P. 1
Geopolitik Dan Implement as in Ya Dalam Bernegara

Geopolitik Dan Implement as in Ya Dalam Bernegara

|Views: 324|Likes:
Published by Rina29

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rina29 on Jan 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

pdf

text

original

Pendahuluan

Pengertian Geopolitik:

Geopolitik berasal dari kata geo berarti bumi dan politik dari bahasa Yunani politeia, bearti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri. Inggris  suatu rangkaian asas (prinsip), keadaan, cara, dan alat yang digunakan untuk mencapai cita-cita dan tujuan tertentu Indonesia  makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa.

Politik Berdasarkan Kegunaannya
Politik sebagai Ilmu Politik sebagai Kegiatan Politik sebagai Kebijakan ( policy )

Politik sebagai Ilmu

Prof. Budiardjo, bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu serta cara melaksanakan
Politik sebagai suatu Kegiatan

David Easton dalam bukunya “The Political System” kehidupan politik mencakup bermacam-macam kegiatan yang memengaruhi kebijaksanaan dari pihak yang berwenang yang diterima oleh suatu masyarakat dan yang memengaruhi cara untuk melaksanakan kebijaksanaan tsb.

Politik berdasarkan Kegunaannya Lanjutan
Politik sebagai suatu Kebijakan (Policy)
Roger Soltau, ilmu yang mempelajari negara, tujuan negara, lembaga yang akan melaksanakan tujuan negara, serta hubungan antara negara dengan warga negara dan negara lain Idrus Afandi, ilmu yang mempelajari kumpulan manusia yang hidup teratur dan memiliki tujuan yang sama dalam ikatan negara Wiryono Projodikoro, penggunaan kekuasaan oleh suatu golongan masyarakat terhadap golongan lain, selalu terdapat kekuasaan dan kekuatan J. Barents, ilmu yang mempelajari kehidupan negara yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Joyce Mitchell, pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk masyarakat seluruhnya Robson, mempelajari kekuasaan dalam masyarakat yaitu hakikat,dasar, proses- proses, ruangl ingkup,
dan hasil – hasilnya.

Pengertian dan Wujud Budaya Politik
 Budaya politik merupakan cerminan sikap khas warga negara terhadap

sistem politik dan aneka ragam bagiannya, serta sikap terhadap peranan warga negara di dalam sistem politik itu.

 Wujud Budaya Politik  Sistem Politik  peraturan, hukum, ide atau gagasan, norma-norma, dan

adat istiadat (cultural system) contoh: sistem NKRI, perundang-undangan, tata cara pengangkatan dan pelantikan presiden dan wakil presiden

 Aktivitas atau tindakan berpola dari masyarakat.

Contoh: kegiatam PEMILU presiden, DPR/DPRD dan kepalda daerah, kampanye partai politik berupa pawai, debat politik, kongres, pelaksanaan sidang kabinet dll.
 Benda – benda atau alat – alat yang diciptakan dan dipergunakan untuk

mendukung gambag kontestan PEMILU, kartu PEMILU, bilik pemungutan suara, pamlet, selebaran, atribut partai politi dan lain – lain

Tipe Budaya Politik
Tipe Budaya Parokial Masyarakat tidak menyadari untuk apa mereka melakukan kegiatan politik, keikutsertaannya lebih banyak karena mobiliasi, solidaritas, atau ikutikutan.

Tipe Budaya Kawula Masyarakat cenderung menerima karena merasa tidak mampu mengubah sistem politik yagn ada, sehingga tidak ada jalan lain baginya kecuali patuh, setia, dan mengikuti segala instruksi serta anjuran pemimpin politiknya.

Tipe Budaya Partisipan atau Demokratis Masyarakat memilik kompetensi politik yang tinggi, dimana warga masyarakat mampu memberikan evaluasi terhadap proses politik yang sedang berjalan, masyarakat sudah melibatkan diri secara intensif dalam berbagai kehidupan politik

Dari ketiga tipe diatas, sampai dengan saat ini masyarakat Indonesia masih tergolong berbudaya politik lokal parokial dan kawula, dimana masyarakat lokal masih jauh tertinggal dalah hak dan kewajiban politiknya akibat pengalaman politik masa lalu, seperti feodalisme dan imprealisme.

Teori – teori Geopolitik
Teori Geopolitik Jerman
1. 2.

3.

F. Ratzel (1844-1904) dikenal dengan Teori Ruang, negara sebagai makhluk hidup yang sempurna dan membutuhkan ruang hidup yang meluas akibat kebutuhan. R. Kjellen (1864-1922) dikenal dengan Teori Kekuatan, negara adalah satuan politik yang menyeluruh serta sebaga i satuan biologis yang memiliki intelektualitas. Karl Haushofer (1896-1946) Teori Ruang dan Kekuatan: “Lebensrum” ruang hidup yang cukup; autarkhi. (swasembada) Implementasinya berupa pembagian wilayah ( Pan Regionalisme ) :
   

Pan Amerika (Monroe Doctrine, USA) Pan Asia Timur (Doktrin Hoka I Chiu, Jepang) Pan Rusia India (wilay ahAsia Barat dan Eropa Timur, Rusia) Pan Eropa Afrika (Eropa Barat - tidak termasuk Inggris dan Rusia, Jerman)

Teori Geopolitik Inggris
Sir Walter Raleight (1554 – 1618) dengan Teori

Kekuatan Maritim “ Siapa yang menguasai laut akan menguasai perdagangan dunia dan akhirnya menguasai dunia.”

Sir Halford Mackinder (1861 – 1947) dengan Teori

Daerah Jantung memilik konsepsi geopolitik yang lebih strategik, yaitu dengan penguasaan daerahdaerah ’jantung’ dunia, dikenal dengan teori Daerah Jantung. Untuk menguasai dunia, maka harus menguasai daerah jantung sebab dunia terdiri dari 9/12 air, 2/12 pulau dunia, dan 1/12 pulau.

a.Who Rules East Europe commands the Heartland. b.Who Rules the Heartland commands the world Island. c. Who Rules the world Island commands the world.

Teori Geopolitik Amerika
 Alfred Thayer Mahan (1840 – 1914) dikenal dengan Teori Kekuatan

Maritim“ Laut untuk kehidupan, SDA banyak terdapat di laut, oleh karena harus dibangun armada laut yang kuat untuk menjaganya.” Mitchel (1878 – 1939) dikenal dengan Teori Kekuatan di Udara, “ Kekuatan diudara mampu beropearasi hingga garis belakang lawan serta kemenangan akhir ditentukan oleh kekuatan udara.” yaitu membagi dunia dalam empat wilayah atau area : 1. Pivot area, mencakup wilayah daerah jantung 2. Offshore continent land, mencakup wily pantai benua Eropa-Asia 3. Oceanic Belt, mencakup wily pulau di luar Eropa-Asia, Afrika Selatan 4. New World, mencakup wilayah Amerika yaitu Rimland. Menurutnya Pan Amerika merupakan daerah yang ideal karena dibatasi oleh batas alamiah dan USA diperkirakan akan menjadi negara kuat. Dia memandang diperlukan kekuatan kombinasi dari Angkatan-angkatan Perang untuk dapat menguasai wilayah dimaksud.

 Guilio Douhet (1869 – 1930), mewakili teori geopolitik Italia dan William

 Nicholas J. Spijkman (1879 – 1936) terkenal dengan Teori Daerah Batas,

 Spijkman menyarankan pentingnya penguasaan daerah pantai Eurasia,

Empat Unsur Teori Geopolitik sbg Doktrin Dasar
1. Konsepsi Ruang = aktualisasi dari pemikiran

negara sebagai organisasi hidup

2. Konsepsi Frontier = konsekuensi dari kebutuhan

dan lingkungan

3. Konsepsi Politik Kekuatan = tentang kehidupan

bernegara

4. Konsepsi Keamanan Negara = melahirkan

konsepsi geostrategi

Geopolitik Indonesia
Adalah Wawasan Nusantara  Cara

pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenal diri, lingkungan yang berwujud negara kepulauan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 Landasan Wawasan Nusantara :
1. Falsafah Pancasila 2. Aspek Kewilayahan Nusantara 3. Aspek Sosial Budaya 4. Aspek Historis

Implementasi Wawasan Nusantara dari Segi Kehidupan
Segi Politik, harus sesuai dengan UU politik, hukum

HAM, komitmen dan ikut pergaulan Internasional. Segi Ekonomi, orientasi pada sektor pemerintah dan industri keadilan serta partisipatif Segi Sosial, pemerataan pendidikan, pertukaran anggota masyarakat dan pelestarian budaya Segi Hankam, memelihara lingkungan disiplin, rasa persatuan dan kesatuan TNI yang profesional

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->