P. 1
Bab 1(Contoh skripsi akutansi 2)

Bab 1(Contoh skripsi akutansi 2)

1.0

|Views: 2,695|Likes:
Published by chepimanca
BAB 1 PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Penulisan Pada era globalisasi sekarang ini, persaingan dunia usaha dan perdagangan semakin terlihat tajam terutama dibidang perekonomian, baik perusahaan manufaktur maupun jasa. Dalam kondisi persaingan seperti sekarang ini, mereka saling berusaha untuk mendapatkan pelanggan dan laba sebanyak mungkin melalui peningkatan produktivitas, kualitas, menekan biaya-biaya produksi dan biaya lainnya tanpa mengurangi kualitas serta kuantitas dari produk atau jasa ya
BAB 1 PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Penulisan Pada era globalisasi sekarang ini, persaingan dunia usaha dan perdagangan semakin terlihat tajam terutama dibidang perekonomian, baik perusahaan manufaktur maupun jasa. Dalam kondisi persaingan seperti sekarang ini, mereka saling berusaha untuk mendapatkan pelanggan dan laba sebanyak mungkin melalui peningkatan produktivitas, kualitas, menekan biaya-biaya produksi dan biaya lainnya tanpa mengurangi kualitas serta kuantitas dari produk atau jasa ya

More info:

Published by: chepimanca on Feb 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Penulisan Pada era globalisasi sekarang ini, persaingan dunia usaha dan perdagangan semakin terlihat tajam terutama dibidang perekonomian, baik perusahaan manufaktur maupun jasa. Dalam kondisi persaingan seperti sekarang ini, mereka saling berusaha untuk mendapatkan pelanggan dan laba sebanyak mungkin melalui peningkatan produktivitas, kualitas, menekan biaya-biaya produksi dan biaya lainnya tanpa mengurangi kualitas serta kuantitas dari produk atau jasa yang dihasilkan. Tujuan dari setiap perusahaan tersebut berkaitan dengan efisiensi, efektivitas dan ekonomis. Kinerja suatu perusahaan dapat dikatakan baik dan efektif, jika hasil yang dicapai oleh perusahaan telah sesuai dengan apa yang ditetapkan semula. Untuk mencapai hasil yang memuaskan tersebut, maka diperlukan sumber dana dan sumber daya manusia yang memadai di perusahaan agar tingkat efisiensi dan efektivitas dapat tercapai. Selain itu, sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan harus digunakan dengan baik dan dimanfaatkan secara tepat. Sedangkan suatu perusahaan dapat dikatakan ekonomis, apabila hasil yang diperoleh dapat dikerjakan dengan menggunakan sumber daya manusia yang lebih sedikit, tapi kuantitas dan kualitas barang yang dihasilkan tetap sama. Dengan menggunakan sistem manajemen perusahaan yang baik diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu perusahaan. Hal ini dapat diketahui melalui laporan-laporan, seperti laporan keuangan dan laporan kegiatan 1

2 harian atau bulanan yang dilakukan setiap akhir hari kerja atau akhir bulan dan harus berisikan informasi mengenai seluruh kegiatan yang dilakukan. Sedangkan untuk mendapatkan data atau informasi yang baik dan terbaru, maka semua laporan yang dikirim kepada atasan harus berisi informasi yang mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Tetapi untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat, diperlukan suatu sistem pengendalian intern yang baik dan dijalankan dengan benar. Karena dengan adanya pengendalian intern yang baik, diharapkan setiap bentuk dan tindakan penyelewengan yang akan atau sedang terjadi di perusahaan dapat dikurangi atau dapat dicegah sedini mungkin. Kesalahan itu bisa berupa data yang tidak dimasukkan, data yang dimasukkan dua kali, data yang salah penempatannya antara debet dengan kredit dan kesalahan-kesalahan lain yang tidak terduga. Untuk itu, diperlukan auditor yang dapat melakukan pemeriksaan secara independent terhadap seluruh transaksi atau kegiatan perusahaan yang ada dan kemudian dicocokan atau disesuaikan dengan bukti yang ada dan biasanya dilakukan pada akhir periode atau akhir tahun, guna mengurangi dan menghambat kemungkinan terjadinya kesalahan atau kecurangan yang mengganggu kelancaran kegiatan bisnis. Sehingga perusahaan dapat dengan cepat mengambil suatu sikap, tindakan dan keputusan yang tepat terhadap kecurangan atau penyelewengan yang terjadi. Menyadari arti penting dari audit bagi dunia usaha dan segala kemungkinan yang akan terjadi terhadap perkembangan dunia usaha di masa yang akan datang, maka penulis tertarik untuk memaparkan audit sebagai bidang konsentrasi skripsi dengan pokok permasalahan pada sistem informasi penjualan kredit dan piutang

3 dagang. Mengingat penjualan kredit dan piutang dagang merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan untuk meningkatkan laba usaha dan sebagai sumber utama pendapatan, maka penulis berusaha mengangkat beberapa aspek penting yang terdapat pada bagian penjualan kredit dan piutang dagang ke dalam suatu karya ilmiah atau skripsi melalui PT. Distriversa BuanaMas (PT.DBM). Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk memilih penulisan skripsi dengan judul “AUDIT SISTEM INFORMASI PENJUALAN KREDIT DAN PIUTANG DAGANG PADA PT. DISTRIVERSA

BUANAMAS”

1.2

Ruang Lingkup Untuk lebih mengarahkan penyusunan dan penulisan skripsi ini, penulis merasa perlu membatasi ruang lingkup penelitian, yaitu meliputi sebagai berikut: 1. Peng-audit-an sistem informasi penjualan kredit dan piutang dagang pada PT. Distriversa BuanaMas yang dilakukan dengan cara pengecekan output yang dihasilkan dan disesuaikan dengan input. 2. Sistem pengendalian internal berbasis komputer pada PT. Distriversa BuanaMas yang meliputi pengendalian umum (management control) dan pengendalian aplikasi (application control). Pembahasan pengendalian umum dibatasi hanya pada pengendalian keamanan (security control). Sedangkan pengendalian aplikasi (application control) membahas tentang pengendalian masukan (input control), pengendalian keluaran (output control), pengendalian batasan (boundary control), pengendalian komunikasi (communication control).

4 1.3 Tujuan dan Manfaat Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah: 1. Mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada sistem informasi penjualan kredit dan piutang dagang pada PT. Distriversa BuanaMas. 2. Memastikan bahwa sistem menghasilkan output yang tepat waktu dan sesuai dengan input sehingga dapat dipercaya oleh yang bersangkutan. 3. Memberikan rekomendasi untuk kelemahan-kelemahan yang mungkin ditemukan di dalam sistem dan menghasilkan laporan audit bagi PT. Distriversa BuanaMas.

Manfaat dari pembuatan skripsi ini adalah: 1. Dapat memberikan gambaran tentang kondisi sistem informasi penjualan kredit dan piutang dagang dimasa depan. 2. Menghasilkan informasi tentang kelemahan-kelemahan dari sistem yang menyebabkan kerugian bagi PT. Distriversa BuanaMas. 3. Diharapkan setelah melakukan peng-audit-an pada sistem informasi penjualan kredit dan piutang dagang, PT. Distriversa BuanaMas dapat memperoleh masukan-masukan yang dapat berguna untuk penyempurnaan dan peningkatan efisiensi dan efektivitas sistem informasi penjualan kredit dan piutang dagang dimasa depan.

5 1.4 Metodologi Penelitian Dalam penyusunan skripsi ini, data-data yang diperlukan diperoleh dari metode pengumpulan data sebagai berikut: 1. Study Pustaka (Library Research) Yaitu penelitian yang dilakukan penulis untuk memperoleh data secara tertulis mengenai penelitian kepustakaan dengan cara membaca dan menelaah bukubuku, literatur dan tulisan-tulisan ilmiah yang berhubungan dengan judul skripsi. 2. Study Lapangan (Field Research) Dalam hal ini dilakukan pengamatan secara langsung terhadap perusahaan yang menjadi obyek penelitian agar mendapatkan informasi dan data yang lebih akurat. Dalam penelitian lapangan ini, digunakan tiga metode yaitu: a) Wawancara (interview) Yaitu suatu metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara terhadap karyawan dan pihak manajemen perusahaan yang bersangkutan dengan obyek penelitian. b) Pengamatan (observation) Yaitu suatu metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan obyek penelitian.

6 c) Kuesioner Yaitu suatu metode pengumpulan data dengan memberikan daftar pertanyaan secara tertulis kepada pihak yang berhubungan dengan obyek penelitian. 3. Metode Audit Penulis menggunakan metode audit around the computer dimana penulis menelaah struktur pengendalian dan melaksanakan pengujian transaksi dan prosedur verifikasi saldo perkiraan terhadap input dan output sistem aplikasi. Di samping itu, penulis dapat mengambil kesimpulan tentang kualitas pemrosesan data yang dilakukan oleh perusahaan.

1.5

Sistematika Penulisan Skripsi ini terbagi dalam lima bab pembahasan. Masing-masing bab akan dibahas seperti hal-hal yang ada di bawah ini: Bab 1 : PENDAHULUAN Bab ini menjelaskan mengenai latar belakang penelitian, ruang lingkupnya, tujuan dan manfaat penulisan, metode penelitian serta sistematika penulisannya.

Bab 2 : LANDASAN TEORI Bab ini menjelaskan teori-teori dari hasil studi kepustakaan, buku-buku ilmiah, dan karya-karya ilmiah lainnya yang berhubungan dan mendukung skripsi.

7 Bab 3 : ANALISA SISTEM YANG SEDANG BERJALAN Bab ini menjelaskan riwayat perusahaan, baik sejarah perusahaan,

struktur organisasi, pembagian tugas, tanggungjawab dan wewenangnya. Selain itu, berisi sistem informasi dan prosedur yang sedang berjalan.

Bab 4 : AUDIT SISTEM INFORMASI PENJUALAN KREDIT DAN PIUTANG DAGANG PADA PT. DISTRIVERSA BUANAMAS Bab ini menyajikan dan menganalisa perencanaan audit, kuesioner, matriks audit, temuan audit, resiko yang ditimbulkan, serta rekomendasi yang diberikan dalam mengantisipasi resiko tersebut. Bab 5 : SIMPULAN DAN SARAN Bab ini terdapat kesimpulan terakhir dari seluruh hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap seluruh rangkaian sistem. Dalam bab ini juga terdapat saran-saran yang perlu diambil untuk menyempurnakan dan membuat sistem menjadi lebih baik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->