P. 1
Bab 5(Contoh skripsi akutansi 3)

Bab 5(Contoh skripsi akutansi 3)

|Views: 183|Likes:
Published by chepimanca

More info:

Published by: chepimanca on Feb 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2015

pdf

text

original

91 BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN

5.1

Simpulan Berdasarkan prosedur audit yang dilakukan dengan pengamatan di lapangan, wawancara, pengujian analitis dan kuesioner maka dari audit sistem informasi terhadap penjualan kredit dan piutang pada PT. TIRATANA ELECTRIC diperoleh kesimpulan bahwa secara keseluruhan pengendalian intern perusahaan khususnya pada fungsi penjualan dan piutang telah berjalan dengan baik dan sistem informasi yang ada cukup mendukung kinerja perusahaan. Berikut ini kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil audit sistem informasi terhadap sistem yang berjalan pada fungsi penjualan dan piutang adalah : 1. Pada pengendalian umum khususnya dalam hal pengendalian manajemen keamanan telah berjalan dengan baik namun terdapat beberapa kelemahan antara lain tidak adanya Standard Operating Procedures (SOP) yang dibuat secara tertulis yang dapat menyebabkan terhambatnya kegiatan operasional perusahaan dalam alur kegiatan intern perusahaan, tidak adanya asuransi sehingga perusahaan tidak dapat mengantisipasi kejadian diluar dugaan misalnya kebakaran, kebanjiran dan bencana alam lainnya yang mengakibatkan kerugian material yang cukup besar, dan tidak adanya kamera pengintai sehingga dapat menyebabkan penyalahgunaan sistem dan adanya penyusup

92 2. Untuk pengendalian boundary telah berjalan dengan sangat baik tetapi terdapat kelemahan yaitu tidak adanya enkripsi data sehingga keamanan data kurang terjamin karena dapat menimbulkan terjadinya penyalahgunaan PIN. 3. Dalam pengendalian input telah berjalan dengan sangat baik tetapi terdapat kelemahan yaitu tidak konsistennya penggunaan bahasa dalam sistem aplikasi penjualan. 4. Pada pengendalian output telah berjalan dengan baik namun terdapat pula beberapa kelemahan-kelemahan yaitu tidak terdapat kolom tanda tangan untuk pembuat laporan penjualan sehingga tidak ada pertanggungjawaban atas isi laporan, tidak adanya kebijaksanaan tentang lamanya penyimpanan laporan penjualan dan dokumen sumber (surat jalan dan faktur penjualan) yang menyebabkan laporan dan dokumen yang disimpan menjadi tidak seimbang masa penyimpanannya, dan laporan penjualan yang dihasilkan tidak didistribusikan tepat pada awal periode tetapi hanya berdasarkan kebutuhan saja yang mengakibatkan direktur tidak dapat mengetahui keadaannya secara cepat sehingga sulit mengambil keputusan.

5.2

Saran Berikut ini dikemukakan saran-saran yang sekiranya dapat membantu perusahaan dalam memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada, sehingga perusahaan dapat melaksanakan aktivitasnya dengan lebih efisien, efektif, dan ekonomis daripada sebelumnya :

93 1. Untuk pengendalian umum khususnya dalam hal pengendalian keamanan, perusahaan disarankan memiliki SOP (Standard Operating Procedures) pada masing-masing bagian dalam perusahaan sehingga dapat mempermudah kegiatan operasional, perusahaan sebaiknya menggunakan jasa asuransi untuk menghindari kerugian dalam jumlah besar yang diakibatkan oleh terjadinya kebakaran, banjir, dan bencana alam lainnya, serta menyediakan kamera pengintai agar dapat menghindari terjadinya penyusupan dan pencurian barang perusahaan. 2. Pada pengendalian boundary sebaiknya perusahaan melengkapi sistem aplikasi dengan enkripsi data agar dapat menghindari terjadinya penyalahgunaan PIN. 3. Untuk pengendalian input, sistem sebaiknya menggunakan bahasa secara konsisten agar terjadi keseragaman dan lebih memudahkan bagi para pengguna sistem tersebut. 4. Pada pengendalian output, perusahaan sebaiknya mencantumkan nama dan tanda tangan pembuat laporan penjualan pada saat laporan tersebut dibuat, membuat kebijaksanaan tentang masa penyimpanan laporan penjualan dan dokumen sumber (surat jalan dan faktur penjualan) agar dapat memudahkan kegiatan operasional perusahaan, dan hasil laporan penjualan diberikan secara periodik kepada manajer pada masingmasing bagian agar mudah mengambil keputusan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->