P. 1
Ad Art Gapoktan Bangkelung

Ad Art Gapoktan Bangkelung

4.0

|Views: 2,353|Likes:
Published by Rusyana (Anay)

More info:

Published by: Rusyana (Anay) on Jan 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2012

pdf

text

original

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA ( AD-ART

)

GAPOKTAN BANGKELUNG
DESA MARGAHARJA KEC. SUKADANA KABUPATEN CIAMIS

ANGGARAN DASAR (AD)

GAPOKTAN BANGKELUNG
DESA MARGAHARJA KEC. SUKADANA KABUPATEN CIAMIS

BAB I PENGERTIAN
Pasal 1 1. Petani adalah pengelola usaha di bidang pertanian yang terdiri dari petani dewasa, wanita tani dan pemuda tani. 2. Kelompok tani adalah kumpulan para petani yang tumbuh dan berkembang secara terorganisir berdasarkan keakraban, keserasian, dan kesamaan kepentingan dalam mendayagunakan meningkatkan mutu dan melestarikan sumber daya pertanian, untuk bekerja sama meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggotanya. 3. Gapoktan adalah gabungan dari kelompok-kelompok tani yang ada di desa, di mana kepengurusannya dipilih oleh petani berdasarkan musyawarah. 4. Forum musyawarah pengurus Gapoktan dilaksanakan setahun sekali di mana membahas masalah-masalah yang dihadapi petani dalam mengembangkan usahanya sebagai bahan untuk menyusun kebijakan, rencana dan progam kerja, serta keputusan-keputusan Gapoktan.

BAB II NAMA, WAKTU, DAN KEDUDUKAN
Pasal 2 Nama Organisasi ini bernama Gabungan Kelompok Tani, disingkat menjadi GAPOKTAN. Pasal 3 Waktu Gapoktan didirikan pada tanggal 20 Juni 2006 di Aula Balai Desa Margaharja Kec. Sukadana Kab. Ciamis untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Pasal 4 Kedudukan Sekretariat Gapoktan berkedudukan / bertempat di Balai Desa Margaharja Kec. Sukadana Kab. Ciamis

BAB III DASAR, AZAS, DAN TUJUAN
Pasal 5 Dasar Gapoktan Bangkelung berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 beserta Amandemennya. Pasal 6 Azas 1. Dalam pembinaan keanggotaan berazaskan pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 2. Dalam pengembangan usaha dan pengembangan organisasi berazaskan pada semangat pengabdian untuk mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa, kahususnya para petani yang ada di Desa Margaharja Kec. Sukadana Kab. Ciamis Pasal 7 Tujuan 1. Mengembangkan profesionalisme petani. 2. Membangun rasa tannggung jawab, kesetiakawanan dan keadilan sosial. 3. Meningkatkan pendapatan petani dalam upaya mengetaskan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan. 4. Membangun untuk petani yang beretos kerja tinggi, berdisiplin, produktif, berkualitas, hemat dan mandiri, serta berperilaku mulia dalam kehidupan.

BAB IV KEDAULATAN
Pasal 8 Kedaulatan Tertinggi Kedaulatan tertinggi berada pada anggota dan musyawarah umum.

BAB V FUNGSI
Pasal 9 1. Menyalurkan aspirasi masyarakat petani Margaharja dan lembaga-lembaga pemerintah dan dinas terkait, untuk kesejahteraan dibidang pertanian. 2. Menampung hasil produksi petani Margaharja, dan memfasilitasi kebutuhan saprodi di dalam melaksanakan usaha pertanian. 3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani untuk menerapkan teknologi tepat guna dan modern dari produksi sampai pemasaran dengan memperhatikan pelestarian dan peningkatan mutu lingkungan.

BAB VI KODE ETIK
Pasal 10 1. Setiap anggota mengembangkan solidaritas, memegang teguh moral keagamaan, menghormati hukum dan nilai-nilai luhur budaya bangsa. 2. Setiap anggota wajib menjaga kehormatan Gapoktan dengan memegang teguh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan produk-produk hukum Gapoktan.

BAB VII KEANGGOTAAN
Pasal 11 1. Anggota Gapoktan Bangkelung adalah seluruh masyarakat petani yang ada di Desa Margaharja dan telah terdaftar di Gapoktan Bangkelung. 2. Pengurus Gapoktan adalah merupakan bagian dari anggota Gapoktan.

BAB VIII HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA
Pasal 12 Hak-Hak Anggota 1. Semua anggota memiliki hak bicara, hak memilih dan dipilih, serta hak membela diri. 2. Semua anggota mempunyai hak menghadiri rapat-rapat Gapoktan dan hak bicara. Pasal 13 Kewajiban-Kewajiban Anggota 1. Mematuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, peraturan-peraturan dan ketetapan-ketetapan Gapoktan. 2. Melaksanakan program-program Gapoktan.

BAB IX PELANGGARAN, SANKSI, PEMBERHENTIAN
Pasal 14 Pelanggaran Setiap anggota yang terbukti melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, berbagai peraturan/ketentuan Gapoktan, dipandang sebagai pelanggaran disiplin Gapoktan. Pasal 15 Sanksi Setiap anggota yang dengan cukup alasan telah melakukan pelanggaran Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, atau pelanggaran disiplin Gapoktan, dapat dikenakan sanksi. Pasal 16 Pemberhentian Setiap anggota dapat diberhentikan status keanggotaan atau status kepengurusan dalam Gapoktan : karena meninggal dunia, atas permintaan sendiri, atau melanggar disiplin Gapoktan yang berat.

BAB X PENGURUS GAPOKTAN
Pasal 17 Pengurus Gapoktan Susunan Pengrus Gapoktan adalah ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, ditambah dengan seksi-seksi.

BAB XI WEWENANG PENGURUS GAPOKTAN
Pasal 18 1. Sebagai penyelenggara tertinggi Gapoktan dalam menjalankan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Peraturan-peraturan Gapoktan, dan musyawarahmusyawarah Gapoktan. 2. Menyusun Program Gapoktan. 3. Membuat peraturan Gapoktan dalam musyawarah terbuka.\ 4. Mengambil tindakan / keputusan pemberhentian anggota apabila ada pelanggaran yang berat menurut aturan Gapoktan. 5. Mengukuhkan usulan-usulan dari kelompok tani yang sekiranya menuju ke arah kemajuan Gapoktan.

BAB XII DEWAN PEMBINA/PENASEHAT
Pasal 19 Dewan Pembina.Penasehat 1. Kepala BPP Kecamatan Sukadana. 2. Kepala Desa Margaharja. 3. Tokoh-Tokoh yang ada di Desa Margaharja. 4. Dewan Penasehat memberikan pembinaan dan nasehat baik diminta maupun tidak kepada pengurus untuk kemajuan Gapoktan.

BAB XIII KEUANGAN DAN LEMBAGA EKONOMI
Pasal 20 Keuangan Keuangan Gapoktan bersumber dari : 1. Bantuan Pemerintah. 2. Tabungan pokok anggota 3. Iuran anggota 4. Kegiatan lembaga keuangan Gapoktan. Pasal 21 Lembaga Ekonomi Gapoktan Bangkelung mempunyai satu lembaga ekonomi, yaitu Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Bangkelung yang bertempat di Pasar Dongkal Desa Margaharja Kec. Sukadana Kab. Ciamis.

BAB XIV MUSYAWARAH
Pasal 22 Gapoktan Bangkelung mengadakan musyawarah : 1. Musyawarah penggantian kepengurusan Gapoktan dalam jangka 5 (lima) tahun sekali. 2. Musyawarah terbuka yang diadakan satu tahun sekali. 3. Melaksanakan musyawarah mendadak musyawarahkan secara mendadak. apabila ada hal yang perlu di

BAB XV PEMBUBARAN GAPOKTAN
Pasal 23 Pembubaran Gapoktan hanya dapat dilakukan dalam rapat yang dihadiri 2/3 dari pengurus Gapoktan dan 2/3 dari anggota Gapoktan yang hadir. Pasal 24 Kekayaan Gapoktan setelah dibubarkan kepada lembaga sosial dalam mayarakat petani yang ada di Margaharja Kec. Sukadana Kab. Ciamis.

BAB XVI ATURAN TAMBAHAN
Pasal 25 Hal-hal yang belum tercantum dalam Anggaran Dasar ini, diatur dalam Anggaran Rumah Tangga, keputusan atau ketetapan rapat, atau peraturan gapoktan lainnya.

ANGGARAN RUMAH TANGGA (ART)

GAPOKTAN BANGKELUNG
DESA MARGAHARJA KEC. SUKADANA KABUPATEN CIAMIS

BAB I KEANGGOTAAN
Pasal 1 Warga masyarakat Margaharja Kec. Sukadana Kab. Ciamis yang dapat diterima menjadi anggota Gapoktan, adalah : 1. Petani yang aktif yang mempunyai usaha tani berkelompok. 2. Wanita tani yang memiliki usaha tani atau mempunyai keahlian dibidang pertanian. 3. Pemuda tani yang mempunyai usaha tani dan mempunyai keahlian dibidang pertanian. 4. Pedagang yang bergerak dibidang pertanian dan mempunyai kesamaat cita-cita untuk memajukan Gapoktan.

BAB II KEWAJIBAN DAN HAK ANGGOTA
Pasal 2 Setiap anggota berkewajiban : 1. Bertaqwa kepada Allah SWT. 2. Menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 3. Mentaati Anggaran Dasar,Anggaran Rumah Tangga dan kesepakatan-kesepakatan serta peraturan Gapoktan. 4. Menentang setiap usaha dan tindakan yang merugikan kepentingan Gapoktan. 5. Menghadiri setiap musyawarah yang dilaksanakan Gapoktan. 6. Membayar Kartu Tanda Anggota (KTA) Gapoktan. Pasal 3 Setiap anggota mempunyai hak : 1. Memperoleh perlakuan yang sama dari Gapoktan. 2. Mengeluarkan pendapat-pendapat, saran-saran serta usul-usul. 3. Memilih dan dipilih. 4. Memperoleh perlindungan, pembelaan, pendidikan, dan peraturan serta bimbingan dari Gapoktan. 5. Dan lainnya yang diatur dalam peraturan Gapoktan.

BAB III PEMBERHENTIAN ANGGOTA
Pasal 4 1. Anggota berhenti karena meninggal dunia, atas permintaan sendiri, dan karena diberhentikan. 2. Tata cara pemberhentian dan hak membela diri anggota diatur dalam peraturan Gapoktan.

BAB IV SUSUNAN, DAN SYARAT-SYARAT GAPOKTAN
Pasal 5 Susunan pengurus Gapoktan terdiri dari : 1. Pelindung 2. Ketua 3. Wakil Ketua 4. Sekretaria 5. Wakil Sekretaris 6. Bendahara 7. Seksi-seksi Pasal 6 Syarat-syarat menjadi pengurus Gapoktan, adalah : 1. Warga Margaharja Kec. Sukadana Kab. Ciamis 2. Termasuk dalam anggota Gapoktan 3. Mempunyai kemampuhan, kemauan, dan bersedia mengabdikan diri pada Gapoktan. 4. Mendapat dukungan dan kepercayaan dari anggota.

BAB V DEWAN PEMBINA
Pasal 7 Dewan Pembina terdiri dari : 1. Kepala Desa Margaharja 2. Kepala BPP Kec. Sukadana 3. Camat Sukadana 4. Penyuluh Pendamping / Penyuluh Wilbin

BAB VI PESERTA MUSYAWARAH
Pasal 8 Yang menghadiri muyswarah Gapoktan adalah : 1. Pengurus Gapoktan 2. Undangan 3. Anggota Gapoktan.

BAB VII KEUANGAN
Pasal 9 1. Dana abadi, sumbangan-sumbangan yang tidak mengikat dan usaha-usaha lainnya diatur dalam peraturan Gapoktan. 2. Pemasukan dan pengeluaran keuangan dari dalam untuk Gapoktan wajib dipertanggungjawabkan oleh Ketua Gapoktan dalam musyawarah tahunan.

BAB VIII PENYEMPURNAAN ANGGARAN RUMAH TANGGA
Pasal 10 Penyempurnaan Anggaran Rumah Tangga dilakukan pada musyawarah tahunan dan dipertanggungjawabkan pada musyawarah tahunan berikutnya. Pasal 11 1. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini, diatur dalam peraturan Gapoktan yang dibuat oleh pengurus Gapoktan. 2. Anggaran Rumah Tangga ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. 3. Anggaran Rumah Tangga ini telah sesuai dengan hasil musyawarah di Aula Balai Desa Margaharja Kec. Sukadana Kab. Ciamis.

Ditetapkan di : Margaharja Pada Tanggal : ............................ Ketua, Sekretaris,

NANA RUKMANA

HENDI

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->