P. 1
MAKALAH PENCERNAAN ( TIK)

MAKALAH PENCERNAAN ( TIK)

|Views: 9,772|Likes:
Published by iwantaroya

More info:

Published by: iwantaroya on Dec 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2013

pdf

text

original

Tugas Teknologi Informatika

SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA
DISUSUN OLEH : DEWI MUTIA MAIDANI DEWI DARLINA NEVRI ISNALIZA TESA YUNIA NANDA ITA MARDIANA NORA FAULINA MUBASIRAN EVA SASMITA ANDINI (0806103010003) (0806103010007) (0806103010039) (0806103010035) (0806103010071) (0806103010015) (0806103010065) (0806103010008)

Dosen Pembimbing :

Wiwid Andika

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM - BANDA ACEH 2009

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan sebuah makalah yang berjudul “ SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA“. Shalawat beriring salam kami sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat beliau sekalian serta orang-orang mukmin yang tetap istiqamah dijalan-Nya. Adapun makalah ini ditulis untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah ” TEKHNOLOGI INFORMATIKA” pada Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Dalam penulisan makalah sampai selesai, penulis banyak mendapat bimbingan dan arahan dari banyak pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak – pihak yang membantu. Kami menyadari dalam penyusunan masih banyak kekurangan, maka dari itu kami sangat mengharapkan sumbangan pikiran serta masukan dari berbagai pihak untuk penyempurnaan di masa yang akan datang.

Banda Aceh, 02 Januari 2010

Penyusun

DAFTAR ISI

HALAMAN

KATA PENGANTAR.................................................................... DAFTAR ISI.................................................................................. BAB I PENDAHULUAN............................................................. BAB II. ISI..................................................................................... BAB III PENUTUP........................................................................ DAFTAR PUSTAKA....................................................................

i ii 1 2 19 20

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Teknologi Informatika adalah hal yang penting yang harus dipelajari oleh setiap mahasiswa atau mahasiswi Biologi. Salah satunya adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu perangkat yang diperlukan dalam penyelesaian suatu bidang studi. Didalam Teknologi Informatika ini kita mempelajari tentang Microsoft Word, Excell, Power Point dan cara mengaplikasikannya didalam kehidupan untuk menjalani suatu pengetahuan yang diperlukan untuk berbagai bidang studi. Pada makalah ini akan dibahas masalah system pencernaan pada manusia yang meliputi bahan makanan yang akan dikonsumsi dan alat pencernaan yang akan mencerna bahan makanan yang dikonsumsi tersebut. B. Batasan Masalah Adapun batasan masalah dalam makalah ini adalah : a) Pengertian Sistem Pencernaan b) Bahan makanan yang diperlukan oleh tubuh. c) Organ Pencernaan d) Fungsi Organ-organ Pencernaan

C.

Tujuan Makalah Adapun tujuan pembuatan makalah ini untuk : 1. 2. 3. 4. Sebagai salah satu tugas dalam mengikuti mata kuliah Teknologi Informatika. Untuk mengenal bermacam-macam Perangakat soft ware. Agar dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan khususnya dalam pendidikan. Untuk mendapatkan pengetahuan dari Aplikasi yang kita pelajari.

D.

Metode yang digunakan Metode yang digunakan yaitu metode Presentasi yang mana bahan makalahnya bersumber dari literatur yang mempelajari Ilmu Teknologi dan Internet yang akan disampaikan oleh narasumber kelompok.

BAB II

PEMBAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
 Merupakan proses perubahan atau pemecahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzyme dan organ-ogran pencernaan.  Zat makanan yang dicerna akan diserap dalam bentuk yang lebih sederhana.  Proses pencernaan makanan yang terjadi dalam tubuh dibantu dengan enzyme untuk mempercepat proses. Enzyme ini dihasilkan oleh organ–organ pencernaan dan jenisnya tergantung dari bahan makanan yang akan dicerna oleh tubuh.  Proses pencernaan makanan berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi :

1. Pencernaan fisik yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan alat atau organ pencernaan. 2. Pencernaan kimiawi yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan zat kimia berupa enzim. 3. Pencernaan biologis yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul komplaeks menjadi molekul sederhana dengan bantuan mikrorganisme dalam tubuh.

 Sistem pencernaan manusia dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu :

1. Tractus digestivus/saluran pencernaan yang terdiri dari alat/organ-organ pencernaan. 2. Glandula digestivus/kelenjar pencernaan yang terdiri dari enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kelenjar/organ pencernaan.

BAHAN MAKANAN

 Makanan adalah bahan-bahan yang dapat dimakan dan diperlukan oleh tubuh agar makhluk hidupa dapat bertahan hidup. Bahan makanan yang dikonsumsi terdiri dari zat-zat makanan  Zat makanan berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi 2 yaitu :

1. Makronutrien yaitu zat makanan yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak/besar, seperti Karbohidrat, Protein, Lemak/Lipid dan Air. 2. Mikronutrien yaitu zat makanan yang diperluklan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit/kecil, seperti Vitamin dan Mineral.

 Fungsi zat makanan bagi tubuh manusia :

1. Menghasilkan energi yang diperlukan untuk aktivitas tubuh. 2. Pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru. 3. Pemeliharan sel/jaringan dan penggantian sel-sel yang telah rusak. 4. Pengaturan proses metabolisme dalam tubuh 5. Pelindung tubuh dari berbagai macam penyakit. ZAT MAKANAN 1. KARBOHIDRAT

 

Tersusun dari Carbon (C), Hidrohen (H) dan Oksigen (O). Berdasarkan susunan molekulnya dibedakan menjadi :

Hal Gugus gula

Monosakarida Satu gugus

Disakarida Dua gugus

Polisakarida Lebih gugus dari 19

Contoh

Glukosa,

fruktosa, Sukrosa, maltosa

laktosa, Amilum (tepung/pati), selulosa, glikogen

galaktosa, manosa

Berfungsi sebagai :

a. Penghasil energy. Setiap 1 gram karbohidrat mengandung sebesar 4,1 kalori. b. Menjaga keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh. c. Bahanpembentuk senyawa organik lain, seperti Protein dan Lipid/Lemak. d. Berperan penting dalam metabolisme tubuh.

 Diserap dengan mudah oleh tubuh dalam bentuk yang paling sederhana yaitu glukosa (C6H10O6). Kadar glukosa normal dalam tubuh berkisar 70 – 100 mg/100 ml darah. Bila kadar glukosa dibawah normal disebut hipoglikemia dan bila diatas batas normal disebut hiperglikemia.  Kelebihan glukosa akan disimpan dalam hepar/hati dalam bentuk glikogen.

2. PROTEIN

 Tersusun dari unsur-unsur C, H, O dan Nitogen (N). Beberapa protein juga mengandung Phosphor (P), dan Sulfur/belerang (S).  Penyusun paling sederhana adalah asam amino yang akan mudah diserap oleh tubuh.

Fungsi protein yaitu :

a. Penghasil energi b. Perbaikan dan pemelihraan sel yang rusak dan pembangun sel. c. Pengatur, penjaga keseimbangan asam-basa dan cairan dalam jaringan dan pembuluh darah. d. Pengatur dan melaksanakan metabolisme tubuh. e. Membantu tubuh dalam menghancurkan atau menetralkan zat asing yang masuk dalam tubuh. f. Penghasil substansi penting seperti hemoglobin, enzim,antibody dan hormone.

3. LIPID/LEMAK

Tersusun dari unsure C, H, O. Perbedaan dengan karbohidrat adalah kandungan Oksigennya lebih sedikit dan jumlah Hidrogennya lebih banyak.

Lipid disimpan di bawah kulit dan setiap 1 gram mengandung 9,3 kalori. Merupakan sumber energy yang terbesar bagi tubuh.

Diserap oleh tubuh dalam bentuk asam lemak dan gliserol. Dapat disimpan oleh tubuh bila kelebihan lemak, dibagian bawah kulit.

Fungsi lemak yaitu :

a. Sumber energy terbesar. b. Pelarut vitamin A, D, E dan K. c. Pelindung organ dalam tubuh. d. Pelindung tubuh dari suhu rendah. e. Cadangan makanan yang disimpan di bagian bawah kulit. f. 4. AIR Komponen bagian sel tertentu seperti membrane sel.

   

Merupakan komponen terbesar penyusun tubuh manusia, sekitar 60-70% dari berat badan. Setiap hari tubuh membutuhkan sekitar 4 liter air atau 16 gelas ukuran sedang (250 ml). Sumber air didapatkan dari minuman, makanan, sayuran dan buah. Fungsi air yaitu :

a. Pelarut zat makanan dalam tubuh. b. Pelarut zat-zat sisa metabolisme. c. Pengangkut hasil metabolisme ke seluruh tubuh. d. Mempertahankan suhu tubuh.

Pengeluaran air dari tubuh dalam bentuk keringat dan urine. Tetapi bila pengeluaran

cairan terlalu berlebihan akan mengakibatkan dehidrasi yaitu keadaan kekurangan cairan dengan tanda rasa haus yang sangat. 5. VITAMIN

Merupakan senyawa organic yang berasal dari makanan dan sangat dibutuhkan oleh

pertumbuhan, walaupun dalam jumlah sedikit.  Fungsi vitamin yaitu :

a. Mengaktifkan biokatalisator (enzim). b. Pelindung dan pengatur kerja alat-alat tubuh. c. Mempertahankan fungsi jaringan supaya normal. d. Pertumbuhan dan pembentukan sel. e. Membantu metabolisme tubuh.

6. MINERAL

 Merupakan zat kimia yang terdapat di dalam bahan makanan dan diperlukan oleh tubuh.  Fungsi mineral yaitu pengatur dan pembangun metabolisme tubuh.  Berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi :

7. SERAT MAKANAN

Fungsi serat makanan yaitu merangsang aktivitas saluran pencernaan sehingga memperlancar proses pembuangan sisa-sisa pencernaan.

Serat makanan banyak menyerap air sehingga membuat makanan menjadi lebih lunak dan mudah dicerna.

Serat makanan banyak dijumpai di sayur-sayuran seperti buncis, ercis, bayam, kangkung dan sawi. Serta buah-buahan seperti apel, papaya, jeruk, pisang, semangka. Juga terdapat di dalam kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang merah.

ORGAN PENCERNAAN MANUSIA 1. Mulut/cavum oris

 

Terjadi pencernaan secara mekanik, kimiawi. Terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah.

a. Gigi /dens •

Merupakan alat pencernaan yang bertugas secara mekanik.

Terdapat 4 jenis gigi yaitu gigi taring (dens caninus) berfungsi untuk merobek/mencabik makanan. Gigi seri (dens inscisivus) berfungsi untuk memotong makanan. Gigi geraham depan (dens premolare) dan geraham belakang (dens molare) yang keduanya berfungsi untuk menghaluskan makanan.

b. Lidah/lingua • •

Merupakan organ yang terletak di dasar mulut yang kaya akan otot. Permukaannya kaya akan papilla/tonjolan lidah yang sangat banyak mengandung kuncup pengecap.

Berfungsi untuk :

 Pengaduk makanan.  Membantu proses penelanan makanan.  Sebagai alat/organ pengecap.  Membantu membersihkan rongga mulut.  Membantu untuk berbicara/bercakap-cakap.

Terbagi menjadi beberapa daerah rasa antara lain asin, manis, asam dan pahit.

c. Kelenjar ludah/glandula salivales •

Menghasilkan air liur/air ludah/salivayang bersifat pekat dan licin. Saliva ini banyak mengandung lendir atau musin dan enzim ptyalin/amylase. Enzim ptialin memiliki pH sekitar 6,8 – 7,0 dengan suhu 37o C.

Fungsi air liur/saliva :

 Mempermudah proses penelanan dan pencernaan makanan.

 Melindungi selaput mulut.  Mencerna makanan secara kimiawi.

2. Farink

Merupakan organ penghubung antara rongga mulut dengan kerongkongan/oesophagus. Serta merupakan pertemuan antara tractus digestivus dengan saluran respirasi.

 

Disebut juga sebagai pangkal esophagus. Di bagian dalam terdapat amandel/tonsil yaitu merupakan kumpulan kelenjar limpayang banyak mengandung limfosit.

3. Oesophagus/kerongkongan

Merupakan saluran yang menghubungkan tekak dengan ventriculus dengan panjang sekitar 20 – 25 cm.

Gerakan

menelan

makanan

yang

terjadi

di

esophagus

merupakan

gerakan

peristaltic/peristalsis yaitu gerakan otot dinding saluran pencernaan (kaya akan otot polos) yang berupa gerakan kembang kempis atau gerak meremas-remas makanan dalam bentuk bolus. 4. Ventriculus/lambung

 

Merupakan organ kantung besar yang terletak di rongga perut agak ke kiri. Terbagi menjadi 3 bagian utama :

a. Cardiac merupakan bagian atas ventriculus yang berhubungan dengan esophagus dan hepar. b. Fundus merupakan bagian tengah ventriculus yang bentuknya membulat. c. Pylorus merupakan bagian bawah ventriculus yang berhubungan dengan intestinum tenue.

 Fungsi ventriculus yaitu :

a. Menyimpan makanan dalam kurun waktu 2 – 5 jam. b. Mengaduk makanan (dengan gerakan meremas). c. Mencerna makanan dengan bantuan enzim.

Makanan yang masuk dari oesophagus dalam bentuk yang akan dicerna dengan bantuan enzim menjadi bubur makanan/chime/kim. Kapasitas lambung orang dewasa adalah 1 liter /hari. Untuk mempermudah penyerapan.

 Enzim yang dihasilkan :

a.

HCl/asam chlorida/asam lambung berfungsi sebagai desinfektan yaitu membunuh

kuman-kuman, mengasamkan makanan dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. b. Renin berfungsi untuk mengendapkan kasein (protein susu). Kasein akan diubah oleh pepsin menjadi pepton. c. Pepsinogen, akan aktif bila dalam bentuk pepsin. Pepsin berfungsi untuk mencerna protein menjadi pepton dan proteosa. d. Lipase berfungsi untuk mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol. e. f. Hormone gastrin berfungsi untuk sekresi getah lambung. Lendir/musin berfungsi melindungi sel-sel di permukaan lambung terhadap kerusakan akibat kerja dari HCl. 5. Intestinum tenue/usus halus

Merupakan saluran panjang sekitar 8,25 m dan dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu :

a. Duodenum/usus duabelas jari merupakan usus halus yang berbatasan dengan ventriculus. Terjadi proses oemecahan lemak dan karbohidrat. Panjangnya sekitar 25 cm/0,25 m.

b. Jejunum/usus kosong merupakan usus halus yang berbatasan langsung dengan duodenum dan ileum. Disini tidak terjadi proses penyerapan dan pencernaaan makanan. Panjangnya sekitar 7 m. c. Ileum/usus penyerapan merupakan usus halus yang berbatasan dengan jejunum dan

intestinum crassum. Disinilah terjadi penyerapan sari-sari makanan. Panjangnya sekitar 1 m.

Terjadi proses pencernaan secara kimiawi. Memiliki struktur yang berlekuk yang disebut dengan vili atau jonjot usus. Vili berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan sari-sari makanan. Di dalam vili terdapat pembuluh darah yang berfungsi untuk mengangkut glukosa, asam amino, vitamin dan mineral ke seluruh tubuh. Selain itu juga terdapat pembuluh kil/pembuluh limfe/pembuluh getah bening yang berfungsi untuk mengangkut asam lemak dan gliserol menuju vena cava bawah tulang selangka.

Dalam duodenum memiliki dua saluran yaitu saluran empedu dan saluran pancreas yang banyak mengandung enzim.

Dinding usus halus menghasilkan getah usus halus yang bersifat basa dan dihasilkan setiap hari sebanyak 3 liter. Enzim tersebut yaitu :

a. Enterokinase yaitu berfungsi untuk mengubah enzim tripsonogen menjadi tripsin dan erepsinogen menjadi erepsin. b. Erepsin yaitu berfungsi untuk mengubah pepton menjadi asam amino. c. Disakarase yaitu berfungsi untuk mengubah disakarida menjadi monosakarida. Macamnya sukrase berfungsi untuk mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Maltase berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa dan glukosa. Lactase berfungsi untuk mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa. d. Lipase usus berfungsi untuk memecahkan lemak menjadi asam lemak dan gliserin/gliserol.

6. Kelenjar Pankreas

Terletak dekat ventriculus (rongga perut sebelah kiri) yaitu diantara duodenum dan limpa.

Dengan apanjang sekitar 15 cm dan lebar 5 cm.  Kelenjar pancreas menghasilkan hormone insulin yang berfungsi untuk mengatur

(menurunkan) kadar gula dalam darah.  Berfungsi untuk menghasilkan getah pancreas yang banyak mengandung enzim. Enzim

tersebut yaitu : a. Amylopsin/amylase pancreas berfungsi untuk mengubah amilum menjadi maltose. b. Steapsin/lipase pancreas berfungsi untuk mengubah lipid menjadi asam lemak dan gliserol. c. Tripsinogen dengan bantuan enterokinase akan diubah menjadi tripsin. Tripsin berfungsi untuk memecahkan pepton menjadi asam amino. d. Karbohidrase pancreas berfungsi mengubah disakarida menjadi monosakarida.

Disakarida yang penting adalah maltase, sukrase, lactase. e. Garam NaHCO3 dan bersifat basa yang berfungsi untuk menetralkan keasamaan kim/chyme yang keluar dari ventriculus. 7. Hepar/hati

Merupakan kelenjar pencernaan yang terbesar dalam tubuh dengan berat sekitar 2 kg dan

berwarna kemerahan.   Terletak di dalam rongga perut sebelah kanan, di bawak sekat rongga dada. Menghasilkan cairan empedu (bilus) yang ditampung dalam kantung empedu (vesica

felea). Setiap hari vesica felea menghasilkan 0,5 liter cairan empedu..  Empedu menghasilkan :

a. b.

Menghasilkan zat warna empedu (bilirubin an biliverdin). Menghasilkan garam empedu.

Empedu berfungsi :

a. Untuk mengemulsikan/memecahkan lemak. b. Membunuh kuman-kuman dalam saluran pencernaan bagian atas.

Hepar berfungsi :

a. Menghasilkan cairan empedu. b. Menawarkan racun. c. Menyimpan gula dalam bentuk glikogen (gula otot). d. Mengubah provitamin A menjadi vitamin A. e. Menjaga keseimbangan zat makanan dalam darah.. 8. Intestinum crassum/usus besar

Merupakan saluran panjang dengan permukaan dinding yang mengalami penyempitan

dan penonjolan serta merupakan terusan dari usus halus.  Dibedakan menjadi 3 bagian besar yaitu :

a. Caecum/sekum merupakan pertemuan antara usus halus dan usus besar. Pada bagianujung sekum terdapat tonjolan kecil yang disebut umbai cacing/appendiks b. Colon/kolon/usus tebal merupakan bagian yang lebih tebal dan menyempit dengan banyak tonjolan pada bagian pemukaannya. Terbagi menjadi 3 bagian/daerah yaitu : • Intestinum pars ascendens/bagian yang naik. • Bagian mendatar.

• Intestinum pars descendens/bagian yang menurun. c. Rectum/rectum/poros usus merupakan bagian terakhir dari usus besar.

Proses yang terjadi di Colon adalah adanya pencernaan secara biologis dengan bantuan

bakteri Escherichia coli yang bertugas untuk membusukkan makanan, membentuk vitamin K dan menghambat pertumbuhan bakteri yang bersifat pathogen. Sisa makanan yang telah dibusukkan akan dibentuk menajdi feces dan akan masuk dalam rectum.  Proses yang terjadi di rectum adalah pergerakan feces secara peristaltic yang

dikendalikan oleh otot polos dan akhirnya akan menuju anus (lubang pelepasan akhir).  Proses perjalanan makanan untuk sampai di usus besar membutuhkan waktu sekitar 4-5

jam. Usus besar dapat menyimpan makanan dalam kurun waktu 24 jam. 9. Anus/lubang pelepasan

  

Merupakan lubang pada ujung saluran pencernaan. Terjadi proses perjalanan terakhir dari feces yang telah dibentuk di colon. Proses pengeluaran feces melalui anus disebut Defekasi.

Gambar : Sistem Pencernaan Pada Manusia

BAB III
PENUTUP
Dari pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa sistem pencernaan pada manusia adalah merupakan proses perubahan atau pemecahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzyme dan organ-ogran pencernaan. Zat makanan yang dicerna akan diserap dalam bentuk yang lebih sederhana. Proses pencernaan makanan yang terjadi dalam tubuh dibantu dengan enzyme untuk mempercepat proses. Enzyme ini dihasilkan oleh organ–organ pencernaan dan jenisnya tergantung dari bahan makanan yang akan dicerna oleh tubuh. Bahan makanan yang akan dikonsumsi berupa karbohidrat, protein, lemak, air dan vitamin. Selanjutnya Organ-organ pencernaan yaitu terdiri dari mulut, kerongkongan, esophagus, lambung, usus halus, usus besar dan anus.

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad. 2003. Kamus Lengkap Kedokteran Edisi Revisi. Gitamedia Press-Surabaya. Furqonita, D. 2007. Seri PIA BIOLOGI SMP Kelas VIII. Penerbit Quadra dari Yudhistira-Jakarta. Kadaryanto et al. 2006. BIOLOGI 2, Mengungkap Rahasia Alam Kehidupan, SMP Kelas VIII. Penerbit Yudhistira-Jakarta. Lawrence, E. 1991. Henderson’s Dictionary of : Biological Terms Tenth Edition. Longman Scientific & Technical. Longman Group UK Limited-England. Lestari, S. Omegawati, W.H. dan Kusumawati, R. 2007. IPA BIOLOGI Eksplorasi Kelas VII untuk SMP dan MTs. Penerbit Intan Pariwara-Klaten.

Prawirohartono, S. dan Hadisumarto, S. 1999. Sains BIOLOGI-2b Untuk Kelas 2 Tengah Tahun Kedua Sesuai Kurikulu, 1994. Penerbit Bumi Aksara-Jakarta. Purwanto, B. dan Nugroho, A. 2007. Belajar Ilmu Alam dan Sekitarnya 2. Penerbit Tiga Serangkai Pustaka Mandiri-Solo. Saktiyono. 2004. Sains BIOLOGI SMP Untuk Kelas VIII. Penerbit Esis dari Penerbit Erlangga-Jakarta. Tim IPA SMP/MTs. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam 2 Untuk SMP/MTs Kelas VIII. PT. Galaxy Puspa Mega-Bekasi. Tim BIOLOGI SMU. 1997. Pegangan Belajar BIOLOGI 2 Untuk SMU 2, Caturwulan 1, 2 dan 3, Berdasarkan Kurikulum 1994. PT. Galaxy Mega Puspa-Bekasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->