P. 1
Kemerdekaan Bangladesh

Kemerdekaan Bangladesh

|Views: 762|Likes:
Published by scriph

More info:

Published by: scriph on Jan 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2012

pdf

text

original

TUGAS ASIA SELATAN BANGLADESH

OLEH:
1. IIS KRISTANTO (151060085) 2. LILIK WINARTO (151060119) 3. DESI AYU DWIJAYANTI (151070231) 4. KARTIKA (151070218) 5. GERALD SANJAYA ( 1510600 6. 7.

8.

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ‘V’ YOGYAKARTA

Kemerdekaan Bangladesh Republik Rakyat Bangladesh (bahasa Bengali) adalah sebuah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di sebelah timur laut, Myanmar di tenggara dan Teluk Benggala di selatan. Bersama-sama dengan Benggala Barat di India, Bangladesh terdiri dari kawasan etnik dan linguistik Benggali. Bangladesh secara harfiah bermakna "Negeri Bengali". Bagaimanapun, asal kata "Bangla" atau "Benggala" tidak diketahui. Ibukota dan kota terbesar Bangladesh ialah Dhaka. Bangladesh merupakan salah satu negara yang terpadat penduduknya di dunia. Luas wilayahnya kira-kira sebesar Pulau Jawa, Madura dan Bali yang digabung menjadi satu. Perbatasan Bangladesh ditetapkan oleh Pemisahan India pada tahun 1947 ketika negara ini merupakan sayap timur Pakistan (Pakistan Timur) yang dipisahkan dari sayap barat sejauh 1.600 kilometer. Walaupun mempunyai agama yang sama, jurang etnik dan linguistik antara kedua sayap diperburuk lagi oleh sebuah pemerintahan yang ditempatkan di Pakistan Barat yang bersikap tidak peduli. Ini menyebabkan kemerdekaan Bangladesh pada tahun 1971 selepas peperangan berdarah yang didukung oleh India. Tahun-tahun yang menyusul kemerdekaan ditandai dengan huruhara politik dan korupsi. Bangladesh memiliki tiga belas kepala pemerintahan yang berlainan, dua dari tiga belas terbutuh, dan serta sekurang-kurang terjadi empat kudeta militer. Bangladesh mempunyai jumlah penduduk yang kedelapan terbesar di dunia, tetapi kawasan negara ini sebanyak 144.000 kilometer persegi ditempatkan pada tingkat ke-93 di dunia. Oleh itu, Bangladesh merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia. Negara ini ialah negara yang mempunyai jumlah orang Islam yang ketiga terbesar di dunia, tetapi jumlah ini masih kurang sedikit dibandingkan dengan bilangan orang Islam yang merupakan kelompok minoritas di India.

Secara

geografis,

Bangladesh

dikuasai

oleh

Delta

Gangga-

Brahmaputra yang subur. Negara ini mengalami banjir angin musim tahunan, dan siklon kerap terjadi. Bangladesh adalah salah satu anggota pendiri SAARC, BIMSTEC, serta anggota OKI dan D8.

Sejarah Perang Kemerdekaan Bangladesh (Bengali: Muktijuddho), adalah konflik bersenjata antara Pakistan Barat (kini Pakistan) dan, Pakistan Timur (kini Bangladesh) dan India, yang menyebabkan didirikannya negara Bangladesh. Perang ini berlangsung dari tanggal 26 Maret sampai 16 Desember 1971 dengan Pakistan Barat melancarkan operasi militer terhadap penduduk, pelajar dan personel bersenjata di Pakistan Timur untuk menghancurkan perlawanan mereka menuju kemerdekaan dari Pakistan. Bantuan India terhadap Mukti Bahini menyebabkan konflik bersenjata antara India dan Pakistan (Perang India-Pakistan 1971). Tentara militer India dan Mukti Bahini menaklukkan pasukan Pakistan Barat di Pakistan Timur. Setelah perang ini, Pakistan Timur merdeka sebagai negara yang kini disebut Bangladesh. Pada Agustus 1947, pembagian India melahirkan negara baru yang disebut Pakistan. Pakistan terdiri dari wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Muslim. Dalam negara Pakistan, terdapat dua wilayah yang secara geografis dan budaya terpisah, salah satunya berada di ujung barat subbenua India, sedangkan yang lainnya berada di ujung timur. Kedua wilayah ini terpisah oleh ribuan mil teritori India. Zona Barat umumnya (juga secara resmi) disebut Pakistan Barat, dan zona Timur (Bangladesh modern) disebut Benggala Timur, dan nantinya, Pakistan Timur. Secara umum terlihat bahwa Pakistan Barat lebih dominan secara politik dan mengeksplotasi Timur secara ekonomi, menyebabkan banyak keluhan.

Pada tanggal 25 Maret 1971, bangkitnya ketidakpuasan politik dan nasionalisme budaya di Pakistan Timur menyebabkan dilakukannya operasi penekanan oleh pasukan Pakistan Barat yang brutal, yang disebut Operasi Searchlight. Pemecahan kekerasan oleh tentara Pakistan Barat menyebabkan pernyataan kemerdekaan Pakistan Timur sebagai negara Bangladesh dan akan dimulainya perang saudara. Perang ini menyebabkan lautan pengungsi (diperkirakan sekitar 10 juta penduduk) membanjiri provinsi timur India. Karena menghadapi krisis ekonomi dan kemanusiaan, India mulai membantu dan mengorganisir grup perlawanan Bangladesh yang disebut Mukti Bahini. Bangladesh mendapatkan "kemerdekaannya" dari Pakistan pada 1971. Ibu kotanya Dhaka, juga dieja sebagai Dacca, ialah ibu kota provinsi Benggala Timur. Benggala Timur saat itu adalah bagian dari Pakistan.

Pemerintahan dan politik Bangladesh memiliki sistem pemerintahan demokrasi parlementer. Presiden ialah kepala negara, dimana kedudukannya banyak diisi dengan menghadiri sesungguhnya yang upacara-upacara dipegang PM, kenegaraan. yang merupakan bertambah Kendali kepala selama pemerintahan pemerintahan. masa jabatan

Presiden dipilih oleh badan legislatif setiap 5 tahun dan memiliki kekuasaan normalnya terbatas yang pemerintahan pemelihara, terutama dalam mengendalikan transisi menuju pemerintahan baru. Bangladesh memiliki undang-undang sistem pergantian kekuasaan yang unik; di akhir masa jabatan sebuah pemerintahan, kekuasaan diserahkan kepada masyarakat sipil selama 3 bulan, yang menjalankan Pemilu dan menyerahkan kekuasaan untuk memilih DPR. Sistem ini pertama kali dipraktekkan pada 1991 dan dilembagakan pada 1996 sebagai amandemen ke-13 dari konstitusi.

PM dipilih melalui upacara pemilihan oleh presiden dan harus menjadi anggota parlemen, memimpin kepercayaan mayoritas anggota parlemen. Kabinet terdiri atas para menteri yang dipilih oleh PM dan diangkat oleh presiden. Parlemen satu kamar ialah Majelis Bangsa 300 anggota atau Jatiyo Sangshad, dipilih oleh rakyat melalui pemilihan suara terbanyak dari konstitusi wilayah tunggal tunggal untuk menduduki jabatannya selama 5 tahun. Hak pilih universal berlaku untuk seluruh warganegara saat usianya menginjak 18 tahun. Konstitusi Bangladesh ditulis pada 1972 dan telah mengalami 13 amandemen merupakan dokumen hukum yang terpenting. Hukum lainnya yang berlaku di negara itu dibuat oleh parlemen yang merupakan turunan dari konstitusi. Badan peradilan tertinggi ialah Mahkamah Agung, yang ketua dan hakim lainnya diangkat oleh presiden. Peradilan tak terpisah dari pemerintahan, yang telah banyak menyebabkan banyak kegelisahan di tahun-tahun terkini. Hukum berdasar pada hukum adat Inggris yang umum, namun hukum privat seperti pernikahan dan warisan berdasar pada yang termaktub dalam kitab suci, dan sehingga lingkup agama satu bisa jadi berbeda penegakan hukumnya dengan lingkup agama lainnya. 2 partai utama di Bangladesh ialah Partai Nasionalis Bangladesh (PNB) dan Liga Awami Bangladesh. PNB bersekutu dengan partai Islam seperti Jamaat-e-Islami Bangladesh dan Islami Oikya Jot, sedangkan Liga Awami bersekutu dengan partai kiri dan sekuler. Pemain penting lainnya ialah Partai Jatiya, dikepalai oleh mantan penguasa militer Ershad. Persaingan Liga Awami-BNP telah memahit dan berpuncak dengan protes, kekerasan, dan pembunugan. Politik mahasiswa khususnya kuat di Bangladesh, peninggalam dari masa gerakan pembebasan. Hampir semua partai memiliki sayap mahasiswa aktif, dan mahasiswa telah dipilih ke parlemen. 2 partai Islam, Jagrata Muslim Janata Bangladesh (JMJB) dan Jama'atul Mujahideen Bangladesh (JMB) yang dianggap radikal dilarang pada Februari 2005. Sejak saat itu serangan bom yang terjadi kemudian sering dianggap dilakukan oleh

dua partai yang dilarang ini, dan ratusan anggota partai yang menjadi tersangka telah ditahan oleh beberapa kali operasi keamanan. Kasus bom bunuh diri yang pertama kali tercatat di Bangladesh terjadi pada November 2005. Polisi Bangladeh mengatakan mereka telah menyerang sebuah pusat latihan rahasia dan menangkap 14 orang yang diduga gerilyawan, Sabtu. Material latihan, peralatan komunikasi dan buku-buku tentang jihad juga disita dalam serangan di dekat Jenaidah, 250 Km di barat ibukota Dhaka itu.

"Kami yakin bahwa pusat latihan itu telah dijalankan oleh Jamaat-ulMujahidin Bangladesh (JMB) dan orang-orang yang ditahan itu adalah caloncalon baru kelompok tersebut," kata seorang pejabat senior polisi tanpa memberikan perincian lebih lanjut. Seperti beberapa kelompok lainnya yang dilarang, JMB ingin mengubah Bangladesh yang sebagian besar dari 150 juta penduduknya Muslim menjadi negara Islam berdasarkan-syariah JMB telah dipersalahkan karena serangkaian serangan bom mematikan di Bangladesh pada akhir 2005, yang menewaskan 30 orang -- kebanyakan hakim, polisi dan wartawan. Pemerintah telah mengeksekusi enam pemimpin penting JMB pada Maret 2007 dan polisi terus mengejar anggota kelompok itu, sering menahan orang yang Dhaka – Pemilihan umum pertama Bangladesh dalam tujuh tahun dianggap paling bebas, adil dan damai dalam kurun waktu berpuluh-puluh tahun. Namun, kekalahan tetap saja meninggalkan rasa pahit bagi sang pecundang. Pemilihan pekan ini telah mengembalikan mantan Perdana Menteri Sheikh Hasina pada kekuasaan dengan kemenangan mutlak. Namun, tuduhan kecurangan dari pesaingnya mengindikasikan Hasina akan menemukan jalan sulit untuk keluar dari pergulatan kekuasaan yang melumpuhkan negeri yang diganggu korupsi dan kesalahan manajemen tersebut. “Ini adalah sebuah pemilu dagelan,” kata Khaleda Zia, yang juga

mantan perdana menteri, dalam sebuah jumpa pers yang disiarkan televisi, Rabu (31/12) dini hari. Ia menyatakan hasil tersebut tidak mencerminkan opini rakyat. Pemilu Senin (29/12) digembar-gemborkan sebagai kembalinya demokrasi ke negeri tersebut setelah dua tahun diperintah militer, yang mengambil alih kekuasaan setelah kegagalan pemilu 2007 yang berakhir menjadi kerusuhan jalanan. Meski partai Zia menuduh bahwa dua pertiga mayoritas baru Hasina di Parle-men adalah hasil dari pemalsuan suara, baik pe-nga-mat Bangladesh maupun internasional menyatakan kepuasan dengan proses pemungutan suara itu. “Ini adalah pemilihan yang sangat bebas dan adil,” kata Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Humayun Kabir, yang memiliki 20.000 pengamat yang mengawasi jalannya pemungutan suara. Pengamat internasional, termasuk pencatat dari Uni Eropa, mendesak oposisi untuk menerima hasil tersebut. “Proses ini tampaknya telah mencapai hasil yang secara akurat mencerminkan Newman, keinginan delegasi pemilih Bangladesh,” kata 65 orang Constance dari Berry ketua beranggotakan International

Republican Institute, sebuah kelompok yang bermarkas di Washington yang memajukan demokrasi. Namun, partai Zia mendaftarkan keluhan kepada Komisi Pemilihan Umum, menuduh telah dilakukannya pemalsuan kertas suara di 220 pusat poling, yang juga dilakukan para petugas pemilu yang memasukkan suara palsu. Kabir mengatakan komisi mesti menyelidikinya.

Hubungan luar negeri Bangladesh
Bangladesh pursues a moderate foreign policy that places heavy reliance on multinational diplomacy , especially at the United Nations and WTO . Bangladesh mengejar yang moderat kebijakan luar negeri yang menempatkan ketergantungan terhadap multinasional diplomasi, khususnya

di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan WTO. Bangladesh's diplomacy is characterized by its essentially reactive nature. Bangladesh diplomasi ini ditandai oleh sifat reaktif dasarnya. As a member of the Non-aligned Movement Bangladesh never took any position in line with big powers with the exception of voting at the United Nations against North Korea , under pressure from Japan , in December 2008. Sebagai anggota Gerakan Nonblok Bangladesh tidak pernah mengambil posisi apapun sesuai dengan kekuatan besar dengan pengecualian pemungutan suara di Perserikatan BangsaBangsa terhadap Korea Utara, di bawah tekanan dari Jepang, pada bulan Desember 2008. Such a profile notwithstanding, the government of Khaleda Zia firmly declined US requests to send troops to Iraq to participate in the Coalition of the Willing for the Iraq war. Profil seperti terlepas, pemerintah Khaleda Zia tegas menolak US permintaan untuk mengirim pasukan ke Irak untuk berpartisipasi dalam Koalisi dari Bersedia untuk perang Irak.

Organisasi Multilateral Bangladesh, which was part of British India till 1947, joined the Commonwealth of Nations in 1972 after its establishment as an independent nation in 1971. Bangladesh, yang merupakan bagian dari India Britania hingga 1947, bergabung dengan Persemakmuran Bangsa-Bangsa pada tahun 1972 setelah pembentukannya sebagai negara merdeka pada tahun 1971. It has actively participated in the Heads of Government conferences that take place bi-annually. Telah secara aktif berpartisipasi dalam konferensi Kepala Pemerintahan yang terjadi bi-setiap tahun.

Perserikatan Bangsa-Bangsa

Bangladesh was admitted to the United Nations in 1974 and was elected to a Security Council term in 1978-1980 and again for a 2000-2002 term. Bangladesh diterima Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1974 dan terpilih ke Dewan Keamanan istilah dalam 1978-1980 dan sekali lagi untuk jangka 2000-2002. Foreign Minister Choudhury served as president of the 41st UN General Assembly in 1986. Menteri Luar Negeri Choudhury menjabat sebagai presiden 41 Majelis Umum PBB pada tahun 1986. In recent years, Bangladesh has played a significant role in

international peacekeeping activities. Dalam beberapa tahun terakhir, Bangladesh telah memainkan peran penting dalam kegiatan penjaga perdamaian internasional. Several thousand Bangladeshi military personnel are deployed overseas on peacekeeping operations. Beberapa ribu personil militer Bangladesh dikerahkan di luar negeri pada operasi penjaga perdamaian. Under UN auspices, Bangladeshi troops have served or are serving in Somalia , Rwanda , Mozambique , Kuwait , Bosnia , and Haiti , and units are currently serving in Kuwait and East Timor . Di bawah naungan PBB, pasukan Bangladesh telah melayani atau melayani di Somalia, Rwanda, Mozambik, Kuwait, Bosnia, dan Haiti, dan unit saat ini sedang bertugas di Kuwait dan Timor Timur. Bangladesh responded quickly to President Clinton 's 1994 request for troops and police for the multinational force for Haiti and provided the largest non-US contingent. Bangladesh menanggapi dengan cepat kepada Presiden Clinton 's permintaan 1994 tentara dan polisi untuk pasukan multinasional untuk Haiti dan menyediakan terbesar kontingen nonUS. As of June 2008, Bangladesh is the second largest provider of UN peacekeepers. Sampai Juni 2008, Bangladesh adalah penyedia terbesar kedua pasukan penjaga perdamaian PBB.

Gerakan Non Blok

Bangladesh was selected to become the next chairman of NAM at the summit scheduled for Dhaka 2001, however it was later decided to host the summit at an alternative venue. Bangladesh dipilih untuk menjadi ketua berikutnya pada KTT GNB dijadwalkan untuk Dhaka 2001, namun tidak kemudian memutuskan untuk menjadi tuan rumah KTT di sebuah tempat alternatif. As a member of the Non-aligned Movement Bangladesh never took any position in line with big powers. Sebagai anggota Gerakan Nonblok bangladesh tidak pernah mengambil posisi apapun sesuai dengan kekuatan besar. However it parted with its principle by voting at the United Nations against North Korea , under pressure from Japan , in December 2008. Namun itu berpisah dengan prinsip melalui pemungutan suara di Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap Korea Utara, di bawah tekanan dari Jepang, pada bulan Desember 2008.

Organisasi Konferensi Islam Following the recognition of Bangladesh by Pakistan in 1974, Sheikh Mujibur Rahman , as an unanticiptable surprise, led a Bangladeshi delegation to the international meeting of the Organisation of the Islamic Conference (OIC) held in Lahore . Menyusul pengakuan Bangladesh oleh Pakistan pada tahun 1974, Sheikh Mujibur Rahman, sebagai unanticiptable kejutan, Bangladesh memimpin delegasi ke pertemuan internasional Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang diselenggarakan di Lahore. Following this participation Bangladesh was admitted as a member of OIC. Berikut ini adalah bangladesh partisipasi diterima sebagai anggota OKI. In 1977, President Ziaur Rahman amended the Constitution of Bangladesh , including a clause stating that "the state shall endeavour to consolidate, preserve and strengthen fraternal relations among Muslim countries based on Islamic solidarity". Pada tahun 1977, Presiden Ziaur Rahman telah diubah dengan Undang-Undang Dasar Bangladesh, termasuk klausul yang menyatakan

bahwa "negara akan berusaha untuk mengkonsolidasikan, melestarikan dan memperkuat didasarkan hubungan pada persaudaraan Islam". diantara then, negara-negara an explicit Islam of solidaritas Since goal

Bangladeshi foreign policy has been to seek close relations with other Islamic states. Sejak itu, tujuan yang eksplisit Bangladesh kebijakan luar negeri telah mencari hubungan erat dengan negara-negara Islam lainnya. In 1983, Bangladesh hosted in Dhaka the foreign ministers meeting of the OIC. Pada tahun 1983, Bangladesh host di Dhaka pertemuan para menteri luar negeri dari OKI. At the OIC headquarters at Jeddah , Bangladesh is represented in the capacity of one of the Director Generals. Di markas besar OKI di Jeddah, Bangladesh diwakili dalam kapasitas salah satu Direktur Jenderal.

Asosiasi Asia Selatan untuk Kerjasama Regional The government also pursued the expansion of cooperation among the nations of South Asia, bringing the process—an initiative of former President Ziaur Rahman—through its earliest, most tentative stages to the formal inauguration of the South Asian Association for Regional Cooperation (SAARC) at a summit gathering of South Asian leaders in Dhaka in December 1985. Pemerintah juga mengejar perluasan kerjasama antara bangsa-bangsa Asia Selatan, membawa proses-sebuah prakarsa mantan Presiden Ziaur Rahman-melalui awal, paling tentatif formal tahap untuk peresmian Asosiasi Asia Selatan untuk Kerjasama Regional (SAARC) di pertemuan pertemuan puncak Selatan Asia pemimpin di Dhaka pada bulan Desember 1985. Bangladesh has served in the chairmanship of SAARC and has participated in a wide range of ongoing SAARC regional activities Bangladesh telah melayani dalam kepemimpinan SAARC dan telah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan regional SAARC berkelanjutan

Centre di Pengembangan Pedesaan Terpadu untuk Asia dan Pasifik An intergovernmental and autonomous organisation, the organisation consists of ten members:- Afghanistan , Bangladesh , India , Indonesia , Myanmar , Nepal , Pakistan , Philippines , Thailand and Vietnam . Sebuah organisasi antar pemerintah dan otonom, organisasi terdiri dari sepuluh anggota: - Afganistan, Bangladesh, India, Indonesia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Thailand dan Vietnam. The area of cooperation is primarily focused on agriculture, regional relations and the development of the region. Daerah kerja sama terutama difokuskan pada pertanian, hubungan regional dan pengembangan daerah.

Teluk Benggala multisektoral Inisiatif untuk Kerjasama Ekonomi dan Teknik An international organisation which includes South Asian and

Southeast Asian nations. Sebuah organisasi internasional yang meliputi Asia Selatan dan negara-negara Asia Tenggara. The member nations of this group are: Bangladesh, India, Myanmar, Sri Lanka, Thailand, Bhutan and Nepal. Negara anggota kelompok ini adalah: Bangladesh, India, Myanmar, Sri Lanka, Thailand, Bhutan dan Nepal. The organisation focuses on regional economy, regional development and trade & investment. Organisasi berfokus pada ekonomi daerah, pembangunan daerah dan perdagangan & investasi.

8 Negara Berkembang Bangladesh along with the seven other nations are all original members and no plans for expansions have been made. Bangladesh bersama dengan tujuh negara-negara lain semua anggota asli dan tidak ada

rencana untuk perluasan telah dibuat. The Developing 8 is an economic development alliance consisting of Muslim majority states which focuses in multiple areas which are rural development, science and technology, banking, agriculture, humanitarian development, energy, environment, health and finance. The Mengembangkan 8 adalah sebuah aliansi pembangunan ekonomi yang terdiri dari negara-negara mayoritas Muslim yang berfokus di beberapa daerah yang pembangunan pedesaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, perbankan, pertanian, pembangunan kemanusiaan, energi, lingkungan, kesehatan dan keuangan. On May 14, 2006 in Bali, Indonesia Bangladesh was the only nation not to sign a preferential trade agreement. Pada tanggal 14 Mei 2006 di Bali, Indonesia Bangladesh adalah satu-satunya bangsa bukan untuk menandatangani perjanjian perdagangan preferensial.

Perjanjian Perdagangan Asia Pasifik In 2005, Bangladesh signed the APTA agreement which would enable it to reduce trade gaps between itself and other nations such as China, South Korea and its neighbour India. Pada tahun 2005, Bangladesh APTA menandatangani perjanjian yang akan memungkinkannya untuk mengurangi kesenjangan perdagangan antara dirinya dan bangsa lain seperti Cina, Korea Selatan dan tetangganya india. Another aspect of the agreement is to be given duty free access to its products. Aspek lain dari perjanjian itu harus diberikan akses bebas bea untuk produk-produknya.

Organisasi Perdagangan Dunia Bangladesh is an active member of the World Trade Organization , WTO. Bangladesh adalah anggota aktif dari Organisasi Perdagangan Dunia, WTO. Bangladesh has a permanent mission in Geneva to look after matters

relating to mulit-lateral trading system under the WTO regime since mid1990s. Bangladesh memiliki misi permanen di Jenewa untuk menjaga hal-hal yang berkaitan dengan mulit-lateral sistem perdagangan di bawah rezim WTO sejak pertengahan 1990-an.

Organisasi Bea Cukai Dunia Bangladesh is an active member of the World Customs Organization , WCO. Bangladesh adalah anggota aktif dari Organisasi Bea Cukai Dunia, WCO. Bangladesh has a permanent representative to WCO which has its headquarters in Brussels . Bangladesh memiliki perwakilan tetap untuk WCO yang memiliki kantor pusat di Brussel. Bangladesh is currently chairman of the Developing 8 Countries . Bangladesh saat ini ketua 8 Negara Berkembang. The government has participated in numerous international conferences, especially those dealing with population, food, development, and women's issues. Pemerintah telah berpartisipasi dalam berbagai konferensi internasional, terutama yang berkaitan dengan populasi, makanan, pengembangan, dan isu-isu perempuan. In 1982-83, Bangladesh played a constructive role as chairman of the " Group of 77 ," an informal association encompassing most of the world's developing nations . Pada 1982-83, Bangladesh memainkan peran yang konstruktif sebagai ketua dari "Kelompok 77," asosiasi informal yang meliputi sebagian besar dunia negara-negara berkembang. It has taken a leading role in the "Group of 48" developing countries. Telah mengambil peran utama dalam "Kelompok 48" negara-negara berkembang. Bangladesh also participates in these international organizations: ARF, AsDB, BIMSTEC, CP, FAO , IAEA, IBRD, ICAO, ICC, ICCt (signatory), ICRM, IDA, IDB, IFAD, IFC, IFRCS, IHO, ILO , IMF , IMO, Interpol , IOC, IOM, IPU, ISO, ITU, ITUC, MIGA, MINURSO, MONUC, SACEP, UNCTAD, UNESCO , UNHCR , UNIDO, UNMEE, UNMIL, UNMIS, UNOCI, UNOMIG, UNWTO, UPU, WCL, WCO, WFTU, WHO ,

WIPO, WMO, WTO , OPCW. Bangladesh juga berpartisipasi dalam organisasi internasional ini: ARF, AsDB, BIMSTEC, CP, FAO, IAEA, IBRD, ICAO, ICC, ICCt (penandatangan), ICRM, IDA, IDB, IFAD, IFC, IFRCS, IHO, ILO, IMF, IMO , Interpol, IOC, IOM, IPU, ISO, ITU, ITUC, MIGA, MINURSO, MONUC, SACEP, UNCTAD, UNESCO, UNHCR, UNIDO, UNMEE, UNMIL, UNMIS, UNOCI, UNOMIG, UNWTO, UPU, WCL, WCO, WCO, WFTU , WHO, WIPO, WMO, WTO, OPCW.

Hubungan Bilateral Since Bangladesh is almost entirely encircled by India via a land border which stretches 2400 kilometers (1500 miles), its relations with India are vital for economic reasons. Sejak Bangladesh adalah hampir seluruhnya dikelilingi oleh India melalui perbatasan darat yang membentang 2400 kilometer (1500 mil), hubungannya dengan India sangat penting karena alasan ekonomi. The two largest parties of Bangladesh also have varying attitudes to India, which also explains for the fluctuations in relations between the two countries. Dua partai terbesar di Bangladesh juga memiliki berbagai sikap ke India, yang juga menjelaskan untuk fluktuasi hubungan antara kedua negara. The Awami League for example, tends to be more friendly with India whereas the Bangladesh Nationalist Party is more critical and cautious of India. Para Liga Awami misalnya, cenderung lebih bersahabat dengan India sedangkan Partai Nasionalis Bangladesh lebih kritis dan berhati-hati India.

Asia Selatan Other countries in South Asia. Negara-negara lain di Asia Selatan. Bangladesh maintains friendly relations with Bhutan, Maldives, Nepal, and Sri Lanka and strongly opposed the Soviet invasion of Afghanistan. Bangladesh mempertahankan hubungan yang bersahabat dengan Bhutan, Maladewa,

Nepal, dan Sri Lanka dan sangat menentang invasi Soviet ke Afghanistan. Bangladesh and Nepal recently agreed to facilitate land transit between the two countries. Bangladesh dan Nepal baru-baru ini setuju untuk memfasilitasi tanah transit antara kedua negara.

Pembagian Wilayah Administratif Bangladesh terbagi menjadi enam wilayah administratif dan

seluruhnaya diberi nama sesuai dengan pusat wilayahnya: 1. Barisal 2. Chittagong 3. Dhaka 4. Khulna 5. Rajshahi 6. Sylhet Tingkat wilayah unit administratif selanjutnya adalah distrik atau zila (dalam bahasa Bangla). Bangladesh memiliki 64 distrik dan setiap distrik dibagi lagi menjadi thana atau stasiun polisi. Setiap stasiun polisi, kecuali yang terdapat di daerag metropolitan dibagi lagi menjadi beberapa kesatuan. Kesatuan-kesatuan ini terdiri dari banyak desa-desa.

Geografi dan iklim Bangladesh terletak di Delta Sungai Gangga-Brahmaputra yang terbentang rendah. Delta ini terbentuk oleh pertemuan Sungai Gangga (nama setempat Padma atau Pôdda), Brahmaputra (Yamuna atau Jomuna), dan Meghna dan anak-anak sungainya yang berhubungan dari Himalaya.

Tanah aluvial yang diendapkan oleh sungai-sungai itu telah menciptakan beberapa dari daratan yang amat subur di dunia ini. Sebagian besar Bangladesh berada 10 meter dpl, dan dipercaya sekitar 10% tanah akan banjir jika permukaan laut naik hingga 1 m. Titik tertinggi di Bangladesh ialah di Mowdok dan di Simprugdesh yang berkisar antara 1,052 m (3,451 kaki) di Bidang Bukit Chittagong ke tenggara negeri. Bagian utrama pesisir terdiri atas hutan berawa, Sundarbans, hutan bakau terbesar di dunia dan tempat bagi flora dan fauna yang berbeda, termasuk Macan Kekaisaran Benggala. Pada 1997, kawasan ini dinyatakan terancam. Tak terpengaruh Tropis Cancer, iklim Bangladesh bersifat tropis dengan musim dingin yang sejuk dari Oktober hingga Maret, musim panas yang panas dan kering dari Maret ke Juni. Musim hujan Mosoon yang hangat dan lembab berlangsung dari Juni ke Oktober dan memasok sebagian besar curah hujan negeri itu. Bencana alam, seperti banjir, siklon tropis, dan badai tornado terjadi hampir tiap tahun, serta dikombinasikan dengan efek penebangan hutan, penurunan tanah dan erosi. Cox's Bazar, di selatan kota Chittagong, memiliki garis pantai yang tak terputus sepanjang 120 kilometer (75 mil); sering dikutip sebagai merupakan pantai alami terpanjang di dunia (pernyataan ini sulit dibuktikan dan sulit dibantah).

Pembagian admnistratif Bangladesh dibagi menjadi 6 divisi (bibhag) yang dinamakan menurut ibu kota divisi masing-masing: * Barisal * Chittagong * Dhaka * Khulna

* Rajshahi * Sylhet

Setiap divisi kemudian dibagi menjadi distrik (zila). Terdapat 64 distrik di Bangladesh. Setiap distrik dibagi lagi menjadi stasiun polisi (thana) (dahulu sub-distrik atau upa-zila).

Ekonomi Bangladesh Para nelayan dekat kota Cox's Bazaar di Bangladesh selatan. Banyak industri di Bangladesh tetap primitif menurut standar modern. Buruh di sawah, pemandangan umum di seluruh Bangladesh. Meski mendukung segala usaha dalam dan luar negeri untuk meningkatkan prospek ekonomi dan demografi, Bangladesh tetaplah negara ini terbelakang dan kelebihan penduduk serta pengaturan pemerintahan yang tidak efektif. Pendapatan per kapita pada 2004 kurang dari US$440, dan banyak indikator ekonomi lainnya yang kurang mengesankan. Namun, seperti yang dicatat Bank Dunia pada Laporan Negeri Juli 2005-nya, negeri ini telah membuat kemajuan pesat dalam pengembangan manusia dengan berfokus pada pemberantasan tingkat buta huruf yang berhasil, memperoleh kesetaraan jender pada dalam sekolah, dan mengurangi pertumbuhan penduduk. Rami pernah menjadi mesin ekonomi negeri ini. Saham pasar ekspor dunianya memuncak pada PD II dan akhir 1940-an pada 80% [6] dan malah di awal 1970-an terhitung sekitar 70% penerimaan ekspornya. Namun, produk polipropilena mulai menggantikan produk rami di seluruh dunia dan

industri rami mulai gulung tikar. Bangladesh juga memiliki jumlah produksi yang signifikan dalam hal padi, teh, dan mustar. Meski dua pertiga penduduk Bangladesh adalah petani, lebih dari tiga perempat penerimaan ekspor Bangladesh berasal dari industri garmen, yang mulai menarik investor asing pada 1980-an karena buruh murah dan nilai tukar mata uang asing yang rendah. Industri ini kini memperkerjakan 40% wanita pekerja di Bangladesh. Pemasukan dari mata uang asing juga diperoleh dari penduduk Bangladesh yang tinggal di negara lain. Pada 2002, industri garmen ini ini mengekspor produk senilai US$5 milyar . Rintangan bagi pertumbuhan termasuk bencana badai dan banjir yang sering datang, perusahaan milik negara yang tidak efisien, fasilitas pelabuhan yang salah urus, pertumbuhan di angkatan buruh yang tidak memiliki ruang kerja yang cukup, penggunaan sumber daya energi yang tidak efisien (seperti gas alam), pembangkit listrik yang tak mencukupi, perwujudan yang lambat dari reformasi ekonomi, pertarungan politik, dan korupsi. Menurut Laporan Singkat World Bank Juli 2005: "Di antara hambatan paling signifikan bagi Bangladesh untuk berkembang ialah buruknya pemerintahan dan lemahnya lembaga masyarakat." Masih menurut Bank Dunia walaupun segala rintangan yang

melintang, sejak 1990 negeri ini telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 5%. Industri kelas menengah dan industri konsumen menjadi saksi adanya pertumbuhan. Pada Desember 2005 Goldman Sachs menamakan Bangladesh sebagai salah satu "Sebelas Berikutnya", setelah 4 negara dianggap memiliki pertumbuhan ekonomi "BRIC" (Brazil, Rusia, India, dan RRC) yang cepat . Tujuh negara ini juga termasuk Mesir, Indonesia, Pakistan dan beberapa negara lain. Bangladesh mengalami peningkatan tajam dalam investasi asing langsung. Sejumlah perusahaan multinasional, termasuk Unocal Corporation dan Tata merupakan penyumbang investasi utama, dengan prioritas penanaman modal dalam sektor gas alam. Pada

Desember 2005, Central Bank of Bangladesh mencanangkan perkembangan PDB sekitar 6,5%. Satu sumbangan penting pada pengembangan ekonomi ialah

pencangan kredit mikro oleh Muhammad Yunus secara meluas (dianugerahi Penghargaan Perdamaian Nobel pada 2006) melalui Grameen Bank. Dari akhir 1990-an, Grameen Bank memiliki 2,3 juta anggota, bersama dengan 2,5 juta anggota organisasi lain yang mirip. Untuk meningkatkan perkembangan ekonomi pemerintah merancang beberapa zona pemrosesan ekspor untuk menarik investasi asing, yang diatur oleh Otoritas Zona Pemrosesan Ekspor Bangladesh.

Demografi Bangladesh Perkiraan terkini dari penduduk Bangladesh berkisar dari 142 hingga 147 juta, menjadikannya negara dengan peringkat ke-7 berpenduduk terpadat di dunia. Diperkirakan sekitar 1.000 orang menempati 1 km persegi wilayah. Perkembangan penduduk Bangladesh berada di antara yang tertinggi dunia dari pada 50 1960-an menjadi dan 90 1970-an, juta, sedang perhitungannya pengenalan bertambah namun dengan

pengendalian kelahiran pada 1980-an mengurangi peningkatan populasi sebanyak dua persen. Jumlah tingkat kesuburan kini 3,2 dibandingkan dengan 6,2 pada 3 dasawarsa yang lalu. Penduduknya relatif muda, dengan kelompok usia 0–25 sejumlah 60%, sedang 3% itu 65 atau lebih tua. Harapan hidup 63 tahun bagi lelaki dan wanita. Secara etnis Bangladesh itu homogen, terdiri dari orang Bengali yang merupakan 98% populasi. Sisanya sebagian migran Bihari dan penduduk asli. Ada 13 suku yang tinggal di Jalur Bukit Chittagong, suku terbanyak ialah Chakma. Kawasan tersebut sering terjadi "ketegangan" antar etnis sejak lahirnya Bangladesh. Suku terbanyak di luar Jalur Bukit itu ialah Santhal dan

Garo (Achik). Perdagangan manusia telah menjadi masalah yang tersisa di Bangladesh dan imigrasi ilegal menyisakan pertentangan dengan Myanmar and India. Bahasa utamanya, seperti di Benggala Barat, ialah Bangla (Bengali), bahasa Indo-Arya yang berasal dari bahasa Sansekerta (seperti Hindi, Punjabi, dan Gujarati serta beberapa bahasa lainnya). Bahasanya ditulis menggunakan aksaranya sendiri. Bangla ialah bahasa resmi Bangladesh. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa kedua di antara kelas menengah dan atas dan di pendidikan tinggi. Sejak KepPres 1987, Bangla digunakan sebagai korespondensi resmi kecuali korespondensi asing. Dua agama utama di Bangladesh yang dipraktekan secara luas adalah Islam (83% menurut CIA di 1998, 88% menurut perkiraan Departemen Luar Negeri AS tahun 2005) dan Hindu (11% menurut perkiraan Departemen Luar Negeri AS tahun 2005). Etnis Bihari menjadi kelompok mayoritas yang menganut Muslim Syiah. Kelompok agama lain termasuk Budha, Kristen, dan animisme. Tingkat kesehatan dan pendidikan kini meningkat dengan stabil seiring dengan berkurangnya tingkat kemiskinan. Namun, Bangladesh tetaplah salah satu negara termiskin di dunia. Sebagian besar orang Bangladesh tinggal di pedesaan dan hidup dengan pertanian untuk menyambung hidup. Hampir separuh penduduknya hidup kurang dari 1 USD per hari. Kesehatan menjadi masalah utama, dikarenakan dari kontaminasi air permukaan, hingga arsen yang terkadung di air tanah, [19] dan serangan penyakit termasuk malaria, leptospirosis dan demam berdarah. Tingkat melek huruf di Bangladesh sekitar 41%. Ada perbedaan jender, meski tingkat buta huruf sekitar 50% dan 31% di antara wanita, menurut perkiraan UNICEF 2005. Tingkat buta huruf telah menurun karena banyak program yang diperkenalkan di negeri ini. Di antara yang berhasil ialah program makanan

untuk pendidikan yang diperkenalkan pada 1993,

dan program beasiswa

untuk wanita di tingkat pendidikan dasar dan menengah.

Budaya Bangladesh Reruntuhan biara Buddha masa kuno di Mahasthangarh, Bogra Sebuah negara baru dari bangsa yang tua, Bangladesh memiliki budaya yang mencakup unsur kuno dan modern. Bahasa Bangla mambanggakan peninggalan sastra yang kaya, yang diterima Bangladesh dengan negara bagian India Benggala Barat. Teks tertulis awal bahasa Bangla ialah Charyapada dari abad ke-8. Sastra Bangla di abad pertengahan sering merupakan keagamaan (spt. Chandidas), atau adaptasi dari bahasa lain (mis. Alaol). Sastra Bangla matang pada abad ke-9. Ikon terbesarnya ialah sastrawan Rabindranath Tagore dan Kazi Nazrul Islam. Bangladesh juga memiliki tradisi panjang dalam sastra rakyat, dibuktikan dengan Maimansingha Gitika, Thakurmar Jhuli atau cerita-cerita yang berkaitan dengan Gopal Bhar. Tradisi musik Bangladesh berdasarkan pada lirik (Baniprodhan), disertai minimal instrumental. Tradisi Baul ialah peninggalam musik rakyat Bangla yang unik, dan ada sejumlah tradisi musik lainnya di Bangladesh, yang bermacam-macam dari satu daerah dengan daerah lain. Gombhira, Bhatiali, Bhawaiya ialah beberapa dari bentuk musik yang banyak dikenal. Musik rakyat Bengal sering disertai dengan ektara, instrumen 1 dawai. Instrumen lainnya termasuk dotara, dhol, suling, dan tabla. Bangladesh juga memiliki warisan aktif dalam musik klasik India Utara. Dengan cara yang sama, tarian Bangladesh membentuk tarikan dari tradisi rakyat, khususnya dari kelompok-kelompok suku, seperti tradisi tari India yang lebih luas. Bangladesh membuat sekitar 80 film setahun. Film Hindi juga cukup terkenal, begitupun film dari Kolkata, yang memiliki industri perfilman bahasa Benggalinya sendiri yang sedang berkembang. Sekitar 200 harian

diterbitkan di Bangladesh, bersama dengan lebih dari 1800 majalah. Namun minat baca lemah, hampir sekitar 15% penduduk. Orang Bangladesh mendengarkan sejumlah program radio nasional lokal dan nasional dari Bangladesh Betar, seperti BBC dan Voice of America Bangladesh. Ada saluran televisi yang dikendalikan negara, namun di tahun-tahun terakhir, saluran-saluran yang dimiliki swasta juga berkembang pesat. Tradisi masakan Bangladesh berhubungan dekat dengan masakan India dan Timur Tengah sebagaimana banyak memiliki sifat unik juga punya kitan dengan masakan Indonesia yaitu Aceh. Nasi dan ikan ialah kegemaran tradisional; menimbulkan perkataan umum bahwa "nasi dan ikan membuat Bengali" (machhe bhate bangali). Konsumsi daging telah bertambah dengan produksi lebih banyak di tahun-tahun terkini. Orang Bangladesh membuat daging manis khusus dari produksi susu; beberapa yang umum ialah Rôshogolla, Chômchôm dan Kalojam. Sari (shaŗi) sejauh ini ialah pakaian yang biasa dikenakan wanita Bangladesh. Namun salwar kameez (shaloar kamiz) juga cukup terkenal, dan di daerah kota beberapa wanita mengenakan pakaian Barat. Di antara para lelaki, pakaian Eropa banyak disukai. MMereka juga menggunakan gabungan kurta-paejama, sering pada kesempatan keagamaan. Lungi, sejenis rok panjang, banyak dikenakan wanita Bangladesh. Kedua 'Id, 'Idul Fithri dan 'Idul Adha ialah hari raya terbesar dalam kalender Islam. Hari-hari sebelum Idul Fithri disebut Chãd Rat (malam bulan), dan sering ditandai dengan mercon. Hari libur Islam lainnya juga diakui. Festival utama Hindu ialah Durga Puja and Saraswati Puja. Buddha Purnima, yang memperingati Gautama Buddha, ialah salah satu festival Buddha terpenting sedangkan Natal, disebut Bôŗodin (Hari besar) dalam bahasa Bangla diperingati penduduk minoritas Kristen. Festival sekuler terpenting ialah Nôbobôrsho atau Tahun Baru Benggali, awal kalender Benggali. Festival lainnya termasuk Nobanno, Poush parbon (festival Poush) dan hari raya nasional seperti Shohid Dibosh.

Kriket ialah salah satu olahraga di Bangladesh yang terkenal. Pada 2000, tim kriket Bangladesh dianugerahi status Test cricket dan bergabung dengan liga elit TimNas yang diijinkan oleh Dewan Kriket Internasional untuk memainkan pertandingan uji pada tahun 2000. Olahraga penting lainnya termasuk sepak bola, hoki lapangan, tenis, bulu tangkis, bola tangan tim, voli, catur, karambol, dan kabadi ) Kabadi adalah sebuah tim olahraga 7 sisi yang dimainkan tanpa bola atau peralatan lain, yang merupakan olahraga nasional Bangladesh sejak 1972. Dewan Pengendalian Olahraga Bangladesh didirikan di tahun 1972, dan sejak 2005 mengatur 29 federasi olahraga terpenting.

Data Bangladesh Lagu : Amar Shonar Bangla Ibu kota (dan kota terbesar) Dhaka Bahasa resmi : Bengali Pemerintahan Presiden Republik parlementer Zillur Rahman

Perdana Menteri Sheikh Hasina Wajed

Kemerdekaan Air (%) 7%

Penduduk 2006 memperkirakan - sensus 147.365.352 (7)

PDB (KKB) 2005 estimate

-

Total US$279,7 miliar (32) Per kapita US$1.995 (151)

Mata uang Taka (BDT) Zona waktu (UTC+6) (UTC+6)

Musim Panas (DST)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->