksana, tetapi seharusnya Anda malu dengan diri Anda sendiri."

Kemudian Guru itu berkata, "Maafkan saya, saya terbawa perasaan. Saya benar2 mohon maaf, itu benar2 di luar kesadaran saya, saya mohon maaf." Orang itu akhirnya menjadi tenang.

Kemudian Guru berkata lagi,"HANYA DIPERLUKAN BEBERAPA KATA UNTUK MEMBANGKITKAN KEMARAHAN DALAM DIRI ANDA; DAN HANYA DIPERLUKAN BEBERAPA KATA UNTUK MENENANGKAN DIRI ANDA, BENAR BUKAN?"

Sumber: Disadur dari dari buku Awareness - Anthony de Mello

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful