P. 1
ELEKTROPLATING

ELEKTROPLATING

|Views: 4,390|Likes:
Published by Rizan afringga
if you choose one of them,,you must leave some massage
if you choose one of them,,you must leave some massage

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Rizan afringga on Dec 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

ELEKTROPLATING / PELAPISAN EMAS

Gold Electroplating (Pelapisan emas)
- Prinsip - Tujuan : - secara umum - Secara khusus - Keuntungan/Kerugian - Proses : - persiapan benda kerja - elektrolit - proses elektroplating - Aplikasi

Prinsip
Electroplating adalah proses pelapisan logam, dengan menggunakan  bantuan arus listrik dan senyawa kimia tertentu guna memindahkan partikel logam pelapis ke material yang hendak dilapis. Electroplating gold adalah suatu proses menghasilkan lapisan logam emas diatas permukaan logam lainnya dengan cara elektrolisa

• Anoda adalah terminal positif, dihubungkan dengan kutub positif dari sumber arus listrik. Anoda dalam larutan elektrolit ada yang larut dan ada yang tidak. Anoda yang tidak larut berfungsi sebagai penghantar arus listrik saja., sedangkan anoda yang larut berfungsi selain penghantar arus listrik, juga sebagai bahan baku pelapis. • Katoda dapat diartikan sebagai benda kerja yang akan dilapisi, dihubungkan dengan kutub negatif dari sumber arus listrik. • Elektrolit berupa larutan  yang molekulnya dapat larut dalam air dan terurai menjadi partikel-partikel yang bermuatan positf atau negatif.

Gambar 1. Anoda, Katoda, dan Elektrolit

Tujuan secara umum
1. Memperbaiki penampilan (dekoratif) Misalnya : pelapisan emas, perak, kuningan, dan tembaga. 2. Melindungi logam dari korosi, yaitu; • Melindungi logam dasar dengan logam yang lebih mulia, misalnya : pelapisan platina, emas dan baja. 3. Meningkatkan fungsi.

Keuntungan dan kerugian
• Pelapisan emas memiliki nilai keindahan dan ketahanan korosi yang baik. Oleh karena itu emas sering dipilih sebagai salah satu pilihan pelapisan untuk mendapatkan nilai keindahan yang tinggi. • tetapi kerugiannya yaitu lapisan emas rentan terhadap keausan, sehingga apabila sering bergesekan dapat menyebabkan lapisan emas tersebut menjadi tergores atau terkelupas, sehingga dapat menurunkan keindahannya.

Persiapan benda kerja
- Logam (benda kerja) yang akan dilapisi selain dibersihkan dengan larutan asam dan basa juga harus digosok sehingga benar-benar bersih dari kotoran yangmenempel. - Sebelum dilapisi emas sebaiknya benda kerja dilapis nikel atau tembaga dahulu, sehingga hasil pelapisan emas lebih kuat dan rata.

Elektrolit
• elektrolit yang digunakan adalah : - Sy- gold (gold Cyanide) : 70 - 100 gr/l - Potassium hidroksida : 6 - 15 gr/l Kondisi operasi : - Rapat arus : 1,5 – 15 A/dm 2 - Temperatur : 35 - 45⁰ C

Proses Electroplating
- Pada umumnya proses elektroplating terjadi dengan syarat memenuhi 4 faktor: 1. Anoda. 2. Katoda. 3. Arus listrik (konduktor). 4. Elektrolit.

proses pelapisan logam dengan emas dilakukan dengan tiga proses, yaitu:
• Menyiapkan bahan dasar • Membersihkan atau memproses • Melakukan pengeringan yang berfungsi untuk menguatkan perekatan emas dan meminimalkan iritasi terhadap pemakai.

Aplikasi
- Pada umumnya melakukan pelapisan emas untuk memperbaiki penampilan ( pada perhiasan)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->