P. 1
Etos Kerja

Etos Kerja

|Views: 577|Likes:
Published by Nikko Adhitama
etos kerja dalam islam
etos kerja dalam islam

More info:

Published by: Nikko Adhitama on Dec 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

original

dan bekerjalah kalian seakan-akan engkau akan hidup selamanya, namun beribadahlah seakan-akan engkau akan

mati esok.

Oleh: ‡Nikko Adhitama

DENGAN MENYEBUT NAMA ALLAH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG

Definisi
y Keyakinan yang berfungsi sebagai panduan tingkah

laku bagi seseorang, sekelompok orang atau sebuah institusi.

Definisi
y Etos Kerja merupakan perilaku khas suatu komunitas

atau organisasi, mencangkup motivasi yang menggerakkan, karakteristik utama, spirit dasar, pikiran dasar, kode etik, kode moral, kode perilaku,sikap-sikap, aspirasiaspirasi, keyakinankeyakinan, prinsip-prinsip, standar-standar.
y Sehimpunan perilaku positif yang lahir sebagai buah

keyakinan fundamental dan komitmen total pada sehimpunan paradigma kerja yang integral.

Delapan etos kerja
y Kerja adalah Rahmat bekerja tulus penuh syukur. y Kerja adalah Amanah bekerja benar penuh tanggung jawab y Kerja adalah Panggilan bekerja tuntas penuh integritas. y Kerja adalah Aktualisasi bekerja keras penuh semangat.

Delapan etos kerja
y Kerja adalah Ibadah

bekerja serius penuh kecintaan.
y Kerja adalah Seni

bekerja cerdas penuh kreativitas.
y Kerja adalah Kehormatan

bekerja tekun penuh keunggulan.
y Kerja adalah Pelayanan

bekerja paripurna penuh kerendahan hati.

Q.S Al Qashash: 77

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni'matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu ber- buat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Q.S Al Insyirah: 7

maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), kerjakan dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain

Q.S Al Mujadillah: 11

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Q.S At Taubah: 105

Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu'min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

Q.S Al Jumuah: 9

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Q.S Al Jumuah: 10

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak- banyak supaya kamu beruntung.

Kandungan Al Mujadillah: 7
1. 2.

3.

Manusia sebagai homo economicus dituntut melakukan usaha-usaha tertentu dalam memenuhi kebutuhannya. Manusia harus bekerja agar menghasilkan sesuatu dan mendatangkan menfaat bagi dirinya atau orang-orang yang ditanggungnya. Setiap usaha harus didasari etos kerja yang benar sesuai dengan ketentuan Allah SWT.

Kandungan Al Mujadillah: 11
Usaha atau kerja harus disertai dengan keikhlasan. 5. Seseorang membutuhkan ilmu pengetahuan. 6. Allah SWT akan meninggikan derajat orangorang beriman yang selalu bekerja dan belajar serta berilmu pengetahuan.
4.

Kandungan Q.S Al Jumuah: 9-10
1. 2.

3.

Perintah melaksanakan salat Jumat. Perintah untuk setiap umat islam agar berusaha atau bekerja mencari rezeki sebagai karunia Allah SWT. Perintah untuk manusia agar melakukan keseimbangan antara kehidupan di dunia dan persiapan untuk kehidupan di akhirat kelak.

Pertanyaan
y Dalam hadist, kerja adalah ibadah. Tapi di sini disebut

nomor 4 (9) y Etos kerja adalah pelayanan. Maksudnya? (12) y Kenapa yang dijelaskan Cuma 2 surat? (14)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->