P. 1
SEJARAH KOMPUTER

SEJARAH KOMPUTER

|Views: 768|Likes:
Published by vina martha

More info:

Published by: vina martha on Dec 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

SEJARAH KOMPUTER

Generasi Pertama : Tabung Hampa Udara
ENIAC • Electronic Numerical Integrator And Computer ( ENIAC ), dirancang dan dikembangkan dibawah pengawasan John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas Pensylvania, merupakan computer digital eleektronik untuk kebutuhan umum pertama didunia. • • Mesin ENIAC sangat besar, beratnya 30 ton, volume 1500 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000 tabung hampa udara. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowat, serta lebih cepat disbanding semua computer mekanik lainnya, yaitu mampu untuk melakukan 5000 operasi penambahan per detik. • Kelemahan utama dari ENIAC adalah bahwa mesin ini harus diprogram secara manual dengan cara menyetel tombol-tombol dan memasang serta mencabut kabel. Mesin VON NEUMANN • Tugas pemasukan dann pengubahan program untuk ENIAC sangat membosankan. Oleh karena itu, muncul gagasan untuk mempermudah proses pemrograman, yaitu dengan merepresentasikan program kedalam suatu format yang cocok untuk penyimpanan didalam memori untuk semua data. Lalu, komputer dapat mengambil instruksi-instruksinya dengan membacanya dari memori, dan sebuah program dapat disetel atau diubah dengan penyetelan nilai-nilai bagian memori. Gagasan ini dikenal sebagai konsep program tersimpan.

1

Publikasi pertama tentang gagasan ini dibuat pada proposal 1945 oleh Von Neumann pada sebuah komputer jenis baru, yaitu Electronic Discrete Variable Computer ( EDVAC ).

Pada tahun 1946, Von Neumann dan para rekan kerjanya mulai melakukan rancangan komputer program tersimpan yang baru, dikenal dengan komputer IAS, di Institut Studi Lanjutan Princeton.

Walaupun tidak berhasil diselesaikan sampai tahun 1952, komputer IAS menjadi prototype bagi semua komputer-komputer kebutuhan umum selanjutnya.

IAS computer • Struktur dari komputer IAS terdiri dari :  Memori utama, menyimpan data maupun instruksi-instruksi  Unit Aritmatika dan logika ( ALU ), memiliki kemampuan mengoperasikan data biner.  Unit kontrol, menginterpretasikan instruksi-instruksi didalam memori dan mengeksekusikan instruksi-instruksi itu.  Peralatan input dan output, yang dioperasikan oleh unit kontrol • Gambar dari struktur komputer IAS adalah sebagai berikut ;

2

Memori IAS terdiri dari 1000 lokasi penyimpan yang disebut word. Masing-masing word terdiri dari 40 digit biner ( bit ). Sebuah word dapat juga berisi 20 bit, dengan masing-masing instruksi terdiri dari 8 bit kode operasi ( opcode ) yang menspesifikasikan operasi untuk dilakukan dan sebuah 12 bit alamat yang menandai salah satu word didalam memori.

Unit control mengoperadikan IAS dengan pengambilan instruksi-instruksi dari memori dan mengeksekusinya sekaligus satu per satu. Hal ini dijelaskan secara lebih rinci pada gambar struktur IAS yang telah diperluas, sebagai berikut ;

Gambar ini mengungkapkan bahwa baik unit kontrol maupun ALU

berisi lokasi-lokasi penyimpan, yang disebut register, yang didefinisikan sebagai berikut ;

3

 Memory Buffer Register ( MBR ), berisi sebuah word yang disimpan didalam memori  Memory Address Register ( MAR ), menetapkan alamat word di memori untuk dituliskan dari atau ke MBR  Instruction Register ( IR ), berisi instruksi 8 bit opcode yang sedang dieksekusi  Instruction Buffer Register ( IBR ), untuk menyimpan sementara instruksi di sebelah kanan word didalam memori  Program Counter ( PC ), berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil dari memori  Accumulator ( AC ) dan Multiplier Quotient ( MQ ), untuk menyimpan sementara operand dan hasil operasi ALU. • Komputer IAS sendiri mempunyai 21 buah instruksi.  Data Transfer, memindahkan data diantara memori dengan registerregister ALU atau antara dua register ALU  Unconditional branch, saat unit kontrol mengeksekusi instruksiinstruksi didalam urutan memori, urutan ini dapat diubah oleh suatu instruksi cabang, sehingga memudahkan operasi yang berulang.  Conditional Branch, cabang dapat dibuat tergantung pada sebuah kondisi, jadi memungkinkan titik-titik keputusan.  Arithmetic, operasi-operasi yang dibentuk oleh ALU  Address Modify, memungkinkan alamat-alamat untuk dihitung didalam ALU dan kemudian disisipkan kedalam instruksi-instruksi yang disimpan didalam memori. Hal ini memungkinkan fleksibilitas alamat yang tinggi pada program. Komputer Komersial Instruksi-instruksi tersebut dapat dikelompokkaan sebagai berikut ;

4

Pada tahun 1950, Eckert dan Mauchly membentuk korporasi komputer Eckert-Mauchly untuk membuat komputer secara komersil. Mesin pertama yang sukses adalah UNIVAC I ( UNIVersal Automatic Computer ), yang dimandatkan oleh Biro sensus untuk keperluan perhitungan sensus tahun 1950.

Sedangkan UNIVAC II mempunyai kapasitas memori yang lebih besar dan kinerja yang lebih tinggi dibanding UNIVAC I . Dipasarkan pada akhir tahun 1950-an dan menggambarkan beberapa trend karakteristik yang masih dipertahankan industri komputer.

Divisi UNIVAC juga mengembangkan 1100 seri komputer, model pertamanya UNIVAC 1103 dan untuk beberapa tahun berikutnya ditujukan untuk perhitungan ilmiah yang melibatkan perhitungan yang panjang dan kompleks.

IBM yang menjadi pabrik besar dalam pengolahan peralatan kartu berlubang, memasarkan komputer program tersimpan elektronik pertamanya, yaitu 701 pada tahun 1953 dan 702 yang mempunyai sejumlah fitur perangkat keras yang cocok untuk aplikasi-aplikasi bisnis. Mesin-mesin ini menjadi yang pertama dari seri-seri panjang komputer 700/7000 yang menetapkan IBM sebagai pabrik komputer yang dominan.

Generasi Kedua-Transisitor
• • • • Transistor diciptakan di Laboratorium Bell yahun 1948 oleh John Bardeen, Walter Brattain, dan William Socklay. Transistor merupakan perangkat padat yang dibuat dari silicon. Transistor lebih kecil, lebih murah, dan mengeluarkan sedikit panas dibanding dengan tabung hampa udara. Transistor tidak memerlukan kawat, plat logam, kapsul gelas, dan ruang hampa udara seperti pada tabung hampa udara.

5

Dalam waktu 10 tahun, transistor telah membuat revolusi dalam bidang komputer, dan pada tahun 1950-an komputer-komputer tabung hampa udara telah usang.

Adanya generasi baru ditandai oleh kinerja pengolahan lebih besar, kapasitas memori lebih besar, dan ukuran lebih kecil dibanding dengan komputer generasi sebelumnya.

Komputer generasi kedua ini ditandai dengan adanya penggunaan unit aritmatik dan logika yang lebih rumit, unit kontrol, bahasa pemrograman tingkat tinggi, dan tersedianya perangkat lunak sistem dengan komputer.

Munculnya Digital Equipment Corporation pada tahun 1957 juga menanadai adanya computer generasi kedua.

IBM 7094  Memiliki ukuran memori utama dalam kelipatan 210 36-bit Waktu yang diperlukan untuk mengakses satu word Jumlah opcode meningkat cukup tinggi dari 24 menjadi Berbeda dengan computer IAS.,IBM 7094 sudah word, meningkat dari 2K menjadi 32K word, (1K=210).  memory, memory waktu siklus berkurang dari 30 us menjadi 1.4 us.  185.  menggunakan saluran data.  Saluran data adalah suatu modul I/O yang independent Adanya saluran data mengakibatkan CPU tidak dengan prosesor dan set instruksinya tersendiri.  mengeksekusi instruksi-instruksi I/O secara terperinci karena instruksiinstruksinya disimpan didalam memori utama untuk dieksekusi oleh prosesor dengan tujuan khusus di dalam saluran data itu sendiri.  CPU memulai transfer dengan mengirimkan sinyal kontrol ke saluran data. Saluran data melaksanakan tugasnya secara independent

6

dari CPU. Pengolahan seperti ini sangat membantu CPU dari pengolahan yang sangat berat.  bagi saluran Terdapat Multiplexer yang merupakan titik akhir sentral data, CPU, dan memori utama. Multiplexer ini

memungkinkan CPU dan saluran data bekerja secara independent.

Generasi Ketiga-Rangkaian Terpadu
o Rangkaian terpadu dari silikon ditemukan oleh Robert Noyce pada tahun 1958. o Rangkaian terpadu memungkinkan dimasukkannya lusinan lusinan transistor pada sebuah keping chip tunggal. Hal ini memungkinkan dibuatnya komputer yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih murah dibanding komputer-komputer terdahulu. Mikroelektronika • • Merupakan elektronika kecil. Sebuah komputer digital harus memiliki unsur dasar, yaitu harus bisa melakukan penyimpanan, pemindahan, pengolahan,, dan fungsifungsi kontrol. • • • Gerbang logika dan sel memori merupakan dua jenis komponen pokok yang diperlukan dalam komputer digital. Gerbang logika adalah suatu perangkat yang mengimplementasikan suatu Boolean atau fungsi logis yang sederhana. Sel memori adalah perngkat yang dapat menyimpan satu bit data, perangkat ini dapat berada pada salah satu dari dua keadaan stabil pada saat tertentu. • yaitu Penyimpanan data, oleh sel-sel memori Dua perangkat pokok dan interkoneksinya ini memungkinkan kita untuk membangun sebuah computer yang memiliki empat fungsi dasar

7

-

Pengolahan data, oleh gerbang-gerbang logika Pemindahan data, oleh lintasan memori-meori dan memoriKontrol, oleh lintasan antara komponen yang dapat 1) 2) jika sinyal control ON, maka gerbang logika dapat Jika control WRITE dalam keadaan ON, maka sel Rangkaian terpadu memanfaatkan fakta bahwa

gerbang logika-memori. membawa sinyal control. Contoh: melakukan fungsi input dan output data. memori dapat menyimpan bit-bit data. • komponen seperti transistor, resistor, dan konduktor dapat dibuat dari semikonduktor seperti silikon. • Konsep penting dalam rangkaian terpadu adalah sebuah lempeng tipis silikon dibagi menjadi matriks kecil yang masing-masing berukuran beberapa milimeter persegi. Setiap bagian ini terdiri dari banyak gerbang logika dan atau sel-sel memori ditambah sejumlah titik pemasangan input output.Keping ini kemudian dikemas dalam pembungkus yang melindunginya dan disediakan jarum-jarum untuk menyambung ke perangkat di bawah keping. • Perkembngan rangkaian terpadu ini mengikuti konsekuensi hukum Moore yang dikemukakan oleh Gordon Moore, salah seorang pendiri Intel pada tahun 1965. Konsekuensi tersebut diantaranya 1) Harga suatu keping tidak banyak berubah selam periode perkembangan yang pesat dalam kerapatannya. 2) Karena elemen-elemen logika dari memori ditempatkan berdekatan pada keping yang dikemas secara rapat, maka panjang lintasan elektrik menjadi lebih pendek, yang meningkatkan kecpatan operasi. 3) Komputer menjadi semakin kecil sehingga lebih mudah untuk ditempatkan di berbagai lingkungan kerja. 4) Terdapat pengurangan daya dan pendinginan yang diperlukan.

8

5) Interkoneksi pada rangkaian terpadu jauh lebih dapat dipercaya dibanding koneksi patri. Makin banyak rangkaian pada setiap keping maka interkoneksinya semakin sedikit. Mkin sedikit interkoneksi makin baik.

IBM system/360  direncanakan.  Merupakan kelompok komputer yang kompatibel yaitu suatu program yang dapat ditulis bagi sebuah model yang dapat dieksekusi oleh model lain seri yang sama, dengan hanya perbedaan dalam waktu yang diperlukan untuk mengeksekusinya.  berikut. o o o o o o Set instruksi yang sama atau identik. Sistem operasi yang sama atau identik Kecepatan yang meningkat. Jumlah port I/O yang terus meningkat Kapasitas memori yang lebih besar. Harga yang meningkat. Karakteristik kelompok komputer ini adalah sebagai Merupakan kelompok industri komputer pertama yang

 Kecepatan yang lebih besar pada kelompok komputer ini dapat diperoleh dengan penggunaan rangkaian yang lebih rumit di dalam ALU, yang memungkinkan suboperasi-suboperasi dapat dilakukan secara paralel. Cara lain untuk meningkatkan kecepatan adalah dengan meningkatkan lebarlintasan dari memori utama dan CPU.

9

DEC PDP-8  Merupakan minicomputer pertama.  PDP-8 berukuran cukup kecil sehingga bisa ditempatkan diatas meja laboratorium atau disimpan dalam peralatan lain.  Tidak bisa melakukan segala hal seperti yang dilakukan oleh mainframe, tetapi harganya cukup murah.  Harga yang cukup murah dan ukuran yang kecil ini memungkinkan pabrik lain ( Original Equipment Manufacture/OEM) mengintegrasikannya ke dalam suatu system total untuk dijual kembali.  Model-model terakhir PDP-8 menggunakan struktur bus, yang secara virtual universal dimiliki minicomputer dan mikrokomputer. Bus PDP-8 dikenal sebagi omnibus, yang terdiri dari 96 lintasan sinyal yang terpisah, yang digunakan untuk membawa sinyal-sinyal control, alamat, dan data.  Arsitektur seperti di atas sangat flexible sekali, sehingga memungkinkan modul-modul dapat ditancapkan ke dalam bus untuk menciptakan berbagai konfigurasi.

Generasi-generasi Terakhir
Memori Semikonduktor • Pada tahun 1950-an dan 1960-an memori komputer dibuat dari cincin kecil berbahan feromagnetik, dengan masing-masing cincin berdiam disekitar seperenambelas inci. Cincin-cincin ini diikat grid kawat halus yang tergantung pada layar kecil di komputer. Dengan dibuat bermagnet ke satu arah, sebuah cincin (core) mempresentasikan bilangan satu, dan yang kea rah lain mewakili bilangan nol. • Memori core magnetic ini cukup cepat. Memori ini memerlukan sepersejuta detik untuk membaca sebuah bit yang tersimpan di dalam memori.

10

• Memori ini sangat mahal, besar sekali ukurannya, dan menggunakan readout yang bersifat merusak. Oleh karena itu, diperlukan pemasangan rangkaian tertentu untuk menyimpan data begitu data tersebut dikeluarkan. • Pada tahun 1970, Fairchild memproduksi memori semikonduktor luas secara reltif yang sama. Keping ini ukurannya hamper sama dengan sebuah core, bisa menampung 256 bit memori, tetapi tidak bersifat destruktifdan lebih cepat dibandingkan dengan core. • Sejak tahun 1970, memori semikonduktor telah menghasilkan 11 generasi, dan masing-masing generasi telah memberikan empat kali kerapatan penyimpanan dari generasi sebelumnya, yang diikuti dengan penurunan harga per bit dan kecepatan waktu akses.

Mikroprosesor • Sebuah terobosan terjadi pada tahun 1971, ketika Intel berhasil mengembangkan 4004nya. • Keping 4004 merupakan keping pertama yang berisi semua komponen CPU pada sebuah keping tunggal (mikroprosesror). • Keping ini dapat menambahkan dua bilangan 4 bit dan hanya dapat mengalikan dengan cara pengulangn tambahan. • Setelah itu mikroprosesor mengalami evolusi perkembangan setelah diperkenalkannya Intel 8008 pada tahun 1972. Prosesor ini merupakan mikroprosesor dengan 4004. • Selanjutnya pada tahun1974 diperkenalkan Intel 8080 yang merupakan mikroprosesor kebutuhan umum pertama. 8080 juga merupakan mikroprosesor 8 bit yang dirancang untuk CPU computer mikro, tetapi lebih cepat, mempunyai set instruksi lebih kaya, dan mempunyai 8 bit pertama dan dua kali lebih rumit dibandingkan

11

kemampuan pengamatan yang lebih besar jika dibandingkan dengan mikroprosesor sebelumnya. • Mikroprosesor 8086 adalah mikroprosesor 16 bit yang berhasil diciptakan pada akhir 1970-an • Mikroprosesor 32 bit mulai dikembangkan pada tahun1981. • Intel memperkenalkan mikroprosesor 32 bitnya sendiri, 80386, pada tahun 1985. Kecepatan Mikroprosesor Instruksi per detik (Inggris: instructions per second (IPS)) adalah sebuah ukuran kecepatan prosesor komputer. Umumnya IPS yang dilaporkan merupakan angka maksimum instruksi per detik dimana dalam dunia nyata jumlah instruksi per detik berbeda dari satu aplikasi dengan aplikasi yang lain. Istilah "instruksi per detik" umumnya diasosiasikan dengan istilah lainnya seperti "ribuan instruksi per detik" (Inggris: thousand instructions per second disingkat kIPS), "jutaan instruksi per detik" (Inggris: million instructions per second disingkat MIPS) atau "jutaan operasi per detik" (Inggris: million operations per second disingkat MOPS). Pabrik-pabrik keping prosesor dari waktu ke waktu tidak pernah mengenal lelah dalam berusaha meningkatkan kecepatan mikroprosesor. Pada keepingkeping memori, penambahan jumlah transistor dapat meningkatkan kapasitas Dynamic Random Access Memory (DRAM). Pada mikroprosesor, penambahan rangkaian-rangkaian baru dan pertambahan kecepatan yang dipengaruhi oleh pengurangan jarak antara rangkaian, telah meningkatkan kinerja empat atau lima kali lipat setiap tahun sejak intel meluncurkan kelompok x86-nya pada tahun 1978. Namun kecepatan mikroprosesor tidak akan diperoleh kecepatan potensialnya kecuali jika kecepatan itu sendiri merupakan aliran kerja konstan yang harus dilaksanakan dalam bentuk instruksi-instruksi komputer. Selain itu, sementara para pembuat keping sedang sibuk mempelajari bagaimana cara

12

membuat keping yang makin besar kerapatannya, para perancang prosesor harus menemukan teknik-teknik lebih terperinci untuk membuat kecepatan yang lebih tinggi. Diantara teknik yang dibangun bagi prosesor jaman ini adalah sebagai berikut :  Prediksi Cabang : Prosesor yang dahulu di dalam pengambilan kode instruksi dari memori dan prediksi cabang, atau kelompok instruksi yang perlu diproses berikutnya. Contoh dari strategi ini yaitu melakukan prediksi tidak hanya cabang berikutnya saja tetapi juga berbagai cabang selanjutnya. Jadi, prediksi cabang meningkatkan jumlah kerja yang tersedia bagi prosesor untuk dieksekusi.  Analisa Alur Data : Prosesor melakukan analisis instruksi mana yang tidak tergantung pada hasil, atau data lainnya, untuk menciptakan jadwal instruksi yang optimal.  Instruksi secara spekulatif : Penggunaan prediksi cabang dan analisis aliran data, beberapa prosesor mengeksekusi instruksi secara spekulatif terlebih dahulu sebelum waktunya dalam eksekusi program, menyimpan hasilnya di lokasi sementara. Hal ini memungkinkan prosesor dapat menjaga mesin eksekusinya berada dalam keadaan sesibuk mungkin dengan meneksekusi instruksi-instruksi yang memiliki kemungkinan untuk diperlukan. Teknik-teknik ini memungkinkan meningkatkan kecepatan prosesor. Keseimbangan Kinerja Pada saat prosesor telah berhasil meningkatkan kecepatannya terlebih dahulu, komponen computer penting lainnya tidak dapat mengikutinya. Hasilnya diperlukan suatu kebutuhan untuk mencari keseimbangan kinerja. Keseimbangan Kinerja yaitu pengaturan organisasi dan arsitektur untuk mengkompensasi perbedaan kemampuan yang terdapat diantara berbagai komponen.

13

Masalah yang disebabkan perbedaan tersebut lebih kritis dibanding pada interface antara prosesor dan memori utama.

Perhatikan sejarah dari gambar di atas. Pada saat kecepatan prosesor dan kapasitas memori meningkat dengan cepat, kecepatan dimana data ditrasfer antar memori utama dan prosesor telah jauh ketinggalan dengan sangat buruk. Interface antar prosesor dan memori utama merupakan lintasan yang paling penting di dalam keseluruhan computer, karena interface itu bertanggung jawab untuk membawa aliran konstan instruksi-instruksi program dan data antara keeping memori dan prosesor. Jika memori atau jlan kecil gagal untuk bisa seiring dengan permintaan keras prosesor, maka prosesor berada dalam suatu masa tunggu, waktu pengolahan yang sangat berharga akan hilang. Efek dari trend ini adalah jumlah memori utama diperlukan meningkat, tetapi kerapatan DRAM meningkat lebih cepat. Umumnya, hasil akhirnya adalah jumlah DRAM per system menurun. Garis hitam tebal pada gambar menunjukan, untuk suatu memori berukuran tetap, jumlah DRAM yang diperlukan mengalami penutrunan. Tetapi hal ini berpengaruh atas kelajuan transfer, sebab dengan lebih sedikit DRAM, terdapat kemungkinan yang lebih kecil bagi transfer data secara parallel. Pita berbayang menunjukkan bahwa untuk jenis system tertentu, kapasitas memori utama meningkat secara perlahan-lahan sementara jumlah DRAM mengalami penurunan.

14

Beberapa cara untuk mencapai keseimbangan kerja: 1. Melebarkan DRAM dan menggunakan lintasan data bus yang lebih lebar 2. Mengubah Interface DRAM 3. Mengurangi frekuensi akses memori dengan menggunakan struktur cache yang lebih kompleks dan efisien antara processor dan memory utama. 4. Meningkatkan bandwith interkoneksi antara prosesor dengan memori dengan menggunakan bus kecepatan tinggi dan dengan penggunaan suatu tingkatan bus untuk menyangga dan membuat struktur aliran data. Bidang lain yang menjadi fokus rancangan adalah penanganan perangkatperangkat I/O. dengan semakin cepatnya dan lebih baiknya komputer, aplikasiaplikasi yang lebih canggih dan lebih cepat dikembangkan untuk mendukung penggunaan perifal dengan kebutuhan I/O yang intensif. Perangkat perifal membuat kebutuhan terhadap trougput data yang luar biasa sekali. Masih terdapat permasalahan dalam mendapatkan data yang berpindah antara prosesor dan perifal. Strategi disini meliputi :  Pola catching dan penyanggaan.  Penggunaan bus-bus interkoneksi yang lebih cepat dan struktur bus yang lebih rumit.

15

Kunci

dari

semua

ini

adalah

keseimbangan.

Upaya

untuk

menyeimbangkan troughput dan permintaan pengolahan komponen-komponen prosesor, memori utama, perangkat I/O, dan strukutur interkoneksi harus terus digalakan untuk mengatasi dua factor yang selalu muncul:  Tingkat kelajuan dimana kinerja berubah pada berbagai bidang teknologi sangat berbeda satu sama lain.  Aplikasi-aplikasi dan perangkat-perangkat peripheral baru selalu berubah sesuai dengan permintaan system dalam kaitannya dengan profil instruksi tertentu dan pola akses datanya. EVOLUSI PENTIUM dan POWER PC 1.PENTIUM intel dikategorikan sebagai pembuat mikroprosessor nomor satu di dekade ini. Terhadap pertumbuhan dan perkembangan mikroprosessor yang semakin cepat dan kompleks ini, intel pun berhasil mengikuti dengan baik. Hal ini terbukti dari pengembangan yang dilakukan intel secara bertahap satu demi satu setiap empat tahun sekali. Generasi Pentium merupakan hal terbaru dari intel. Adapun daftar evolusi produk tedahulu, sebagai berikut: a. 8080 Prosesor ini merupakan mesin 8-bit, dengan lintasan data 8-bit ke memori. b. 8086 Mikroprosesor yang jauh lebih andal, yaitu mesin 16-Bit. 8086 memiliki lintasan-lintasan dan register yang lebih besar, cache instruksi atau antrian yang akan melakukan pengambilan awal instuksi sebelum dieksekusi. c. 80286

16

Prosesor ini merupakan perluasan dari 8086 yang memungkinkan untuk melakukan pengamatan memori sampai 16-MByte tidak hanya 1 MByte. d. 80386 Merupakan mesin 32-bit intel yang pertama, yang menyaingi kompleksitas sebelumnya. e. 80436 \ Prosesor ini menawarkan suatu math corprosesor yang built-in, operasi math kompleks offloading dari CPU utama. f. Pentium Pentium memperkenalkan penggunaan teknik-teknik superskalar, yang memungkinkan berbagai instruksi dieksekusi secara panel. g. Pentium pro Pentium pro melanjutkan Pentium, dengan menggunakan prediksi register renaming cabang yang agresif, analisis aliran data, dan eksekusi spekulatif. dan daya minikomputer maupun mainframe

h. Pentium II Pentium II menyatakan teknologi intel MMX, yang dirancang secara rinci untuk memproses video,audio, data grafik secara efisien. i. Pentium III Pentium III menyertakan titik mengambang dan instruksi tambahan untuk mendukung perangkat lunak grafik 3D. j. Pentium 4 Pentium 4 meliputi titik mengambang tambahan dan peningkatan lain untuk multimedia. k. Itanium

17

Generasi ini menggunakan organisasi 64-bit deangan arsitektur 1A-64. 2. POWER PC Anggota utama dari kelompok Power PC adalah sbb: a. 601 Tujuan b. 603 603 ini ditujukan bagi low-end desktop dan computer portable. Merupakan mesin 32-bit, yang lebih baik kinerjanya dari 601 akan tetapi lebih murah. c. 604 604 ditujukan bagi low-end server. Juga merupakan mesin 32=bit tetapi menggunakan tekhnik rancangan superskalar lanjutan untuk mencapai kinerja yang lebih besar. d. 620 Ditujukan bagi server mutakhir anggota kelompok Pro PC yang pertama yang menerapkan arsitektur 64-bit penuh, mencakup register 64-bit dan lintasan data. e. 740/750 Prossor ini dikenal dengan nama prosesor G3. Prozesor ini juga mampu mengintegrasikan dua tingkatan cache dalam keping prosesor utama, menyediakan peningkatan kinerja penting atas mesin yang dapat diperbandingkan dengan organisasi cache offchip. f. G4 Prosesor ini meningkatkan kesamaan dan kecepatan internal dari keping prosesor. 601 adalah membawa arsitektur Power PC ke pasaran secepat mungkin. 601 merupakan mesin 32-bit.

18

DAFTAR PUSTAKA
Stalling, William. Organisasi & Arsitektur Komputer. 2004. Jakarta: INDEKS Kelompok GRAMEDIA. Tanembaum, Andrew S. Organisasi Komputer Terstruktur. 2001. Jakarta: Salemba Teknika.

19

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->