P. 1
Prinsip kerja komputer

Prinsip kerja komputer

|Views: 1,946|Likes:
Published by arrieve
Prinsip kerja komputer Muhammad Arif Abdul Hakim
Prinsip kerja komputer Muhammad Arif Abdul Hakim

More info:

Published by: arrieve on Jan 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/25/2013

pdf

text

original

Rangkuman Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi

PRINSIP KERJA KOMPUTER

MUHAMMAD ARIF ABDUL HAKIM (109093000154)

Sistem Informasi (D) E-mail : cinowino.child@gmail.com Blog : cinowino19.blogspot.com

Prinsip Kerja Komputer
Sinyal listrik maupun sinyal dalam bentuk gelombang

elektromagnetik pada suatu jaringan komputer merambat atau memancar dengan prinsip kerja sistem jaringan komputer. Agar suatu jaringan dapat saling bertukar informasi data, diperlukan suatu alat yang disebut Modem (Modulator Demodulator) yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog, menjadi sinyal digital maupun sebaliknya.

Ada 4 komponen utama yang terdapat pada suatu jaringan, yaitu • Sender (pengirim data informasi); • Protocol (yang meng-encode dan men-decode data informasi); • Media transmisi (medium transfer data); dan • Receiver(penerima data informasi). Prinsip kerjanya, pertama-tama sender mengirim sinyal informasi menuju receiver melalui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua d decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver.

Prinsip kerja diatas dapat di analogikan saat orang Jepang dan orang Inggris sedang chatting melalui internet. Saat orang jepang mengetikkan suatu pesan dalam bahasa jepang maka pesan tersebut akan diubah terlebih dahulu oleh protokol ke dalam bahasa inggris sehingga orang inggris dapat menerima pesan tersebut dalam bahasa inggris dan sebaliknya saat orang

inggris membalas pesan orang jepang tersebut maka pesan bahasa inggris akan diubah oleh protokol terlebih dahulu menjadi bahasa jepang sebelum sampai ke orang jepang. Jadi dalam hal ini protokol dapat di istilahkan seperti penerjemah informasi data.

Pengenalan Dasar Tentang Jaringan Komputer
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu :

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi atau data : • Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari satu komputer server. • Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasar jangkauan geografis dibedakan menjadi : • Jaringan LAN Merupakan jaringan yang menghubungkan dua komponen atau lebih dalam cakupan laboratorium, kantor, serta dalam satu warnet

• Jaringan MAN Merupakan jaringan yang mencangkup satu kota besar besertadaerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal , sistem telepon seluler, serta jaringan relav beberapa ISP internet. • Jaringan WAN Merupakan jaringan dengan cangkupan sekluruh dunia. Contihnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data: • Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client. • Jaringan Peer-to-peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan

pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4. Berdasarkan media transmisi data : • Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. • Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Aplikasi Komputer
Aplikasi Komputer atau Application software is a subclass of computer software that employs the capabilities of a computer directly and thoroughly to a task that the user wishes to perform (bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan computer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna).

Tipe Aplikasi yang Dikembangkan

Tipe aplikasi komputer yang dikembangkan terdiri dari industrial automation, business software, educational software, medical software, databases, and computer games. Dunia bisnis merupakan pengguna aplikasi komputer terbesar. Namun kenyataannya sekarang ini hampir semua bidang kehidupan memanfaatkan aplikasi komputer untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan.

Jenis-Jenis Aplikasi Komputer :

1. Enterprise Software • Menunjukan kebutuhan proses aliran data organisasi, umumnya dalam lingkungan distribusi yang besar. Misal : Financial, Customer Relationship Management, dan Supply Chain Management.

• Aplikasi tiap departemen merupakan sub tipe Enterprise Software dengan fokus pada organisasi yang lebih kecil. Misal : Travel Expense Management, dan IT Helpdesk.

2. Enterprise infrastructure software • Menyediakan kemampuan2 umum yang diperlukan untuk

mendukung Sistem Enterprise Software. Misal : Databases, Email servers, dan Network and Security Management

3. Information worker software • Menunjukan kebutuhan individual untuk membuat dan mengolah informasi. Umumnya untuk tugas-tugas individu dalam sebuah departemen. Misal : Manajemen waktu, manajemen sumber daya, alat-alat dokumentasi, analisis, dan kolaborasi. Pengolah kata, spreadsheets, email dan blog client, Sistem Informasi Personal, dan media editor merupakan aplikasi-aplikasi yang membantu tugastugas mereka.

4. Content access software • Software yang digunakan untuk mengakses konten tanpa editing, tapi bisa saja termasuk software yang memungkinkan mengedit konten. Seperti software yang menunjukan kebutuhan individu dan grup untuk mengkonsumsi hiburan digital dan mempublikasikan konten digital. Misal : Media Players, Web Browsers, Help browsers, dan Games

5. Educational Software • Berhubungan dengan media dan software hiburan, tapi memiliki perbedaan yang jelas untuk syarat-syarat evaluasi dan materi yang ditampilkan. Misal : Aplikasi Pembelajaran Multimedia

6. Simulation software • Software untuk tujuan simulasi sistem fisik atau abstrak, baik untuk kebutuhan penelitian, training atau hiburan. Misal : Software untuk simulasi pengaturan lampu lalu lintas

7. Media development software • Menunjukan kebutuhan individu untuk menghasilkan media cetak dan elektronik, umumnya pada bidang komersial atau pendidikan. Misal : Graphic Art software, Desktop Publishing software, Multimedia Development software, HTML editors, Digital Animation editors, pengolah Digital Audio dan Video,dll.

8. Product engineering software • Digunakan dalam pengembangan produk hardware dan software. Misal : computer aided design (CAD), computer aided engineering (CAE), computer language editing dan compiling tools, Integrated Development Interfaces. Environments, dan Application Programmer

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->