P. 1
Inti Isi Sila-sila Pancasila

Inti Isi Sila-sila Pancasila

|Views: 6,307|Likes:
Published by rahmani

More info:

Published by: rahmani on Dec 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

INTI ISI SILA-SILA PANCASILA

KELOMPOK 6

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Nilainya meliputi keempat sila lainnya.Dalam sila ini terkandung nilai,bahwa negara yang didirikan adalah sebagai bentuk tujuan manusia selaku makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu,segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penyelenggaraan negara harus di jiwai nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.

Sila Kemanusian Yang Adil dan Beradab

Dalam sila kemanusiaan terkandung nilai-nilai bahwa negara harus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang beradab. Oleh karena itu,dalam kehidupan kenegaraan terutama dalam peraturan perundanganundangan negara harus mewujudkan tercapainya tujuan ketinggian harkat dan martabat manusia harus di jamin dalam peraturan perundang-undangan negara.

Persatuan Indonesia

Dalam sila persatuaan indonesia terkandung nilai bahwa negara adalah sebagai penjelmaan sifat kodrat manusia monodualis yaitu sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Negara adalah suatu persekutuan hidup bersama di antara hidup bersama di antara elemen-elemen yang membentuk negara.

Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Negara adalah dari, oleh dan untuk rakyat, oleh karena itu rakyat adalah merupakan asal mula kekuasaan negara. Sehingga dalam sila kerakyatan terkandung nilai demokrasi yang secara mutlak harus di laksanakan dalam hidup negara.

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Dalam sila kelima tersebut terkandung nilai keadilan yang harus terwujud dalam kehidupan bersama (kehidupan sosial).  Keadilan tersebut di dasari dan dijiwai oleh hakikat keadilan kemanusiaan yaitu keadilan dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri,manusia dengan manusia lain,manusia dengan masyarakat,bangsa dan negaranya serta hubungan manusia dengan TuhanNya. Nilai yang harus terwujud dlm hidup bersama adalah : keadilan distributif, keadilan legal, dan keadilan komutatif

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->