P. 1
tajuk mhp mandiri

tajuk mhp mandiri

|Views: 203|Likes:
Published by onjoy
Tajuk, buletin teknologi tepat guna dan pengembangan masyarakat yang diterbitkan Yayasan Mandiri. Fokus buletin tajuk no 03 1989 adalah teknologi pembangkit daya mikrohidro 987
Tajuk, buletin teknologi tepat guna dan pengembangan masyarakat yang diterbitkan Yayasan Mandiri. Fokus buletin tajuk no 03 1989 adalah teknologi pembangkit daya mikrohidro 987

More info:

Published by: onjoy on Feb 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2010

pdf

text

original

KABAR DARl KAMl

Keadaan alam, seperti pegunungan, pulau-pulau kecil yang dikelilingi iautan, hutan rimba dan sebagainya tldok hanya merupakan kekayaan tapi ieblh merupakan kendola bagi kemajuan masyarakatdi sekitarnya. Hal ini menyebabkan masyarakat tersebut terpencii,jauh dari pusat perkembangan.Akibat yang harus ditanggung oleh masyarakatterpencilini antaralain rnobilitas yang rendah, informasi terbatas dan rendahnya laju perkembangan. Saiahsatu faktor yang dapat mengatadaklbat tersebut adalah adanya tenaga listrik. Dengan adanya listrik ir?i maka akan tersedia fasilitas untuk penerangan,menghidupkanalat komunikasi seperti radio dan televisi yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan, menghidupkan mesin-medn yang dapat menambah produktivitasmasyarakat dan sebagainya, Banyak potensi untuk dikembangkan rnenjadi pembangkit tenaga listrik. seperti air, angln, ombak iaut dan ssebagainya. Akan tetapi yang kemudian menjadi masalah adalah siapa (anggota masyarakat terpencil tersebut) yang mernpunyai k s mampuan memanfaatkanpotensi-potensitersebut. Karena ikr diperlukan penjeiasan untuk masyarakat seperli itu tentang bagaimana membangun sebuah pembangkit lisMk yang dapat dimengerti oieh masyarakat tersebut, yang umumnya kurang pengetahuan tentang teknis. Tentu tidak semua air, angin atau potensi yang lain dapat diubah menjadi energi listrik karena ada syarat-syarat tertent~. Syarat-syarat tersebut yang juga perlu diketahui anggota masyarakat yang akan rnendirikan pembangkit listilk. Potensi tersebut juga harus didukung oleh sumber daya alam dl sekitarnya yang kemudianakan menjadibahan untuk pembangunan fisiknya. Hal lainyang periu diperhatkan apabila klta akan membangun sebuah pembangkit listrik mlkro adalah mellhat sumber daya, potensidan kemampuanmasyarakat. Dengan mernanfaatkan hai ini diharapkan partisipasi masyarakat dapat tertampung dan tersalurkan dan tentu saja manfaatnya untuk rnemperbesar keswadayaan masyarakatsetempat.

-

MlKROHlDRO DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT
Giivanni Bintang Rahardjo, Yuyasan Mandiri
APA ml MlKRoHlORo PEMBANOKIT llstrlk tenaga mikrohidro ( L M PT ) adalah suatu pembangklt listrik kecil yang rnenggunakan tenaga air saluran irlgasl. sungal atau air terjun alum, dengan cara memanfaatkan tlnggi terjunnya (head, dalam meter) dan jumlah debit alrnya (dalam m31 detlk).

yang diperlukan, serta perlunyasuatu tingkat wawasan teknik tertentu untck para perencans P T ,yang blasanyajusin~ LM adalah masyarakat desa itu sendlrl. lstilah mikrohldro dibedakan dengan pembangklt listrlk tenaga air yang laln berdasarkan daya yang dlhasilkannya. Pengeiompokantersebut adobh : Mlkrohidro : untuk kapasitas kurang dari loo kW Minlhldro : 100 500 kW
PLTA Kecll : kwang dari 1.OX kW

*%

D daerah pedesaan, kebutuhan daya listrik i relatlf kecli (sekftar 100 300 kW) serta lokasinya tersebar.PT merupakansalah satu LM altenwtlfyang baik dalam penyediaantenaga llstrlk di pedesaan karena :

-

-

konstruksinya sederhana perawatannya mudah dun sedikit tak menggunakan bahan bakar sebagalsumber energi utama dapat dloperaslkan dun dirawat oleh masyarakat desa biaya operasi dan perawatannyarendah. dl1 Selain ltu, PT dapat diarahkan juga untuk LM mencapal s s K n tambahan : ac a meningkatkan tanggwrg jowab masyarakat desa dengan memberlkan pada mereka wewenang untuk mengeiok sendlri penyediuanlistrik untuk desanya. membentuk kesdummasyarakatd s s dengansuatu wadah untuk memea nuhl kepentingan bersamanya, yaitu tenaga Itstrik.

PLTA

: leblh dari 1.000 kW

Konstruksi dun instalasi PT sangat berbeda LM dengan PLTA Kecll, serta jauh lebih sederhana. Seni dalam perancangunsebwh unit PT terletak pada kemampuanperencana LM dalam memllih dun menerapkan tekndogi tepat guna untuk mendapatkan listrik dengan kualltas yang masih balk sert~ instalasi PT yang cukup handai, dan tentu saja LM murah. Secara umum. instalasi sebuah P T terdiri LM dari :bangmn pengambllan,saluran penghantar, kdam pengendap,kolam atas, pipa pesat dun power house beserta isinya. (Uhat tulisan laln : M M A G NU I P T ) E B N U N LM T Untuk Itu, biasanya dalam perencanaansuatu PT minimal dlperlukan pengefahwn LM yang cukup tentang permesinan, kelisMkan dun bangunan slpil. Sedangkan bila yang akan dlbuat adalah stud1 kelayakan PT LM

-

Keterbotasandarlsuatu instaladPT adalah LM pada relatlf cukup tlngglnya biaya lnvestasi

rnaka perlu tambahan keahlian yang harm dlllbatkan : ekonorni. Pada prinsipnya pengetahan tersebut dapat dlpelabri.Darl pengalaman, banyak kita temui P T yang kwang baik perencanaanLM nya sehingga kwlltas listrlknya kurang balk bahkan pada beberapatempat kita bisa tem 1 PT yang gagal. Hal tersebut terjadi u LM terutarna karena kurangnya informasi yang dimillki deh perencana dan pembuat P T LM tersebut.

debit minimum yang mengalir pada saluran / sungai debit maksimum yang dapat digunakan P T LM tinggi terjun yang tersedia Disamping data dasar tersebut, diperlukan data lain untuk bahan perencanaanldesaln awal nanti. Data tersebut adalah : alternatif lokasi PT LM gambarsketinstalasikeseluruhanP T LM masing masing alternatif serta seluruh dimend utama komponen P T terLM sebut kondisiair (kekeruhan,keasaman,kandungan pasir, lumpur dil) 'keadaantanah ketinggianminimum power-houseterhadap muka air sungai bawah temperatur udara maksimum / minimum keberadaanwaduk serta ukurannya keadaantransportad kedesa tersebut tingkat kesulitanpencapaian lokasi ketersediaanbahan(batu,pasir. kayu dll) ketersediaan tenaga trampil rencana masyarakat tentang penggunaan tenaga iistrik organisasimasyarakatyang telah ada serta kondidnya Mengukur head Head merupakan beda tinggiStegak antCIrCI muka air atas dan bawah. Dari pengalaman, semakin tinggi head yang digunakan, maka akansemakin murah biaya investasiPT terLM sebut. Karena ltu, perlu dicari pllihan lokasi yang palingtepat untuk mendapatkanhead yang paling tinggl. Pengukuran head dapat dilakukanantara lain dengan dua cara yait~ dengan peta topografiatau denganpengukuran beda tinggi Icmngsung.

TAHAPAN PEMBANGUNAN PLTM
P T yang digunakandeh masyarakat desa LM adalah milik masyarakat tersebut. Ariinya, akan sangat balk bila perencanaan, pembuatan, pengeldaan, perowatanserta pengembangannya diiakukan deh masyarakat tersebut. B i i n y a tahapan dalam pembangunan suatu PLTh4 adalah sebagai berikut : Swvai potensi daya dan altenwtlf lokasi, Disain awal, Persiapan sosiai, PencarIan dana, Disain rinci, Pembuatan.uji coba dan latlhan operator, serta pengoperadan.
Swai potend daya dan altomatit Iokasi

Survai ini merupakan tahap yang sangat penting dalam pembangunan suatu P T . LM Sering kita ternui banyak masyarakat desa yang 'over-estimate' dengan pofensi air di desanya, sehingga kelak mungkin b i i menyebabkan beberapa masalah soslal. Potensi daya suatu lokasi dapat dihltung secara sederhana dengan persamaan :
P (kW) = H (meter) x Q (meter kubik / detik) x 5
P = daya llstrlk yang bleluar dari generator

H = head (tinggi terjun tegak) efektif
Q = debit aliran air yang bisa digunakan

5 = konstanta

Padasurvai potensidaya lni data dasar yang harus diperoleh adalah :

-

Pengukuran head dengan menggunakan peta topografi merupakan cara yang paling rumit, tapi dapat memberikan gambaran lengkap situasi lokasi potensial. Kelemahan peta ini adalah dalam ketelitiannya. sehingga hanya cocok untuk P T dengan head LM tinggi dan pada pengukuran untuk disain awal saja. Pengukuran ini harus menggunakan alat theodolite, yang blaya sewanya rnahal serta memerlukan keterampilan khusSUS.

ini kita akan dapatkanjarak A' B'. Pindahkan alat ukur pada titik 3 dengan ketinggianalat ukur = ketinggiantitik B'. Hasil pengukuran ini kita akan dapatkan jarak A' B' . Demikianseterusnyasehingga sampai power house. Ketinggian total = QarakA B) + (iarak A' B') + (iarak A" B") Dalam pengukuran ketinggiandengan cara alat tukang kayu ini, ada 3 ha1 yang perlu diingat : kita tidak perlu rnemperhatikan jarak datar untuk perhitungan setiap memindah alat pengukur (dari 2 ke 3 misalnya), harus diyakin~ bahwa ketinggian alat pada titik 3 = keting gian B" kita tidak perlumelakukanpengukuran melalui garis yang lurus. Cara lain yang cukup mudahdan murah tapi cukup tepat adalah dengan menggunakan selang air ukuran kecil. Prinsipnyasama dengan pemakaian 'pelevel tukang kayu', hanya untuk mendapatkan ketinggian titik B dan A' yang sama kita menggunakan permukaan air di masing-masing ujung selang yang kita rentangkan antara A dan B'. Untuk mendapatkanheadefektif,jarak tinggi tegak ini mcsih harus dikurangi dengan kerugian energi akibat gesekan air dengan pipa

Cara lainyang paling mudahdan cukup berguna adalah dengan menggunakan 'pelevel' tukang kayu. (Lihat gambar 1). Bila pilihan tempat telah ditentukan serta pandangan antara tempat kolam atas dan power house tidak terhalang oleh pepohonan, maka pengukuran dapat dilakukan dengan mengukur langsung beda tinggi titik A (yang berketinggian sama dengan muka air kolam atas) dengan titik B (yang berketinggian sama dengan muka air bawah). Blla lokasi antara kolam atas dan power house terhalang oleh pepohonan, maka pengukuran dapat dllakukan secara bertahap, seperti tampak pada gambar 2, Pertama ukur jarak A B. Pindahkan alat ukur kita pada titlk 2, dengan ketinggianalat ukur = ketinggian titik B. Hasil pengukuran kedua

Gambar 1. Cara untuk mengukur head secara langsung Swnber : HD O Y T M( A ) PTY L D brochure I R SSE T S T

'Gambar 2. Cara mengukur head secara bertahap Sumber : H D O Y T M (TAS) PTY LTD brochure Y R S SE pesat (termasuk belokamya). Pengurang yang lain odalah bila kita menggunakanturbin air aksi. rnaka letak ketinggian turbin air akan mengurangi head ini. Pada prinsipnya kerugiangesekan id akan bertambah besar bila debit airnya membesar serta bila diameter pipa pesatnya kecil. Eielokan pipa pesat, saringan dimulut pipa pesat juga akan menimbulkankerugianhead ini. Untuk menentukan head efektif ini. diperlukan sedikit perhitunganteknis tertentu. penampung air yang lebih besar untuk mengukur debit yang besar (Lihatgambar3)
2. Mengukur debit dengan weir

Pengukuran dengan weir pada prinsipnya dapat digunakan untuk mengukur debit berapapun. Meskipun ada beberapa macam bentuk weir, prinsip perhitungannya tetap sa-

Ada 3 cara untuk mengukur debit yang sedang mengalir : dengan ember, dengan 'weir' dan d w n pelampung.

1. Mengukur debit dengan ember.
Pengukurandengan ember biasanya cocok LM untuk debit kecil, artinya untuk P T dengan head tinggi. lsikanair saluran pada ember sampai penuh, catat waktu pengisiannya. Volume ember dibagi waktu pengisianadalah debit saluran tersebut. Misalnya kita menggunakanember 20 liter, dan pengisian dllakukan selama 2 detik. Jadi debit = 20 liter : 2 detik = 10 liter perdetik. Tentu saja kita bim menggunakan

-

Gambar 3.Cara mengukur debit air dengan ember.Sumber : H D O Y T M( A ) PTY L D Y R S SE T S T brochure

h
(mm) (mm)

litreslsec

Q

20 30 40 50 75 100

125
I SO 175 200

125
!SO 300 400 500

5 1 9.5 14.6 '0.5 38.0 58.0 81 107 135 165 200

---7;

Gambar 4. Mengukur debit dengan 'weir' Sumber : R N W B E E E G TECHNOLOEE AL NR Y GE , L. A. Kristoferson & V. Bokalders IS

300 360 640

ngukur kecepatan air, gunakan pelampung misalnya bola pingpong atau benda terapung lain (daun, potongan kayu, dli). Apungkan pelampung tersebut dan catat waktu yang diperlukan untuk menempuh suatujarak tertentu (biasanya sekitar 1 meter). 0 Misainya waktunya 1 detik. Maka kecepat0 an aiiran (V) adalah 1 m : 1 detik = 1 mldet. 0 0 Kecepatan aliran rata-rata yang kita gunakan untuk perhitungan debit adalah V ratarata = 0,75 X V. (Lihatgambar 5). Untuk mengukur luas penampang saluran, kita rata-ratakankedalaman saluran dan kemudian kita kalikan dengan lebar rata rata. Hasilnya adalah luas penampang rata rata saluran. Misalnya kita peroleh hasiinya = 1,20 m2.Dengan demikian untuk contoh kasus ini debit saluran = (1 x 0,75)m/det x 1,20 m2= 0,9 m3/det. Disain Awal Tujuan dibuatnyadisain awal ini adalah untuk persiapan perhitungan dona dan untuk bahan musyawarah dengan masyarakat. Dalam disain awal ini kita belum perlu mempunyai gambar detail teknis, tapi hanya berupa dimensi utama seluruh peralatan P T . Berikut ini adalah daftar informasiyang LM harus ado dalam disain awal : letak beberapa piiihan lokasi, serta dimensi utamanya saja.

penampang saluran

Gambar 5. Mengukur debit air dengan peiampung ma, yaitu kita ukur jarak h (lihat gambar dibawah ini), yang untuksuatu lebar weir tertentu akan menghasilkan Q(debit) tertentu. Biasanya hubungan h dengan Q sudah ditabelkan. Perhitungan yang lebih detail dapat dilihat pada tabel (Uhat gambar 4). Untuk lebih jelas dapat dilihat pada tulisan lain : MACAM-MACAMKlNClR AIR. 3.Mengukur debit dengan pelampung.

Prinsippengukurandengan peiampungadalah mencari kecepatan air yang kemudian akan dikalikan dengan luas penampang saluran untuk mendapatkan debit, Untuk me-

keunggulan dan kekurangan masing masing alternatif, sket darl tiap elemen utama P T , yaiLM tu: bangunanpengambilan kolam pengendap saluran penghantar pipa pesat dudukan pipa pesat power-house macam dan kapasitas tubin yang akan digunakan macam dan kapasitas generator yang akan digunakan rencana jaringan transrnisi listrik rencana jaringan ditribui listrik rencana sombungan kerumah rumah
Selufuh elernen utama tersebut dihitung biayanya danjumlah itulahyang akan dimasukkanpada proposalmtuk mencaritambahan biaya invest& .

tingkat desa dalam penentuan beberapa disain teknis dan keputusan financial, mlsalnya : letak kolamatas.jaiur pipa pexltdll alur jaringan transmisi don distribusi jumlah langgamn daya tiap rumah tarlf pembayaranlistrik / buian bear biaya penyambungan kerumah rumah macam organisasi kelistrikan desa macam dan jumlah kontribusi masyarakat pada biaya investasi ( gotong royong untuk menggaii saluran, pondasi, pemasangan pipa peat,turbin-generatordan alat lain, pemasangantiang dan kabel listrik, dil ) menunjuk beberapa orang inti yang dipercaya untuk mengurus seluruh persiapan pembangunan PLT M ini. Untuk tahap persiapan sosial ini, biasanya akansangat baik biia penguruspembangunan P T ini melibatkan seorang tenaga peLM nyuiuh lapangan. Penyuluh inilah yang akan memainkan perannya untuk meyakinkan masyarakat secara informal akan hal-ha1 yang akan mengganggu P T ini. LM
Pencarian dana

Tahap persiapan sosiai ini merupakan tahap yang paling penting, karena pada tahap inilah pond4 lembaga kelistrikan dew dibentuk. Bila pembentukannya baik, maka nantinya lemboga kelistrikan desa tersebut juga akan baik.Artinya P T yang akandibaLM ngun nantinya tidak hanya akan dikelola dengan baik. tapi juga akan dikembangkan. Hal sepetfi inilah yang klta inginkan. Persiapansoda1 ini meliputi : melihat kesungguhan minat masyarakat untuk merniliki P T untuk melistrlki LM sebagian / seluruh desanya. mulai mengikut-sertakan masyarakat dalam persiapanproyek, misalnyadalam kegiatan pengukuran, negosiasi awal untuk tanah yang akan terkena P T ini, penguruan perijinan dll. LM mengkondisikan masyarakat untuk rnelakukan beberapa musyawarah

Dari segi biaya P T memerlukan biaya inLM vestasi yang relatif banyak. yang biasanya untuk suatu instaiasi mesin 'baru'sebagian besar masyarakatjarang yang mau beresiko. Dari pengaiaman, saat ini biaya investasi P T dengan H min = 10 meter dan P min = LM 10 kW, adalah R 1,s - 2 juta / kW. Karena p biasanya masyarakat tldak memiliki dana cash sebesar ini, diperlukan pinjaman dari ~ihak untuk tambahan investasi ini. luar

h a t ini, bantuan tersebut dapat diperoleh dari Bank atau dari L M tertentu. Syarat darl S permintaan tersebut adalah adanya suatu studi kelaya~an yang cukup baik yang bisa memperlihatkankeiayakanP T tersebut seLM

keunggulan dan kekurangan masing masing alternatif, sket darl tiap elemen utama P T , yaiLM tu: bangunanpengambilan kolam pengendap saluran penghantar pipa pesat dudukan pipa pesat power-house macam dan kapasitas tubin yang akan digunakan macam dan kapasitas generator yang akan digunakan rencana jaringan transrnisi listrik rencana jaringan ditribui listrik rencana sombungan kerumah rumah
Selufuh elernen utama tersebut dihitung biayanya danjumlah itulahyang akan dimasukkanpada proposalmtuk mencaritambahan biaya invest& .

tingkat desa dalam penentuan beberapa disain teknis dan keputusan financial, mlsalnya : letak kolamatas.jaiur pipa pexltdll alur jaringan transmisi don distribusi jumlah langgamn daya tiap rumah tarlf pembayaranlistrik / buian bear biaya penyambungan kerumah rumah macam organisasi kelistrikan desa macam dan jumlah kontribusi masyarakat pada biaya investasi ( gotong royong untuk menggaii saluran, pondasi, pemasangan pipa peat,turbin-generatordan alat lain, pemasangantiang dan kabel listrik, dil ) menunjuk beberapa orang inti yang dipercaya untuk mengurus seluruh persiapan pembangunan PLT M ini. Untuk tahap persiapan sosial ini, biasanya akansangat baik biia penguruspembangunan P T ini melibatkan seorang tenaga peLM nyuiuh lapangan. Penyuluh inilah yang akan memainkan perannya untuk meyakinkan masyarakat secara informal akan hal-ha1 yang akan mengganggu P T ini. LM
Pencarian dana

Tahap persiapan sosiai ini merupakan tahap yang paling penting, karena pada tahap inilah pond4 lembaga kelistrikan dew dibentuk. Bila pembentukannya baik, maka nantinya lemboga kelistrikan desa tersebut juga akan baik.Artinya P T yang akandibaLM ngun nantinya tidak hanya akan dikelola dengan baik. tapi juga akan dikembangkan. Hal sepetfi inilah yang klta inginkan. Persiapansoda1 ini meliputi : melihat kesungguhan minat masyarakat untuk merniliki P T untuk melistrlki LM sebagian / seluruh desanya. mulai mengikut-sertakan masyarakat dalam persiapanproyek, misalnyadalam kegiatan pengukuran, negosiasi awal untuk tanah yang akan terkena P T ini, penguruan perijinan dll. LM mengkondisikan masyarakat untuk rnelakukan beberapa musyawarah

Dari segi biaya P T memerlukan biaya inLM vestasi yang relatif banyak. yang biasanya untuk suatu instaiasi mesin 'baru'sebagian besar masyarakatjarang yang mau beresiko. Dari pengaiaman, saat ini biaya investasi P T dengan H min = 10 meter dan P min = LM 10 kW, adalah R 1,s - 2 juta / kW. Karena p biasanya masyarakat tldak memiliki dana cash sebesar ini, diperlukan pinjaman dari ~ihak untuk tambahan investasi ini. luar

h a t ini, bantuan tersebut dapat diperoleh dari Bank atau dari L M tertentu. Syarat darl S permintaan tersebut adalah adanya suatu studi kelaya~an yang cukup baik yang bisa memperlihatkankeiayakanP T tersebut seLM

untuk liap daerah dilakukan pembinaan ketrampilan tekds dalam pembuatan turbin air ini. Dari berbagai jenis twbin air, yang paling cocok untuk dibuat diindustri kecil adalah W n clir jenis crossflow. h a t ini telah banyak berkembang disam siap pakai turbin air crossftow yang sederhana. Selama proses pembuatan don pemasangan, akan sangat baik bila calonoperator dan penguus lembaga kelistrlkan desa juga sudah terlibat lagsung. Cara ini merupakan training yong paling efektif. Untuk operator, bila rnereka sudah menjalani proses pemasangan s e l d komponen P T , kita tinggal LM melatlhnyadengan ketrampilantambahan :

memahamisistem kelistrlkanmulaidari panel kontrol sampai kerumah rumah mengencangkan kabel transrnisi rneneluswi hubung singkat prosedur pengoperasian P T LM memahamibagianbagianP T yang LM paling sering terganggu Selama masa uji coba, secara bersamasama masyarakat dapat mengetahui kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki, seperti misalnya kebocoran kecil pada sambungan antar pipa pesat atau car0 membuka dan menutup pintu air untuk mengatur debit yang sesuai dengan kebutuhan listrik desa.

MEMBANGUN UNIT PEMBANGKIT P T LM
PADA bagianIniakandiuraikansekilashal-ha1 penting yang berkaitandengan perencanaan suatu P T . Hal-ha1 yaw sifatnya lebih LM detail teknis harus dirancang tersendiri berdasarkan data-data teknis lapangan. Cara yang paling murah yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun batu sungai di sungai tersebut sedemikian rupa sehingga air sungai sebaaion masuk ke saluran penghantar don sebagian tetap mengalir di sungai tersebut. Biasanya yang menjadi masolah bila terjadi banjir,susunan batutersebutakan rusak tetapi sebenarnya masyarakat akan dengan mudah memperbaikinya. Saluran penghantar. Saluran ini berfungsi untuk mengalirkan air yang diambil dari sungai dengan menjaga ketinggian muka airnya. Pada saluran penghantar ini akan ditemui kolam pengendap don saiuran ini akan berujung pada kolam atas. Saluran penghantar yang paling murah adalah yang tanpa diplester, yaituseperti saluran irigasi tradisional, Bila saiuran tersebut melaiui

Biaya untuk bangunan sipil merupakan porsi biaya yang cukup Mnggi sehingga kalau kita bisa menghemat biaya sipil ini, maka penghematan biaya investasi akan cukup terasa. Bangunan sipil ini terdiri dari : bangunan pengambilan. saluran penghantar, kolam pengendap, kolam atas, pipa pesat. dudukan pipa pesat dan power house. Bangunan pengambilan. Bangunan atau konstruksi ini berfungsi untuk mengambilair sungai atau waduk don mengalirkannya ke saluran penghantar (kanal).

Gambar 1. lnstalasi P T . umber : R N W B E E E G LM E E AL NR Y TECHNOLOGY. L.A. Kristoferson & V. Bokalders

bagian tanah yang sangat menyerap air, maka pada hanya bagian tersebut periu kita plester. Rancangan kemiringan saluran penghantar ini akan sangat mempengaruhi terbawa tidaknya endapan pasir dan kotoran lain. Untuk itu, perlu dilakukan perhitungan yang teliti dengan memperiimbangkansifat tanah yang akan dilalui dehsaluranpenghantar ini. Kolam Pengendap Kolam ini biasanya dibuat dengan memperdalam sebagian saluran penghantar dan menambahnya dengan saluran penguras. Fungsinya adalah untuk mengendapkan pasir dan menyaring kotoran yang hanyut sehingga air yang masuk ke turbinakanrelatif bersih. Kolam Atas.

Saluranpenghantar akan berujungpada ko- lam atas yang berfungsi untuk menyaring akhir air yang akan rnasuk turbin serta kemudian mengarahkannya untuk masuk ke pipa pesat sesuai dengan debit yang diinginkan. Kolam atas ini harus dibuat dengan konstruksi beton. Pada saat perencanaan perlu diperhitungkan pula kemungkinan longsornya kolam atas ini mengingat biasanya kolam atas ini diletakkan di bagian pailng atas dari suatu tebing yang miring. Untuk menghemat panjang pipa pesat memang biasanya kolam atas ini diletakkan sedekat mungkin diatas powerhouse. Plpa pesat. Pipa pesat berfungsi untuk mengubahenergi potensial air di kolam atas menjadi energi kinetik air di dalam pipa pesat, kemudian mengarahkan energi kinetik tersebut untuk

cmss- FLOHTURBINES

I

Gambar 2. Penggunaan macam-macam turbin. Sumber : R N W B E E E G TECHE E AL NR Y NOLOGY. L.A. Kristoferson & V. Bokalders

-.

I

Gambar 3. Turbin Peiton

memutar roda gerak turbin air. Perubahan energi seperti itu berlaku untuk turbin aksi. Secara umum pipa pesat biasanya dibuat dari plat baja yang dirdl dan kemudiandi las, Untuk kotastruksi pipa pesat ini, biasanya harga pipa pesat per-meter menjadi sangat tinggi, penyebabnya antara lain karena mahalnya harga flens yang memangharusdibuat dari plat baja yang cukup tebal. Ketebalan flens ini tldak dapat ditawar lagi karena beratnya fungsi penyambungan yang harus dlpikul oleh flew ini. Untuk itu, ada suatu ide yang mungkin perlu dicoba, yaitu dengan memanfaatkan panday besi untuk melengkungkan plat baja yang lurus, kemudian nanti dapat dirapihkan dengan menggunakanmesin bubut. Dudukan pipa pesat. Dudukanpipa pesatharusmampu menahan bebanstat's dan dinamis dari pipa pesat dun air yang mengalir di dalamnya. Untuk itu. harus dihindari belokan 45' , karena akan mengakibatkan gaya yang cukup bear.

Bila gaya ini tak dapat ditahan oieh tanah (misalnya karena luas penampang dudukan pipa pesat terialu kecii), maka pipa pesat akan terdorong - bergeser dun rusak, Untuk itu. perencanoan dirnensi dudukan pipa pesat ini harus dilakukan secara matang, tentu saja berdasarkankondisi tanah yang ada pada lokasi P T . LM Powerhouse. Powerhouse ini bukan seperti bangunan rumah biasa. Di dalam powerhouse, dipasang turbin dan generator yang seialu mendapat beban dinamis dan selalu bergetar. Dalam disain powerhouse, pondasi turbin - generator harusdiplsahkandari pondasi bangunan powerhousenya. Persoalan ini masih ditambah lagi dengan perlunya saluran pembuang di dalam powerhouse sampai keluar powerhouse. Dalam mererwclna powerhouse, perlu dipikirkan keleluasaan bongkar pasang turbin generator, karena bisa dipastikan setiap tahun turbin air harus diperiksa, artinya akan dibongkar secara berkala.

-

wotw inlet

Gambar 3. Skema aliran pada Turbin Francis XEINE l T Sumber : LOCAL E P RE C W H MICROH D O TECHNOLOGY. Ueli Meier YR

Gambar 5. Turbin Propeller Kaplan. Sumber : l T YR LOCAL E P RE C W H MICRO - H D O XEINE TECHNOLOGY, Ueli Meier

Tubin air.

T u b i n air berperan untuk merubahenergi air @otensial. tekanan dan kinetik) rnenjadi putaran poros. Putaran poros turbin ini (baca : daya = energi persatuan waktu = mornen puntir x putaran) akan dirubah oleh generator menjadi tenaga listrik.
Ada beberapa macam turbin air yang digunakan orang : Crossflow, Propeler, Franc&,Pelton. Dari gambar ini tampak bahwa : untuk mikrohidro jenis turbin yang biasa digunakan adalah Crossflow, Francisdan Propeller turbin Propeller banyak digunakan untuk debit besar, head rendah turbin Pelton hanya digunakan untuk head tinggi turbin Francis dapat digunakan untuk head dan debit rendahsampai tinggi efisiensi puncak turbin semua diatas 70%. dan bisa mencapai 80 dan bahkan 90%

Pengaturan debit air masuk turbin dilakukan dengan menggunakan 'governor'. Pada prinsipnya cara kerja governor addah bila beban turun, putaran akan naik. Naiknya putaran ini akan menggerddtan bagian governor yang kernudianakan mengprakkQn katup untuk menuhlp sebagian xrluran air masuk ke turbin.

Gambar 6.Skema Turbinjenis Cross-Flow

Bilabeban PT turun, misalnyapada malam LM hari 90% rumah mematikan lampunya, maka roda gerak akan berputar lebih cepat. Akibatnya, frekwensi listrik yang mengalir akan naik. Hal ini blsa dihindari dengan 2 macam cara : bila beban turun, dibuat beban buatan sehingga total beban akan tetap bila beban turun, debit air masuk ke turbinditurunkan sesuaidenganpenurunan beban Pembuatanbebanbuatantersebut b idiiakukandengan berbagaicara, baik secara rill elektrik maupunsecara eiektronik. D T cara l IB ini tdah dikembangkan dan diberi nama beban komplemen.
,

Gambar 7. Penfpntrat beban

MACAM-MACAM KINCIR AIR
RIBUAN kincir air telah dibwt orang, tersebar di banyak negaradi seluruhbelahanb m i ini. Kincir air tersebut biasanya dibuat untuk memutar peraiatan mekanlk tertentu. misalnya penggiling,dan biasanya bukanuntuk membangkitkan llstrik. Sampai saat ini kita kenal beberapa rnacam kincir air : Semprot Atas (overshot) 'Breast-wheel' Semprot Bawah(undershot)
'Poncelet-wheel'

dan putaran roda kincirnya berkisar antara 6 20 rpm.

-

Putaran roda kincir ini disebabkandeh berat air yang terjebak daiam ember-ember yang terpasangdi sekdiling roda gerak klnclr.S m a pai saat ini, kincir air terbesar yang pernah dibuat orang adalah yang berdiameter 10 meter. Karenarendahnya putarankinckaklni,maka orangjarang yang mernanfaatkannyauntuk membangkitkan tenaga listrik, kaena harus rnerubahputarantersebut menjadl1500rpm. Artinya, diperlukantransmisl dengan perbandingan 75 sampai dengan 250. Hal I 1sukar n dan secara teknis tidak umum. Kerugianlaindari kincirini (jugaklnchair secara umum) adalah besarnya konstruksi maupunbangunansipiinya.Padahal,harusdiakui bahwa sebagai pembangkit tenaga, kincir air memerlukan perawatan yang sangat minimal.

Kincir Air Semprot Atas
Kincir air semprotatasinlbiasanyadlgunakan i untuk tinggi terjun 2 3 meter atau lebih. D antara seluruh jenis klncir air, efisiensi kincir jenis ini paling tinggi, bisa mencapai 60 - 70%

-

Gambar 1. Kincir Semprot Atas

Gambar 2. Kincir Air 'Breast Wheel'

Kinclr Air 'Brecltt-ovhed'

Padakincir airini air maw&ke roda kincir darl slsi yang lebih rendah dari puncak roda kincir. don air dijebak &lam ruang antara dasar ember dengan bangunan sipilnya. Efi$iensi yang dapat dicapai oleh kincir tinggi (air masuk diataspores)= 65% ,danoleh kincir rendah(dlbawah pores)= 35 - 40%.Besarnya bangunandan konstruksikincirjenisinihampir rnenyarnaijenis Semprot Atas (garnbar 2). Kincir ah kd biasclnya digunakan untuk tlnggi terjunkwangdarl3meter danrnenggunakan diameter sebesar 1 - 3 kaii terjunan isb.

tentu gaja hampir tanpa mempuffyai dQVa par-.
Kincir Air 'Poncdet'

Kincir air jenis i 1 banyak kita jumpai dl ktn donesia, dengan beberapa modiflkasi, don di banyak tempat dlgunakan untuk memutar generator pembangkit liitrik. Kincir air ini merupakan modiflkasi dari kincir air S mX t 8 IO bawah,dengan merubah kelengkunganwdutnya seperti turbin Cross-flow serta air datang disemprotkan meialui semacam nosel seperti pada tubin Pelton. Artinya putrodakincirMak hanyaakibatberatair, t e w juga akibat adanyaperubahanenergik i W air yang menjadi kerja poros(gambar 3).

Gambar 3. Khdr Air Semprot Bawah

Gambar 4. Kincir Air 'Poncdet'

"-,w
~ALSempotBawah
Kind d r hi menpakan jenls tertua dengan eflsiensimakdmun yang b k dicapai = 25%. Wun yang blasa diguwkan adalah2 - 5 mrskn. deRgan diameter minimum 5 mew. Dengan head yang sangat rendah (30 ~ m ) k k l r M masih bisa berputar, tapi ,

Efidensi kincir jenis ini bisa mencapai 50 60%. Biasanyatinggi terjunyang digunakansekitar 36 meter atau kwangdan diameternya seWtar 46 meter.

-

B a kita pelhatikankomtniksifrya, kincir jenis H ini lebih peka terhadap kotoran (batu, kayu dl) yang hanyut bersamaair.

-

-

-

MEMBUAT BRONJONG
Oleh :Sentanu Hindrakusuma
Bronjong adalah anyaman kawat atau bahan lalnnyayang dlisi dengan batu.Bronjong dlgunakan untuk melindungi dan rnemperkuat tebing tanah, melindungi tepi sungai terhadap gerusan allran air, dan untuk membwt bendunganair. Kawat yang blasa digunakan adalah kawat telepon dengan diameter 4 mm. Lubang anyaman berupa segi enam (hexagonal), seperti kawat ayam. Panjang dd segi enam sekitar 7 3 Cm. BenW anyamandapat dilihat pada Gambar 1.
Setiap 1 m2 anyaman kawat 4 m memm butuhkan kawat sebanyak sekitar 26 Kg, ,5 atau setiap 1 m3batu untuk mengisibronjong membutuhkansekltar 1 K kawat. 8 g

ling diikat kuat, khususnya bagian tutup blla bronjongsudah diisi batu.Bronjongyang sub dengan iainnya diikat kuat agar bronjong tidak lepas dari bronjong iainnya. Batu untuk mengisi bronjong dapat men@ gunakan batu kali/bulat atau batu pecah. Bronjong yang mungkin dapat bergerak, ss perti untuk bendungan air, sebaiknya menggunakan batu kali, karena jika menggunakan batu pecah ada kemungkinan bagian tajam batu pecah akan memotong kawat. Pengisian batu dalam bronjong harm ditata dengan rapih dan padat.Jangan menggunakan batu yang ukurannya lebih kecil dari lubang anyaman kawat. Ukwan terpendek batu tidak kurang dari 13 Cm. Bendungan Bronjong Bentuk bendungandengan bronjongumumnya berupa prisma. Susunan bronjong untuk bendungan kurang dari 1$ m dapat dilihat pada gambar 3 Lantai bronjong pada bagian hilir dibuat lebih panjang agar dasar su-

Ukuran bronjong yang umum digunakan adalah : panjang 3 m, IeQar1 m, dan Tebal 0,5 m. Bronjong dengan ukuran tersebut membutuhkan kawat 4 m sebanyak 27 K m g dan batu 15 m3(gambar 2). Setiap 1 m panjang dibuat dinding antara supaya kuat. Rusuk-nrsukbronjong harus sa-

ong tidak kedap air d i bocoran dapat dilakuk

YAYASAN W D I R I adalah Lembaga Swadaya Masyar&a~non-profit yafig bergerak di bidan engemban an mas arakat, teknologi tepat, dun lingkun an fufup. ~ i d i r i f a n Andung di pada tanggal 21 Desernber 1978

MISI & TUJUAN
MISI pengembangansumber daya darn dan tekndbgi untud
hX ,- .> .4.

. .-.-- . :-:PART131PAN . _.. , ,.
% -4

Iy.yy-

..-\...
, '

SUMBER

keseiahteraan manusia siapa saja yang rnempunyai pet! kesejahteraan rakyat Indonesia 1. intern Yayasan Mandiri 2 simpatisan dan partisipan 3 sumber dava setempat siapa saja yang membutuhkan

::,::-~~.~:~ ----.
- - C- r = & & & -r r L- e & ? P . *

TUJUAN ANTARA

5 .-. s - -s
beni~itian ;engembangan sli bidang &n teknolwi, kemasyarakatm dan tbgkungan M p pemasiarakatan dan penyebaduasan
b

TUJUAN AKHIR PENDEKATAN

~emenuhan kebutuhan dasar, 4 bngembangankemarnpuan dankepercayaan diri rakyat Indonesia untuk memecahkan masalahnya sendiri, pengembangan tekndogi yang serasi dengan alarn &n budaya Indonesia sertaberocientasipada keadilan, kemerdekaan den kemuliaan manusia tercaoainvacitrt-cite kemerdekaan bangsa Indonesia I . bekorja dan belajar bersama dalam usaha mengembangkansumber &ya setempat -A

.

I

1 I

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->