P. 1
KI - Bunga Sebagai Indikator Asam Basa_bab-2

KI - Bunga Sebagai Indikator Asam Basa_bab-2

|Views: 271|Likes:
Published by citra esperanza

More info:

Published by: citra esperanza on Dec 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2013

pdf

text

original

II.

Landasan Teori

1. landasan teori

1.1.

asam-basa

1.1.1. asam Asam adalah setiap senyawa yang menghasilkan ion hidrogen (H
+)

atau hidronium ion (H 3 O

+)

ketika dilarutkan dalam air. Ion
+

hidronium benar-benar kombinasi ion H H
+

dan H O
+.

2

O molekul, yaitu:

+H

2

O === H

3

Ion hidrogen yang tidak memiliki elektron ikatan untuk air melalui apa yang disebut ikatan kovalen koordinat di mana oksigen untuk menyumbangkan kedua elektron ikatan. Molekul masih pendek elektron sehingga muatan positif diperoleh. Reaksi ini ditampilkan di sebelah kiri gambar. Ion yang hidronium juga memiliki geometri trigonal piramida. Menurut Arrhenius asam ialah senyawa yang dalam larutannya dapat menghasilkan ion H+. Contoh:

Karya Ilmiah IA SBI

BAB II

Citra Esperanza Hudiyono_XI-

1) HCl(aq)

→ H+(aq) + Cl-(aq)

2) NaOH(aq) → Na+(aq) + OH-(aq) Menurut Bronsted-Lowry asam ialah proton donor. Contoh:

1) HAc(aq) + H2O(l) ↔ asam-1 basa-2

H3O+(aq) + Ac-(aq) asam-2 basa-1

HAc dengan Ac- merupakan pasangan asam-basa konjugasi. H3O+ dengan H2O merupakan pasangan asam-basa konjugasi. 2) H2O(l) + NH3(aq) ↔ asam-1 basa-2 NH4+(aq) + OH-(aq) asam-2 basa-1

H2O dengan OH- merupakan pasangan asam-basa konjugasi. NH4+ dengan NH3 merupakan pasangan asam-basa konjugasi. Pada contoh di atas terlihat bahwa air dapat bersifat sebagai asam (proton donor) dan sebagai basa (proton akseptor). Zat atau ion atau spesi seperti ini bersifat ampiprotik (amfoter).

1.1.2. basa
Menurut Arrhenius basa ialah senyawa yang dalam larutannya

dapat menghasilkan ion OH-.

Karya Ilmiah IA SBI

BAB II

Citra Esperanza Hudiyono_XI-

Menurut Bronsted-Lowry basa adalah proton akseptor.

1.1.3. Indicator Indicator adalah suatu zat penunjuk yang dapat membedakan larutan, asam atau basa, atau netral. Alearts dan Santika (1984) melampirkan beberapa indicator dan perubahannya pada trayek pH tertentu, kegunaan indicator ini adalah untuk mengetahui berapa kira-kira pH suatu larutan. Disamping itu juga digunakan untuk mengetahui titik akhir konsentrasi pada beberapa analisa kuantitatif senyawa organic dan senyawa anorganik

1.2.

pH

pH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Koefisien aktivitas ion hidrogen tidak dapat diukur secara eksperimental, sehingga nilainya didasarkan pada perhitungan teoritis. Skala pH bukanlah skala absolut. Ia bersifat relatif terhadap sekumpulan larutan standar yang pH-nya ditentukan berdasarkan persetujuan internasional.

Karya Ilmiah IA SBI

BAB II

Citra Esperanza Hudiyono_XI-

Indikator Tingkat Keasaman Suatu zat asam yang di masukkan ke dalam air akan mengakibatkan bertambahnya ion hidrogen (H+) dalam air dan berkurangnya ion hidroksida (OH- ). Sedangkan pada basa, akan terjadi sebaliknya. Zat basa yang dimasukkan ke dalam air akan mengakibatkan bertambahnya ion hidroksida (OH- ) dan berkurangnya ion hidrogen (H+). Jumlah ion H+ dan OH- di dalam air dapat di gunakan untuk menentukan derajat keasaman atau kebasaan suatu zat. Semakin asam suatu zat, semakin banyak ion H+ dan semakin sedikit jumlah ion OH- di dalam air. Sebaliknya semakin basa suatu zat, semakin sedikit jumlah ion H+ dan semakin banyak ion OH- di dalam air. Air murni bersifat netral, dengan pH-nya pada suhu 25°C mendekati 7,0. Larutan dengan pH lebih kecil dari 7 dikatakan bersifat asam, dan larutan dengan pH lebih besar daripada 7 dikatakan bersifat basa atau alkalin.

2. Hipotesis Dengan melakukan eksperimen, mengekstrak bunga-bunga: bunga melati, bunga bougenvil, bunga kacapiring, dan bunga kamboja didapatkan bahwa bunga-bunga tersebut dapat digunakan sebagai indicator asam-basa selain dengan menggunakan kertas lakmus.

Karya Ilmiah IA SBI

BAB II

Citra Esperanza Hudiyono_XI-

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->