P. 1
Bab 1(Contoh skripsi akutansi 3)

Bab 1(Contoh skripsi akutansi 3)

|Views: 611|Likes:
Published by chepimanca

More info:

Published by: chepimanca on Feb 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/24/2013

pdf

text

original

1

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat mengharuskan setiap perusahaan memiliki sistem informasi yang dapat mendukung seluruh kegiatan operasinya agar dapat berjalan secara efektif dan efisien serta mampu bersaing dalam dunia bisnis untuk mencapai tujuan dan sasaran pendiriannya. Dalam hal ini fungsi penjualan merupakan salah satu komponen utama yang berhubungan erat dengan kelangsungan hidup suatu perusahaan karena dapat meningkatkan laba perusahaan sehingga fungsi ini benar – benar harus diperhatikan. Fungsi penjualan yang baik harus didukung dengan sistem pengendalian intern yang memadai guna menjaga, mendeteksi, dan memberikan mekanisme pembetulan terhadap kemungkinan terjadinya kesalahan maupun penyalahgunaan. Namun penerapan sistem informasi berbasis komputer seringkali menimbulkan masalah sebagai akibat dari sistem yang tidak efisien ataupun sistem yang tidak terkendali sebagaimana mestinya. Adapun masalah-masalah yang sering muncul yaitu kurangnya pengendalian keamanan terhadap data yang ada dan prosedur-prosedur khususnya penjualan yang tidak terstruktur. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk melakukan audit terhadap penerapan pengendalian intern sistem informasi yang mencakup pengendalian aplikasi dan pengendalian umum untuk menghindari kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja sehingga informasi yang dihasilkan dapat meningkatkan

2 efektifitas dan efisiensi guna mendukung pencapaian sasaran dan tujuan perusahaan. Maka audit terhadap sistem aplikasi penjualan pada suatu perusahaan perlu dilakukan untuk mengevaluasi bagaimana tingkat kesesuaian antara aplikasi sistem informasi penjualan dengan prosedur yang telah ditetapkan serta mengetahui apakah suatu sistem informasi memiliki mekanisme pengamanan aset dan menjamin integritas data yang memadai. Pada skripsi ini, penulis melakukan audit sistem informasi penjualan kredit dan piutang pada PT. TIRATANA ELECTRIC yang merupakan salah satu perusahaan dagang yang bergerak dalam bidang alat-alat listrik (elektrik).

1.2

Ruang Lingkup Batasan-batasan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Audit terhadap sistem informasi penjualan pada PT. TIRATANA ELECTRIC hanya untuk penjualan kredit dan piutang. 2. Pelaksanaan audit dilakukan dengan metode audit around the computer. 3. Pengendalian terhadap prosedur dan pelaksanaan sitem informasi terfokus pada 2 bagian yaitu : Pengendalian Aplikasi, pada boundary, input, dan output control. Pengendalian Umum, khususnya pada pengendalian manajemen keamanan.

1.3

Tujuan dan Manfaat Dalam penyusunan skripsi ini, tujuan yang hendak dicapai ialah :

3 Untuk mengevaluasi pengendalian intern yang dilaksanakan terhadap sistem informasi yang berjalan dalam perusahaan khususnya sistem informasi penjualannya. Untuk menilai resiko yang terkait dalam sistem penjualan.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh antara lain: Manfaat bagi Perusahaan : Untuk memberikan masukan atau saran hasil evaluasi sistem pengendalian intern atas aplikasi sistem informasi penjualan pada PT. TIRATANA ELECTRIC. Untuk meminimalkan resiko yang mungkin terjadi dan membantu perusahaan agar dapat meningkatkan pengendalian intern atas kegiatan penjualan. Manfaat Bagi Penulis : • Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai audit sistem informasi penjualan.

1.4

Metodologi Penelitian Dalam rangka penyelesaian skripsi, digunakan metode penelitian sebagi berikut : 1. Teknik Pengumpulan Data • Data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari hasil wawancara, observasi, dan kuesioner. • Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari hasil studi kepustakaan yang dilakukan.

4

2. Teknik Analisis Data : • Data kualitatif, adalah data yang berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar dengan cara membandingkan antara teori dan kenyataan. • Data kuantitatif, adalah data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan dengan menggunakan analisis rentang kriteria.

3. Tempat Penelitian • Penelitian dilakukan di PT. TIRATANA ELECTRIC untuk memperoleh data primer. • Penelitian juga dilakukan di perpustakaan untuk memperoleh data sekunder.

1.5

Sistematika Penulisan Dalam sistematika penulisan skripsi ini akan dibagi menjadi lima bab yang akan dibahas secara mendetail pada masing-masing bab. Adapun pembagian bab tersebut adalah sebagai berikut : BAB 1 : PENDAHULUAN Pada bab ini akan dibahas mengenai latar belakang, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian dan sistematika penulisan. BAB 2 : LANDASAN TEORI Pada bab ini akan dibahas mengenai landasan teori yang dapat mendukung penulisan skripsi ini. Teori yang digunakan dalam penulisan

5 skripsi ini mengenai Audit Sistem Informasi Penjualan, Resiko Audit, Pengendalian Intern, Pengendalian Umum dan Pengendalian Aplikasi. BAB 3 : GAMBARAN UMUM SISTEM YANG BERJALAN Bab ini berisi tentang sejarah PT. TIRATANA ELECTRIC, struktur organisasi, tugas dan wewenang, ruang lingkup sistem informasi penjualan yang sedang berjalan, dan prosedur sistem flow chart. BAB 4 : AUDIT SISTEM INFORMASI PENJUALAN KREDIT DAN PIUTANG PADA PT. TIRATANA ELECTRIC Bab ini berisi tentang pembahasan hasil-hasil temuan dilapangan, masalah yang dihadapi, penyelesaian dari masalah tersebut, program kerja, pelaksanaan dan evaluasi. BAB 5 : SIMPULAN DAN SARAN Bab ini berisikan kesimpulan yang diperoleh dari pembahasan pada babbab sebelumnya, dan juga berisikan saran-saran yang dapat digunakan untuk membantu dalam meningkatkan kegiatan operasional perusahaan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->