P. 1
Copy of Perdagangan Bebas

Copy of Perdagangan Bebas

|Views: 577|Likes:
Published by privace23
http://privace23.blogspot.com/
http://privace23.blogspot.com/

More info:

Published by: privace23 on Jan 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2012

pdf

text

original

PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK INDONESIA

Diajukan Untuk Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Dalam Rangka PEACE (Pekan Ilmiah Cendana) Cendana Fair 2010

Oleh: Triando Fityah Ufi Atiyah Naeyza Islamey Ningrum

Dinas Pendidikan Nasional Kota Bengkulu

Biodata
Nm aa TL T A mt la a :T n o ria d :Bn k lu 2 Ds me 1 9 e g u , 3 e e br 9 3 :J U ibP rmi B k6N . 1 K taBn k lu l. n e a lo o 8 o e g u .

Nm aa TL T A mt la a

:F a U A a ity h fi tiy h :Bn k lu 2 F b a 1 9 e g u , 6 e ru ri 9 5 :J F mo a N 2 R 1 R 0 . l. la b y n o 3 t 8 w 6

Nm aa TL T A mt la a

:Ne z Is myN g m a y a la e in ru :Bn k lu1 J n 1 9 e gu 6 ui 94 :J Mra a 1 R 2 S whL b rBn k lu l. e wn 0 t 4 a a e a e g u .

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, hanya karena rahmat dan karuniah-Nya, penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis ini. Pembuatan Karya Tulis ini bertujuan untuk mengikuti lomba karya lomba karya tulis ilmiah P E A C E (Pekan Ilmiah Cendana) Cendana Fair 2010. Dalam pembuatan Karya Tulis ini tidak luput dari berbagai hambatan terutama karena terbatasnya dana, waktu dan kemampuan yang dapat menunjang penyelesaian Karya Tulis ini. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan moril maupun material dalam rangka penulisan karya ini. Akhirnya penulis menyadari, bahwa Karya Tulis ini masih jauh dari sempurna, namun demikian penulis berharap agar Karya Tulis ini bermanfaat bagi yang memerlukannya.

Situasi Ekonomi Indonesia
Perekonomian Indonesia pada saat ini dihadapkan dengan sistem perdagangan bebas. Pada hal Indonesia belum siap menghadapi perdagangan bebas, sebab nilai-nilai dasar seperti; kejujuran, disiplin, visioner, kerjasama, tanggung jawab, peduli dan adil, belum menjadi landasan para pelaku industri atau ekonomi. Minimnya kesiapan Indonesia terhadap perdagangan bebas dapat membuat keterpukan Indonesia dalam persaingan pasar sekarang ini.

Perdagangan bebas berpengaruh pada produk lokal yang harus menghadapi produk negara lain yang lebih berkualitas, dan murah. Ketika produk lokal satu negara tidak bernilai tambah, konsekuensinya akan tergilas oleh produk asing. Kondisi semacam inilah yang dicemaskan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Pemerintah Indonesia kurang mempercayai pribumi dalam hal memberikan kemudahan pinjaman modal usaha walau hanya setingkat UKM, padahal terhadap pengusaha cina, segenap kemudahan diberikan kepadanya, walau telah berulang kali tertipu, sebagaimana kasus Bank Century belakangan ini, terjadi karena begitu percaya dan cintanya pemerintah negeri ini kepada pengusaha yang berdarah cina. Oleh sebab itu, Karya Ilmiah yang berjudul tentang Peningkat Daya Saing Produk Inonesia merupakan permasalahan yang menarik untuk dikaji lebih lanjut.

Rumusan Masalah

1.

2.

Masalah yang diangkat yang berkaitan dengan perdagangan bebas dan peningkatan daya saing yaitu sebagai berikut; Bagaimana pengendalian produk luar negeri agar produk Indonesia bisa laku dipasaran daripada produk luar negeri ? Apa yang harus di upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan daya saing ?

Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan Mengetahui dasar ekonomi Indonesia kualitas produk Indonesia, hal yang harus dilakukan untuk melakukan pengendalian terhadap produk luar negeri yang datang agar produk Indonesia bisa laku daripada produk luar negeri. Upaya pemerintah yang harus dilakukan mengingat perdagangan bebas bisa merusak ekonomi suatu negara jika kurang adanya penanganan secara baik. Manfaat (1) Karya tulis tentang perdagangan bebas global ini kiranya dapat di sumbangkan bagi kepentingan ilmu pengetahuan khususnya pada peningkatan daya saing perdagangan. (2) Karya tulis ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pembuat kebijakan pemerintah agar Indonesia siap dan dapat menghadapi persaingan perdagangan bebas global, peningkatan kualitas produk, dan mensosialisasikan produk dalam negeri terhadap masyarakat dalam menghadapi persaingan perdagangan bebas global ini.

Ekonomi Indonesia
Indonesia memiliki potensi alam yang sangat banyak. Kegiatan ekonomi Indonesia sangat berpengaruh terhadap pendapatan nasional, akan tetapi kebijakan yang ada saat ini belum sepenuhnya dapat mengatur keseimbangan ekonomi di Indonesia Terjadinya ketidakseimbangan alokasi dan distribusi anggaran per masing-masing sektor dan sub-sektor mengakibatkan eksploitasi yang kurang seimbang terhadap sumber-sumber alam. Akibatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak rentan terhadap gejolak pertumbuhan ekonomi dunia yang memang memiliki konjungtur naik-turun

Ekspor dan impor juga menjadi utama bagi Indonesia sudah digalakkan sejak tahun 1983. Sejak saat itu, ekspor menjadi perhatian dalam memacu pertumbuhan ekonomi seiring dengan berubahnya strategi industrialisasi dari penekanan pada industri substitusi impor ke industri promosi ekspor. Konsumen dalam negeri membeli barang impor atau konsumen luar negeri membeli barang domestik, menjadi sesuatu yang sangat lazim. Persaingan sangat tajam antar berbagai produk. Dalam hal demikian, perlu adanya keseimbangan pasar.

Perdagangan Bebas Global
Perdagangan bebas adalah sebuah konsep ekonomi yang mengacu kepada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization yang berpusat di Brussels, Belgium. Penjualan produk antar negara tanpa pajak eksporimpor atau hambatan perdagangan lainnya. Perdagangan internasional sering dibatasi oleh berbagai pajak negara, biaya tambahan yang diterapkan pada barang ekspor impor, dan juga regulasi non tarif pada barang impor. Secara teori, semua hambatanhambatan inilah yang ditolak oleh perdagangan bebas. Namun dalam kenyataannya, perjanjian-perjanjian perdagangan yang didukung oleh penganut perdagangan bebas ini justru sebenarnya menciptakan hambatan baru kepada terciptanya pasar bebas. Perjanjian-perjanjian tersebut sering dikritik karena melindungi kepentingan perusahaanperusahaan besar.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Perdagangan Bebas
 

Peningkatan produktivitas, infrastruktur dan kualitas industri yang sangat mempengaruhi dalam perdagangan bebas global Merek ternama masih menjadi gantungan karena membuat merek sendiri tidak mudah, dibutuhkan banyak promosi yang memakan biaya besar seperti sepatu converse dengan sepatu lokal Menjaga hubungan antara produsen dan pemasok (supplier) dengan menjaga dan mempertahankan nilai-nilai hubungan yang saling menguntungkan (value chain). Firm Strategy, yaitu strategi yang menyangkut struktur kelembagaan dan pemodalan serta kondisi persaingan termasuk persaingan persaingan dalam negeri.

Faktor Keberhasilan

Menetapkan usaha strategis atau produk unggulan di masing-masing wilayah, agar tercipta kondisi kompetisi yang saling menguntungkan, karena masing-masing wilayah memproduksi barang yang ekonomis. Dengan kata lain masing- masing wilayah harus menyadari apakah lebih baik memproduksi atau membeli supaya menambah nilai tambah setiap barang produksi Penyebaran atau distribusi Iptek di wilayah-wilayah juga bervariasi menurut kuantitas dan frekuensi aktivitas pembangunan yang telah berjalan di masing-masing wilayah agar meningkatkan efisiensi produktivitas.

Lembaga keuangan dan perbankan ikut berperan dalam usaha permodalan. Altematif lain yang menjadi harapan untuk mendapatkan dana penyanggah (revolving fund) dalam penggerak (starting fttnd) bagi aktivitas ekonomi di daerah adalah masing-masing daerah harus menciptakan kondisi ekonomi menjadi menarik (favorable) bagi investor/penanam modal asing (H. Hady. 1996 dalam (Pardede 2009). Menarik berarti bukan hanya dari segi substansi bisnis akan tetapi lebih menyangkut kenyamanan menyeluruh sebagaimana yang tersebut dalam indikator Country Risk sebagai salah satu pertimabangan bagi investor asing. Penyiapan prasarana untuk meningkatkan daya transportasi dan akses dengan peran antar pemerintah dan swasta

Pengendalian terhadap Impor Barang Luar Negeri
Keadaan impor di Indonesia tak selamanya dinilai bagus, sebab peranan impor untuk barang konsumsi dan bahan baku/penolong selama Oktober 2008 mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya yaitu masingmasing dari 6,77 persen dan 75,65 persen menjadi 5,99 persen dan 74,89 persen. Sedangkan peranan impor barang modal meningkat dari 17,58 persen menjadi 19,12 persen (Pardede, 2009).

Pengendalian terhadap impor barang luar negeri dapat dilakukan dengan mengajak masyarakat agar membeli barang Indonesia karena akan mendukung laju peningkatan daya saing, karena barang-barang impor dari luar negeri banyak yang kualitasnya bagus dan murah dibanding produk Indonesia. Hal itu dapat menyebabkan Indonesia kehilangan daya saing. Maka diperlukannya iklan-iklan dan sosialisasi terhadap masyarakat akan cinta produk asli Indonesia. Peningkatan industri lokal diperlukan agar kualitas produk Indonesia dapat bersaing di dalam maupun di luar. Sebagai contoh, dilakukan acara-acara yang mengajak masyarakat agar mencintai produk Indonesia seperti gambar dibawah ini.

Upaya pemerintah
1.

2.

Upaya pemerintah harus segera diberlakukan mengingat akan banjirnya produk impor. Hal yang harus dilakukan: Pemerintah memberlakukan safeguard (perlindungan pasar) terhadap barang khususnya produk China, yaitu dengan cara menaikkan tarif bea masuk khusus untuk produk Cina. Hal itu bukan tindakan tabu karena Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa pun melakukan tindakan tersebut. Bahkan tindakan safeguard ini diperbolehkan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Pemerintah juga bisa melindungi produk dalam negeri yaitu dengan melakukan pengawasan mutu. Artinya produk dari luar yang tidak sesuai dengan standar mutu Indonesia yang telah ditetapkan, dilarang masuk ke pasar domestik. Ini dapat mencegah produk-produk yang tidak berkualitas masuk ke Indonesia, seperti yang sekarang ini kerap terjadi.

3.

4.

Praktek KKN dan berbagai pungutan liar yang dilakukan Pemerintah di semua lapisan harus dibersihkan. Kalau tidak maka hal ini akan menyebabkan biaya ekonomi tinggi yang berpengaruh terhadap daya saing produk dalam pasar intemasional. Pemerintah harus memperbaiki infrastruktur yang ada dan meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia (SDM) agar dapat mendukung industri dalam negeri dalam menghadapi persaingan pasar bebas. SDM yang berkualitas dapat dilakukan dengan meningkatkan mutu pendidikan serta menjamin biaya pendidikan yang murah.

5.

Yang terakhir, walaupun dibilang sepele, kita sebagai bangsa Indonesia, harus lebih mencintai produk lokal ketimbang produk asing. Bagaimanapun juga, kebebasan itu jatuh pada kita sebagai konsumen untuk memilih, apakah produk luar yang kebarat-baratan atau dengan harga yang sangat murah namun dengan kualitas yang tidak jelas ataukah produk sendiri yang merupakan hasil karya anak bangsa sendiri. Kalau kita memilih produk lokal, berarti kita ikut membantu memajukan industri dalam negeri, yang secara tidak langsung ikut mensejahterahkan masyarakat. Bila kelima hal tersebut dilakukan maka niscaya di era globalisasi dan perdagangan bebas ini, Indonesia akan mampu bangkit dan bersaing di pasar domestik maupun di pasar global sehingga diakui dimata dunia dan pada gilirannya dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang diharapkan seluruh rakyat Indonesia.

Kesimpulan dan Saran
   

Kesimpulan Kesiapan negara itu sendiri Infrastruktur dan Sumber Daya Masyarakat Peranan Pemerintah dalam kegiatan pasar Peran aktif dari masyarakat agar mencintai produk asli Indonesia Saran Meningkatkan kualitas produk lokal dengan bimbingan dari pemerintah Memberi perlindungan pasar dengan menaikkan tarif bea masuk agar tidak terjadi banjir impor Menghilangkan praktek KKN yang merajalela Memperbaiki infrastruktur dan prasarana Mensosialisasikan terhadap masyarakat agar mencintai produk asli Indonesia

    

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->