P. 1
Karya Tulis Bahasa Indonesia

Karya Tulis Bahasa Indonesia

5.0

|Views: 19,109|Likes:
Published by Hermanto Aulia

More info:

Published by: Hermanto Aulia on Feb 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2014

pdf

text

original

KARYA TULIS BAHASA INDONESIA

MEMBIASAKAN BERSIKAP ADIL DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

DISUSUN OLEH : ALFIYATUL HASANAH NUR FUJI ANNISA KELAS : IX A
PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SMP NEGERI 2 SAMPIT
TAHUN AJARAN 2009 / 2010

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

.................................................................................................................................. I

KATA PENGANTAR ................................................................................................................................. II DAFTAR ISI .............................................................................................................................................. III

BAB 1 PENDAHULUAN .......................................................................................................................... 1 1. 1. 1. 1. 1. 1. 2. 3. 4. 5. Latar Belakang ..................................................................................................................... Rumasan Masalah ................................................................................................................ Tujuan Penulisan ................................................................................................................. Manfaat Karya Tulis .............................................................................................................. Metode Penulsan ................................................................................................................. 1 1 1 1 1

BAB II PEMBAHASAN ......................................................................................................................... 2 2. 2. 2. 2. 2. 1. 2. 3. 4. 5. Pengertian Keadilan ............................................................................................................. 2 Keutamaan Keadilan ............................................................................................................ 2 Hal – hal Yang Perlu DipertimbangkanDalam Bersikap Adil ................................................ 2 Hubungan Sikap Keadilan Dengan Sila-sila Pancasila ......................................................... 3 Contoh-contoh Bersikap Adil Dalam Kehidupan Sehari-hari ........................................... 3 - 4

BAB III

PENUTUP ................................................................................................................................ 5

3. 1. Kesimpulan .......................................................................................................................... 5 3. 2. Saran .................................................................................................................................... 5 DAFTAR PUSTAKA .................................................................................................................................... 6

2/13/2010 HERMANTO AULIA

Page 1

KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb Bismillahirrahmanirrahim

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang banyak melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua. Dan tak lupa kami ucapkan salawat dan salam semoga semua tercurah dan terlimpah kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya. Berkat rahmat-Nya jualah kami dapat menyusun “Karya Tulis” ini. Dalam pembuatan karya tulis ini kami menyadari dan merasakan masih banyak kekurangan dan kesalahan karena kami masih dalam tahap belajar dan terbatasnya ilmu pengetahuan yang kami miliki. Oleh karena itu kami mohon maaf apabila ada kesalahan baik dalam penulisan, bahasa maupun dalam susunan kalimatnya. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca demi sempurnanya penulisan karya tulis ini dimasa yang akan datang. Demikian kata pengantar dari kami, semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi diri kami sendiri. Amin ya Rabbal alamin. Akhir kata kami ucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Sampit,

Februari 2010

Penyusun

2/13/2010 HERMANTO AULIA

Page 1

BAB I PENDAHULUAN

1.1.

LATAR BELAKANG
Pengertian Keadilan Keadilan berasal dari kata adil, artinya dapat meletakkan suatu pada tempatnya, misalnya dalam menetapkan hukum, yang salah disalahkan dan yang benar dibenarkan, dengan tidak membedakan orang yang diadili. Sifat adil artinya suatu sifat yang teguh, kukuh yang tidak menunjukkan memihak kepada seseorang atau golongan. Adil itu sifat mulia dan sikap yang lurus. Tidak terpengaruh karena factor keluarga, hubungan kasih sayang, karib kerabat, golongan dan sebagainya.

1.2.

RUMUSAN MASALAH
1. 2. 3. 4. Apa yang dimaksud dengan keadilan? Apa saja keutamaan – keutamaan sikap adil dalam kehidupan sehari – hari? Apa saja hal – hal yang perlu dipertimbangkan dalam bersikap adil? Apa saja contoh – contoh bersikap adil dalam kehidupan sehari – hari?

1.3.

Tujuan bersikap adil dalam kehidupan sehari – hari yaitu sebagai berikut :
1. 2. 3. 4. Untuk mengetahui pengertian keadilan. Untuk mengetahui keutamaan – keutamaan bersikap adil dalam kehidupan sehari – hari. Untuk mengetahui hal – hal yang perlu dipertimbangkan dalam bersikap adil. Untuk mengetahui contoh – contoh bersikap adil dalam kehidupan sehari – hari.

1.4.

MANFAAT BERSIKAP ADIL YAITU :
1. 2. 3. 4. 5. Dapat mengembankan kepribadian dan kemampuan, sehingga menjadi teladan bagi masyarakat. Dapat mengembangkan kesejahteraan dan kebahagiaan dalam suatu keluarga. Orang yang berlaku adil akan disukai Tuhan dan banyak orang. Akan dihormati semua orang. Serta dapat dipercaya dalam memecahkan masalah.

1.5.

Metode Penulisan
Karya Tulis ini dibuat dengan metode kepustakaan dan metode pengamatan.

2/13/2010 HERMANTO AULIA

Page 1

BAB II PEMBAHASAN

2.1.

Keadilan merupakan suatu hasil pengambilan keputusan yang mengandung kebenaran, tidak memihak, dapat dipertanggung jawabkan dan memperlakukan tiap orang pada kedudukan yang sama dimata hukum.

2.2.

Keutamaan Keadilan antara lain :
a. Terciptanya rasa aman, tenang, tenteram dalam jiwa dan tidak da rasa khawatir kepada orang lain, karena tidak pernah melakukan perbuatan yang merugikan atau menyakiti orang lain. b. Membentuk pribadi yang dapat melaksanakan kewajiban dengan baik, taat dan patuh kepada Tuhan, melaksanakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. c. Menciptakan ketenteraman dan kerukunan hidup, hubungan yang harmonis dan tertib dengan orang lain. d. Dapat memanfaatkan alam sekitar untuk keselamatan dan kebaikan hidup di dunia dan akhirat.

2.3.

Hal – hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Bersikap Adil sebagai berikut :
a. Perlakuan terhadap manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. b. Menganggap manusia sama derajatnya, hak dan kewajibannya tanpa memandang perbedaan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan soaial dan warna kulit. c. Dilandasi dengan sikap saling mencintai sesamanya, tenggang rasa, teposeliro dan tidak sewenang – wenag terhadap orang lain. d. Merasa dirinya merupakan bagian dari yang lain, oleh karena itu berkewajiban untuk mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerja sama dengan bangsa – bangsa lain.

2.4.

Hubungan Sikap Keadilan dengan Sila – Sila Pancasila
Page 1

2/13/2010 HERMANTO AULIA

1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
Keberanian dalam membela kebenaran dan keadilan haruslah dilandasi oleh kepercayaan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, artinya harus selalu berusaha menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya menurut ajaran agama dan kepercayaan masing – masing.

2. Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Pada dasarnya manusia berkeinginan untuk bebas sesuai dengan kemauannya, namun mereka teringat oleh keterbatasan dan tanggung jawab baik kepada masyarakat, Negara maupun lingkungan.

3. Sila Persatuan Indonesia
Keberanian untuk membela kebenaran dan keadilan harus dijiwai oleh semangat persatuan dan kesatuan. Disamping itu perlu diperhatikan pula prinsip Bhinneka Tunggal Ika, nasionalisme Indonesia dan kebebasan warga Negara dalam rangka mempertahankan persatuan bangsa.

4. Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan
Dalam menumbuhkan dan melaksanakn hal – hal yang dianggap benar dan adil hendaknya berpegang pada prinsip – prinsip musyawarah untuk mufakat.

5. Sila Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Perbuatan ini haruslah dilandasi oleh moral yang luhur untuk kepentingan nasional.

2.5. Contoh – contoh Bersikap Adil Dalam Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat yaitu sebagai berikut : 1. Dilingkungan Keluarga
Contohnya, sikap dan perilaku orang tua harus memberikan teladan yang baik dan adil terhadap anak – anaknya. Apabila tidak dapat member perilaku yang sama / seimbang hendaknya mengutarakan sebab – sebabnya sehingga tidak menimbulkan kesan orang tua tidak adil. Kewajiban sebagai anak yaitu menjaga nama baik orang tua, sopan dalam berbicara dan bersikap baik kepada keduanya.
2/13/2010 HERMANTO AULIA Page 1

2. Dilingkungan Sekolah
a. Dengan ikut serta dalm kegiatan disekolah akan dapat mendorong kita untuk memiliki keberanian dalam membela kebenaran dan keadilan antara lain : b. Penerapan dan pelaksanaan tata tertib sekolah. c. Mengikuti kegiatan pramuka, PMR, penelitian, pecinta alam, olah raga dan kegiatan lain yang dapat memotivasi dri kita untuk berbuat benar dan adil.

3. Dilingkungan Masyarakat
Contohnya : a. Sama – sama menikmati hasil pembangunan dimasyarakat dengan cara seperti ini : menggunakan telepon umum, sarana transportasi umum dan lain – lain secar bertanggung jawab. b. Berpartisipasi dalam penyelenggaraan Negara, misalnya ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum. c. Meningkatkan rasa kepedulian social dengan cara membantu masyarakat. Misalnya para korban bencana banjir, tanah longsor dan lain – lain. d. Keikut sertaan menegakkan hukum dan keadilan dengan tidak main hakim sendiri.

2/13/2010 HERMANTO AULIA

Page 1

BAB III PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa : 1. Keadilan itu suatu sikap dan perbuatan yang dapat meletakkan sesuatu pada tempatnya yang benar, teguh, dan kukuh serta tidak memihak kepada seseorang karena kekeluargaan ataupun golongan. 2. Kita harus berlaku adil kepada Tuhan, kepada diri kita sendiri, kepada orang lain dan kepada makhluk lainnya (binatang dan sebagainya).

3.2.

SARAN
Berdasarkan hasil penelitian : 1. Seharusnya sikap keadilan harus ditanamkan sejak dini dalam lingkungan keluarga, karena dari keluarga yang baik maka akan lahir individu – individu yang baik pula. 2. Sebaiknya para orang tua member pengarahan atau nasihat pada anak supaya mereka bisa berbuat adil dalam berbagai hal. 3. Sebaiknya para bapak dan ibu guru disekolah tidak pilih kasih terhadapa siswa – siswinya. 4. Seharusnya Negara hukum Indonesia harus menegakkan keadlian dan perlakuan yang sama dibidang hukum.

2/13/2010 HERMANTO AULIA

Page 1

DAFTAR PUSTAKA

 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1997. Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Jakarta, Dedikbud.  Departemen Agama RI, 2001. Pendidikan Agama Islam 1. Jakarta, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama.  Departemen Agama RI, 2000. Pendidikan Agama Islam 1. Jakarta, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen.  Supartini, Amin. S.Pd, dkk 2006. Kewarganegaraan, Klaten ; Cempaka Putih.  http : // images.google.co.id

2/13/2010 HERMANTO AULIA

Page 1

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->