P. 1
LAPORAN MULOK

LAPORAN MULOK

|Views: 106|Likes:
Published by ningsihwidia91

More info:

Published by: ningsihwidia91 on Jan 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

LAPORAN MULOK PEMBUATAN DENDENG JANTUNG PISANG (DENJAPI

)

KELAS XII IPS 3 Kelompok I 1) Agi Lestari 2) AzmiWanita 3) Desti Apriyana 4) Hevi kubera 5) Ike Nurjanah 6) Losi Yana 7) M.Nur Mukhlisin 8) Sri Wahyuni 9) Widia Ningsih 10) Yeni Gusmita

DEPARTEMEN AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) ARGAMAKMUR
Jl.A.K.Ghani Karang AnyarI

Berdasarkan praktek pembuatan DENJAPI

kami dari kelompok I dapat

membuat laporan bagaimana cara untuk membuat makanan ringan dengan bahan dan alat yang mudah dijangkau oleh kalangan masyarakat sekitar.Dengan bahan dan alat sebagai berikut: Bahan 1. Susu Kedelai 2. Jantung Pisang 3. Garam 4. Penyedap Rasa 5. Miyak Sayur 6. Ketumbar 7. Lada 8. Bawang Putih dan bawang merah 9. Gula merah

Alat 1. Kompor 2. Kuali atau wajan 3. Oven dan loyang 4. Sendok 5. Gelas

Hanya dengan bahan dan alat di atas maka akan menghasilkan makanan dengan kwalitas yang baik dan tahan hingga I tahun.Cara pembuatan DENJAPI ini pun mudah untuk di tiru dan bila di jual pun mungkin akan menghasilkan uang untuk kantong masyrakat yang sedang kosong.Kami telah mencoba membuat dengan hasil yang memuaskan,sehingga rasanyapun memuaskan untuk di makan.Berikut ini laporan dari kelompok I lengkap dengan gambar pembuatan nya.

Gambar diatas menggambarkan pembuatan DENJAPI tahap awal yaitu gambaran bahan-bahan pembuatan yang sederhana dan masih bisa di lihat dari gambargambar yang lainnya yang akan mempermudah pembuatan DENJAPI

Gambar ini menggambarkan bahan yang secara rinci yaitu gambar jantung pisang yang telah dihaluskan dan bawang yang halus.

Gambar ini adalah tahap pemasakan oleh anggota kelompok I yang dimasak oleh saudari losi dan ike yang mengaduk bahan yang telah dicampur agar tidak menjadi gosong atau rusak.

Gambar ini diambil pada saat bahan yang di tumis atau di masak telah jadi dan di letakkan pada loyang.Di tata setipis mungkin agar tahap pengeringannya tidak terlalu lama.Tahap pengeringan itu dapat dilakukan dengan pemangganga melalui oven atau dengan sinar matahari. Berikut ini adalah cara pembuatan Dendeng Jantung Pisang (DENJAPI) dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Sediakan bahan-bahan yang telah disiapkan 2. Jantung pisang dikupas kulitnya hingga 5 lembar potong dadu atau persegi agar pada tahap penggilingan tidak susah. 3. Pada tahap ini jantung pisang direbus dengan air hingga lembut atau matang. 4. Kemudian gilinglah jantug pisang yang telah di rebus hingga berbentuk seperti daging cincang. 5. Haluskan bahan-bahan bila belum di haluskan seperti bawang,lada,ketumbar,dengan menggunakan garam sedikit saja.

6. Selanjutnya adalah tahap pemasakan,tumis seluruh bahan yang telah halus degan minyak sayur sedikit saja, kemudian tambahkan penyedap rasa dan cairan susu kedelai. 7. Aduk semua bahan hingga merata dan matang kurang lebih I jam. 8. Setelah matang masukkan bahan yang telah masak ke dalam loyang tata hingga tipis. 9. Kemudian panggan bahan yang di masukkan ke loyang ke dalam oven 10. setelah kering iris DENJAPI dan goreng hingga matang dan tiriskan 11. DENJAPI siap di santap.

Kesimpulan dan Manfaat
Kami dari kelompok I mampu membuat laporan dengan hasil yang dapat di nikmati oleh masyarakat.Dengan bantuan dari guru pembimbing siswa kelas XII ips3bisa membuat DENJAPI yang mungkin bisa digunakan untuk modal usaha ketika tamat sekolah.Dengan laporan ini kita bisa tau cara membuat makanan yang sederhana dari cara pembuatan hingga makanan ini siap santap
Pengolahan jantung pisang menjadi dendeng jantung pisang merupakan suatu inovasi baru dalam produk makanan olahan.Jantung pisang yang biasanya tidak bermanfaat/ hanya diolah menjadi lalap atau sayur bagi sebagian masyarakat indonesia, dengan dicampurkan bumbu-bumbu dapat dirubah menjadi suatu produk makanan cemilan, siap saji atau sebagai lauk pauk alternatif yang tahan lama dan tidak perlu dimasak dahulu karena tinggal leeep....nikmati gurihnya.

Denjapi adalah "dendeng" yang terbuat dari jantung pisang. Dendeng yang biasanya dibuat dari daging dicoba untuk dibuat dari bahan lain, dalam hal ini jantung pisang, bahan yang biasanya kurang bermanfaat. Bentuk dan rasanya mirip dendeng daging yaitu persegi, tipis, berserat, warnanya kecokelatan, rasanya manis, dengan aroma rempah yang tajam.

DENDENG dan abon, umumnya terbuat dari daging. Tapi di Cimahi, jantung pisang pun bisa disulap menjadi dendeng dan abon yang lezat dan menggiurkan. Adalah Bambang Eko Putro yang pertama kali memperkenalkan itu. Di Cimahi denden dan abon jantung pisangnya sudah sangat terkenal. Warga menyebutnya sebagai denjapi alias dendeng jantung pisang dan bonjapi atau abon jantung pisang. Dari sisi bentuk, nyaris tak ada beda antara denjapi dan bonjapi ini dengan dendeng dan abon biasa yang terbuat dari daging. Dari sisi rasa juga tak jauh beda, terlebih untuk bonjapi yang di Cimahi sudah dipasarkan sejak lima tahunan lalu. . Kalau diamati tekstur serat jantung pisang mirip serat daging. Lalu saya coba membuat bumbu dendeng sehingga jadi menu denjapi," jelas sarjana ekonomi yang pernah bekerja di perusahaan perangkat water heater ini ketika ditemui di rumahnya di Perumahan Puri Cipageran Indah, Cimahi, beberapa waktu lalu. .

Hampir seluruh wilayah Indonesia cocok untuk bididaya tanaman pisang. Tanaman pisang tersebar mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi, baik yang dibudidayakan di lahan khusus maupun ditanam sembarangan di kebun atau di halaman. Hampir setiap pekarangan rumah diIndonesia terdapat tanaman pisang, hal ini dikarenakan tanaman cepat menghasilkan, dapat berlangsung lama, mudah ditanam dan mudah dipelihara a masih terus mengumpulkan berbagai jenis pisang dari seluruh Indonesia untuk ditanam di kebun Dimakan Kucing Saat Dijemur DI balik kesuksesan mengelola industri makanan olahan pisang, banyak kisah unik yang dialami pria bertubuh tegap yang telah mengenalkan kreasinya di Malaysia dan Singapura ini. Lima wadah dendeng saya dimakan kucing waktu dijemur di loteng. Dendeng gosong karena terlalu lama digoreng. Saya dan karyawan juga pernah mencoba satu kol jantung pisang kiriman dari Ciwidey. Sebab ada jantung pisang yang pahit dan tidak bisa diolah jadi makanan. Sekarang cuma lihat bentuk, warna, dan tekstur jantung pisang saya sudah bisa bedakan. Dari seluruh bagian tanaman pisang, buah pisang dan daun pisanglah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Sedangkan bagian lain dari tanaman ini masih terbatas pemanfaatannya, misalnya saja jantung pisang. Pada fase pembungaan dan pembuahan, setelah pembentukan sisir pisang yang terakhir, kemudian dilakukan pemotongan bunga (jantung pisang). Dan biasanya bunga ini langsung dibuang karena dianggap limbah. Padahal bunga (jantung pisang) memiliki nilai gizi yang cukup baik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->