P. 1
Jawaban Super Mario Teguh

Jawaban Super Mario Teguh

|Views: 1,663|Likes:
Published by Rusman Ho
Kumpulan dari Jawaban Pak Mario Teguh yang mencerahkan.
Kumpulan dari Jawaban Pak Mario Teguh yang mencerahkan.

More info:

Published by: Rusman Ho on Dec 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

35

JAWABAN

SUPER

MARIOTEGUH

Sumber : http://www.mtsrw.com

Pendahuluan

E-Book ini berisi 35 jawaban super dari Bapak Mario Teguh, yang saya kumpulkan dari Mario Teguh Success Reference Web (http://www.mtsrw.com) . Situs dimana kita bisa bertanya kepada Pak Mario mengenai masalah-masalah dalam hidup ini. Sungguh jawaban yang sangat mencerahkan.

Saya mulai mengumpulkan jawaban-jawaban ini sejak pertengahan tahun lalu (2008). Saya jadikan referensi bila menghadapi masalah yang rumit dan memang selama ini banyak terbantu. Terima Kasih Pak Mario dan Team di MTSRW.

Awal bulan ini muncullah ide untuk membagikannya sebagai e-book kepada sahabat Indonesia yang Super. Dengan harapan dapat membantu seperti yang telah saya alami.

E-book ini berisi 35 jawaban super Bapak Mario Teguh yang saya ambil secara acak. Bila Anda ingin mendapatkan jawaban yang lain, silahkan mengunjungi situs terse but diatas. Anda bahkan bisa bertanya kepada Pak Mario.

E-book ini dibagikan secara gratis, tidak dijual berikan.

Bagikanlah kepada orang-orang yang Anda kenai, gratis. Sekali lagi gratis. Anda tidak akan tahu kapan mereka membutuhkannya. Maka bagikanlah, dan lihatlah apa yang terjadi. (Pinjam kutipannya ya, Pak Mario).

Semoga penyusunan buku ini bermanfaat bagi sahabat Indonesia yang super.

Terima kasih.

Penyusun,

Rusman

Seorang Siswi Menyukai Seorang Guru

Pak Mario yang super,

Bagaimana pendapat bapak tentang seorang siswi yang menyukai seorang guru? dan bagaimana solusinya?

Terimakasih

Intan, Bekasi

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Selalu uji apapun yang Anda lakukan dengan menilai dampaknya bagi hidup Anda.

Apabila kita melakukan sesuatu yang diuji tidak akan berdampak baik bagi hidup, tinggalkan ! Lalu mengenali apa yang seharusnya Anda lakukan dan melakukannya dengan segera - adalah ketegasan yang Anda butuhkan bagi keberhasilan Anda.

Karena sikap adalah pilihan pertama yang menentukan semua pilihan Anda berikutnya.

Maka, pilihlah bibit-bibit sikap yang baik, pilihlah untuk menumbuhkan dan memupuk sikapsikap baik, dan bantulah sikap-sikap baik Anda untuk menang dalam pertarungannya melawan sikap-sikap buruk Anda. Itu sebabnya Anda hanya setinggi sikap Anda.

Begitu dulu ya, Saudari Intan. Please absorb and apply.

Salam Super,

Mario Teguh

Apakah Arti Ternan Sejati

Salam super Pak Mario,

Saya memiliki beberapa teman akrab sejak masih di SMA. Dulu kami selalu terikat satu sama lain.

Ketika menginjak bangku kuliah beberapa problem mulai datang. Teman akrab saya yang sudah lama tidak saling tegur sapa akhirnya kembali berteman dengan saya.

Wajar, apabila saya mendekatkan diri dan kembali mengenalnya, lalu teman akrab saya yang lain menjadi tidak saya hiraukan untuk sementara waktu, namun masih tetap berkomunikasi. Saya sering bercerita tentang teman yang satu, dan teman yang lain merespon baik terhadap cerita saya hingga kira-kira 2-3 minggu saya merasa hubungan antara saya dengan teman yang lain menjadi renggang.

Entah karena apa, saya merasa dijauhi dan cenderung mencari teman yang lain.

Juga beberapa minggu yang lalu, ketika teman akrab saya datang dari luar negeri, maka beberapa teman saling memberitahu, hanya saya yang tidak diberi kabar.

Padahal beberapa kali saya menolong dia (bukan maksud hati mengungkit-ungkit) tapi apa ini balasannya terhadap orang yang pernah beberapa kali membantu teman akrabnya?

Saya bingung dan serba salah, sebenarnya apa salah saya sehingga kini semua teman akrab saya menjauhi saya, apa yang seharusnya saya lakukan?

Best Regards,

Andre

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Andre yang baik, terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pribadi yang disukai ini mengerti bahwa semua orang membutuhkan perhatian, maka dia mendahulukan perhatian bagi orang lain. Kalau dulu dia langsung bercerita mengenai masalah dan penderitaan hidupnya saat bertemu dengan orang lain, sekarang dia menahan diri.

Dia menanyakan kabar dan keadaan orang lain, memuji keindahan pakaian atau dandanan orang lain, menyampaikan terima kasih atas kehadiran orang lain, mendoakan kebaikan bagi orang tua mereka, dan menyampaikan bagaimana senang-nya dia dapat bertemu dan berbincang dengan rekan-rekan baiknya itu.

Dengan itu, dia akan segera merasa semua masalahnya tidak seberat yang dikiranya, dan bahwa ternyata dia menemukan kegembiraan dari mengutamakan perhatian bagi orang lain, dan bahkan dia akan juga menemukan bahwa orang lain banyak yang memiliki masalah yang lebih besar dan pelik daripada masalahnya sendiri.

Sampai di situ saja, kita dapat mengerti mengapa orang lain mendahulukan-nya sebagai teman berbincang, sebagai teman untuk menemukan penyelesaian bagi masalah-masalah kehidupan, dan sebagai teman dalam merayakan kegembiraan.

Maka jadikanlah diri Anda pencerah kehidupan orang lain. Begitu dulu ya, Saudara Andre. Stay Super!

Salam Super, Mario Teguh

Cara Mengatasi Rasa Takut Di Awal Tantangan

Salam super Pak Mario,

Saya seorang mahasiswa, yang memiliki permasalahan hidup, yang mungkin bisa dibilang sepele bagi orang lain, tapi sangat penting bagi saya.

Bagaimana cara mengatasi ketakutan atau kekhawatiran dalam hid up?

Jika saya dihadapkan pada tantangan, rasa takutlah yang pertama kali muncul, padahal ternyata saya bisa mengatasi semua masalah yg ada.

Saya lelah mempunyai pola pikir seperti ini, bagaimana cara mengubah diri saya? Karena ini sangat menghambat perkembangan mental saya.

Terima kasih Pak Mario.

Wawan, Bekasi

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Wawan yang baik, terima kasih atas pertanyaan Anda.

Anda tidak akan mencapai kebesaran yang Anda idamkan dengan mengkhawatirkan hal-hal kecil, memikirkan yang kecil-kecil, dan melakukan yang kecil-kecil.

Ukuran Anda ditentukan oleh ukuran dan kualitas dari fokus Anda.

Yang Anda pikirkan, menentukan yang Anda lakukan. Dan yang Anda lakukan, menentukan yang Anda hasilkan. Maka ukuran dan kualitas dari pikiran Anda, menentukan ukuran dan kualitas hasil dari pekerjaan Anda.

Perhatikanlah, orang-orang yang tidak membangun ukuran dan kualitas dari yang mengisi pikirannya,

akan berteman dalam pergaulan yang meributkan perkara-perkara kecil, takut menginginkan yang besar,

memilih pekerjaan dan tanggung-jawab kecil, menyombongkan kelebihan yang kecil, dan menjadikan dirinya pantas untuk dihargai kecil.

Maka anjurannya bagi kita, adalah agar kita memilihkan isi bagi pikiran kita, yang ukuran dan kualitasnya akan mengutamakan kita dalam pergaulan yang baik, dalam pekerjaan yang baik, dan dalam menghasilkan yang baik.

Begitu dulu ya, Saudara Wawan. Stay Super!

Salam Super, Mario Teguh

Hubungan Dengan Atasan

Salam super Pak Mario,

Saya bekerja sebagai karyawan bagian marketing sebuah bank selama setahun. Awalnya saya bekerja di cabang Jakarta tetapi 1 bulan kemudian saya dipindahkan ke cabang Bekasi. Hubungan saya dengan atasan baik-baik saja dan enjoy karena saya merasa atasan care pada yang masih junior, tapi dengan seiring jalannya waktu saya merasa tidak comfort lagi dengan atasan saya.

Saya takut melakukan kesalahan, sehingga setiap mau mengerjakan sesuatu, saya selalu ketakutan.

Setiap pagi, atasan saya selalu meeting dan menanyakan target dan aktivitas kami kemarin. Hal itu selalu membuat saya stres setiap hari. Bahkan beliau membandingkan saya dengan rekanrekan saya dalam hal waktu yang dihabiskan untuk menelepon dan melayani klien.

Akhir-akhir ini saya sering melakukan kesalahan dan saat ini saya agak khawatir dengan karier saya. Tingkat tekanan dari atasan sangat tinggi. Jika saya sudah melakukan kesalahan sedikit saja, rasa takut itu besar sekali seperti saya melakukan kesalahan besar.

Bagaimana saya bisa bekerja dengan maksimal dengan keadaan seperti itu? Bagaimana caranya agar saya tidak sering membuat kesalahan padahal saya sudah bekerja semaksimal mungkin? Apa yang harus saya lakukan untuk menghadapi tipe atasan seperti itu?

Kiranya Bapak Mario bisa memotivasi saya dan memberikan solusi bagi saya.

Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Edu, Bekasi

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan baik Pak Edu.

Jika Anda letih dengan keadaan Anda sekarang, dan merindukan segeranya perubahan yang menyejahterakan, yang membahagiakan, dan yang mencemerlangkan kehidupan Anda, segerakanlah perubahan Anda.

Mohon Anda sadari bahwa kesalahan kita butuhkan untuk mencapai hasil yang lebih baik, karena timbulnya kesalahan adalah tanda diperlukannya cara-cara yang lebih baik.

Itu sebabnya, kesalahan yang tidak kita hadapi dan tidak kita pandang tajam di matanya, akan timbullagi pada tempat dan kesempatan lain. Maka, hanya karena kita menghadapi kesalahan dengan keberanian dan keterbukaan, kesalahan itu bisa menjadi bagian dari masa lalu kita yang berguna bagi masa depan kita. Bila tidak, kesalahan akan terus menjadi bagian pasti dari hari ini dan hari esok.

Perhatikanlah, semua jiwa yang mencapai kecemerlangan hidupnya, mencapainya dari tempat di mana mereka tadinya betul-betul berada, apa pun keadaan mereka saat itu. Maka, mulailah keberhasilan Anda dari mana pun Anda berada.

Begitu dulu ya, Pak Edu. Please keep up the super spirit.

Salam Super, Mario Teguh

Bagaimana Menghilangkan Rasa Malas Dan Tidak Kreatif

Dear Pak Mario,

Saya 34 th, pekerjaan saya seorang guru SD untuk levelS. Saya baru aktif lagi setelah 4thn postpond karena membesarkan anak yang sekarang sudah masuk TK.

Kelemahan saya adalah susah memotivasi diri apabila tidak dipaksa / terkena deadline, dengan kata lain saya pemalas.

Saya juga merasa tidak kreatif, banyak hal yang membuat orang lain langsung terpikir bila bersentuhan dengan hal tersebut, tapi saya harus diingatkan dulu baru sadar sambil berfikir. Mohon saran dari Pak Mario, karena saya benar-benar ingin merubah kebiasaan buruk saya. Terimakasih untuk perhatian super Bapak.

Dina, Depok

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan baik Ibu Dina.

Mohon Anda sadari bahwa semakin besar keinginan Anda, semakin besar godaan yang Anda temui - agar Anda meragukan kemungkinan keberhasilan Anda, agar Anda menghindari pekerjaan-pekerjaan yang tidak mudah, agar Anda merasakan kemalasan sebagai sifat turunan yang harus diikhlaskan, dan membuat Anda merasa bahwa akan selalu ada waktu untuk hal ini besok-besok atau kapan-kapan.

Itu sebabnya, orang-orang yang tidak memiliki keinginan, dan yang kehidupannya tidak termotivasi oleh pencapaian keinginan-keinginan yang bernilai - akan bernafas be rat di dalam kehidupan yang tidak mudah.

Karena keinginan Anda adalah tenaga Anda.

Itu sebabnya, bila Anda benar-benar menginginkan sesuatu, Anda akan benar-benar bertenaga. Ibu Dina yang baik, bekerja keras sesaat, hanya cukup untuk pencapaian hasil sesaat.

Tetapi, hidup kita ini adalah barisan panjang dan tak berjeda dari banyak saat. Hanya dia yang memiliki disiplin pribadi yang baik, yang akan memastikan dirinya bekerja keras pada pekerjaan yang tepat di setiap saat.

Begitu dulu ya, Ibu Dina. Semoga membantu.

Salam Super, Mario Teguh

Bagaimana Cara Bergaul Yang Baik Di Lingkungan Sekitar

Shallom Pak Mario Teguh.

Di lingkungan sekolah, saya merasa bahwa teman-teman saya begitu menghormati dan menghargai saya, di lain sisi saya juga memiliki banyak sekali teman.

Bagaimana cara / sikap saya sebaiknya, supaya teman-teman saya tidak ber-anggapan bahwa saya itu sombong, dan hubungan relation saya tetap terjalin dengan baik ?

Terimakasih dan salam super,

Rico Win Serallo, Tangerang

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Rico Win Serallo yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Mohon Anda sadari bahwa orang yang disukai akan didahulukan, dikhususkan, diijinkan duduk lebih dekat, diijinkan untuk berada dalam suasana-suasana yang lebih pribadi dan meriah di antara orang-orang yang pergaulannya lebih terpilih.

Karena, pribadi yang disukai ini mengerti bahwa semua orang membutuhkan perhatian, maka dia mendahulukan perhatian bagi orang lain.

Maka marilah kita menjadikan diri kita diterima dengan menjadikan orang lain merasa nyaman untuk mengijinkan kita berada di lingkungan mereka. Lalu jadikanlah diri kita disukai dengan menjadikan kehadiran kita pencerah bagi kehidupan orang lain.

Oleh karena kita adalah pribadi yang berhati-hati.

Maka kita menjaga pendengaran kita, agar kita mendengar yang baik-baik. Kita menjaga pandangan kita, agar kita memandang yang baik-baik. Kita menjaga mulut kita, agar kita mengatakan yang baik-baik. Dan kita menjaga perilaku kita, agar kita melakukan yang baik-baik. Itu sebabnya, ukuran dan kualitas penugasan Anda kepada diri sendiri adalah penentu ukuran dan kualitas kepercayaan yang bisa diembankan kepada Anda.

Begitu dulu ya, Saudara Rico Win Serallo. Semoga membantu.

Salam Super, Mario Teguh

Tidak Percaya Dengan Kemampuan Diri Sendiri

Salam super Pak Mario,

Saya mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang bermasalah dengan kepercayaan diri. Saya orang yang sangat tidak suka jadi pusat perhatian, misalnya saat saya mendapatkan nilai paling bagus, saya tidak ingin orang lain memuji.

Karena saya selalu berpikir orang lain jauh lebih baik dari saya.

Jadi apabila saya memiliki suatu kesempatan untuk mendapatkan suatu lebih atau sesuatu yang dapat membuat saya menjadi terkenal atau dikenalluas, saya akan kehilangan kepercayaan diri dan selalu berpikir negatif akan diri saya, dan berkata bahwa saya tidak mampu.

Apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mengatasi ini. Kadang hal ini membuat saya sulit berkomunikasi dengan orang lain.

Terima kasih dan salam super.

Yani, Padang

Mario Teguh rnenjawab:

Saudari Yani yang baik, terima kasih atas pertanyaan Saudari.

Meyakini yang baik atau tidak, Anda akan menjadi bertenaga karenanya. Maka, mengapakah Anda tidak meyakini yang baik bagi Anda?

Bangunlah rasa hormat dan percaya kepada diri Anda sendiri.

Anda tidak mungkin bisa melakukan langkah-Iangkah besar impian Anda, bila Anda belum mampu memperbaiki merendahnya keyakinan Anda kepada hasil yang bisa Anda capai melalui pekerjaan Anda sekarang, dan bila Anda menggunakan keraguan atas kemampuan Anda sebagai alasan untuk menunda pelaksanaan dari hal-hal yang sebetulnya dapat Anda lakukan hari ini.

Janganlah mencontohkan kelemahan kepada diri sendiri, karena dia sangat membutuhkan contoh yang patut dihormatinya. Maka, perbaikilah hormat Anda kepada diri Anda sendiri, dan Anda akan memperbaiki rasa percaya Anda kepada diri Anda sendiri.

Anda harus melihat kelebihan pad a diri sebagai tugas untuk melengkapi saudara dan sahabat yang masih kekurangan; bukan sebagai sesuatu yang ditinggikan untuk menikmati kekurangan orang lain.

Kemudian, melihat kelebihan pada orang lain sebagai acuan untuk disahabati, dipelajari dan ditiru; dan bukan sebagai sesuatu yang harus diserang, dikecilkan, atau dikalahkan.

Lalu, melihat pujian dari orang lain sebagai tanda yang harus disyukuri dengan sangat berhatihati - bahwa yang Anda lakukan untuk mereka telah mulai mendekati kualitas yang mereka harapkan.

Sehingga, kesimpulannya sikap sombong adalah tantangan kepada kewenangan Tuhan. Begitu dulu ya, Saudari Yani. Semoga membantu.

Salam Super, Mario Teguh

Menghilangkan Rasa Takut, Kuatir Dan Malu

Salam super Pak Mario,

Saya akan mulai wirausaha, karena saya sudah tidak bekerja formallagi (PHK).

Saya ingin bangkit tapi saya merasa tidak mampu, beberapa ketakutan dan kekuatiran mendera dalam benak saya, mampukah saya untuk memulai usaha sendiri?

Sebetulnya kurang yakin, sedangkan untuk kerja formal terbentur masalah usia dan persaingan. Bagaimana cara saya mengatasi hal ini pak?

Terimakasih

Widodo, Pasuruan

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Marilah periksa khasanah kekhawatiran kita, dan perhatikan bagaimana kita cenderung melupakan hal-hal kecil yang justru menjadi syarat tercapainya hal-hal besar yang kita idamkan. Karena, pembatasan pertama bagi yang mungkin Anda capai - dimulai dari pendapat Anda sendiri mengenai yang mungkin atau yang tidak bagi Anda. Dan hebatnya, setelah itu Anda akan memulai proses mengeluh dan mengasihani diri sendiri yang merasa tidak diperlakukan adil oleh kehidupan ini.

Maka, janganlah Anda menggunakan pikiran dan perasaan Anda sebagai pembatal kemungkinan bagi yang ingin Anda capai.

Apapun yang Anda inginkan, mungkinkan !

Kemudian, kalau Anda ingin berwirausaha, yang dilihat adalah peluang.

Lalu, kesungguhan Anda untuk membuat peluang itu menjadi sesuatu yang real. Modal memang diperlukan, tapi itu nanti. Yang pertama bukan modal. Karena, kalau kita mau kava tidak harus kava dulu, susah. Tetapi bangun uang dari potensi yang Anda lihat dan peluang yang Anda usahakan.

Mohon Anda sadari bahwa keberhasilan wirausahawan belum tentu dari pandainya orang, belum tentu dari besarnya modal, mudahnya meraih pasar, atau baiknya potensi produk maupun pelayanannya. Tetapi kalau kita bersungguh-sungguh, maka pegang pepatah bahwa yang tidak membunuh kita itu berarti membuat kita kuat.

Begitu dulu ya, Pak Widodo. Tetaplah bersemangat.

Salam Super, Mario Teguh

Bagaimana Cara Agar Betah Terhadap Sikap Mertua

Salam super Pak Mario,

Saya Nike umur 25th, saya sudah menikah lth yang lalu akan tetapi saya belum mempunyai seorang anak.

Saya tinggal dengan mertua,dan mertua saya selalu membeda-bedakan antara anak yang satu dengan yang lainnya, dan saya kadang banyak terkena imbas dari itu.

Bagaimana seharusnya sikap saya supaya saya betah dan sabar menghadapi mertua saya tersebut? Bagaimana kalau saya mau mengeluarkan uneg-uneg saya dengan cara sopan? Terimakasih atas jawabannya.

Niken, Yogyakarta

Mario Teguh rnenjawab:

Saudari Niken yang baik, saya mengerti perasaan Anda saat ini.

Mohon Anda sadari bahwa hati adalah tempat terserapnya semua kejadian dalam hidup ini. Hati diberikan kemampuan yang besar untuk menerima apapun yang dilontarkan ke arahnya. Bahagianya hati menandakan penerimaan, tetapi sakitnya hati tidak menandakan penolakan. Justru karena ia menerima dan menyerap apapun, ia merasakan semua hal.

Itu sebabnya, bekerja keraslah bagi perasaan baik orang lain, dan perasaan baik Anda akan menjadi tanggung-jawab Tuhan.

Perendahan dari orang lain ditujukan untuk melemahkan Anda.

Marahlah, tetapi pastikan Anda menggunakan kemarahan itu sebagai tenaga untuk membuktikan bahwa mereka salah. Katakanlah, saya akan ijinkan penolakan, perendahan, dan bahkan penghinaan kepada saya, kalau itu akan menjadikan saya bersungguh-sungguh untuk memuliakan diri saya.

Maka tenangkanlah hati Anda.

Karena hanya hati yang tenang - yang mudah mengerti. Kita tidak mungkin menjadi pribadi yang tabah, tanpa pengertian yang baik.

Begitu dulu ya, Saudari Niken. Tetaplah bersemangat.

Salam Super, Mario Teguh

Ingin Menambah Income Dengan Kerja Sampingan

Yang terhormat Bapak Teguh,

Gaji sekarang saya tidak mencukupi untuk kebutuhan rumah tangga dengan situasi ekonomi sekarang ini.

Saya ingin kerja sampingan tapi belum ketemu di bidang apa, jam kerja saya sampai jam 3 sore sudah usai. Mohon arahan dari Bapak.

Terimakasih dan salam super,

Suwondo, Blitar

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan baik Saudara Suwondo.

Seberapa dalam dan melumpuhkan kah keletihan yang bersedia Anda alami untuk mencapai yang Anda impikan?

Karena, kita semua mungkin sudah mengetahui apa saja yang harus kita lakukan; tetapi benarbenar melakukannya - bukanlah untuk semua orang.

Tetapi ini yang aku katakan kepadamu, bahwa jawaban pertama bagi pertanyaanmu adalah upayamu untuk menemukan jawabanmu.

Maka, berhentilah hanya bertanya lalu mulailah berkeringat berupaya menemukan semua jawaban pertanyaan hatimu yang telah menunggu menemukanmu jika engkau berhenti bertanya dan mulai berupaya.

Begitu dulu ya, Saudara Suwondo. Please keep up the super spirit.

Salam Super, Mario Teguh

Bagaimana Cara Menghadapi Leader Yang Tidak Konsisten

Salam super Pak Mario Teguh,

Saat ini saya masih aktif di perusahaan networking MLM yang baru 2 tahun berdiri namun perkembangannya sangat luar biasa dan sudah banyak melahirkan leader-leader yang bisa mencapai income luar biasa dalam waktu yang relative singkat.

Namun saat ini kami melihat beberapa leader khususnya di dalam group kami yang sudah mencoba berputar haluan ke MLM lain dengan alasan yang klise dan bagi saya kurang tepat jika seorang leader memberikan alasan seperti itu.

Saat ini saya masih terus mencoba untuk terus bertahan dengan alasan saya masih belum mendapatkan atau meraih apa yang menjadi impian saya, namun saya melihat keparahan ini juga bertambah ke para leader lainnya sedangkan perusahaan masih menunjukkan eksistensi nya.

Bagaimana sikap saya yang dapat mempertahankan posisi saya meskipun banyak leader sudah mulai hengkang?

Saya tidak mungkin meninggalkan MLM ini karena alasan saya tadi ditambah saya lelah untuk mencoba MLM lain mengingat saya sudah pernah dikecewakan dengan MLM lain. Terimakasih dan salam super,

Sahat M Sitorus, Cibinong

Mario Teguh rnenjawab:

Pak Sahat M Sitorus yang baik, terima kasih atas pertanyaan Anda. Masalah adalah tanda penghormatan alam kepadamu.

Bila engkau telah siap, engkau akan diberikan masalah-masalah dengan ukuran dan kepelikan yang lebih tinggi; karena Tuhan tidak akan memberikan kepadamu masalah yang berada di atas kemampuanmu untuk menyelesaikan.

Bila engkau menginginkan, engkau akan menemui masalah.

Karena, keinginanmu akan melahirkan masalah yang se-ukuran dengan keinginanmu. Mohon Anda sadari bahwa sebenarnya engkau sedang menakuti tindakan yang akan memberanikanmu.

Karena, semua orang yang kau kira berani itu, adalah sesungguhnya orang-orang yang sama takutnya denganmu, tetapi yang tetap bertindak berani dalam rasa takut mereka. Maka, janganlah lagi mengeluh. Tetapi, bertindaklah lebih berani.

Begitu dulu ya, Pak Sahat M Sitorus. Please keep up the super spirit.

Salam Super, Mario Teguh

Bagaimana Mengembalikan [ati Diri Yang Hilang

Salam hangat,Pak Mario,

Sebelumnya saya ingin menggambarkan mengenai keadaan masa kecil saya. Dahulunya saya adalah anak yang selalu bergembira dalam setiap keadaan. Namun semenjak saya menginjak kelas 2 SMP,saya selalu sakit-sakitan hingga beberapa kali berobat ke dokter namun belum juga sembuh. Hal itu membuat saya jarang masuk sekolah sehingga mengalami sedikit gangguan dalam hal penyesuaian diri dengan keadaan teman-teman saya. Saat itu,saya memutuskan pindah sekolah,namun masalah penyesuaian diri itu masih sulit saya hilangkan.Terlebih lagi,sampai sekarang saya sering teringat akan kebahagiaan masa kecil saya yang sekarang seakan sudah hilang dan tidak akan kembali.

Bagaimana menghilangkan rasa itu dan memulai hidup ini dengan sebuah semangat yang dapat menemukan jati diri saya?

Terimakasih dan salam super,

Rian, Mojokerto

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Rian yang baik, saya bisa memahami masalah Anda.

Apa pun yang terjadi kepada Anda, akan tetap menjadi sesuatu yang menguatkan Anda, jika Anda tidak mengijinkannya untuk melemahkan Anda.

Selalu ingatlah, bahwa Anda menjadi apa pun yang Anda ijinkan untuk menjadi dominan dalam pikiran dan perasaan Anda, dan menjadi pewarna dari tindakan Anda. Janganlah gunakan kehidupan Anda untuk merisaukan yang tidak penting bagi kehidupan. Putuskanlah untuk menjadi pribadi yang berbahagia.

Jika engkau merasa kecil dan gagal mencari kebahagiaan; itu bukan karena engkau tidak menemukannya, tetapi karena engkau tidak berhenti sejenak untuk menikmati yang telah kau miliki dan yang ada dalam pengupayaanmu.

Kebahagiaanmu adalah keindahan dari suasana hatimu.

Untuk itu, syukurilah keberadaanmu dalam kehidupan ini, dan syukurilah keberadaan orang lain dalam kehidupanmu.

Begitu dulu ya, Saudara Rian. Tetaplah bersemangat.

Salam Super, Mario Teguh

Apa Yang Menjadikan Dihargai Dan Dihormati Orang Lain

DH Pak Mario,

Saya selalu terkesima dengan jawaban bapak dari setiap pertanyaan yang diajukan oleh pemirsa TV Q'Channel.

Menjadi diri sendiri, dengan menonjolkan potensi yang ada dan digunakan secara benar. Perlu apa lagi untuk menjadi dihargai dan dihormati oleh orang lain pak?

Terima kaish atas jawabannya.

Bhay

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Pak Bhay yang baik, terdapat pengertian yang berbeda pada kata dihargai serta dihormati. Dihargai berarti diberikan harga, yaitu berapa jumlah uang yang dibayarkan orang lain atas

pelayanan yang kita berikan. Sedangkan dihormati berkaitan dengan sikap santun yang kita terima dari orang lain.

Pak Bhay, mohon diperhatikan bahwa tanda pertama bahwa Anda menghormati orang lain, adalah kualitas hormat Anda kepada diri sendiri.

Pakaian terbaik bagi kita, bukanlah sesuatu yang bisa dibeli, tetapi yang harus dibangun sepanjang waktu dalam pribadi yang bernilai. Dan pakaian itu disebut kerendahan hati.

Tetapi hati yang mendasar seperti itu tidak mudah dilihat; sehingga sebagai gantinya, orang memperhatikan perilaku Anda. Dengan itu, pakaian terbaik Anda adalah perilaku yang santun. Ingatlah juga bahwa kita, Anda dan saya, dinilai dari bagaimana kita memperlakukan mereka yang kecil dan yang membutuhkan bantuan di sekitar kita.

Pak Bhay yang baik, upaya menuntut penghormatan sering mengalahkan upaya untuk menjadi pantas dihormati.

Maka jadikanlah diri ini pantas dihormati. Lebih baik orang bertanya mengapa mereka tidak menamakan sebuah jalan bagi kita; daripada mereka bertanya-tanya mengapa nama kita menjadi nama sebuah jalan.

Begitu dulu ya, Pak Bhay.

Salam Super, Mario Teguh

Hidup Mengalir Seperti Air

Salam Super Pak MarioSaya sering sekali mendengar pendapat selebritis atau tokoh masyarakat yang menyatakan bahwa hidup ini harus mengalir seperti air. Sepertinya mereka menggambarkan bahwa hidup yang damai dan pasrah adalah seperti air yang mengalir. Apakah pendapat Bapak? Terimakasih.

Murdi Haryanto, Yogyakarta

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan sangat baik dari Anda, Pak Murdi, kita mengalir saja ya Pak?

Pak Murdi, janganlah menerapkan cara hidup yang mengalir seperti air, karena air memiliki kecenderungan untuk mengalir ke bawah. Bila ketinggian itu tidak penting, maka tidak akan ada janji mengenai keindahan pad a tempat-tempat naik - yang tinggi.

Apakah rencana Anda?

Air tidak memiliki rencana, kecuali kecenderungan alamiah untuk menempati relung ter-rendah yang disediakan oleh lingkungannya.

Jadi, apakah rencana Anda Pak Murdi?

Sadarilah - bahwa rencana Anda adalah kekuatan yang membedakan Anda.

Satu-satunya 'aliran' yang boleh kita ikuti adalah keberserahan pada hasil dari tindakan terencana yang dilaksanakan dengan kecerdasan dan kekuatan yang penuh. Bila itu adalah operating system kita, maka aliran kita adalah aliran yang menuju ke atas. Dan aliran yang menuju ke atas - adalah aliran yang hanya mungkin dibuat dengan niat dan kesungguhan, dalam upaya menyejajarkan rencana kita dengan rencana Beliau Yang Maha Memuliakan - untuk diri kita.

Mereka yang membangun jalan-jalan naik bagi saudara-saudaranya, sudah dijamin berada dalam sebuah perjalanan naik.

Maka, berapa jiwa-kah yang telah Anda bantu untuk mencapai keadaan yang lebih baik hari ini? Kesadaran yang sensitif dan kemandirian yang baik - seperti yang Anda display dalam usia yang muda ini, adalah sebuah kualitas yang menghangatkan hati. Sebuah kualitas yang mengundang orang lain untuk menyertakan Anda dalam rencana-rencana masa depan mereka.

Begitu dulu ya, Pak Murdi Haryanto.

Salam Super, Mario Teguh

Bagaimana Seharusnya Pemimpin

Pak Mario Teguh.Saya telah diangkat untukmemimpin sebuah divisi yang cukup besar dengan karyawan sekitar 6000 orang. Apa yang seharusnya saya teladankan pada seluruh staf saya agar tercipta kerjasama yang baik di divisi saya.

Terima kasih atas kebaikan Bapak.

Halim Wijaya, Bandung

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan sangat baik dari Anda,

Mohon Pak Halim perhatikan tuntunan sederhana yang pelaksanaannya jauh dari sederhana. Pertama, kita semua membutuhkan penyerahan diri kepada seseorang yang bisa memaksimalkan penggunaan potensi pribadi kita untuk pencapaian kualitas-kualitas hasil yang tidak mungkin dicapai tanpa tuntunan dari pribadi tersebut. Dan orang itu, siapa pun dia - ada atau tidak ada, kenai atau tidak, tua atau mudah, dekat atau jauh, se-keyakinan atau tidak - dia adalah pemimpin bagi kita.

Kedua, sang pemimpin tidak harus memiliki - apalagi menguasai dengan keahlian yang lebih tinggi daripada kita, untuk memberikan tuntunan - karena kompetensi untuk pencapaian hasil itu sudah ada pada diri kita. Bila dia yang melaksanakan tugas kita untuk menjadikan kita pribadi-pribadi super - maka dia bukan seorang pemimpin, tetapi seorang pembantu atau pendukung tenaga.

Ketiga, sang pemimpin harus memiliki kualitas pribadi yang pantas untuk menerima penyerahan diri kita itu; entah karena pendidikan, pengalaman, atau kualitas-kualitas lain, tetapi yang akan melontarkan kita ke tempat-tempat yang bahkan bisa saja lebih tinggi dari posisi yang pernah dicapai oleh sang pemimpin.

Keempat, sang pemimpin harus memiliki sudut pandang yang adil dan ikhlas mengenai hak Anda untuk mencapai keberhasilan, yang bahkan lebih tinggi dari yang pernah dicapainya. Kelima, sang pemimpin tidak berupaya untuk menjadikan yang dipimpinnya merasa berhutang budi atas kepemimpinannya; karena keberhasilan yang dipimpinnya hanya dimungkinkan oleh kompetensi dari yang dipimpin; dan bahwa kontribusi kepemimpinannya adalah sebuah tugas yang sudah terbayarkan dengan kemuliaan menerima penugasan untuk menjadikan pribadipribadi lain sebagai pribadi-pribadi yang mencapai potensi terbaik mereka.

Pak Halim yang baik, bila kita mengerti betul peran yang lima di atas, maka selebihnya diserahkan kepada keramahan kita kepada yang baik untuk diri kita.

Begitu dulu ya, Pak Halim Wijaya.

Salam Super, Mario Teguh

Karyawan Ingin Menjadi Menjadi Pengusaha

Saya sudah sangat lama menjadi karyawan di sebuah perusahaan swasta. Saya seringkali iri dengan keberhasilan para pengusaha. Mohon nasi hat Pak Mario, bagaimana menyiapkan diri menjadi pengusaha.Terima kasih.

Rahmat, Bogor

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Pak Rahmat, untuk mengubah diri yang selama ini telah terbiasa dengan kehidupan sebagai penyambung satu tanggal gajian ke tanggal gajian berikutnya, terutama diri yang telah merasa aman dan yakin tidak akan ada ancaman pada keteraturan aliran pendapatannya - dan menjadikan dirinya pribadi yang berorientasi pada kesempatan dan pencapaian potensi maksimal pribadinya sebagai pengusaha, memang bukan sesuatu yang mudah.

Perhatikanlah, bahkan dia yang telah lama marah tentang bagaimana orang lain tidak menghargai kontribusinya sebagai karyawan, atau yang membanggakan rekan-rekannya yang berani mengambil keputusan dan berhasil menjadi wirausahawan, dan yang telah menghabiskan bermalam-malam dalam urutan tahun-tahun memimpikan kebahagiaan menjalankan bisnisnya sendiri - bahkan dia ... masih tetap menunda keputusan itu ... sampai saat dia membaca catatan kecil ini. Ya ... Anda ...

Untuk memulai kejelasan pikiran mengenai hal ini, Anda harus tegas menggolongkan diri Anda sendiri. Apakah Anda termasuk orang-orang yang mengutamakan keamanan dengan menomor dua-kan kesempatan, ataukah Anda tipe yang mengutamakan kesempatan dengan niat membangun keamanan yang lebih berkualitas di masa depan? Yang mana-kah Anda?

Lalu, bila Pak Rahmat menganggap diri Anda sebagai pengutama keamanan; mohon Anda jawab ini: mengapakah Anda tetap terhantui oleh perasaan bahwa sebetulnya Anda memiliki potensi untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik dari yang telah Anda capai sekarang? Dan hati Anda selalu tergoda oleh jendela-jendela kesempatan yang jelas-jelas menghadiahi Anda dengan imbalan-imbalan awal yang baik sekali - sepanjang perjalanan karir Anda?

Lalu, mengapakah orang-orang dengan kompetensi di bawah Anda, bisa mencapai kualitas hidup yang lebih baik - karena hasil yang dicapai oleh bisnis-bisnis yang sebetulnya Anda lebih ahli untuk mendirikan atau menjalankan?

Jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan di atas, harus sedikit mengaduk ketenangan semu dari para pribadi yang menyebut diri mereka 'profesional', yang sebetulnya memiliki setiap kualitas untuk menjadi seorang pengusaha yang tajam dan brilian.

Begitu dulu ya, Pak Rahmat.

Salam Super, Mario Teguh

Apakah Itu Bijak

Salam Super Pak Mario yang baik,Kita sering mendengar istilah EQ. Banyak psikolog menyarankan untuk mengembangkan kemampuan EQ agar kita menjadi pribadi yang lebih baik dan bijak. Apakah ada kaitan antara bijak dengan EQ?

Terima kasih atas jawaban yang pasti akan super.

Budi Sahardjo, Cikarang

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan baik Pak Budi Sahardjo.

Emotional Intelligence adalah istilah yang di-coin setelah orang memperhatikan bahwa ada sebuah kualitas proses mental yang membedakan bagaimana kita bereaksi terhadap stimulus dari lingkungan kita.

Orang yang bereaksi dengan sikap yang tepat - disebut emotionally intelligent; karena pilihan set emosi yang mempengaruhi pilihan pikiran dan tindakannya berdampak pada hasil yang terbaik.

Bijaksana adalah istilah klasik kita untuk orang yang menerapkan kecerdasan emosi dalam keseharian kehidupan pribadi dan profesinya. Bila emotional intelligence sering digunakan untuk menjelaskan cara yang tepat dalam berespon terhadap sebuah masalah atau tantangan - kebijaksanaan adalah istilah untuk internalisasi kecerdasan emosi dalam keseluruhan proses kehidupan pribadi - yang juga berdampak baik bagi orang lain.

Pak Budi yang baik, seseorang disebut bijak - bukan karena hasil dari keputusan dan tindakannya hanya tepat untuk dia pribadi - tetapi juga merupakan solusi terbaik bagi orang lain yang terkait, untuk masa yang lebih panjang.

Kualitas hidup kita ditentukan oleh kualitas pilihan-pilihan kita.

Bila pilihan tindakan kita tepat karena pilihan sikap mental kita tepat - maka kita disebut emotionally intelligent.

Bila ketepatan tindakan kita itu menghasilkan solusi terbaik bagi semua pihak yang terkait untuk masa yang lebih panjang - maka kita disebut bijak.

Begitu dulu ya, Pak Budi Sahardjo.

Salam Super, Mario Teguh

Cara Menjadi Leader Yang Bijak

Salam super ..

Saya seorang pegawai di perusahaan swasta, saya baru saja dipromosikan menjadi manager. Sistem kerja kami adalah mencapai target market yang ditentukan oleh perusahaan. Pertanyaan saya bagaiman cara untuk menjadi leader yang bijak dalm mengambil keputusan dan cara untuk memotivasi rekan kerja saya?

Terima kasih ..

Putra, Medan

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Putra yang baik, terima kasih atas pertanyaan Anda. Kebijakan datang dari pembelajaran pengalaman.

Jadi, untuk membangun pribadi yang kuat karena kualitas kebijakannya, seyogyanya kita mencari kesempatan untuk sibuk, untuk terkejar oleh target, untuk memikul beban lebih berat, untuk menyelesaikan banyak masalah, untuk menjawab banyak pertanyaan, dan untuk memastikan kita berangkat beristirahat dalam keadaan lelah.

Proses seperti inilah yang mempercepat kematangan yang membuat seseorang disebut bijak. Dia disebut bijak karena kemampuannya untuk membedakan antara yang benar dan tidak, menarik garis antara yang baik dan tidak. Dan dengannya dia dapat memutuskan dengan tepat, dan bertindak yang mendatangkan kebaikan, bagi dirinya dan terutama bagi orang banyak.Kebijakan itu sebetulnya praktis.

Itu sebabnya, seorang pemimpin yang sedang mengendalikan organisasinya dengan baik, adalah dia yang bertindak cepat tanpa tergesa-gesa, dan menepatkan tindakan tanpa menjadi terlambat.

Maka siapa pun akan mencapai kepantasan sebagai seorang pemimpin, bila ia membiasakan dirinya untuk meninggikan orang lain - tanpa merendahkan dirinya sendiri.

Begitu dulu ya, Saudara Putra. Semoga membantu.

Salam Super, Mario Teguh

Tips Penjualan Kendaraan

Salam sejahtera,

Saya seorang salesman kendaraan, saya sebulan ini belum dapat order.

Saya sudah menyebar brosur informasi di setiap wilayah sekitar tempat kerja saya tapi belum ada hasil. Padahal sudah dekat akhir bulan, dan saya bingung harus berusaha bagaimana lagi. Saya mohon tipsnya karena saya sudah berusaha dengan cara apapun.

Terimakasih

Udin, Tasikmalaya

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Udin yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda. Mohon Anda sadari bahwa Anda paling kuat pada saat Anda santai.

Ini sangat benar, terutama untuk proses menjual. Ketegangan dapat menimbulkan kegugupan, ketergesaan, ketidak saba ran dan kelupaan. Dan ini semua menguras stamina menjual dengan sangat cepat.

Bila santai, Anda akan lebih sadar dengan setiap langkah menjual yang Anda pilih, dan tidak hanyut dalam ketegangan yang mengundang penggunaan cara-cara untuk memaksa prospek untuk membeli.

Jual solusi, Pelanggan memutuskan untuk membeli bila emosi membelinya kuat. Dan, emosi membeli bangkit bila pelanggan melihat perlunya penyelesaian bagi masalahnya.

Bantu pelanggan mengerti bahwa keuntungan dari penggunaan produk dan jasa Anda, merupakan penyelesaian yang baik, bila tidak yang terbaik.

Mohon Anda sadari bahwa produk yang paling penting Anda jual adalah diri Anda sendiri. Jadi, kalau Anda tidak menjual diri Anda dengan baik, apa pun yang Anda wakili - tolong diingat hindari kata "menawarkan" - tidak akan diperhatikan.

Begitu dulu ya, Saudara Udin. Semoga membantu.

Salam Super, Mario Teguh

Keraguan Menetapkan Pilihan Pekerjaan

Salam super pak Mario .. yang saya kagumi,

Saya sudah bekerja sebagai honorer di sebuah instansi pemerintah selama 5 tahun. Namun saya belum juga diangkat menjadi PNS, dan sekarang saya sudah berkeluarga dan kebutuhan meningkat. namun keraguan datang pada saya.

Jika saya keluar mencari pekerjaan lain nanti tiba-tiba teman-teman saya yang lain diangkat jadi PNS.

Jadi apa yang harus saya lakukan? Tetap menunggu peluang PNS ataupun mencari pekerjaan lain yang lebih baik? Karena yang saya takutkan ialah penantian saya menjadi sia-sia. Terimakasih untuk jawaban Pak Mario.

Kilana, Medan

Mario Teguh rnenjawab:

Pak Kilana yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Mohon Anda sadari bahwa dalam kehidupan, pertanyaan yang sebenarnya bukan apa yang Anda menangkan, tetapi apa yang Anda lakukan, karena yang Anda lakukan menentukan apa yang bisa Anda menangkan.

Jadi, janganlah berlama-Iama dalam kesadaran bahwa yang sedang Anda lakukan ini sebetulnya salah. Janganlah Anda biarkan diri Anda menua dalam pekerjaan yang menuntut penggunaan dari kelemahan-kelemahan Anda.

Berjayalah dalam pekerjaan yang merayakan penggunaan dari kekuatan-kekuatan Anda. Janganlah menjadi petarung yang setengah-setengah. Segeralah selesaikan hal-hal yang akan membentuk keutuhan dari rencana-rencana Anda. Janganlah impian Anda mengenai keberhasilan di masa depan, menjadikan Anda penunda yang menafikan keberhasilan yang bisa Anda capai hari ini.

Anda dapat mengubah hidup Anda dengan mengubah yang Anda kerjakan.

Anda dapat meningkatkan kualitas hidup Anda, dengan meningkatkan kualitas dari cara-cara Anda.

Perbaikan pada cara-cara Anda, bisa dicapai dengan mengambil pelajaran dari yang sedang terjadi dalam waktu Anda sekarang. Dengannya, Anda akan segera meninggalkan hal-hal yang tidak berguna bagi upaya Anda untuk mencapai kualitas hidup impian Anda.

Begitu dulu ya, Pak Kilana. Please absorb and apply.

Salam Super, Mario Teguh

Memulai Bisnis Dan Bertukar Peran Dengan Isteri

Pak Mario yang super,

Saya sekarang ini tinggal di Malaysia, kebetulan saya melihat acara Mario Teguh Gokden ways melalui live streaming Metrotvnews.com.

Sekarang saya tidak bekerja karena saya mengikuti istri yang dipindah tugas ke Malaysia, jadi kegiatan saya bertukar fungsi dengan istri saya. Saya mengurus rumah sehari hari dan istri bekerja.

Sejujurnya saya ingin bekerja tetapi melihat keberadaan kami di negeri orang maka saya memutuskan untuk tidak bekerja disamping karir istri yang lebih bagus. Pernah saya berpikir untuk berbisnis dengan membuka usaha yang menu rut pandangan saya bisa sebagai sumber

penghasilan dan mengisi waktu yang kosong disela sela menjaga serta mengurus rumah. Tetapi adanya keraguan akan kemampuan yang saya miliki membuat terkendala hal ini.

Pertanyaan saya adalah bagaimana melangkahkan kaki yang benar dalam memulai bisnis atau usaha di negeri orang? Lalu, bagaimana membuang rasa keraguan untuk menguatkan positive minds dalam diri sendiri? Apakah saya telah melakukan yang benar dengan bertukar fungsi antara saya dan istri saya?

Itulah yang ingin saya tanyakan.

Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan banyak terima kasih. Windra, Kajang, Selangor Se Mlys

Mario Teguh rnenjawab:

Pak Windra yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Di dalam diri kita tersedia kemampuan untuk melakukan yang bahkan belum kita impikan. Kekuatan ini akan terhidangkan begitu kita merubah sikap terhadap apa yang membatasi kita, dan terhadap apa yang tidak mungkin kita capai.

Semua keberhasilan usaha yang hebat dimulai dari kecintaan pendirinya kepada usaha yang dijalaninya. Kecintaan itu akan menghasilkan komitmen yang tidak lapuk oleh sulitnya business start-up. Kita sering lupa bahwa mereka yang besar itu, dulu adalah perusahaan kecil yang dimulai dari garasi atau kantor sewaan yang butut.

Ada sebuah janji yang besar bagi Anda yang mengasihi dengan sepenuhnya.

Dia yang mampu untuk menyerahkan sebuah kasih sayang yang besar, mudah mencapai keberhasilan besar, karena syarat bagi keberhasilan besar adalah melakukan hal-hal kecil dengan kasih sayang yang besar. Bekerja tanpa menyerah kepada rasa letih, adalah tanda adanya sebuah kesungguhan; dan melayani tanpa menyerah kepada rasa bosan, adalah tanda adanya kasih sayang.

Apalagi, bila yang dilakukan adalah hal besar dengan kasih sayang yang besar. Kebersamaan Anda dengan wanita Anda adalah hal yang besar.

Begitu dulu ya, Pak Windra. Please keep up the super spirit.

Salam Super, Mario Teguh

Putus Cinta Disaat Ingin Menikah

Pak Mario yang saya hormati,

Saya pria usia 26 tahun dan baru saja putus cinta setelah berpacaran 2 tahun lebih.

Mengapa di saat saya ingin serius ke jenjang pernikahan, harus gagal dan mengapa fikiran saya jauh dari optimis bahwa bakal ada jodoh untuk saya?

Bagaimana menimbulkan kembali semangat dalam hidup?

Terimakasih Pak Mario dan Salam super

Papa, Pangkalan Bun

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Papa yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Dalam dunia yang penuh masalah ini, Anda tidak sendirian, dan juga sangat membuka mata, bahwa banyak orang yang memiliki masalah yang lebih besar dari masalah kita, tetapi mencapai hal-hal yang mengagumkan.

Mohon Anda sadari, bahwa semua kesalahan dan kegagalan Anda selama ini hanya menunjukkan dan menuju kepada satu hal, yaitu keharusan untuk memperbaiki diri. Janganlah memikirkan sesuatu yang tidak memuliakan, karena pikiranmu akan menjadi keyakinanmu. Kemudian keyakinanmu akan memilihkan kata-kata dan tindakanmu; padahal kata-kata dan tindakanmulah yang akan menjadikan masa depanmu.

Bangunlah perasaan-perasaan yang kuat mengenai keinginan-keinginan Anda untuk menjadi pribadi yang sebagaimana Anda impikan, untuk mampu melakukan yang Anda sukai, dan untuk memiliki yang Anda idamkan.

Bayangkanlah keindahan dari keadaan-keadaan yang akan berada dalam kendali Anda nanti, tentang perasaan suka-cita dalam pencapaian tujuan-tujuan Anda. Kemudian, segera ubahlah perasaan-perasaan kuat itu ke dalam aktifitas dan kegiatan yang nyata.

Begitu dulu ya, Saudara Papa. Please absorb and apply.

Salam Super, Mario Teguh

Mengangkat Derajat Keluarga

Pak Mario yang saya hormati,

Saya seorang laki-Iaki berusia 22 tahun, anak pertama dari 5 bersaudara. Saya belum berkeluarga dan berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Saya ingin bertanya, bagaimana caranya agar saya bisa mengangkat derajat keluarga sehingga mempunyai masa depan yang lebih cerah ?

Meskipun penghasilan saya dan penghasilan orang tua hanya bisa untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Saya ingin menghilangkan rasa minder, yang kadang mengurangi semangat saya untuk menjalani hidup.

Mohon saran Pak Mario, Terimakasih

Wanhar, Pekanbaru

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Wanhar yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Tidak boleh ada seorangpun yang ramah kepada pikiran bahwa dia adalah orang kecil yang lemah.

Karena, tidak ada seorangpun yang bisa dianggap kecil, bila hal-hal kecil yang dilakukannya akan menjadi sesuatu yang besar pada saatnya nanti.

Itu sebabnya, dari sekarang dan seterusnya, Anda harus menyesuaikan semua yang Anda kerjakan agar cocok dengan rencana-rencana Anda.

Bekerjalah dengan pengetahuan yang lengkap bahwa Anda memang masih bekerja dalam rencana dan keberhasilan orang lain - tetapi lakukanlah dengan cara-cara yang akan menjadikan diri Anda juga berhasil.

Anda diberikan kewenangan penuh untuk melakukan yang dapat Anda lakukan. Dan yakinilah bahwa keajaiban mudah datang kepada Anda - bila Anda berani.

Transformasi sebuh kehidupan membutuhkan fransformasi pribadi yang mengisi kehidupan itu - Anda.

Begitu dulu ya, Saudara Wanhar. Please absorb and apply.

Salam Super, Mario Teguh

Pindah Pekerjaan Yang Lebih Nyaman

Salam super Pak Mario ...

Saya seorang karyawan swasta yg sudah bertahun-tahun bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan hobby & background pendidikan saya.

Saya sudah berupaya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di tempat lain tapi selalu terganjal karena masih terikat dengan perusahaan tempat saya bekerja. Untuk meninggalkan pekerjaan sekarang saya tidak berani karena tidak ada yang menjamin bisa secepatnya mendapatkan pekerjaan baru sebagai penunjang kehidupan anak dan isteri saya.

Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana agar saya dapat meninggalkan pekerjaan sekarang dan mendapatkan pekerjaan baru yang lebih mengenakan?

Terima kasih.

Joan, Tamiyang Layang

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Joan yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Mohon Anda perhatikan bahwa saya harus berani melakukan hal-hal yang sulit untuk memudahkan hidup saya. Saya tidak akan lagi menyesalkan pekerjaan saya, bila saya tidak mempunyai keberanian untuk menggantikan pekerjaan itu dengan yang lebih sesuai untuk hati ini.

Saya yakin sekali, bahwa kehidupan ini menjadi semakin ramah bila saya semakin tegas kepada kelemahan saya, dan kehidupan ini menyediakan banyak kemungkinan baik bila saya merayakan kekuatan-kekuatan saya.

Saudara Joan yang baik, kehidupan Anda adalah jumlah total dari keefektifan keputusankeputusan Anda; baik yang lalu, yang hari ini, dan yang masih akan Anda buat di masa depan. Hari ini, buatlah keputusan-keputusan yang lebih baik dan yang lebih tegas.

Hari ini, Anda akan berhenti bertahan dan tidak lagi menolak kebutuhan Anda untuk menjadi pribadi yang cemerlang dalam pilihan pekerjaan Anda.

Yakinilah bahwa bila mungkin bagi Anda untuk gagal - mungkin juga bagi Anda untuk berhasil. Begitu dulu ya, Saudara Joan. Please absorb and apply.

Salam Super, Mario Teguh

Meraih Nilai Plus Di Bidang Pekerjaan

Salam super Pak Mario,

Nama saya Dina, saya bekerja di bidang Advertising, tapi saya ingin mengembangkan karir saya. Bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan nilai plus dari pekerjaan saya dengan hasil dari pekerjaan yang saya lakukan?

Terimakasih

Dina, Jakarta

Mario Teguh rnenjawab:

Saudari Dina yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Kita tidak meledak sebesar yang kita inginkan, karena kita dibatasi oleh sesuatu.

Mengenali batas-batas itu dan belajar mengatasinya akan membuka jalan bagi perkembangan selanjutnya.

Hari ini, untuk berhasil- Anda harus menjadi dan bekerja ekstra bagus.

Rekan dan pesaing Anda telah mengetahui bahwa 'baik' saja tidak cukup, bila 'Iebih baik' masih mungkin.

Hanya ada dua arah yang bisa Anda ambil untuk meninggalkan kerata-rataan; yang pertama, bukanlah sebuah pilihan yang baik - yaitu dengan menjadi lebih rendah dari rata-rata, dan yang kedua adalah menjadi pribadi yang menonjol - yang sedang dalam perjalanan menuju kebintangan Anda.

Sehingga sebagai seorang professional Anda harus menguasai pengetahuan teknis yang diperlukan oleh tugasnya, memiliki ketrampilan untuk mendatangkan solusi, memiliki integritas (kesetiaan pada yang benar) yang membangun kepercayaan dan hormat kepadanya, mengutamakan kepentingan orang banyak, sehingga keberhasilannya dibangun dari kumulasi keberhasilan orang lain.

Kemudian berpandangan ke depan, dan tidak terlalaikan oleh masalah-masalah sementara dan jangka pendek, lalu berupaya mengembangkan kualitas pribadinya agar sesuai bagi masa depan besar yang direncanakannya.

Begitu dulu ya, Saudari Dina. Please keep up the super spirit.

Salam Super, Mario Teguh

Bagaimana Mengetahui Bakat Dan Potensi Diri

Saya mahasiswa fakultas ekonomi Unair dan sekarang sudah masuk semester 5.

Dari dulu saya selalu tertarik dengan dunia menu lis padahal saya sama sekali tidak suka membaca, tapi karena keinginan saya itu saya mulai membiasakan untuk menyukai membaca. Dari beberapa kompetisi yang saya ikuti tidak ada yang menunjukkan hasil, seperti LKTI, lomba esay ataupun artikel.

Apakah saya harus mengalihkan keinginan saya untuk berhenti menu lis?

Yang lebih parah lagi saya belum mengetahui potensi yang ada dalam diri saya, bagaimana cara mengetahuinya? Apa yang harus saya lakukan ?

Terima kasih Pak Mario.

Angel, Nganjuk

Mario Teguh rnenjawab:

Saudari Angel yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Di dalam diri kita tersedia kemampuan untuk melakukan yang bahkan belum kita impikan.

Kekuatan ini akan terhidangkan begitu kita merubah sikap terhadap apa yang membatasi kita, dan terhadap apa yang tidak mungkin kita capai.

Mohon Anda sadari bahwa kendaraan menuju keberhasilan adalah kerja keras, lalu kerja keras membutuhkan tenaga untuk bergerak maju dan itu yang kita sebut dengan kesungguhan. Mereka yang menuntut dengan keras kepada diri mereka sendiri untuk mengupayakan keberhasilan, akan berhasil.

Berhasil itu bakat, dan memang benar pengetahuan mengenai bakat hanya datang setelah mencoba.

Dan karena yang dicoba hanya sedikit dari sekian banyak kemungkinan yang tersedia, maka sebetulnya kita sama tidak tahunya mengenai bakat kita masing-masing. Yang kita ketahui saat ini hanyalah anggapan sementara mengenai bakat, yang kita sebut sebagai bakat.

Dan karena Anda pemimpin, bakat untuk berhasil adalah hasil keputusan Anda sendiri. Bakat tidak sepenting kesungguhan untuk membakati yang kita hadapi.

Begitu dulu ya, Saudari Angel. Please keep up the super spirit.

Salam Super, Mario Teguh

Am I Just A Dreamer

Salam Super Pak Mario,

Saya memiliki pertanyaan Pak, yang akan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri buat saya apabila bapak mau menjawabnya.

Sebagai seorang mahasiswa, saya memiliki sebuah impian, yang apabila saya ceritakan kepada orang lain, dijamin pasti saya akan ditertawakan. Tapi saya tidak peduli dengan orang-orang yang mentertawakan saya, dan saya percaya bahwa saya mampu dan bisa mencapai impian saya.

Untuk itu, saya memulai dengan sebuah usaha / 'endeavour' yang baru saya rintis awal tahun yang lalu. Tetapi, pada prakteknya, semakin saya bersemangat mengejar impian saya, orangorang di sekitar saya, satu per satu mulai meninggalkan saya.

Saya bingung Pak Mario, manakah yang harus saya pilih impian saya, atau orang-orang di sekitar saya yang hidup seperti kebanyakan orang biasa?

Terimakasih dan Salam Super

Lukas, Semarang

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara Lukas yang baik, terima kasih atas pertanyaan Anda.

Anda tidak boleh bernegosiasi dengan impian Anda.

Bernegosiasilah dengan apa yang harus Anda lakukan untuk mencapainya. Tanpa memimpikan keadaan yang lebih baik di masa depan, kita akan kehilangan ketertarikan untuk hidup dengan sepenuhnya.

Bila impian itu indah, dan yang mengejarnya juga mewarnai dirinya dengan sikap-sikap yang baik, maka pengejaran mimpi itu bisa menjadi sebuah perjalanan yang ringan, lincah, ceria, dan menyema ngati.

Dan dalam keceriaan itu, tanpa kita sadari sebetulnya kita telah mencapai kursi yang kemarin diduduki oleh impian kita, saat dia beristirahat melepaskan lelah. Dan karena kita ditugaskan untuk menjadi pemimpin di muka bumi ini, pastikanlah bahwa kita memimpikan hal-hal yang besar.

Maka pastikanlah bahwa kesibukan aktivitas kerja kita lebih tinggi dari pada kesibukan kita bermimpi.

Dan dia yang kesibukannya adalah merajut permadani dengan benang yang terbuat dari seratserat otot dan otaknya, dengan pola dan corak warna-warni impiannya,,,.telah mencapai bentuk tertinggi dari kehidupannya.

Begitu dulu ya, Saudara Lukas. Stay Super!

Salam Super, Mario Teguh

Apakah Saya Sudah Gagal Dalam Menjual

Salam Super Pak Mario Teguh,

Saya adalah karyawan swasta di Adira Finance, sebagai Marketing Head.

Pertanyaan saya adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan divisi saya dimana selama hampir 1 th di posisi ini saya belum pernah mencapai target penjualan yang memuaskan sehingga kadang saya berpikir apakah dengan kemampuan saya ini saya pantas diposisi ini,? Saat ini saya merasa sudah mencapai titik dalam kegagalan padahal perusahaan serta atasan saya sangat mendukung dan loyal dengan semua sarana promosi yang saya minta. Terimakasih

A. A. Ngr Deddy Dwipayana, Denpasar

Mario Teguh rnenjawab:

Saudara A. A. Ngr Deddy Dwipayana yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda.

Bila Anda putuskan Anda bisa, Anda mungkin benar atau mungkin salah. Tetapi bila Anda putuskan Anda tidak bisa, maka Anda sangat benar. Maka pilihlah keputusan yang lebih berpihak kepada keberhasilan Anda.

Mulailah dari Hasil. Hasil yang akan Anda capai.

Pada saat berhadapan dengan pelanggan, pastikan bahwa Anda tahu persis hasil apa yang Anda harapkan. Mulailah rencana Anda dari sana.

Gambaran mengenai hasil yang jelas membantu pembentukan motivasi menjual yang tinggi, yang selanjutnya berpengaruh besar terhadap sikap kita dalam upaya memotivasi pelanggan untuk membuat keputusan membeli.

Sikap lebih yakin bisa dibangun melalui visualisasi (pembayangan) bahwa Anda telah berhasil mencapai tujuan penjualan, meskipun sebetulnya Anda masih dalam proses menjual. Buatlah rencana undur yang berisi langkah-Iangkah pencapaian hasil mulai dari hasil itu sendiri sampai ke awal. Dengan demikian, awal dari presentasi Anda akan benar-benar menuntun ke kekuatan pribadi Anda kepada hasil.

Begitu dulu ya, Saudara A. A. Ngr Deddy Dwipayana. Tetaplah bersemangat.

Salam Super, Mario Teguh

Masalah Dalam Diri

Pak Mario, saya punya masalah dalam diri saya.

Masalah saya adalah rasa takut, ketidak beraniaan, dan ketidak percayaan diri. Saya punya desire untuk improve diri saya,tapi saya tidak pernah bisa bertindak karena saya takut salah, takut yang saya lakukan tidak se-perfect yang orang lain lakukan.

Saya tidak berani dan tidak percaya diri untuk melakukan itu, saya ingin sekali bisa do action, tolong beri saya masukan Pak.

Terima kasih.

Nia, Jakarta

Mario Teguh rnenjawab:

Saudari Nia yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda. Beranikanlah diri Anda.

Janganlah menjadikan kemungkinan adanya kegagalan sebagai pembatal keinginan kita untuk mencapai kebesaran yang telah menjadi hak kita - yaitu untuk menjadi pemimpin di muka bumi ini.

Kesalahan adalah tanda-tanda untuk naik yang akan Anda temui dalam upaya mewujudkan kelas-kelas kepemimpinan yang lebih tinggi pada diri Anda dan sama sekali bukan tanda untuk berhenti. Anda tidak mungkin mendekati keberhasilan, bila Anda tidak ramah kepada kegagalan. Bila Anda tidak membuat kesalahan, itu berarti bahwa Anda tidak berupaya cukup keras. Dan bahkan bila Anda harus dikenal karena kesalahan Anda, maka biarlah - asal mereka tahu bahwa itu adalah kesalahan dan mereka juga tahu bahwa Anda masih dalam perjalanan untuk menjadi seorang bintang.

Begitu dulu ya, Saudari Nia. Bersegeralah berlaku sebagaimana seharusnya Anda berlaku.

Salam Super, Mario Teguh

Ragu Atas Kemampuan Diri Sendiri

Pak Mario yang terkasih,Saya sedang dihadapkan pada 2 pilihan, antara tetap bekerja di tempat sekarang atau menerima tantangan pekerjaan baru sebagai Agen Asuransi. Bahkan sudah selama 2 bulan terakhir ini saya ikut training dan praktek di luar jam kerja. Saya merasa bahwa pekerjaan baru ini bisa memberikan sesuatu yang lebih untuk masa depan saya dibandingkan tempat bekerja sekarang.

Meski sangat ingin mencoba pekerjaan baru ini tapi saya masih ragu apakah saya mampu menjalani pekerjaan itu dengan meninggalkan pekerjaan sekarang yang sudah jelas memberikan kenyamanan selama ini?

Agus Hamdan, Kebumen

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan Pak Agus Hamdan yang sangat baik.

Pak Agus yang baik, dia yang memulai dengan membayangkan ketidak-mampuannya, akan merasa sangat lemah dan berlaku seperti tidak menginginkan keberhasilan.

Padahal seharusnya, semakin dia merasa tidak akan mampu mencapai impiannya - semakin keras dia bekerja dan menyiapkan dirinya.Kemudian, dia yang tidak menyukai sesuatu, sering membatasi ketertarikannya untuk mengerti mengenai yang tidak disukainya itu. Padahal, bagaimana mungkin kita bisa secara adil menolak sesuatu tanpa pengertian? Dan karena ketidak-sukaannya itu, dia membatasi apa yang mungkin dipelajarinya, dan dengannya dia juga membatasi apa yang bisa dimengertinya. Dan mungkin itulah alasan mengapa dia jauh dari pengertian yang bisa meledakkannya, dan yang akan melantingkannya ke kelas-kelas bintang.

Pak Agus yang baik. Tidak ada orang yang tidak memiliki kemungkinan bagi keberhasilannya. Dia hanya dibatasi oleh kesediaannya untuk keluar dari zona kenyamanannya untuk masuk ke wilayah-wilayah baru yang subur bagi pengembangan peran pribadinya.

Untuk itu Pak Agus, dia harus bersedia memperbaiki zona pengertiannya. Karena, sebuah zona kita sebut 'nyaman' karena kita merasa telah mengerti sifat-sifat zona itu dengan baik.

Begitu dulu ya, Pak Agus Hamdan.

Salam Super, Mario Teguh

Pekerjaan Yang Tepat

Salam super Pak Mario Teguh,

Saya ada 2 pertanyaan untuk Bapak yaitu :

1. Saya ingin berpofresi seperti Bapak lias motivator" untuk profesi seperti Bapak ini mengambil jurusan apa ? dan tempat kuliah yang baik untuk melatih bakat saya, menu rut saran Bapak dimana?

2. Pernah tidak Bapak merasa jenuh dengan pekerjaan Bapak, dan cara mengatasi kejenuhan dalam profesi yang Bapak gel uti bagaimana?

Terimakasih banyak dan saya menunggu jawaban Pak Mario. Salam super.

Hariyandi Chasero, Jakarta

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih atas pertanyaan Pak Hariyandi Chasero yang cerdas.

Keinginan Anda adalah wewangian yang Anda kenakan.

Kita tumbuh bertahap seperti sekuntum bunga - ada pribadi yang bernilai karena indah dalam pandangan, dan ada yang bernilai karena indahnya semerbak semangat yang terpendar dari pribadinya. Dan seperti semua wewangian, kita harus berhati-hati memilihnya. Maka pilihlah keinginan Anda dengan cermat. Karena, Anda hanya akan menjadi sekecil nafsu yang tidak terkendali, dan akan menjadi sebesar keinginan yang memuliakan.

Keinginan Anda adalah kemungkinan-kemungkinan Anda.

Bila Anda menginginkan sesuatu dengan cukup kuat, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengantarkan diri Anda ke tempat-tempat di mana Anda akan bertemu dan bekerja dengan orang-orang yang tepat.

Anda bisa menjadi apa pun yang Anda inginkan, bila Anda bersedia melakukan apa pun yang diperlukan untuk menjadi yang Anda inginkan.

Ada waktu untuk merasa khawatir, dan ada waktu untuk bekerja keras tanpa rasa khawatir. Saya merayakan kesempatan untuk bekerja keras, karena banyak sekali saudara saya yang ingin bekerja keras, tetapi tidak ada pekerjaan bagi mereka. Pekerjaan ini adalah kesempatan saya untuk menjadikan diri saya sebagaimana bisa jadi-nya saya, karena ukuran besar yang akan saya capai itu berada di atas pekerjaan saya sekarang. Maka saya pastikan diri ini menikmati yang dikerjakannya. Itu sebabnya saya damai.

Demikian dulu ya, Pak Hariyandi Chasero.

Salam Super, Mario Teguh

Rasa Khawatir Berlebihan

Pak Mario yang baik,Sejak pertama kali masuk kerja, saya selalu deg-degan jika dipanggil atasan ke ruangannya untuk membicarakan pekerjaan. Padahal saya tidak melakukan kesalahan, ini adalah kekhawatiran saya semata, yang bisa membuat saya stres.

Bagaimana cara mengatasi rasa khawatir? Terimakasih

Olga Prastowo, Surabaya

Mario Teguh rnenjawab:

Saya senang sekali dengan pertanyaan Anda, terima kasih.

Pak Olga yang baik, suasana hati Anda menentukan kualitas dari hasil Anda.Rasa makanan sangat bergantung pada suasana dalam menikmatinya. Maka hanya karena saya berharapan baik setiap hari, hari-hari saya akan menjadi penuh harapan.

Semua orang bisa marah, tetapi Anda dapat memilih untuk berkelas dalam kemarahan Anda. Semua orang bisa bersedih hati, tetapi pastikanlah bahwa Anda berkelas dalam kesedihan Anda. Pak Olga, mahan diperhatikan bahwa : ada waktu untuk merasa khawatir, dan ada waktu untuk bekerja keras tanpa rasa khawatir.

Saya tidak akan mengurangi kesempatan saya untuk bekerja dan menghasilkan yang baik; dengan mengkhawatirkan hal-hal yang belum bisa saya selesaikan melalui yang saya kerjakan sekarang. Saya akan merasa khawatir nanti, bila waktu untuk khawatir telah tiba. That's why I am easy.

Begitu dulu ya, Pak Olga Prastowo. Senang dapat melayani Anda.

Salam Super, Mario Teguh

Ragu Pada Kemampuan Diri

Pak Mario,

Saya seorang mahasiswa di Bekasi dan saya mau tanya sama Pak Mario, saya selalu orangnya tidak percaya diri dan ragu-ragu untuk mencapai sesuatu , karena saya orangnya tidak punya keberanian dan gimana caranya untuk memperbaiki diri saya? Mohon diberikan tipsnya. Terimakasih.

Joko, Surabaya

Mario Teguh rnenjawab:

Pak Joko yang baik, terima kasih atas pertanyaan baik Anda. Periksalah sikap Anda.

Alasan utama dari lambatnya pencapaian kemajuan bagi banyak pribadi, adalah tidak tepatnya pilihan sikap.

Seorang pribadi yang sebetulnya tidak memiliki kompetensi untuk berhasil di suatu bidang, bisa tetap mencapai keberhasilan; karena dia menyikapi kekurangan-kekurangannya sebagai sebuah keharusan untuk memberdayakan orang lain dan lingkungannya.

Pak Joko yang baik, mohon Anda ingat, bahwa kita disebut kreatif, karena kemampuan kita untuk mencapai hasil yang baik melalui keterbatasan-keterbatasan yang ada pada diri dan lingkungan kita.

Dan itu sebabnya, rasa percaya diri bukanlah sesuatu untuk dimiliki. Rasa percaya diri adalah sesuatu untuk dilakukan.

Syaratnya adalah melakukan. Orang yang melakukan sesuatu akan lebih mudah merasa percaya kepada kemampuan dirinya, daripada mereka yang hanya membayangkan kerja keras. Demikian dulu ya, Pak Joko.

Salam Super, Mario Teguh

Apakah Pilihan Profesi Saya Sudah Tepat

Pak Mario yang baik,Saya bekerja di perusahaan swasta sudah 3 tahun ini. Dalam beberapa rapat tim, serigkali teman-teman menyindir gaya intonasi pertanyaan saya yang berirama dan baku. Memang gaya bicara ini, saya tiru dari seorang pembicara publik yang terkenal. Saya tahu ini baik, tapi komentar teman-teman menjadikan saya tidak nyaman.

Pak Mario, terkadang saya tidak percaya diri dengan penampilan saya. Apakah saya harus merubah penampilan saya? Terima kasih

Martha Susanto, Jombang

Mario Teguh rnenjawab:

Terima kasih Ibu Martha Susanto, atas pertanyaan yang baik ini.

Ibu Martha yang santun, mahan Anda sadari bahwa, hanya karena Anda tidak bisa menari, tidak berarti Anda tidak akan menari.Anda tidak harus ahli dalam melakukan sesuatu untuk melakukannya, karena Anda akan membangun keahlian itu dari melakukannya.

Ibu Martha yang baik, Anda harus yakin sekali bahwa keterampilan dalam melakukan datang dari melakukan.

Bila Anda hanya bersedia melakukan yang Anda sudah bisa, maka kapankah Anda bisa melakukan hal-hal yang Anda belum bisa? Maka Anda mencoba.

Ibu Martha, nasihat ini mungkin penting untuk Ibu : Saya akan memperkaya hidup saya dengan mencoba hal-hal yang baru.

Begitu dulu ya, Ibu Martha Susanto. Terima kasih.

Salam Super, Mario Teguh

Apa Sesungguhnya Cita-cita Saya

Salam Super Pak Mario, saya adalah mahasiswi semester 3 jurusan Matematika di sebuah Universitas di Jakarta. Saat ini saya sedang bingung dengan diri saya dan juga masa depan saya. Hendak jadi apakah saya nantinya karena saya tidak merasa memiliki kompetensi berarti yang dapat dijadikan nilai lebih untuk diri saya.

Mohon tips dari Pak Mario.

Terima Kasih

Vita, Bekasi

Mario Teguh rnenjawab:

Saudari Vita yang baik,

Mohon disadari bahwa seseorang yang tidak memiliki pengetahuan apa pun tentang sesuatu, tetapi mempunyai pikiran terbuka, akan mempercayai kemungkinan apa pun. Mereka menyambut pembelajaran dengan ramah, lebih cepat dan lebih bersemangat daripada mereka yang telah berpengalaman.

Saudari Vita, saya mengundang Anda untuk mewarnai pandangan Anda dengan kegirangan karena Anda sedang menyambut kedatangan kemungkinan-kemungkinan Anda. Lalu pastikan Anda melihat diri Anda sebagaimana apa bisa JADI-nya. Karena bila Anda memperlakukan diri Anda sebagai apa adanya, maka dia akan tetap menjadi apa adanya seperti sekarang, hanya semakin menua. Karena itu perlakukanlah diri Anda sebagai apa bisa jadinya, maka Anda akan melihat diri Anda berkembang menjadi seorang yang mencapai kemungkinan-kemungkinannya. Begitu dulu ya, Saudari Vita.

Salam Super, Mario Teguh

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->