P. 1
RPP Fisika Kelas XI

RPP Fisika Kelas XI

|Views: 2,449|Likes:
Published by novriyadi

More info:

Published by: novriyadi on Jan 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2013

pdf

text

original

Sections

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP

)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 1 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor : - Menganalisis gerak pada bidang - Menentukan fungsi kecepatan dan posisi pada gerak lurus beraturan dengan menggunakan analisis vektor : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menganalisis gerak pada bidang; - menganalisis gerak lurus dengan menggunakan vektor; - menganalis gerak melingkar dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor dalam peristiwa sehari-hari.

II. Materi Pembelajaran Gerak pada bidang III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan mengingatkan kembali pelajaran di kelas X mengenai gerak lurus dan vektor. Kemudian, diteruskan dengan pemberian kuis tentang vektor dan gerak lurus.

28

RPP Kajian Fisika SMA 2

Kegiatan Inti - Guru melakukan diskusi kelas untuk mengungkap kembali pengertian vektor, penjumlahan vektor, dan perkalian vektor. - Melakukan kegiatan untuk menentukan vektor posisi suatu tempat dan kecepatan rata-rata tempuhnya. - Guru menjelaskan dan merumuskan vektor kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat sebagai turunan dari vektor posisi terhadap waktu. - Guru memberikan kesempatan kepada siswanya untuk menjelaskan cara menentukan vektor posisi dari fungsi vektor kecepatan. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan yang berkaitan dengan analisis gerak lurus dengan vektor. Kegiatan Akhir Guru memberikan tanya jawab (kuis) yang diarahkan pada tahap penyimpulan dan penekanan materi gerak pada bidang. Kemudian, guru memberikan tugas baik mandiri maupun kelompok untuk membaca materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 3–5 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Kuis tertulis 2. Pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran saat tanya jawab/ diskusi, sikap dan tingkah laku siswa di dalam kelas 3. Tugas Contoh Soal Kuis 1. Tuliskan vektor posisi titik P(2,–3)! → ^ ^ 2. Hitunglah besar vektor r = (4i + 3j  )! 3. Kecepatan sebuah benda mempunyai komponen vx = 4 m/s dan vy = –5 m/s. Tuliskan vektor dari kecepatan tersebut! 4. Posisi suatu titik materi merupakan fungsi waktu yang ditulis sebagai → ^ r = (3t2 + 2t)i m. Tentukan fungsi kecepatan titik materi tersebut! 5. Dalam waktu 5 sekon, kecepatan benda berubah dari 20 m/s. Tentukan percepatan benda tersebut! 6. Sebuah peluru ditembakkan vertikal ke atas dengan kecepatan awal → ^ vj = 20 m/s. Apabila g = –10 m/s2, tentukan kecepatan saat t = 3s! y y

RPP Kajian Fisika SMA 2

29

Jawaban Kuis → ^ ^ 1. r = (2i – 3j  ) 2. 5 → ^ ^   3. v = (4i – 5j)

4. v = (6t2 + 2)i m/s 5. 2 m/s2 → 6. v = –10y m/s

^

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

30

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 2 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor : - Menentukan fungsi kecepatan dan posisi pada gerak lurus berubah beraturan dengan menggunakan analisis vektor - Menentukan fungsi percepatan dan posisi pada gerak lurus berubah beraturan dengan menggunakan analisis vektor : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menganalisis gerak pada bidang; - menganalisis gerak lurus dengan menggunakan vektor; - menganalis gerak melingkar dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor dalam peristiwa sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Gerak pada bidang III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran. Diteruskan dengan tanya jawab mengenai analisis vektor pada gerak lurus dan materi yang akan diajarkan. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah/informasi disertai tanya jawab untuk menjelaskan bahwa kecepatan dapat ditentukan dari fungsi percepatan.

RPP Kajian Fisika SMA 2

31

Guru memberikan ceramah/informasi dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan posisi suatu benda dapat ditentukan dari fungsi kecepatan. - Guru memberikan ceramah/informasi dan disertai tanya jawab untuk menentukan kecepatan, percepatan, dan posisi pada gerak lurus berubah beraturan. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan yang berkaitan dengan analisis gerak lurus berubah beraturan dengan menggunakan vektor. Kegiatan Akhir Guru memberikan tugas yang berkaitan dengan materi analisis gerak lurus berubah beraturan dengan vektor dan siswa diminta untuk belajar serta mempersiapkan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 5–7 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Bola voli Sarana/Media : OHP, papan tulis, dan CD Interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran saat tanya jawab/ diskusi, sikap, dan tingkah laku siswa dalam kelas 2. Tugas Catatan: Tugas dapat berupa tugas penelitian untuk menyelidiki atau menganalisis gerak suatu benda dengan menggunakan vektor. Tugas ini dikerjakan secara berkelompok.

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

32

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 3 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor : - Menunjukkan peristiwa yang berkaitan dengan gerak parabola - Menentukan persamaan kecepatan dan posisi pada gerak parabola - Menentukan syarat benda mencapai titik tertinggi dan titik terjauh : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menganalisis gerak pada bidang; - menganalisis gerak lurus dengan menggunakan vektor; - menganalis gerak melingkar dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor dalam peristiwa sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Gerak parabola III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran, diteruskan dengan tanya jawab tentang perpaduan dua gerak lurus beraturan dan gerak parabola.

RPP Kajian Fisika SMA 2

33

Kegiatan Inti - Salah satu siswa melakukan demonstrasi, sedangkan siswa yang lain mengamatinya. Sambil berceramah dan diikuti dengan tanya jawab, guru menunjukkan gerak parabola pada berbagai posisi dan berbagai sudut elevasi. - Guru melakukan tanya jawab dan menginterpretasikan bahwa gerak parabola merupakan perpaduan dua gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan. - Guru memberikan ceramah yang diikuti dengan tanya jawab untuk menentukan persamaan gerak parabola pada sumbu saling tegak lurus (sumbu X dan sumbu Y). - Guru memberikan ceramah yang diikuti dengan tanya jawab untuk menentukan vektor kecepatan benda pada suatu titik pada gerak parabola dan menentukan sudut yang dibentuk kecepatan terhadap sumbu X di suatu titik. - Guru memberikan ceramah dan melakukan tanya jawab untuk menentukan syarat tercapainya titik tertinggi suatu benda pada gerak parabola. - Guru melakukan tanya jawab untuk menentukan vektor posisi titik tertinggi dan menentukan titik terjauh yang dicapai benda atau vektor posisi titik terjauh pada gerak parabola. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan yang berkaitan dengan gerak parabola dalam kehidupan nyata. - Siswa mengerjakan kuis materi gerak parabola. Kegiatan Akhir Guru melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi gerak parabola. Diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 7–8 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Bola, selang plastik, tandon air, statif, air, dan busur derajat Sarana/Media : OHP, papan tulis, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, tes keterampilan percobaan dan peragaan 3. Kuis tertulis

34

RPP Kajian Fisika SMA 2

Contoh Soal Kuis 1. Gerak parabola yang diproyeksikan pada sumbu X merupakan gerak lurus berubah beraturan. Benar atau salahkah pernyataan itu? 2. Kecepatan peluru pada titik tertinggi adalah nol. Benar atau salahkah pernyataan itu? 3. Sebuah peluru ditembakkan dari permukaan tanah. Setelah menyentuh tanah, besar kecepatannya sama dengan kecepatan awal, tetapi arahnya berbeda. Benar atau salahkah pernyataan itu? 4. Pada saat bom dijatuhkan dari pesawat maka kecepatan bom searah sumbu X sama dengan kecepatan pesawat. Benar atau salahkah pernyataan itu? 5. Jarak maksimum yang dapat dicapai peluru terjadi pada sudut elevasi .... → ^ ^ 6. Sebuah peluru ditembakkan dengan kecepatan v = (100i + 80j) m/s. Waktu   yang diperlukan untuk mencapai titik tertinggi adalah ... sekon. 7. Dari soal nomor 6 di atas, jarak terjauh yang dicapai peluru adalah ... m. 8. Sebuah pesawat menembakkan peluru dengan arah lurus mendatar. Lintasan peluru berupa .... Jawaban Kuis 1. salah 5. 45o 2. salah 6. 8 3. benar 7. 1.600 4. benar 8. parabola

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

35

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 4 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor : Mengaplikasikan gerak parabola pada kehidupan seharihari

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menganalisis gerak pada bidang; - menganalisis gerak lurus dengan menggunakan vektor; - menganalis gerak melingkar dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor dalam peristiwa sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Gerak parabola III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan diteruskan dengan tanya jawab tentang gerak parabola. Kegiatan Inti - Guru memberi ceramah dan melakukan tanya jawab untuk mengingatkan kembali materi gerak parabola yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. - Siswa dibimbing dan diarahkan oleh guru dalam melakukan diskusi kelas untuk menyebutkan contoh aplikasi gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari.

36

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa membentuk kelompok untuk melakukan diskusi mengenai persoalan yang berkaitan dengan gerak parabola. Kegiatan Akhir Guru mengarahkan siswa dengan cara tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi gerak parabola. Kemudian, siswa diberi tugas mandiri atau tugas kelompok dan tugas untuk membaca materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 9–10 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Bola besar dan kecil Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, tes keterampilan percobaan, dan peragaan

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

37

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 5 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik. : Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor : Menentukan persamaan fungsi sudut, kecepatan sudut, dan percepatan sudut pada gerak melingkar

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menganalisis gerak pada bidang; - menganalisis gerak lurus dengan menggunakan vektor; - menganalis gerak melingkar dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor dalam peristiwa sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Gerak melingkar beraturan III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan pemberian kuis tentang materi analisis vektor gerak lurus dan gerak melingkar yang akan diajarkan. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan melakukan tanya jawab untuk mengungkap kembali pengetahuan siswa mengenai besaran-besaran yang berlaku pada gerak melingkar.

38

RPP Kajian Fisika SMA 2

-

-

-

-

Guru memberikan ceramah yang diikuti dengan diskusi atau tanya jawab untuk menginterpretasikan kecepatan sudut sebagai turunan fungsi posisi sudut. Guru memberikan ceramah dan melakukan diskusi atau tanya jawab untuk menginterpretasikan percepatan sudut sebagai turunan fungsi kecepatan sudut. Guru melakukan tanya jawab untuk mengarahkan siswa agar dapat menentukan posisi sudut dari integral fungsi kecepatan sudut dan dapat menentukan kecepatan sudut dari fungsi percepatan sudut. Siswa melakukan diskusi kelas untuk menyebutkan aplikasi gerak melingkar pada kehidupan sehari-hari ditinjau dari analisis vektor.

Kegiatan Akhir Guru memberikan waktu tanya jawab pada siswa. Kemudian, guru menyimpulkan dengan penekanan materi analisis vektor gerak melingkar. Sebagai penutup, guru memberikan tugas dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 10–13 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Bola voli Sarana/Media : OHP dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Kuis tertulis 2. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 3. Tugas mandiri dan tugas kelompok Contoh Soal Kuis 1. Satuan kecepatan sudut adalah .... 2. Besar percepatan sentripetal adalah .... 3. Vektor posisi titik P(2, –5) adalah .... 4. Besar percepatan total pada gerak melingkar adalah .... 5. Kecepatan linear pada gerak melingkar beraturan adalah tetap. Benar atau salahkah pernyataan itu? 6. Posisi sudut merupakan fungsi waktu dan ditulis sebagai θ = 2t2 – 1. Besar kecepatan sudutnya dapat ditulis ....

RPP Kajian Fisika SMA 2

39

Jawaban Kuis 1. rad/s v2 2. __ R → ^ ^ ) 3. r = (2i – 5j 

2 2 4. atotal = √aR + aT 5. salah

______

6. w = 4t – 1

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

40

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 6 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor : Menyelidiki atau mengamati gerak melingkar berubah beraturan

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menganalisis gerak pada bidang; - menganalisis gerak lurus dengan menggunakan vektor; - menganalis gerak melingkar dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor; - menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dengan menggunakan vektor dalam peristiwa sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Gerak melingkar berubah beraturan III. Metode Pembelajaran Eksperimen IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan diteruskan dengan menjelaskan persiapan-persiapan yang perlu dilakukan sebelum dan setelah melakukan eksperimen serta menjelaskan laporan hasil kegiatan. Kegiatan Inti - Guru memberikan soal pre-test sebelum melakukan eksperimen. - Siswa mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk melakukan eksperimen. - Siswa melakukan percobaan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan untuk dianalisis.

RPP Kajian Fisika SMA 2

41

Siswa melakukan diskusi dan mengolah data hasil percobaan. Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan percobaan yang dilakukan dan menyimpulkan hasil percobaan. - Siswa mempresentasikan hasil percobaan. - Siswa membuat hasil laporan yang berupa laporan kerja ilmiah. Kegiatan Akhir Guru melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada hasil percobaan, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, tugas membaca dan memahami materi yang telah dipelajari untuk mempersiapkan diri menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 14–15 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan sikap, tingkah laku siswa, dan kinerja dalam melakukan percobaan 2. Presentasi hasil percobaan 3. Tugas kelompok dan tes keterampilan percobaan dan peragaan (pre-tesf) Catatan: 1. Sebelum pertemuan ke-7, guru memberikan ulangan harian dalam bentuk tes tertulis untuk materi Analisis Gerak dengan Vektor. 2. Sebelum mengerjakan ulangan harian, siswa dimohon mengumpulkan laporan eksperimen (laporan ilmiah) sebagai syarat untuk mengikuti ulangan harian.

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

42

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 7 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton : - Menginterpresentasikan hukum-hukum Kepler - Menginterpresentasikan kesesuaian hukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan ketiga hukum Kepler; - menjelaskan dan memformulasikan teori gravitasi Newton dan peranannya dalam menjelaskan gerak planet dalam tata surya; - memformulasikan hukum gravitasi Newton untuk menjelaskan hukumhukum Kepler; - menjelaskan tenaga potensial gravitasi. II. Materi Pembelajaran - Hukum kepler - Gravitasi oleh benda titik III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan diteruskan dengan tanya jawab tentang hukum Kepler dan gravitasi oleh benda titik yang akan diajarkan. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan melakukan diskusi kelas untuk menginterpretasikan hukum-hukum Kepler. - Guru memberi ceramah dan melakukan tanya jawab untuk mengintrepretasikan hukum-hukum Kepler untuk memahami gerak planet.

RPP Kajian Fisika SMA 2

43

Guru memberikan ceramah dan melakukan tanya jawab untuk menjelaskan hubungan hukum-hukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton. - Guru memberikan ceramah dan melakukan tanya jawab untuk menyebutkan data empiris yang digunakan Kepler untuk menyatakan hukumnya. - Guru memberikan ceramah dan melakukan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian partikel titik dan benda titik. - Guru memberikan ceramah dan melakukan tanya jawab untuk menginterpretasikan kesesuaian hukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton. - Siswa mengerjakan kuis tertulis. Kegiatan Akhir Guru memberikan tanya jawab untuk menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi hukum Kepler dan kesesuaiannya dengan hukum gravitasi Newton. Kemudian, guru memberikan tugas mandiri atau tugas kelompok dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 27–32 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Model bola dunia Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, pada saat tanya jawab/ diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, tes keterampilan percobaan, dan peragaan 3. Kuis tertulis Contoh Soal Kuis 1. Hukum gravitasi umum Newton hanya berlaku untuk benda-benda dalam tata surya matahari kita. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 2. Percepatan gravitasi bumi makin ke dalam perut bumi akan makin kecil. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 3. Untuk mengimbangi gaya tarik bumi, sebuah satelit buatan harus .... 4. Sebuah benda yang dilempar ke atas kemudian kembali ke titik semula tidak memerlukan usaha. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 5. Gaya tarik-menarik antara dua benda berbanding terbalik dengan kuadrat .... 6. Percepatan gravitasi bumi makin ke atas akan makin kecil dan pada suatu saat akan nol. Benar atau salahkah pernyataan tersebut?

-

44

RPP Kajian Fisika SMA 2

Jawaban Kuis 1. salah 2. salah 3. bergerak melingkar

4. benar 5. jarak 6. benar

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

45

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. : : : : : Fisika XI/1 8 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton : Menginterpresentasikan hukum Kepler dan hukum gravitasi Newton pada gerak planet dan satelit

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan ketiga hukum Kepler; - menjelaskan dan memformulasikan teori gravitasi Newton dan peranannya dalam menjelaskan gerak planet dalam tata surya; - memformulasikan hukum gravitasi Newton untuk menjelaskan hukumhukum Kepler; - menjelaskan tenaga potensial gravitasi.

II. Materi Pembelajaran Bagaimana gravitasi Newton menjelaskan hukum-hukum Kepler? III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab mengenai gravitasi Newton dan hukum Kepler. Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan hubungan hukum pertama Kepler dengan gavitasi Newton. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk membuktikan bahwa hukum II Kepler merupakan konsekuensi dari lestarinya (kelalnya) momentum sudut planet-planet dilihat dari matahari.

46

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa melakukan diskusi kelas untuk membuktikan berlakunya hukum III Kepler pada peredaran planet. - Siswa membentuk kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok dan menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan gravitasi Newton dan hukum Kepler. - Guru memberikan kuis tertulis. Kegiatan Akhir Guru mengarahkan siswanya untuk saling tanya jawab dan menyimpulkan dengan memberi penekanan pada gravitasi Newton dan hukum Kepler. Guru memberikan tugas membaca materi yang belum dipahami dan membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 33–35 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, papan tulis, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada saat tanya jawab/ diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku di dalam kelas 2. Tugas mandiri atau tugas kelompok 3. Kuis tertulis

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

47

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. : : : : : Fisika XI/1 9 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton : Mengintrepretasi hukum Newton tentang gerak pada gravitasi

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan ketiga hukum Kepler; - menjelaskan dan memformulasikan teori gravitasi Newton dan peranannya dalam menjelaskan gerak planet dalam tata surya; - memformulasikan hukum gravitasi Newton untuk menjelaskan hukumhukum Kepler; - menjelaskan tenaga potensial gravitasi.

II. Materi Pembelajaran Gravitasi oleh benda-benda besar III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dengan tanya jawab tentang aplikasi hukum gravitasi Newton. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah untuk mengidentifikasi dan merumuskan hukum Newton tentang gerak. - Guru melakukan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa tentang hukum Newton. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk memahami pengertian benda besar. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menyelesaikan soal yang berhubungan dengan gravitasi oleh benda besar.

48

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan pengertian massa gravitasi. Siswa melakukan diskusi kelas untuk menginterpretasikan hukum Newton tentang gerak pada gravitasi. - Siswa membuat kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok mengenai persoalan yang berkaitan dengan hukum Newton. Kegiatan Akhir Siswa membuat rangkuman dan menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh guru. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca sebagai persiapan untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 35–37 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri atau tugas kelompok

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

49

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. : : : : : Fisika XI/1 10 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton. : Mengidentifikasi pengertian medan gravitasi

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan ketiga hukum Kepler; - menjelaskan dan memformulasikan teori gravitasi Newton dan peranannya dalam menjelaskan gerak planet dalam tata surya; - memformulasikan hukum gravitasi Newton untuk menjelaskan hukumhukum Kepler; - menjelaskan tenaga potensial gravitasi.

II. Materi Pembelajaran Medan gravitasi III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dengan tanya jawab tentang pengertian medan gravitasi. Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi kelas untuk memahami pengertian medan gravitasi. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk membuktikan bahwa medan gravitasi dipengaruhi oleh gaya gravitasi. - Siswa membuat kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok dan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan medan gravitasi.

50

RPP Kajian Fisika SMA 2

Kegiatan Akhir Siswa membuat rangkuman dan menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh guru. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi yang telah dan yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 38–39 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri atau tugas kelompok

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

51

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 11 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton : - Mengidentifikasi pengaruh medan gravitasi terhadap gaya gravitasi - Mengidentifikasi hubungan antara tenaga mekanik dan bentuk lintasan : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan ketiga hukum Kepler; - menjelaskan dan memformulasikan teori gravitasi Newton dan peranannya dalam menjelaskan gerak planet dalam tata surya; - memformulasikan hukum gravitasi Newton untuk menjelaskan hukumhukum Kepler; - menjelaskan tenaga potensial gravitasi.

II. Materi Pembelajaran Tenaga potensial gravitasi III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dengan tanya jawab tentang tenaga potensial gravitasi. Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan usaha oleh gaya gravitasi. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk membuktikan bahwa medan gravitasi dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

52

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan hubungan antara tenaga mekanik dan bentuk lintasan. - Siswa membuat kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan tenaga potensial gravitasi. Kegiatan Akhir Siswa membuat rangkuman dan menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh guru. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 40–43 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri atau tugas kelompok

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

53

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 12 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton : - Mengidentifikasi cara mengorbitkan satelit - Menentukan laju minimum yang diperlukan untuk melempar sebuah benda (misalnya satelit) ke luar angkasa sehingga terbebas dari pengaruh gravitasi bumi : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan ketiga hukum Kepler; - menjelaskan dan memformulasikan teori gravitasi Newton dan peranannya dalam menjelaskan gerak planet dalam tata surya; - memformulasikan hukum gravitasi Newton untuk menjelaskan hukumhukum Kepler; - menjelaskan tenaga potensial gravitasi.

II. Materi Pembelajaran Mengorbitkan satelit III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dengan tanya jawab tentang orbit satelit buatan. Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengetahui letak satelit buatan di orbit. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menentukan laju minimum yang diperlukan sebuah benda (misalnya satelit) ke luar angkasa sehingga terbebas dari pengaruh gravitasi bumi.

54

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa membuat kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok dan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan satelit buatan. Kegiatan Akhir Siswa membuat rangkuman dan menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh guru. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca untuk persiapan pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 43–45 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri atau tugas kelompok

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

55

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 13 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton : - Mengidentifikasi pengertian bandul matematis - mengidentifikasi gaya-gaya yang bekerja pada bandul matematis : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan ketiga hukum Kepler; - menjelaskan dan memformulasikan teori gravitasi Newton dan peranannya dalam menjelaskan gerak planet dalam tata surya; - memformulasikan hukum gravitasi Newton untuk menjelaskan hukumhukum Kepler; - menjelaskan tenaga potensial gravitasi.

II. Materi Pembelajaran Bandul matematis III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dengan tanya jawab tentang bandul matematis. Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengetahui pengertian bandul matematis. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan gaya-gaya yang bekerja pada bandul matematis. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan persamaan matematis untuk menentukan periode dan frekuensi pada bandul matematis.

56

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa membuat kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan bandul matematis. Kegiatan Akhir Siswa membuat rangkuman dan menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh guru. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca dan memahami materi yang telah dipelajari untuk mengerjakan soal-soal ulangan harian pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 45–47 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri atau tugas kelompok Catatan: Untuk pertemuan ke-13 atau setelah materi Medan Gravitasi dan Gerak Planet selesai, guru mengadakan ulangan umum harian secara tertulis selama 2 jam pelajaran.

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

57

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 14 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan : - Mengidentifikasi pengertian elastisitas - Mengaplikasikan elastisitas bahan pada kehidupan seharihari : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hukum Hooke; - menentukan konstanta pegas; - menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan; - menjelaskan gerak getaran suatu benda; - memformulasikan modulus Young; - menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran. II. Materi Pembelajaran Hukum Hooke untuk tali kenyal III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi 5. Eksperimen IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan mengawalinya dengan tanya jawab tentang hukum Hooke untuk tali kenyal.

58

RPP Kajian Fisika SMA 2

Kegiatan Inti - Guru memberikan informasi atau ceramah mengenai pengertian elastisitas suatu bahan. - Siswa melakukan pengamatan demonstrasi yang dilakukan oleh siswa untuk menunjukkan sifat elastisitas suatu bahan. - Guru memberikan informasi yang diikuti dengan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian tegangan dan regangan. - Guru memberikan ceramah yang diikuti tanya jawab untuk menjelaskan pengertian modulus Young dan merumuskannya. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengetahui pengertian tetapan kenyal dan tetapan pegas. - Guru memberikan ceramah dan merumuskan hubungan pertambahan panjang pegas ∆x dengan gaya F (hukum Hooke). - Siswa melakukan kegiatan untuk mengetahui pertambahan panjang pegas terhadap gaya tarik dan menentukan konstanta pegas. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengetahui pengertian batas elastis suatu bahan. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengetahui pengertian gaya kenyal dan gaya pegas. - Guru melakukan tanya jawab untuk menyebutkan pemanfaatan sifat elastis bahan dalam kehidupan sehari-hari. - Siswa membuat kelompok belajar dan melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan yang berkaitan dengan hukum Hooke untuk tali kenyal. - Guru memberikan kuis tertulis. Kegiatan Akhir Guru mengarahkan kepada siswa untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi hukum Hooke untuk tali kenyal. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah baik secara mandiri maupun kelompok dan mengarahkan siswa untuk belajar materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 58–60 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Pegas, karet, kawat, mikrometer sekrup, dan jangka sorong Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai

RPP Kajian Fisika SMA 2

59

VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan peragaan 3. Kuis tertulis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

60

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 15 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan : Menentukan tetapan pegas total untuk pegas-pegas yang dirangkai baik secara seri maupun secara paralel

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hukum Hooke; - menentukan konstanta pegas; - menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan; - menjelaskan gerak getaran suatu benda; - memformulasikan modulus Young; - menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran. II. Materi Pembelajaran Rangkaian pegas III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru mengawali pelajaran dengan pertanyaan-pertanyaan ringan mengenai materi sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah untuk menjelaskan macam-macam rangkaian pegas. - Siswa melakukan kegiatan untuk mengetahui hubungan beban dengan pertambahan panjang pegas yang disusun secara materi dan paralel. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan kekuatan beberapa pegas yang disusun secara seri.

RPP Kajian Fisika SMA 2

61

Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan kekuatan beberapa pegas yang disusun secara paralel. - Siswa membuat kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok memecahkan persoalan yang berkaitan dengan rangkaian pegas. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi rangkaian yang diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 61–64 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Pegas dan karet lembaran Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri dan tugas kelompok

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

62

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. : : : : : Fisika XI/1 16 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis hubungan gaya dengan gerak getaran : Mengidentifikasi getaran kosinus, getaran sinus, serta hubungan antara osilator sinus dan osilator kosinus

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hukum Hooke; - menentukan konstanta pegas; - menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan; - menjelaskan gerak getaran suatu benda; - memformulasikan modulus Young; - menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran.

II. Materi Pembelajaran Getaran kosinus III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab tentang getaran selaras satu dimensi. Kegiatan Inti - Siswa mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan disertai dengan tanya jawab untuk menunjukkan macam-macam gerak getaran/gerak harmonik.

RPP Kajian Fisika SMA 2

63

-

Guru memberikan ceramah yang dilanjutkan dengan diskusi kelas untuk merumuskan periode getaran kosinus. Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan persamaan getaran kosinus. Siswa merumuskan hubungan periode panjang tali dan percepatan gravitasi pada ayunan sederhana atau ayunan matematis yang dipandu oleh guru. Guru memberikan kuis tertulis.

Kegiatan Akhir Guru menutup pelajaran dengan menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi getaran kosinus diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 65–68 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Pegas, stopwatch, statip, bandul, dan tali Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan Contoh Soal Kuis 1. Makin besar tetapan pegas, makin besar pula periode getarannya. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 2. Ayunan matematis atau ayunan sederhana dapat digunakan untuk menentukan percepatan gravitasi bumi di suatu tempat. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 3. Sebuah beban yang digantungkan pada pegas kemudian digetarkan maka periode getarannya akan makin kecil. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 4. Periode getaran pada pegas dirumuskan sebagai .... 5. Besar periode ayunan sederhana dirumuskan sebagai .... 6. Ayunan matematis apabila dibawa ke atas, periodenya akan makin ….

64

RPP Kajian Fisika SMA 2

Jawaban Kuis 1. salah 2. 3. benar salah

k 4. T = 2p __ m __ l 5. T = 2p __ g 6. besar

__

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

65

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 17 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran : Mengidentifikasi getaran kosinus, getaran sinus, serta hubungan antara osilator sinus dan osilator kosinus

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hukum Hooke; - menentukan konstanta pegas; - menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan; - menjelaskan gerak getaran suatu benda; - memformulasikan modulus Young; - menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran. II. Materi Pembelajaran - Getaran sinus - Hubungan antara osilator sinus dan osilator kosinus III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab untuk mengingat kembali mengenai getaran kosinus yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

66

RPP Kajian Fisika SMA 2

Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan diskusi atau tanya jawab untuk menentukan persamaan simpangan yang merupakan fungsi sinus. - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan peragaan dan tanya jawab untuk menunjukkan getaran sinus. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan persamaan getaran sinus. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan hubungan antara osilator sinus dan osilator kosinus. - Siswa membentuk kelompok kecil untuk melakukan diskusi kelompok dan menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan getaran selaras satu dimensi baik getaran kosinus maupun ketaran sinus. - Guru memberikan kuis tertulis tentang getaran. Kegiatan Akhir Guru menutup pelajaran dengan tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi getaran selaras satu dimensi diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 68–71 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Pegas, beban, dan stopwatch Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes peragaan Contoh Soal Kuis 1. Sebuah benda digantungkan pada pegas dan bergetar 5 kali dalam 10 sekon. Periode getaran benda tersebut adalah .... 2. Getaran dapat digunakan untuk mengukur percepatan gravitasi bumi di suatu tempat. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 3. Getaran benda pada pegas yang digantung dan jika diproyeksikan pada bidang datar maka getaran tersebut merupakan fungsi kosinus. Benar atau salahkah pernyataan tersebut?

RPP Kajian Fisika SMA 2

67

Sebuah perahu di tengah laut bergerak naik turun akibat adanya gelombang laut. Peristiwa tersebut merupakan getaran. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? Jawaban Kuis 1. 2 s 3. benar 2. salah 4. benar

4.

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

68

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 18 2 jam pelajaran (2 x 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis hubungan gaya dengan gerak getaran : - Menerapkan berbagai contoh yang ada kaitannya dengan hukum Hooke - Mendefinisikan pengertian tegangan, geliat geser, geliat tensil, dan modulus Young : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hukum Hooke; - menentukan konstanta pegas; - menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan; - menjelaskan gerak getaran suatu benda; - memformulasikan modulus Young; - menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran. II. Materi Pembelajaran Tegangan, geliat tensil, dan modulus Young III. Metode Pembelajaran 1. Diskusi 2. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan diselingi tanya jawab untuk menjelaskan pengertian tegangan, geliat tensil, dan modulus Young. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan hubungan antara tegangan, geliat tensil, dan modulus Young. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan tegangan, geliat tensil, dan modulus Young.

RPP Kajian Fisika SMA 2

69

Kegiatan Akhir Guru melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi tegangan, geliat tensil, dan modulus Young. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 71–74 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan sikap, tingkah laku siswa, dan kinerja dalam melakukan diskusi 2. Tugas mandiri

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

70

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 19 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis hubungan gaya dengan gerak getaran : - Menerapkan berbagai contoh yang ada kaitannya dengan hukum Hooke - Mendefinisikan pengertian tegangan, geliat geser, geliat tensil, dan modulus Young : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hukum Hooke; - menentukan konstanta pegas; - menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan; - menjelaskan gerak getaran suatu benda; - memformulasikan modulus Young; - menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran. II. Materi Pembelajaran Tegangan, geliat geser, dan modulus geser III. Metode Pembelajaran 1. Diskusi 2. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan diselingi tanya jawab untuk menjelaskan pengertian tegangan, geliat geser, dan modulus geser. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan hubungan antara tegangan, geliat geser, dan modulus geser. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan tegangan, geliat geser, dan modulus geser.

RPP Kajian Fisika SMA 2

71

Kegiatan Akhir Guru melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi tegangan, geliat geser, dan modulus geser. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 74–75 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan sikap, tingkah laku siswa, dan kinerja dalam melakukan diskusi 2. Tugas mandiri

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

72

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 20 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis hubungan gaya dengan gerak getaran : - Menerapkan berbagai contoh yang ada kaitannya dengan hukum Hooke - Mendefinisikan pengertian tegangan, geliat geser, geliat tensil, dan modulus Young : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hukum Hooke; - menentukan konstanta pegas; - menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan; - menjelaskan gerak getaran suatu benda; - memformulasikan modulus Young; - menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran. II. Materi Pembelajaran Tekanan, geliat hidrolik, dan modulus bongkahan III. Metode Pembelajaran 1. Diskusi 2. Tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan diselingi tanya jawab untuk menjelaskan pengertian tekanan, geliat hidrolik, dan modulus bongkahan. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan hubungan antara tekanan, geliat hidrolik, dan modulus bongkahan. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan tekanan, geliat hidrolik, dan modulus bongkahan.

RPP Kajian Fisika SMA 2

73

Kegiatan Akhir Guru melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi tekanan, geliat hidrolik, dan modulus bongkahan. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 75–76 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan sikap, tingkah laku siswa, dan kinerja dalam melakukan diskusi 2. Tugas mandiri

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

74

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 21 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan mekanik : Mengidentifikasi pengertian tenaga

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan tenaga kinetik dan tenaga potensial; - menjelaskan dan memformulasikan pengertian usaha; - menjelaskan dan memformulasikan hukum kelestarian energi kinetik; - menganalisis hubungan antara usaha dan perubahan energi dengan hukum kelestarian energi mekanik; - menerapkan hukum kelestarian tenaga mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari; - menjelaskan pengertian gaya. II. Materi Pembelajaran Tenaga III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan mengawalinya dengan memberikan kuis tertulis tentang tenaga. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah disertai dengan tanya jawab untuk mengungkap kembali pengetahuan tentang tenaga. - Salah satu siswa diminta untuk melakukan peragaan yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian tenaga.

RPP Kajian Fisika SMA 2

75

Siswa merumuskan besar usaha yang dilakukan oleh suatu gaya yang dipandu oleh guru. - Siswa membentuk kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok memecahkan persoalan yang berkaitan dengan tenaga. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi tenaga yang diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 89–91 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Neraca pegas, balok kayu, bidang datar/miring, dan anak timbangan Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan 3. Kuis tertulis

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

76

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 22 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi, dan hukum kekekalan energi mekanik : Mendefinisikan pengertian usaha dan tenaga kinetik

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan tenaga kinetik dan tenaga potensial; - menjelaskan dan memformulasikan pengertian usaha; - menjelaskan dan memformulasikan hukum kelestarian energi kinetik; - menganalisis hubungan antara usaha dan perubahan energi dengan hukum kelestarian energi mekanik; - menerapkan hukum kelestarian tenaga mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari; - menjelaskan pengertian gaya. II. Materi Pembelajaran Usaha dan tenaga kinetik III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan mengawalinya dengan memberikan kuis tertulis tentang usaha dan tenaga kinetik. Kegiatan Inti - Siswa melakukan pengamatan peragaan yang dilakukan oleh guru dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan pengertian usaha. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan dan merumuskan teorema usaha–tenaga kinetik.

RPP Kajian Fisika SMA 2

77

Siswa melakukan diskusi kelas untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan usaha dan tenaga kinetik. - Siswa mengerjakan kuis tertulis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru mengakhiri pelajaran dengan tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi energi kinetik dan energi potensial serta diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 91–94 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Bola voli dan bola tenis Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi, sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes ketrampilan percobaan serta peragaan 3. Kuis tertulis Contoh Soal Kuis 1. Dalam SI, satuan usaha adalah .... 2. Usaha adalah hasil kali gaya (searah perpindahan) dengan perpindahan. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 3. Energi kinetik dirumuskan sebagai .... 4. Usaha merupakan perubahan energi kinetik suatu benda. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 5. Besar usaha sebuah peluru yang ditembakkan vertikal ke atas sampai titik tertinggi adalah .... 6. Usaha merupakan besaran vektor. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 7. Benda yang bermassa 1 kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Kemudian, kecepatan benda berubah menjadi 20 m/s. Besar usaha yang dilakukan oleh benda tersebut adalah .... 8. Usaha dapat bernilai positif atau negatif. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 9. Energi potensial gravitasi dirumuskan sebagai .... 10. Makin ke atas, energi potensial gravitasi makin kecil. Benar atau salahkah pernyataan tersebut?

-

78

RPP Kajian Fisika SMA 2

11. Makin ke bawah, energi potensial gravitasi makin kecil dan energi kinetiknya makin besar. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 12. Usaha pada gaya konservatif bergantung pada lintasannya. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 13. Besar energi potensial pegas dirumuskan sebagai .... 14. Besar energi potensial pegas maksimum lebih besar daripada energi kinetik pegas maksimum. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 15. Sebuah benda yang dilempar oleh pegas ke atas sampai maksimum, energi potensial pegas diubah seluruhnya menjadi energi potensial gravitasi. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 16. Hukum kekekalan energi mekanik hanya berlaku di bumi. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? Jawaban Kuis 1. joule atau J 9. Ep = mgh 2. benar 10. salah 1 3. E = __mv2 11. benar 2 4. benar 12. salah 1 5. –mgh 13. E = __kx2 2 6. salah 14. salah 7. 150 J 15. benar 8. benar 16. salah Dilaksanakan, ........................... Mengetahui, Kepala Sekolah Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

79

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 23 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari : - Mendeskripsikan usaha oleh gaya gesek - Mendeskripsikan usaha oleh resultan gaya : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan tenaga kinetik dan tenaga potensial; - menjelaskan dan memformulasikan pengertian usaha; - menjelaskan dan memformulasikan hukum kelestarian energi kinetik; - menganalisis hubungan antara usaha dan perubahan energi dengan hukum kelestarian energi mekanik; - menerapkan hukum kelestarian tenaga mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari; - menjelaskan pengertian gaya. II. Materi Pembelajaran - Usaha oleh gaya gesek - Usaha oleh resultan gaya III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab tentang usaha. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan melakukan diskusi kelas untuk mengaplikasikan konsep usaha dalam kehidupan sehari-hari.

80

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa melakukan peragaan dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan usaha oleh gaya gesek. - Siswa melakukan peragaan dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan usaha oleh resultan gaya. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan usaha oleh gaya gesek dan usaha oleh resultan gaya. - Guru memberikan kuis tertulis kepada siswa. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi usaha oleh gaya gesek dan usaha oleh resultan gaya yang diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 94–96 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Bola, bandul, dan tali Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan 3. Kuis tertulis

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

81

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 24 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari : Mendeskripsikan usaha oleh gaya yang berubah besarnya

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan tenaga kinetik dan tenaga potensial; - menjelaskan dan memformulasikan pengertian usaha; - menjelaskan dan memformulasikan hukum kelestarian energi kinetik; - menganalisis hubungan antara usaha dan perubahan energi dengan hukum kelestarian energi mekanik; - menerapkan hukum kelestarian tenaga mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari; - menjelaskan pengertian gaya. II. Materi Pembelajaran Usaha oleh gaya yang berubah besarnya III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab tentang hubungan antara usaha dan gaya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan hubungan antara usaha dan gaya. - Siswa melakukan peragaan dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan usaha oleh gaya yang berubah besarnya.

82

RPP Kajian Fisika SMA 2

Guru memberikan tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami oleh siswa. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan usaha oleh gaya yang berubah besarnya. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi usaha oleh gaya yang berubah besarnya diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca serta memahami materi usaha dan energi untuk persiapan menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 96–98 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Bola, bandul, dan tali Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas. 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

83

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 25 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari : Mendeskripsikan usaha dan tenaga potensial pada pegas

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan tenaga kinetik dan tenaga potensial; - menjelaskan dan memformulasikan pengertian usaha; - menjelaskan dan memformulasikan hukum kelestarian energi kinetik; - menganalisis hubungan antara usaha dan perubahan energi dengan hukum kelestarian energi mekanik; - menerapkan hukum kelestarian tenaga mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari; - menjelaskan pengertian gaya. II. Materi Pembelajaran Usaha dan tenaga potensial pada pegas III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab tentang usaha dan tenaga potensial pada pegas. Kegiatan Inti - Guru melakukan peragaan dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan usaha dan tenaga potensial pada pegas. - Guru memberikan ceramah untuk menjelaskan usaha dan tenaga potensial pada pegas.

84

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan usaha dan tenaga potensial pada pegas. - Guru memberikan tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami oleh siswa. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi usaha dan tenaga potensial pada pegas. Kemudian, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk persiapan pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 99–102 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Balok dan pegas Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

85

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 26 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari : Mendeskripsikan usaha dan tenaga potensial gravitasi

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan tenaga kinetik dan tenaga potensial; - menjelaskan dan memformulasikan pengertian usaha; - menjelaskan dan memformulasikan hukum kelestarian energi kinetik; - menganalisis hubungan antara usaha dan perubahan energi dengan hukum kelestarian energi mekanik; - menerapkan hukum kelestarian tenaga mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari; - menjelaskan pengertian gaya. II. Materi Pembelajaran Usaha dan tenaga potensial gravitasi III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab tentang usaha dan tenaga potensial gravitasi. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan usaha dan potensial gravitasi. - Guru melakukan peragaan dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan usaha dan tenaga potensial gravitasi.

86

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa mengadakan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan usaha dan tenaga potensial gravitasi. - Guru memberikan tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami oleh siswa. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi usaha dan tenaga potensial gravitasi. Kemudian, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk persiapan pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 102–106 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Barbel Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

87

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 27 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari : Mengidentifikasi pengertian daya

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan tenaga kinetik dan tenaga potensial; - menjelaskan dan memformulasikan pengertian usaha; - menjelaskan dan memformulasikan hukum kelestarian energi kinetik; - menganalisis hubungan antara usaha dan perubahan energi dengan hukum kelestarian energi mekanik; - menerapkan hukum kelestarian tenaga mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari; - menjelaskan pengertian gaya. II. Materi Pembelajaran Daya III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab tentang daya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan pengertian daya. - Guru melakukan peragaan dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan pengertian daya.

88

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal latihan yang berkaitan dengan daya. - Guru memberikan tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami oleh siswa. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi daya, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca serta memahami materi untuk persiapan pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 107–108 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan Catatan: Setelah menyelesaikan materi usaha dan energi, pada pertemuan selanjutnya (pertemuan ke-28) diadakan tes tertulis atau ulangan harian.

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

89

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 28 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari : - Mendeskripsikan penerapan hukum kelestarian tenaga pada gerak lurus - Mendeskripsikan penerapan hukum kelestarian tenaga pada gerak parabola - Mendeskripsikan penerapan hukum kelestarian tenaga pada gerak melingkar : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan tenaga kinetik dan tenaga potensial; - menjelaskan dan memformulasikan pengertian usaha; - menjelaskan dan memformulasikan hukum kelestarian energi kinetik; - menganalisis hubungan antara usaha dan perubahan energi dengan hukum kelestarian energi mekanik; - menerapkan hukum kelestarian tenaga mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari; - menjelaskan pengertian gaya. II. Materi Pembelajaran Penerapan hukum kelestarian tenaga III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab tentang penerapan hukum kelestarian tenaga dalam kehidupan sehari-hari.

90

RPP Kajian Fisika SMA 2

Kegiatan Inti - Guru memimpin siswa untuk melakukan diskusi kelas untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan penerapan hukum kelestarian tenaga pada gerak lurus. - Guru memimpin siswa untuk melakukan diskusi kelas untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan penerapan hukum kelestarian tenaga pada gerak parabola. - Guru memimpin siswa untuk melakukan diskusi kelas untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan penerapan hukum kelestarian tenaga pada gerak melingkar. - Guru memberikan tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami oleh siswa. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi penerapan hukum kelestarian tenaga, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca serta memahami materi kelestarian tenaga dan penerapannya untuk persiapan menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 108–113 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Bola, bandul, dan tali Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan Catatan Setelah menyelesaikan materi kelestarian tenaga dan penerapannya, pada pertemuan selanjutnya (pertemuan ke-29) diadakan tes tertulis atau ulangan harian. Contoh Soal Kuis 1. Sebuah balok meluncur ke bawah pada bidang miring yang licin. Pada peristiwa tersebut berlaku hukum kekekalan energi mekanik. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 2. Sebuah benda jatuh dari ketinggian h. Kecepatan benda pada saat menyentuh tanah adalah .... 3. Usaha termasuk besaran ....

RPP Kajian Fisika SMA 2

91

Hukum kekekalan energi mekanik berlaku pada gaya-gaya nonkonservatif. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 5. Pada pegas berlaku hukum kekekalan energi mekanik. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? Jawaban Kuis 1. benar 4. salah ____ 2. v = √2gh 5. salah 3. skalar

4.

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

92

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/1 29 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan : Mendeskripsikan batasan momentum linear dan impuls

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan momentum dan impuls; - mengklasifikasi peristiwa tumbukan yang terjadi dalam kehidupan seharihari; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum berdasarkan hukum Newton tentang gerak, hukum kelestarian tenaga mekanik, dan hukum kelestarian momentum; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan. II. Materi Pembelajaran Batasan momentum linear dan impuls III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan memberikan kuis tertulis untuk mengingat kembali benda yang bergerak dan keterkaitannya dengan momentum dan impuls. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang dilanjutkan dengan demonstrasi untuk menjelaskan konsep momentum linear dan impuls.

RPP Kajian Fisika SMA 2

93

Guru melakukan tanya jawab untuk merumuskan hubungan impuls dengan perubahan momentum linear dan menjelaskan konsep momentum linear sebagai keadaan yang bersifat sebagai vektor untuk gerak sebuah benda. - Siswa melakukan diskusi dan peragaan untuk menjelaskan batasan momentum linear dan impuls. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan momentum linear dan impuls. - Siswa melakukan pengamatan demonstrasi yang dilakukan oleh salah satu temannya untuk menyebutkan penerapan impuls dan momentum linear dalam kehidupan sehari-hari. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan impuls dan momentum. - Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di buku siswa. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi momentum linear dan impuls yang diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 125–129 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan 3. Kuis tertulis Contoh Soal Kuis 1. Satuan momentum adalah .... 2. Makin lama waktu sentuh pemukul dengan benda, makin besar kecepatan yang dihasilkan. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 3. Satuan impuls adalah .... 4. Pada dasarnya, hukum kekekalan energi kinetik sama dengan hukum kekekalan momentum. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 5. Momentum termasuk besaran .... 6. Perubahan momentum merupakan ....

-

94

RPP Kajian Fisika SMA 2

Jawaban Kuis 1. kg m/s atau Ns 2. salah 3. Ns

4. salah 5. vektor 6. impuls

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

95

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. : : : : : Fisika XI/1 30 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan : Mendeskripsikan momentum sistem dua partikel dan kelestariannya

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan momentum dan impuls; - mengklasifikasi peristiwa tumbukan yang terjadi dalam kehidupan seharihari; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum berdasarkan hukum Newton tentang gerak, hukum kelestarian tenaga mekanik, dan hukum kelestarian momentum; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan.

II. Materi Pembelajaran Momentum sistem dua partikel dan kelestariannya III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan mengadakan tanya jawab tentang impuls dan momentum yang pernah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah dan memimpin diskusi kelas untuk menjelaskan momentum sistem dua partikel dan kelestariannya.

96

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa melakukan diskusi dan peragaan untuk menjelaskan momentum dua partikel dan kelestariannya. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan momentum sistem dua partikel dan kelestariannya. - Siswa melakukan diskusi untuk mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan sistem dua partikel dan kelestariannya. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi momentum sistem dua partikel dan kelestariannya, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 129–132 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Bola plastik besar dan bola plastik kecil Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaaan

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

97

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 31 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan : - Mendeskripsikan pengertian tumbukan lenting sempurna - Mendeskripsikan tumbukan lenting sebagian - Mendeskripsikan pengertian tumbukan tidak lenting sama sekali : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan momentum dan impuls; - mengklasifikasi peristiwa tumbukan yang terjadi dalam kehidupan seharihari; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum berdasarkan hukum Newton tentang gerak, hukum kelestarian tenaga mekanik, dan hukum kelestarian momentum; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan. II. Materi Pembelajaran Tumbukan III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan memberikan pertanyaanpertanyaan ringan mengenai momentum dan keterkaitannya dengan peristiwa tumbukan.

98

RPP Kajian Fisika SMA 2

Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah disertai demonstrasi dan tanya jawab untuk menunjukkan peristiwa tumbukan. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyebutkan peristiwa tumbukan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyebutkan manfaat tumbuhan dan kerugian tumbukan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan tumbukan. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi tumbukan. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 132 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan 3. Kuis tertulis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

99

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 32 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan : - Mendeskripsikan pengertian tumbukan lenting sempurna - Mendeskripsikan tumbukan lenting sebagian - Mendeskripsikan pengertian tumbukan tidak lenting sama sekali : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan momentum dan impuls; - mengklasifikasi peristiwa tumbukan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum berdasarkan hukum Newton tentang gerak, hukum kelestarian tenaga mekanik, dan hukum kelestarian momentum; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan. II. Materi Pembelajaran Tumbukan III. Metode Pembelajaran Eksperimen IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran, diteruskan dengan menjelaskan persiapan yang perlu dilakukan sebelum dan setelah melakukan eksperimen serta menjelaskan laporan hasil kegiatan. Kegiatan Inti Siswa dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok 1 melakukan percobaan untuk mengamati tumbukan lenting sempurna, kelompok 2 melakukan percobaan untuk mengamati tumbukan lenting sebagian, dan kelompok 3 melakukan percobaan untuk mengamati tumbukan tidak lenting sama sekali.

100

RPP Kajian Fisika SMA 2

Siswa melakukan pre-test sebelum melakukan percobaan. Siswa melakukan percobaan untuk memperoleh data yang akan dipecahkan. - Siswa melakukan diskusi kelas dan mengolah data hasil percobaan. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan (soalsoal) yang ada dalam percobaan dan menyimpulkan hasilnya. - Siswa mempresentasikan hasil percobaan. - Siswa membuat laporan ilmiah dari hasil percobaan. Kegiatan Akhir Dengan cara tanya jawab, dilakukan kegiatan menyimpulkan dan memberi penekanan pada percobaan yang telah dilakukan, diteruskan dengan pemberian tugas dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 133 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat-Alat : Berbagai macam bola dengan tingkat kekerasan berbeda, lantai licin, dan mistar Sarana/Media : CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Kuis tertulis 2. Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya jawab, kinerja keterampilan dalam peragaan dan percobaan serta sikap 3. Laporan

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

RPP Kajian Fisika SMA 2

101

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 33 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan : - Mendeskripsikan pengertian tumbukan lenting sempurna - Mendeskripsikan tumbukan lenting sebagian - Mendeskripsikan pengertian tumbukan tidak lenting sama sekali : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan momentum dan impuls; - mengklasifikasi peristiwa tumbukan yang terjadi dalam kehidupan seharihari; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum berdasarkan hukum Newton tentang gerak, hukum kelestarian tenaga mekanik, dan hukum kelestarian momentum; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan. II. Materi Pembelajaran Jenis-jenis tumbukan III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan memberikan pertanyaanpertanyaan ringan mengenai jenis-jenis tumbukan berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan pada pertemuan sebelumnya.

102

RPP Kajian Fisika SMA 2

Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi untuk menyebutkan jenis-jenis tumbukan dan contohnya yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. - Siswa mengamati demonstrasi yang dilakukan temannya di depan kelas untuk menunjukkan perbedaan tumbukan lenting sempurna, tumbukan tidak lenting sama sekali, dengan tumbukan lenting sebagian. - Guru memberikan ceramah disertai tanya jawab untuk menjelaskan bahwa pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan energi mekanik (terutama hukum kekekalan energi kinetik) dan hukum kekekalan momentum, sedangkan tumbukan tak lenting sama sekali dan tumbukan lenting sebagian hanya berlaku hukum kekekalan momentum. - Salah satu siswa memimpin diskusi kelas untuk merumuskan hukum kekekalan momentum pada tumbukan lenting sempurna yang dipandu oleh guru. - Siswa melakukan peragaan di depan kelas yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan tumbukan lenting sempurna dan tumbukan tidak lenting sama sekali serta tumbukan lenting sebagian. - Salah satu siswa memimpin diskusi kelas untuk merumuskan hubungan antara kecepatan sebelum dan sesudah tumbukan pada tumbukan lenting sempurna yang dipandu oleh guru. - Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang berkaitan dengan tumbukan. Kegiatan Akhir Guru menutup pelajaran dengan cara tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi hukum kekekalan momentum linear dan tumbukan. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 133 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan 3. Kuis tertulis Contoh Soal Kuis 1. Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian tertentu kemudian jatuh ke lantai. Bola tersebut selanjutnya memantul ke atas. Ketinggian pantulan bola pasti lebih rendah daripada tinggi bola saat dijatuhkan. Benar atau salahkah pernyataan tersebut?

RPP Kajian Fisika SMA 2

103

Pada tumbukan lenting sempurna, berlaku hukum kekekalan energi kinetik dan hukum kekekalan momentum. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 3. Sebuah bola biliar yang diam ditumbuk bola biliar lainnya. Bola yang menumbuk akan terpental ke belakang. Benar atau salahkah pernyataan tersebut? 4. Pada tumbukan lenting sebagian berlaku hukum kekekalan .... 5. Sebuah benda bermassa 1 kg dipukul sehingga bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Impuls peristiwa tersebut adalah .... 6. Pada peristiwa tumbukan, dua mobil menjadi ringsek. Energi kinetik kedua mobil tersebut hilang. Benarkah pernyataan tersebut? Jika pernyataan itu benar, digunakan untuk apakah energi yang hilang tersebut? Jawaban Kuis 1. salah 2. benar 3. salah 4. momentum 5. 10 Ns 6. benar, untuk mengubah bentuk

2.

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

104

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 34 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan : - Mengintegrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan dan merumuskan besar koefisien restitusi pada peristiwa tumbukan - Mendeskripsikan pengertian tumbukan lenting sempurna - Mendeskripsikan tumbukan lenting sebagian - Mendeskripsikan pengertian tumbukan tidak lenting sama sekali : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan momentum dan impuls; - mengklasifikasi peristiwa tumbukan yang terjadi dalam kehidupan seharihari; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum berdasarkan hukum Newton tentang gerak, hukum kelestarian tenaga mekanik, dan hukum kelestarian momentum; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan. II. Materi Pembelajaran Tumbukan lenting sempurna III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi

RPP Kajian Fisika SMA 2

105

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan memberikan pertanyaanpertanyaan ringan mengenai tumbukan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah disertai demonstrasi dan tanya jawab untuk menunjukkan peristiwa tumbukan. - Salah satu siswa memimpin diskusi kelas untuk merumuskan koefisien restitusi pada tumbukan lenting sempurna dengan dipandu oleh guru. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan tumbukan lenting sempurna. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi tumbukan lenting sempurna. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 133–136 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

106

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 35 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan : - Mengintegrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan dan merumuskan besar koefisien restitusi pada peristiwa tumbukan - Mendeskripsikan pengertian tumbukan lenting sempurna - Mendeskripsikan tumbukan lenting sebagian - Mendeskripsikan pengertian tumbukan tidak lenting sama sekali : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan momentum dan impuls; - mengklasifikasi peristiwa tumbukan yang terjadi dalam kehidupan seharihari; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum berdasarkan hukum Newton tentang gerak, hukum kelestarian tenaga mekanik, dan hukum kelestarian momentum; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan. II. Materi Pembelajaran Tumbukan lenting sebagian III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi

RPP Kajian Fisika SMA 2

107

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan memberikan pertanyaanpertanyaan ringan mengenai tumbukan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah disertai demonstrasi dan tanya jawab untuk menunjukkan peristiwa tumbukan. - Salah satu siswa memimpin diskusi kelas untuk merumuskan koefisien restitusi pada tumbukan lenting sebagian dengan dipandu oleh guru. - Siswa melakukan peragaan di depan kelas yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan dan mendeskripsikan tumbukan lenting sebagian. - Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang berkaitan dengan koefisien restitusi pada peristiwa tumbukan lenting sebagian. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi tumbukan lenting sebagian. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 137 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

108

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/1 36 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan benda titik : Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan : - Mengintegrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan dan merumuskan besar koefisien restitusi pada peristiwa tumbukan - Mendeskripsikan pengertian tumbukan lenting sempurna - Mendeskripsikan tumbukan lenting sebagian - Mendeskripsikan pengertian tumbukan tidak lenting sama sekali : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan dan memformulasikan momentum dan impuls; - mengklasifikasi peristiwa tumbukan yang terjadi dalam kehidupan seharihari; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum berdasarkan hukum Newton tentang gerak, hukum kelestarian tenaga mekanik, dan hukum kelestarian momentum; - menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan. II. Materi Pembelajaran Tumbukan tidak lenting sama sekali III. Metode Pembelajaran 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demonstrasi

RPP Kajian Fisika SMA 2

109

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan memberikan pertanyaanpertanyaan ringan mengenai tumbukan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah disertai demonstrasi dan tanya jawab untuk menunjukkan peristiwa tumbukan. - Salah satu siswa memimpin diskusi kelas untuk merumuskan koefisien restitusi pada tumbukan lenting tidak lenting sama sekali dengan dipandu oleh guru. - Siswa melakukan peragaan di depan kelas yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan dan mendeskripsikan tumbukan tidak lenting sama sekali. - Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang berkaitan dengan koefisien restitusi pada peristiwa tumbukan tidak lenting sama sekali. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi tumbukan tidak lenting sama sekali. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 137–138 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta peragaan.

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

110

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 37 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : - Mendeskripsikan pengertian gerak rotasi - Mendeskripsikan kecepatan dan percepatan pada gerak rotasi : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum kedua Newton; - membedakan gerak translasi dengan gerak rotasi; - menjelaskan dan memformulasikan besaran-besaran yang terkait dengan masalah benda tegar; - melakukan perhitungan-perhitungan yang terkait dengan kesetimbangan.

II. Materi Pembelajaran Kecepatan dan percepatan III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dengan memberi semangat kepada siswa untuk lebih rajin dan banyak mengerjakan latihan agar hasil yang diperoleh dalam semester ini dapat lebih baik daripada semester sebelumnya dan diteruskan dengan tanya jawab tentang gerak rotasi. Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi dan disertai peragaan untuk mendeskripsikan perbedaan antara gerak translasi dan gerak rotasi.

RPP Kajian Fisika SMA 2

111

Siswa melakukan diskusi kelas untuk merumuskan kecepatan dan percepatan pada gerak rotasi. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kecepatan dan percepatan. - Siswa melakukan diskusi untuk mendeskripsikan perbedaan antara gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dan gerak rotasi berubah beraturan (GRBB). - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada kecepatan dan percepatan, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, serta tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 153–157 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan demonstrasi atau peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

112

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 38 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : - Mendeskripsikan hubungan antara variabel linear dan variabel sudut - Merumuskan percepatan linear atau percepatan tangensial : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum kedua Newton; - membedakan gerak translasi dengan gerak rotasi; - menjelaskan dan memformulasikan besaran-besaran yang terkait dengan masalah benda tegar; - melakukan perhitungan-perhitungan yang terkait dengan kesetimbangan. II. Materi Pembelajaran Hubungan antara variabel linear dan variabel sudut III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab mengenai variabel linear dan variabel sudut (anguler). Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan variabel linear dan variabel sudut serta memformulasikannya. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengungkap kembali variabel linear beserta rumusan besaran yang terkait.

RPP Kajian Fisika SMA 2

113

Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan variabel linear dan variabel sudut. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan materi hubungan antara variabel linear dan variabel sudut, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 157–159 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas Contoh Soal Kuis 1. Tuliskan rumus momentum linear! 2. Tuliskan rumus momentum sudut! 3. Tuliskan besar energi kinetik rotasi! 4. Seorang peloncat indah menekuk badan dan kakinya. Hal ini dilakukan agar momentum sudutnya .... 5. Apabila momen inersia mengecil maka kelajuan sudut akan .... Jawaban Kuis 1. mv 4. mengecil 2. Iw 5. membesar 1 3. __Iw2 2 Mengetahui, Kepala Sekolah Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

-

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

114

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 39 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : - Mendeskripsikan pengertian momen inersia - Merumuskan besar momen inersia berbagai bentuk bangun : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum kedua Newton; - membedakan gerak translasi dengan gerak rotasi; - menjelaskan dan memformulasikan besaran-besaran yang terkait dengan masalah benda tegar; - melakukan perhitungan-perhitungan yang terkait dengan kesetimbangan. II. Materi Pembelajaran Momen inersia III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Pengamatan 3. Demonstrasi 4. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab berkaitan dengan momen inersia.

RPP Kajian Fisika SMA 2

115

Kegiatan Inti - Guru memberikan informasi (ceramah) yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan momen inersia. - Siswa melakukan diskusi untuk mendefinisikan pengertian momen inersia. - Siswa melakukan diskusi untuk merumuskan besar momen inersia berbagai bentuk bangun. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan momen inersia. - Siswa melakukan kegiatan untuk mengetahui pengaruh ukuran terhadap energi mekanik dua benda yang berotasi pada bidang miring. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi momen inersia, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 160–162 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Benda dengan berbagai bentuk Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

116

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 40 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : - Mendeskripsikan pengertian momen inersia - Merumuskan besar momen inersia berbagai bentuk bangun : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum kedua Newton; - membedakan gerak translasi dengan gerak rotasi; - menjelaskan dan memformulasikan besaran-besaran yang terkait dengan masalah benda tegar; - melakukan perhitungan-perhitungan yang terkait dengan kesetimbangan. II. Materi Pembelajaran Momen inersia III. Metode Pembelajaran Eksperimen IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dengan memberikan informasi tentang kegiatan laboratorium dan persiapan sebelum melakukan praktikum. Kegiatan Inti - Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok berdasarkan jumlah praktikum yang akan dilakukan. - Guru memberikan soal-soal pre-test sebelum para siswa melakukan praktikum. - Siswa mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk melakukan praktikum.

RPP Kajian Fisika SMA 2

117

Siswa melakukan praktikum sesuai konsep atau tema yang diberikan oleh guru. - Siswa melakukan presentasi di hadapan teman-temannya dari hasil percobaan yang telah dilakukan. - Siswa membuat hasil laporan ilmiah untuk dikumpulkan. - Guru memberikan pos-test. Kegiatan Akhir Guru memberi informasi bahwa laporan ilmiah dibuat sesuai dengan data yang diperoleh dengan memberi penekanan tujuan diadakannya praktikum. Guru menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan oleh siswa dan memberi tugas untuk mempersiapkan materi pada pertemuan selanjutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 162 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Papan, penggaris, dua buah kelereng dengan ukuran yang berbeda, dan alat tulis Sarana/Media : CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Kuis tertulis 2. Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya jawab, kinerja keterampilan dalam peragaan dan percobaan serta sikap 3. Laporan percobaan 4. Pre-test dan Post-test

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

118

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/2 41 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : Mendeskripsikan pengertian momen gaya

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum kedua Newton; - membedakan gerak translasi dengan gerak rotasi; - menjelaskan dan memformulasikan besaran-besaran yang terkait dengan masalah benda tegar; - melakukan perhitungan-perhitungan yang terkait dengan kesetimbangan. II. Materi Pembelajaran Momen gaya III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan materi pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi yang akan dibahas pada pertemuan ini. Kegiatan Inti - Guru memberikan informasi (ceramah) yang diikuti tanya jawab untuk menjelaskan pengertian momen gaya. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan momen gaya. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

119

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi momen gaya, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 163–165 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

120

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/2 42 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : Mendeskripsikan pengertian momen gaya

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum kedua Newton; - membedakan gerak translasi dengan gerak rotasi; - menjelaskan dan memformulasikan besaran-besaran yang terkait dengan masalah benda tegar; - melakukan perhitungan-perhitungan yang terkait dengan kesetimbangan. II. Materi Pembelajaran Hukum kedua Newton untuk gerak rotasi III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan kaitannya dengan materi yang akan disampaikan pada pertemuan ini. Kegiatan Inti - Guru memberikan informasi (ceramah) yang disertai tanya jawab untuk merumuskan hukum kedua Newton untuk gerak rotasi. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan hukum kedua Newton untuk gerak rotasi.

RPP Kajian Fisika SMA 2

121

Siswa melakukan kegiatan untuk mengukur gaya putar yang diperlukan untuk melawan kelembaman rotasi benda. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan hukum kedua Newton untuk gerak rotasi. - Siswa mengerjakan soal tugas atau kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan materi hukum kedua Newton untuk gerak rotasi, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 165–167 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Satu gulungan kertas, meja, tongkat kayu, alat tulis, dan klip kertas Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Tes keterampilan (psikomotorik) 4. Kuis 5. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

122

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/2 43 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : Mendeskripsikan pengertian momentum sudut

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum kedua Newton; - membedakan gerak translasi dengan gerak rotasi; - menjelaskan dan memformulasikan besaran-besaran yang terkait dengan masalah benda tegar; - melakukan perhitungan-perhitungan yang terkait dengan kesetimbangan. II. Materi Pembelajaran Momentum sudut III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan kaitannya dengan materi yang akan disampaikan pada pertemuan ini. Kegiatan Inti - Guru memberikan informasi (ceramah) yang disertai tanya jawab untuk menjelaskan pengertian momentum sudut. - Siswa melakukan demonstrasi untuk menunjukkan momentum sudut dari beberapa bentuk benda.

RPP Kajian Fisika SMA 2

123

Siswa melakukan diskusi kelas untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan momentum sudut. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi momentum sudut, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 168 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Silinder, bola, papan datar, kertas, penggaris Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

124

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : : : : : Fisika XI/2 44 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : Menyebutkan syarat suatu benda dapat dikatakan dalam keadaan setimbang

Indikator

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum kedua Newton; - membedakan gerak translasi dengan gerak rotasi; - menjelaskan dan memformulasikan besaran-besaran yang terkait dengan masalah benda tegar; - melakukan perhitungan-perhitungan yang terkait dengan kesetimbangan. II. Materi Pembelajaran Kesetimbangan III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan kaitannya dengan materi yang akan disampaikan pada pertemuan ini. Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi untuk mendefinisikan pengertian kesetimbangan. - Siswa melakukan diskusi untuk menyebutkan syarat suatu benda dapat dikatakan dalam keadaan setimbang.

RPP Kajian Fisika SMA 2

125

Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kesetimbangan. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi kesetimbangan, dilanjutkan dengan memberi tugas membaca sebagai persiapan untuk pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 168–169 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas 3. Kuis

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

126

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/2 45 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : Menjelaskan pengertian energi kinetik rotasi

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia berdasarkan hukum kedua Newton; - membedakan gerak translasi dengan gerak rotasi; - menjelaskan dan memformulasikan besaran-besaran yang terkait dengan masalah benda tegar; - melakukan perhitungan-perhitungan yang terkait dengan kesetimbangan. II. Materi Pembelajaran Energi kinetik rotasi III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan kaitannya dengan materi yang akan disampaikan pada pertemuan ini. Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi untuk mendefinisikan pengertian energi kinetik pada gerak translasi dan energi kinetik pada gerak rotasi. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan energi kinetik rotasi.

RPP Kajian Fisika SMA 2

127

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi energi kinetik rotasi. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 170 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Tugas 3. Kuis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

128

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 46 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : - Mendefinisikan pengertian tekanan dan massa jenis - Mendeskripsikan pengertian berat jenis dan massa jenis : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - membedakan pengertian fluida statis dan fluida dinamis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida dinamis; - menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan sehari-hari; - menerapkan hukum-hukum pada fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Tekanan dan massa jenis III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingat kembali materi tekanan dan massa yang pernah dipelajari di bangku SMP. Kegiatan Inti - Guru memberikan informasi (ceramah) yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian fluida. - Guru memberikan informasi (ceramah) yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan tekanan yang terjadi dalam fluida. - Siswa melakukan pengamatan untuk mengetahui tekanan yang terjadi pada fluida statik.

RPP Kajian Fisika SMA 2

129

Siswa melakukan diskusi untuk memformulasikan tekanan hidrostatik. Siwa melakukan diskusi untuk mendefinisikan pengertian massa jenis. Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan tekanan dan massa jenis. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Gru menyimpulkan dengan memberi penekanan materi tekanan dan massa jenis, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 181–184 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis 4. Tugas Contoh Soal Kuis 1. Rumus tekanan adalah .... 2. Rumus tekanan hidrostatik adalah .... 3. Besarnya gaya tekan ke atas sama dengan berat cairan yang .... Jawaban Kuis F 1. p = __ A 2. p = rgh 3. dipindahkan

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

130

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 47 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : - Mendefinisikan pengertian tekanan dan massa jenis - Mendeskripsikan pengertian berat jenis dan massa jenis : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - membedakan pengertian fluida statis dan fluida dinamis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida dinamis; - menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan seharihari; - menerapkan hukum-hukum pada fluida dinamis dalam kehidupan seharihari. II. Materi Pembelajaran Menentukan massa jenis suatu benda III. Metode Pembelajaran Eksperimen IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dan diteruskan dengan menjelaskan persiapan-persiapan yang perlu dilakukan sebelum dan setelah melakukan eksperimen serta menjelaskan laporan hasil kegiatan. Kegiatan Inti - Guru memberikan soal pre-test sebelum melakukan eksperimen. - Siswa mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk melakukan eksperimen.

RPP Kajian Fisika SMA 2

131

Siswa melakukan percobaan untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk dianalisis. - Siswa melakukan diskusi dan mengolah data hasil percobaan. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan percobaan yang dilakukan dan menyimpulkan hasil percobaan. - Siswa mempresentasikan hasil percobaan. - Siswa membuat hasil laporan yang berupa laporan kerja ilmiah. Kegiatan Akhir Guru melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan dengan memberi penekanan pada hasil percobaan, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas membaca untuk memahami materi yang telah dipelajari untuk mempersiapkan diri menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 184–185 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan sikap, tingkah laku siswa, dan kinerja dalam melakukan percobaan. 2. Presentasi hasil percobaan 3. Tugas kelompok dan tes keterampilan percobaan dan peragaan (pre-test).

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

132

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 48 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : - Mendefinisikan pengertian fluida statis - Mendeskripsikan pengaruh tekanan dalam fluida statis : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - membedakan pengertian fluida statis dan fluida dinamis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida dinamis; - menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan seharihari; - menerapkan hukum-hukum pada fluida dinamis dalam kehidupan seharihari. II. Materi Pembelajaran Variasi tekanan dalam fluida statis III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingat materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan keterkaitannya dengan materi yang akan dibahas dalam pertemuan ini. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk mendefinisikan pengertian fluida statis.

RPP Kajian Fisika SMA 2

133

Siswa melakukan diskusi untuk mendeskripsikan pengaruh variasi tekanan dalam fluida statis. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan variasi tekanan pada fluida statis. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi yang telah disampaikan pada pertemuan ini, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 185–186 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

134

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 49 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : - Mendeskripsikan akibat-akibat tekanan pada fluida statis - Mendefinisikan pengertian paradoks hidrostatis - Membuktikan bahwa prinsip Pascal adalah penyeimbang tekanan - Membuktikan bahwa prinsip Archimedes adalah gaya apung : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - membedakan pengertian fluida statis dan fluida dinamis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida dinamis; - menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan seharihari; - menerapkan hukum-hukum pada fluida dinamis dalam kehidupan seharihari. II. Materi Pembelajaran Akibat-akibat tekanan pada fluida statis III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingat materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan keterkaitannya dengan materi yang akan dibahas dalam pertemuan ini.

RPP Kajian Fisika SMA 2

135

Kegiatan Inti - Guru memberikan informasi atau ceramah yang disertai tanya jawab untuk menjelaskan tekanan pada fluida statis. - Siswa melakukan diskusi untuk mendeskripsikan akibat-akibat tekanan pada fluida statis. - Siswa melakukan kegiatan untuk membandingkan tekanan udara dalam berbagai arah di tempat tertentu. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan paradoks hidrostatis - Siswa melakukan diskusi untuk membuktikan bahwa prinsip Pascal adalah penyeimbang tekanan. - Siswa melakukan diskusi untuk membuktikan bahwa prinsip Archimedes adalah gaya apung. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan akibat-akibat tekanan pada fluida statis. - Guru memberikan kuis. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi akibat-akibat tekanan pada fluida statis, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri atau kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 187–193 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Alat/Bahan : Stoples, air, selembar kertas karton, dan mangkuk Sarana/Media : OHP, chart, slide, dan CD interaktif yang sesuai VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Laporan hasil percobaan/pengamatan 3. Presentasi di depan kelas 4. Kuis Mengetahui, Kepala Sekolah Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

136

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 50 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : - Mendefinisikan pengertian fluida dinamis - Mendeskripsikan pembagian fluida : : : : :

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - membedakan pengertian fluida statis dan fluida dinamis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida dinamis; - menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan seharihari; - menerapkan hukum-hukum pada fluida dinamis dalam kehidupan seharihari. II. Materi Pembelajaran Pembagian fluida III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Eksperimen 3. Diskusi 4. Presentasi IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab berkaitan dengan fluida dinamis. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan fluida dinamis dan hukum-hukum yang mendasarinya.

RPP Kajian Fisika SMA 2

137

Siswa melakukan demonstrasi di depan kelas untuk mengamati sifat-sifat fluida dinamis. - Siswa melakukan diskusi untuk mendeskripsikan pembagian fluida. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan beberapa peristiwa keseharian yang berkaitan dengan fluida. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan fluida. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi pembagian fluida, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

138

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/2 51 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : Mendeskripsikan persamaan kontinuitas dengan kekentalan massa fluida

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - membedakan pengertian fluida statis dan fluida dinamis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida dinamis; - menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan sehari-hari; - menerapkan hukum-hukum pada fluida dinamis dalam kehidupan seharihari. II. Materi Pembelajaran Persamaan kontinuitas dengan kekekalan massa fluida III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan keterkaitannya dengan materi yang akan dipelajari. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan persamaan kontinuitas dengan kekentalan massa fluida. - Siswa melakukan demonstrasi di depan kelas untuk mengamati kekentalan massa fluida.

RPP Kajian Fisika SMA 2

139

Siswa melakukan diskusi kelas untuk memformulasikan persamaan kontinuitas dengan kekentalan massa fluida. - Siswa melakukan pengamatan dan diteruskan dengan diskusi untuk menganalisis kontinuitas dengan kekentalan massa fluida. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan beberapa peristiwa keseharian yang berkaitan dengan materi persamaan kontinuitas dengan kekentalan massa fluida. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan materi persamaan kontinuitas dengan kekentalan massa fluida. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan materi persamaan kontinuitas dengan kekentalan massa fluida, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 195–196 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis 4. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

140

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/2 52 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : Mendeskripsikan asas Bernoulli

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - membedakan pengertian fluida statis dan fluida dinamis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida dinamis; - menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan sehari-hari; - menerapkan hukum-hukum pada fluida dinamis dalam kehidupan seharihari. II. Materi Pembelajaran Asas Bernoulli III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan keterkaitannya dengan materi yang akan dipelajari. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan asas Bernoulli. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk memformulasikan asas Bernoulli. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan materi persamaan asas Bernoulli. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

141

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan materi asas Bernoulli, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 197–199 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis 4. Tugas

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

142

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/2 53 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : Menyebutkan akibat-akibat asas Bernoulli

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - membedakan pengertian fluida statis dan fluida dinamis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida dinamis; - menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan sehari-hari; - menerapkan hukum-hukum pada fluida dinamis dalam kehidupan seharihari. II. Materi Pembelajaran Akibat-akibat asas Bernoulli III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan keterkaitannya dengan materi yang akan dipelajari. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan asas Bernoulli. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menyebutkan akibat-akibat asas Bernoulli. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan akibat asas Bernoulli pada fluida statis.

RPP Kajian Fisika SMA 2

143

Siswa melakukan diskusi untuk mendeskripsikan daya angkat pesawat terbang sebagai akibat asas Bernoulli. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan materi akibat-akibat asas Bernoulli. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan materi akibat-akibat asas Bernoulli, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 199–200 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis 4. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

144

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : Fisika XI/2 54 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari : Menyebutkan penerapan prinsip Bernoulli

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - membedakan pengertian fluida statis dan fluida dinamis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis; - menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida dinamis; - menerapkan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan sehari-hari; - menerapkan hukum-hukum pada fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Penerapan prinsip Bernoulli III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan pelajaran pada pertemuan sebelumnya dan keterkaitannya dengan materi yang akan dipelajari. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan prinsip Bernoulli. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menyebutkan penerapan prinsip Bernoulli. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan penerapan prinsip Bernoulli. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

145

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi penerapan prinsip Bernoulli, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 201–202 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat melakukan tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan (demonstrasi) serta penilaian sikap, minat dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis 4. Tugas

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

146

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Fisika XI/2 55 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik Mendeskripsikan pengertian satuan massa atom

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan perilaku gas sejati yang menghasilkan model gas ideal; - menjelaskan konsep suhu, tekanan, dan energi ditinjau dari sudut pandang konsep mikroskopis; - mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik; - menformulasikan prinsip ekipartisi energi; - menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Satuan massa atom III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang konsep gas ideal dan gas nyata serta hukum-hukum yang berlaku. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk mengetahui konsep gas. - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan satuan massa atom. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan satuan massa atom. - Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

147

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi satuan massa atom, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 211–213 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

148

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Fisika XI/2 56 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik Mendeskripsikan pengertian bilangan Avogadro dan konsep mol

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan perilaku gas sejati yang menghasilkan model gas ideal; - menjelaskan konsep suhu, tekanan, dan energi ditinjau dari sudut pandang konsep mikroskopis; - mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik; - menformulasikan prinsip ekipartisi energi; - menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Bilangan Avogadro dan konsep mol III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang konsep gas ideal dan gas nyata serta hukum-hukum yang berlaku. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk mengetahui bilangan Avogadro dan konsep mol. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mendefinisikan pengertian bilangan Avogadro. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menjelaskan konsep mol. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan bilangan Avogadro dan konsep mol. - Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

149

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi bilangan Avogadro dan konsep mol, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 213–215 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

150

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Fisika XI/2 57 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik - Menjelaskan sifat-sifat gas ideal - Menjelaskan dan menformulasikan hukum Boyle–Gay Lussac - Menjelaskan dan memformulasikan hukum Charles dan Gay Lussac

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan perilaku gas sejati yang menghasilkan model gas ideal; - menjelaskan konsep suhu, tekanan, dan energi ditinjau dari sudut pandang konsep mikroskopis; - mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik; - menformulasikan prinsip ekipartisi energi; - menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Gas ideal dan sifat-sifatnya III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang konsep gas ideal dan gas nyata serta hukum-hukum yang berlaku. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk mengungkap kembali konsep gas. - Guru memberi ceramah dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan hukum-hukum yang berkaitan dengan gas ideal.

RPP Kajian Fisika SMA 2

151

Siswa melakukan diskusi untuk mendefinisikan dan memformulasikan hukum Boyle. - Siswa melakukan diskusi untuk mengidentifikasi dan memformulasikan hukum Charles dan Gay Lussac. - Siswa melakukan diskusi untuk mengidentifikasi dan memformulasikan hukum Boyle–Gay Lussac. - Siswa melakukan diskusi untuk memformulasikan sifat-sifat gas ideal. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan sifat-sifat gas ideal. - Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi sifat-sifat gas ideal, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 215–218 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

152

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Fisika XI/2 58 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik - Menjelaskan sifat-sifat gas ideal - Menjelaskan dan menformulasikan hukum Boyle–Gay Lussac - Menjelaskan dan memformulasikan hukum Charles dan Gay Lussac

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan perilaku gas sejati yang menghasilkan model gas ideal; - menjelaskan konsep suhu, tekanan, dan energi ditinjau dari sudut pandang konsep mikroskopis; - mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik; - menformulasikan prinsip ekipartisi energi; - menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Gas sejati III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang konsep gas ideal dan gas nyata serta hukum-hukum yang berlaku. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk mengungkap kembali konsep gas. - Guru memberi ceramah dan disertai tanya jawab untuk menjelaskan hukum-hukum yang berkaitan dengan gas ideal.

RPP Kajian Fisika SMA 2

153

Siswa melakukan diskusi untuk menerapkan hukum-hukum gas ideal pada gas sejati. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan penerapan sifat-sifat gas ideal pada gas sejati. - Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi penerapan sifat-sifat gas ideal pada gas sejati, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 218–220 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

154

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Fisika XI/2 59 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik Mendeskripsikan gas ideal dalam skala mikroskopis

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan perilaku gas sejati yang menghasilkan model gas ideal; - menjelaskan konsep suhu, tekanan, dan energi ditinjau dari sudut pandang konsep mikroskopis; - mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik; - menformulasikan prinsip ekipartisi energi; - menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Deskripsi mikroskopis gas ideal III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang konsep gas ideal dan hukum-hukum yang berlaku. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menyebutkan sifat-sifat gas ideal. - Siswa melakukan diskusi untuk menyebutkan syarat-syarat suatu gas dapat diasumsikan sebagai gas ideal. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan penerapan deskripsi mikroskopis gas ideal. - Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

155

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi deskripsi mikroskopis gas ideal, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 220–221 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

156

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Fisika XI/2 60 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik Memformulasikan besarnya tekanan gas ideal

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan perilaku gas sejati yang menghasilkan model gas ideal; - menjelaskan konsep suhu, tekanan, dan energi ditinjau dari sudut pandang konsep mikroskopis; - mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik; - menformulasikan prinsip ekipartisi energi; - menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Tekanan gas ideal III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang konsep gas ideal dan hukum-hukum yang berlaku. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk merumuskan tekanan gas ideal. - Guru memberi ceramah dan disertai tanya jawab untuk memformulasikan hubungan antara tekanan, gerak partikel, dan jumlah molekul dengan menggunakan model energi kinetik partikel gas. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan tekanan gas ideal. - Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

157

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi tekanan gas ideal, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 221–223 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

158

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Fisika XI/2 61 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik Memformulasikan besarnya kecepatan molekul

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan perilaku gas sejati yang menghasilkan model gas ideal; - menjelaskan konsep suhu, tekanan, dan energi ditinjau dari sudut pandang konsep mikroskopis; - mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik; - menformulasikan prinsip ekipartisi energi; - menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Kecepatan molekul III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang konsep gas ideal dan hukum-hukum yang berlaku. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk merumuskan kecepatan molekul. - Siswa melakukan diskusi untuk mengidentifikasi dan menformulasikan besarnya kecepatan molekul. - Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kecepatan molekul. - Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

159

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi kecepatan molekul, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 223–226 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

160

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Fisika XI/2 62 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik Mendeskripsikan dan menformulasikan kapasitas kalor gas ideal

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan perilaku gas sejati yang menghasilkan model gas ideal; - menjelaskan konsep suhu, tekanan, dan energi ditinjau dari sudut pandang konsep mikroskopis; - mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik; - menformulasikan prinsip ekipartisi energi; - menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Kapasitas kalor gas ideal III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang konsep gas ideal dan hukum-hukum yang berlaku. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan kapasitas kalor gas ideal. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan kapasitas kalor spesifik kalor molar. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan kapasitas kalor. - Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

161

Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi kapasitas kalor gas ideal, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 226–229 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

162

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Fisika XI/2 63 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik Mendeskripsikan dan menformulasikan prinsip ekipartisi energi

I. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan perilaku gas sejati yang menghasilkan model gas ideal; - menjelaskan konsep suhu, tekanan, dan energi ditinjau dari sudut pandang konsep mikroskopis; - mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik; - menformulasikan prinsip ekipartisi energi; - menerapkan konsep gas ideal dalam kehidupan sehari-hari. II. Materi Pembelajaran Ekipartisi energi III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang konsep gas ideal dan hukum-hukum yang berlaku. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan prinsip ekipartisi energi. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan konsep derajat kebebasan suatu partikel (atom atau molekul). - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menalarkan bahwa setiap derajat kebebasan memberikan kontribusi ½ kT pada energi rata-rata partikel itu untuk bertranslasi.

RPP Kajian Fisika SMA 2

163

Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan konsep Cp dan CV, serta hubungan keduanya. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan materi ekipartisi energi. - Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi ekipartisi energi, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 229–231 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Presentasi di depan kelas 3. Kuis

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

164

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. Fisika XI/2 64 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika : - Mengidentifikasi pengertian sistem dan lingkungan - Mengidentifikasi pengertian energi luar dan energi dakhlil : : : : : :

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan keadaan dan proses termodinamika; - menjelaskan hukum-hukum termodinamika; - menggambarkan berbagai siklus pada proses yang terjadi dalam termodinamika; - menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika; - merancang mesin sederhana yang prinsip kerjanya menggunakan termodinamika.

II. Materi Pembelajaran Termodinamika dan cakupan kajiannya III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang materi termodinamika dan cakupan kajiannya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk mengungkap kembali konsep kalor. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi konsep sistem dan lingkungan.

RPP Kajian Fisika SMA 2

165

Siswa melakukan diskusi kelas untuk mengidentifikasi pengertian energi luar dan energi dakhil. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan materi termodinamika. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan materi termodinamika, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 240–241 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

166

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 65 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika : - Menjelaskan pengertian proses termodinamika dan persamaan keadaan - Memformulasikan persamaan gas ideal - Menyatakan keadaan dan proses untuk gas ideal : : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan keadaan dan proses termodinamika; - menjelaskan hukum-hukum termodinamika; - menggambarkan berbagai siklus pada proses yang terjadi dalam termodinamika; - menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika; - merancang mesin sederhana yang prinsip kerjanya menggunakan termodinamika.

II. Materi Pembelajaran Keadaan dan proses termodinamika III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab tentang materi termodinamika dan cakupan kajiannya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan proses termodinamika dan persamaan keadaan.

RPP Kajian Fisika SMA 2

167

Siswa melakukan diskusi kelas untuk memformulasikan persamaan gas ideal. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menyatakan keadaan dan proses untuk gas ideal. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan materi keadaan dan proses termodinamika. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan materi keadaan dan proses termodinamika, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 241–243 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

168

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 66 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika : - Menjelaskan pengertian proses termodinamika dan persamaan keadaan - Memformulasikan persamaan gas ideal - Menyatakan keadaan dan proses untuk gas ideal : : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan keadaan dan proses termodinamika; - menjelaskan hukum-hukum termodinamika; - menggambarkan berbagai siklus pada proses yang terjadi dalam termodinamika; - menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika; - merancang mesin sederhana yang prinsip kerjanya menggunakan termodinamika.

II. Materi Pembelajaran Menggambar berbagai siklus proses dalam diagram pV III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk menyatakan keadaan dan proses untuk gas ideal. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan proses isotermik, proses isobarik, dan proses isokhorik. - Siswa melakukankegiatan untuk mengetahui hubungan suhu dan volume dan volume benda.

RPP Kajian Fisika SMA 2

169

Siswa melakukan diskusi kelas untuk menggambar berbagai siklus proses dalam diagram pV. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan materi berbagai siklus proses dalam diagram pV. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru Kegiatan Akhir Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan materi berbagai siklus proses dalam diagram pV, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 247–248 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

170

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 67 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika : - Memformulasikan hukum pertama termodinamika dan penerapannya - Mengaplikasikan hukum pertama termodinamika pada masalah fisika sehari-hari : : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan keadaan dan proses termodinamika; - menjelaskan hukum-hukum termodinamika; - menggambarkan berbagai siklus pada proses yang terjadi dalam termodinamika; - menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika; - merancang mesin sederhana yang prinsip kerjanya menggunakan termodinamika.

II. Materi Pembelajaran Hukum pertama termodinamika III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan hukum pertama termodinamika dan merumuskannya.

RPP Kajian Fisika SMA 2

171

Siswa melakukan diskusi kelas untuk menunjukkan siklus termodinamika. Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan hukum pertama termodinamika. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan pada materi hukum pertama termodinamika, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 249–251 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

172

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. : : : : : : Fisika XI/2 68 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika : Mendeskripsikan tenaga dakhil dan sifat-sifatnya

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan keadaan dan proses termodinamika; - menjelaskan hukum-hukum termodinamika; - menggambarkan berbagai siklus pada proses yang terjadi dalam termodinamika; - menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika; - merancang mesin sederhana yang prinsip kerjanya menggunakan termodinamika.

II. Materi Pembelajaran Tenaga dakhil dan sifat-sifatnya III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian tenaga dakhil. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan tenaga dakhil dan sifat-sifatnya. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan tenaga dakhil dan sifat-sifatnya. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

173

Kegiatan Akhir Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan pada materi tenaga dakhil dan sifat-sifatnya, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 251–252 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

174

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. : : : : : : Fisika XI/2 69 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika : Mendeskripsikan usaha luar antara sistem termodinamika dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan keadaan dan proses termodinamika; - menjelaskan hukum-hukum termodinamika; - menggambarkan berbagai siklus pada proses yang terjadi dalam termodinamika; - menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika; - merancang mesin sederhana yang prinsip kerjanya menggunakan termodinamika.

II. Materi Pembelajaran Usaha luar antara sistem termodinamika dan lingkungan III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan ceramah yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian usaha luar, sistem termodinamika, dan lingkungan. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk mendeskripsikan usaha luar antara sistem termodinamika dan lingkungan.

RPP Kajian Fisika SMA 2

175

Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan usaha luar antara sistem termodinamika dan lingkungan. - Siswa melakukan diskusi untuk menentukan usaha luar pada proses isotermis gas ideal. - Siswa melakukan diskusi untuk menentukan usaha luar pada proses isobaris gas ideal. - Siswa melakukan diskusi untuk menentukan usaha luar pada proses isokhoris gas ideal. - Siswa melakukan diskusi untuk mendeskripsikan proses adiabatik dan besar usaha luarnya. - Siswa melakukan diskusi untuk menentukan usaha yang terkandung dalam siklus termodinamika. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan pada materi usaha luar antara sistem termodinamika dan lingkungan, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 252–260 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

176

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator I. : : : : : : Fisika XI/2 70 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika : Menjelaskan hukum kedua termodinamika

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan keadaan dan proses termodinamika; - menjelaskan hukum-hukum termodinamika; - menggambarkan berbagai siklus pada proses yang terjadi dalam termodinamika; - menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika; - merancang mesin sederhana yang prinsip kerjanya menggunakan termodinamika.

II. Materi Pembelajaran Hukum kedua termodinamika III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan informasi yang diteruskan dengan diskusi kelas untuk menjelaskan hukum kedua termodinamika. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan hukum kedua termodinamika. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru.

RPP Kajian Fisika SMA 2

177

Kegiatan Akhir Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan pada materi hukum kedua termodinamika, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 260–261 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

178

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 71 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika : - Mendeskripsikan proses isotermal dan proses proses adiabatik - Mendeskripsikan aliaran kalor dalam siklus pada proses isotermal dan adiabatik : : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan keadaan dan proses termodinamika; - menjelaskan hukum-hukum termodinamika; - menggambarkan berbagai siklus pada proses yang terjadi dalam termodinamika; - menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika; - merancang mesin sederhana yang prinsip kerjanya menggunakan termodinamika.

II. Materi Pembelajaran Menentukan aliran kalor dalam silus III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan Inti - Guru memberikan informasi yang diteruskan dengan diskusi kelas untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan oleh lingkungan kepada gas untuk tekanan tetap.

RPP Kajian Fisika SMA 2

179

Guru memberi informasi yang disertai dengan tanya jawab untuk menjelaskan pengertian proses isotermal pada proses adiabatik. - Siswa melakukan peragaan (demonstrasi) yang disertai dengan tanya jawab untuk menunjukkan proses isotermal dan adiabatis. - Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan aliran kalor dalam siklus. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru Kegiatan Akhir Dengan cara tanya jawab, siswa menyimpulkan dan guru memberi penekanan pada materi aliran kalor dalam siklus, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan membaca untuk memahami materi berikutnya. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 260–261 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

-

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

180

RPP Kajian Fisika SMA 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Fisika XI/2 72 2 jam pelajaran (2 × 45 menit) Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika : - Mendeskripsikan penerapan hukum termodinamika pada mesin uap - Menjelaskan siklus Carnot - Menjelaskan siklus pada mesin bensin (siklus Otto) - Menjelaskan siklus pada mesin Diesel (siklus Rankine) - Menjelaskan prinsip dasar lemari es dan pendingin ruangan : : : : : :

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi dalam bab ini, siswa diharapkan dapat - menjelaskan keadaan dan proses termodinamika; - menjelaskan hukum-hukum termodinamika; - menggambarkan berbagai siklus pada proses yang terjadi dalam termodinamika; - menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika; - merancang mesin sederhana yang prinsip kerjanya menggunakan termodinamika.

II. Materi Pembelajaran Siklus proses dan mesin III. Metode Pembelajaran 1. Informasi/ceramah 2. Demonstrasi 3. Diskusi dan tanya jawab IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran yang diteruskan dengan tanya jawab untuk mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

RPP Kajian Fisika SMA 2

181

Kegiatan Inti - Siswa melakukan diskusi untuk mendeskripsikan penerapan hukum termodinamika pada mesin uap. - Siswa melakukan diskusi untuk menjelaskan siklus Carnot. - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan mesin bensin (siklus Otto). - Siswa melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan mesin Diesel (siklus Rankine). - Siswa melakukan diskusi untuk menjelaskan prinsip dasar lemari es dan pendingin ruangan. - Siswa melakukan diskusi untuk menerapkan siklus proses dan pada kehidupan sehari-hari. - Siswa mengerjakan kuis yang diberikan oleh guru. Kegiatan Akhir Guru menyimpulkan dengan memberi penekanan pada materi siklus proses dan mensin, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, serta mempersiapkan diri untuk ulangan harian pada pertemuan berikutnya. Siswa diharapkan mempelajari kembali materi dalam semester ini agar dapat menyelesaikan soal ujian semester dengan baik dan benar. V. Alat/Bahan/Sumber Belajar Sumber : Buku Kajian Konsep Fisika 2 halaman 262–267 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Sarana/Media : OHP, slide, VCD, dan chart VI. Penilaian 1. Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan saat tanya jawab atau diskusi, kinerja keterampilan dalam melakukan peragaan serta penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas 2. Kuis 3. Tugas

Mengetahui, Kepala Sekolah

Dilaksanakan, ........................... Guru Fisika

(___________________) NIP. ................................

(___________________) NIP. ................................

182

RPP Kajian Fisika SMA 2

Daftar Pustaka

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. ”Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta. Depdiknas. 2006 ”Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta. Depdiknas. 2006. ”Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta. Depdiknas. 2006. ”Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

RPP Kajian Fisika SMA 2

183

Kunci Soal Latihan

Soal Latihan Bab 1 A. 1. b 2. b 3. a 4. c 5. d 6. a 7. c 8. a 9. d 10. –

11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20.

a e d – c d – a b 20,5o

21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30.

e b – d c c c c a d

31. 32. 33. 34. 35. 36. 37. 38. 39. 40.

d e d c c a e c b –

B. 1. Perpindahan ∆r = 7,5 – 32,5; |r| = 177 km, 15o selatan dari barat i j 1 2. Tinggi tebing y = v0yt + __ gt2 = 45 m, dan jarak dari tebing x = vxt = 4, 8 m 2 3. Gambarkan dengan jelas terlebih dahulu dan perhatikan arah vektornya dengan saksama. a. 435 km/jam; 9,36 timur dari selatan b. 12 km 5. 195 vx = v0 cos a dan x = vxt sehingga vx = ____, sedangkan 7,6 1 1 y = v0yt – __ gt2 = v0 sin at – __gt2 2 2 1 155 = v0 sin a ·7,6 – __· 10(7,6)2 2 155 + 5 (7,6)2 ____________ 155 + 5 (7,6)2 7,6 sehingga v0 sin a = ____________ = vx tan a atau tan a = ____________. vz 7,6

Oleh karena itu, a = 66o di atas arah horizontal dan v0 = 63 m/s. → ^ ^ → d​ 7. v = __​ sin wti + wB cos wtj  Kecepatan benda tidak selalu tegak lurus ​r​ wA ​ = . dt terhadap vektor posisinya.

184

RPP Kajian Fisika SMA 2

8. x = vt dengan t =

2y √___ g

___

v 2​ ​​sin2a ______ 9. (a) ymaks = ​0 ​ ​ 2g (c) v = vx = v0 cos a i  i (d)
 a = gj → → ^

___ ___ 90 ___ = √10 maka v = ____ = 9√10 m/s √ 10

11. (a) t = √0,8 ___ detik (b) v = 7,5√0,8 m/detik 12. v = 7,5√ 0, 8 i – 4√5 j  16. Perpindahan benda ∆r =(–12 – j) m i  ____ ^ ^ → 17. ∆r = (10i + 3j  maka besar perpindahannya | ∆r | = √109 km ) ^ ^ ^ ^ → d2r → 18. a = ___ = 8i – 12j – 24t maka untuk t = 2 detik diperoleh a = 8i – 12j – 48 k k dt2 ________________ __ __ ^ ^ → → → → 19. v = v0 + at = 20i – 30j – 10√3  m/s. Kelajuannya |v| = √202 + 302 + (10√3 )2 k dw 1 20. θ = θ0 + w0t + __at2 dengan a = ___ = 2 2 dt dθ = 4t – 9 maka untuk t = 1 s diperoleh w = –5 rad/s 21. w = ___ dt 22. a = 2 rad/s2 __ 24. (a) untuk t = √2 s 1 y = v0yt – __ gt2 = 30 m 2 v = v0y – gt = 10√2 m/s Soal Latihan Bab 2 A. 1. a 2. c 3. c 4. 0,39 RB 5. c 6. b 7. a
__ → → ____^ __^

___

8. 9. 10. 11. 12. 13. 14.

b b b c b b c

15. 16. 17. 18. 19. 20. 21.

a b a 990 N a b a

22. 23. 24. 25.

c b c b

RPP Kajian Fisika SMA 2

185

B. 1. Jika jarak atom H dengan pusat segitiga bawah adalah a maka sisi-sisi __ segitiga bawah yang disusun oleh atom H adalah b = a√ 3 . Sisi yang menghubungkan H dengan N sebutlah c. Jika N diletakkan pada sumbu-Z yang melewati pusat segitiga bawah maka sudut sisi sepanjang c terhadap a sumbu-Z adalah θ = sin–1[__] = 68o dan sudut sisi tersebut terhadap bidang c segitiga bawah adalah a = 90o – 68o = 32o. Untuk contoh, akan dihitung medan gravitasi pada N saja. Karena medan gravitasi adalah vektor, aturan jumlahannya juga mengikuti aturan penjumlahan vektor. Terhadap satu atom H, medan gravitasi yang dirasakan oleh N adalah gNH = GmH/c2 dengan arah searah sisi c. Karena atom H yang lain menghasilkan medan gravitasi yang sama besar dengan arah ke sisi c lain yang menghubungkan masing-masing H dengan N tersebut. Akibatnya, jumlahan vektor yang tersisa adalah yang ke arah bawah (komponen gNH yang searah sumbu-Z). Komponen gNH sejajar segitiga bawah saling melenyapkan sehingga medan gravitasi yang θ dirasakan oleh N adalah gN =3gNH cos θ =3GmH cos __ ke arah bawah. c2 Dengan metode yang sama, dapat dihitung medan gravitasi yang dirasakan oleh masing-masing atom H. 2. Dapat diselesaikan dengan menggunakan persamaan hukum Kepler III, 4π T2 ___ = ____ dengan T kala revolusi satelit, R jari-jari orbit satelit, dan M R3 GM massa Mars. Jadi, M = 6,45 × 1023 kg. 3. Jika jari-jari planet sama dengan jejari bumi R = Rb dan rapat massanya sama 4 dengan matahari rm maka massa planet adalah M = Mp = rm(__ pR3). Jadi, b 3 GM GMp 4 medan gravitasi di permukaan planet adalah g = ____ = ____ = __pGrmRb, 3 R2 R2 b ______ _____ _________ 2GMp 2GM 8 dan laju lepas dari planet adalah v0 = _____ = _____ = __ pGrmR2 b R Rp 3

5.

Saat lintasan satelit bermassa ms melintasi bumi dengan massa Mb berbentuk lingkaran (eksentrisitas e = 0), kelajuan satelit tetap v sehingga dipenuhi v2 GM v2r __ = ____2 dengan r jari-jari lintasan. Jadi, ____ – 1 = 0. r GM r2 Untuk kasus yang lebih umum, suku 0 pada persamaan di atas adalah eksentrisitas itu sendiri. Jadi, lintasan satelit dengan bentuk irisan kerucut v2r sembarang ____ – 1= e. GM Dari data-data yang ada, nilai e dapat ditentukan. Jika 0 < e < 1, lintasan berbentuk elips, e = 1 berbentuk parabola, dan e > 1 berbentuk hiperbola.

186

RPP Kajian Fisika SMA 2

6.

7.

RQ 9 GM R RP Q TP 2 ___ 3 __ 3 RP TP 2 [___] =[ ] = (4 ) . Jadi, [___] = (__)3. TQ RQ TQ 9 3 3 Jika TP = 24 hari maka TQ = (__)3(24) hari = 81 hari. 2 GMe GMm Percepatan gavitasi di permukaan bumi ge =(____) dan bulan gm = _____. 2 2 Re Rm 2 ge ______ MeRm Jadi, __ = gm M R2 .
m

2 TQ TP RP 4 4p Menggunakan hukum Kepler III, ___ = ____ = ___. Karena ___ = __ maka 2 3

2

e

8. Gunakan hukum Kepler III. GM 9. Medan gravitasi di permukaan planet adalah g = ____. R2 Jadi, perbandingan medan gravitasi di permukaan kedua planet adalah g1 1 2 __ = _____. 3M1 3M2 Karena rapat massa keduanya sama maka r = _____ = _____ atau 4πR3 4πR3 1 2 R1 3 g1 __ R1 M1 = M2(__) sehingga __ = . g2 R R2 2 _____ 2GM _____ . 10. Gunakan persamaan v0 = R g2 M2R2 1 M R2

Soal Latihan Bab 3 A. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. a e a d d a a d d c a c c 0,817 m/s a 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. b e c d b b a c a c b d b b e 31. 32. 33. 34. 35. 36. 37. 38. 39. 40. 41. 42. 43. 44. 45. e a a d b 7 ___T 12 e b d ___ 1 k __ v = √ 2x0 (µg + __x0)2 m a b a c b

RPP Kajian Fisika SMA 2

187

B. 1. 2.

ℓ 4ℓ Jika T1 =2π __ maka T2 =2π __ =2T1. g g

__

___

F1 F2 750 (gram) · g 800 gram · g k = ___ = __ ; ____________ = ___________ sehingga dapat dihitung nilai x1 x2 x2 2,5 cm x2 =2,67 cm. 3. Semula karet memiliki tetapan kenyal k. Setelah dibelah jadi 2 maka tetapan kenyal karet menjadi k1, k2 dengan nilai k = k1 + k2. Hal ini dapat 4 dibayangkan seperti 2 karet yang diparalel sehingga, k1 = __ ·15 = 10 N/m 6 2 dan k2 = __ ·15 = 5 N/m. 6 4. (a) Jika pegas dipotong menjadi 10 bagian maka pegas semula merupakan rangkaian seri dari 10 pegas tersebut. 1 1 1 1 1 10 Dengan demikian, __ = ___ + ___ + ... + ___ sehingga __ = ___; k = 50 ks k1 k1 k10 5 k N/m. 3 3 (b) k1 = __ · 5=3 N/m dan k2 = __ · 5 = 2 N/m. 5 5 (k1 + k2) · k3 5. (a) kp = k1 + k2; ks = ___________ (k1 + k2) + k3 k1 · k2 k1 · k2 (b) ks = _____; kp = _____ + k2 k1 + k2 k1 + k2 6. 8. m · g 180 200 k = _____ = ____ , tetapi nilai k yang terbaca adalah kterbaca = ____ maka nilai x x x 200 –180 20 ________ = ___. berkurangnya k adalah k = x x F 0,5 · 10 __ = _______ = 100 N/m. Sebelum dicelup air, k = x 0,05 Sesudah dicelup air, F = –kx = rVg; (100)(0,04) = rp(0,05)3(10) sehingga r = 3.200 kg/m3. Dari rumus F = –kx = mg nampak bahwa pertambahan panjang sebuah pegas tidak bergantung pada ketinggiannya. 10. Percepatan maksimum akan dialami balok ketika balok menjalani simpangk an yang paling jauh, a(t)= – __ x(t). m mv2 v2 11. Fs = Felastis sehingga ____ = kx; (0,50 kg)(_____ ) = (40 N/m)(0,2 m) didapat R 0,7 m nilai v =3,35 m/s. 9.

188

RPP Kajian Fisika SMA 2

12. F = –kx = mg; k(5 · 10–2) = (0,05)(10) didapat nilai k = 10 N/m. Tenaga 1 1 potensial U = __ kx2 = __ (10)(4 · 10–2)=0,2 J. 2 2 F1 __ ______ _____ F2 0,5 N 0,6N 13. k = __ = x ; = x sehingga x2 = 0,14 m atau 14 cm. x1 2 0,12 m 2 300 m 15. Pada keadaan awal, T =2p __ = 2p ____ = √ 2 s sehingga nilai k = 600p2 N/m.

√k

__

____

__

k

600 Dengan demikian, setelah ditambah penumpang T2 = 2p _____ = 2 s. 600p2 16. v(t) =__ 0cos(wt + φ). Kecepatan maksimumnya v(t)= wx0 = 4 dengan wx k __ sehingga dengan mengganti nilai k = 80 N/m dan x = 0,2 m akan w= m 0 didapatkan nilai m = 0,2 kg.

______

2k · k 2 17. Sistem (a), ktotal = _____ = __ k sehingga nilai frekuensinya 2kk 3
__ 2 _ 1 3k 1 __ 1 k 1 __ ___ __ = __√ 6 ___ __ = __√ 6 f. f(a) = m m

__

3

3

Sistem (b), ktotal =2k sehingga frekuensinya 3 __ m 3 __ = 2p __   = 2 s sehingga   = 3p2 N/m. k 18. Periode getaran T =2p k k Gaya pada saat simpangan benda 6 cm, 1 2k 1 1 f(b) = ___ ___ = ___√2 f = __√ 3 f. m 2p 2p√
___ _ __

__

F = –kx = –(3p2 N/m)(0, 06 m) = –0,18p2 N. Jadi, besar gaya yang bekerja adalah 0,18p2 N. 19. Tetapan pegas k dicari dari _______ __ k 1 m 1 ___ __ = ___ _______ = 100 Hz, k = 800p2 N/m. f= 2π k 2π 0,02 kg

Persamaan simpangan x = x0 sin(wt + φ) = (0,1 m)(sin 30o) = 0,05 m. Tenaga 1 1 potensialnya U = __ kx2 = __(800p2)(0,05)2 = p2 J. 2 2 1 1 1 1 1 k 1 __ k__ x2 = __ kx2, E = __ m__ __ x2 = __ = kx2. Dengan demikian, 20. Ep = 0 2 4 0 8 0 k 2 4m 0 8
1 1 Ep _kx2 1 Ek _kx2 1 8 0 8 0 __ = ____ = __ dan __ = ____ = __ . 1 2 1 E _kx 4 E _kx2 4
T

2

0

T

2

0

RPP Kajian Fisika SMA 2

189

Soal Latihan Bab 4 A. 1. c 2. b 3. a 4. e 5. c 6. b 7. c 8. d 9. c 10. e

11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20.

b e d b a c b a d d

21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30.

c d b a a c b c e e

31. 32. 33. 34. 35.

c e a e c

mg B. 1. Perpanjangan pegas akibat beban itu adalah ∆x = ___. Energi potensial k gravitasi yang dilepas oleh beban itu adalah ∆Eg = mg∆x m2g2 = ____. k Sementara energi potensial pegas yang didapatkan oleh beban adalah 1 ∆Ep =__ k∆x2 2 2 2 1 mg = __k____ 2 2k2 m g2 ______ =1 2 k 1 = __ ∆Eg. 2 2. (a) F = ma = (102 kg)(2,0 ms–2) = 204 N. 5,3 m/s (b) 0=5,3 m/s – (2,0 m/s2)t ⇒ t = _______ =2,65 s. 2,0 ms–2 1 Dari data ini didapat s = (5,3 m/s)(2,65 s) – (__)(2,0 m/s2)(2,65 s)2 2 s = 702,25 m (c) –1.685,4 J ____ 4. Gunakan persamaan v0 = √2gh sehingga diperoleh v0 = 8,9 m/s. g 5. (a) Dengan hukum kedua Newton, FA – mg = m(___), didapat 10 1 11 FA = mg + ___mg = ___mg. 10 10 Usaha yang dilakukan oleh FA adalah WFA = FA(15 m) = (11)(15)(72) joule = 11.880 joule. (b) Jika Wg usaha yang dilakukan oleh gaya berat maka Wg = –mg(15 meter) = 10.800 joule.

190

RPP Kajian Fisika SMA 2

(c) Energi kinetik diperoleh sebagai selisih kedua usaha itu, yakni Ek = WFA – Wg = 1.080 joule. Kecepatan dihitung dari rumus energi kinetik. 6. (a) 1,2 J (b) 2,0 m/s 1 7. Dari hukum kelestarian energi mekanik, 0 + 0 = __mv2 – mg(R – R cos θ’). 2 Dari persamaan ini, besar kecepatan dapat dihitung v2 = 2Rg – 2Rg cos θ’ (1) Dengan hukum kedua Newton tentang gerak, ΣF = mas diperoleh mv2 mg cos θ’ – N = ____. R Pada saat anak lepas dari es, θ’ = θ dan N = 0. Jadi, mv2 mg cos θ` = ____ atau v2 = Rg cos θ. (2) R 2 Dari persamaan (1) dan (2) didapatkan cos θ =__. 3 ’ ’ 8. Hukum kelestarian energi mekanik menyatakan Ek + Ep = Ek + Ep. Jika h adalah jarak dari posisi balok pada awalnya dari posisi balok pada akhirnya maka h = 3m + ∆x. Oleh karena itu, hukum kelestarian energi mekanik di atas dapat ditulis ’ sebagai 0 + mgh cos θ = 0 + Ep. (3) 1 ’ ’ Energi potensial pada saat akhir (Ep) dihitung dari Ep = Eg + __k∆x2. (4) 2 Dari persamaan (3) dan (4) dengan sedikit manipulasi aljabar, didapat per1 samaan __k∆x2 – (mg cos θ)∆x – 3mg =0. 2 Pemendekan pegas dihitung dari persamaan terakhir dengan rumus ’abc’ 1 dengan nilai a = __k , b = –(mg cos θ), dan c = –3mg. Diperoleh 2 ∆x = 0,24 meter. 9. Dalam hal ini hukum kelestarian energi mekanik tidak berlaku. 60 N 10. Percepatan diperoleh dari hukum Newton, a = _____ = 6 m/s2. 10 kg Karena kecepatan awal v0 =6,0 m/s maka pada saat t = 12 s, kecepatan benda itu adalah v12 s = 78 m/s. 1 1 (a) W =∆Ek = (__)mv2 – (__)mv2 s = 30.240 joule. 12 0 2 2 1 (b) Energi kinetik akhir adalah (__)mv2 s = 30.420 joule 12 2 → 11. Usaha oleh gaya F adalah → → W = 26 joule = F . r,  = (2 + 3j) . (4 + a) i i j = 8 joule + (3 newton)a.

RPP Kajian Fisika SMA 2

191

F F 12. Dengan hukum kedua Newton tentang gerak, aP = __ dan vP(t)= aPt = (__)t P P F F __ dan v (t)= a t =(__)t. serta aQ = Q Q Q Q Energi kinetik masing-masing berturut-turut adalah 1 F2t2 1 F2t2 1 F2t2 1 F2t2 EkP = __P____ = ______ dan EkQ = __Q____ = ______. 2 P2 2 P 2 Q2 2 Q EkP Q Jadi rasio energi kinetik keduanya adalah ___ = __. EkQ P 14. Dengan menggunakan hukum Newton, kedua grafik tersebut dapat diubah menjadi grafik serupa dengan sumbu tegak menggambarkan percepatan, yakni dengan membagi nilai-nilai pada sumbu tegak grafik asli dengan massa. Dari grafik terakhir luas wilayah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu waktu merupakan kecepatan pada saat t = 4 jika benda diam pada mulanya. 1 Jadi, v = __(4 s)(5 m/s2) = 10 m/s. 2 1 Energi kinetik pada saat t = 4 s adalah Ek = __(4 kg)(10 m/s)2 = 200 joule. 2 P 20. Daya diberikan oleh P = Fv. Oleh karenanya F = __. Karena v = at maka v 2 v mv mv t = __ = ___ = ____. a F P Soal Latihan Bab 5 A. 1. c 2. b 3. d 4. c 5. d 6. d 7. b 8. c 9. b 10. 0,35 11. b 12. b

18 joule Jadi, a = ________ = 6 meter. 3 newton

13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24.

a c c d c b b c e b e a

25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. 32. 33. 34. 35.

e d e e 1,6 × 105 N d d d b e d

192

RPP Kajian Fisika SMA 2

B. 1. Dengan menggunakan hukum kelestarian momentum, diperoleh ∆p = m(v – v’) = 4,9 kg m/s karena arah v berlawanan dengan v`. 2. Selesaikan dengan menggunakan kelestarian momentum. 3. (a) 10 m/s (b) 10 J 4. Katakanlah m massa bola, M massa bola bisbol, dan R jejari lingkaran lintasan. Agar mencapai puncak, bola mesti memiliki kecepatan awal ____ v` = √4gR yang dapat dicari dari prinsip kelestarian tenaga. Dengan v1, 1 ` ` v1, v2, v2 masing-masing kelajuan m dan kelajuan M sebelum dan setelah dipukul. Dengan memasukkan faktor koesien restriksi, didapat ____ ` v2 = √4gR – ev2. Masukkan persamaan ini ke dalam kelestarian momentum ` dan energi untuk mendapatkan v2 dan v2. Dengan demikian, momentum ` yang dipindahkan oleh pemukul ke bola ∆p = M(v2 – v2) dapat ditentukan. 5. Saat m1 menekan pegas sedalam x maka m1 akan mendapat gaya F = m1a1 = k∆x, sedangkan m2 mendapat gaya sebaliknya, F = m2 = –k∆x. 2k∆x2 Terdapat perubahan kelajuan v1t = v10 – 2a1∆x = v10 – (_____) pada m1 dan m1 2k∆x2 _____) pada m . v2t = v20 + 2a2∆x = v20 – ( m 2 2 Karena terdapat data kelajuan awal v10 dan v20 maka jelas bahwa untuk menentukan x diperlukan paling tidak data kelajuan setelah tumbukan salah satu massa. 6. Pada grafik F(t), dapat diketahui bahwa luas di bawah kurva menyatakan perubahan momentum. Dengan demikian, ∆p = 2 luas segitiga + luas persegi = x + 3x = 4x karena ∆p = 40 maka x = 10. 7. Luas di bawah kurva v(t) adalah jarak, sedangkan kemiringan kurva v(t) menyatakan percepatannya. 8. Buatlah grafik F(t) lalu hitunglah luas di bawah kurva. 9. Gaya gesek memberi perlambatan pada sistem peluru + balok sebesar µkN a = ________ = µkg (mp + mb) sehingga jika sistem tersebut berhenti sejauh s _____ dari posisi awal balok, kelajuan awal sistem peluru + balok adalah v0 = √ 2µkgs . Menurut hukum kelestarian momentum, momentum peluru seluruhnya diberikan pada sistem peluru + balok, yakni mp + mb ____ mpvp =(mp +mb)v0 sehingga vp = _______√2µkgs . m
p

RPP Kajian Fisika SMA 2

193

10. Dari ketinggian H sampai titik terendahnya, M mendapat kecepatan untuk ____ menghantam m sebesar v = √2gH (dari kelestarian tenaga). Jika kemudian setelah mengenai m, massa M menempel maka terjadi peralihan momentum mv =(m + M)V dengan V kecepatan sistem m + M. Dengan kecepatan V tersebut, sistem m + M akan mampu mencapai ketinggian (menggunakan kelestarian tenaga) V m+M M ______V2 = (m + M)gh ⇒ h = ___ = [______]2H.
2

2

2g

m+M

11. Gunakan persamaan 5.21. 12. Gunakan hukum kelestarian momentum. 14. Untuk dapat berputar penuh, sistem balok + peluru perlu mencapai pun___ cak. Jadi, perlu kelajuan awal v = √2gl . mp + mb ___ Untuk itu, peluru perlu mendapat kelajuan awal vp = _______√2gl . mp 15. Gunakan prinsip ”usaha benda diperoleh dari perubahan energi kinetik”, 2Fx sehingga didapatkan m = ______ v`2 – v2 Latihan Ujian Semester 1 1. 3. 5. 6. d d a a 11. 13. 15. 16. c b a c

Soal Latihan Bab 6 A. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. c b c b a b a e b e c 13. 14. 15. 16. 17. 19. 20. 21. 22. 23. 24. b b a c c a a b e e a 25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. 32. 33. 34. 35. a a – a a a e b c e 3 ___ g cos θ 2L

194

RPP Kajian Fisika SMA 2

B. 1. I = m(r2 + r2 + r2) 1 2 3 2. Kita anggap sistem terdapat 2 benda, yaitu silinder utuh dan silinder yang berwujud lubang. 1 Keduanya kita hitung momen inersianya. Untuk silinder pejal Is = __MR2, 2 1 1 sedangkan untuk silinder kecil (lubang) Il = __ m __ d2 + mb2 . 2 4 (a) Jadi momen inersia total adalah I = Is – Il (b) Untuk sumbu rotasi yang berjarak k dari sumbu pusat maka I = Ipm + Mk2 dengan Ipm pada jawaban (a). 3. L = Iw dengan I untuk bumi yang mengelilingi matahari dapat dihitung dengan melalui teorema sumbu sejajar 2 I = __MR2 + MR2 , dengan Rb – m adalah jarak rata-rata bumi ke matahari. b–m 5 4. Tinjau pada masing-masing benda, Benda I :T = m1a Benda II :W – T = m2a sedangkan pada katrol akan muncul adanya momen gaya yang besarnya t = Ia = TR. a 1 1 Karena I = __MR2 dan a = __ , diperoleh T = __Ma. R 2 2 Selanjutnya, dengan substitusi persamaan-persamaan di atas, diperoleh a = 8,7 m/s2. 6. Syarat setimbang Σt =0 wzrz – wbrb =0 2mc = 4 maka mc = 2 kg m3 m1 7. m2 = _______ = _______ sin 150o sin 120o 8. Kabel yang terurai sepanjang X. 9. Karena pada kenyataannya semua yang terjadi di alam ini saling berinteraksi sehingga benda-benda yang bergerak atau berotasi juga mengalami interaksi dengan yang lain, seperti gesekan dengan lintasan, udara, dan lainnya. 11. Untuk menentukan percepatan total, hitunglah terlebih dahulu percepatan tangensial dan percepatan sentripetal. dv v 2 2 at = ___, asp = __, dan a = √aT + asp . r dt
2

_______ ^

12. t = r × F = (ai + 2j  × (5i + 4j  ) )=4a – 10 k k
→ _________

^

^

^

Besarnya momen gaya |t| = √(4a)2 + 102 sehingga diperoleh nilai a = 5√ 2 m.

__

RPP Kajian Fisika SMA 2

195

P 13. P = Fv = Fwr sehingga F = ___. Dengan w = 600p rad/s dan wr 50 50 P = 3p104 watt maka diperoleh F = ___ N sehingga t = rF = r___ = 50 Nm. r r 14. (a) Anak yang di luar. (b) Keduanya sama. 15. (a) w = 1.800p rad/s (b) v = wr = 1.800p × 3·10–2 = 54p m/s v2 (c) a = __ r v0 800 16. (a) w0 = __ = ____ rad/s r 34 1 at2 (b) θ = w0t – __ 2 Karena jarak telah diketahui sebesar 115 m, maka θ dapat dihitung. 18. Dari sistem tersebut menunjukkan bahwa vF = vg atau wFrF = wgrg sehingga wg RF didapatkan ___ = ___. wF Rg wg RF NF wF Diperoleh pula ___ = ___ sehingga didapatkan NF = ___Ng dan Ng = ___NF wF wg Rg Ng wg NF 52 19. ___ = ___ = ___ wF Ng 13 wg 42 20. ___ = ___ wF 28 Soal Latihan Bab 7 A. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. e d b e e e b b 9. c 10. e 11. e 12. 36.000 Ns/m2 13. a 14. a 15. a 16. b 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. a c a c c 8 __ v 3 c d 25. 26. 27. 28. 29. 30. c c b a c e

196

RPP Kajian Fisika SMA 2

B. 1. Jika tekanan luar diperhitungkan, tekanan di dasar tabung mendapat kontribusi jumlahan tekanan luar tersebut. 2. Menggunakan prinsip Pascal, diketahui kolom minyak yang setinggi k dan air setinggi l memiliki tekanan yang sama besar sehingga didapatkan k = 12,5 cm. 4 3. Bagian kayu yang terendam air sebanyak ___V , dengan V volume balok. 10 Pada keadaan setimbang, dipenuhi ΣFy = Fa + Fm – W = 0 dengan Fa adalah gaya Archimedes oleh air, Fm adalah gaya Archimedes oleh minyak dan W berat benda. 6 4 Dengan demikian, ra[___V]g + rm[___V]g = rbVg. Jadi, 10 10 [4ra +6rm] berat jenis benda rb = _________ = 880 kg/m3. 10 4. Katakanlah berat orang adalah W , tebal es t dan luas es A. Maka agar orang tetap terapung di atas permukaan air, paling tidak es boleh melayang (es tercelup semuanya dalam air) tanpa membuat orang tersebut tenggelam. Jadi, pada kondisi tersebut dipenuhi kesetimbangan ΣFy = rairg(tA) – resg(tA) – W = 0 Jadi, luas es yang diperlukan untuk menahan berat orang tersebut adalah W A = ________ . (rair – res)gt 5. Tekanan bervariasi terhadap kedalaman, p = rgh, dengan r berat jenis air. Jika bendungan yang ditinjau berbentuk geometri dengan keliling yang tetap (k) untuk setiap kedalaman h (contoh silinder, kubus, dan sebagainya) maka gaya yang diberikan pada dinding bendungan untuk setiap selisih kedalaman ∆h adalah ∆F = p∆A = pk∆h = rghk∆h ∆h ___ = n buah (fraksi selisih kedalaman dengan kedalaman), gaya Jadi, jika h yang dirasakan dinding bendungan pada kedalaman h sebesar Fh = n∆F = nrgkh∆h. 1 6. Q = Av = __ pd2v = 200 lt/s. 4 7. Karena kedua pipa memiliki sumber yang sama, debit keduanya sama, Q1 = Q2 ⇒ A1v1 = A2v2 sehingga v2 = 20 m/s. 8. Gunakan hukum Bernoulli. 9. Gaya angkat pesawat sebesar F = Arv[v2 – v1]. Kerapatan atmosfir sendiri merupakan fungsi ketinggian. Makin dekat permukaan bumi, makin rapat

RPP Kajian Fisika SMA 2

197

10. 11. 12.

13. 14.

udaranya. Fungsi kerapatan atmosfir terhadap ketinggian inilah yang mesti diketahui dahulu. Dengan demikian, untuk menentukan ketinggian dapat ditentukan melalui kerapatan udara yang dilewati pesawat. Karena saat melayang F = W maka fungsi kerapatan atmosfir terhadap ketinggian saat W itu adalah r(h)= _________. Av[v2 – v1] Jika selisih tekanan adalah ∆p, gaya yang diperlukan untuk menghasilkan selisih tekanan tersebut sebesar F = ∆pA dengan A luas penampang piston. rair – rb Volume benda yang berada di atas air adalah V’ = Vb _______ sehingga rair 3 rb = __r = 750 kg/m3. 4 Untuk kasus bahan campuran, gunakan hukum kelestarian massa campuran. Massa bahan sebelum dicampur dan setelah dicampur bersifat tetap. Selanjutnya, untuk penimbangan bahan dalam air, gunakan gaya Archimedes. Gunakan kelestarian debit, diperoleh v2 = 4 m/s. Katakanlah debit air dan kecepatan air yang masuk ke dalam bak adalah Q0 dan v0, penampang bak A1, kecepatan kenaikan air bak v1, penampang lubang A2, serta kecepatan keluar air dari lubang v2. Saat air dalam bak memiliki ketinggian h, menurut persamaan Bernoulli 1 ` 1 ` rgh + __rv12 = __rv2, dengan v1 menyatakan kecepatan penurunan air bak 2 2 2 saat h dianggap semula tetap. Karena kecepatan pengurangan volume air ` bak sama dengan kecepatan volume air yang keluar maka v1A1 = v2A2 sehingga persamaan di atas menjadi ` v2 = v12 + 2gh 2 2gh v2 = A1 ______ 2 A1 – A2 2

_______

(5)

Tetapi ketinggian air tidaklah tetap karena ada pasokan air dari luar. Saat ada pasokan air, dipenuhi perubahan volume air dalam kolam = penambahan volume air – pengurangan volume air A1∆h = Q0∆t – A2v2∆t A1∆h = [Q0 – A2v2]∆t 2gh A1∆h = [Q0 – A2A1 ______ ]∆t 2 A1 – A2 2

_______

198

RPP Kajian Fisika SMA 2

∆h _______ ∆t Jadi, _________________ = __ A1 2gh [Q0 – A2A1 ______ ] 2 2 A1 – A2 Untuk menentukan ketinggian sebagai fungsi waktu, dari persamaan ini diperlukan perangkat matematika yang disebut kalkulus (diferensial-integral). 400 m3 2 16. Karena Q = ________ = __ m3/s maka penampang yang dibutuhkan adalah 30 menit 9 Q A = __ = 0,05 m2. v

Soal Latihan Bab 8 A. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. d d e b b a c c c b a c a __ v ≈√T c 16. d 17. c 18. b 20. a 21. d 22. c 23. b 24. d 25. a 26. e 27. berkurang 2,5% 28. b 29. c 30. a

B. 1. (a) 0,0137 mol (b) 8,2 × 1021 atom 2. Menggunakan persamaan gas ideal, diperoleh cacah molekul gas sebanyak 25 buah. 3 3. Dari persamaan Ek = __KT, diperoleh Ek = 3,3 × 1021 eV. 2 4. 7.729,5 K 5. Gunakan konversi 1 eV = 1,602 × 10–19 J. 6. Perhatikan distribusi Maxwell dan distribusi N(v) pada soal. Jika diperhatikan, grafik yang satu merupakan pencerminan grafik yang lain. Hanya N(v) pada soal sedikit terdeformasi. Oleh karena itu, ada pembalikan sifat, _ jika pada distribusi Maxwell dipenuhi vp < v < vrms maka pada grafik soal _ dipenuhi hal sebaliknya, yakni vp > v >vrms.

RPP Kajian Fisika SMA 2

199

7. Karena 8.

9. 10. 11. 12. 13.

m1 2 _ 3KT v2. Dengan memasukkan vrms= ____ dan = v 2 maka ___ = __. m m2 1 Tentukan dahulu cacah molekul gas total dengan persamaan gas ideal PV N =___ sehingga molekul oksigen dapat ditentukan sebanyak 0,76N, KT sedangkan molekul nitrogen sebanyak 0, 24N. Setelah menentukan tekanan gas menggunakan persamaan gas ideal, gaya yang bekerja pada piston dapat ditentukan melalui F = pA dengan A menyatakan luas penampang piston. Saat ditabrak dinding yang bergerak, perubahan momentum meningkat sehingga energi kinetik gas juga meningkat. 1 r’ = __r. 4 3 Gunakan persamaan Ek = __KT. 2 ____ 3KT maka v hanya bergantung pada suhu dan massa Karena vrms = ____ rms m molekul gasnya. 2v2 = rms1
_2

____

14. 15.

17. 18. A. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11.

Dalam hal ini, karena T tetap dan gas yang dipompakan sejenis maka tidak ada perubahan vrms. Gunakan persamaan gas ideal. PV Tentukan massa gas He melalui N = ___. kT Karena massa satu He = 4 u = 4.(1,6605 × 10–27 kg) maka massa gas He adalah 4u.N. P1V1 1 1 Banyak gas yang hilang n1 – n2 = ____[ __ – __] . R T1 T2 31,8 oC. d a c b c c c b a c b 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. c a d b c a d b c e a 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. b – a e b c a c

Soal Latihan Bab 9

200

RPP Kajian Fisika SMA 2

B. 1. Berdasarkan hukum gas ideal PV = n1RT1 dan PV = n2RT2. Dari sini n1 T2 193 K didapatkan __ = __ = ______. n2 T 308 K 1 2. Proses isotermal memberikan usaha yang lebih besar karena memungkinkan adanya input energi dari luar. Sementara, proses adiabatik hanya mengandalkan energi internal (dakhil). Hal ini juga dapat disimpulkan dari kenyataan bahwa kurva proses isotermal lebih landai dibandingkan dengan kurva adiabatik. 3. Tidak tepat karena tidak ada tempat untuk membuang panas. 4. Proses pertama adalah ekspansi isobarik. Pada proses ini, kalor masuk. Proses kedua adalah ekspansi isotermis. Pada proses kedua ini, kalor juga masuk. Proses ketiga adalah pendinginan isokhorik. Pada proses ini, kalor keluar. Proses keempat adalah pemampatan isobarik. Pada proses ini, kalor keluar. Proses kelima adalah pemampatan adiabatik. Dalam proses ini, tidak ada kalor masuk dan tidak ada kalor ke luar. 5. Karena adanya transformasi energi dari energi panas menjadi energi mekanik (gerakan). nRT1 1 6. Dari hukum gas ideal, didapat P2 = _____ = 4P1 dan V2 = __V1. 1 4 __V 4 1 1 Usaha dari keadaan pertama ke keadaan kedua adalah W1→2 = nRT1 ln(__) 4 g g Antara keadaan kedua dan akhir berlaku PaV a = P2V 2. g g 1 Karena Va = V1 maka PaV 1 = 4P1(__)g V 1 4 Jadi, Pa =41–gP1 = 0,6 × 105 N/m2. Dari hukum gas ideal, temperatur akhir Ta dapat dihitung sebagai PaVa Ta = ____ = 41–gT1 = –112,2 oC. nR Usaha dari keadaan dua ke keadaan akhir diberikan oleh nRT1 nR W2→a = ____ [41–g T1 – T1]= _____ [41– g – 1] = 90,7 nR/k. g–1 g–1 7. W = 17,2 J; ∆U = 0; Q = 17,2 J masuk ke sistem. (303) K (273 + 30) K 8. Esiensi h diberikan oleh h = 1 – _____________ = 1 – _______ = 0,36. (273 + 200) K (473) K Qk Sementara itu, ___ = 1 – h. Qm Oleh karena itu, Qk = Qm(1 – h) = 256,24 joule.

RPP Kajian Fisika SMA 2

201

(273 + 27) K 300 K 9. Dari rumus efisiensi didapat 0,7 = 1 – ____________ = 1 – ______ = 0,25. (273 + 120) K 393 K Tidak mungkin. 10. Pergunakan persamaan (9.34) sehingga diperoleh h = 51,2% 11. Usaha keseluruhan sama dengan luas siklus yang dihitung (dengan pendekatan) mempergunakan bantuan kotak-kotak pada grafik. 12. W = +3.000 J 13. Gunakan rumus W = P∆V. Tk 400 K 2 15. Esiensi dihitung menurut h = 1 – ___ = 1 – _______ = __. Selanjutnya, Tm 1.200 K 3 Qk Qk karena h = 1 – ___ maka Qm = _____ = 6.000 joule. Qm 1–h 16. Gunakan hukum termodinamika pertama. Latihan Ujian Semester 2 1. 3. 4. 6. b a e b 11. 13. 17. 18. c e b e

202

RPP Kajian Fisika SMA 2

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->