P. 1
Rumah Yang Sehat Dan Nyaman Ala Holcim

Rumah Yang Sehat Dan Nyaman Ala Holcim

|Views: 736|Likes:
Published by singlecrew

More info:

Published by: singlecrew on Dec 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2011

pdf

text

original

Optimalisasi Ruang dan Efektivitas Perabot Dalam Menciptakan Hunian Nyaman dan Sehat

Kata siapa untuk menata rumah supaya kian terlihat apik, terasa nyaman dan menyehatkan perlu dana besar? Yang kita butuhkan adalah berpikir kritis guna mengoptimasi segala hal yang ada di sekitar rumah dalam mencari titik optimal dari penggunaannya, baik pemakaian ruang ataupun efektivitas perabotan yang dipakai. Kesalahan dalam menentukan posisi perabot sudah barang tentu menjadikan rumah terkesan “Kapal Pecah” yang bisa berimbas ketidakstabilan EQ (Emotional Quotient) bahkan cenderung menimbulkan Stress. Belum lagi bila kesalahan itu juga dibarengi dengan ketidaktahuan kita akan teknik Layout yang benar buat perabot-perabot kesayangan kita, rumah pun dijamin terasa sempit dan tidak nyaman. Kalau sudah begini, bagaimanapun modernnya gadget yang tersedia di rumah Anda, tidak bakalan mampu mengusir stress atau membawa kesejukan dan kenyamanan buat anda dan keluarga. Lantas apa saja yang bisa kita optimasi demi menciptakan tatanan rumah yang apik, bersih, nyaman, sehat, tenang, bersahaja dan segala kebaikan yang tiap keluarga damba-dambakan? Tidak itu saja, di akhir tulisan ini juga dibeberkan bagaimana mensiasati berbagai permasalahan rumah mulai dari Layout/Design, Estimasi rumah yang paling wajar, Teknik menciptakan rumah yang Asri, Nyaman, Aman, dan Hemat tanpa kita harus pusing-pusing memikirkannya! Mantap nggak tuh.. Setidaknya ada 15 poin penting lagi sederhana yang bisa dipakai, yakni : 1. Menerapkan sistem pendam untuk mengatur layout perabotan. Maksudnya, beberapa perabot yang dinilai memiliki ukuran besar dan memakan ruang dipendam di dalam dinding rumah. Sehingga, ia tetap bisa difungsikan tanpa harus mempersempit ruangan rumah yang mungkin saja memang sudah tak memadai lagi. Dengan sistem seperti ini pula, rumah anda kian terasa lapang dan tidak sesak, sehingga anda satu langkah berhasil menciptakan suasana rumah yang nyaman. Lesehan tidak selamanya buruk. Teknik lesehan bisa diterapkan di ruangan keluarga dan bisa juga ruangan tamu. Anda tak perlu mempersempitnya dengan mengisinya Kursi Ukir-ukiran mahal atau sofa empuk, cukup dengan menggelar Ambal yang empuk dan mudah dibersihkan plus Meja panjang sebagai penggantinya. Dijamin, selain mampu mendatangkan suasana kekeluargaan dan kesahajaan, anda juga tak kehilangan Style buat rumah Anda. Penggunaan AC (Pendingin ruangan), sangatlah tidak efektif bahkan bisa dibilang pemborosan. Kisaran harga belinya yang cukup tinggi serta dampak buruk darinya, sudah cukup meyakinkan anda bahwa penggunaan AC memang tidak perlu. Anda bisa menciptakan suasana sejuk di dalam rumah lewat pengoptimalan sistem ventilasi rumah, seperti menempatkan jendela di sudut kanan dan kiri ruang tamu atau ruang penting lainnya, tentunya dilengkapi pula dengan sistem ventilasi berupa celah bukaan di atas kedua jendela tersebut. Untuk menghasilkan sirkulasi udara yang optimal, Tanami pula bagian luar jendela atau di sisi rumah dengan berbagai jenis pohon atau tanaman yang berkemampuan menghasilkan sirkulasi udara yang sehat dan menyejukkan, seperti pohon pinang, kelapa atau pandan misalnya. Untuk menghidupkan suasana dalam rumah, anda pun bisa mewarnai dinding rumah Anda sesuai warna kesukaan anda dan keluarga. Tidak hanya warna putih yang mampu menciptakan suasana damai, warna-warna Ngejreng lainnya bisa juga anda pakai seperti :

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

Teknik One Stop Keeping bisa jadi akan sangat berguna bila dipakai. Teknik ini tidak lain berarti menyediakan tempat khusus sebagai penyimpanan barang-barang penting dan dipakai berulang-ulang seperti Kunci rumah, kunci dapur, kunci Garasi, Kacamata dan barang-barang yang anda anggap tidak semestinya lupa meletakkkannya. Teknik ini akan sangat berguna sekali buat anda yang sering mengalami masalah “Kelupaan”. Terbayangkan kalo seandainya anda menerapkan teknik ini di rumah Anda, barang-barang akan tertata rapi dan aman serta mudah ditemukan! Nah, cara yang satu ini diperkirakan butuh kreatifitas dan sedikit dana lebih bagi Anda. Meski terbilang baru (maklum hasil dari perenungan dan Mind Hacking), saya rasa ide ini bisa diterapkan yakni bagaimana menciptakan suatu sistem pencahayaan yang hemat secara berkesinambungan tanpa harus menerapkan sistem rumit segala. Cukup mengganti beberapa deret atap rumah dengan bahan elastis dan tembus pandang seperti bahan fiber atau bahan-bahan lainnya. Terpenting, bahan atap tersebut punya sifat tidak menghalangi masuknya sinar matahari. Karena bagaimanapun juga, pencahayaan alami di kala siang hari di rumah punya kesan dan manfaat tak ternilai, kecuali bila Anda Drakula yang tak peroleh manfaat darinya…hiiks. Bila hasilnya ternyata menjadikan rumah Anda berhawa panas (biasanya terjadi di waktu sore), serongkan bagian barat elemen fiber yang kita pakai 45 derajat, dijamin panas yang dibawa oleh cahaya matahari tidak bakalan masuk ke ruangan rumah anda atau setidaknya tidak terlalu menyengat. Amati lingkungan Anda. Bila ternyata sudah hijau, yang anda lakukan mungkin hanya melestarikan dan menambah variannya. Namun, bila ternyata kering kelontang padahal potensi tingkat kesuburan tanah memadai, jangan ragu menjadi prakarsa penghijauan lingkungan, dimulai dari lingkungan rumah anda sendiri. Status kritis yang kini menghinggapi nasib bumi memerlukan upaya-upaya pencegahan yang kongkret. Upaya termudah, ya menjadikan lingkungan luar dan dalam rumah Anda sebagai habitat beragam tanaman hias maupun obat. Jangan ragu untuk menjadikan rumah Anda sebagai kandidat saingan taman gantung Babilonia yang hijau nan sejuk! Titik penting lain yang tak kalah sering menimbulkan masalah ialah kondisi saluran air dan penampungan air/selokan. Banyak rumah yang rawan penyakit lantaran kurang memperhatikan kebersihan selokan ini. Alasannya, sangat krusial seperti “Kan udah ada Petugas Kebersihan, ngapain susah-susah harus turun tangan langsung sich, mereka kan dibayar memang buat ngebersihin hal-hal ginian?” atau ada juga yang beralasan “waduh, ngebersihin selokan? Ngangkatin kotoran-kotoran yang menjijikkan? Ngebersihin lumut-lumut berlendir dan mengundang mual-mual dan pusing? Kayaknya gak lah deh!!!!!” meski tak sepenuhnya benar, namun inilah alasan-alasan yang sering saya dengar. Maka solusinya, manfaatkan pecahan keramik yang anda kira tak berguna!! Gunakan pecahan keramik ini sebagai pinggiran atau dasar selokan, dengan begitu sampah bisa dengan mudah dibersihkan. Kalaupun nantinya masih berlumut, dengan menggunakan lap serta cairan kimia pembasmi lumut semuanya pun terselesaikan. Tak ada lagi kesan jijik pada selokan, bahkan kini selokan terlihat rapi dan bersih! Solusi sederhana namun bermanfaat dasyatt! Berbicara tentang selokan berarti juga berbicara tentang Sampah. Nah, cara terbaik yang bisa dilakukan ialah menyediakan tong sampah yang mampu melakukan

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

proses pembakaran langsung di tempat buat tipe sampah kering dan pemisahan secara langsung air pada tipe sampah basah. Mekanisme sistem kerja tong sampah yang dimaksud diulas lebih mendalam pada akhir tulisan. Yuk disimak juga…… Jarak rumah dengan pagar atau jalan juga perlu dipertimbangkan. Bila seandainya terlalu dekat, rumahnya jangan digeser (Hiik..hiksss…), tapi buat batasan yang tersusun dari jenis tanaman penyaring debu sehingga debu jalanan yang terbawa angin terfilter oleh tanaman ini. Anda dan keluarga pun tak perlu lagi cemas tentang kadar kebersihan cuaca yang anda hirup. Membangun penampungan sekaligus penyaluran air hujan. Tampungan air hujan ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk menyirami tanaman, cuci kendaraan dan lain sebagainya. Dengan begitu, persediaan air bersih untuk cuci, mandi, minum, yang berasal dari PDAM tidak berkurang. Gunakan kusen dengan bahan yang bersifat tahan lama bahkan jika perlu untuk jendela dan pintu juga. Karena biasanya, karena seringnya bersentuhan dengan cairan basah menjadikan bagian yang tak kalah penting dari sebuah rumah ini menjadi cepat rapuh dan rusak. Ingat, elemen kayu amat rentan akan serangan rayap dan jenis kerusakan lainnya!!! Kurangi beban atap rumah anda dengan penggunaan genting yang ringan dan bersusun. Dengan begitu, anda pun dapat mengurangi penggunaan elemen kayu untuk penyangga rumah. Dampaknya, rumah menjadi bertambah nyaman, anda pun bisa lebih berhemat. Bila anda termasuk golongan keluarga Tech Society, yang bisa dilihat dari keterkaitan anda dan keluarga dengan ICT, atas dasar efisiensi-jangan sungkan-sungkan membangun jaringan local sendiri dirumah Anda, atau seandainya anda bisa, membangun server sendiri serta signal Hotspot di dalam rumah juga bakal membuat suasana rumah anda menjadi lebih ekslusif. Anda bisa memanfaatkan jasa IT Corporate untuk keperluan ini atau ANDA SENDIRI!! Sediakan ruangan khusus sebagai mediasi perenungan diri tuk raih ketenangan jiwa. Tak cukup dengan kenyamanan dan kebersihan yang kini ada, anda pun bisa menciptakan kedamaian terutama ketenangan jiwa dengan menyediakan satu ruang khusus dimana anda dan anggota keluarga anda bisa melakukan perenungan diri dan mencari kedamaian hati. Cara seperti ini sangat efektif mengusir rasa stress dan frustasi dari berbagai probelema hidup yang muncul. Disamping itu, dengan menjadikan perenungan diri secara rutin, kemampuan EQ pun kian terasah. Menyediakan sebuah ruangan khusus di dalam rumah, tentunya tidaklah sulit asalkan saja anda mau! Konsultasikan permasalahan seputar harapan anda terhadap rumah anda dengan para pakar yang mengerti dan mau membantu anda. Jangan kaku, anda tidak cuma bisa bertanya mengenai layout terbaik buat rumah anda, bagi anda yang kebetulan memang berencana ingin memperluas atau meningkatkan lantai rumah Anda, mereka juga bisa membantu anda memberikan informasi berupa estimasi anggaran dana yang diperlukan seakurat mungkin.

Demikianlah gambaran singkat tentang rumah impian yang mengangkat konsep sederhana, NYAMAN dan SEHAT. Tanpa perlu menghambur-hamburkan uang dalam jumlah yang besar, tak perlu melakukan renovasi besar-besaran pada tampilan rumah, cukup lakukan hal-hal sederhana di atas, maka lihatlah hasilnya! Ada satu hal yang mau saya perjelas, langkah-langkah penciptaan rumah yang sehat dan nyaman di atas mungkin paling tepat ditujukan buat mereka yang sudah punya rumah. Buat anda yang hingga kini masih dipusingkan oleh belum punya rumah (biasanya pengantin baru, nich! Sehingga terpaksa harus masih tinggal dengan orang tua/mertua), malah informasi yang tertulis dalam artikel ini akan membantu anda. Bagaimana bisa? Pasti bisa, karena memang sekarang telah tersedia layanan Solusi Rumah yang tak lain sebuah rencana besar HOLCIM untuk mendedikasikan seluruh perhatian bisnisnya demi membantu jutaan rakyat Indonesia untuk mewujudkan impiannya memiliki rumah sendiri. Melalui Gerai SolusiRumah ini anda bisa mendapatkan segala informasi yang

anda perlukan untuk memperoleh rumah. Jangan takut mengenai biaya, karena layanan ini sengaja di Gratiskan alias Rp 0. Layanan ini terbuka untuk Umum, tidak peduli apakah seorang yang berprofesi sebagai Wiraswasta, Peternak, Petani, Nelayan. Asalkan segala persyaratan terpenuhi, anda dapat dengan mudah menikmati layanan ini. Mengenai pembiayaan, tak perlu khawatir, Solusi Rumah telah melengkapi layanannya dengan solusi pembayaran secara cicil, lengkap dengan perkiraan jumlah yang harus dibayar per bulannya serta berbagai kemudahan-kemudahan yang dikemas dalam layanan-layanan “Unik” lainnya. Beragai kelebihan yang ditawarkan oleh Solusi Rumah besutan Holcim inilah yang semakin menguatkan saya merekomendasikan anda untuk menjajal sendiri keuntungan demi keuntugan dari adanya layanan ini. Komitmen SOLUSI RUMAH dalam membangun rumah yang sehat, nyaman dan kokok terlihat pula diproduksinya BataTon (pasti awalnya Anda kira Batako, kan? Tidak, bahan bangunan yang diproduksi secara pra rancang ini memang dinamakan BataTon karena di klaim memiliki kemampuan setara Beton. Artinya, punya kemampuan dan daya tahan yang lebih dibandingkan batako atau bata biasa sekalipun.) Rumah yang dibangun melalui Solusi Rumah juga nantinya dipergunakan pintu dan kusen yang juga dari beton, sehingga tak ada lagi yang namanya gonta-ganti pintu lantaran kalah kuat dengan gigitan rayap! Sadari atau tidak, kini bukan zamannya lagi si pengantin baru masih juga numpang hidup di rumah orangtua/mertua, bukan zamannya lagi pusing akibat sempitnya rumah sedangkan anggota keluarga yang hidup di dalamnya berjubel, bukan zamannya lagi menunda kelahiran sang buah hati lantaran tempat tinggal tidak memadai, bukan zamannya lagi terhambat kelancaran bisnis lantaran kurang pengetahuan mengenai biaya pembangunan toko yang layak dengan biaya yang wajar untuk perluasan usaha, karena sekarang anda hidup dimana sezaman dengan geliat pertumbuhan layanan yang serba instan termasuk membangun rumah. Semuanya bertambah mudah dengan di launchingnya Solusi Rumah, yang benar-benar mampu mencarikan dan memberikan pemecahan masalah atas beragam problema rakyat Indonesia untuk memiliki rumah. Dimana faktor kebersihan, kecepatan, akurasi, keunikan penyelesaian, kemiringan harga, dan kenyamanan rumah menjadi poin plus dan paling dituntut. Bagaimana, masih penasaran juga tentang Solusi Rumah atau ingin lebih banyak lagi memperoleh informasi seputar rumah, entah seputar cara pembangunan, layout/design yang terbaik, estimasi biaya pembangunan, bahan bangunan yang paling baik dan tahan lama?, maka silahkan saja bergabung dalam facebook community khusus Holcim atau juga bertandang langsung ke homepage Solusi Rumah di laman http://www.membangunbersama.com.

MEKANISME TONG SAMPAH KERING DAN BASAH EFEKTIF
Tempat Sampah Kering

Keterangan : Karena sifatnya yang mudah dibakar, maka tidak seharusnya sampah ditampung lalu dibakar secara terpisah. Dengan sedikit bekerja keras kita sebenarnya dapat dengan mudah menampung dan kemudian membakar sampah secara langsung. Cara ini tentu jauh lebih meringankan kita dalam mengalokasikan sampah. Caranya : 1. Sediakan tong bekas, buat pintu di badan tengan tong. Pintu ini dipakai untuk memasukkan sampah. 2. Buat Kotak sampah dari bahan yang kuat. Untuk daya tahan yang maksimal, pakai Batu Ton yang bisa didapat dari Solusi Rumah. 3. Sediakan pula besi tabung dimana nanti fungsinya untuk mengarahkan asap agar mengepul di satu arah. 4. Biarkan dasar tong berlubang, lalu dieratkan di kotak BatuTon yang telah dibuat. Oh ya, di bagian depan kotak sampah batuton juga dibuatkan pintu tempat memasukkan, merapikan dan memancikkan api ke sampahsampah kering. 5. Buat lubang kecil seukuran diameter besi tabung dimana nantinya besi tabung tersambung langsung ke bagian atas dan tengah tong sampah. 6. Uji kelayakan tong sampah dengan membakar Koran, bilamana asap berhasil mengepul bebas dari besi tabung, artinya Kita Berhasil!!!!!

Tempat Sampah Basah

Keterangan : Cara memperlakukan sampah basah berbeda dengan yang kering. Pasalnya, sifat sampah basah yang seringkali mengandung banyak air, sehingga tidak mudah terbakar. “Jangankan membakar, memastikan bahwa api nyala saja susah!!!!”..hehe. Nah, solusinya mudah. Cukup bermodal tong bekas dan beberapa elemen pendukung lainnya. Mekanisme pembuatannya begini : 1. Siapkan tong bekas yang masih layak. Maksudnya, utuh tanpa ada jebolannya. 2. Tambahkan engsel di bagian atas Tong. Sehingga, nantinya proses tutup-buka tong saat pembuangan sampah lebih mudah. 3. Karena tong terdiri dari tiga lingkaran pada badannya. Maka di tulisan ini saya mengibaratkan bahwa lingakaran pertama yakni dari bawah disebut L1, dan selanjutnya. 4. Dibagian permukaan L1, tambahkan sebuah penyaringan dengan besar lubang seperlunya. Fungsinya, untuk menyaring sampah dan membuang cairan dari sampah itu sendiri. 5. Pada sisi-sisi L2 dan L3 tong, lapisi dinding tong bekas dengan elemen aluminium. Gunanya, tentu saja untuk menjaga kebersihan di dalam tong sehingga mudah dibersihkan. 6. Biarkan atau ubah permukaan tong jadi berlubang. Lalu tong bekasnya di pendam ke tanah. Hasilnya, air hasil penyaringan sampah secara otomatis teralir ke tanah. Maka secara tidak langsung, kita telah menjadikan tanah disekitar kotak sampah kian subur.

Footnote : Bila anda ternyata malah jadi bingung dengan pengimplementasian gagasan tentang bentuk Kotak Sampah terbaik dan bermanfaat buat di rumah-rumah anda, silahkan komentari. Segala bentuk komentar akan saya jadikan rujukan dalam menyempurnakan ide saya ini. Demikianlah, sebagai penutupnya saya ucapkan Lanjut Gaaannnn!!! Buat Holcim yang punya rencana besar dengan menerapkan ide BESAR Solusi Rumah! Semoga, ke depannya Solusi Rumah menjadi bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia dalam hal pemenuhan harapan seluruh orang untuk memiliki rumah dengan cara yang sangat mudah dan aman.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->