P. 1
Asal usul majusi

Asal usul majusi

|Views: 2,863|Likes:
Published by ninikiki

More info:

Published by: ninikiki on Dec 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

Asal usul Agama

Jika ditinjau dari segi asalnya, maka semua agama di Bumi ini di bagi 2, yaitu : 1. Agama Samawi (Tauhid) Yaitu agama yang turun dari Hadirat Yang Maha Tinggi, yaitu agama yang berasal dari wahyu Allah SWT yang menjadikan alam semesta dan diwahyukan kepada Rasul-Rasul-Nya untuk disampaikan kepada umat mereka masing-masing. Agama samawi adalah Agama Yahudi yang dibawa oleh Nabi Musa, Agama Nasrani yang dibawa oleh Nabi Isa AS, dan Agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. 2. Agama Thabi’y (A’rdhi) Yaitu agama yang timbul dari angan-angan khayal manusia belaka, bukan berasal dari wahyu Ilahi. Agama A’rdhi adalah Agama Majusi, agama shabiah.

Yang perlu kamu ketahui

Agama Majusi Agama Majusi lahir di Persia pada zaman dahulu kala yang dianut oleh bangsa Persia yang pada umumnya adalah bangsa Arya Persia. Agama Majusi mengajarkan kepercayaan adanya 2 Tuhan yang maha kuasa, yaitu Tuhan Terang/Cahaya (Ahuramazda), yaitu Tuhan kebaikan dan Tuhan Gelap (Ahriman), yaitu Tuhan Kejahatan. Agama Shabiah Berasal dari kata Shaba’a atau Shaba artinya membelok atau melepaskan diri dari ikatan. Orang yang menganut Shabiah dinamai Shabiin. Aliran Shabiah mengajarkan kepercayaan kepada Roh-Roh (Rohaniah), yaitu : 1. Ruh, yaitu suatu golongan makhluk Tuhan yang tertinggi, yang juga maha suci zat dan sifatnya. Mereka tak nampak, tak bisa diraba, tak terikat oleh pengaruh ruang dan waktu. 2. Rauh, yaitu kesentosaan, keadilan, kebahagiaan, rahmat dan nikmat. Rauh adalah sifat daripada Roh.

Agama Yahudi Yahudi sebenarnya adalah nama suatu bangsa yang disebut bangsa ISRAIL atau IBRANI (Hebrew).

Asal Usul Agama Yahudi a. Ibrani Dalam bangsa Ibrani, Allah mengutus seorang Rasul yaitu IBRAHIM untuk menuntun mereka kembali kepada Allah. Setelah mengangkat nabi Ibrahim, putera Beliau Ishak melanjutkan tugas memimpin kaumnya. Dan setelah Ishak wafat, Ya’kub putra ishak meneruskan tugas memimpin bangsa Ibrani. b. Bani Israil Nabi Ya’kub mula-mula menetap di negeri Kan’an (Palestina). Beliau mempunyai nama kehormatan dengan sebutan Bani Israil yang artinya “Hamba Allah yang Amat Taat”. Beliau mempunyai 12 orang putera, diantaranya : Rubin, simeon, Lewi, Yahuda, Zebulon, Isakhar, Dan, Gad, Asyer, Naftali, Yusuf, dan benyamin. Anak cucu Ya’kub itulah kemudian dikenal dengan Bani Israil. c. Yahudi Diantara putra Ya’kub, yang paling banyak keturunannya adalah Yahuda. Selain banyak keturunan, Yahuda juga terkemuka dalam berbagai hal. Karena banyaknya keturunan dan besar golongannya, maka mereka membentuk bangsa lain dalam bangsa Israil, yang disebut dengan “Bangsa Yahudi”.

February 13, 2008 - Posted by lovewatergirl | History | | 3 Comments

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->