P. 1
Soal RPP Dan Lembar Jawaban RPP

Soal RPP Dan Lembar Jawaban RPP

|Views: 701|Likes:
Published by cecep

More info:

Published by: cecep on Jan 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2012

pdf

text

original

Lampiran 1 Soal 1) Tuliskan perangkat keras yang digunakan untuk akses internet ?

2) Jelaskan fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses internet ? 3) Jelaskan perbedaan modem dan router ? Jawaban 1. Komputer (Hardware), Modem, Kabel Telp / GPRS, Software browsing 2. Komputer untuk media utama dalam akses internet Modem : (Modulator Demodulator ) Mengubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya, untuk mengkoneksikan antara PC dengan Server ISP Kabel Telp, Sambungan untuk akses internet Software : Perangkat lunak untuk akses internet 3. Modem penghubung jaringan akses ke internet sedang Router Penghubung dari jaringan ke jaringan yang lainnya

1. Bagaimana langkah-langkah cara mengakses internet ? 2. Bagaimana cara menghubungkan internet melalui ISP (Internet Service Provider) ? 3. Apa peran dan fungsi ISP ? Jawaban 1. Secara umum ada dua (2) cara untuk dapat tersambung ke Internet, yaitu melalui sambungan perorangan dan melalui sambungan perkantoran. Sambungan perorangan (home user) biasanya digunakan di rumah atau kantor menggunakan satu buah komputer saja. Sambungan perkantoran/kampus (corporate user) biasanya berupa sekumpulan komputer yang terkait dalam sebuah jaringan lokal (biasa di sebut Local Area Network/LAN) yang tersambung pada kecepatan tinggi ke Internet. Dari sisi peralatan, konfigurasi sambungan tersebut adalah sebagai berikut. 1. Komputer – modem – Internet. 2. Banyak Komputer – Router – Modem – Internet. 2. Langkah-langkah a. Klik tombol shourcut yang telah anda buat untuk menghubungi komputer server ISP dengan modem b. Setelah tampil kotak dialog Connet To, selanjutnya isikan (user name) dan Password sesuai dengan Account Anda. Kemudian clic button OK. Selanjutnya tunggu selama proses koneksi lewat modem yang dilaksanakan oleh mesin c. Setelah masuk ke dalam koneksi ISP, Selanjutnya anda bebas menggunakan layanan yang tersedia. Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan yang memberikan jasa kepada masyarat untuk mengakses Internet. Sebagian ISP menggunakan kabel telepon untuk memberikan akses Internet ke pemakai.

3.

1. Apa perbedaan internet dengan localhost/LA 2. Bagaimana cara menghubungkan internet atau localhost/LAN dari PC ? 3. Bagaimana cara memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN ? 4. Bagaimana cara memperoleh gambar melalui internet atau localhost/LAN ? 5. Tuliskan macam-macam browser !
6. Apa fungsi browser !

7. Bagaimana langkah-langkah melakukan searching pada internet atau localhost/LAN ? 8. Bagaimana langkah-langkah melakukan browsing pada internet atau localhost/LAN untuk memperoleh informasi dalam bentuk animasi atau video ? Jawaban
1.

Internet

merupakan

jaringan

yang

menghubungkan

komputer dengan penyedia layanan informasi, sedangkan Localhost/LA sebagai pengguna yang saling berhubungan dengan komputer-komputer lainnya.
2.

Untuk mengakses Internet, pastikan media fisik komunikasi

sudah tersambung. Pada sambungan telepon dan LAN, kabel harus tersambung ke tempatnya dengan benar. Selain itu kita memerlukan sambungan ke provider atau ke hub. Pada sambungan dial-up, kita harus mendial ke ISP. Pada kabel LAN, kita harus memiliki alamat IP. Selesai sudah proses penyambungan ke Internet. Langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan apakah sambungan telah tersambung dengan baik ada beberapa cara yang dapat di lakukan. チ œ Menggunakan perintah ping di shell (terminal), misalnya “ping www.google.com”. untuk mengakses Web.
3.
チ œ

Gunakan Web browser (search engine) atau

Menggunakan

mesin

pencari,

memasukan alamat yang akan dicari pada home page. 4. Pastikan bahwa halaman homepage sudah tertampil semua, termasuk gambar, letakkan pointer pada gambar dihalaman homepage yang akan di download kemudian tekan klik kanan, maka akan tertampil popup menu, pilih menu Save Picture As / Save Image As, tentukan folder dab nama file, setelah itu tekan button Save

5. Nestscape Navigator Mozilla firefox Opera Google Chrome Safari 6. penyedia informasi.
7.

Microsoft Internet explorer

Sebagai media / aplikasi untuk masuk pada halaman Dengan memasukkan katakata ke dalam textbox pencarian

dan dilanjutkan dengan menekan klik button Search atau Go, kemudian homepage Search Engine secara otomatis akan mencari dan membandingkan dengan data dalam database berdasarkan suku kata yang Anda tuliskan. Selanjutnya hasil dari pencarian akan ditampilkan di halaman selanjutnya, berikut daftar alamat Internet hasil pencariannya. Dan untuk menuju ke alamat internet yang dimaksud, cukup menekan klik alamat internet pada daftar yang ada.
8.

Pastikan bahwa halaman homepage sudah tertampil semua,

termasuk animasi atau video pada halaman homepage akan menyediakan download. Kemudian tekan klik tanda Download yang dibawahnya terletak Underline.

1. Apa fungsi search engine ? 2. Bagaimana cara searching pada internet atau localhost/LAN ? 3. Bagaimana cara menyimpan hasil download ? 4. Bagaimana langkah-langkah mencetak informasi hasil browsing ? Jawaban 1. Mesin pencari adalah mesin yang dirancang untuk mencari informasi di World Wide Web. Informasi tersebut dapat berupa halaman Web, gambar, dan berbagai jenis file. Sehingga informasi mudah di dapat.
2. Sebelum mulai melakukan pencarian, kita perlu mendefinisikan topik yang akan

kita cari selengkap dan seringkas mungkin. Jika perlu, kita dapat menuliskan semua informasi yang kita perlukan, mengapa kita mencari informasi tersebut, dan informasi apa yang tidak kita perlukan. Hal ini akan menuntun kita untuk menentukan kata kunci (keyword) yang tepat dalam proses pencarian. 3. a. Pilih file atau program yang akan Anda download. b. Klik tanda download yang disediakan, kemudian tunggu sesaat untuk konfirmasi berikutnya. c. Setelah tertampil kotak dialog File Download, tentukan pilihan yang Anda harapkan dengan menakan klik pada Radio Button pilihan, yaitu: 1) Run this program from its current location, yang maksudnya Anda akan enjalankan program langsung dari lokasi server yang didownload. Sebaiknya, langkah ini jangan dilakukan karena akan memakan waktu yang lama, karena selain proses download sendiri tentu juga akan terjadi proses program secara lokal pada komputer Anda. 2) Save this program to disk (default), pilihan ini adalah pilihan default dan pilihan inilah yang paling tepat, karena program akan disimpan ke dalam disk Anda, di mana untuk selanjutnya Anda dapat menggunakan program tersebut setiap saat Anda butuhkan. Pilih pilihan tersebut, kemudian tekan klik Button OK d. Selanjutnya setelah Anda tekan klik Button OK dengan pilihan Save this program to disk, Anda harus menentukan nama file dan lokasi file yang

akan disimpan ke dalam suatu folder. Berikut ini merupakan gambar Kotak
Dialog Save As. 4.

Untuk mencetak file web hasil dari browsing internet pada dasarnya sama dengan encetak file pada program pengolah kata (MS Word) atau program program lainnya yang sejenis. Langkahlangkah untuk mencetak file hasil browsing. Pilih File > Klik Print. Jika Anda akan mencetak seluruh halaman tersebut pilih All atau hanya halaman tertentu pilih pages. Tentukan halaman yang diinginkan. Klik OK.

1. Apa perbedaan email berbasis pop3 dengan email berbasis web ? 2. Apa fungsi email berbasis pop3 dan email berbasis web ? 3. Apa fungsi attachment file dalam email ? 4. Bagaimana cara melakukan attachment file dalam email ? 5. Bagaimana cara melakukan download attachment file dan memindahkannya pada media lain Jawaban
1. Dengan menggunakan email POP3, maka email dapat diambil dari server dan

disimpan di email client (misal Outlook express dari windows Eudora Mail dan The Bat), Sedangkan email berbasis web pemakai dapat membaca, menulis, membalas, menghapus dan sebagainya secara user friendly.
2. Fungsi fasilitas Attachment pada email adalah untuk menghemat waktu dan

mempermudah pengiriman surat jika data yang Anda kirim dalam jumlah banyak (misalnya proposal atau laporan kerja bulanan) atau jika pesan bukan berupa naskah teks biasa (misalnya berupa gambar, foto, atau program). Pembuatan teks pesan email hanya terbatas untuk data teks biasa dan tidak untuk mengolah data seperti pada Lotus atau Excel. Anda dapat menentukan bahwa pengiriman berita dalam bentuk teks biasa cukup menggunakan kolom pengetikan email, sedangkan

untuk pengiriman data dalam bentuk selain teks atau data teks dalam jumlah banyak harus menggunakan fasilitas Attachment. 3.
a. Pastikan dokumen atau foto telah tersimpan dalam disket/flash disk/CD

atau telah Anda salin ke komputer tempat mengakses internet.
b. Log in ke Account email Anda. Selanjutnya klik link Compose, akan

muncul halaman baru untuk pengiriman email.
c. Buat surat baru dengan cara seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Ketik pesan pengantar mengenai dokumen atau foto yang Anda lampirkan. Setelah selesai mengetik pesan pengantar, klik tombol atau link Attachment atau Attach Files yang berada di atas atau di bawah kolom utama pengetikan pesan. Hasilnya, muncul kotak dialog pembuatan Attachment. Jika Anda menggunakan Telkomnet, kotak tersebut sudah tersedia pada bagian bawah kolom pembuatan pesan.
d. Masukkan disket penyimpan data yang akan Anda kirim. Klik tombol

Browse pada kotak pembuatan Attachment, maka muncul kotak dialog Choose file. Buka data file yang telah Anda siapkan dengan klik kolom Look in dan arahkan ke lokasi penyimpanan data. Jika data Anda simpan pada disket, maka pilih kata 3 1/2 Floppy (A:), jika data Anda simpan di komputer, pilih lokasi data tersebut. Selanjutnya, pilih nama file yang akan Anda kirim dan klik tombol Open.
e. Tunggu proses penyisipan file selesai hingga nama file yang Anda

kehendaki tertera pada kotak Attachment. Jika Anda ingin mengirim file lain, maka ulangi langkah di atas dengan klik tombol Browse pada kotak di bawahnya. Umumnya layanan email membatasi pengiriman file lampiran maksimal tiga buah file. Jika jumlah file lampiran banyak, Anda terpaksa harus mengirimnya dalam beberapa email. Misalnya jika ada sembilan file yang harus Anda kirim, maka pecahlah menjadi tiga email yang berbeda, yang masing-masing berisi tiga file Attachment. Setelah seluruh file Anda sisipkan, klik tombol Attach Files untuk memasang file lampiran ke dalam email dan tunggu proses penempatannya. Jika proses penempatan file Attachment telah

selesai, maka kirim email beserta file lampirannya dengan klik tombol Send. Tunggu pesan konfirmasi status pengiriman email. Jika email beserta lampirannya terkirim dengan baik, akan muncul pesan "Message Sent”.

SEMESTER 2

1. Tuliskan menubar yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka ! 2. Tuliskan nama ikon beserta fungsinya pada toolbar berikut : a. b. c. d. f. g. h. i.

1. Bagaimana cara membuka dan menutup program M.S. Excel ? 2. Apa yang dimaksud dengan : a. sel AC68 b. Range 3. Bagaimana cara menggunakan fungsi : a. Date b. Accounting 4. Bagaimana cara melebarkan kolom secara otomatis ? 5. Apa fungsi submenu berikut yang diambil dari menu format cell :

a. Number b. Alligment c. Font

d. Border e. Patterns f. Protection

1. Bagaimana cara mencari jumlah nilai dari sel D7 sampai dengan D17 ? 2. Bagaimana langkah-langkah mengurutkan data ? 3. Bagaimana langkah-langkah menyaring data ? 4. Jelaskan cara menyajikan grafik dari data berikut : 5. Bagaimana cara menyisipkan objek baik gambar ataupun grafik pada data yang sudah anda buat ?

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->