P. 1
Manfaat Ilmu Kimia Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Ilmu Kimia Bagi Kehidupan Manusia

|Views: 10,442|Likes:
Published by tony surahman

More info:

Published by: tony surahman on Dec 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/07/2013

pdf

text

original

MANFAAT ILMU KIMIA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA Apa manfaatnya mempelajari kimia?

Manfaatnya adalah pemahaman yang lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsun di dalamnya. Dari uraian di atas telah dijelaskan bahwa materi dapat berubah secara fisis atau kimia. Dengan belajar ilmu kimia, kita dapat mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna utnuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, dan kita dapat mengerti kebutuhan hidup manusia, dan kita dapat mengerti barbagai gejala alam yang kita jumpai dalam kehidupan kita setiap hari, misalnya : a. Pencernaan dan pembakaran zat zat makanan dalam tubuh. Makanan berasal dari tumbuh tumbuhan. Tumbuh tumbuhan berassimilasi dengan proses kimia. Tubuh kita membutuhkan karbohidart, protein, lemak, vitamin, yang keseluruhannya merupakan proses kimia sehingga dapat menghasilkan gas karbondioksida, air dan energi. b. Dalam kehidupan ini, kita membutuhkan sabun, pasta gigi, tekstil, kosmetik, plastik, obat-obatan, pupuk, pestisida, bahan bakar, cat, bumbu masak, alat-alat rumah tangga, bahkan berbagai jenis makanan olahan, yang semuanya merupakan hasil dari penerapan ilmu kimia. Hampir semua bahan keperluan kita, sedikit banyak, baik langsung atau tidak langsung mengalami sentuhan kimia. Coba Anda perhatikan gambar berikut.

Penyebab rokok
Zat kimia di dalam rokok dan tembakau dapat membahayakan perokok. Di dalam tembakau terdapat lebih dari 4000 zat kimia yang berbeda. Paling sedikit 43 yang diketahui sebagai carcinogens (penyebab kanker pada manusia). Rokok adalah salah satu dari produk yang dijual secara legal yang dapat membahayakan dan

bahkan membunuh kapan saja jika digunakan secara sengaja. Saat ini di Amerika ada peraturan yang mengharuskan perusahaan rokok bertanggung jawab terhadap kesehatan paru-paru perokok. Ada lebih dari 4000 kandugan zat – zat di dalam sebatang rokok selain dari tembakau. Zat aditif yang umum diantaranya adalah ragi, kafein, lilin tawon dan coklat. Berikut adalah beberapa zat – zat kandungannya: Ammonia: Pembersih toilet Angelica root extract: Penyebab kanker pada binatang Arsenic: Digunakan sebagai racun tikus Acetone: Pembersih cat kuku Benzene: Digunakan untuk pencelup warna, ban sintetis Butane: Gas; cairan untuk pemantik api Carbon monoxide: Gas buang pada kendaraan Cadmium: Digunakan pada bateri Cyanide: Racun mematikan DDT: Bahan pembunuh serangga yang terlarang Ethyl Furoate: Penyebab kerusakan liver pada binatang Lead: Sangat beracun pada dosis tinggi Formaldehiyde: Pengawet mayat Methoprene: Pembasmi seranggga Megastigmatrienone: Zat kimia yang ditemukan di anggur Maltitol: Pemanis untuk penderita diabetes Napthalene: Campuran pada kapur barus Methyl isocyanate: Kebocorannya menyebabkan kematian 2000 orang di Bhopal, India Polonium: elemen radioaktif yang menyebabkan kanker Tar : Zat yang masuk ke dalam paru – paru ketika seseorang menghisap rokok. Sekali dihisap, asap akan menetap dan sekitar 70% tar di dalam asap rokok akan tinggal di paru – paru perokok. Nicotine (insecticide/addictive drug) : Zat kimia yang menyebabkan ketagihan. Hydrogen Cyanide: Racun kamar gas source: Health Education Authority (UK) - Lifesaver Daftar zat adiktif yang ada di rokok Berikut daftar 599 zat adiktif yang harus Anda ketahui yang disahkan oleh Pemerintah Amerika untuk digunakan di pabrik rokok yang disampaikan oleh Lima perusahaan rokok Amerika terkemuka kepada Depertemen Kesehatan pada April 1994. Daftar ini dirahasiakan sejak lama. Perusahaan rokok melaporkan informasi berikut :

American Tobacco Company Brown and Williamson Liggett Group, Inc. Philip Morris Inc. R.J. Reynolds Tobacco Company Sementara bahan campuran tersebut disahkan sebagai bahan adiktif di makanan, bahan – bahan tidak dites dengan di bakar. Lebih dari 4000 komponen bakan kimia tercipta dengan membakar sebatang rokok, banyak darinya sangatlah beracun atau menyebabkan kanker. Sangatlah mengerikan karena tidak saja rokok dapat meracuni diri perokok, tapi juga orang lain yang menghirup asap rokoknya. Cermati dengan baik daftar berikut dan lihatlah untuk apa mereka semua : sistim deliveri untuk zat beracun dan carcinogens (penyebab kanker). Rokok hanya menawarkan orang bayak penyakit yang berhubungan dengan merokok dan akhirnya kematian.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->